10 Tips Liburan di Jepang

You are here Home  > Tips Wisata >  10 Tips Liburan di Jepang

Liburan ke Jepang akhirnya tiba. Setelah lama menabung, kini uang sudah cukup untuk membeli tiket, hotel, dan juga untuk berkeliling di Jepang. Cuti kerja juga sudah diurus supaya sesuai dengan istri dan liburan sekolah anak. Kita juga makin rajin membaca objek-objek wisata menarik dan aksesnya dari tempat kita menginap. Tapi apakah semuanya cukup? Gimana dengan makanan? Atau uang yen? Liburan ke Jepang berbeda dengan mudik atau liburan ke Raja Ampat di negeri sendiri. Kita butuh persiapan yang matang mengunjungi negeri yang terkenal dengan teknologi dan penduduknya yang mayoritas tidak bisa berbahasa Inggris. Berikut ini Tim Info Jepang sudah merangkum 10 tips liburan di Jepang.

Tips Liburan di Jepang

1. Gunakan jasa Tour Guide Online

Selama di Jepang, kita pasti akan bingung mencari objek wisata, seperti di mana patung Hachiko di Shibuya? Atau ingin ke Yokohama, naik kereta apa? Pengen bertanya ke orang lain atau petugas tapi tidak nyambung-nyambung? Ada juga yang bingung apakah makanan yang disajikan halal? Solusinya, teman-teman bisa mencoba jasa Tur Guide Online Info Jepang. Kita siap membantu teman-teman selama liburan di Jepang melalui Whatsapp atau Line. Liburan murah dan mudah? Tentu bisa bersama Tour Guide Online!

tour online_button

2. Usahakan mendarat di Bandara Haneda dan bukan di Narita

Penerbangan dari Jakarta/ Indonesia menuju Tokyo biasanya memiliki 2 pilihan Bandara, antara Tokyo Haneda dan Tokyo Narita. Jika memungkinkan memilih bandara atau harga tiketnya sama, lebih baik mendarat di Haneda yang lebih dekat dengan pusat kota Tokyo (waktu tempuh “hanya” 28 menit dengan tiket 580 yen). Bandingkan dengan Narita, yang membutuhkan waktu 45 menit dengan tiket 2.400 yen. Hampir 4 kali lipat, atau jika dirupiahkan selisihnya sekitar 190 ribu/ orang. Lumayan kan untuk menghemat?

3. Berinternet murah di Jepang

Internet di Jepang dengan Docomo

Internet di Jepang dengan Docomo

Bagi teman-teman yang ingin liburan, tentu ingin bisa berkomunikasi dengan orang rumah atau pacar. Juga mau update status di Facebook atau Path bahwa sedang mengunjungi tempat wisata di Jepang. Tak lupa berbagi foto-foto paling gres di Instagram. Tapi, bagaimana caranya kalau gak ada internet. Gak mungkin kan roaming pake operator Indonesia? Atau nunggu pulang ke hotel dulu, baru update status? Yah, udah late post banget dong. Gak dapet lagi keseruannya dong…

Nah, selama liburan ke Jepang, kita bisa berinternet murah dengan mobile wi-Fi dari Pupuru atau membeli sim card Docomo. Kita bisa memesannya dari Indonesia dan mereka akan mengantarkannya ke bandara atau hotel tempat kita menginap. Harganya mulai dari 3.200 yen untuk 7 hari penggunaan internet.

4. Membeli Japan Rail Pass sebelum berangkat ke Jepang

Japan Rail Pass (JR Pass) atau tiket terusan kereta adalah cara paling murah untuk berkeliling Jepang dengan naik kereta, khususnya jika ingin ke kota-kota selain Tokyo, seperti Kyoto, Osaka, atau Sapporo. Dengan JR Pass, kita tidak perlu ribet membeli tiket kereta lagi dengan harga yang jauh lebih murah. JR-Pass kini sudah bisa diambil di Bandara Haneda atau Narita, dan bisa langsung digunakan untuk naik kereta dari bandara ke hotel tempat kita menginap.

5. Membeli kartu Suica atau Pasmo

Membeli kartu suica atau pasmo

Membeli kartu suica atau pasmo

Kartu Suica atau Pasmo prinsipnya sama dengan kartu elektronik yang kita pakai untuk KRL atau Transjakarta. Kartu Suica dan Pasmo akan sangat berguna karena kita tidak perlu repot membaca kanji saat ingin membeli tiket kereta atau bus. Kita tinggal menyentuhkannya saja di pintu tiket. Kini kartu Suica dan Pasmo sudah dapat digunakan hampir di seluruh kota di Jepang, dan bisa digunakan untuk berbelanja di supermarket atau membeli makanan dan minuman.

6. Cari harga diskon untuk penerbangan domestik di Jepang

Persaingan antar maskapai low-cost di Jepang  beberapa tahun terakhir membuat tiket pesawat terbang yang semakin terjangkau. Bahkan untuk beberapa rute, seperti Tokyo-Sapporo atau Tokyo-Osaka, harga tiket pesawat jauh lebih murah dibandingkan kereta Shinkansen. Tiket murah ini biasanya diberikan dalam bentuk tiket reguler namun dengan potongan harga hingga ¥10.000 hingga ¥15.000 per penerbangan (kurang lebih 1,1 hingga 1,6juta rupiah). Wah, mantap bukan? Menghemat uang segitu berarti bisa menambah panjang liburan 1-2 malam lagi di Jepang.

7. Cetak/ Screenshot alamat hotel atau tempat wisata yang dituju

Penduduk Jepang sebenarnya ramah dan mau membantu menemukan alamat yang kita cari. Namun, masalahnya terletak pada mayoritas penduduk Jepang tidak mengerti penulisan alamat dengan huruf Latin atau bahasa Inggris. Untuk berjaga-jaga baterai handphone habis atau ingin menghemat kuota internet, teman-teman bisa mencetak atau menyimpan foto screenshot alamat hotel atau tempat wisata dalam bahasa Jepang. Sebelum meninggalkan bandara atau hotel, pastikan teman-teman sudah memiliki alamat hotel atau objek wisata yang ingin dituju.

8. Menarik uang Yen tunai

Saat sedang berlibur ke Jepang, tentu teman-teman membutuhkan uang tunai. Untuk  naik bus atau kereta, biaya masuk ke tempat-tempat wisata, membeli makanan atau minuman, oleh-oleh, dan juga menyewa loker/ tempat penitipan. Masalahnya bagaimana cara memperoleh Yen tunai di Jepang? Cara yang paling mudah adalah dengan menarik uang kita di bank Indonesia di ATM Seven Bank di toko Seven Eleven yang ada di penjuru Jepang. Selain itu, kita bisa menukar uang di kantor pos terdekat.

9. Unduh aplikasi google translate atau Hyperdia

Tips Praktis menggunakan Hyperdia

Tips Praktis menggunakan Hyperdia

Salah satu aplikasi yang paling berguna di Jepang adalah google translate. Bahasa dan aksara Jepang menyulitkan kita untuk mencari lokasi nama tempat, nama stasiun/ halte bus, bahkan untuk mencari restoran dan toilet. Tim Info Jepang menyarankan untuk mengunduh aplikasi Google Translate yang kini sudah bisa menerima masukan dari foto. Jika bingung dengan tulisan Jepang, kita cukup memfoto tulisan dan aplikasi ini akan menjelaskan maknanya dalam bahasa Indonesia.

Aplikasi lainnya yang sangat membantu adalah Hyperdia. Kita bisa mencari jadwal dan jalur kereta api untuk ke tempat tujuan kita, bahkan memberi tahu di mana kita harus transit dan stasiun yang paling dekat dengan tujuan kita. Aplikasinya tersedia untuk Iphone dan Android, atau melalui website Hyperdia. Informasi lebih lanjut mengenai penggunaan Hyperdia sudah dibahas lengkap di artikel berikut.

10. Mencari makan (halal) di Jepang

Di Jepang, mencari makanan bukanlah hal yang sulit. Dari restoran, cafe, bahkan hingga toko seperti Lawson atau Seven-Eleven menyediakan menu makanan yang lezat. Lokasinya pun tersebar di seluruh penjuru kota. Menu makanan bento mungkin bisa jadi solusi yang praktis untuk makanan halal. Atau ikuti panduan turis muslim di Jepang berikut untuk mencari restoran dengan menu halal di Jepang.

Sumber gambar: Flickr Yamashita Yohei

Recommended for you

Last modified: October 15, 2016

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!
Close Comments

Comments (5)

  1. I’m impressed, I have to admit. Rarely do I encounter a blog
    that’s both educative and amusing, and let me tell you, you’ve hit the nail on the
    head. The problem is something that not enough folks are speaking intelligently about.
    Now i’m very happy that I stumbled across this during my search for
    something regarding this.

  2. Selamat malam pak nugroho. Saya mau tanya, apakah tokyo aman untuk turis, apalagi kami pergi dengan anak2 dan ini kunjungan pertama kami. Bagaimana caranya kami berkomunikasi dengan keluarga di tanah air? Apakah banyak pilihan hotel dan tempat makan murah di jepang? Terimakasih banyak pak sebelumnya

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Tokyo sangat aman bagi turis internasional, buktinya banyak sekali turis Indonesia yang berwisata ke Jepang.
      Untuk berkomunikasi dengan keluarga di Indonesia, ibu bisa menggunakan whatsapp atau line dengan portabel wifi untuk jaringan internetnya.
      Untuk hotel-hotel murah, silakan bisa dilihat di website infojepang.
      Sistem website Infojepang sudah otomatis menyaring hotel-hotel rekomendasi yang harganya murah. Salam

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan