6 Kuil Terindah di Kyoto

You are here Home  > Musim di Jepang, Temple >  6 Kuil Terindah di Kyoto

Ada ratusan Kuil yang ada di kota Kyoto. Perlu waktu berhari-hari untuk dapat mengelilingi semua kuil tersebut dan rasanya tidak mungkin bagi kita yang hanya berlibur beberapa hari di Kyoto. Mencari informasi di internet juga sulit, sebab ada banyak informasi bertebaran yang malah membuat semakin bingung. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kali ini Tim Info Jepang sudah memilihkan 6 kuil terindah di Kyoto versi sendiri. Untuk kriterianya: lokasi dan kemudahan akses Kuil, pemandangan dan keindahan kuil, juga pertanyaan-pertanyaan yang didapatkan Tim Info Jepang dari para pengguna Tour Guide Online. Berikut adalah daftarnya, silakan dicek. Dan kalau ada pertanyaan, misalnya dari kapan momiji dimulai, bagaimana cara pergi ke kuil tersebut, dan pertanyaan lainnya bisa dituliskan di kotak komentar dan kami akan segera menjawabnya.

1. Kuil Kiyomizudera

Terletak di atas gunung di sebelah timur kota Kyoto, Kuil Kiyomizudera terlihat sungguh megah. Kita dapat mencapai Kuil Kiyomizudera dengan mendaki jalan menanjak yang sempit, dipenuhi dengan toko-toko di sepanjang jalan. Kuil Kiyomizudera dibangun pada tahun 1633 tanpa menggunakan sebatang paku sekalipun. Kita dapat menyaksikan keindahan seluruh ruangan kuil, naik ke bagian atas Kuil Kiyomizudera dan melihat kota Kyoto di kejauhan, atau menikmati keindahan bunga sakura dan momiji di musim gugur. Tempat ini jadi objek wisata favorit rakyat Jepang dan juga wisatawan mancanegara. Rasanya ada yang kurang kalau tidak ke Kuil Kiyomizudera waktu pergi ke Kyoto.

Kuil Terindah di Kyoto Kiyomizudera di musim panas

Kuil Terindah di Kyoto: Kiyomizudera di musim panas

2. Kuil Tofukuji

Kuil Tofukuji adalah salah satu dari kuil terbesar di kota Kyoto, dan menjadi salah satu kuil sentral Zen. Kuil Tofukuji dibangun pada abad 13 dan tetap bertahan hingga masa kini, meskipun telah mengalami beberapa kali renovasi. Kita bisa menyaksikan keindahan bangunan kuil dan taman-taman di kompleks kuil yang terletak di Kyoto bagian timur ini. Ada taman batu, taman lumut hijau yang ditata rapi, dan tentu pepohonan momiji yang berubah menjadi merah di musim gugur. Kuil Kofukuji paling tepat dikunjungi saat musim panas atau musim gugur. Kuil Tofukuji buka setiap hari mulai dari jam 9 pagi hingga 16.30 (ada sedikit perubahan jam tiap musim).

Kuil Terindah di Kyoto Kuil Tofukuji di musim gugur

Kuil Terindah di Kyoto: Kuil Tofukuji di musim gugur

3. Kuil Genkoan

Nama Kuil Genkoan mungkin tidak terlalu terkenal dibandingkan Kiyomizudera, namun pemandangan halaman kuil dari tempat ini adalah nomor satu di Kyoto. Letaknya yang berada di sebelah utara kota Kyoto dekat dengan kuil paviliun emas Kinkakuji membuat tempat ini relatif sepi dibandingkan kuil-kuil lain di sebelah selatan dan timur. Dan memang hanya orang yang rela bersusah payah saja yang bisa mencapai dan menikmati keindahan Kuil Genkoan. Warna daun-daun menyatu dengan kesunyian Kuil Genkoan menjadikan pemandangan di sini layaknya karya seni bagi para pengunjung.

Kuil Terindah di Kyoto Kuil Genkoan di musim gugur

Kuil Terindah di Kyoto: Kuil Genkoan di musim gugur

4. Kuil Kifune di pegununungan timur laut Kyoto

Kifune Jinja yang berada di sebelah timur laut kota Kyoto, menawarkan suasana pegunungan yang berbeda dengan suasana kota Kyoto yang sangat padat. Dari stasiun Demachiyanagi kita bisa naik kereta Eizan menuju ke arah gunung dan berhenti di Kibuneguchi. Sedikit mendaki, dan kita dapat menjumpai Kuil Kifune Jinja dan merasakan langsung keindahan halaman kuil. Khusus di musim gugur, keindahan pohon momiji yang memerah menjadi semakin kontras dengan daun-daun lain yang masih bewarna hijau. Itu karena kuil Kifune Jinja terletak di lereng gunung sehingga ada perbedaan warna daun-daun sesuai ketinggian. Panorama musim gugur yang tidak bisa dirasakan di kuil-kuil dalam kota.

Kuil Terindah di Kyoto Kuil Kifune Jinja di musim panas

Kuil Terindah di Kyoto: Kuil Kifune Jinja di musim panas

5. Kuil Nanzenji di pegunungan Higashiyama

Kuil Nanzenji tentu tidak bisa dilepaskan dari musim gugur di Kyoto. Kompleks Kuil Nanzenji sangat besar dan memenuhi hampir seluruh bagian pegunungan timur Higashiyama di Kyoto. Bersama Kuil Eikando, Kuil Nanzenji menjadi objek wisata yang selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Ada puluhan bangunan kuil, pepohonan maple yang mempesona, saluran air yang unik, yang menjadi ikon wisata kuil ini. Jika pergi ke Jepang saat musim gugur, jangan lupa pergi ke Kuil Nanzenji.

Kuil Terindah di Kyoto Kuil Nanzenji di Higashiyama

Kuil Terindah di Kyoto: Kuil Nanzenji di Higashiyama

6. Kuil Tenryuji di pegunungan Arashiyama

Kuil Tenryuuji berbeda dengan kuil-kuil lain yang disebutkan di atas, karena letaknya di sebelah barat kota Kyoto, tepatnya di lereng pegunungan Arashiyama. Arashiyama yang terkenal dengan pegunungan, jembatan, dan sungainya yang berkelok-kelok, menjadi salah satu tujuan utama wisata kota Kyoto. Jika teman-teman pernah melihat hutan bambu Arashiyama, Kuil Tenryuuji berada sebelum jalan masuk ke hutan bambu. Di sini kita bisa melihat taman Jepang yang sangat mempesona, menggabungkan unsur alamiah yakni sungai dan pegunungan Arashiyama dalam taman di halaman kompleks kuil Tenyuuji.

Kuil Terindah di Kyoto Kuil Tenryuuji di Arashiyama

Kuil Terindah di Kyoto: Kuil Tenryuuji di Arashiyama

Cheap Hotels in Kyoto [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Hotel Excellence Kyoto Ek
from ¥5000/night
Hotel Excellence Kyoto Station Hachijo
Hotel Keihan Kyoto
from ¥12900/night
Hotel Keihan Kyoto
Ryokan Izuyasu
from ¥27287/night
Ryokan Izuyasu
Green Rich Hotel Kyoto
from ¥7900/night
Green Rich Hotel Kyoto Station South

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Kereta Wisata Sagano
Jalur Kereta wisata Sagano
Amanohashidate
amanohashidate
Toji Temple
toji temple
Umekoji Park
umekoji park flower

Sumber gambar: Flickr Alex Chen, marki1983, Kyoto-Picture, eiji ienaga, Takeshi Kuboki, Jennifer 真泥佛, othree

Recommended for you

Last modified: September 28, 2016

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan