Daftar Hari Libur di Jepang

You are here Home  > Hidup di Jepang, Wisata Jepang >  Daftar Hari Libur di Jepang

Mau liburan dan jalan-jalan ke Jepang? Ada baiknya kalau Anda mengecek seluruh persiapan, termasuk hari libur di Jepang. Mengapa kita perlu mengecek hari libur di Jepang? Pertama, kita dapat menghemat harga tiket pesawat. Dengan memilih hari selain hari libur di Jepang, kita dapat terhindar dari peak season dan otomatis terhindar dari harga tiket yang melonjak. Selain itu, dengan mengetahui hari libur di Jepang, kita dapat mengatur jadwal untuk berkunjung dan melihat event-event khusus yang dirayakan di Jepang. Berikut daftar hari libur di Jepang yang dirangkum oleh tim Info Jepang.

1 Januari : Hari pertama tahun baru

Hari libur di Jepang : tahun baru di Jepang

Orang Jepang biasanya pergi ke kuil untuk berdoa khusus untuk tahun baru (hatsumoude). Selain itu, biasanya pusat perbelanjaan dan butik busana terkenal memberikan diskon khusus bagi para pengunjung mal. Tapi buat yang ingin berjalan-jalan mengunjungi objek wisata Jepang harus pinter memilih tujuan, sebab saat tahun baru banyak sekali yang tutup.

Januari minggu ke 2 hari Senin : hari orang dewasa

Menyadarkan kalau sudah menjadi orang dewasa (umur 20 tahun), dan bertanggung jawab menjadi anggota masyarakat. Kita dapat melihat para pemuda dan pemudi mengenakan pakaian tradisional Jepang yakni kimono dan berkumpul di aula kota asal kelahiran. Jadi, siap-siap bertemu orang-orang Jepang berpakaian kimono di jalan ya!

Hari libur di Jepang : Hari orang dewasa di Jepang

11 Februari: peringatan hari berdirinya Negara Jepang

Membangun negara dan memperdalamkan jiwa cinta terhadap negara. Hari ini dipilih berdasarkan kepercayaan masyarakat Jepang.

20-21 Maret: hari peringatan musim semi

Hari ini berubah setiap tahunnya antara 20-21 Maret. Hari ini ditujukan untuk menghargai kemurnian alam dan mengingatkan masyarakat pentingnya mahluk hidup. Selain itu, banyak universitas yang merayakan upacara kelulusan saat peringatan musim semi ini. Kita bisa pergi dan menyaksikan para mahasiswa bersenang-senang merayakan kelulusannya.

29 April : hari peringatan kelahiran Kaisar Showa

Kaisar Showa adalah kaisar yang mengerahkan tentara dan melakukan perang dunia kedua di Asia Pasifik. Di hari peringatan zaman Showa ini, masyarakat Jepang diajak mengingat kembali pencapaian pembangunan saat masa Kaisar Showa sekaligus pentingnya menjaga kedamaian dunia. Di hari ini kita dapat masuk ke Showa Kinen Koen atau Taman Peringatan Showa di Tachikawa, Tokyo dengan gratis.

Hari libur di Jepang : Hari Peringatan Kaisar Showa

3 Mei: Hari berdirinya Undang-Undang Jepang

Peringatan berdirinya UUD di Jepang, masyarakat diajak untuk memikirkan kembali kemajuan Negara. Hari berdirinya Undang-Undang ini menjadi hari awal liburan panjang di bulan Mei yang sering disebut Golden Week. Kebanyakan orang Jepang mengambil cuti tanggal 30, 31 Maret, 1 dan 2 April sehingga bisa mendapatkan liburan panjang dan berkumpul bersama keluarga di desa asal. Tiket pesawat paling mahal adalah saat liburan panjang Golden Week ini.

4 Mei : Hari penghijauan

Bersyukur atas anugrah kemurnian yang diberikan. Hari kedua di liburan Golden Week, kita bisa berkunjung ke banyak taman kota dan memanfaatkan fasilitasnya dengan gratis.

5 Mei : Hari anak

Bersyukur atas pertumbuhan anak dan mengharapkan kesejahteraan anak, mengenang kembali rasa terima kasih diberikan untuk Ibu. Hari anak menjadi hari terakhir di liburan Golden Week. Kita dapat berkunjung ke banyak museum dan taman bermain secara gratis.

Hari Senin minggu ketiga bulan Juli : Hari kelautan

Hari kelautan diperingati untuk bersyukur atas kekayaan alam dan merharapkan kemakmuran lautan Jepang. Di hari libur ini kita bisa pergi ke pantai dan beberapa akuarium dengan potongan harga atau gratis. Di beberapa kawasan sekitar Tokyo, pada hari kelautan ini juga sering diadakan matsuri atau festival.

Hari Senin minggu ketiga September: Hari penghormatan orang lanjut usia

Peringatan untuk menghormati dan mencintai orang lanjut usia yang telah melewati beberapa tahun dan membangun lingkungan sosial dan juga mengharapkan panjang umur. Kita bisa melihat pra orangtua mendaki gunung, berjalan-jalan di taman atau melakukan pertandingan olahraga di seluruh kota.

22-23 September : Hari peringatan musim gugur

Hari ini sebagai peringatan menghormati nenek moyang, atau mengenang orang yang telah meninggal

Hari Senin kedua Bulan Oktober : Hari Olahraga

Mengingatkan pentingnya olahraga dan kesehatan badan. Hari ini terpilih karena menjadi hari pembukaan Olimpiade Tokyo tahun 1964. Kita bisa melihat pertandingan olahraga di sekolah-sekolah seluruh Jepang. Beberapa toko alat kesehatan juga memberikan potongan harga khusus.

3 November: Hari kebudayaan

Diperingati agar mencintai perdamaian dan kebebasan serta memajukan kebudayaan. Kita bisa melihat festival-festival di sekolah dan kampus-kampus terkenal di seluruh Jepang. Ada acara pemilihan Miss Campus, pertandingan olahraga, atau berkunjung dan melihat kuliah secara gratis.

Hari libur di Jepang : hari kebudayaan

23 Desember: Hari ulang tahun Kaisar Heisei

Merayakan hari ulang tahun Kaisar. Banyak orang yang sudah mengambil cuti sejak hari ini dan harga pesawat juga mulai mahal sejak hari libur ini. Jadi kalau mau pergi ke Jepang, datanglah sebelum tanggal 23 Desember.

Hari libur di Jepang : Hari ulang tahun Kaisar

Beberapa hari libur lainnya yang tergantung kantor dan perusahaan.

Akhir tahun dan tahun baru: 28 Desember hingga 3 Januari
Liburan Golden Week : 29 April hingga 5 Mei
Liburan Obon (musim panas) : 13 hingga 16 Agustus

Sumber gambar : Yoshikazu TAKADADerek A., aka iMorpheusKyah CCLFsophietica

Recommended for you

Last modified: June 13, 2016

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!
Show Comments

Comments (6)

  1. Salam mas,
    Boleh minta info yaa.
    Akhir tahun ini kami berencana menghabiskan akhir tahun di Tokyo, ini kali kedua kami ke Tokyo n Osaka (pertama April 2015).
    Kami mendapat penginapan di daerah Hachioji, apakah Hachioji terletak diluar kota Tokyo, maksud saya, apakah daerah ini sangat jauh dari pusat kota Tokyo ?

    Pertanyaannya : di lokasi manakah di Tokyo, yg menjadi pusat keramaian di malam pergantian tahun baru dan yg mengadakan fire work di akhir tahun ?

    Apakah di malam akhir tahun, line/kereta beroperasi 24 jam ?

    Terima kasih mas Nugroho

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Pak. Hachioji terletak di sebelah barat kota metropolitan Tokyo, sekitar 45 menit kalau naik kereta ekspress sampai ke Shinjuku. Untuk tahun baru di Jepang, hampir semua daerah sepi, karena orang Jepang kebanyakan mengantri untuk datang ke kuil-kuil pada pukul 00.00 pergantian tahun. Toko-toko juga tutup lebih cepat sejak tanggal 29 Desember. Satu-satunya opsi merayakan tahun baru di Tokyo/ Jepang, Bapak mungkin bisa pergi ke Yokohama, khususnya daerah Minatomirai dekat Yokohama Cosmo. Ada perayaan hitung mundur tahun baru di sini setiap tahunnya.

      Kereta di tahun baru akan menggunakan jadwal hari libur, beroperasi mungkin jam 05.00-23.00.
      Kereta di Jepang tidak ada yang beroperasi 24 jam pak. Salam

  2. hilda situmorang  |  

    apakah tanggal 23 nov ada hari labor day…liburkah di jepang? tempat wisata seperti usj,osaka castle,osaka aquarium,tempozan wheel apakah tutup di hari itu?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Memang libur, tapi semua tempat wisata tetap buka. Namun, konsekuensinya tempat wisata akan lebih padat pengunjung karena penduduk lokal akan ikut bergabung untuk liburan. Salam.

    • Info Jepang  |  

      Februari pertengahan masih musim dingin. Untuk tempat yang bisa dikunjungi bisa dilihat:
      Osaka/
      Kyoto

      Item masih sedikit, karena seluruh anggota tim sedang ujian dan bekerja. Lihat terus pembaruan dan objek-objek terbaru

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan