Daftar Makanan Khas Jepang

You are here Home  > Makanan Jepang >  Daftar Makanan Khas Jepang

Untuk teman-teman yang sangat senang dengan makanan khas Jepang, saya telah mengumpulkan semua informasinya di artikel berikut ini. Silakan membaca dan melihat foto-fotonya, tapi hat-hati jangan sampai ngeces ya melihat makanan khas Jepang ini, hehe..

1. Makanan Khas Jepang : Donburi

Makanan khas Jepang ini biasanya disajikan di dalam sebuah mangkuk yang besar. Di bagian bawah ada nasi yang hangat dengan topping beraneka ragam. Ada topping makanan laut seperti ikan-ikan mentah atau udang, bisa juga goreng-gorengan seperti ayam goreng, katsu, atau juga gorengan sayur, dan yang lainnya. Makanan khas Jepang ini sangat populer khususnya di kalangan pelajar dan mahasiswa pria, karena menyediakan nasi dan juga lauk dalam jumlah banyak namun tetap ekonomis. Bagi teman-teman yang ingin mencicipinya bisa pergi ke restoran khusus Donburi atau restoran siap saji seperti Yoshinoya, Matsuya, atau Sukiya.

2. Makanan Khas Jepang : Gyouza

Makanan khas Jepang ini sebetulnya adalah makanan yang berasal dari Cina. Namun Jepang telah menyulapnya menjadi makanan bercita rasa tinggi. Gyouza ini lebih mirip seperti martabak telur di Indonesia, namun ukurannya kecil. Cara membuatnya gampang: gilingan daging atau ikan, lalu telur dan irisan daun bawang dicampur merata lalu dimasukkan ke dalam kulit Gyouza. Gyouza lalu digoreng dalam minyak yang panas lalu siap disantap.

3.Sup Miso

Saya sendiri pertama kali mengenal sup miso ini kala bermain Harvest Moon di Playstation. Waktu itu di supermarket ada pasta miso, lalu kita bisa membuat resep sup miso ini. Makanan khas Jepang ini biasanya selalu ada di menu makanan orang Jepang. Cara membuatnya sangat mudah, hanya tinggal mengaduk pasta miso yang terbuat dari kedelai yang difermentasikan ke dalam air panas. Lalu tinggal menambahkan sedikit sayuran atau ikan, dan siap dinikmati!

4. Okonomiyaki

Makanan khas Jepang Okonomiyaki ini sangat terkenal di daerah Kansai atau bagian barat Jepang. Okonomiyaki ini mirip seperti pizza, yang terdiri dari campuran irisan kubis, tepung terigu, telur, ikan, atau daging. Semuanya dicampur menjadi satu lalu digoreng di atas penggorengan panas. Ketika adonan sudah mulai garing dan mengeras, adonan di balik agar panasnya merata. Saat okonomiyaki siap disantap, kita tinggal memberikan katsuobushi, irisan parcelli, dan juga mayones. Makanan khas Jepang ini sangat cocok disantap beramai-ramai bersama teman-teman.

5. Ramen

Ramen mungkin adalah makanan khas Jepang yang paling terkenal di Indonesia. Kalau di Indonesia mungkin kita akan menyebutnya mie kuah. Ada banyak jenis ramen di Jepang, dan biasanya tiap prefektur punya cita rasa tersendiri. Kuah ramen biasanya dibuat dari kecap, pasta miso, dan kuah daging. Sekedar informasi, setiap musim panas selalu diadakan festival ramen di Yokohama. Kita bisa menyantap makanan khas Jepang ini dengan harga murah.

6. Makanan Khas Jepang : Sashimi

Sashimi adalah makanan khas Jepang yang terbuat dari hidangan laut mentah. Hidangan ini diolah secepat mungkin selagi masih segar dan dihidangkan bersama dengan wasabi (semacam cabai khas Jepang) dan kecap asin Jepang.

7. Makanan Khas Jepang : Sushi

Sushi adalah makanan khas Jepang yang sudah terkenal di seluruh dunia. Sushi adalah segumpal nasi yang telah diberi cuka dan diberi topping hidangan laut atau juga daging yang disebut “neta”. Teman-teman bisa menikmati macam-macam sushi dengan harga terjangkau di restoran-restoran Jepang. Kisaran harganya adalah 100 yen atau sekitar 11 ribu rupiah untuk satu piring sushi yang terdiri dari 1 atau 2 buah sushi.

menyantap menu sushi

Menyantap menu sushi yang lezat

9. Shabushabu

Jangan tertukar menyebut makanan khas Jepang ini dengan nama obat terlarang di Indonesia. Shabu-shabu adalah daging yang diiris sangat tipis dan dihidangkan bersama panci berisi sup panas. Sebelum menyantapnya, kita bisa mengambil irisan daging tersebut dan mencelupkannya ke dalam sup panas selama kurang lebih 7 detik. Waktu 7 detik ini sangat penting, karena jika lebih tekstur daging akan berubah menjadi keras.

10. Takoyaki

Makanan khas Jepang ini berarti gurita bakar. Tako atau gurita biasanya dicampur ke dalam adonan berisi tepung dan sayur lalu dibakar di dalam penggorengan berwadah khusus. Dengan sedikit teknik menggoreng, penjual bisa membuat gorengan ini menjadi berbentuk bulat seperti bakso. Takoyaki biasanya dihidangkan bersama dengan saus khusus, mayones, dan juga rumput laut kering. Sangat nikmat disantap kala masih panas. Tapi hati-hati jangan sampai lidah teman-teman terbakar karena kepanasan, hehe!

takoyaki

Bola-bola Takoyaki yang lezat

Sekian dulu cerita saya tentang makanan khas Jepang. Tunggu di artikel berikutnya ya!

Sumber Gambar : Flickr takenbyika, idua_japanBy

Recommended for you

Last modified: June 17, 2016

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!
Close Comments

Comments (2)

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan