Festival Kembang Api Terkenal di Jepang

You are here Home  > Festival >  Festival Kembang Api Terkenal di Jepang

Musim panas memang waktu yang bagus berlibur ke Jepang. Di bulan Juni-Juli-Agustus, suhu udara relatif sama seperti di Indonesia, sehingga kita dapat dengan mudah menikmati liburan tanpa kerepotan menyiapkan pakaian lengan panjang dan jaket tebal. Tidak hanya itu saja, keceriaan menikmati festival kembang api sudah di depan mata. Kita bisa menikmati festival kembang api yang diadakan hampir setiap akhir pekan di kota-kota yang berbeda. Tim Info Jepang sudah merangkum festival-festival paling terkenal di Jepang, hasil survei dan panduan tour online. Teman-teman silakan membaca dan semoga bermanfaat dalam merancang plan liburan ke Jepang di musim panas.

1. Festival Kembang Api Nagaoka

Festival musim panas Nagaoka ini sudah menjadi pesta kembang api favorit selama lima tahun berturut-turut. Dengan skala kembang api dan variasinya yang sangat beragam, serta diikuti oleh jawara-jawara pembuat kembang api di Jepang, festival ini tiap tahun selalu memukau para wisatawan. Meski diadakan di daerah Niigata, di seberang pegunungan Alpen Jepang, nyatanya jutaan wisatawan datang ke pinggir sungai Shimano di Prefektur Niigata untuk menyaksikan festival kembang api yang diadakan 2 hari berturut-turut: 2-3 Agustus tiap tahunnya pukul 19:25-21.10.

Lokasi perayaan kembang api Nagaoka bisa diakses dari stasiun kereta shinkansen Nagaoka dengan berjalan kaki sekitar 20 menit ke arah barat ke pinggir sungai Nagaoka. Kita bisa datang lebih awal dan mengambil tempat duduk atau memesan tempat duduk spesial.

Festival kembang api Nagaoka Niigata

2. Festival Kembang Api Tsuchiura

Perayaan Kembang Api Tsuchiura kami urutkan di peringkat dua karena festival ini menjadi ajang perlombaan perusahaan pembuat kembang api seluruh Jepang. Mereka berlomba untuk menjadi juara pembuat kembang api. Jadi, bisa dipastikan kembang api model baru, dengan bentuk dan variasi warna baru akan ditampilkan di festival kembang api ini. Bagi teman-teman yang ingin melihatnya, kami sarankan untuk datang semenjak siang karena banyaknya orang yang akan pergi ke sini.

Festival ini diadakan di pinggir sungai Sakuragawa sekitar 30 menit jalan kaki atau naik bus shuttle dari Stasiun Tsuchiura di Prefektur Ibaraki, tiap sabtu pertama bulan Oktober. Festival dimulai dari pukul 18.00-20:30. Saat perayaan jadwal perjalanan kereta juga biasanya ditambah, sehingga kita bisa kembali ke Tokyo setelah festival kembang api berakhir.

Festival kembang api Tsuchiura di Ibaraki

3. Festival Kembang Api Sumidagawa

Jika festival kembang api Nagaoka dan Tsuchiura mengharuskan kita pergi ke luar kota dan menginap satu malam di sana, ada festival yang dilangsungkan di tengah-tengah kota Tokyo: Festival Kembang Api Sumidagawa. Pesta kembang api ini dilangsungkan di sepanjang sungai Sumida, sungai besar yang membelah kota Tokyo, di daerah Asakusa, Tokyo Sky Tree hingga ke Ryogoku. Kita bisa menyaksikan kembang api besar yang menyinari langit Tokyo diantara gedung-gedung pencakar langit. Perlu diperhatikan bahwa Anda harus datang dari pagi-pagi supaya bisa mendapatkan tempat duduk untuk melihat kembang api ini karena ada banyak sekali orang yang datang. Festival ini diadakan tanggal 30 Juli pukul 19.00-20.30.

Festival kembang api Sumidagawa Tokyo

4. Festival Kembang Api Tenjin

Tenjin Matsuri dipusatkan di Kuil Tenmangu, Osaka. Festival kembang api Tenjin diadakan di hari kedua festival musim panas Tenjin, dengan puncak perayaan 4000 kembang api diluncurkan di sepanjang sungai Ogawa. Teman-teman yang berlibur ke Osaka pada tanggal 24-25 Juli bisa mengikuti festival kembang api Tenjin yang sudah berlangsung lebih dari 1000 tahun ini.

5. Festival Kembang Api Miyajima

Perayaan kembang api di Miyajima tidak boleh dilewatkan kalau teman-teman berlibur ke Hiroshima di pertengahan Agustus. Festival ini biasanya diadakan satu hari di pertengahan Agustus (hari tidak tetap, tahun lalu 11 Agustus 2015, tahun ini 11 Agustus 2016) di lepas pantai pulau Miyajima. Biasanya dimulai pada pukul 19.30 selama satu jam penuh. Kita bisa menikmati keindahan kembang api skala besar menyinari langit malam laut Seto Inland dengan gerbang Torii Miyajima yang adalah warisan budaya dunia. Panorama ini menjadi panorama festival kembang api terbaik pilihan fotografer profesional Jepang.

Festival kembang api Miyajima Hiroshima

Sumber gambar: Flickr Joi Ito, peaceful-jp-scenery, jamesjustin, Sue Ann Simon, peaceful-jp-scenery


Recommended for you

Last modified: July 18, 2016

Comments (21)

  1. Dear Admin
    Sy sekeluarga (2 anak 10 & 15 thn) rencana liburan di jepang tgl 13 sd 19 Agustus 2017. Rute nya tokyo-kyoto-osaka, Apakah efisien menggunakan JR Pass? apakah ada festival di tgl2 tsb?
    Thanks

  2. Halo pak saya akan ke jepang tgl 22 sampan 28 June 2017 dan tinggal di Tokyo. Apa sebaiknya saya membeli JR pass sebelum sampái apa bisa pas di sana. Bisa rekomendasi tempat2 yg asyik di kunjungi termasuk Yokohama juge? Ini perjalanan perdana kami sekeluarga ke sana. Rencana menginap di Hotel Villa Fontaine Tokyo. Dari bandara ke hotel nail apa ya?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Apakah yang dimaksud adalah Hotel Villa Fontaine Tokyo di Shinjuku? Ibu bisa naik Narita Ekspress dari Narita hingga ke Shinjuku, kemudian jalan kaki sampai ke Hotel. Untuk JR PASS silakan dibeli di Indonesia karena harganya lebih murah sekitar 300 ribu rupiah. Untuk tempat wisata silakan bisa dicek info wisata di Yokohama, atau Top 10 Tempat wisata di Tokyo. Salam

  3. Dear Admin
    Saya akan stay di osaka tgl 15-20juni. Dan dilanjutkan 20-22juni di shinjuku.
    Yang saya mau tanya sebaiknya saya membeli JR pass atau kansai?
    Selama di Osaka. Saya akan pergi ke kobe n kyoto juga.
    Kalau di tokyo saya rencana ke mt fuji tp sampai di kawaguchiko.
    Oiya Admin… bisa kasih info perjalanan dg JR dari stat shinjuku ke kawaguchiko?
    Terima kasih ya Admin

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Sepertinya Ibu tidak perlu membeli JR PASS, karena sulit balik modal melihat itinerary Ibu.
      Perjalanan dari Shinjuku ke Kawaguchiko Station bisa dibaca di akses ke Kawaguchiko. Salam

  4. saya mau ke jepang tgl 26-28 juli d osaka,tgl, 29-31 juli di tokyo, yg ingin saya tanyakan, ada acara apakah yang menarik di sana pd saat tgl tersebut?

  5. halo admin. salam kenal. saya rencananya 18 sampe 24 agustus d tokyo. mau nnya festival hanabi daerah tokyo sekitar tanggal segitu ada ga? thanks

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Sepertinya gak ada Frank untuk tanggal 18-24 Agustus di Tokyo.
      Salam!

  6. Dear admin,

    Mungkin ke kota kota kecil sambil jalan,
    By the way admin, apakah bisa diemailkan ke saya tempat wisata per kota yang wajib dikunjungi dan cara untuk menuju ke sana karena saya buta sama sekali dan belum ada gambaran .

    Maaf merepotkan

    regards
    maria

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Halo Maria, pertanyaan seperti ini sering kami dapatkan. Kami juga tidak ada gambaran kamu mau seperti apa. Gimana kalau chat via whatsapp atau Line? Kami punya layanan Tour Guide Online, yang bakal membantu kamu selama mempersiapkan jadwal sampai di Jepangnya nanti. Tertarik? Bisa +62818.221.505, atau lewat line id: patrickprayoga

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Ke kota mana Maria? Mungkin ada, tapi tidak terlalu terkenal. Atau kalau Maria mau kita bias kasih tahu di mana festival kembang api yang terdekat, hehe

      Salam dan selamat liburan ya!

    • maria  |  

      saya ke hokaido(26-30June) osaka(30june-3July) trus baru tokyo(3-7July), mau dunk.
      Saya Tunggu ya .
      Thanks so much admin

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Ke Hokkaido nya dimana? Untuk yang di Hokkaido ada festival bunga di Taman Odori namanya Flowerfest Sapporo dari 25 Juni sampai 3 Juli bertempat di Odori Park.
      Osaka tidak ada festival di antara tanggal 30 juni sampai 3 juli
      Di Tokyo juga tidak ada festival tanggal segitu.
      Apakah cuma berkunjung ke 3 kota saja?

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!