Festival Matsuri Jepang Tahun 2016

You are here Home  > Festival >  Festival Matsuri Jepang Tahun 2016

Mayoritas masyarakat Jepang beragama Shinto. Dalam bahasa Jepang, Shinto berarti “jalan para dewa” dan telah menjadi kepercayaan asli orang Jepang sejak dahulu kala.

Ada banyak festival yang diadakan di Kuil Shinto atau dikenal dengan istilah Matsuri. Orang Shinto percaya, Kami atau para Dewa Shinto (selengkapnya bisa dibaca di sini) bisa melihat dunia manusia saat Matsuri. Itulah mengapa meskipun termasuk upacara atau ritual keagamaan, Kami akan dibawa keluar dari Kuil dan diarak berkeliling kota. Simak liputan Tim Info Jepang mengenai Festival Matsuri yang ada di Jepang tahun 2016.

Omizutori (1-14 Maret)

Festival Omizutori diadakan di Kuil Todaiji, Prefektur Nara. Biasanya diadakan di awal Bulan Maret selama dua minggu penuh. Yang menjadi daya tarik utama festival ini adalah penyalaan obor raksasa (Otaimatsu) setinggi hampir 8 meter. Saking besarnya, cahaya dari apinya bisa menerangi kawasan Kuil Todaiji. Obor-obor raksasa ini dipercaya dapat menerangi kehidupan selama setahun ke depan. Omizutori sendiri adalah ritual mengambil air suci dari mata air di bawah Kuil Todaiji. Para pendeta melakukannya di hari ke 12 dan hari 13 festival. Air ini kemudian dibagi-bagikan kepada para pengunjung dan dipercaya dapat menyembuhkan penyakit. Nama ritual mengambil air suci ini kemudian menjadi nama Festival Matsuri di Todaiji.

Omizutori di Kuil Todaiji

Festival Matsuri Inuyama (2-3 April)

Festival Matsuri di Inuyama sudah diselenggarakan hampir selama 400 tahun. Festival Matsuri ini dipusatkan di Haritsuna-Jinja, Inuyama. Dalam festival ini diarak 13 patung raksasa. Hebatnya, patung-patung ini digerakkan sejenis mesin. Mesin ini kemudian bergerak bersamaan dalam parade keliling kota dan menjadi daya tarik utama. Malam harinya, festival dilanjutkan dengan melepaskan 365 lentera yang berisikan doa atau harapan. Jumlahnya 365 yang memiliki makna doa dan harapan ini bisa terus ada selama satu tahun ke depan.

Inuyama matsuri

Takayama Matsuri (14-16 April) dan (9-11 Oktober)

Takayama Matsuri diadakan di Kota Takayama, Gifu, dan menjadi salah satu Matsuri paling terkenal di Jepang selain Gion Matsuri dan Chichibu Yomatsuri. Biasanya diadakan dua kali setahun di musim semi dan musim gugur. Festival Matsuri di Musim Semi dipusatkan di Kuil Hie di sisi selatan kota Takayama di pertengahan April. Sementara Festival Matsuri Musim Gugur diadakan sekitar awal Oktober dan dipusatkan di Kuil Sakurayama Hachiman. Dalam Festival Matsuri Takayama, 12 unit patung bernama Yatai diarak keliling kota. Di malam harinya, festival akan diterangi oleh ratusan lentera chochin.

Takayama Matsuri

Sanja Matsuri (13-15 Mei)

Sanja Matsuri diadakan di distrik Asakusa, Tokyo, dan terpusat di Kuil Sensoji. Lebih dari dua juta orang mengunjungi Asakusa dalam tiga hari festival. Dalam Sanja Matsuri, lebih dari 100 replika kuil (dipercaya tempat bersemayamnya Kami) diarak keliling Jalanan Asakusa. Selama tiga hari berturut-turut, teman-teman bisa menikmati beragam pameran budaya, stand makanan, dan permainan tradisional.

Suasana Sanja Matsuri

Festival Aoi atau Aoi Matsuri (15 Mei)

Aoi Matsuri (lebih dikenal dengan Hollyhock Festival) adalah salah satu tiga festival besar di Kyoto, bersama dengan Gion Matsuri dan Jidai Matsuri. Festival ini diadakan di Kuil Kano (Kuil Shimogamo dan Kuil Kamigamo)  yang diadakan di yang terkenal Kyoto. Festival ini diadakan setiap tahun pada tanggal 15 Mei.

Saat Aoi Matsuri, penduduk Kyoto akan berpakaian seperti layaknya seorang pejabat di masa Periode Heian (periode kejayaan Kyoto sebagai ibukota Jepang), kemudian akan berjalan dalam parade besar dari Istana Kekaisaran Kyoto, kemudian Kuil Shimogamo, dan berakhir di Kuil Kamigamo. Parade ini biasanya dimulai sekitar pukul 10.30 di Istana dan berakhir di Kuil Kamigamo sekitar jam 15.30.

Suasana Aoi Matsuri

Sapporo Matsuri (14-16 Juni 2016)

Saat musim panas (tanggal 14-16 Juni setiap tahun), Kuil Hokkaido akan menjadi pusat penyelenggaraan Sapporo Matsuri atau Festival Sapporo. Saat festival ini, para penduduk Sapporo akan berkumpul dan berpawai mengelilingi jalan-jalan kota sambil membawa Mikoshi. Mikoshi adalah kuil berukuran kecil di mana Kami atau roh para dewa dipercaya tinggal di dalamnya. Karena diadakan saat musim panas di mana iklim kota Sapporo hangat, ada banyak wisatawan yang menonton, dan kita bisa ikut serta dan meramaikan Sapporo Matsuri ini.

Sapporo Matsuri

Gion Matsuri (14-16 Juli 2016)

Gion Matsuri biasanya diadakan di musim panas (sepanjang bulan Juli) di Distrik Gion, Kyoto. Gion Matsuri adalah matsuri yang paling terkenal di Jepang bersamaan dengan Tenjin Matsuri di Osaka dan Kanda Matsuri di Tokyo. Mengapa terkenal? Selain karena diliput luas oleh media, hampir seluruh masyarakat di Gion turut serta. Anak sekolah, orangtua, hingga para Geisha yang terkenal. Ratusan ribu pengunjung setiap tahunnya ikut serta dalam Gion Matsuri.


Suasana Festival Gion Matsuri di musim panas

Puncak parade adalah di jalanan Gion yang akan ditutup untuk umum dan menjadi jalur Parade. Teman-teman juga bisa melihat Yamaboko seberat 12 ton yang diarak keliling kota.

Tenjin Matsuri (24-25 Juli)

Tenjin Matsuri diadakan di Osaka, dan dipusatkan di Kuil Tenmangu, Osaka. Festival ini dimulai dengan ritual untuk mengundang roh-roh leluhur keluar dari Kuil kemudian membawanya bekeliling kota, dan kembali lagi ke kuil. Hari kedua festival diisi dengan parade penduduk kota keliling jalan Kota Osaka, lengkap dengan para penari dan musik-musik tradisional. Setelah berkeliling di jalanan kota, kemudian parade dilanjutkan di di Sungai Okawa menjelang malam. Teman-teman bisa ikut naik perahu atau tetap mengiringi dari pinggir sungai. Sekitar pukul 9 malam parade selesai yang ditandai dengan acara kembang api yang megah.

Tenjin Matsuri

Chichibu Yomatsuri (Festival Malam Chichibu) (2-3 Desember)

Chichibu Yomatsuri diadakan di Kuil Chichibu, Saitama. Yang berbeda dan spesial dibandingkan Matsuri yang lainnya adalah, Chichibu Yomatsuri diadakan pada malam hari (jam 7-10 malam). Selain itu, Festival Yomatsuri di Chichibu adalah Matsuri penutup setiap tahunnya. Arak-arakan dimulai dari Kuil Chichibu, bekeliling kota, kemudian ditutup dengan festival kembang api. Saat festival ini JR menyediakan layanan kereta tambahan di malam hari dari Chichibu ke Tokyo.

Chichibu Yomatsuri

Sumber gambar: asukasou205200, inuyama.gr.jp, seasonal-events.com,

Flickr Yoshikazu TAKADA, Japanexperterna.seMIKI YoshihitoeerkmansblueskyfantasieHansel and Regrettal

Recommended for you

Last modified: July 30, 2016

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!
Show Comments

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan