Free Pass - Tiket Kereta Murah di Jepang

You are here Home  > Tips Wisata, Transportasi Jepang >  Free Pass - Tiket Kereta Murah di Jepang

Jepang mempunyai moda transportasi yang rapi dan integratif, hampir semua area dan objek wisata bisa dilalui oleh banyak jalur lintasan transportasi, terutama kereta dan juga bus, bahkan Subway dan monorail. Kemudahan ini sangat menguntungkan kita sebagai pengunjung di kota Tokyo, namun, ini juga menimbulkan kesulitan bagi kita untuk bisa membaca moda transportasi mana yang bisa digunakan untuk tujuan yg akan kita capai, ini juga menyangkut ketakutan akan salahnya membeli tiket transportasi tersebut selain kesulitan membaca peta lintasan kereta. Pertanyaan mengenai tiket, lalu juga cara pergi dan kereta yang dinaiki adalah pertanyaan yang paling sering diterima oleh Tim Info Jepang.

Bagi teman-teman yang datang mengunjungi Jepang untuk beberapa hari tertentu, menggunakan tiket terusan atau free pass untuk sarana transportasi sangatlah disarankan. Ini dikarenakan mahalnya biaya transportasi di Jepang. Namun perlu diingat free pass memiliki syarat dan ketentuan tertentu, misalnya jenis kereta yang bisa dipergunakan, daerah asal dan tujuan, atau juga batasan masa berlaku free pass. Supaya tidak rugi dan kebingungan memilih mana free pass yang tepat dipergunakan saat berlibur di Jepang, tim Info Jepang sudah merangkumkan berbagai macam jenis tiket free pass yang ada di Jepang. Dengan pengetahuan soal free pass sebelum berlibur ke Jepang, kita tentu dapat menghemat pengeluaran selama masa liburan, dan tentunya kita bisa pergi ke objek-objek wisata tujuan kita tanpa perlu memikirkan masalah kantong. Berikut adalah penjelasan mengenai beberapa tiket terusan/ free pass yang dapat digunakan di Jepang.

1. JR PASS

JR Pass ini hanya bisa digunakan oleh turis asing yang akan berkunjung ke Jepang dan hanya dapat di beli di luar Jepang. JR Pass ini sering ditawarkan di kedubes Jepang saat kita membuat paspor atau di beberapa website informasi wisata ke Jepang. Free pass ini terbilang cukup mahal harganya antara 29.000-80.000 Yen, namun memiliki kelebihan dapat digunakan hampir diseluruh jaringan JR line baik itu untuk kereta, bus dan shinkansen serta subway. Free Pass ini sangat cocok buat turis yang akan berkunjung ke berbagai kota di Jepang. Namun, Free Pass tidak disarankan jika hanya berkunjung ke satu kota saja semisal cuma Tokyo.

Berikut adalah tabel harga tiket JR Pass untuk masa berlaku seminggu, dua minggu, dan tiga minggu. Tipe ordinary atau green menunjuk kepada penggunaan kereta Shinkansen. Dengan JR Pass tipe ordinary kita bisa menggunakan seluruh jalur kereta di Jepang, juga dengan Shinkansen tipe Nozomi (tipe Shinkansen) yang paling lambat. Sedangkan dengan JR Pass tipe green, kita dapat menaiki Shinkansen Kodama yang lebih cepat sampainya.

Harga tiket free pass
jr-pass_button

TIPS: JR FREE PASS cocok bagi teman-teman yang pulang pergi mengunjungi beberapa kota di Jepang. Misalnya dalam seminggu mengunjungi Tokyo, Yokohama, Nagoya, Osaka, Nara, Kobe, Kyoto, Hiroshima, Fukuoka dan kembali lagi ke Osaka/ Tokyo. JR FREE PASS tidak cocok untuk liburan di satu daerah misalnya daerah Kanto (Tokyo, Yokohama, Chiba saja).

Baca juga: FAQ Terlengkap Japan Rail Pass

2. Free Pass Harian

Teman-teman bisa menggunakan tiket free pass tipe harian berikut ketika banyak berjalan-jalan di daerah Tokyo. Dengan 13 jalur kereta utama di pusat kota dan lebih dari 100 stasiun, hampir semua objek wisata di Tokyo dapat diakses dengan mudah oleh kereta. Free Pass ini sangat cocok untuk mereka yang ingin mengunjungi banyak objek wisata berdekatan di kota Tokyo, misalnya saja ingin mengunjungi Akihabara, Tokyo Skytree, Tokyo Tower, Kebun Binatang Ueno, dan Odaiba dalam satu hari. Perlu dicatat masa berlaku tiket ini adalah satu hari: mulai dari kereta pertama hingga kereta terakhir dalam satu hari kalender. Kita juga bisa membelinya dengan mudah di mesin-mesin penjual tiket otomatis di stasiun-stasiun di seluruh kota Tokyo.

1. Tokyo Free Kippu (atau Tiket Tokyo Tour) = 1580 yen

Bebas digunakan di seluruh jalur subway atau kereta bawah tanah di kota Tokyo (jalur kereta Toei dan Tokyo Metro) dan jalur kereta JR Line dalam satu hari. Bisa juga digunakan untuk bus yang dengan Toei sebagai operatornya. Meskipun pass jenis ini mengcover hampir semua perjalanan di Tokyo, namun harganya yang mahal membuat kita sulit balik modal.

2. Tiket Tokyo Subway, 24 hours = 800 yen, 48 hours = 1200 yen, 72 hours = 1500 yen

Bebas digunakan di seluruh jalur subway atau kereta bawah tanah di kota Tokyo (jalur kereta Toei dan Tokyo Metro) dalam satu hari. Tiket free pass ini TIDAK bisa digunakan di jalur kereta JR Line. Tiket ini bisa dibeli di Narita Airport, Haneda Airport atau beberapa toko elektronik Bic Camera yang ada di Akihabara atau Shinjuku. Lokasi penjualan tiket adalah Tourist information center yang ada di Narita atau Haneda Airport. Untuk Haneda Airport lokasinya berada di terminal Internasional lantai 2 balai ketibaan (arrival lobi), sebelah kiri sebelum pengurusan keiimigrasian. Buka jam 05.30-01.00. Untuk Narita Airport, lokasinya berada di masing-masing terminal 1 dan terminal 2, lantai 1 di balai ketibaan. Buka jam 08.00-20.00 (data sebelumnya pukul 07.00-19.00). Tiket ini hanya disediakan bagi wisatawan asing dan perlu menunjukkan identitas diri berupa paspor saat membelinya. Tiket free pass ini juga bisa dibeli di beberapa agensi travel di luar daerah Kanto untuk orang Indonesia yang menetap di Jepang.

3. Common One-day Ticket for Tokyo Metro & Toei Subway =1000 yen

Bebas digunakan di seluruh jalur subway atau kereta bawah tanah di kota Tokyo (jalur kereta Toei dan Tokyo Metro) dalam satu hari. Secara garis besar tiket ini sama dengan tiket Tokyo Subway di atas, hanya saat membelinya kita tidak perlu menunjukkan paspor. Kita juga bisa membelinya di seluruh stasiun kereta subway di Tokyo.

4. Tokyo Metro 24-hour Ticket, 24 hours = 600 yen, 48 hours = 980 yen

Bebas digunakan di sembilan jalur subway Tokyo Metro Line dalam satu hari. Tidak dapat digunakan di jalur kereta subway Toei Line dan JR Line, bisa dibeli di mesin penjual tiket otomatis atau di kantor petugas kereta di stasiun-stasiun kereta Subway Tokyo Metro. Beberapa stasiun yang ter-cover free pass ini : Shinjuku, Yoyogi, Meiji Jingumae, HarajukuShibuyaOmotesandoRoppongi, Kamiyacho (Tokyo Tower), GinzaTsukiji Market, Akihabara dari Shin – Ochanomizu atau Kanda, TokyoAsakusaUenoKorakuenIkebukuro, Tokyo Skytree (dari stasiun Oshiage).

Free Pass Tokyo Metro Line
Free Pass Tokyo Metro Line

5. Tiket Tokyo Combination

Tokyo Combination Ticket ini adalah paket tiket gabungan antara Common One-Day Ticket For Tokyo Metro & Toei Subway dengan Tokyo Metro 24-Hour Ticket. Tiket ini bisa dipergunakan untuk naik kereta di semua jalur kereta Tokyo Metro, Toei Subway, Toei Streetcar (Toden), Toei Bus (kecuali bus malam), kereta rute Nippori-Toneri, dan semua kereta JR di jalur Tokyo Metropolitan. Harganya 1.590 yen untuk orang dewasa dan 800 yen untuk anak-anak. Tiket ini cocok buat teman-teman yang ingin berkeliling Tokyo sehari penuh, mulai dari menyaksikan pelelangan ikan atau sarapan di Pasar Tsukiji pagi hari hingga menutup malam dengan menikmati panorama malam kota Tokyo dari Tokyo Tower atau Tokyo Skytree.

6. Toei One-Day Economy Pass = 700 yen

Bebas digunakan di empat jalur subway Toei Line atau bus yang dioperasikan Toei dalam satu hari. Tidak dapat digunakan di jalur kereta subway Tokyo Metro Line dan JR Line. Berikut link dari website Toei Line mengenai free pass ini.

Free Pass Toei Line

7. Tokunai Pass (750 yen)

Tokyo Metropolitan District Pass atau sering disebut Tokunai Pass memungkinkan teman-teman untuk bebas berkeliling dengan seluruh kereta JR di dalam kota Tokyo dalam satu hari. Tokunai Pass adalah tiket termurah buat teman-teman yang ingin mengunjungi objek-objek wisata di jalur kereta Yamanote Line, seperti Shinjuku, Shibuya, Harajuku, Akihabara, Ueno, dan juga Stasiun Tokyo. Tokunai Pass ini bisa dibeli di mesin penjual otomatis di seluruh stasiun JR Line. Harganya hanya 750 yen untuk usia 12 tahun ke atas dan 370 yen (untuk usia 6-11 tahun), dan dipastikan akan balik modal jika teman-teman setidaknya mengunjungi 2 atau 3 buah tempat wisata di jalur kereta JR Yamanote Line berikut ini.

Tokunai Pass bisa dibeli di loket tiket maupun mesin tiket otomatis di seluruh stasiun JR yang ada di Tokyo. Pass ini tidak mengcover kereta-kereta non-JR seperti kereta Odakyu, Keio-Inokashira, Tokyo Metro dan juga Toei Line.

Berapa Ongkos Naik Kereta di Tokyo?

Sebelum memutuskan ingin membeli dan menggunakan pass kereta Tokyo yang mana, teman-teman bisa melihat tabel ongkos naik kereta di Tokyo berikut ini.

Kereta JR (Japan Railway)

Stasiun Tokyo Shinjuku Ueno Shinagawa Shibuya
Tokyo 190 150 160 190
Shinjuku 190 190 190 150
Ueno 150 190 190 190
Shinagawa 160 190 190 160
Shibuya 190 150 190 160

Kereta Subway (Tokyo Metro dan Toei Subway)

Stasiun Tokyo Shinjuku Ueno Tsukiji Asakusa
Tokyo 190 160 170 190
Shinjuku 190 190 280 230
Ueno 160 190 170 160
Tsukiji 260 260 260 210
Asakusa 190 230 160 200

Pass-pass di atas baru akan untung, setidaknya jika teman-teman berencana mengunjungi minimal 3-4 tempat wisata di Tokyo dalam sehari. Di luar itu, sebaiknya gunakan SUICA/Pasmo atau membeli tiket secara ketengan.

Catatan beberapa Objek Wisata di Tokyo:
Di jalur Tokyo Metro Line
Shinjuku, Harajuku (Kuil Meiji Jingu-mae), Shibuya, Omotesando, Roppongi, Otemachi (dekat stasiun Tokyo), Ginza, Tsukiji, Ueno, Oshiage (Tokyo Skytree), Asakusa, Oshiage (Tokyo Skytree), Otemachi (dekat stasiun Tokyo).

Di jalur Toei Line
Shinjuku, Akabanebashi (Tokyo Tower), Roppongi, Yoyogi (Taman Yoyogi), Higashi Ginza (Ginza), Iwamotocho (Akihabara)

3. PASMO dan SUICA CARD

Ini adalah kartu IC deposit prabayar yang dapat diisi ulang. Kartu Suica atau Pasmo sebenarnya tidak termasuk Free Pass, namun saya masukkan dalam artikel ini untuk menjelaskan perbedaannya. Ketika menggunakan kartu Suica atau Pasmo, kita tidak mendapatkan potongan harga khusus, harga tiket yang dibayarkan tetap sama. Hanya kita tidak perlu ribet membeli tiket setiap kali ingin naik kereta. Informasi lengkap mengenai penggunaan kartu Suica atau Pasmo bisa dibaca di artikel berikut.

tour online ads NEW1

Sumber gambar: japanrailpass.net, Flickr Taichiro Ueki, website Tokyo Metro 1, 2, Youshouldvisitjapan

Recommended for you

Last modified: December 1, 2016

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!
Close Comments

Comments (167)

    • infojepang  |  

      kalau pake JR pass jangankan ke ehime, mau ke hokkaido di plg utara jpg atau kagoshima di plg selatan jpg juga bs kok. next time tolong tulis nama daerahnya yg jelas ya. nanti dibantu utk rutenya. trims komentarnya

  1. Saya sama teman2 ber 8 semua ibu2 ada rencana mau wisata ke jepang 15 maret sd 23 maret ke jepang. Tiketnya sdh dibeli Jkt-Kix-Jkt. Maunya ke sampai jg di tokyo dan kyoto. Sebaiknya beli tiket yg mana ya?

    • Nugroho Christian
      Info Jepang  |  

      Jika hanya pergi ke Kyoto dan Tokyo saja, tidak perlu membeli tiket JR PASS yang harganya mahal dan tidak efektif.
      Berikut perhitungan sederhana pulang pergi Tokyo dan Kyoto/KIX
      Untuk tiket normal (1 kali perjalanan Shinkansen Kyoto-Tokyo 13.080 yen, PP 26.160 yen), sementara untuk JR Pass paling murah sekitar 29.000++ (ada biaya tambahan jika ingin naik Shinkansen). Jadi lebih baik membeli tiket Shinkansen seperti biasa di kaunter Shinkansen.
      Namun jika ada objek wisata lain yang ingin dikunjungi, Tim Info Jepang siap membantu Ibu Julita dalam mempersiapkan perjalanan liburan ke Jepang.
      Bisa menghubungi kami bisa ke 0818.221.505, Kami punya layanan Tour Guide Online yang siap membantu liburan dari persiapan bahkan nanti menjelaskan cara menuju lokasi objek wisata di Jepang.
      Salam!

    • Nugroho Christian
      Info Jepang  |  

      Paling murah adalah dengan shinkansen Hikari/ Kodama. Dari stasiun Shin-Osaka, kita bisa naik JR Sanyo Shinkansen sampai Stasiun Hiroshima. Lama perjalanan sekitar 80 menit dengan tiket seharga 9.710 yen atau gratis jika menggunakan JR Pass.

      Salam dan selamat liburan!

  2. Sya rencana mw liburan k kyoto, tp sya menginap d osaka,
    Ap lebih Baik beli tiket terusan ato gak ya?
    Rencana.na 2 hari bolak balik osaka – kyoto

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Halo Yoga, apa mau berkeliling Kyoto saja? Osaka cuma menginap? Atau mau jalan-jalan di 2 kota tersebut? Kyoto dan Osaka? Kalau cuma menginap di Osaka (tidak jalan-jalan), tidak perlu membeli tiket terusan. Cukup tiket kereta biasa (560 yen/ sekali jalan).

      Namun, jika mau berkeliling di Osaka atau Kyoto, bisa dikombinasikan dengan Osaka Free Pass dan Tiket Terusan Bus Kyoto.

      Salam dan selamat liburan!

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Ya, tentu bisa, info lengkapnya bisa dilihat di sini FAQ Japan Rail Pass
      Namun, kalau dilihat dari rencana perjalanan Tuti, hanya ada sekali perjalanan Kyoto-Tokyo (PP) sudah cukup balik modal. Jika ada jadwal lengkap perjalanannya, bisa disampaikan, dan Tim Info Jepang akan memberikan bantuan.

      Salam dan selamat liburan!

  3. mohon info transportasi,. saya rencana mau ke ehime,. nah,. transportasi dari kansai airport ke ehime bisa naik apa aja?
    1. bus … nama bus nya apa?
    2. kreta?… sy liat di hyperdia.com itu (kansai-shin osaka-okayama-ehime) bisa menggunkan pass yg mana?
    mkasih bnyk info nya…

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      1. Tidak ada bus langsung dari Kansai International Airport ke Matsuyama (Ehime). Paling praktis naik bus Limousine dari Kansai Airport ke Umeda di Osaka, lalu lanjut bus Iyotetsudou sampai ke Matsuyama. Informasi di halaman berikut (dalam bahasa Jepang).
      2. Jika naik kereta, tidak ada pass yang menjangkau sampai ke Ehime. Paling hanya sampai di Utazu Station di Prefektur Kagawa, sebelah timur Prefektur Ehime dengan menggunakan Kansai Wide Pass, seharga 8500 yen untuk 5 hari. Jikalau Ajeng berkenan menjelaskan jadwal perjalanan, Tim Info Jepang bisa membuat hitungan mana yang lebih menguntungkan, membeli JR Pass atau tiket biasa.

      Jika ingin memesan tiket atau ada pertanyaan lainnya, bisa menggunakan jasa Tour Guide Online Info Jepang. Selengkapnya disini.

  4. Hi, saya akan ke osaka 22 des sampai 30 des 2016. rencananya mau ke osaka, kyoto, takayama shirakawa go, kanazawa. Tolong di bantu itinerary yg sejalan, dan tiket apa yang lebih menguntungkan. Pulang ke negara saya juga melalui osaka. Terima kasih.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi. Tim Info Jepang membutuhkan informasi lebih lengkap mengenai tempat wisata apa yang ingin dilihat selama liburan di Jepang, berapa orang yang mau pergi ke Jepang, sudah ada pesan hotel, berapa budget perjalanan, oleh-oleh yang ingin dibeli.
      Kami siap membantu via chat Whatsapp/ Line untuk perencanaan liburan yang lebih matang dan tidak asal-asalan. Informasi selengkapnya bisa dibaca di halaman Tour Guide Online Info Jepang.
      Salam

  5. Kalau kita pakai kansai thru pass untuk 3 hari di Osaka,kyoto,Nara..apakah lebih menguntungkan dibanding beli one day pass dimasing masing kota?thanks

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Tergantung mau kemana saja, ada tempat wisata yang tidak perlu beli free pass karena lebih murah beli tiket satuan. Ada juga yang tidak tercover free pass. Mengenai harganya, tiket Kansai Through Pass untuk 3 hari harganya 5200 yen. Tiket Osaka free pass satu hari 2300 yen. Nara free pass 1500 yen. Kyoto 1200 yen dan untuk bus saja 500 yen.

  6. cherrylips_noph  |  

    Salam,
    Saya berencana untuk trip ke Jepang tgl 13-19 Agustus dengan rincian sbb :
    2 hari di Tokyo, 2 hari di Kyoto, 2 hari di Osaka.
    1. Mohon info pilihan moda transportasi apa yang paling efisien dan hemat di kota2 tersebut? Berapa estimasi biayanya?
    2. Dan bagaimana dengan pilihan transportasi dari/menuju bandaranya?
    Terima kasih.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      1. Kalau mau berkeliling 2 hari saja di Tokyo, rasanya lebih bagus pakai kereta biasa. Beli tiket setiap kali mau pergi mengunjungi objek wisata. Kalau di Kyoto dan Osaka, bisa menggunakan kansai pass. Kalau diminta estimasi, sehari mungkin bisa habis 1.000-2.000 tergantung objek wisata yang mau dikunjungi dan jaraknya. Rata-rata tiket kereta sekali perjalanan 200-400 yen.

      2. Kalau dari bandara Haneda bisa naik Tokyo Monorail sampai ke Tokyo. Kalau dari Narita, bisa naik Keisei Line. Lebih lengkapnya bisa dibaca di Panduan Lengkap dan Akses Bandara Haneda dan Panduan Lengkap dan Akses Bandara Narita berikut.

      Salam dan selamat liburan!

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Mau ke Gotemba mana? Ada bus langsung dari Narita Airport, dan tiketnya bisa dibeli saat tiba di Narita.
      Salam

  7. Saya akan tokyo. Senen 4 juli ini.
    Stay di Daerah Osaki.
    Hari pertama saya ke daerah daiba dan lego discovery

    Hari kedua. Disneyland
    Hari ketiga. Mt. Fuji
    Hari keempat. Tokyo tower. Asakusa.
    Shibuya dan harajuka
    Hari lima. Haneda

    Kartu pas apa yg enak saya beli yah.

    Trims.

    Dengan 4 hari

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Kalau rute perjalanannya seperti itu, Tim Info Jepang rasa tidak perlu membeli tiket pass.
      Ada namanya Tokyo Wide Pass seharga 10 ribu yen untuk 3 hari perjalanan berturut-turut, tapi kayaknya rugi kalau membelinya.
      Salam.

  8. Bagaimana cara sampai ke Kembuchi dengan hemat. Dan berapa lama perjalanannya. Saya dari Sapporo New Chitose airport. Trimakasih.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Anda bisa naik kereta ekspress super soya dari Sapporo sampai stasiun Wassamu, kemudian pindah ke kereta lokal sampai Kembuchi.
      Ongkosnya 6350 yen dengan waktu perjalanan 3 jam.
      Kalau mau lebih hemat bisa naik kereta lokal, tapi waktu perjalanan 5 jam lebih. Dari Sapporo sampai Iwamisaki, pindah kereta sampai Asahikawa, pindah kereta lagi sampai Kembuchi. Ongkosnya 3670 yen.

      Salam.

  9. saya dri kyoto mau keliling tokyo ( tokyo twer, sky three, shibuya, odaiba, harajuku,asakusa )selama 3 hari lbh baik n murah menggunakan kereta atau bis…???
    dan apakah ada tiket free passny baik kereta/bis..??

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Maaf Mazbond, kami perlu detail lengkap perjalanan 3 hari di Tokyo jika ingin rekomendasi free pass yang tepat.
      Informasi jika ingin naik bus: bus akan ramai dan tidak sepraktis naik kereta (dua menit sekali kereta tiba).
      Salam

  10. Tun Ahmad Gazali  |  

    Selamat pagi, jika saya bersama anak dan istri ingin menggunakan bus malam dari Osaka ke yamaguchi pada tanggal 25 Agustus 2016, malam.., mohon dibantu atas beberapa pertanyaan boronga saya berikut ini :
    1.Bari terminal bus mana kami bisa mulai jika kami transportasinya dari Kansai Airport JR Eki?
    2. Berapa harga tiket bus malam itu ke Yamaguchi Shi?.
    3, Apakah anak kami yg masih 3,5 umurnya harus membeli tiket sendiri?
    Terima kasih atas perkenan jawabannya.
    Wassalam
    Tun
    Yamaguchi University

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Bus menuju ke Yamaguchi banyak berangkat dari Osaka/ Umeda, dengan ongkos 6500-10.200 yen per orang (tergantung dengan jenis kursi). Jika anaknya dipangku dan tidak dapat tempat duduk, ya tidak perlu membayar ongkos Pak.
      Salam

  11. halo, saya di daerah Tokyo mau ke daerah asakusa (start point) – akihabara – Tokyo tower – shibuya – harajuku – Shinjuku. hematnya pakai pass jenis apa ya?

  12. Kalau di kyoto ? rencana di kyoto ingin ke arasiyama, fushimi, gion, kiyozi mudera sebaiknya pakai pass apa ya?

    kalau di Osaka saya berencana ke osaka castle, sumiyoshi, daisen park lebih baik pakai pass apa ya di Osaka ? trims

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Tokunai bisa dimasukkan ke mesin pintu karcisnya.
      Cara membedakannya gampang, kalau bagian belakang tiket bewarna hitam, maka bisa dipakai melewati mesin.
      Jika tidak hitam, harus ditunjukkan ke petugas penjaga.
      Salam

  13. Halo. Saya berencana akan mengunjungi jepang selama 11 hari dari bandara kix pp. Saya rencana akan mengunjungi osaka ditambah kobe dan nara selama 3 hari, kemudian di kyoto termasuk ke higashiyama dan arashiyama selama 3 hari, dan terakhir 4 hari di tokyo termasuk memilih antara hakone atau kawaguchi untuk melihat fujisan sebelum kembali ke osaka untuk balik ke jakarta.
    Pass apa yang mesti saya gunakan selama saya di jepang untuk menghemat biaya transportasi? dan apakah jika saya membeli icoca dari osaka, saya bisa tetap menggunakan kartu tersebut dan top up selama di tokyo?
    Terimakasih.

  14. Selamat pagi. Terimakasih atas jawabannya yang sangat membantu. Jika saya membeli JR PASS apakah cukup dengan pass yg 7 hari atau saya sebaiknya membeli yang 14 hari?!
    Untuk perjalanan kyoto-tokyo dan tokyo-osaka untuk mengarah ke bandara KIX saya masih bingung antara shinkasen dengan JR PASS atau menggunakan Willer Express.
    Terimakasih. Maaf sudah bertanya terlalu banyak.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Bagaimana dengan detail perjalanannya Angel? Sebagai perbandingan JR Pass 7 hari harganya 29.110 yen dan 14 hari harganya 46.390 yen (berbeda hampir 17.000 yen atau 1,9 juta). Lebih bagus ambil JR Pass 7 hari, ditambah dengan pengaturan supaya 4 hari terakhir yang di Tokyo yang dekat2 saja, sehingga tidak perlu pake JR Pass lagi. Willer Express itu naik bus Angel, Tokyo-Kyoto 8 jam perjalanan loh. Kalau punya JR Pass lebih bagus naik Shinkansen (hanya 2,5 jam).

      Angel bisa hubungi kami di 0818.221.505 untuk detail perjalanannya, sehingga kami bisa juga kasih saran yang paling pas dan menguntungkan. Salam dan selamat liburan Angel di Jepang! 😀

  15. need info dunk, kalau mau beli tiket tokyo subway 72hrs yg di airport haneda lokasinya dimana? dan jam operasional nya jam berapa? karena kita landing di haneda jam 11 malem. thank u

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Sore Diana,
      Kamu bisa beli di Information Center di balai kedatangan (arrival loby) lantai 2 terminal internasional. Information Center letaknya berada di sebelah kiri sebelum keluar di balai imigrasi. buka sampai jam 1 malam.

      Salam dan selamat datang di Jepang.

    • Kalau buka paginya jam berapa yah? Misal gak keburu malem plan mau beli paginya .
      Thank u

  16. Information centernya dah ada orang yah jam 6 pagi? Gak bisa beli di mesin kan yah? Beli kaikyukan pass bisa skalian disitu juga gak? Thank u

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Information centernya buka dari jam 05.30-01.00, tentu ada petugas yang melayani pada jam itu.
      Mohon diperhatikan sebab letak information center ini berada sebelum pengurusan keiimigrasian, jadi hanya bisa dibeli setibanya di Jepang, sebelum ke imigrasi. Kami pikir Anda bisa membelinya malam-malam karena masih ada cukup waktu antara jam 23.00 sampai 01.00.
      Dokumen yang diperlukan adalah paspor

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Apakah yang dimaksud kaikyukan adalah tiket pass kereta+tiket masuk Kaiyuukan Akuarium Osaka?
      Kalau begitu mungkin information center tidak menjual tiket pass Kaiyuukan. Tiket ini bisa dibeli di stasiun Hanshin Line, Osaka Subway Line, Hankyu Line, atau Nankai Line di Osaka.
      Salam

  17. yup bener tiket kereta+kaiyukan akuarium. thank u banget informasinya sangat membantu. nanti klo ada yg bingung saya tanya2 lagi yah 🙂

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Ya. Jika ada pertanyaan lainnya, silakan ditanyakan. Tim Info Jepang pasti membantu.
      Salam

  18. pak nugroho mau tanya lagi dunk kalau tokunai pass itu bisa dipake buat jalur JR dari osaka ke kyoto,osaka ke kobe gak?? yg bukan shinkansen yah maksudnya. atau hanya bisa dipake jalur JR didalam kota tokyo aja? trus di dalem tokyo nya prefer beli tokunai pass atau subway pass yah?? mana yg lbh dipake untuk ke daerah wisata di tokyo. thank u

  19. admin mau tanya nih,
    tanggal 26 besok saya pergi ke tokyo dari bandara haneda, pesawat tiba sekitar pukul 22.30. saya tidak membeli jr pass karena saya hanya berkeliling sekitar tokyo saja. tujuan saya dari haneda ke stasiun fune no kagakukan. tiket apa yang cocok digunakan untuk menuju kesana dan kereta apa yang bisa digunakan saat pukul 22.30?
    terimakasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Halo anies, kami butuh itinerary lengkap kamu nih buat menentukan pass mana yang cocok. Kamu bisa coba baca-baca Tokyo Metro Pass atau Tokyo Subway Pass untuk keliling di tokyo. Kalau mau ke Stasiun fune no kagakukan, bisa naik kereta Tokyo Monorail sampai Stasiun Hamamatsucho (ongkosnya 490 yen). Kemudian berpindah ke kereta JR Yamanote Line sampai di Stasiun Shimbashi (140 yen). Dari Stasiun Shimbashi, lalu naik kereta Yurikamome sampai di Stasiun fune no kagakukan (380 yen). Kereta di Tokyo masih beroperasi sampai tengah malam kok. Jadi kamu masih bisa naik kereta jam 22.30.

      Salam dan selamat datang di Jepang! 🙂

    • di setiap stasiun beli tiket lagi atau sudah tercover saat pembelian pertama di haneda, nama tiketnya apa kalau naik kereta tokyo monorail?
      trus dari hamamatsucho berpindah ke JR yamanote line, berrti apa perlu beli JR Pass?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Kalau berganti kereta ya beli tiket lagi Anis. Karena keretanya berbeda-beda pengelola. JR Pass itu harganya 29.000 yen, baru untung kalau ada minimal perjalanan PP Tokyo-Osaka. Mengenai penggunaannya bisa dibaca di link tadi. Lalu, cara membeli tiketnya seperti di Indonesia kok, ada loket-loketnya. Atau kalau mau praktis, bisa pakai Kartu Suica/ Pasmo juga.
      Salam.

  20. Pak nugroho kalau tiba di haneda jam 22.30 mau ke hotel sheraton di area disneyland kira2 masih keburu gak keretanya?? Last train sampe jam brp? Di disney resort line nya jg sampe jam brp last train nya? Soalnya klo limosine bus ke hotel itu malem sudah tidak ada .makasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Jika naik kereta Keikyuu maka kereta terakhir jam 23.42 sampai stasiun Maihama dekat Tokyo Disneyland
      Jika naik monorel maka kereta terakhir jam 23.45
      Salam

  21. Pak kalau kereta keihan line itu kan ada yg sub ekspress dan limited ekspress jalurnya sama atau beda? Dan di dalem kereta ada keterangan kita berikutnya berhenti di stasiun apa gak? Kayak mrt kan di dalem ada keterangan jalur yg dilalui. Klo kereta keihan ada juga gak?makasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Silakan mengecek website Hyperdia untuk cara memilih kereta sub express atau limited express.
      Tim Info Jepang tidak memberi penjelasan karena akan membuat bingung pengunjung website yang lain.
      Di dalam kereta akan ada peta dan juga pengumuman dalam bahasa Inggris.
      Salam

  22. Yth. Bpk Nugroho,

    Saya berencana liburan ke Jepang dari tanggal 20 Juni 2017 s/d 4 Juli 2017.
    Tiba di Kansai Airport Osaka dan pulangnya dari Haneda Airport Tokyo.

    Itinerarynya : Tgl 20 – 24 Juni Osaka, 24 Juni – 29 Juni Kyoto (1 hari Nara), 30 Jun – 4 Juli Tokyo, Tgl 1 Juli nya rencana mau menginap di Gunung Fuji untuk melihat sunrise (Berangkat sore dari Tokyo, pulangnya besok siangnya)

    Ada beberapa hal pak yang saya ingin tanyakan :
    1. Dari Kansai Airport ke pusat kota Osaka, saya dengar ada Yokoso Osaka Pass yang bisa digunakan untuk naik kereta rapid dari Kansai ke Namba (1 way) dan juga osaka subway, bus 1 day unlimited. Harganya Yen 1,500/orang. Apakah benar ada ya pak?
    2. Dikota Osaka, lebih baik mencari penginapan didaerah Namba atau daerah Shin Osaka Station ya pak?
    3. Di Kyoto, untuk menjangkau objek2x wisata disana, sebaiknya pilih pakai bus atau subway ya pak?
    4. Dari Kyoto ke Tokyo, saya rencana ingin naik night bus willer, untuk reservasi harus berapa lama sebelumnya ya pak?
    5. Untuk ke Gunung Fuji, ada saran pak untuk menggunakan transportasi apa yang ekonomis?

    Terima kasih banyak pak.

  23. Hai pak Nugroho..boleh minta pencerahannya?des 12 nanti rcn ke jepang selama 6 hari tiba di narita..rencana 2 hari ke disneyland dan 1 hari di disney sea..setelah itu rencana mau ke osaka..sebaiknya saya pakai tiket apa ya?
    Kalau hotel sebaiknya saya pindah ke osaka ya daripada bolak balik ke chiba?
    Naik kereta shinkansen itu sekali jalan berapa ya kl dari chiba ke osaka?

    Terima kasih ya…pak

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Lalu mengenai saran free pass, mohon maaf kami tidak melayani via website, karena kami perlu detail jadwalnya, dan akan sangat panjang serta membuat pengunjung website lain bingung. Mohon pengertiannya, sebab ada lebih dari 50 ribu pengunjung lain yang melihat website ini. Jika membutuhkan bantuan pembuatan itinerary, bisa memanfaatkan layanan Tour Guide Online Info Jepang.
      Untuk shinkansen dari Tokyo (Chiba) menuju ke Osaka ongkosnya 13620 yen.
      Salam

  24. Terima kasih pak atas replynya.

    1. SUICA/PASMO Card itu apakah bisa digunakan untuk subway JR Line, Tokyo Metro Line dan Toei Line yang ada di Tokyo?
    2. Juga dengan ICOCA Card, apa bisa dipakai untuk seluruh subway line dan bus yang ada di Osaka dan Kyoto? Dan apabila kita beli Icoca cardnya di Osaka, apakah bisa menukarkan sisa depositnya di Kyoto?
    3. Untuk orang yang tidak pernah mendaki gunung, apakah trek Gunung Fuji memungkinkan untuk dicoba pak?

    Terima kasih

  25. selamat sore tim info jepang. saya akan berangkat ke jepang pada tgl 14 april dan kembali kejakarta tanggal 21 april 2016. saya belum punya itenirary untuk disana, belum memilih apakah meunggunakan tour travel atau kami akan jalan sendiri. rencana kota yang akan kami kunjungi yaitu jakarta-osaka-kyoto-gunung fuji-tokyo-jakarta. atau sebaliknya. adakah saran untuk saya bagaimana moda transportasi disana? menggingat yg jalan adalah saya, suami dan baby usia 1.5th apakah sebaiknya kami ambil paket tour atau kami jalan sendiri. thanks

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat sore Ibu. Tentu jika jalan sendiri biaya perjalanan bisa ditekan. Jika Ibu berminat dan membutuhkan, kami punya layanan Tour Guide Online Info Jepang. Kami bisa memberikan informasi lengkap naik kereta apa, dari platform dan stasiun mana, serta tips-tips hemat dan praktis lainnya mengenai itinerary perjalanan. Ibu juga bisa langsung bertanya via telepon whatsapp sewaktu liburan di Jepang jika ada kepentingan darurat seperti membeli kebutuhan anak dan lain-lain.
      Salam

  26. Selamat malam tim info jepang. Saya mau bertanya nich, kalau mau beli tokyo furii kippu dimana ya? apakah dibandara international haneda ada jual?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Pak Vincent. Tokyo Furii Kippu bisa dibeli lewat mesin penjual otomatis di seluruh stasiun kereta JR+subway, kecuali di stasiun Oshiage (Tokyo Skytree), Meguro, Shirokanedai, Shirokanetakanawa.
      Salam

  27. Selamat siang,
    Mohon dibantu informasinya. Saya rencana ke osaka tgl 21 agustus dan menginap 1 hari. 1 hari berikutnya di kyoto. Kemudian rencana ke tokyo selama 4hari. Plan nya kami ber 4 tetapi masih blm tau detail kmn aja. Yg pasti ke fuji san, n yokohama doraemon museum. Apa kami perlu menggunakan jr pass? Untuk nantinya menggunakan sinkansen dan transport kita object wisata disana? Terimakasih.

  28. Selamat siang,
    Saya mau Tanya. Saya ada rencana ke Tokyo melalui Haneda tgl 4 Oktober sekitar pkl. 21.50. Rencananya sama mau di Tokyo 2 atau 3 hari kemudian ke Osaka ( tgl 6 malam atau 7 pagi) . Adapun pada saat saya di Osaka rencananya akan ke Kyoto, Kobe, dan Nara. Saya kembali ke Jakarta tgl 10 Oktober pagi hari melalui Kansai. Saya ingin menanyakan :
    1. Apakah perlu menggunakan JR Pass? atau menggunakan kombinasi tiket lainnya? Jika Iya, tiket apa saja yang kami harus beli untuk mengcover rencana perjalanan kami mulai dari Haneda-Tokyo_Osaka-Kyoto-Kobe-Nara-Kansai?
    2. Jika kami menggunakan JR Pass, Apakah pada saat saya di Tokyo & Osaka apakah masih harus beli pass lainnya? Jika Iya, pass apa saja?
    3. Jika pesawat kami baru mendarat pkl 21.50 dan kami menginap di daerah sekitar shin-Shinjuku, kendaraan apa yg ekonomis untuk sampai ke hotel dimalam hari?
    4. Jika kami menggunakan alternatif bis malam untuk rute Tokyo ke Osaka, apakah memungkinakan, jika kami mengajak anak2 yang berumur 10 dan 11 tahun?
    Terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu Hanifah.
      1. Sepertinya tidak perlu menggunakan JR Pass, susah balik modalnya kalau tidak ada perjalanan minimal PP Osaka-Tokyo.
      2. Jika tetap menggunakan JR Pass ya tidak perlu membeli JR Pass, kecuali untuk jalur kereta swasta yang tidak tercover JR Pass.
      3. Bisa naik kereta (yang paling murah). Informasi kereta dari Haneda sampai ke Shinjuku bisa dicek di halaman berikut. Sampai jam 23.30 pun masih ada kereta untuk sampai ke Shinjuku.
      4. Bus malam bisa digunakan untuk semua umur juga untuk keluarga. Tim Info Jepang sudah sering merekomendasikan bus malam untuk menghemat pengeluaran dan biaya menginap. Biaya pengeluaran bisa ditekan hingga 10 ribu yen per orang jika naik bus malam dan bukan shinkansen. Namun perlu dicatat juga perjalanan membutuhkan 6-7 jam dari Tokyo ke Osaka, dan mungkin akan membuat anak-anak lelah. Mungkin bisa didiskusikan lagi bersama keluarga.

  29. Malam pak,Saya sdh dpt ticket jkt sapporo balik dari hnd ke jkt selama 11hari, untuk transportasi hemat saya harus pilih apa ya? Apakah di sapporo ada day pass atw 3days pass seperti di tokyo?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Kalau hanya di Sapporo, bisa mencoba membeli One-Day Ticket untuk Subway Use seharga 830 yen. Atau Donichika Ticket untuk subway kota Sapporo penggunaan hari Sabtu/Minggu/hari libur seharga 520 yen, atau Dosanko Pass untuk kereta trem penggunaan hari Sabtu/Minggu/hari libur seharga 310 yen. Kalau belum membeli JR Pass, bisa mempertimbangkan membeli JR East-south Hokkaido Rail Pass yang mencover daerah timur Jepang dan Hokkaido. Penggunaannya juga lebih mudah, bisa memilih 6 hari di antara 14 hari. Tim Info Jepang rasa ini cocok buat ibu yang rencananya 11 hari di Jepang.

      Jika membutuhkan informasi bisa membaca informasi tempat wisata di Sapporo atau Otaru. Atau menanyakan ke Tim Info Jepang.
      Salam

  30. Apakah sy hrs membeli 2macam jr pass?saya berencana membeli jr pass yg 7 hr untuk perpindahan dari sapporo ke tokyo,bila beli 2macam pass ini berarti lbh mahal drpd jr yg 14hr, apakah jr pass yg reguler tdk bisa mengcover daerah sapporo dan sekitarnya?brp lama perjalanan dari sapporo ke tokyo bila mengunakan jr pass?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Siang Ibu. Kalau memang sudah rencana membeli JR Pass berarti itu saja cukup, dan sudah mencover seluruh rute perjalanan dari Sapporo menuju ke Tokyo.
      Dari Sapporo ke Tokyo, estimasinya waktunya 7,5 jam (3,5 jam dari Sapporo sampai Shin-Hakodate-Hokuto, 4 jam Shin-Hakodate-Hokuto sampai ke Tokyo).
      Salam

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      3 jenis Pass ini bisa dipakai saat liburan di Sapporo, sebab objek-objek wisata di Sapporo kebanyakan hanya bisa diakses dengan kereta subway atau kereta trem. One-Day Ticket untuk Subway Use seharga 830 yen. Atau Donichika Ticket untuk subway kota Sapporo penggunaan hari Sabtu/Minggu/hari libur seharga 520 yen, atau Dosanko Pass untuk kereta trem penggunaan hari Sabtu/Minggu/hari libur seharga 310 yen.

  31. Halo mas, blog nya sangat2 membantu deh. 2 jempol ! saya ingin menanyakan hal2 berikut ini karena masih bingung juga :
    1.Sy akan ke Jepang flight Tokyo PP, dan akan mengunjugi Osaka dan Kyoto. Bila saya membeli JR Pass apakah perlu lagi membeli pass lain utk perjalanan dalam msg2 kota ? Misalnya Osaka free pass, kyoto bus pass dan pass dalam kota Tokyo?

    2. Bila memberi JR Pass secara online apakah tiket fisik dikirim ke alamat ataukah via email saja .

    Thanks in advance 🙂

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Vibe. JR Pass hanya mengcover ongkos kereta JR saja. Nah, kebanyakan objek wisata di kota Osaka lebih dekat diakses dengan kereta subway atau kereta milik perusahaan swasta dan bukan JR. Begitu pula dengan objek wisata di Kyoto yang lebih mudah diakses dengan bus kota Kyoto. Begitu pula halnya dengan free pass di Tokyo seperti tertulis di artikel di atas.

      Tim Info Jepang selalu merekomendasikan membeli JR Pass langsung ke Tour Travel di Indonesia. Kalau kamu bersedia, mungkin nanti bisa berbagai cerita pengalaman membeli JR Pass via online.
      Salam

    • terima kasih atas fast respon nya mas :))
      kebetulan saya solo traveler n cewe hehehe….jadi mau nyari yg paling praktis dan mudah kalo bisa tidak beli eceran…tp tentu saja ekonomis.
      Karena saya tidak tinggal di jakarta tp di sulawesi jadi saya tidak bisa membeli langsung JR pass di travel agent, begitu pula dgn menyewa pocket wifi 🙁 Flight saya direct ke tokyo tidak mampir jakarta. Nanya lagi boleh yaaa…..
      1. Ada website lokal yg menawarkan pembelian JR Pass dan harganya lebih murah hanya 3,4 jt. Apakah aman membeli dari website lokal ?

      2. Untuk ke Kawaguchiko / Hakone berarti saya harus beli lagi tiket bus PP kesana ya tidak bisa dicover oleh JR Pass ?

      3.Kesimpulannya saya akan membeli JR Pass + 3 pass utk dalam kota Tokyo, Osaka, Kyoto + Tiket bus Kawaguchiko PP. mohon infonya apakah sudah benar mas.

      Terima kasih….bless u 🙂

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      1. Kami tidak tahu website lokal yang dimaksud. Tim Info Jepang yakin Vibe sudah tahu resikonya kalau memang ingin membeli via website.
      2. Silakan baca informasi wisata tentang Danau Kawaguchiko dan Hakone untuk strategi menghemat ongkos kereta dengan JR Pass tanpa bus.
      3. Tim Info Jepang sudah merangkum beberapa free pass di Kyoto dan Osaka berdasarkan pengalaman memandu wisatawan Indonesia sbb. Silakan dibaca terlebih dahulu: free pass di Kyoto dan free pass di Osaka, atau free pass Kansai. Pastikan mana free pass yang sesuai dengan tempat wisata yang ingin dikunjungi.
      Salam

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Tiket-tiket diatas hanya mengcover tiket dalam kota Tokyo, jadi Yokohama tidak tercover.
      Sedangkan satu-satunya moda transportasi ke Odaiba yakni Yurikamome Monorel tidak memiliki free pass.
      Salam

  32. Halo, saya masih bingung dengan penggunaan JR pass dan transportasi di jepang. Akhir Februari 2017, saya rencana berangkat dengan suami dan anak (9 dan 7 th). Yang saya masih bingung, apakah saya harus beli JR pass atau saya beli tiket point to point? Rencana saya akan ke USS japan, Disneyland, Disneysea, Gunung Fuji (main sky), kawaguchiko dan keliling Tokyo. Kenapa sepetinya Ribet sekali ya transportasi di jepang?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Tidak ribet Ibu, hanya banyak pilihannya.
      Ibu berangkat dari bandara mana? Kembali ke Indonesia dari mana?
      Salam

  33. Saya berangkat dari Haneda dan pulang (masih bingung, dari kansai atau dari Haneda lagi). Oh ya Tim, anak saya ingin sekali naik kapal pemecah es. Itu berada di mana ya? dan untuk melhat festival salju di daerah mana (kalau ada di sekitar osaka, tokyo dan kyoto). Terima Kasih banyak

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Festival pemecah salju itu ada di Abashiri Hokkaido. Sedangkan festival salju itu diadakan di Sapporo atau Otaru. Silakan cek link di atas untuk informasi selengkapnya.
      Kedua festival itu berakhir pertengah Februari 2017.
      Salam

  34. Halo.. Saya akan berangkat ke jepang januari 2017..dan hanya liburan di tokyo saja selama 7 hari.. Rencana akan ke gala yuzawa.. Saya sebaikny membeli tiket kereta yg mana untuk ke gala yuzawa? Dan perlukah sy membeli pasmo / suica jg? Mohon infonya 😊

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Halo Hestytia,
      Kalau ingin ke Gala Yuzawa, sebaiknya membeli Tokyo Wide Pass, yang mengcover perjalanan kereta Shinkansen dari Tokyo-Gala Yuzawa, termasuk juga perjalanan di dalam kota Tokyo. Sisanya ibu bisa menggunakan Suica/Pasmo untuk mempermudah perjalanan sehingga tidak perlu membeli tiket setiap kali naik kereta. Salam.

  35. Terima kasih mas infonya.. Berarti tokyo wide pass sy beli on the spot ya di narita airport beserta suica/pasmo card nya.. Jika sy sdh punya tokyo wide pass..pjalanan sy ke tokyo sdh tidak perlu beli tiket narita express ya??

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Ya Ibu, tiket Tokyo Wide Pass dan suica/pasmo bisa langsung dibeli saat kedatangan di Narita.
      Tokyo Wide Pass juga mencover tiket kereta Narita Express dari Narita sampai ke stasiun-stasiun di Tokyo.
      Untuk detail dan tips penggunaan Tokyo Wide Pass bisa dibaca di halaman ini Strategi menggunakan JR Tokyo Wide Pass.
      Salam

  36. Dear Info Jepang, Saya dapat Info dari adik saya, ketika membeli tiket, mesin tiketnya berbahasa jepang (tdk ada tulisan latin/inggris), sehingga selama 1 bulan dia di jepang, beberapa kali nyasar, sehingga biaya transportasi membengkak. Untung2an saja jika bertemu org jepang yg bisa bahasa inggris. Tapi kalau tidak, ya sudah, akan kebingunan sendiri. Apakah itu benar. Kalau hal tersebut memang benar, wah saya agak khawatir juga untuk berlibur ke Jepang. Apakah ada solusinya?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Maaf kami tidak tahu adik Ibu tinggal di mana. Memang ada kasus beberapa mesin penjual tiket yang tidak menyediakan layanan bahasa Inggris. Untuk itu Tim Info Jepang menyediakan layanan panduan online Tim Info Jepang untuk membantu rekan-rekan yang ingin berlibur ke Jepang. Salam.

  37. saya sdh punya tiket pp jkt-narita tgl 13 mar-20 Mar 2017, rencananya ingin mengunjungi tokyo,kyoto n Osaka.
    1. mohon pencerahan mengenai transport termurah untuk perjalanan ini
    2. bagaimana pembagian hari yg efektif untuk d Tokyo, kyoto n Osaka?D kota manakah sebaiknya saya tinggal lebih lama?
    3. oya saya backpacker dengan teman2 saya sebanyak 10 orang, bagaimana penggunaan tiket kreta yg bisa d pakai oleh 5 orang itu?
    tks sebelum nya atas infox

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Pagi Nuni, transport paling murah ya tentu saja naik bis malam. Namun butuh waktu yang lebih lama dan hanya disarankan buat kamu yang bisa tidur di dalam bus. Di luar itu, kami sarankan naik Shinkansen dan membeli JR-Pass.
      Tergantung kamu dan teman-teman, 3 kota itu adalah kota favorit di Jepang. Tokyo dan Osaka lebih cenderung modern dan objek wisata perbelanjaan, atraksi, atau taman. Sementara itu Kyoto lebih ke arah budaya dan kuil. Biasanya para pengguna Tour Guide Online kami perbandingannya Tokyo 4 hari (termasuk hari sampai dan berangkat), Kyoto 2, Osaka 1 (day-trip dari Kyoto).
      3. Tiket Seishun Kippu dijual per periode waktu, untuk waktu yang kamu sebutkan kamu bisa beli untuk Spring Season. Penggunaan tiket ini memang khusus backpacker karena harganya yang murah, namun sebagai catatan, Tokyo-Kyoto harus ditempuh 8-9 jam dengan kereta lokal, bandingkan dengan Shinkansen yang hanya 2 jam.
      Salam.

  38. Dear tim info Jepang, saya ingin meminta saran penggunaan free pass selama saya dan keluarga di Jepang pertengahan Nov 2016 dengan durasi stay 11 hari. Tujuan antara lain Tokyo, Osaka & Kyoto.

    Hanya saja saya memilih menggunakan domestic flight untuk Tokyo-Osaka-Kyoto dan tidak menggunakan JR Pass karena menurut saya jauh lebih ekonomis. Sementara opsi saat ini untuk transport lainnya adalah penggunakan JR/Subway/Metro/Bus dll dengan SUICA selama di Tokyo dan ICOCA selama di Osaka & Kyoto.

    Untuk itu, saya ingin saran dari tim info Jepang terkait penggunaan free pass (selain menggunakan SUICA & ICOA) selama di Tokyo, Osaka maupun Kyoto untuk menekan biaya transportasi saya selama 11 hari tsb.

    Adapun itinerary saya sbb:

    Hari ke-1: Tiba di Narita sore, stay di daerah Tokyo Kanda
    Hari ke-2: Tokyo Kanda – Kawaguchiko – Gotemba – Tokyo Kanda
    Hari ke-3: Ueno – Asakusa – Ginza – Kanda
    Hari ke-4: Kanda – Disneysea – Narita (flight to Osaka Kansai) – Fukushima Osaka
    Hari ke-5: Fukushima Osaka – USJ – Umeda Building – Fukushima Osaka
    Hari ke-6: Fukushima Osaka – Kyoto (Fushimi Inari, Arashiyama, Kiyomizudera, Gion) – Fukushima Osaka
    Hari ke-7: Fukushima Osaka – Osaka Castle – Osaka Museum of Housing & living – Kaiyukan – Dotonbori – Fukushima Osaka
    Hari ke-8: Fukushima Osaka – Kansai (flight to Tokyo) – Shibuya
    Hari ke-9: Shibuya – Harajuku – Snoopy Museum – Shibuya
    Hari ke-10: Shibuya – Fujiko F. Fujio (Doraemon) Museum – Akihabara – Tokyo Tower – Shibuya
    Hari ke-11: Shibuya – Odaiba – Haneda (Flight to Jakarta).

    Terimakasih sebelumnya.
    Salam,

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Di Kyoto, bapak bisa membeli Kyoto bus pass untuk mengunjungi kuil-kuil tersebut. Untuk di Osaka, bapak bisa menggunakan Osaka Kaiyu Ticket untuk hari ke 7. Sementara untuk di Tokyo kami sarankan penggunaan Tokyo Wide Pass, namun itinerary hari ke 4 (ke Disneyland) diganti dengan Hari ke 9/10 supaya lebih efektif. Selain itu, Disneyland cukup mahal tiketnya, usahakan bisa menikmatinya dari pagi sampai malam. Salam.

    • Terimakasih Pak Nugroho responnya. Beberapa pertanyaan lanjutan pak 🙂

      1. Untuk yang di Osaka, apakah perlu membeli Osaka One Day Pass/Eco Card untuk hari ke-5, 6 dan 8? Atau cukup dengan ICOCA dengan normal rate? Kira-kira akan lebih murah mana ya pak dengan itinerary tsb?

      2. Untuk yang penggunaan Tokyo Wide Pass sebaiknya di hari ke berapa ya pak? Apakah di 3 hari pertama selama di Tokyo atau di 3 hari terakhir (hari 8, 9, 10)? Atau pada keduanya?
      Kira-kira akan lebih murah mana ya pak dengan itinerary tsb?

      Salam,

  39. Selamat malam infojepang.net….mohon infonya:
    Apakah tokyo subway ticket bisa dipindahtangankan? Rencana saya mau titip teman saya yg ke jepang bulan november ini utk beli 3 buah tokyo subway ticket 72 hours masa berlaku sd 31 maret 2017. Krn mau digunakan tgl 25-28 maret. Sedangkan yg mau dititipi tdk ikut trip. Cuma membelikan saja. Apakah bisa spt itu? Karena kalu mau beli di bic camera bukanya jam 10/11 an tll siang. Sedangkan kami ke tokyo dr kyoto naik bis.makasih ditunggu jawabannya

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Untuk membeli tokyo subway ticket perlu menunjukkan paspor. Sepertinya tidak bisa dipindahkan tangan. Saran dari Tim Info Jepang Ibu bisa membelinya setibanya di Narita atau Haneda Airport. Salam

  40. Haloo mas, mau nnya lgi dong. Jd itin saya kurleb sprti ini

    Day 1
    (Rencana beli Tokyo Wide Pass 3hari)

    Narita Airport (08:20) – Hotel in Tokyo – Asakusa – Ueno – Shibuya – Harajuku – Akihabara – Hotel in Tokyo

    Day 2
    Hotel in Tokyo – Shinjuku – Mt. Fuji (Fuji-Q Highland, Kachi-Kachi Ropeway, Kawaguchiko Lake) – Back to Hotel in Tokyo

    Day 3
    Hotel in Tokyo – Reserved seat Shinkansen to Gala Yuzawa – back to hotel in Tokyo

    Day 4
    Hotel in Tokyo – Tokyo DisneySea – hotel in Tokyo

    Day 5
    Hotel in Tokyo – check out – Willer bus to Tokyo and Takayama – Takayama Hotel – Takayama sightseeing – Sannomachi Old Street – hotel in Takayama

    Day 6
    Hotel in Takayama – check out – Shirakawago and Ainokura Bus Tour (6.690 round trip) 08:30~15:10 – Takayama Bus Center – Willer Bus to Osaka

    Day 7
    Hotel in Osaka – Osaka Castle – Osaka Sightseeing (Shinsekai, Glico-Namba, Dotonbori Street, Shinsaibashi)

    Day 8
    (Rencana beli Kansai Thru Pass atau Kyoto Bus Pass one day)

    one day trip to Kyoto and Gion
    Hotel in Osaka – menuju Kyoto – Kyoto (Fushimi Inari Shrine, Arashiyama Bamboo Groves) – menuju Gion – back to Osaka

    Day 9
    One day trip to Nara and Kobe
    Hotel in Osaka – Nara (Todaiji Temple) – menuju Kobe – Kobe – back to Osaka

    Day 10
    Hotel in Osaka – USJ – hotel in Osaka

    Day 11
    Hotel in Osaka – check out – menuju Kansai Airport (pesawat jam 11.00AM)

    Bsa tlg di suggest ga mending ambil tokyo wide pass, kansai pass, dan kombinasi willer bus atau Jr pass skalian?
    Dan sbnernya kansai thru pass bsa dpake di Jalur JR ga sih?

    Trims banyak ya

    • Haloo mas
      Jd
      Osaka – kyoto – gion – osaka
      Osaka – nara – kobe osaka
      Sm skitaran osaka lebih baik beli satuan aja ya mas?
      Bener2 tiket ketengan gtu ke bbrpa kota itu?

      Trs klo suica dibeli di tokyo apa bsa di refund di bandara kansai? Krna saya plg ga lewat tokyo lgi
      Dan apa bsa dpake untuk 2 org 1 kartu suica?
      Thanks

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Untuk kota Kyoto, kalau ingin berkeliling objek wisata di Kyoto mungkin bisa pakai one day pass untuk bus Kyoto.
      Lalu untuk perjalanan ke Nara dan Kobe, cukup beli tiket satuan karena objek wisatanya semua dekat-dekat, jadi tidak perlu beli tiket kereta lagi.

      Pasmo dan Suica hanya dicetak di daerah Tokyo, jadi kalau ingin direfund ya harus di Tokyo, tidak bisa di daerah Kansai.
      Lalu pasmo/ suica hanya bisa digunakan satu orang, karena jika sudah ditip ke mesin karcis di stasiun akan error bila digunakan oleh orang lain.
      Salam

    • Meliana  |  

      Klo osaka – kyoto pp sm osaka – nara kobe pp naik apa ya mas? Saya cek hrganya mahal untuk one way nya dari osaka ke kyoto dan dari osaka ke nara

      Klo di tokyonya yg perhari2 spt: ke disneysea, or kliling tokyo beli tokunai pass aja yg untuk shari lmyan menguntungkan ga ya?

      Trims mas

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Harga tiket one way dari Osaka ke Kyoto naik kereta JR 560 yen. Lalu tiket one way dari Osaka ke Nara yang paling mahal 800 yen (baca akses ke Nara).
      Apakah sama dengan yang dicek oleh Meliana?

      Mohon maaf, bagaimana dengan jadwalnya di Tokyo? Apakah hanya ke Tokyo Disneyland/ Tokyo Disneysea?
      Kalau begitu tidak perlu membeli Tokunai Pass. Sebab tidak mengcover perjalanan ke Maihama (stasiun terdekat Tokyo Disneyland/ Tokyo Disneysea).
      Salam

    • Oke Jd mending beli satuan aja ya
      Osaka – kyoto -osaka
      Osaka – nara-kobe- osaka

      Trs dari tokyo station dan shin matsudo station ke maihama walaupun sama2 Jr ga dicover tokyo wide pass ya mas?

      Klo bole saran, mending lebih banyak menghabiskan waktu di tokyo atau diganti dengan nara atau kobe ya?
      Hehe

      Makasi bnyk ya 🙂

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Ya untuk perjalanan ke Osaka, Kyoto, Nara dan Kobe bisa dibeli tiket satuan karena jatuhnya lebih murah.
      Tiket JR Tokyo Wide Pass mengcover ongkos kereta ke Shin Matsudo dan Maihama kok.
      Ibu Meliana jangan bingung, yang tidak mengcover itu Tokunai Pass (makanya tidak direkomendasikan).
      Untuk bulan Februari tidak ada event seperti Hanami yang harus diikuti, pilihannya jadi bisa bermain di dalam gedung dan melihat pemandangan kota Tokyo atau jalan-jalan melihat pemandangan alam dan kuil di Nara atau Kobe. Mungkin bisa didiskusikan dengan keluarga.
      Ibu juga bisa melihat beberapa tempat wisata di Kobe dan Nara.
      Salam

    • Meliana  |  

      Halo mas jadi kurleb gini ya

      Day 7
      one day trip to Kyoto and Gion
      Hotel in Osaka – menuju Kyoto – Kyoto (Fushimi Inari Shrine, Arashiyama Bamboo Groves) – menuju Gion – back to Osaka

      Namba Station – Fushimi Inari Station = paling murah ¥580
      Beli Kyoto Bus Pass =¥500
      Gion-Shijo Station/ Fushimi Inari Station – Namba Station = ¥590-¥640

      Day 8
      (Rencana beli Kansai Thru Pass atau Kyoto Bus Pass one day)

      One day trip to Nara and Kobe
      Hotel in Osaka – Nara (Todaiji Temple) – menuju Kobe – Kobe – back to Osaka

      Osaka (Namba Station) – Kintetsu Nara Station = ¥560
      Kintetsu Nata Station – Kobe-Sannomiya Station = ¥970
      Kobe-Sannomiya Station – Namba Station = ¥410

      Day 9
      Hotel in Osaka – Osaka Castle – Umeda Sky Building – Osaka Sightseeing (Shinsekai, Glico-Namba, Dotonbori Street, Shinsaibashi)

      Namba Station – Osaka Castle = ¥240-¥310
      Osaka Castle – Umeda Sky Building = ¥210
      Umeda Sky Building – Namba Station = ¥160

      Day 10
      Hotel in Osaka – USJ – hotel in Osaka

      Namba Station – USJ – Namba Station Return = ¥660

      Day 11
      Hotel in Osaka – check out – menuju Kansai Airport (pesawat jam 11.00AM)

      Namba Station – Kansai Airport = ¥920

      Hampir ¥6000 slama 4hari plus ke bandara Kansai
      Apa smua mending pake ketengan aja skalian mas day 7-11?

      Trimakasih banyak

    • Meliana  |  

      Sebelumnya terimakasih banyak mas sudah mau menjwab smua pertanyaan saya yg banyak bgt ini

      Brrti saya tinggal beli ICOCa aja ya ? Apa ad djual di namba station?

      Tempat penukaran terdekat dari kepulangan saya di kansai airport dimana ya? Apa bsa di rrefundnya di bandara kansai?

      Dan apakah jika menggunakan icoca saya masih perlu beli oneday pass bus kyoto yg ¥500?

      Terimakasih banyak ya mas
      Sangat membantu saya 😆

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu Meliana. ICOCA bisa direfund di Kansai Airport.
      One Day Pass Bus Kyoto cocok bila ingin naik bus. Namun karena tempat-tempat yang ibu ingin kunjungi di Kyoto semuanya dekat dengan stasiun kereta, lebih baik pakai ICOCA saja untuk membayar ongkos kereta.
      Salam

  41. Brrti ga perlu beli Jr pass ya? Cukup tokyo wide pass aja?

    Trs sisanya pake pass2 atau apa ya?

    Soalnya tokyo wide pass sama willer bus tokyo – takayama, takayama – osaka aja udh hmpir 18.000JPY dengan seat biasa

    Gapapa ya ga pake jr pass?

    Saya galau antara pake jr pass skalian atau ttp sperti yg saya buat itinnya tokyo wide pass dan willer bus aja

    Trs di kansai osaka – nara-kobe, kyoto- gion sbaiknya pake apa ya mas?

    Trimakasih banyak atas bantuannya ya mas 🙂

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Ya Ibu, JR Pass (29.110 yen) baru balik modal jika minimal ada PP dari Tokyo-Osaka-Tokyo dengan shinkansen.
      Apalagi Ibu memilih menggunakan bus, maka penggunaan JR Pass akan makin menurun fungsinya.
      Untuk yang Osaka-Nara-Kobe karena hanya dalam sehari, mungkin hanya mengunjungi pusat kota saja.
      Jadi tidak perlu membeli pass yang harganya mahal dan sulit balik modal. Salam

  42. Maksudnya klo pake jr pass ya ga pake bus lg gt mas

    Ga ad ya jr atau shinkansen dri tokyo ke takayama? Saya cek cm ad nozomi yg ktnya ga di cover Jr ya mas?

    Mksudnya klo pake jr pass maunya kan skalian cover smua rute yg ada di tokyo dan takayama
    Tokyo – takayama, takayama – osaka maunya ga pake bus lg tp pake Jr passnya
    dan sisanya yg ga ke cover cm usj osaka, kobe – gion gt, sm pusat kota osaka ke bandara Kansai

    Gmn ya?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Silakan ibu baca dulu artikel tentang Shirakawago supaya paham apa yang kami tulis di bawah ini.

      Kalau mau naik kereta ke Shirakawago ada 2 opsinya:
      1. bisa naik Tokaido Shinkansen (bisa pilih shinkansen hikari atau kodama, lebih lambat tapi tercover oleh JR Pass). via Nagoya lanjut dengan kereta wideview hida express sampai ke Takayama. Namun perlu hitung-hitungan akurat karena jumlah kereta wideview hida express yang terbatas.
      2. via Hokuriku Shinkansen menginap di Kanazawa atau Toyama. Dari Kanazawa atau Toyama bisa naik Nohi Bus ke Shirakawago, dan tidak lewat Takayama.
      Sebagai bahan hitung-hitungan bisa baca Informasi detail perjalanan dari Kanazawa atau perjalanan dari Toyama.
      Nah semua rute kereta pada kedua opsi diatas tercover oleh JR Pass, namun ongkos bus menuju ke Shirakawago tidak tercover. Salam.

  43. Halo Mas Nugroho,
    Rencana rute saya 13NOV Osaka, 14-16NOV Kyoto, 17NOV Takayama, 18-20NOV Tokyo, saya dengar ada JR Pass yang 5 hari apa benar. Untuk rute saya sebaiknya pass apa yang dipakai?

    Terima kasih pencerahannya.
    Salam,
    Prima

  44. Salam mas nugroho,

    Saya mau nanya.. kalau beli tokyo subway 72hour apakah tercakup kereta ke disneysea dan bandara narita dr shibuya?

    Terima kasih infonya

  45. Hai mas..mau tanya dong..saya mau ker jepang bulan desember, itinerary nya Tokyo (haneda) dan lanjut ke Osaka.. saya mau tanya :

    1. Di Tokyo transportasi yang direkomedasikan apa ya kalau saya mau visit :
    – Imperial Palace
    – Meiji Shrine
    -Harajuku
    -Sensoji
    -Tokyo Skye tree

    Apakah bisa titip koper di stasiun? Dari haneda sebaiknya naik apa ya?

    2. Ke Osaka akan naik Shinknsen –> bisa tau beli tiket shinkansen dimana ya? apakah bisa di Indonesia

    3. Di Osaka saya tertarik untuk beli Osaka Amazing Pass –> Tiket Bisa di beli dimana ya?

    Saya akan berangkat dengan keluarga, dan bawa anak kecil..Subway child friendly kah?

    Terima kasih infonya 🙂

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Hai Ellamanda,
      1. Lokasinya cukup berdekatan, kamu bisa beli tiket ketengan aja, atau kalau mau praktis bisa gunakan SUICA/PASMO sehingga tidak perlu mengantri setiap kali bepergian. Bisa dititip, info lengkapnya kamu bisa baca di Menggunakan Loker di Stasiun Jepang. Dari Haneda ke Tokyo kamu bisa naik Tokyo Monorail yang paling praktis.
      2. Beli tiketnya di stasiun keberangkatan, bisa dibeli di Stasiun Tokyo atau Shinagawa.
      3. Osaka Amazing Pass bisa di beli di Bandara Kansai atau Stasiun Osaka, Shin-Osaka, dan Kyoto.
      Salam dan selamat liburan di Jepang ya:)

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Anak di bawah 4 tahun baik biaya transportasi kereta, biaya masuk Universal Studios Japan, dan biaya masuk Tokyo Disneyland semuanya gratis Ibu.
      Salam

    • Trimakasih Pak ats prompt infonya.
      Btw sy plan k jpg 30 ke 5 Mar 17
      Tiba d osaka kyoto dan balik lwt tokyo… prlukah beli JR Pass?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Karena tidak ada PP Tokyo-Osaka/Kyoto sepertinya masih belum perlu membeli JR Pass.
      Mungkin ibu bisa memberikan detail perjalanan selama di Jepang sehingga kami bisa memberikan rekomendasi pass yang lebih akurat.
      Salam

  46. Trimakasih Pak infonya…
    30 ke 2 april ke osaka kyoto kobe
    USJ, osaka castle dan mhn sugestionnya…
    Memginap d Intercon Osaka
    2 ke 5 ke fuji kawaguchi, ueno dkk d tokyo
    5 ke 6 plg pakai asiana mngnp k seoul 1 mlm

    Trimakasih Pak

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      1. Untuk keliling Osaka, Kyoto, dan Kobe, Tika bisa beli Kansai Through Pass, dijualnya di bandara Kansai atau Stasiun besar di Kansai.
      2. Untuk keliling Tokyo dan ke Fuji-Kawaguchiko, ibu bisa membeli Tokyo Wide Pass yang mengcover kereta ke Kawaguchiko, Yokohama (saya sarankan untuk dikunjungi juga, dan juga area Tokyo).
      Salam dan selamat liburan ya!

  47. Selamat pagi
    Berdasarkan penjelasa di atas untuk pembelian Tokyo Subway di Narita Airport pukul 07.00 – 19.00 sementara saya tiba pukul 19.40
    terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Ibu menginap di mana? Di Narita mendarat di terminal berapa? Sebab pass Tokyo Subway juga bisa dibeli di beberapa cabang toko elektronik Bic Camera atau Laox di Tokyo, dan di terminal 2 Narita bisa sampai pukul 20.00. Salam

    • indri setiawati  |  

      Koreksi pak, saya tiba 20.40 di Terminal 1, dan saya menginap di Asakusa pak. Bisa di berikan alamat store Bic Camera Electronic terdekat dengan lokasi menginap saya.Teirma kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Ibu bisa ke Laox Akihabara Main Store untuk membeli Tokyo Subway Pass kalau begitu.
      Salam

  48. Selamat Pagi Pak Nugroho,

    Saya ada berencana dari Tokyo ke Hakone dan menginap semalam di Hakone.
    1. Apakah perlu membeli Hakone free pass?
    2. Apakah jika kita rombongan sekitar 10 orang dan bawa koper ke HAKONE untuk pindah hotel lebih baik menggunakan bus dari Tokyo-Hakone atau naik kereta? karena besoknya dari HAKONE pindah ke OSAKA.
    3. dari HAKONE – OSAKA kami naik Shinkansen, shinkansen di HAKONE ada di stasiun ODAWARA? atau ada alternatife lain?
    4. Apakah ada masukan di HAKONE kami ingin menginap yang dekat tmpt wisata dan dekat dengan Stasiun, karena kami sekitar 10 dewasa dan 4 anak.

    Terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Rince. Kalau memang ingin berkeliling tempat wisata Hakone seperti Danau Ashinoko dan mencoba transportasi di Hakone, bisa membeli Hakone Pass. Kalau memiliki JR Pass, bisa membeli Hakone Pass dari Odawara Station. Kalau tidak punya, bisa membeli Hakone Pass dari Shinjuku. Untuk stasiun shinkansen, hanya ada di Odawara Station dan tidak ada alternatif stasiun lainnya.
      Untuk hotel di Hakone, mungkin bisa menginap di Hotel Hakone Yunessun yang dekat dengan Hakone Ropeway, juga kapal wisata di Danau Ashinoko.
      Salam

    • Yessica Yordana  |  

      Siang Mas Nugroho, saya juga mau tanya juga, saya dan teman” rencana dr tokyo mau menuju ke hokaido, dan kami di hokaido selama 7 hari ( mau main ke sapporo, otaru, asahikawa, noboribetsu dan hakodate).
      Apakah jr pass 7 hari bisa mengcover perjalanan tokyo-hokkaido-tokyo dan kota” yg akan kami kunjungi di hokkaido itu?
      Dari kemarin kami agak kebingungan tentang tiket mana yg harus dibeli.
      Mohon bantuannya Mas.
      Makasih.

  49. Slmt mlm pak ..sy rencana ke tokyo akhir jan 2017 dg suami dan 2 anak slm 5 hari menginap di shinjuku dr narita. Sebaiknya pp dg kereta/tiket yg mana ? hr 2 shinjuku – mt fuji pp ke3 shinjuku – osaka pp hr ke 4 putar2 tokyo ke ginza harajuku tokyo tower .hr ke 5 ]lg ke narita lg .kira2 sy beli tiket kereta yg mana ya ..tks byk ataa infonya

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Apakah ibu berencana naik kereta Shinkansen dalam perjalanan Tokyo-Osaka?
      Kalau begitu bisa membeli JR Pass (29.110 yen), karena sudah balik modal jika minimal ada shinkansen PP Tokyo-Osaka. Salam

  50. Selamat siang pak..kami bertiga berencana ke Tokyo 8-16 des. Tiba malam hari d Haneda n bermalam di asakusa 4mlm. selama 4 mlm d Tokyo km akan ke tokyo disneyland. Mount Fuji. city tour. selanjutnya dr tokyo km ke osaka semalam. kemudian osaka kyoto 2 mlm. di kyoto km akan ke kobe n nara. selanjutnya dr kyoto akan kembali osaka krn pswt pulang dari kansai pagi hari. Mohon bantuan petunjuk u ticket2 yg hrs kmi beli. tks n salam,

  51. sore pak..detail agenda nya sbb :
    day 1. Haneda – Tokyo Hotel di asakusa – tiket apa?
    day 2. Tokyo Disneyland, hotel di asakusa – tiket apa?
    day 3. Mount Fuji Hakone kembali Tokyo, hotel di asakusa – tiket apa?
    day 4. city tour Tokyo, recommend kemana n beli tiket apa?
    day 5. Tokyo – Osaka, hotel di Koshien, nishinomiya . Naik apa jk brgkat pagi n siang di Osaka visit kemana yg direcommend?
    day 6. Osaka – Kyoto – naik apa? bermalam 2 mlm d New Miyako Kyoto Station visit kemana saja yg direcommend selama d Kyoto. apakah mungkin ke kobe n nara? tiket apa?
    days 8 Kyoto – Osaka, jk ingin ke Universal studio maka beli tiket apa? bermalam di Namba
    days 9 Osaka – Kansai, pagi2 sekali sebaiknya beli tiket apa?
    Pak mohon dibantu informasi nya mengingat d Japan bnyk sekali jenis tiket kereta n saya msh bingung hrs pilih yg mana. tks pak..

  52. selamat malam pak nugroho.

    kalau untuk tokyo metro subway pass di narita atau shinjuku beli dimana? anak sy umur 5 tahun apakah harua beli juga?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Untuk anak-anak di bawah 12 tahun bisa beli Tokyo metro subway pass untuk anak-anak yang harganya diskon 50%.
      Bapak bisa membelinya di Kaunter Tiket Keisei Bus atau Keisei Bus Ticket Sales Counter dalam bahasa Inggris yang ada di Narita terminal 1 dan terminal 2.
      Salam

  53. Siang Pak Nugroho, jika saya hanya punya waktu sehari u/ city tour di Tokyo. Tempat wisata n belanja mana pak yg paling penting harus sy kunjungi n ticket kereta nya tidak susah? Jk hotel km di asakusa n mw ke disney sy hrs naik kereta apa? belinya dimana? tks n salam

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Untuk belanja ibu bisa ke Daiso Harajuku untuk aksesoris, lantai 2 Tokyo Tower untuk kaus-kaus Jepang, nah Asakusa lebih banyak menjual suvenir seperti gantungan kunci dan sebagainya. Kalau boleh tahu, nama hotel di Asakusanya apa Ibu? Sebab ada 3 stasiun di Asakusa dengan jalur kereta yang berbeda-beda. Salam

  54. Terima kasih Pak Nugroho untuk infonya. hotel sy di asakusa Richmond pak. jadi u ke disney dr hotel sy hrs ke stasiun mana n mnggunakan tiket apa? rencana sy mau membeli suica saja selama di Tokyo. apakah bisa sy pakai ke disney? ticket disney apakah hr beli di Tokyo? dimana sy bs membelinya? tks atas bantuan pencerahan nya

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Kamu bisa jalan ke stasiun subway Asakusa, lalu naik Toei Subway Asakusa Line sampai Stasiun Higashi Ginza atau Ningyocho, lalu pindah ke Tokyo Metro Hibiya Line dan turun di Hatchobori. Dari Stasiun Hatchobori, bisa naik kereta JR Keiyo/Musashino line sampai Stasiun Maihama. Semua rute kereta di Tokyo dicover oleh SUICA/PASMO. Untuk tiket disneyland, kamu bisa langsung beli di loket tiket atau sebaiknya reservasi online sehingga bisa langsung masuk tidak mengantri lagi. Info lengkapnya bisa langsung dilihat di sini.

  55. pagi mas nugroho..

    hari ke 2, saya mau ke tsukiji market dan disney land, sebaiknya saya beli tiket biasa atau ada saran lain ?

    terima kasih infonya 🙂

  56. Nugroho Christian
    Nugroho Christian  |  

    Selamat pagi Ibu. Cukup membeli tiket biasa saja, karena kalau hanya mengunjungi dua tempat lalu beli pass tidak akan balik modal.
    Salam

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan