Info Wisata di Beppu Oita

You are here Home  > Center Town, Wisata Jepang >  Info Wisata di Beppu Oita

Beppu, mungkin nama wilayah atau tempat ini masih asing di telinga teman-teman. Namun teman-teman pasti pernah melihat video iklan Pemerintah Kota Beppu yang ingin membangun perpaduan taman bermain dengan onsen. Orang-orang bisa bermain roller coaster, atau carousel sambil memakai yukata dan duduk sambil berendam air panas. Terdengar gila? Tapi sebentar lagi semuanya akan menjadi kenyataan di Beppu Jepang. Sebelum bicara lebih jauh, Beppu sendiri ada di tengah Prefektur Oita, Pulau Kyushu, di sisi timur Kumamoto dan Nagasaki. Saya sendiri sudah pernah mengunjungi Kumamoto dan Nagasaki, nah, dalam kesempatan ini kami akan berbagi kisah tentang Beppu. Nah, apa saja kegiatan seru yang bisa kita lakukan di Beppu, kota dengan sumber air panas alami terbesar di Jepang?

Kegiatan Seru dan Info Wisata di Beppu

1. Berendam di beragam Beppu onsen yang ada di penjuru kota

Beppu bisa dibilang adalah kota resort onsen termegah dan paling terkenal yang ada di Jepang. Di seluruh kota, ada puluhan ryokan dengan private onsen maupun onsen publik (pemandian air panas umum) yang bisa kita kunjungi cukup dengan berjalan kaki atau naik bus. Harganya pun sangat murah. Salah satu tempat yang tidak boleh dilewatkan adalah Beppu Kaihin Sunayu Ashiyu, di mana kita bisa berendam di pasir hangat sambil bersantai memandang lautan Teluk Beppu yang indah. Tempat ini bisa dicapai dengan naik bus 15 menit dari Stasiun Beppu.

Rekomendasi Beppu Onsen Beppu Kaihin Sunayu Ashiyu

Beppu Kaihin Sunayu Ashiyu

2. Melihat panasnya semburan air panas Beppu Jigoku

Satu lagi yang membuat Beppu terkenal, yakni semburan air panas (sejenis geyser) yang dikenal dengan Neraka Beppu (Beppu Jigoku). Total ada delapan spot neraka (Jigoku) di Beppu, yang ada di distrik Kannawa dan Shibaseki. Masing-masing Jigoku ini punya keunikannya masing-masing, antara lain ada yang berwarna merah seperti darah, putih seperti susu, maupun yang dipenuhi dengan buaya. Teman-teman bisa menikmati tur berkeliling dengan bus ke delapan spot Jigoku tersebut selama kurang lebih 3 jam perjalanan. Siapkan kamera teman-teman ya!

Info Wisata di Beppu Onsen bewarna merah

Info Wisata di Beppu: Onsen bewarna merah

3. Duduk santai sore hari di Taman Beppu

Taman Beppu terletak di pusat kota Beppu, sekitar 10-15 menit berjalan kaki dari Stasiun Beppu. Di sore hari, anak-anak bersama dengan orangtua biasanya datang berkunjung ke taman ini untuk bermain atau berolahraga bersama. Taman dengan ratusan pohon dan area taman terbuka ini memang jadi tempat favorit bagi para penduduk lokal Beppu. Oiya, di akhir bulan Juli kita bisa menyaksikan festival kembang api dari taman ini, keren banget deh!

Info Wisata di Beppu Suasana Taman Beppu

Info Wisata di Beppu: Suasana Taman Beppu

4. Melihat pemandangan kota Beppu dari puncak Gunung Tsurumi

Kalau teman-teman pernah mengunjungi Kobe, nah, Beppu ini sebelas dua belas dengan Kobe. Kotanya diapit oleh gunung di sisi utara dan laut di sisi selatannya. Namanya Gunung Tsurumi. Dari atas puncak gunung setinggi 1.375 meter ini kita bisa menikmati pemandangan kota Beppu dan Oita yang indah. Tenang, kita pun tidak perlu repot-repot mendaki gunung, ada Beppu Ropeway yang akan membawa kita langsung ke area observasi di puncak.

Info Wisata di Beppu Pemandangan kota Beppu

Info Wisata di Beppu: Pemandangan kota Beppu dari Gunung Tsurumi

5. Melihat ribuan monyet di Takasakiyama Monkey Park

Gunung Takasaki di sisi barat kota Beppu adalah habitat asli dari sekitar 1.500 macaca Jepang (sejenis monyet). Dahulu, monyet-monyet ini menganggu para petani dan penduduk yang tinggal di kaki gunung. Lalu, sekitar tahun 1952 pemerintah Kota Beppu membuat Taman Monyet Takasaki ini sebagai cara memisahkan monyet ini dari aktivitas manusia sekaligus jadi atraksi bagi wisatawan. Kini, ribuan pengunjung datang ke tempat ini dan melihat atraksi monyet-monyet ini saat makan, bersantai, bermain, dan saling berinteraksi. Lucu deh melihat tingkah laku mereka!

Info Wisata di Beppu Takasakiyama Monkey Park

Info Wisata di Beppu: Takasakiyama Monkey Park

6. Melihat aneka hewan laut di Akuarium Umitamago

Persis di seberang Takasakiyama Monkey Park, teman-teman juga bisa melihat aneka hewan laut seperti penguin, lumba-lumba, anjing laut, dan aneka jenis ikan di Akuarium Umitamago. Desain bangunan yang khas membuat kita serasa dibawa ke kehidupan bawah laut Jepang yang misterius namun menyenangkan. Kalau kamu ingin mengunjungi akuarium dan Monkey Park, tersedia pass “Monkey Marine Ticket” yang mencover tiket masuk serta ongkos bus dari Stasiun Beppu atau Stasiun Oita.

Info Wisata di Beppu Akuarium Umitamago

Info Wisata di Beppu: Akuarium Umitamago

7. Ikutan lari maraton Beppu-Oita Manichi

Sejak tahun 1952, kota Beppu dan kota Oita jadi tuan rumah dari perlombaan lari maraton. Rutenya sendiri dimulai dari Gunung Takasaki di Oita, lalu ke Beppu di mana rute akan berputar balik di Kamegawa, kemudian berakhir di Stadion Utama Oita. Lomba lari maraton ini juga masuk kalendar kejuaraan tahunan Badan Atletik Jepang JAAF, dengan lebih dari 20 ribu orang bergabung dalam event lari maraton ini.

Akses menuju Beppu

1. Dari Tokyo

Dari Stasiun Tokyo, teman-teman bisa naik kereta Tokaido Shinkansen atau Sanyo Shinkansen sampai Stasiun Kokura. Biasanya kita akan transit di Stasiun Shin-Osaka (namun jika menggunakan Shinkansen Nozomi tersedia rute langsung Tokyo-Kokura). Lama perjalanan sekitar 6 jam dengan kereta Hikari dan Sakura atau 5 jam dengan kereta Nozomi. Dari Stasiun Kokura, kita lanjut naik kereta Limited Ekspress Sonic sampai Stasiun Beppu selama 70-80 menit. Total ongkosnya 23.580 yen yang tercover seluruhnya dengan JR Pass.

Selain dengan kereta, tersedia juga rute penerbangan domestik dengan maskapai JAL, ANA, Solaseed, dan Jetstar dari Bandara Haneda sampai Bandara Oita. Harga tiketnya sekitar 40.000 yen, namun tersedia tiket diskon pesawat mulai dari 11.000-25.000 yen. Untuk maskapai Solaseed biasanya mulai dari 9.000 yen, sedangkan untuk Jetstar mulai dari 6.000 yen (paling murah). Setibanya di Bandara Oita, teman-teman bisa naik bus ke Beppu selama 50 menit dengan ongkos 1.500 yen.

2. DARI Kyoto/ Osaka

Dari Stasiun Kyoto, teman-teman bisa naik kereta Tokaido Shinkansen atau Sanyo Shinkansen sampai Stasiun Kokura. Biasanya kita akan transit di Stasiun Shin-Osaka. Lama perjalanan sekitar 2.5 jam dengan kereta Hikari dan Sakura. Dari Stasiun Kokura, kita lanjut naik kereta Limited Ekspress Sonic sampai Stasiun Beppu selama 70-80 menit. Total ongkosnya 16.460 yen yang tercover seluruhnya dengan JR Pass.

Dari Stasiun Shin-Osaka, teman-teman bisa naik kereta Tokaido Shinkansen atau Sanyo Shinkansen sampai Stasiun Kokura. Lama perjalanan sekitar 2.5 jam dengan kereta Hikari dan Sakura. Dari Stasiun Kokura, kita lanjut naik kereta Limited Ekspress Sonic sampai Stasiun Beppu selama 70-80 menit. Total ongkosnya 16.140 yen yang tercover seluruhnya dengan JR Pass.

Selain dengan kereta, tersedia juga rute penerbangan domestik dengan maskapai JAL dan ANA  dari Bandara Kansai sampai Bandara Oita. Harga tiketnya sekitar 21.000 yen, namun tersedia tiket diskon pesawat mulai dari 16.000 yen. Setibanya di Bandara Oita, teman-teman bisa naik bus ke Beppu selama 50 menit dengan ongkos 1.500 yen.

Satu lagi, ada juga kapal feri Sunflower dengan rute Dermaga Osaka ke Beppu. Lama perjalanannya sekitar 12 jam dengan ongkos mulai dari 10.500 yen. Teman-teman yang berminat bisa melakukan reservasi online langsung melalui website aferry.com.

3. Dari Hakata Fukuoka

Dari Stasiun Hakata, kita bisa naik kereta Limited Ekspress Sonic sampai Stasiun Beppu selama 2 jam. Ongkosnya 5.050 yen yang tercover seluruhnya dengan JR Pass atau Kyushu Rail Pass.

Selain itu, tersedia juga bus Nishitetsu selama 2,5 jam dari depan Stasiun Hakata, Stasiun Tenjin, atau Bandara Fukuoka sampai ke Terminal Bus Beppu Kitahama di depan Stasiun Beppu. Ongkosnya 3.190 yen.

Recommended Hotels in Beppu [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Guest House Rojiura
from ¥4382/night
Hotel Hayashi
from ¥2537/night
Beppu Daiiti Hotel
from ¥5305/night
Beppu Station Hotel
from ¥3575/night

(sponsored by Booking.com)

Sumber gambar: Flickr Jordi Sanchez Teruel, RaymondChen, かがみ~, RachelH_, Jordi Sanchez Teruel, Elvin


Recommended for you

Last modified: January 20, 2017

TAGS  :

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!