Info Wisata di Ibaraki

You are here Home  > Center Town, Wisata Jepang >  Info Wisata di Ibaraki

Ibaraki adalah wilayah tetangga Tokyo yang bisa dicapai dengan 1 jam perjalanan kereta api. Kalau teman-teman pernah mendengar atau familiar dengan klub sepakbola Kashima Antlers–klub tersukses di J-League dengan 7 gelar juara–bermarkas di Ibaraki. Selain itu, Ibaraki juga dikenal sebagai salah satu pusat penelitian Jepang yang berpusat di Tsukuba. Perpaduan alam yang memukau, tempat-tempat bersejarah, dan juga pengalaman budaya serta kuliner siap menyambut kedatangan kita di Ibaraki. Meskipun belum banyak dikenal, namun Ibaraki punya banyak tempat wisata keren yang bisa dikunjungi. Simak liputan khas Tim Info Jepang mengunjungi Ibaraki berikut ini.

Prefektur Ibaraki memanjang dari utara ke selatan di pantai timur Jepang, berhadapan dengan Samudera Pasifik di sisi timur, Tochigi dan Saitama di barat, Fukushima di utara, dan Chiba di Selatan. Mito adalah kota terbesar sekaligus ibukota prefektur ini.

  • Kegiatan Seru di Ibaraki

    1. Melihat keindahan Ume di Taman Kairakuen

    Taman Kairakuen adalah salah satu dari tiga taman terindah yang ada di Jepang, bersama dengan Taman Kenrokuen di Kanazawa dan Korakuen di Okayama. Dengan total lebih dari 3.000 pohon ume di area taman seluas 18 hektar, tempat ini benar-benar menjadi tempat favorit bagi penduduk kota maupun para wisatawan di awal musim semi (yakni pada saat Festival Ume Mito). Namun, keindahan taman ini bukan hanya ada pada musim semi saja, di musim panas kita bisa menikmati keindahan kebun bunga azalea dan wisteria dan bunga hagi di musim gugur. Oiya, sebelum pulang kita bisa mampir di bangunan Kobuntei yang punya pemandangan langsung ke Danau Senba yang indah.

    Bunga ume di Taman Kairakuen Ibaraki

    Bunga ume di Taman Kairakuen Ibaraki

    2. Mengunjungi taman bunga raksasa Taman Hitachi Seaside Park

    Objek wisata paling terkenal yang ada di Ibaraki adalah Hitachi Seaside Park. Taman seluas hampir 200 hektar di tepi Samudera Pasifik ini dipenuhi dengan bunga-bunga yang mekar bergantian setiap musimnya. Bunga bakung dan sakura di taman ini bermekaran menyambut musim semi. Lalu di awal musim panas, lebih dari 250 ribu bunga tulip beraneka warna mekar, dilanjutkan dengan nemophilia yang punya warna senada dengan lautan dan langit. Sangat indah! Menjelang musim gugur, kita bisa menikmati keindahan bunga cocchia yang berbentuk bola-bola pink. Belum selesai, kita bisa menikmati gradasi warna putih, merah, dan pink bunga cosmos di bulan Oktober.

    Bunga Cochia di Hitachi Seaside Park

    Bunga Cochia di Hitachi Seaside Park

    3. Mengunjungi Kota indah Tsuchiura di tepi Danau Kasumigaura

    Danau Kasumigaura awalnya adalah sebuah laguna yang terpisah dari Samudera Pasifik dan airnya payau. Namun pemerintah kota mengubahnya menjadi danau air tawar untuk keperluan irigasi dan pengolahan air minum. Kita bisa bersepeda mengelilingi danau dan melihat lautan Samudera Pasifik, menikmati keindahan bunga lotus yang mekar (di musim panas, Juli-Agustus), atau ikut tur kapal berkeliling danau sambil melihat kegiatan menangkap ikan tradisional Jepang yakni Hobikibune. Tsuchiura sendiri adalah kota yang terletak di tepi barat danau, dan menjadi akses termudah sekaligus tempat menginap (akomodasi) bagi teman-teman yang ingin mengunjungi Danau Kasumigaura.

    Perahu Hobikibune di Danau Kasumigaura

    Perahu Hobikibune Danau Kasumigaura

    4. Melihat keindahan Air Terjun Fukuroda

    Air terjun Fukuroda masuk ke dalam jajaran tiga air terjun terindah di Jepang bersama dengan air terjun Kegon di sekitaran Danau Chuzenji (daerah wisata Nikko) dan juga air terjun Nachi di Wakayama. Meskipun terkenal dengan pemandangan musim gugurnya yang spektakuler, namun teman-teman tetap bisa menikmati pemandangan musim semi, panas, dan musim dingin yang sayang untuk dilewatkan. Di musim semi, bunga-bunga bermekaran di sekeliling air terjun. Di musim panas, pepohonan hijau rimbun berpadu dengan langit cerah. Dan di musim dingin, air terjun yang membeku sebagian ini membentuk ukiran es alami yang begitu indah.

    Keindahan musim gugur di Air Terjun Fukuroda

    Keindahan musim gugur di Air Terjun Fukuroda

    Kuliner khas Prefektur Ibaraki

    Sudah berkeliling tempat-tempat wisata di Ibaraki jangan lupa untuk coba mencicipi kuliner khas prefektur di utara Tokyo ini. Berikut adalah beberapa makanan yang bisa teman-teman coba (rekomendasi) Tim Info Jepang.

    1. Kozuyu, sup sayur-sayuran dan seafood, sangat cocok bagi teman-teman yang tidak bisa makan daging. Selain rasanya yang lezat, makanan seafood ini sangat bernutrisi dan tentu menambah stamina sehingga tetap semangat melanjutkan perjalanan.

    2. Kenchin Udon. Mirip-mirip seperti sup Kozuyu, sup kenchin lebih banyak menggunakan umbi-umbian seperti bawang, kentang, renkon, dan lobak Jepang. Ditambah dengan udon berukuran besar, pasti sangat lezat buat penggemar udon Jepang.

  • Tempat Wisata Terkenal di Ibaraki

    • Danau Kasumigaura Tsuchiu

      Danau Kasumigaura di Ibaraki

      Danau Kasumigaura sendiri adalah danau terbesar kedua di Jepang setelah Danau Biwa, dan menjadi daya tarik utama kota Tsuchiura. Apa saja kegiatan wisata yang bisa dilakukan di Danau Kasumigaura?...


    • Taman Kairakuen Ibaraki

      Taman Kairakuen di Mito Ibaraki

      Taman Kairakuen di Kota Mito Ibaraki sebagai salah satu taman terbaik di Jepang. Perpaduan kebun bunga, pepohonan ume, danau, dan bukit menawarkan pemandangan yang tak terlupakan...


    • Hitachi Seaside Park

      Bunga Cochia di Hitachi Seaside Park

      Berlokasi hanya dua jam dari Tokyo, Hitachi Seaside Park atau Hitachi Kaihin Koen dalam bahasa Jepang adalah obyek wisata terpenting dan paling terkenal di Prefektur Ibaraki....


    • Aqua World Oarai

      Akuarium Aqua World Oarai

      Aqua World Oarai adalah kawasan akuarium yang terletak di tepi Sungai Naka, Higashi Ibaraki, yang menghadap langsung ke Samudera Pasifik. Kita bisa melihat ikan mola-mola, hiu, singa laut, penguin, dan menyentuh ikan secara langsung....


    • Air Terjun Fukuroda

      Keindahan musim gugur di Air Terjun Fukuroda

      Air terjun Fukuroda masuk ke jajaran tiga air terjun terindah di Jepang bersama dengan air terjun Kegon dan air terjun Nachi. Keindahan air terjun dengan pemandangan musim gugur menjadi daya tarik utama wilayah pegunungan Daigo....



  • Akses menuju Ibaraki

    Wilayah Ibaraki memanjang dari selatan ke utara di pantai timur Jepang, dengan 3 kota utama: Tsuchiura (di sisi selatan), Mito (di tengah), dan Hitachi (di utara).

    Dari Tokyo

    Dari Stasiun Tokyo atau Ueno kita bisa naik kereta limited ekspress Hitachi atau Tokiwa sampai Stasiun Tsuchiura. Lama perjalanan sekitar 45 menit dengan ongkos tiket 2.140 yen. Atau juga bisa naik kereta lokal Joban Line selama 75-80 menit dengan ongkos tiket 1.140 yen.

    Dari Stasiun Tokyo atau Ueno kita bisa naik kereta limited ekspress Hitachi atau Tokiwa sampai Stasiun Tsuchiura. Lama perjalanan sekitar 45 menit dengan ongkos tiket 2.140 yen. Atau juga bisa naik kereta lokal Joban Line selama 75-80 menit dengan ongkos tiket 1.140 yen.

    Kereta yang sama juga melayani perjalanan sampai Stasiun Mito dan Katsuta (Hitachi). Lama perjalanan sekitar 75 menit dengan ongkos tiket 3.820 yen. Atau juga bisa naik kereta lokal Joban Line selama 2 jam dengan ongkos tiket 2.270 yen.

    Dari Tochigi

    Dari Stasiun Tobu Nikko atau Shimo-Imaichi kita bisa naik sampai Stasiun Oyama, melalui Stasiun Utsunomiya atau Tochigi. Lalu dilanjutkan dengan naik kereta JR Mito Line sampai Stasiun Mito. Lama perjalanan sekitar 2,5-3 jam dengan ongkos tiket 2.590 yen.

    Dari Stasiun Tobu Nikko atau Shimo-Imaichi kita bisa naik kereta Tobu Skytree Line atau kereta limited ekspess Tobu sampai Stasiun Kita-Senju. Lalu dilanjutkan dengan naik kereta JR Joban Line sampai Stasiun Tsuchiura. Lama perjalanan sekitar 3 jam dengan ongkos tiket 2.330-3.670 yen.

    Seluruh ongkos perjalanan dari Stasiun Tokyo atau Ueno maupun dari Tochigi sampai ke Tsuchiura dan Mito tercover oleh JR Tokyo Wide Pass maupun JR Pass.

Cheap Hotels in Ibaraki [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Daiwa Roynet Hotel Mito
from ¥6891/night
Daiwa Roynet Hotel Mito
APA Hotel Mito
from ¥4661/night
APA Hotel Mito
President Hotel Mito
from ¥5472/night
President Hotel Mito
Court Hotel Mito
from ¥4458/night
Court Hotel Mito

(sponsored by Booking.com)

Sumber gambar: Flickr Shingo Yoshida, tetsuo1128, Joel Durkee, Mirai Takahashi, Ka North, sakaki0214

Recommended for you

Last modified: October 5, 2016

TAGS  :

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!
Show Comments

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan