Info Wisata di Kagoshima

You are here Home  > Center Town, Wisata Jepang >  Info Wisata di Kagoshima

Kagoshima. Mendengar Kagoshima mungkin masih menjadi hal asing di telinga teman-teman di Indonesia. Tidak seperti Tokyo, Osaka, Kyoto, atau Sapporo atau objek wisata seperti Universal Studio Japan dan Tokyo Disneyland yang sudah mendunia. Tapi kalau pernah nonton film Last Of Samurai yang diperankan oleh Tom Cruise, sebenarnya kita sedang diajak untuk mengenal Kagoshima. Film itu diangkat dari kisah nyata mengenai samurai (ksatria yang pandai menggunakan samurai) yang ada di Pulau Kagoshima. Keindahan alam Kagoshima adalah pesona utama kota yang ada di wilayah paling selatan Pulau Kyushu ini. Mari simak liputan Tim Info Jepang  mengenai tempat wisata di Kagoshima.


  • Kegiatan seru wisata di Kagoshima

    1. Mengunjungi pulau Sakurajima

    Kagoshima dikenal dengan wisata alam yang tidak ada bandingannya di Jepang bahkan di dunia. Kita bisa menyeberang dengan kapal feri ke Pulau Sakurajima dengan gunung Sakurajima di tengah pulau yang masih aktif. Di pulau ini, ada  hotel Furusato Hotel yang menyediakan onsen (pemandian air panas) persis di depan laut. Tapi sayangnya karena belakangan sejak tahun 2014 kondisi Gunung Sakurajima yang kembali aktif, jadi onsen-onsen di Sakurajima berhenti beroperasi untuk alasan keamanan. Namun, kita masih boleh mengunjungi Pulau Sakurajima kok.

    Salah satu kegiatan seru di Pulau Sakurajima adalah mengelilingi pulau dengan bersepeda atau berjalan kaki melalui Nagisa Lava Trail. Karena Pulau ini tergolong kecil, kita bisa berjalan dari sisi barat (dermaga Sakurajima) ke Karasujima Observatory (di sisi timur) selama kurang lebih 1 jam perjalanan (3 kilometer).  Sambil berjalan mengelilingi pulau, kita bisa melihat taisho lava yang seperti membawa kita ke planet lain. Setelah puas berkeliling, kita bisa menikmati pemandangan matahari terbenam yang indah di Pantai Sakurajima. Ini adalah pengalaman terseru dalam wisata di Kagoshima.

    Gunung Sakurajima di Kagoshima

    2. Berendam dalam pasir di Ibusuki

    Selain itu, dari kota Kagoshima, kita bisa pergi ke Ibusuki. Jaraknya sekitar 1 jam perjalanan dengan kereta. Di Ibusuki kita bisa coba pengalaman berendam dalam pasir panas (atau dikenal dengan Sunamushi Onsen) karena di daerah ini banyak terdapat sumber air panas. Bagi mereka yang ingin berelaksasi, mereka bisa mandi di pemandian air panas (onsen) juga. Mandi pasir atau mandi air panas adalah kegiatan yang tidak boleh dilewatkan jika berkunjung ke Kagoshima. Di Ibusuki, kita juga bisa menikmati makanan khas dari ikan cakalang atau Katsuo. Ikan cakalang yang ada di Kagoshima ini mayoritas diimpor dari Indonesia loh, terutama dari perairan wilayah Sulawesi Utara dan Maluku yang dikenal dengan kelezatan daging ikan cakalangnya.

    Berendam pasir di Ibusuki Kagoshima

    3. Mengunjungi dan menikmati keindahan Taman Sengan-en

    Taman Sengan-en yang ada di sebelah utara Kagoshima. Di sini kita bisa mengunjungi bangunan vila yang merupakan kediaman Keluarga Shimazu sejak tahun 1658. Bangunan vila dengan arsitektur yang cantik lengkap dengan pemandangan taman Jepang atau Nihon Teien yang indah tentu sayang untuk dilewatkan. Selain itu, dari Taman Sengan-en, kita juga bisa melihat pemandangan Pulau Sakurajima Tempat ini memberi kamu pemandangan pulau yang mempesona dari Sakurajima, gunung berapi yang terkadang menyemburkan hembusan asap kecil.

    Gunung Sakurajima dari Taman Sengan

    4. Mengunjungi kebun teh Chiran

    Setelah mengelilingi berbagai objek wisata alam dan bangunan bersejarah di Kagoshima, Chiran adalah penutup yang sempurna. Chiran yang dapat dicapai sekitar 30 menit dari kota Kagoshima, dikenal dengan hasil teh hijau yang sudah dikenal di seluruh Jepang. Mayoritas teh hijau yang disajikan di restoran atau tempat minum teh Tokyo, Kyoto, atau Osaka berasal dari Chiran. Bahkan karena saking terkenalnya ada cerita kalau kamu punya rekanan bisnis orang Jepang, kasih teh hijau dari Chiran, pasti bisnis kamu dijamin lancar. Iklim yang hangat hampir sepanjang tahun ditambah tanah yang subur menjadi salah satu alasan mengapa teh hijau dari Chiran begitu enak rasanya. Selain mengunjungi kebun teh atau minum teh, kita juga bisa mengunjungi Kamikaze Peaceful Hall di sini.

    Panorama Kebun di Chiran

    5. Mengunjungi objek-objek wisata di Kota Kagoshima

    Di Kota Kagoshima, kita bisa pergi ke Tenmonkan Shopping Center, lalu AMU Plaza di dekat Stasiun Kagoshima Chuo, dan melihat beraneka ikan dan hewan laut dari perairan selatan Jepang di Io World Kagoshima Aquarium, atau melihat pemandangan kota Kagoshima dari Taman Shiroyama. Yang tidak boleh dilewatkan adalah atraksi atau show lumba-lumba yang bisa kita saksikan secara gratis. Diadakan di Dolphin Port di pesisir teluk Kinko setiap harinya jam 4 sore.

    Kagoshima Akuarium

    Ohara Matsuri di Kagoshima

    Ohara Matsuri adalah festival terbesar di Kagoshima. Di Festival yang diadakan setiap tanggal 2-3 November ini, para penduduk Kagoshima akan turun ke jalan dan menari. Jalur paradenya berada di pusat kota Kagoshima, di jalur trem  Takamibaba, Izuro dan Sanbashi-dori.

    Makanan Khas Kagoshima

    Makanan terkenal di Kagoshima adalah Kurobuta Ramen (ramen khas Kagoshima), Jidori (ayam kampung), dan sushi dari ikan yang segar.

  • Akses menuju Kagoshima

    Jika teman-teman tertarik bagaimana wisata di Kagoshima, Tim Info Jepang akan memberikan panduan dan informasi terlengkap, karena salah seorang Tim Info Jepang menghabiskan 4 tahun perkuliahan di Kagoshima, sehingga sudah paham betul tentang tempat-tempat wisata di Kagoshima.

    Dengan kereta dari Tokyo

    Perjalanan dari Tokyo sampai ke Kagoshima (Stasiun Kagoshima Chuo atau Stasiun Pusat Kagoshima) berlangsung selama sekitar 7 jam 11 menit, dan dilayani dengan kereta JR Tokaido Shinkansen dan JR Sanyo Kyushu Shinkansen. Kita perlu berpindah kereta Shinkansen di stasiun Shin-Osaka, Shin-Kobe, atau di Hakata. Harga tiketnya 28.820 yen atau gratis jika menggunakan Japan Rail Pass.

    Dengan pesawat dari Tokyo

    Teman-teman bisa naik penerbangan domestik dari Tokyo menuju Kagoshima. Maskapai ANA dan JAL melayani penerbangan Tokyo Haneda-Kagoshima dengan kisaran harga tiket 44.000 yen. Sementara itu, Maskapai Jetstar juga melayani penerbangan Tokyo Narita-Kagoshima dengan kisaran tiket 30.000 yen. Namun, tersedia tiket penerbangan murah dengan harga mulai 11.000-20.000 yen khusus wisatawan asing. Dari Bandara Kagoshima, tersedia bus yang mengantarkan kita ke kota Kagoshima. Lama perjalanan 40 menit dengan ongkos 1.250 yen.

    Dengan kereta dari Kyoto atau Osaka

    Perjalanan dari Kyoto atau Osaka menuju Kagoshima  dilayani dengan kereta JR Tokaido Shinkansen dan JR Sanyo Kyushu Shinkansen. Kita perlu berpindah kereta Shinkansen di stasiun Shin-Osaka, Shin-Kobe, atau di Hakata. Dari Stasiun Kyoto, harga tiketnya 22.130 yen dengan lama perjalanan 4,5 jam. Sementara dari Stasiun Shin-Osaka, harga tiketnya 21.380 yen dengan lama perjalanan 4 jam. Bagi pemegang Japan Rail Pass, bisa naik kereta ke Kagoshima dengan gratis.

    Dengan pesawat dari KANSAI

    Teman-teman bisa naik penerbangan domestik dari Bandara Kansai menuju Kagoshima. Maskapai ANA dan JAL melayani penerbangan Bandara Kansai-Kagoshima dengan kisaran harga tiket 30.000 yen. Sementara itu, Maskapai Skymark dan Peach juga melayani penerbangan Bandara Kansai-Kagoshima dengan kisaran tiket 10.000-16.000 yen. Dari Bandara Kagoshima, kita bisa naik bus menuju ke kota Kagoshima.

Sumber gambar: Flickr Ville Misaki, Jody McIntyre, gorekun, Casey Yee, Kimon Berlin, Yoshikazu TAKADA

Recommended for you

Last modified: August 9, 2016

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan