Info Wisata di Kanazawa

You are here Home  > Center Town, Transportasi Jepang, Wisata Jepang >  Info Wisata di Kanazawa

Kanazawa adalah salah satu tempat wisata favorit para wisatawan mancanegara. Kota-kota utama seperti Tokyo, Gunung Fuji dan Danau Kawaguchiko, Osaka dan Kyoto memang adalah target utama para wisatawan. Nah, untuk perjalanan wisata kedua, orang-orang mulai melirik tempat-tempat wisata baru lainnya seperti Hakone, Hiroshima, Kanazawa dan Nagano. Kali ini Tim Info Jepang akan fokus menjelaskan info wisata di Kanazawa, termasuk tempat-tempat wisata bagus plus kegiatan-kegiatan seru yang bisa dilakukan di Kanazawa.

  • Terletak di pinggir Laut Jepang, dan dihimpit oleh pegunungan Alpen Jepang, Kanazawa memiliki banyak tempat bersejarah plus kuliner yang enak-enak. Meskipun jarak Kanazawa dengan Tokyo hampir 500 kilometer, namun adanya kereta Shinkansen Hokuriku membuat jarak Kanazawa dan Tokyo “hanya” 2,5 jam saja. Kanazawa juga jadi kota besar terdekat buat teman-teman yang ingin mengunjungi Shirakawago, Gokayama, atau Hida no Sato Takayama yang terkenal dengan desa tradisional Jepangnya.

    Banyak juga yang menyebut Kanazawa sebagai “Little Kyoto” mengingat ada banyak distrik misalnya Distrik Higashi Chaya yang mirip seperti distrik Gion di Kyoto yang terkenal dengan Geisha. Selain itu, Kanazawa boleh berbangga karena memiliki Taman Kenrokuen yang menjadi salah satu dari 3 taman terindah di Jepang, lalu juga Kastil Kanazawa yang juga termasuk kastil terbagus di Jepang.

    Info Wisata di Kanazawa: Kegiatan Wisata Menarik

    1. Lihat pemandangan malam Taman Kenrokuen

    Pemandangan malam di Taman Kenrokuen adalah yang paling indah menurut saya pribadi. Apalagi di musim dingin saat pepohonan dan daun-daun di taman ini tertutupi salju putih, berkas-berkas cahaya lampu yang diarahkan memberikan kesan lembut dan indah. Saya tidak henti-hentinya mengambil foto Taman Kenrokuen saat iluminasi di musim dingin. Iluminasi malam hari di Taman Kenrokuen juga berlangsung pada musim semi dan musim gugur, lho!

    Info Wisata di Kanazawa Taman Kenrokuen

    Info Wisata di Kanazawa: Taman Kenrokuen

    玉泉院丸庭園 點燈 @ 金沢

    Pemandangan Taman Gyokuseninmaru di kompleks Kanazawa Castle

    2. Berkeliling Kastil Kanazawa

    Kompleks Kastil Kanazawa terletak di jalan utama kota Kanazawa, berada persis di seberang Taman Kenrokuen. Kita dapat pergi langsung ke Kastil Kanazawa dari Taman Kenrokuen dengan menyeberangi jembatan penyeberangan orang. Kastil Kanazawa selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan karena kompleks kastil ini adalah yang paling besar dan megah di kawasan Hokuriku. Ada banyak bangunan bersejarah dan pemandangan kastil yang indah, dan rasanya sulit jika hanya melihatnya dari foto-foto. Teman-teman harus mampir dan melihat Kastil Kanazawa ini. Khusus di musim semi, bunga-bunga sakura di taman Kastil Kanazawa juga akan mekar bersamaan, menjadi paduan yang indah dan tidak terlupakan.

    Info Wisata di Kanazawa Taman Gyokuseninmaru

    Info Wisata di Kanazawa Taman Gyokuseninmaru

    3. Bunga sakura dan momiji di Taman Kenrokuen

    Taman Kenrokuen termasuk dalam 3 taman terindah di Jepang dan kita bisa menikmati keindahan kebun bunga dan pepohonan sepanjang tahun. Di musim semi, kita bisa menikmati keindahan bunga plum dan sakura yang bermekaran. Kemudian di musim panas, kita bisa melihat bunga iries dan azalea. Di musim gugur, kita bisa melihat pemandangan daun-daun pohon yang berubah warna menjadi merah dan jingga. Di musim dingin, area Kanazawa dan Taman Kenrokuen akan diliputi oleh putihnya salju dan yukitsuri.

    Keindahan Taman Kenrokuen di Kanazawa

    Keindahan Taman Kenrokuen di Kanazawa

    4. Lihat ilusi kolam renang di Museum Seni Kanazawa

    Museum Seni Kanazawa atau Museum Seni Kontemporer Abad ke 21 adalah museum seni yang terletak di pusat kota Kanazawa. Salah satu karya yang paling terkenal adalah Leandro Erlich The Swimming Pool, di mana kita seakan-akan berada di dalam kolam renang namun tidak basah. Wah keren deh! Selain itu ada juga objek kaca transparan bewarna-warni di halaman luar Museum Seni Kanazawa yang pas banget buat jadi latar belakang foto selfie kita di Kanazawa.

    Info Wisata di Kanazawa Museum Seni Kanazawa

    Info Wisata di Kanazawa: Museum Seni Kanazawa

    5. Merasakan “Little Kyoto” di Distrik Higashi Chaya

    Chaya adalah sebutan bagi restoran di mana kita bisa menikmati menu makanan sambil menonton penampilan para geisha yang menari atau bernyanyi. Istilah chaya ini mulai dikenal pada jaman Edo, di mana hampir setiap malam Geisha menghibur para penguasa atau keluarga bangsawan ke Chaya. Kini, Higashi Chaya tempat wisata di Kanazawa dengan restoran, kedai minum teh, dan juga toko oleh-oleh. Kita juga bisa menyaksikan pertunjukkan Geisha yang menari atau bernyanyi di kedai teh Shima dan Kaikarou.

    6. Sarapan di Pasar Omicho Ichiba

    Pasar Omicho Ichiba sudah eksis dari jaman kekaisaran Edo. Dan menjadi salah satu pasar paling tua di Jepang dan masih eksis hingga kini bersama dengan Tsukiji Market di Tokyo atau Pasar Pagi Hakodate. Lokasi Kanazawa yang ada di dekat laut menjamin kita bisa menikmati aneka menu sashimi, sushi, atau tempura yang fresh atau segar. Saya sendiri menyukai menu nasi tempura atau nasi dengan lauk udang goreng tepung yang begitu lezat. Selain itu, masih ada juga Dejima Wharf di sepanjang dermaga Dejima.

    Info Wisata di Kanazawa Pasar Omicho Ichiba

    Info Wisata di Kanazawa: Pasar Omicho Ichiba

    7. Valentine dan Honeymoon tak terlupakan di Kanazawa

    Masih bingung menentukan mau bulan madu ke mana? Kamu bisa memasukkan Kanazawa sebagai destinasi liburan bersama dengan pasangan. Perpaduan pemandangan pantai Laut Jepang, pegunungan, beragam tempat wisata, dan suasana kota yang tidak terlalu ramai jadi alasannya. Teman-teman bisa bermalam di Ryokan Kanazawa Chaya, salah satu ryokan terbaik Jepang yang menawarkan suasana tenang dan damai. Atau juga ke Hotel Kanazawa Annex.

    Makanan Tradisional Kanazawa

    Berikut ini makanan-makanan tradisional Kanazawa yang bisa teman-teman nikmati selama berada di Kanazawa.

    1. Kabura-zushi

    Kabura-zushi adalah menu perpaduan sushi dan lobak. Daging tuna ekor kuning dipotong dan disajikan di tengah-tengah asinan lobak, disajikan dengan nasi, potongan wortel, dan juga rumput laut yang agak pahit. Makanan ini biasanya disajikan di musim dingin dan jadi menu makanan favorit di masa tahun baru.

    2. Jibuni

    Jibuni adalah sup sayuran yang disajikan dengan potongan daging bebek yang digoreng renyah dengan sedikit wasabi. Jibuni ini dahulu adalah makanan khusus bagi para samurai. Namun sejak jam Edo, Jibuni mulai banyak disajikan sebagai makanan tradisional Kanazawa bagi para wisatawan.

  • Tempat Wisata Terkenal di Kanazawa

    • Taman Kenrokuen

      Keindahan Taman Kenrokuen di Kanazawa

      Taman Kenrokuen di Kanazawa, Ishikawa merupakan salah satu dari tiga taman bergaya Jepang terindah. Meliputi area seluas lebih dari 11 hektar di pusat kota Kanazawa, taman ini selalu jadi tempat favorit bagi para wisatawan....


    • Stasiun Kanazawa

      Gerbang Tsuzumi di Stasiun Kanazawa

      Tim Info Jepang sudah membahas beragam tempat wisata seru Kastil Kanazawa, Taman Kenrokuen, Museum Seni Abad 21 dan juga distrik Higashi Chaya. Kini kita akan melihat keunikan Stasiun Kanazawa....


    • Bus Keliling Kanazawa

      Bus Keliling Kanazawa bewarna merah

      Buat yang pertama kali ke Kanazawa pasti bingung, karena transportasi utama untuk bepergian di sini juga bukan kereta, melainkan dengan bus. Tim Info Jepang sudah merangkum info lengkap bus keliling Kanazawa....


    • Distrik Higashi Chaya

      Suasana Distrik Higashi Chaya di Kanazawa

      Higashi-Chaya ini mulai dikenal pada jaman Kekaisaran Edo, di mana hampir setiap malam Geisha menghibur para pengunjung. Kini, area ini telah berubah menjadi tempat wisata di Kanazawa dengan restoran, kedai minum teh, dan juga toko oleh-oleh....


    • Kanazawa Castle

      Bangunan menara Kanazawa Castle

      Kompleks Kastil Kanazawa ini terdiri dari taman dan bangunan kastil di area seluas 12 hektar di tengah kota Kanazawa. Kita bisa mengunjungi taman Kastil Kanazawa dan bangunan kastil yang megah...


    • Museum Seni Kanazawa

      Human gallery di Museum Seni Kanazawa

      Museum Seni Kanazawa atau Museum Seni Kontemporer Abad ke 21 adalah museum seni berarsitektur unik yang terletak di pusat kota Kanazawa, tidak jauh dari Taman Kenrokuen dan kawasan Kastil Kanazawa....


    • Kuil Ninja Myoryuji

      Pintu masuk Kuil Ninja Myoryuji

      Beberapa objek wisata terkenal seperti gerbang Tsuzumi di Kanazawa Station, pasar Omicho Ichiba, Taman Kenrokuen, dan Kanazawa Castle jadi objek wisata utama. Tapi tahukah kamu, bahwa ada kuil ninja di daerah ini?...


    • Pasar Omicho Ichiba

      Restoran sushi di Pasar Omicho Ichiba Kanazawa

      Pasar Omicho atau Ōmichō Ichiba adalah pasar terbesar yang ada di Kanazawa. Kita bisa menyantap sarapan atau makan siang langsung di sini....


  • Akses menuju Kanazawa

    1. DARI TOKYO

    Dari Stasiun Tokyo, Ueno, atau Omiya, teman-teman bisa naik kereta Hokuriku Shinkansen Kagayaki. Lama perjalanan sekitar 2,5 jam dengan harga tiket 14.000 yen. Menggunakan Japan Rail Pass maupun Tokyo Hokuriku Arch Pass sangat berguna untuk perjalanan ke Kanazawa.

    Selain itu, teman-teman juga bisa naik bus (siang atau malam) dari Tokyo sampai Kanazawa. Harga tiketnya mulai dari 4.500 yen untuk sekali jalan dan 8.000 yen untuk tiket pulang pergi.

    Selain itu, dari Bandara Haneda tersedia penerbangan menuju Bandara Komatsu yang terletak sekitar 40 menit perjalanan naik bus dari pusat kota Kanazawa. Namun, harga tiketnya yang berkisar 15.000-20.000 yen membuat naik kereta Shinkansen jadi pilihan utama yang murah dan juga praktis.

    Peta Tokyo Osaka Hokuriku Arch Pass

    Peta jalur Tokyo Osaka Hokuriku Arch Pass

    2. DARI KYOTO ATAU OSAKA

    Dari Stasiun Kyoto, kita bisa naik kereta JR limited ekspress Thunderbird sampai Stasiun Kanazawa. Lama perjalanannya sekitar 2 jam dengan ongkos 6.380 yen.

    Sementara itu, dari Stasiun Osaka, kita bisa naik kereta JR limited ekspress Thunderbird sampai Stasiun Kanazawa. Lama perjalanannya sekitar 2,5 jam dengan ongkos 7.130 yen. Rute Kyoto/Osaka ke Kanazawa masuk ke dalam cakupan Japan Rail PassTokyo Hokuriku Arch Pass, atau Takayama Hokuriku Pass.

    3. DARI NAGOYA

    Dari Stasiun Nagoya, kita bisa naik kereta JR Hida Takayama sampai Stasiun Takayama. Lama perjalanannya sekitar 135 menit dengan ongko s5.510 yen. Dilanjutkan dengan naik bus dari Takayama menuju Kanazawa. Rute Nagoya ke Kanazawa masuk ke dalam cakupan Takayama Hokuriku Pass.

    4. Dari Shirakawago, Gokayama, dan Takayama

    Kanazawa adalah salah satu tempat transit paling dekat dari atau menuju Shirakawago, Gokayama, dan Hida no Sato Takayama, yakni objek wisata desa-desa tradisional Jepang. yang terkenal. Dari Stasiun Kanazawa tersedia bus Nohi dan Hokutetsu dengan lama perjalanan sekitar 75-80 menit. Teman-teman bisa membaca jadwal dan panduan lengkap naik bus Toyama-Kanazawa-Shirakawago-Takayama.

    Tips dari Tim Info Jepang: Beli One-Day Pass Bus Keliling Kanazawa

    Nah, buat teman-teman yang ingin berkeliling tempat wisata di Kanazawa, bisa mempertimbangkan untuk membeli one-day pass bus keliling kanazawa seharga 500 yen. Tiket ini bisa dipergunakan untuk naik bus tak terbatas dalam satu hari di Kanazawa. Bagi teman-teman yang ingin mengunjungi minimal tiga tempat, Tim Info Jepang menyarankan untuk membeli one-day pass ini. Teman-teman bisa membaca panduan lengkap Bus Keliling Kanazawa.

Recommended Hotels in Kanazawa [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Kanazawa Guest House East
from ¥8500/night
Kanazawa Guest House East Mountain
Ryokan Yamamuro
from ¥13400/night
Ryokan Yamamuro
Guest House Ochakare
from ¥5400/night
Guest House Ochakare
Toyoko Inn Kanazawa Kenro
from ¥8560/night
Toyoko Inn Kanazawa Kenrokuen Korimbo

(sponsored by Booking.com)

Sumber gambar: Flickr Vic Pg,  かがみ~, tez guitar, かがみ~, Daishi Naruse, 歲月之歌, Chih-yen Hu

Recommended for you

Last modified: November 30, 2016

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!
Show Comments

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan