Info Wisata di Kumamoto

You are here Home  > Center Town, Wisata Jepang >  Info Wisata di Kumamoto

Kumamoto sangat dekat dengan pusat kota Kyushu, hanya sekitar 30 menit perjalanan dengan kereta Shinkansen dari Stasiun Hakata (Fukuoka). Tempat wisata utama di sini yang bisa kita kunjungi antara lain Kumamoto Castle dan Suizenji Garden. Selain itu, Kumamoto juga merupakan pintu gerbang ke Taman Nasional Jepang pegunungan Aso-Kuju, yang termasuk di dalamnya gunung-gunung berapi seperti Gunung Aso dan Gunung Kuju. Meskipun sempat ada gempa bumi sekitar 7 skala Ritcher tanggal 16 April 2016 di Kumamoto, namun daerah ini sangat terkenal dengan keindahan alam tempat wisatanya yang pastinya sayang dilewatkan kalau kita sudah jauh-jauh berkunjung ke pulau Kyushu. Berikut adalah beberapa tempat wisata terkenal dan Info Wisata di Kumamoto.

Tempat wisata terkenal di Kumamoto

1. Kastel Kumamoto

Castle (istana) ini salah satu castle yang dibangga-banggakan oleh Jepang saat zaman perang setelah Tokyo dan Kastel Osaka. Kastel ini sangat megah karena para samurainya ada andil juga merancang bangunan. Kalau kita masuk ke dalam dan mengamati keadaan sekitar, sangat jelas sekali kalau kastel ini dibangun dengan seksama mulai dari luar bangunan sampai masuk ke sisi dalam kastel. Tidak ada celah yang bisa digunakan musuh untuk menyelinap masuk tanpa diketahui oleh penjaga-penjaga.

Bisa kita coba berimajinasi sebagai penyelinap saat masuk ke dalam kastel, kita dapat merasakan panah atau senjata tajam langsung terarah pada kita dari setiap lubang pengintai. Begitu megahnya bangunan ini sehingga dengan sangat leluasa kita bisa melihat bagian luar untuk melihat siapapun yang akan mendekat masuk ke dalam kastel. Begitu pun di puncak tertinggi kastel tersebut, pandangan akan semakin luas untuk melihat perumahan dan lingkungan di sekitar kastel. Kota Kumamoto yang asri dan airnya yang bersih menyebabkan siapa saja pasti merasa nyaman untuk berkunjung ke kota ini kedua kalinya.

Di sini jalan masuk sangat landai, dan tidak ada tangga-tangga yang tinggi, sehingga opa/ oma usia 70 tahun aja bisa dengan sangat mudah jalan di kemiringan tersebut. Baru setelah itu untuk mencapai puncak castle, hanya ada tangga, mungkin rada sulit untuk opa/ oma usia 70 tahun ke atas ya.

Tapi sayangnya setelah gempa tanggal 16 April 2016, untuk sementara kastel ditutup untuk diperbaiki beberapa bagian yang rusak. Sampai bulan Juli 2016 ini, belum ada pemberitahuan jelas kapan kastel ikon kota Kumamoto dibuka lagi untuk umum.

Kastel Kumamoto

Kastel Kumamoto

Pemandangan dari Kastel Kumamoto

Pemandangan dari Kastel

2. Taman Suizenji

Suizenji Garden (Suizenji Jōjuen) adalah taman sangat luas yang bergaya Jepang di Prefektur Kumamoto. Taman ini dibangun pada abad 17 oleh keluarga Hosokawa. Di dalam taman ini, kita bisa melihat miniatur 53 stasiun dari Tokaido termasuk gunung Fuji didalamnya, jalan penting yang menghubungkan Edo dengan Kyoto pada zaman Edo.

Dari JR Kumamoto station menggunakan trem kota sekitar 30 menit untuk mencapai Suizenji Garden. Turun di pemberhentian “Suizenji Koen”, dilanjutkan dengan jalan kaki untuk sampai ke gerbang masuk taman. Alternatif lainnya untuk ke Taman Suizenji adalah dengan menggunakan kereta JR Hohi line menuju Shin-Suizenji station, stasiun ketiga dari Kumamoto station. Dari Suizenji Station, kita tinggal berjalan kaki sekitar 5-10 menit untuk sampai ke taman ini.

Taman Suizenji di Kumamoto

Taman Suizenji di Kumamoto

3. Minamata

Salah satu daerah wisata yang terkenal di sini adalah Ecopark Minamata. Ecopark Minamata terletak di Teluk Minamata. Banyak arena atletik, kebun mawar, kebun bambu, taman dengan sungai-sungai, restoran, toko souvenir, dan fasilitas lainnya. Kompleks Ecopark Minamata ini luasnya mencapai 41 hektar.

Di dalam area Ecopark ada taman mawar di mana setahun 2 kali (pada bulan Mei dan November) kita dapat menyaksikan Festival Bunga Mawar secara gratis. Banyak keluarga yang bawa bekal dan sekedar menghabiskan waktu dengan keluarga di sini, menyaksikan ribuan bunga mawar yang mekar. Kurang lebih seperti hanami, namun bnga yang dilihat bukan bunga sakura, melainkan bunga mawar. Objek-objek wisata lainnya di Kumamoto yang tidak kalah menariknya: Hosokawa Residence, Hearn Residence, Kurokawa Onsen, Mount Aso

Pemandangan Gunung Aso di Kumamoto

Pemandangan Gunung Aso di Kumamoto

Kuliner Khas di Kumamoto

Selain itu, untuk wisata kulinernya sendiri pun, di Kumamoto sangat terkenal dengan hidangan khasnya yakni Basashi (daging kuda mentah). Teman-teman bisa pergi ke pusat perbelanjaan di sekitaran Stasiun Kumamoto, dan kita bisa menemukan banyak restoran yang menawarkan makanan khas daerah Kumamoto termasuk basashi di bawah ini. Jadi selamat berlibur di Kumamoto!

Kalau ada pertanyaan mengenai daerah Kumamoto, bisa menuliskannya di kotak komentar di bawah. Tim Info Jepang akan menjawabnya dengan senang hati. Salam!

Makanan khas Kumamoto Basashi

Makanan khas Kumamoto Basashi

Pusat perbelanjaan di kota Kumamoto

Pusat perbelanjaan di kota Kumamoto

Cheap Hotels in Kumamoto [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Capsule Hotel The Ginza
from ‎¥6000/night
Capsule Hotel The Ginza
Toyoko Inn Kumamoto Ekima
from ‎¥7344/night
Toyoko Inn Kumamoto Ekimae
Riverside Hotel Kumamoto
from ‎¥6500/night
Riverside Hotel Kumamoto
Chisun Inn Kumamoto
from ‎¥9600/night
Chisun Inn Kumamoto

(sponsored by Booking.com)

Sumber gambar: Flickr tetedelart1855, 陳 ポーハン, 米奧 黃, Hiroki Yoshida, Non Non, Tzuhsun Hsu

Recommended for you

Last modified: October 2, 2016

TAGS  :

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!
Close Comments

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan