Info Wisata di Nikko

You are here Home  > Wisata Jepang >  Info Wisata di Nikko

Selain Hakone dan kawasan Gunung FujiDanau Kawaguchi, Nikko adalah destinasi perjalanan satu hari (day-trip) favorit wisatawan yang menginap di Tokyo. Jaraknya yang “hanya” 2 jam dari Tokyo dan tercover oleh Tokyo Wide Pass membuat Nikko sangat mudah dan murah untuk kita kunjungi. Kota terbesar di Prefektur Tochigi ini memang punya daya tarik wisata yang pastinya akan menggoda siapapun. Ada danau, air terjun, resort onsen, kuil megah, atraksi seru, dan tentunya pemandangan musim semi dan gugur yang terkenal. Simak laporan perjalanan saya berkeliling Nikko yang semoga bisa mengenalkan Info Wisata di Nikko kepada teman-teman semua.

  • Kegiatan Seru di Nikko

    1. Mengunjungi Kuil Nikko Toshogu dengan pagodanya yang megah

    Kuil Nikko Toshogu di kawasan pegunungan Nikko merupakan kuil Shinto yang dibangun untuk menghormati Tokugawa Ieyasu. Pesan terakhir Ieyasu kepada keturunannya adalah untuk dimakamkan di Nikko. Kuil Toshogu ini kemudian didirikan untuk menghormati Tokugawa Ieyasu sebagai dewa agung, sang sumber cahaya dari timur. Sejak diakui sebagai warisan dunia UNESCO di tahun 1999, setiap tahunnya ada ratusan ribu pengunjung datang ke kuil yang terletak di lereng pegunungan dekat Nikko. Untuk mencapai kuil ini, kita bisa naik bus dari depan Stasiun Nikko atau Tobu-Nikko selama 50 menit.

    Pagoda Gojunoto di kompleks Kuil Nikko Toshogu

    Info Wisata di Nikko: Kuil Nikko Toshogu

    2. Menikmati onsen dan pemandangan alam di Kinugawa

    Kinugawa Onsen adalah sebuah kota resort onsen di tepi sungai Kinugawa di utara kota Nikko. Kondisi air sungai dan alam sekitar yang masih terjaga jadi salah satu alasan mengapa sungai ini tidak pernah sepi dari pengunjung. Coba bergabung dalam tur Kinugawa Line Kudari, yakni naik kapal menyusuri Sungai Kinugawa dan melihat pemandangan tebing dan pepohonan di tepi sungai yang spektakuler. Selain itu, teman-teman bisa mampir ke Iwaburo Onsen yang punya onsen luar ruangan dengan pemandangan terbaik di Kinugawa. Semuanya bisa kita kunjungi cukup berjalan kaki dari Stasiun Kinugawa.

    Pemandian air panas untuk kaki di Kinugawa Onsen

    Info Wisata di Nikko: Kinugawa Onsen

    3. Merasakan “suasana masa lalu Jepang” di Nikko Edomura Edo Wonderland

    Nikko Edomura ini meliputi area seluas hampir 50 hektar dengan berbagai bangunan, taman, dan atraksi yang lengkap. Tidak heran, sebutan “Wonderland” atau “Taman Impian” disematkan dalam nama tempat ini Di sini, kita bisa jalan-jalan menyusuri lorong kecil khas jaman Edo, mengenal pekerjaan jaman Edo seperti pemadam kebakaran, polisi, hingga menjadi seorang samurai dan ninja. Tenang, di sini juga ada penyewaan Kimono atau Yukata juga, buat kamu yang ingin mengabadikan kebersamaan liburan dengan pasangan atau keluarga.

    Info Wisata di NikkoNikko Edomura Edo Wonderland

    Info Wisata di Nikko: Nikko Edomura Edo Wonderland

    4. Berkeliling dunia di Tobu World Square

    Sejenak, kita akan dibawa berkeliling dan melihat 102 buah objek wisata terkenal di dunia. Mulai dari Stasiun Tokyo, Bandara Narita, Kuil Kiyomizudera, Istana Kekaisaran Kyoto, lalu Patung Liberty, Piramida, hingga Menara Eiffel bisa kita kunjungi semuanya dalam bentuk miniatur. Tobu World Square ini cocok banget buat kamu yang sedang liburan bersama dengan anak kecil dan ingin menjelaskan mengenai objek wisata terkenal di dunia. Dari Stasiun Kinugawa, kita bisa naik bus shuttle selama 5 menit ke Tobu World Square.

    Info Wisata di Nikko Tobu World Square

    Info Wisata di Nikko Tobu World Square

    5. Melihat keindahan Danau Chuzenji dan Air Terjun Kegon

    Pemandangan alam Danau Chuzenji ini begitu terkenal, dengan pegunungan dan barisan pepohonan di sekeliling danau yang masih terawat. Di musim gugur, yakni musim favorit dan terbaik menikmati pemandangan di sini, khususnya dari jalan berliku Irohazaka atau dari area observasi Akechidaira. Selain danau, kita juga bisa melihat Air Terjun Kegon setinggi hampir 100 meter atau mengunjungi Chuzenji Onsen, yakni pemandian air panas alami dari Gunung Nantai yang ada di tepi danau. Danau Chuzenji terletak di timur kota Nikko bisa ditempuh dengan naik bus selama 1 jam perjalanan.

  • Tempat Wisata Terkenal di Nikko

    • Nikko Edomura Edo Wonderl

      Pintu masuk Nikko Edomura Edo Wonderland

      Nikko Edomura Edo Wonderland adalah salah satu objek wisata di Jepang di mana kita bisa merasakan sejarah Jepang di masa lampau. Di sini, kita bisa melihat samurai, ninja, geisha, dan gadis-gadis desa yang berkeliling dengan menggunakan kimono!...


    • Tobu World Square

      Miniatur Tokyo Station di Tobu World Square

      Ada 102 buah miniatur objek-objek wisata terkenal di dunia di Tobu World Square yang ada di Nikko, Prefektur Tochigi Jepang. Jutaan pengunjung datang ke Tobu World Square setiap tahunnya dan menjadikannya sebagai objek wisata utama di Tochigi....


    • Kuil Nikko Toshogu

      Kuil Nikko Toshogu di musim gugur

      Kuil Nikko Toshogu adalah kuil Shinto yang dibangun untuk menghormati Tokugawa Ieyasu sebagai dewa Tosho Daigongen, kuil bersejarah dan termasuk warisan budaya dunia Jepang yang paling terkenal....


    • Danau Chuzenji

      Pemandangan musim gugur di Lake Chuzenji Tochigi

      Danau Chuzenji terletak di sisi timur kota Nikko Tochigi. Di sini kita bisa milhat pemandangan musim gugur Danau Chuzenji, Gunung Nankai, air terjun Kegon, dan Chuzenji Onsen yang indah....


    • Kinugawa Onsen

      Suasana Kinugawa Line Kudari

      Nikko juga dikenal dengan pemandangan alam pegunungan dan pemandian air panas. Kinugawa Onsen adalah kompleks resort pemandian air panas yang terletak di pusat kota, simak kunjungan kami ke sini....


    • Oku Nikko

      Senjogahara di Oku Nikko

      Menyandang status sebagai area rawa terbesar di Honshu, hamparan Oku Nikko memiliki pemandangan alam yang begitu indah dengan Gunung Nantai sebagai latar belakangnya. ...


    • Taman Ashikaga

      Bunga Wisteria di Taman Ashikaga

      Taman Ashikaga adalah taman bunga wisteria atau bunga fuji dalam bahasa Jepang, salah satu bunga paling terkenal di Jepang selain bunga sakura. Menurut websitenya, Taman Ashikaga yang terletak di Tochigi ini adalah taman bunga wisteria terindah di dunia! ...


    • Kuil Rinnoji

      Jembatan Shinkyo menuju ke Kuil Rinnoji di Nikko

      Kuil Rinnoji, yang termasuk dalam situs warisan dunia UNESCO, terletak di kaki gunung dan ditutupi oleh hutan lebat ini adalah tempat favorit wisatawan dengan pemandangan alam yang menakjubkan. ...


    • Kereta Wisata Watarase

      Musim semi di jalur Kereta Wisata Watarase

      Di jalur kereta wisata Watarase, kita bisa menyaksikan pemandangan bunga sakura di musim semi, pepohonan hijau di musim panas, daun-daun momiji merah dan kuning di musim gugur, dan iluminasi memukau di musim dingin....


  • Info Wisata di Nikko: Akses dari Tokyo

    Banyak pembaca yang bingung antara Nikko dan Kinugawa Onsen, keduanya memang ada di Prefektur Nikko namun terpisah agak jauh. Stasiun Nikko dan Stasiun Kinugawa Onsen terhubung dengan kereta lokal Tobu Nikko Line dan Tobu Kinugawa Onsen lewat Shimo-Imaichi. Lama perjalanannya sekitar 30 menit dengan ongkos 310 yen.

    1. Dengan kereta Shinkansen dan JR Nikko Line

    Dari Stasiun Tokyo, kita bisa naik kereta Shinkansen sampai Stasiun Utsunomiya, lalu dilanjutkan dengan kereta JR Nikko Line sampai Stasiun Nikko. Lama perjalanannya sekitar 100-120 menit dengan ongkos 5.060 yen. Rute ini tercover oleh yang memiliki JR Pass atau Tokyo Wide Pass.

    2. Dengan kereta limited ekspress

    Dari Stasiun Shinjuku kita bisa naik kereta limited ekspress Tobu sampai ke Stasiun Tobu-Nikko atau Stasiun Kinugawa Onsen. Lama perjalanannya 120 menit dengan ongkos 4.000 yen. Sayangnya untuk rute ini, JR Pass hanya mengcover sebagian ongkos perjalanan (hanya dari Stasiun Shinjuku-Stasiun Omiya saja). Namun, teman-teman bisa menggunakan Tokyo Wide Pass, East Nagano-Niigata Pass, East Tohoku Area Pass, dan East-South Hokkaido Pass yang mengcover seluruh ongkos kereta. Baca juga: Tipe-Tipe Japan Rail Pass.

    3. Dengan kereta biasa

    Dari Stasiun Asakusa, kita bisa naik kereta Tobu Skytree Line sampai Stasiun Tobu-Nikko. Lama perjalanannya 135 menit dengan ongkos 1.360 yen. Meskipun Stasiun Asakusa bukanlah stasiun yang populer, namun buat teman-teman yang ingin berhemat ingin ke Nikko dan Kinugawa Onsen, kereta Tobu Skytree Line adalah pilihan terbaik dari segi waktu dan ongkos. Selain itu, ada juga kereta limited ekspress Kegon selama 110 menit dengan ongkos 2.700 yen.

    Buat teman-teman yang berencana untuk berkunjung ke Nikko maupun Kinugawa Onsen, bisa mempertimbangkan membeli pass berikut ini.

    1. All Nikko Pass (seharga 4.520 yen dengan masa berlaku 4 hari), mencakup ongkos pulang pergi Tokyo-Tobu Nikko ditambah seluruh bus dan kereta di Nikko dan Kinugawa Onsen. Dengan pass ini, kita juga bisa memperoleh potongan harga atau diskon untuk beberapa objek wisata. All Nikko Pass ini sangat cocok buat teman-teman yang mau berkeliling Nikko termasuk ke Kinugawa Onsen, Danau Chuzenji, dan Air Terjun Kegon, dan sebaiknya yang berencana menginap minimal 2 malam di area Nikko.
    2. 2-Day Nikko Pass (seharga 2.670 yen dengan masa berlaku 2 hari), mencakup ongkos pulang pergi Tokyo-Tobu Nikko ditambah seluruh bus dan kereta di Nikko dan Kinugawa Onsen. Pass ini juga memberikan potongan harga di Tobu World Square dan Nikko Edomura Edo Wonderland, namun tidak mencakup rute ke Danau Chuzenji.
    3. Kinugawa Theme Park Pass, yang mencakup rute perjalanan pulang pergi dengan kereta dan bus dan juga tiket masuk ke taman bermain di Nikko. Untuk harganya sendiri, 4.080 yen untuk paket tiket masuk Tobu World Square, 6.180 yen untuk paket Nikko Edomura Edo Wonderland, atau 7.380 yen untuk paket tiket masuk keduanya.

Recommended Hotels in Nikko [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Hotel Manyotei
from ¥6722/night
Nikko Park Lodge
Nikko Park Lodge
from ¥2859/night
Hotel Natural Garden Nikk
Hotel Natural Garden Nikko
from ¥3574/night
Nikko Tokinoyuu
Nikko Tokinoyuu
from ¥3676/night

(sponsored by Booking.com)

Sumber gambar: Flickr Travis Rigel Lukas Hornung, w00kie, purestserenity, hinac(Ui-Han,Tan), scion_cho, Ikusuki, Tomiffy Design


Recommended for you

Last modified: March 10, 2017

Comments (15)

  1. Halo admin, saya akan mengunjungi Jepang di 22-28 Oktober dan berencana ke Nikko untuk melihat peak autumn (Tokyo belum peak di Oktober setelah sy googling). Dimana spot autumn terbaik Nikko saat itu ya? dan bagaimana aksesnya? Terima kasih…

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Pak. Kalau musim gugur bisa ke Danau Chuzenji atau Air Terjun Kegon.
      Mengenai aksesnya bisa ditemukan di artikel dan link di atas. Salam

    • Bener tidak ya Nikko peak autumn di sekitar Oktober akhir? Kalau tidak dimana saya bisa lihat autumn yg paling bagus. Mohon pencerahannya admin.

  2. Selamat Siang pak.

    Untuk tour keliling Nikko, saya coba cek di Hyperdia stasiun kinugawa tidak ada. adanya kinugawa onsen dan kinugawa koen. sebaiknya saya turun di stasiun apa? jika saya berangkat dari Shinjuku dengan menggunakan JR Pass. Sebaiknya ke Tobu dahulu atau ke edo wonderland dulu ya pak? atau sama saja? access dari edo ke tobu bagaimana?

    Terima kasih.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Silakan ibu turun di Kinugawa Onsen Station dan naik bus menuju ke Tobu World Square dan Edo Wonderland Nikko Edomura. Kalau dari Kinugawa Onsen, Edo Wonderland letaknya lebih jauh daripada Tobu World Square.
      Silakan mengecek link terkait untuk akses dan bus apa yang musti dinaiki.
      Kemudian transportasi dari Tobu World Square ke Edo Wonderland bisa dicek di website bus Asahi. Salam

    • Sore Pak Nugroho,

      Diatas telah di jelaskan bahwa dari Tokyo ke Nikko bisa dengan JR pass turun di Nikko station. yang saya mau tanyakan :
      – dari Nikko station akses ke “Tobu World” bagaimana? apakah hanya tinggal jalan kaki saja?
      – Dari Tobu world menuju Edo Wonderland aksesnya bagaimana?

      Thanks in advance

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Malam Hana, jika dari Stasiun Nikko atau Kuil Toshogu Nikko, bisa naik bus keliling gratis yang melalui Edo Wonderland. Lama perjalanan sekitar 30 menit. Atau bisa ke Stasiun Kinugawa-Onsen dahulu, dengan naik kereta ke Shimo-Imaichi (dengan Tobu Nikko Line) dilanjutkan dengan Tobu Kinugawa Line sampai Stasiun Kinugawa Onsen.
      Dari Stasiun Kinugawa, kita bisa naik bus shuttle selama 5 menit ke Tobu World Square.
      Dari Tobu World kamu bisa jalan kaki ke arah selatan melalui Stasiun Kosagoe, sampai ke Edo Wonderland Nikko Edomura.

  3. Selamat malam Mas Nugroho, kalo saya pakai Tokyo wide pass dan mau menggunakannya 1 hari (tanpa menginap) ke Nikko, apakah cukup waktu untuk ikut tur Kinugawa Line Kudari-Edo Wonderland-Tobu World Square ? atau bahkan cukup untuk ke seluruh tempat sesuai artikel di atas ? urutan tempat yg dikunjungi bagaimana yg paling efisien ? kalau dari shinjuku rute keretanya bagaimana ?

    Thx a lot before mas

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Tur Kinugawa Line Kudari waktunya sekitar 1 jam saja, dan bisa ke Edo Wonderland dan Tobu World Square.
      Hanya kalau memang hanya 1 hari tersedia, lebih baik memilih antara Edo Wonderland atau Tobu World Square, sebab harga tiket masuknya cukup mahal dan daerahnya luas sehingga sayang kalau hanya sebentar dan langsung ke tempat lain. Salam

    • Terima kasih atas fast respondnya ya mas. satu lagi, kalo hitung2an antara beli tokyo wide pass dengan paket kanto buffet yg masih ditawarkan tour travel, mana yg lebih ekonomis kalo mau ke kawaguchiko/hakone, edo wonderland, dan gala yuzawa ?

  4. Terimakasih buat infonya.

    Untuk pembelian JRpass sebaiknya diaktifkan mulai tanggal berapa ? , mengingat saya akan tinggal di Tokyo dari tgl 27-28 dilanjutkan ke osaka dan kyoto, kembali ke tokyo tanggal 1 atau tanggal 2.
    Apakah bapak bisa memberikan saran untuk pembelian JRpass dan suica. Terimakasih atas bantuannya.

  5. saya akan mengunjungi jepang (tokyo, kyoto dan osaka) pada tgl 27 des 2016 s/d 4 jan 2017,
    kira2 pakaian apa yg sesuai untuk tanggal2 tersebut dan apa saja yang sebaiknya dibawa. mengingat keretanya penuh shg tidak bisa bawa koper besar. Ini pertama kalinya saya pergi ke Jepang dan pertama kali jg pergi in winter. any suggestion utk beli barang2 yg diperlukan ? tq

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Untuk musim dingin, kamu bisa bawa 1 buah jaket tebal dan 1 buah jaket tipis, sepatu dan beberapa buah kaos kaki. Kamu tetap bisa bawa koper kok, dan kereta tidak mungkin penuh (maksimal penumpang hanya sejumlah kursi yang ada). Silahkan baca-baca Liburan Musim Dingin di Jepang.

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!