Info Wisata di Sendai

You are here Home  > Wisata Jepang >  Info Wisata di Sendai

Kota Sendai adalah kota terbesar di daerah Tohoku (Jepang bagian timur laut), sekaligus Ibukota Prefektur Miyagi dengan penduduk lebih dari 1 juta jiwa. Sendai berjarak sekitar 400 kilometer di sebelah utara Tokyo. Buat teman-teman yang ingin merasakan kehidupan dan kebudayaan Jepang namun tidak terlalu suka keramaian, Sendai adalah pilihan yang tepat. Oiya, Sendai ini terkenal sebagai kota “terhijau” di Jepang, karena ada banyak taman terbuka termasuk hutan di tengah kotanya. Di Sendai ada banyak universitas besar dengan jumlah mahasiswa yang banyak, salah satu di antaranya adalah Tohoku University, universitas terdepan yang melakukan penelitian tentang gempa bumi dan tsunami.

Saat gempa besar Tohoku tahun 2011, wilayah Sendai termasuk yang terkena dampak buruk akibat gempa dan tsunami. Namun, pembangunan intensif yang dilakukan oleh pemerintah dan swasta kini sudah menunjukkan hasil. Dampak buruk tsunami bahkan bisa disulap menjadi daya tarik wisata wilayah yang terletak di tepi Samudera Pasifik ini.

Kegiatan seru di Sendai

1. Mengunjungi Zuihoden Mausoleum dan Aoba Castle

Zuihoden Mausoleum adalah kompleks pemakaman keluarga Masamune yang adalah pemimpin wilayah Sendai atau Aoba selama ratusan tahun. Kompleks pekuburan ini terkenal karena arsitektur bangunan Mausoleum yang unik dengan ukiran dan hiasan emas dan hanya satu-satunya di Jepang.

zuihoden sendai

Mausoleum Zuiihoden

Selain itu, area pekuburan ini juga ditumbuhi oleh pohon-pohon cedar raksasa yang berusia ratusan tahun dengan taman yang indah.

Sendai juga dikenal dengan Aoba Castle atau Kastil Aoba. Kastil ini adalah kompleks istana yang dahulu digunakan sebagai tempat tinggal keluarga Masamune. Kini kompleks istana ini dibuka untuk umum dan dijadikan museum kota Sendai. Di depan kompleks istana, kita juga bisa melihat ikon Aoba Castle yakni patung Masamune yang sedang menunggangi kuda seperti seorang panglima perang.

aoba castle masamune

2. Mengunjungi pasar pagi Asaichi dan Ichibancho Shopping arcade

Asaichi atau Morning Market Sendai terletak di pusat kota Sendai, sekitar 100 meter atau 5 menit berjalan kaki dari Stasiun Sendai. Produk utama yang dijual di sini adalah makanan laut seperti berbagai jenis ikan, kepiting, tiram, cumi-cumi, teripang, dan lainnya. Sejarah pasar ini dimulai sekitar ratusan tahun lalu, di mana awalnya pasar ini adalah tempat nelayan menjual hasil tangkapan mereka. Seiring berjalannya waktu, pasar ini terus berkembang menjadi pusat jual beli aneka ikan dan makanan seafood bagi penduduk sendai. Kalau pergi ke Sendai tidak ada salahnya kita bermain di pasar ini.

Siang harinya, kita bisa mengunjungi pusat perbelanjaan Ichibancho. Ichibancho ini sebenarnya adalah gabungan dari beberapa mal dan toko-toko yang berada di jalan Ichibancho dan Chuo Dori di pusat kota Sendai. Tempat ini sangat pas bagi kita yang sedang mencari oleh-oleh karena ada banyak toko oleh-oleh dengan harga 100 yen. Selain itu, ada beragam toko pakaian, elektronik, dan juga restoran yang menjual makanan khas Sendai seperti ramen dan yakiniku yang lezat.

ichibancho sendai

Suasana Pusat Perbelanjaan Ichibancho 

3. Festival Tanabata Sendai

Festival Tanabata atau Festival Bintang diadakan setiap tanggal 6-8 Agustus. Festival Tanabata menjadi salah satu festival unik yang ada di wilayah Tohoku. Sepanjang festival ini, teman-teman bisa bergabung dalam parade bersama para penduduk Sendai, atau mencoba beragam makanan dan permainan tradisional. Jalanan kota akan ramai dihiasi beragam ornamen kertas warna-warni yang digantung di bambu. Usut punya usut, kertas-kertas ini adalah harapan para penduduk kota Sendai untuk tahun depan. Kita juga bisa bergabung dengan menuliskan harapan kita untuk tahun depan di secarik kertas kemudian menggantungkannya di tiang bambu yang dipasang di sepanjang jalan.

sendai tanabata festival

Ramainya pengunjung saat Festival Tanabata di Sendai

Akses menuju Sendai

Sendai bisa dijangkau dengan pesawat terbang dari Narita atau Tokyo Haneda. Selain itu ada juga Shinkansen dari Tokyo. Shinkansen dari Tokyo yang paling sering digunakan adalah Shinkansen Hayate dengan waktu tempuh 100 menit dari Tokyo (biayanya 10.590 Yen), dan termasuk ke cakupan Japan Rail Pass.

DARI TOKYO STATION

Tokyo Station – Sendai Station dengan kereta JR Tohoku Shinkansen Hayabusa (10.690 Yen) dalam 1 jam 31 menit dan masuk cakupan Japan Rail Pass East Pass.

Selain dengan kereta, teman-teman bisa mencapai sendai dengan naik bus malam dari Yokohama, Shinagawa, maupun Tokyo. Harganya mulai dari 6-7 ribu yen dengan waktu tempuh 5 sampai 6 jam dari Tokyo.

Nah, itu dia beberapa tempat wisata yang bisa teman-teman kunjungi saat berada di Sendai. TIm Info Jepang dengan senang hati menjawab berbagai pertanyaan maupun tanggapan dari teman-teman. Akhir kata, selamat berwisata di Sendai!

Cheap Hotels in Sendai [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Nine Hours Sendai
from ¥1809/night
nine hours Sendai
APA Villa Hotel Sendaieki
from ¥5050/night
APA Villa Hotel Sendaieki-Itsutsubashi
Toyoko Inn Sendai Nishi-g
from ¥6290/night
Toyoko Inn Sendai Nishi-guchi Hirose-dori
Holiday Inn ANA Sendai
from ¥5701/night
Holiday Inn ANA Sendai

(sponsored by Booking.com)

Sumber gambar : Flickr RachelH_, Sendai Blog, masamunecyrus, Roderick Lopez

Recommended for you

Last modified: November 2, 2016

TAGS  :

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan