Informasi Lengkap Momiji di Kyoto

You are here Home  > Musim di Jepang, Nature >  Informasi Lengkap Momiji di Kyoto

Kapan waktu terbaik berlibur ke Jepang? Pertanyaan ini yang sering muncul di berbagai forum informasi wisata. Di musim semi, kita dapat melihat bunga sakura dan menikmati segarnya udara Jepang yang hangat. Di musim panas, kita bisa berlibur sepuasnya karena libur panjang dan melihat festival kembang api atau hanabi yang menawan. Di musim dingin, kita dapat melihat festival salju dan bermain ski dan skateboard, permainan yang tidak bisa dilakukan di Indonesia. Namun perlu diakui bahwa musim gugur di Jepang adalah salah satu yang terbaik di dunia.

Musim gugur di Jepang berlangsung cukup lama mulai dari bulan September hingga Desember. Momiji biasanya akan mulai duluan di utara Jepang, dan terus ke arah selatan hingga sekitar awal bulan Desember. Kali ini, Tim Info Jepang khusus meliput musim gugur dan momiji di Kyoto. Tim Info Jepang sudah merangkum banyak kuil dan taman-taman dengan pemandangan musim gugur yang sangat indah, lengkap dengan perkiraan jadwal momiji di Kyoto, dan juga review aksesnya. Selamat membaca dan semoga bermanfaat dalam menyusun itinerary perjalanan ke Kyoto.

Rekomendasi Tempat Momiji di Kyoto

1. Kuil Kodaiji, Lihat momiji yang tercermin di permukaan air kolam

Kuil Kodaiji mendapat peringkat 1 pemandangan momiji di Kyoto. Bagi kamu yang pernah ke kuil yang berada di tengah jalan antara Kuil Kiyomizudera dan Kuil Yasaka di Gion ini, pasti tidak merasa aneh. Itu karena pemandangan musim gugur dan momiji di tempat ini adalah yang terbaik dan terindah. Kuil Kodaiji punya semuanya: pagoda, bangunan kuil, bangunan pendopo pendamping, taman batu, dan juga iluminasi di musim gugur!

Aksesnya mudah, bisa naik bus nomor 100 atau 206 dari Stasiun Kyoto dan turun di halte bus Higashiyama Yasui. Dari sana berjalan kaki sekitar 10 menit sampai ke kompleks Kodaiji. Jika memerlukan panduan mengenai cara naik bus kota Kyoto, Tim Info Jepang juga sudah merangkum detail informasi trayek bus wisata kota Kyoto atau cara hemat berkeliling Kyoto dengan Bus Pass Kyoto. Biaya masuk ke kompleks kuil adalah 600 yen untuk orang dewasa dan 250 yen untuk pelajar SMP ke bawah. Ini yang membuat Tim Info Jepang memasukkan Kuil Kodaiji di peringkat 1 pemandangan momiji di Kyoto. Momiji bisa dilihat dari pertengahan Oktober sampai awal Desember.

Pemandangan musim gugur di Kuil Kodaiji Kyoto

Pemandangan musim gugur di Kuil Kodaiji Kyoto

2. Kyoto Imperial Palace, Momiji di tempat paling berharga di Kyoto

Pemandangan momiji di taman di Kyoto Imperial Palace (Kyoto Gyoen) sedikit berbeda dengan momiji di Kyoto lainnya. Rata-rata momiji di kuil-kuil atau taman lain di Kyoto bewarna merah karena pohon mayoritas adalah pohon maple Jepang. Namun di Kyoto Imperial Palace, kamu bisa melihat beraneka ragam warna momiji dari merah, jingga, dan kuning terang. Ini karena selain ratusan pohon maple yang berukuran besar, ada juga pohon ginkgo yang daunnya menjadi kuning terang di musim gugur. Waktu terbaik untuk menyaksikan momiji di sini adalah sekitar pertengahan November sampai awal Desember.

Akses menuju ke Kyoto Imperial Palace sangat mudah. Dari Stasiun Kereta Kyoto, kita bisa naik kereta subway Karasuma Line dan turun di Stasiun Imadegawa (10 menit dengan biaya 260 yen). Biaya masuknya gratis.

3. Kuil Kitano Tenmangu, keindahan momiji yang mewarnai permukaan sungai

Taman Kuil Kitano Tenmangu dikenal luas oleh karena pemandangan musim gugurnya yang spektakuler, dan menjadi salah satu yang paling mengagumkan di Kyoto. Dengan lebih dari 350 pohon maple berukuran besar berusia 350-400 tahun, dedaunan yang berubah warna menjadi kuning kemerahan menawarkan kesempatan untuk momiji di sini. Juga jangan lewatkan kesempatan menikmati momiji malam hari dengan lampu dan iluminasi yang indah. Iluminasi musim gugur diadakan setiap hari pada 12 November hingga 4 Desember dari pukul 17.00-20.00. Teman-teman bisa datang ke sini di puncak musim gugur (sekitar pertengahan November sampai awal Desember) untuk menyaksikan momiji indah yang mewarnai permukaan sungai di kompleks kuil.

4. Arashiyama, pegunungan bewarna kuning dan merah

Arashiyama adalah tempat wisata alam di sebelah timur kota Kyoto. Pemandangan alam di Arashiyama selalu indah dikunjungi setiap musim sehingga membuat tempat ini terkenal di seluruh dunia, dan sepertinya pemandangan musim gugur Kyoto di Arashiyama tidak boleh dilewatkan dari list momiji di Kyoto ini.

Pemandangan momiji di Arashiyama mungkin adalah yang terlengkap. Bisa dibilang unggul jumlah. Misalnya momiji dari Kuil Tenryuuji, Jembatan Togetsubashi, hutan bambu Arashiyama, Kuil Jojakukoji, Okochi Sanso, Kuil Kokedera, naik rakit di sungai Hozukawa, naik lokomotif uap Sagano Train. Semuanya punya panorama yang unik dan berbeda satu sama lainnya. Aksesnya menuju ke Arashiyama juga sangat mudah baik dari pusat kota Kyoto atau dari Osaka dan Kobe. Teman-teman bisa menyusun jadwal pertengahan November sampai awal Desember untuk dapat menyaksikan pemandangan momiji di Arashiyama Kyoto.

Pemandangan momiji di Kyoto: Arashiyama

Pemandangan momiji di Kyoto: Arashiyama

5. Kuil Kifune, momiji di Kuil dewa air

Kuil Kifune yang terletak di daerah pegunungan Kyoto utara ini memiliki pemandangan indah 4 musim, namun Tim Info Jepang sangat menyarankan untuk melihat pemandangan musim gugur di tempat ini. Selain karena pemandangan momijinya yang menawan, tempat ini relatif lebih sepi dibandingkan kuil-kuil lain yang ramai. Udara di tempat ini juga lebih sejuk dibandingkan kawasan kota.

Aksesnya mudah, sangat dekat dari stasiun Kifune di jalur kereta Eizan. Momiji di Kuil Kibune bisa dinikmati dari awal bulan November hingga akhir November, mulai dari stasiun Kifune-guchi Station hingga ke halaman utama Kuil Kifune. Kitajuga bisa menikmati iluminasi musim gugur Kifune Momiji Tourou yang berlangsung dari awal November hingga akhir November (Tahun 2015 berlangsung dari 7 November – 29 November). Informasi lebih lanjut mengenai iluminasi musim gugur di Kuil Kifune bisa dibaca di official homepage berikut.

Pemandangan momiji di Kyoto: Kuil Kifune Kyoto

Pemandangan momiji di Kyoto: Kuil Kifune Kyoto

6. Kuil Tofukuji (informasi selengkapnya)

Harus diakui bahwa Kuil Tofukuji adalah spot terbaik melihat momiji di Kyoto. Kuil Zen ini memiliki segudang pemandangan taman Jepang yang menawan, kolam dan jembatan-jembatan Tsutenkyo bridge yang unik, serta taman batu Hojo Garden yang merupakan ciri khas Kuil Zen di Kyoto. Lokasinya yang dekat dengan Kyoto Station dan buka dari jam 09.00 hingga 16.30 juga menjadi daya tarik bagi wisatawan yang memiliki waktu terbatas berkeliling dan melihat momiji di Kyoto. Ingat Kuil Tofukuji berada di Kyoto, sementara Kuil Kofukuji terletak di kota Nara.

Aksesnya mudah bisa naik kereta JR turun di Tofukuji Station (satu stasiun dari Kyoto Station) atau naik bus kota Kyoto. Letaknya berada di antara Kyoto Station dan Kuil Fushimi Inari Jinja, sehingga cocok buat kamu yang ingin pergi melihat seribu torii merah terkenal di Kuil Fushimi Inari Taisha. Momiji di Kuil Tofukuji bisa dinikmati dari pertengahan November hingga awal Desember.

7. Kuil Ryoanji (informasi selengkapnya)

Ryoanji yang terletak sekitar 20 menit dari Kuil Paviliun Emas Kinkakuji juga menjadi salah satu spot terbaik melihat momiji di Kyoto. Meskipun aksesnya agak sulit dibandingkan dengan tempat-tempat momiji di Kyoto yang lainnya, kita bisa melihat perpaduan momiji musim gugur bewarna merah dengan keindahan taman batu bewarna dasar putih. Selain itu, letaknya yang lebih ke utara menjadikan momiji di Kuil Ryoanji bertahan lebih lama, mulai dari pertengahan bulan November hingga awal Desember. Cocok bagi teman-teman yang berwisata di awal bulan Desember.

Kuil Ryoanji dapat dicapai dengan naik bus kota Kyoto dari Stasiun Kyoto. Bus akan berjalan tiap 15-30 menit sekali dan dalam 20 menit kita bisa tiba di halte depan kuil. Turunlah di halte bus Ryoanji-michi Station dan berjalan kurang lebih 10 menit sampai ke kuil.

Pemandangan momiji di Kyoto: Kuil Ryoanji

Pemandangan momiji di Kyoto: Kuil Ryoanji

8. Kuil Genkoan (informasi selengkapnya)

Suasana momiji dari Kuil Genkoan sangat berbeda dengan spot melihat momiji di Kyoto lainnya. Sambil beristirahat, kita bisa menikmati pemandangan momiji tanpa terganggu oleh orang yang lalu lalang mengambil foto, dan merasakan ketenangan dan keteduhan Kuil Genkoan. Selain itu ada juga jendela kebingungan dan jendela kebijaksanaan, yang konon katanya merupakan pemandangan momiji terbaik di Kyoto. Pemandangan ini bahkan terpilih menjadi gambar dasar poster “Souda Kyoto”, suatu poster promosi kebudayaan dan pariwisata kota Kyoto, bukti nyata keindahan momiji musim gugur dari Kuil Genkoan. Momiji di Kuil Genkoan bisa dinikmati dari awal hingga pertengahan bulan November. Aksesnya juga mudah, cukup sekali naik bus wisata kota Kyoto: dari Stasiun Kyoto (sekitar 30 menit) dan turun di halte Bus Takagamine Genkoan-mae, lalu bisa berjalan kaki 1-2 menit menuju Kuil Genkoan.

Dua Jendela di Kuil Genkoan

Pemandangan momiji musim gugur dari jendela kebingungan dan jendela kebijaksanaan

9. Kuil Tenryuuji + Okochi Sanso (informasi selengkapnya)

Keindahan Kuil Tenryuuji di musim gugur pasti diakui oleh orang-orang yang pernah pergi ke kuil megah di daerah Arashiyama ini. Terletak berdekatan dengan hutan bambu Arashiyama yang terkenal, di sini kita bisa menyaksikan pemandangan momiji dari Taman Kolam Sogen yang merupakan taman warisan budaya Jepang. Taman ini dikenal dengan arsitektur taman yang unik, yang dibangun dengan teknik menggabungkan pemandangan taman dengan pegunungan Arashiyama di belakangnya. Selain itu, kita juga sekaligus mengunjungi Okochi Sanso dengan pemandangan momiji musim gugur, pemandangan kota Kyoto, dan juga momiji di sungai Hozukawa.

Untuk menuju ke Kuil Tenryuuji, dari Stasiun Kyoto, teman-teman bisa naik kereta JR Sagano Line dan turun di Stasiun Saga-Arashiyama (lama perjalanan 15 menit, dengan harga tiket 240 yen), lalu berjalan kaki 5 menit (400 meter) ke arah selatan untuk sampai di Kuil Tenryuuji.

10. Kuil Anrakuji, kuil tersembunyi di timur Kyoto

Kuil Anrakuji terkenal dengan pemandangan musim gugurnya yang indah. Namun kuil ini tidak bebas diakses oleh pengunjung karena hanya dibuka pada tanggal-tanggal berikut.

  1. Hari Sabtu dan Minggu di dua minggu pertama April (pemandangan bunga sakura).
  2. Hari Sabtu dan Minggu, serta hari libur nasional di dua minggu pertama bulan Mei.
  3. Hari Sabtu dan Minggu di dua minggu terakhir bulan Juni.
  4. Hari Sabtu dan Minggu, serta hari libur nasional di bulan November (pemandangan musim gugur).
  5. Hari Sabtu dan Minggu di dua minggu pertama bulan Desember.

Waduh jadi penasaran nih…pengen lihat momiji di Kuil Anrakuji

Free Pass untuk melihat momiji di Kyoto

Dibandingkan dengan kota Tokyo yang aksesnya mudah dengan kereta atau subway, lebih dari setengah tempat wisata di Kyoto hanya bisa dikunjungi oleh transportasi umum seperti bus. Jika dipaksakan naik kereta maka jarak perjalanan sampai ke tempat wisata akan sangat jauh sehingga sangat menguras tenaga. Informasi mengenai transportasi umum di kota Kyoto ini yang paling banyak ditanyakan via Tour Guide Online Info Jepang. Informasi mengenai 5 free pass Kyoto yang sangat bermanfaat dalam liburan di Kyoto bisa dibaca di halaman berikut. Selain mendapatkan keuntungan berupa potongan harga, perjalanan juga akan jadi praktis tidak perlu membayar sana-sini dengan free pass Kyoto dalam genggaman. Jika membutuhkan informasi penginapan murah di Kyoto bisa mengeceknya di rekomendasi hotel murah di Kyoto.

Cheap Hotels near Kyoto Station [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Kyoto Guesthouse
from ¥8000/night
Kyoto Guesthouse Kyo no En
Hotel Ibis Styles Kyoto
from ¥7800/night
Hotel Ibis Styles Kyoto Station
Almont Hotel Kyoto
from ¥13800/night
Almont Hotel Kyoto
Sakura Terrace
from ¥7331/night
Sakura Terrace

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Kuil Kiyomizudera
Kuil Kiyomizudera di Kyoto
Philosophers Path
Philosophers Path di musim semi
Resort Ski Hirogawara Kyo
Bermain di Resort Ski Kyoto Hirogawara
Arashiyama
Arashiyama waktu musim panas

Sumber gambar: Flickr tk78000uMayhem, Yoshiyu Taki, Yevgen PogoryelovDavid Green

Recommended for you

Last modified: November 11, 2016

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!
Show Comments

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan