Internet di Jepang

You are here Home  > Persiapan >  Internet di Jepang

Ada banyak pertanyaan yang masuk ke Tim Info Jepang khususnya sebulan belakangan ini mengenai banyak topik. Senang rasanya mengetahui bahwa website ini bisa berguna membagikan informasi kepada teman-teman. Salah satunya adalah masalah internet atau komunikasi di Jepang. Nah, Tim Info Jepang sudah merangkum semua pertanyaan dan jawaban mengenai layanan komunikasi internet DocoMo di Jepang.

Bagi teman-teman yang ingin liburan, tentu tetap ingin bisa berkomunikasi dengan orang rumah, pacar, atau teman yang ada di Indonesia kan? Atau tentu mau update status di Facebook atau Path bahwa sedang mengunjungi tempat-tempat wisata di Jepang. Tak lupa berbagi foto-foto paling gres di Instagram. Tapi, bagaimana caranya kalau gak ada internet. Gak mungkin kan roaming pake operator Indonesia? Mau berapa juta tagihannya cuma buka twitter? Atau apa harus ke restoran dulu sambil nebeng Wi-Fi gratis (di Jepang hampir semua restoran menyediakan Wi-Fi gratis bagi pengunjung). Atau nunggu pulang ke hotel dulu, baru update status? Yah, udah late post banget dong. Gak dapet lagi keseruannya…

1. Apa itu Kartu Sim Docomo?

Ternyata mudah banget kok solusinya. Teman-teman bisa menggunakan kartu sim Docomo Jepang. Nah, Docomo ini punya paket yang pas banget buat para wisatawan yang ke Jepang. Layanannya sudah 4G LTE loh untuk seluruh wilayah Jepang. Meskipun ke daerah yang jauh dari kota besar, seperti ke pegunungan atau ke taman nasional, dijamin teman-teman tetap bisa berkomunikasi dengan lancar.

Oiya, satu lagi, selama ini sudah 100 orang yang membeli kartu SIM melalui Tim Info Jepang, dan tidak pernah ada yang komplain. Tidak hanya di Tokyo, Hokkaido di utara sampai Kyushu dan Okinawa di selatan pun layanan internetnya cepat.

Internet di Jepang dengan Docomo

2. Berapa harga kartunya?

Sim Card Docomo ini ada dua paket unggulan khusus wisatawan yang berkunjung ke Jepang. Berikut ini adalah harga dan keterangannya.

kartu sim docomo

3. Bagaimana cara membelinya?

Teman-teman bisa membelinya dengan kartu kredit melalui website NTT Docomo. Atau teman-teman bisa membelinya langsung di counter Xcom Global di Narita Airport, Haneda Airport, Kansai Airport, dan Chubu Centrair Airport.

4. Apa saya bisa menelepon menggunakan SIM Docomo?

Tidak bisa. Kartu SIM ini khusus hanya untuk mengakses internet. Teman-teman tidak bisa menelepon atau mengirimkan SMS di Jepang. Selama ada Line/ Whatsapp/ Skype, Tim Info Jepang rasa cukup untuk bisa berkomunikasi selama di Jepang.

5. Apa kartu SIM ini bisa dipakai di semua jenis handphone?

Kartu SIM Docomo hanya dapat beroperasi di sistem operasi Android (4.0 ke atas) dan IOS, dan juga yang layanan jaringan minimal 3G. Selama sistem operasi dan handphone support layanan 3G, SIM Docomo bisa digunakan di handphone apapun.

6. Apakah saya dapat memindahkan SIM ini ke handphone lainnya?

Ya bisa, selama handphone yang lain memiliki sistem operasi dan layanan jaringan yang sama, kartu SIM Docomo bisa aktif.

7. Apakah saya bisa melakukan tethering?

Ya bisa, teman-teman bisa melakukan tethering untuk pengguna handphone lain. Harap diperhatikan untuk penggunaan datanya, karena tethering cenderung lebih cepat menghabiskan kuota.

8. Apakah saya bisa memperpanjang layanan SIM Docomo?

Tidak bisa. Jika teman-teman membutuhkan layanan lebih lama daripada masa aktif kartu, teman-teman disarankan untuk membeli dua buah kartu SIM. Begitu kartu SIM yang pertama habis, teman-teman bisa menggantinya dengan yang baru. Misal teman-teman akan berlibur 20 hari di Jepang, bisa membeli SIM dengan paket 14 hari dan 7 hari. Masa aktif kartu dimulai sejak teman-teman mengaktifkan layanan saat pengaturan.

9. Apakah kartu SIM Docomo menyediakan ukuran kartu reguler?

Ya, ada tiga ukuran kartu yang tersedia, yaitu: ukuran Regular (25mm×15mm), Micro (15mm×12mm), dan Nano (12.3mm×8.8mm). Saat membeli kartu, pastikan tidak salah ukuran, karena Docomo tidak menerima penukaran ukuran kartu SIM. Tim Info Jepang juga tidak menyarankan teman-teman menggunakan adapter SIM, karena ada beberapa contoh kejadian kartu SIM tidak dikenali karena penggunaan adapter.

10. Apakah saya bisa menjual kartu SIM Docomo ini?

Tidak bisa. Kartu SIM ini sudah didaftarkan secara unik sesuai dengan identitas yang teman-teman berikan saat membelinya. Peraturan di Jepang cukup ketat terkait penggunaan nomor SIM.

11. Apakah saya perlu melakukan pengaturan di handphone?

Pengaturan di Handphone Android

  1. Buka Setting
  2. Pilih Mobile Network melalui menu Wireless and Network>more
  3. Pilih Acess Point Names (APN)
  4. Tambahkan APN baru, untuk handphone:
    4G LTE : lte-d.ocn.ne.jp
    3G        :3g-d-2.ocn.ne.jp
  5. Masukkan username [email protected]
  6. Masukkan password mobile
  7. Masukkan Authentication Type CHAP atau PAP
  8. Kemudian simpan
  9. Buka browser untuk mencoba akses internet

Pengaturan di IPHONE 5S/5C dengan IOS 7 ke atas

  1. Pastikan terhubung dengan jaringan melalui Wi-Fi
  2. Buka Setting kemudian General
  3. Pilih Cellular dan aktifkan 3G
  4. Download file ini sesuai dengan tipe Iphone:

    4G LTE

    3G

  5. Setelah selesai download, akan muncul layar berikut, pilih installIOS1 Docomo
  6. Buka browser untuk mencoba akses internet

Pengaturan di IPHONE selain 5S/5C dan IOS 7 ke bawah

  1. Pastikan terhubung dengan jaringan melalui Wi-Fi
  2. Buka Setting kemudian General
  3. Pilih Cellular dan aktifkan 3G
  4. Pilih cellular data network atau setting APN
  5. Masukkan nama APN 3g-d-2.ocn.ne.jp
  6. Masukkan username [email protected]
  7. Masukkan password mobile
  8. Buka browser untuk mencoba akses internet

12. Kartu SIM Docomo tidak dapat digunakan di Jepang? Apa yang harus saya lakukan?

Teman-teman bisa menghubungi nomor 0818.221.505 (Telepon dan Whatsapp) atau ke ID Line patrickprayoga. Kami akan memandu pengaturan SIM Docomo. Oiya, cangkang kartu SIM Docomo jangan dibuang karena ada nomor seri unik yang diperlukan jika terjadi masalah. Namun, selama teman-teman mengikuti langkah-langkah pengaturan di atas, tidak akan terjadi masalah (pengalaman Tim Info Jepang).

13. Ah paket datanya terlalu kecil, apakah ada cara lain bisa mengakses internet di Jepang?

Ya, ada satu cara lagi. Yakni dengan menggunakan mobile Wi-Fi dari Infojepang. Untuk info selengkapnya bisa dibaca di sini.
Internet murah di Jepang wifi infojepang

Sumber gambar: NTT website, flickr Karl Baron

Recommended for you

Last modified: November 4, 2016

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!

Comments (11)

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Hai Asthy, tergantung kamunya pergi dengan siapa. Kalau pergi sendiri simcard tentu lebih praktis karena cukup membawa hp sendiri dan tidak ribet mengantongi mobile wifinya. Kalau pergi berdua atau lebih, tentu jauh lebih menguntungkan karena bisa share internet (cukup membeli 1 saja). Salam.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Untuk turis, sepertinya pembelian simcard yang paling mudah adalah di airport.
      Lalu mengenai kuota internet di Jepang, tidak perlu kuatir. Sebab tidak mungkin tidak bisa internetan karena kuota habis.
      Jika melampaui kuota, kecepatan akan turun (baca penjelasan di artikel di atas). Salam

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Dian. Untuk kartu JWalker SIM, Tim Infojepang tidak tahu dan belum pernah merekomendasikan ke pengunjung website.
      Saat melihat datanya di internet, hanya tersedia layanan bagi warna Taiwan dan Hongkong. Mungkin akan sulit bila ada kendala dalam pemakaian.
      Lagipula JWalker SIM sebenarnya menggunakan sinyal Docomo, jadi sama saja dengan Docomo. Salam

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Namanya Xcom Global Counter, dan tersedia di Haneda Airport dan Narita Airport. Salam

  1. Nugroho Christian
    Nugroho Christian  |  

    Selamat siang Pak. Softbank adalah salah satu dari 3 perusahaan besar operator telepon di Jepang.
    Dari website softbank, Tim Infojepang sudah mengecek bahwa sinyal softbank kuat di daerah Shirakawago, Gunung Fuji, dan Gala Yuzawa (bisa menggunakan jaringan 3G dan 4G).
    Salam

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan