Perkebunan Gunung Rokko

Home / Attraction / Perkebunan Gunung Rokko
Item image

Kobe Shiritsu Rokkosan Farm atau Perkebunan Gunung Rokko adalah salah satu objek wisata favorit saya sewaktu liburan di Kobe kemarin. Adanya perkebunan di area puncak gunung ini membuat pesona Kobe sebagai tempat wisata favorit–yang harus dikunjungi oleh para wisatawan–menjadi lengkap. Ada pusat belanja dan oleh-oleh murah, taman kota yang indah, ikon kota yang unik, gunung pemandangan malam yang spektakuler. Plus, area perkebunan yang masih alami tempat kita bisa belajar dan berinteraksi dengan hewan dan alam. Tidak semua kota di Jepang punya area perkebunan seperti yang ada di Perkebunan Gunung Rokko Kobe ini. Simak keseruan kunjungan Tim Info Jepang ke perkebunan ini.

Kegiatan seru yang bisa dilakukan di Perkebunan Gunung Rokko

1. Berinteraksi dengan hewan-hewan secara langsung

Area perkebunan Gunung Rokko adalah tempat wisata yang Tim Info Jepang sarankan untuk dikunjungi para pembaca jika liburan bersama dengan anak-anak atau jika ingin menikmati suasana “pedesaan” Jepang. Ada sapi, domba, kambing, kelinci, dan kuda poni yang dipelihara di sini. Kita bisa mencoba berinteraksi langsung dengan memberikan makan kambing, sapi, atau kelinci, naik dan berkeliling dengan kuda poni Jepang. Sekitar jam 11.30-12.30, kita juga bisa berinteraksi dengan domba langsung saat mereka sedang makan. Kalau domba ini sedang makan, mereka akan jadi jinak dan tidak peduli dengan sekitarnya. Inilah saat yang pas buat kita memegang langsung bulu domba yang memang lembut haha!

Sapi perah di Perkebunan Gunung Rokko Kobe

2. Mengunjungi Museum Keju Kobe

Masih di area pekebunan Rokko, kita bisa mengunjungi Museum Keju Kobe. Disini, kita bisa mengenal sejarah dan proses pembuatan Keju Kobe (sering disebut Camembert oleh orang Jepang) yang terkenal dengan kelezatannya. Keju-keju lezat ini ternyata dibuat langsung dari susu-susu yang diperah setiap harinya di perkebunan Rokko. Di area lantai dua museum, kita bisa menyantap menu kue dan pizza dengan Camembert sambil menikmati pemandangan perkebunan Rokko dengan latar belakang pegunungan Rokko yang indah.

3. Merasakan membuat keju atau mentega sendiri

Di perkebunan Rokko, setiap harinya ada workshop di mana kita bisa mencoba langsung membuat keju, mentega, bahkan es krim dari susu segar. Tenang, ada pembimbing yang siap membantu kita mengenal dan mengajarkan kita proses pembuatan keju atau mentega. Pembuatan keju gampang-gampang susah, panasin susunya harus pas suhunya, ngaduknya mesti bener, terus masukin bibit atau bakterinya juga. Banyak yang gagal nih pas buat keju atau mentega, alias gak jadi gitu, haha. Soalnya bikinnya harus pas banget, satu aja terlewat atau kurang ngaduknya, keju atau mentega bakal gak jadi. Kalau bikin es krim lebih mudah, susu segar cuma dicampur beberapa bahan seperti gelatin dan perasa, teneeeng! Jadi deh es krim dengan rasa kesukaan kita!

Selain itu, kita juga bisa belajar proses pengolahan bulu domba menjadi benang wol dengan mesin-mesin tradisional Jepang, dan tentu mencoba langsung membuat beragam kerajinan tangan dari bahan benang wol.

Suasana Perkebunan Gunung Rokko di Kobe

4. Piknik atau camping sekeluarga

Di taman ini juga ada lapangan luas tempat anak-anak bisa bermain. Dan bagi orangtua, bisa menonton anak-anak bermain sambil menikmati pemandangan alam sekitar. Oiya, di sini kita juga bebas untuk membawa makanan dari luar. Tersedia area taman terbuka, di mana kita bisa makan siang bersama (piknik) dengan keluarga. Tersedia juga restoran dan kafe yang menjual beberapa menu lokal Kobe, seperti ramen maupun kue-kue keju yang lezat.

Barbeque di Perkebunan Gunung Rokko

Informasi Tiket Masuk

Untuk masuk area perkebunan Gunung Rokko (Rokkosan) dikenakan biaya 500 yen untuk orang dewasa dan 200 yen untuk anak-anak. Beberapa kegiatan seperti workshop membuat keju dan es krim, atau berkeliling dengan kuda poni dikenai biaya tambahan.

Akses Menuju Gunung Rokko

Dari Sannomiya Station di pusat kota Kobe, kita bisa naik kereta Hankyu sampai Stasiun Rokko. Lama perjalanan sekitar 7-8 menit dengan harga tiket 190 yen. Dari Stasiun Rokko kita kemudian naik bus kota Kobe Nomor 16 sampai ke stasiun kereta gantung Gunung Rokko. Lama perjalanannya sekitar 30 menit, dengan ongkos 210 yen.

Dengan menggunakan kereta gantung, kita bisa mencapai area puncak gunung dengan hanya 10 menit. Harga tiketnya 590 yen untuk sekali perjalanan sampai Stasiun Sanjo. Dari Stasiun Sanjo, kita lanjut naik bus Rokko Sky Shuttle dan turun di halte Rokkosan Bokujo.

Akses Menuju Sannomiya Station di Kobe

1. Dari Osaka

• Dari Stasiun Osaka sampai Sannomiya Station Kobe dengan JR Kobe Line atau kereta cepat Himeji selama 28 menit dengan tiket seharga 410 yen.

2. Dari Kyoto

• Dari Stasiun Kyoto sampai Sannomiya Station Kobe dengan kereta cepat JR selama 52 menit dengan tiket seharga 1.080 yen.

Cheap Hotels near Rokko [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Kobe Motomachi Tokyu REI
48 km away
from ¥6443/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Arima Onsen

Sumber gambar: Flickr Chris GladisMasahiko OHKUBO, cotaro70s, Masahiko OHKUBO

Recommended for you

Last modified: September 15, 2017 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

4: kobe, okayama
    5: minoo, rokko
    6: osaka, KIX

Berdasarkan itin tersebut kalau saya pake JR kansai wide pass dan hankyu tourist pass apakah sudah balik modal, atau ada referensi lain yang lebih murah?

• Nugroho Christian  |

Selamat siang Ibu. Kalau naik JR Kansai Kuko Line tercover oleh JR Kansai Wide Area Pass, jangan naik yang Nankai Line. Salam

• Selamat pagi pak
      Ada beberapa pertanyaan lagi pak dari saya
      1. Jr kansai wide pass nya sebaiknya diaktifkan di hari ke 2 pak terus hari pertama naik nankai line
      2. Jr kansai kuko line itu kereta haruka pak?
      3. Saya fix berangkat tanggal 7 nov hingga tgl 13nov, berdasarkan itin diatas sudah banyak momijinya pak? Terutama di kuil nanzenji yg momijinya merah
      Maaf pak, banyak tanya, terima kasih

Selamat siang Ibu.
      1. Kansai Wide Area Pass itu berlaku 5 hari bu. Terserah ibu mau pakai di hari pertama atau hari kedua, silakan bandingkan rute perjalanan hari pertama dan hari keenam, mana yang lebih sedikit ongkosnya tidak usah menggunakan Kansai Wide Area Pass.
      2. JR Kansai Kuko Line itu adalah kereta rapid setingkat di bawah Kereta Haruka bu. Rutenya sama, namun ongkosnya lebih murah hampir 50%.
      3. Kalau di Kyoto. Puncak momiji nya berlangsung dari pertengahan hingga minggu terakhir bulan November bu.
      Salam

• Untuk itin di atas saya pakai pass
      Jr. Kansai wide pass, hankyu tourist pass, bus pass kyoto, rokko pass, masih perlukah pakai ICOCA pak?

• Nugroho Christian  |

Selamat malam Ibu. Perlu tidaknya ICOCA itu ditentukan oleh lokasi penginapan Ibu, dimana lokasi stasiun terdekat dari penginapan. Salam

• Penginapannya di dekat stasiun JR shinimamiya
      Oh ya di osak juga pake osaka amazing pass

• Nugroho Christian  |

Selamat pagi Ibu. Kalau di JR Shin Imamiya tidak perlu membeli ICOCA lagi Ibu. Ibu silakan hitung matang-matang untuk penggunaan Osaka Amazing Pass.
      Karena harganya lumayan mahal dan kalau tidak dipergunakan dengan baik bisa rugi. Salam

Dari Stasiun Rokko ibu bisa naik bus kota Kobe Nomor 16 sampai ke stasiun kereta gantung Gunung Rokko. Lama perjalanannya sekitar 30 menit, dengan ongkos 210 yen.