Kartu ICOCA dalam Liburan di Kansai

You are here Home  > Tips Wisata, Transportasi Jepang >  Kartu ICOCA dalam Liburan di Kansai

ICOCA adalah kartu elektronik di daerah Kansai, bersama dengan kartu KiTaPa yang terkenal di jalur subway kota Osaka. Teman-teman dapat membeli kartu ICOCA di seluruh stasiun (kecuali beberapa stasiun subway) di daerah Kansai seperti Osaka, KyotoNara, dan Kobe. Kartu ICOCA prinsipnya sama dengan kartu Suica atau Pasmo (yang adalah kartu utama untuk daerah Kanto yakni Tokyo, Hakone, Yokohama, Chiba, Yamanashi dan lainnya). Kartu ICOCA bisa dipergunakan untuk ketika naik bus atau kereta, atau membayar barang ketika membeli di minimarket dan mesin penjual otomatis. Ketika membayar, kita hanya perlu menyentuhkannya ke sensor terdekat. Selain itu, kita dapat dengan mudah mengisi kembali (top up) kartu ICOCA di mesin yang terdapat hampir di seluruh stasiun.

Kartu ICOCA ini prinsipnya sama dengan kartu elektronik di KRL Jabodetabek. Pertama kali tiba di Kansai via Kansai Airport, Tim Info Jepang sangat menyarankan untuk membeli kartu ICOCA karena sangat praktis ketika naik bus atau kereta di Jepang. Dengan kartu ICOCA, kita tidak perlu repot membaca kanji dan mencari biaya kereta ke stasiun tujuan, hanya tinggal menyentuhkannya saja di pintu tiket.

Kartu ini hanya berfungsi untuk mempermudah kita dalam menggunakan transportasi (khususnya kereta dan bus), di mana kita tidak perlu mengantri dan membeli tiket kereta setiap kali ingin bepergian. Sistemnya sama persis dengan E-money yang ada di Indonesia. Kita bisa menggunakannya untuk naik kereta KRL Jabodetabek, bus Transjakarta, maupun membeli barang-barang di minimarket.

Catatan tambahan: ICOCA hanya berbeda nama dengan kartu SUICA atau Pasmo. Fungsinya persis sama dan bisa dipakai di seluruh kota di Jepang (termasuk Tokyo, Sendai, Yokohama, hingga Sapporo dan Hiroshima). Pertama kali membeli, kita diwajibkan membayar 2.000 yen. 500 Yen sebagai biaya pembuatan kartu sedangkan 1.500 Yen sisanya menjadi deposit kartu. Kita dapat menggunakannya sepuasnya dan tidak perlu repot berurusan dengan kanji dan uang recehan Jepang. Selain itu, tersedia juga kartu ICOCA khusus untuk anak-anak. Kartu ini bisa digunakan untuk anak-anak yang ikut bepergian, dengan harga setengah dari orang dewasa.

Ketika akan kembali ke tanah air, kartu ICOCA dapat diuangkan kembali. Cukup datang ke kantor stasiun-stasiun JR di wilayah Kansai, dan kita bisa menukarkan deposit sisa dengan uang tunai kembali. Waktu ingin menukarkan, cukup menunjukkan kartu ICOCA kepada petugas stasiun dan mengatakan “Harai modoshi onegaishimasu,” maka petugas akan mengurus semua prosesnya. Sangat mudah dan praktis bukan!

Daerah pemakaian kartu suica atau pasmo

Nama-nama kartu berdasarkan daerah di Jepang

Kartu ICOCA adalah kartu elektronik pengganti uang tunai, dan bukan free pass, sehingga kita tidak akan mendapatkan potongan harga atau keuntungan khusus jika menggunakan kartu ini dalam liburan di Kansai. Penggunaan kartu ICOCA ini kami sangat sarankan buat teman-teman yang ingin jalan-jalan di wilayah kota Osaka dan Kyoto. Namun, jika ingin ke Kobe, Nara, atau Himeji, sebaiknya menggunakan Kansai Thru Pass atau JR Kansai Pass yang memberikan keuntungan lebih maksimal. Informasi tentang free pass di daerah Kansai dan hitung-hitungannya sudah dirangkum dalam artikel Informasi Kansai Pass.

Sumber gambar: blogspot, website JR East

Recommended for you

Last modified: October 30, 2016

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!

Comments (11)

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Siang Henny, ibu bisa naik kereta JR Kansai sampai Stasiun Kyobashi lalu pindah ke kereta Keihan Main Line atau Nakanoshima Line sampai Stasiun Watanabebashi. Salam.

  1. Saya tiba di kansai jam 8.30 pagi dan saya ingin langsung menuju kuromon ichiba market untuk makan. Mohon petunjuk transportasi kereta ke nippombashi station.
    Dan dari kuromon saya langsung menuju ke tokyo. Mohon petunjuk transportasi shinkansen ke tokyo.
    Terimakasih.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Hai Jenny, selamat sore.
      Dari Bandara Kansai kamu bisa naik kereta Nankai Airport sampai Stasiun Tengachaya (45 menit, 920 yen), lalu pindah ke kereta subway sampai Stasiun Nippombashi (sekitar 5 menit, tiket 240 yen).
      Untuk naik Shinkansen ke Tokyo, kamu bisa ke Stasiun Shin-Osaka. Setelah makan di Ichiba Market, bisa naik kereta subway lagi sampai Stasiun Shin-Osaka (15 menit, tiket 280 yen). Di Stasiun Shin-Osaka, tinggal naik Tokaido Shinkansen sampai ke Stasiun Shinagawa atau Stasiun Tokyo.
      Salam.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Vera. ICOCA sama seperti kartu suica/pasmo, hanya berbeda nama, dan bisa dipakai/ ditopup di mayoritas stasiun di seluruh kota di Jepang.
      Mesin untuk top up bisa ditemukan di seluruh stasiun. Jika membutuhkan info cara top up kartunya bisa dibaca di halaman berikut.
      Salam

  2. Berapa harga tiket kereta utk 1 kali jalan utk dewasa dan anak anak dari Kansai Airport ke Osaka? Kalau harga tiket bus dari Kansai Airport ke Herbis Osaka utk dewasa berapa dan anak anak berapa?

    • Patrick Prayoga  |  

      Untuk perjalanan kereta atau bus di Jepang bisa menggunakan Jorudan Norikae English atau Hyperdia. Ini link untuk cara menggunakan Hyperdia tersebut yang telah disusun oleh tim Info Jepang : http://www.infojepang.net/menggunakan-hyperdia/
      Waktu perjalanan dan harga bus / kereta tercantum di website tersebut. Mencakup semua area di Jepang dari Hokkaido sampai Kagoshima, tidak hanya Osaka atau Tokyo saja.
      Kartu ICOCA dapat digunakan untuk bus atau kereta.

      Enjoy liburannya di Jepang :-))

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan