Kartu ICOCA dan Haruka dalam Liburan di Kansai

You are here Home  > Tips Wisata, Transportasi Jepang >  Kartu ICOCA dan Haruka dalam Liburan di Kansai

ICOCA adalah kartu elektronik di daerah Kansai, bersama dengan kartu KiTaPa yang terkenal di jalur subway kota Osaka. Teman-teman dapat membeli kartu ICOCA di seluruh stasiun (kecuali beberapa stasiun subway) di daerah Kansai seperti Osaka, KyotoNara, dan Kobe. Kartu ICOCA prinsipnya sama dengan kartu Suica atau Pasmo (yang adalah kartu utama untuk daerah Kanto yakni Tokyo, Hakone, Yokohama, Chiba, Yamanashi dan lainnya). Kartu ICOCA bisa dipergunakan untuk ketika naik bus atau kereta, atau membayar barang ketika membeli di minimarket dan mesin penjual otomatis. Ketika membayar, kita hanya perlu menyentuhkannya ke sensor terdekat. Selain itu, kita dapat dengan mudah mengisi kembali (top up) kartu ICOCA di mesin yang terdapat hampir di seluruh stasiun.

Kartu ICOCA ini prinsipnya sama dengan kartu elektronik di KRL Jabodetabek. Pertama kali tiba di Kansai via Kansai Airport, Tim Info Jepang sangat menyarankan untuk membeli kartu ICOCA karena sangat praktis ketika naik bus atau kereta di Jepang. Dengan kartu ICOCA, kita tidak perlu repot membaca kanji dan mencari biaya kereta ke stasiun tujuan, hanya tinggal menyentuhkannya saja di pintu tiket.

Selain di Bandara Kansai, teman-temab bisa membelinya juga di Stasiun Osaka Station, Stasiun Shin-Osaka, Stasiun Tennoji, Stasiun JR Namba, Stasiun Kyoto, Stasiun Nara, dan Stasiun Sannomiya Kobe. Satu orang maksimal hanya bisa membeli satu kartu ICOCA.

Kartu ini hanya berfungsi untuk mempermudah kita dalam menggunakan transportasi (khususnya kereta dan bus), di mana kita tidak perlu mengantri dan membeli tiket kereta setiap kali ingin bepergian. Sistemnya sama persis dengan E-money yang ada di Indonesia. Kita bisa menggunakannya untuk naik kereta KRL Jabodetabek, bus Transjakarta, maupun membeli barang-barang di minimarket.

Catatan tambahan: ICOCA hanya berbeda nama dengan kartu SUICA atau Pasmo. Fungsinya persis sama dan bisa dipakai di seluruh kota di Jepang (termasuk Tokyo, Sendai, Yokohama, hingga Sapporo dan Hiroshima). Pertama kali membeli, kita diwajibkan membayar 2.000 yen. 500 Yen sebagai biaya pembuatan kartu sedangkan 1.500 Yen sisanya menjadi deposit kartu. Kita dapat menggunakannya sepuasnya dan tidak perlu repot berurusan dengan kanji dan uang recehan Jepang. Selain itu, tersedia juga kartu ICOCA khusus untuk anak-anak. Kartu ini bisa digunakan untuk anak-anak yang ikut bepergian, dengan harga setengah dari orang dewasa.

Ketika akan kembali ke tanah air, kartu ICOCA dapat diuangkan kembali. Cukup datang ke kantor stasiun-stasiun JR di wilayah Kansai, dan kita bisa menukarkan deposit sisa dengan uang tunai kembali. Waktu ingin menukarkan, cukup menunjukkan kartu ICOCA kepada petugas stasiun dan mengatakan “Harai modoshi onegaishimasu,” maka petugas akan mengurus semua prosesnya. Sangat mudah dan praktis bukan!

Daerah pemakaian kartu suica atau pasmo

Nama-nama kartu berdasarkan daerah di Jepang

Kartu ICOCA adalah kartu elektronik pengganti uang tunai, dan bukan free pass, sehingga kita tidak akan mendapatkan potongan harga atau keuntungan khusus jika menggunakan kartu ini dalam liburan di Kansai. Penggunaan kartu ICOCA ini kami sangat sarankan buat teman-teman yang ingin jalan-jalan di wilayah kota Osaka dan Kyoto. Namun, jika ingin ke Kobe, Nara, atau Himeji, sebaiknya menggunakan Kansai Thru Pass atau JR Kansai Pass yang memberikan keuntungan lebih maksimal. Informasi tentang free pass di daerah Kansai dan hitung-hitungannya sudah dirangkum dalam artikel Informasi Kansai Pass.

Kartu ICOCA dan Haruka

Kartu ICOCA dan Haruka adalah paket diskon gabungan yang bisa kita beli saat tiba di Jepang dari Bandara Kansai. Ingat, pass ini hanya bisa dibeli di Bandara Kansai. Pass ini merupakan gabungan antara kartu ICOCA (sebagai e-money, seperti SUICA dan Pasmo) dengan pass untuk naik kereta Haruka dari Bandara Kansai menuju Osaka, Kyoto, atau kereta menuju Kobe dan Nara (termasuk ongkos kereta JR lainnya). Pass ini bisa dibeli buat teman-teman yang sudah memiliki kartu ICOCA maupun yang baru akan membelinya.

Teman-teman bisa membeli pass gabungan ini dengan memilih rute kereta Haruka yang ingin dituju, bisa satu arah maupun untuk tiket pulang pergi (harganya 2 kali tiket satu arah) dengan kereta Haruka. Masa berlaku pass ini sendiri adalah 14 hari kalender sejak dibeli.

Tujuan Rute Dengan ICOCA Haruka Harga Normal
Osaka Tennoji 1100 yen 2330 yen
Shin-Osaka 1300 yen 2330 yen
Kyoto Kyoto 1600 yen 2850 yen
Kobe Shin-Osaka 1500 yen 2680 yen
Nara Tennoji 1400 yen 2360 yen

Jika teman-teman sudah memiliki ICOCA, maka tinggal membayar sesuai tabel di atas. Namun, jika belum memiliki ICOCA, dikenakan biaya tambahan 2.000 yen yang merupakan biaya pembuatan kartu ICOCA sekaligus berisi saldo di dalamnya, yang bisa digunakan untuk naik kereta atau belanja.

Sumber gambar: blogspot, website JR East


Recommended for you

Jangan ketinggalan Info Liburan Terbaru ke Jepang

Last modified: March 7, 2017

Comments (55)

  1. Halo Pak Nugroho..

    Sebelumnya saya sudah pernah bertanya, tp masih bingung..
    Dan sekarang jadwal saya sudah fix seperti ini : (saya traveling total 8 dewasa dan 1 baby)

    22 Jun : Tiba Kansai 20.00 menuju ke Ibis Style Osaka (sewa mobil) JPY 30.000,-
    23 Jun : USJ, malam jalan2 Dotonbori dekat hotel
    24 Jun : Osaka – Kyoto (Kiyomizu-dera & Kinkakuji Silver Pavilion Temple) – Rinku Premium Outlet – Ibis Style Osaka
    25 Jun : Osaka – Tokyo by shinkanshen (1 way ticket JR apa bisa langsung beli di Shin Osaka pak?) tiba Tokyo, check in di Shibuya Tokyu REI Hotel – Asakusa + Nakamise + Tokyo Sky Tree
    26 Jun : Tokyo – KawaguchiKo (day trip) – Harajuku/Omotesando + Shinjuku + Shibuya
    27 Jun : Tokyo – Disneyland (stay 2 malam di Tokyo Bay Maihama Hotel & Resort)
    28 Jun : Tokyo – Disneysea
    29 Jun : Tokyo Bay Maihama Hotel & Resort – Haneda by shuttle bus

    Mohon pencerahan kembali untuk jenis Pass apa yang harus saya beli selama saya di Osaka, Kyoto dan Tokyo yang paling hemat dan cover semua…

    Terima kasih sebelumnya pak…

    Regards,
    Dewi

  2. haloo

    jadi enaknya pake ICOCA apa kansai one pass atau osaka amazing pass ya? kalau saya berencana ke osaka selama 3 malam saja?

    terimakasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Mohon maaf, Tim Info Jepang tidak bisa memberikan rekomendasi apa-apa kalau datanya tidak lengkap.
      Ibu mau kemana saja selama 3 hari di Osaka? Salam

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selain di Bandara Kansai, Esti bisa membelinya di Stasiun Osaka Station, Stasiun Shin-Osaka, Stasiun Tennoji, Stasiun JR Namba, Stasiun Kyoto, Stasiun Nara, dan Stasiun Sannomiya Kobe. Salam.

  3. Malam Pak, kalau Icoca Card bisa digunakan di Tokyo ya? Bisa di topup jugakah di Tokyo?
    Jika saya tidak refund, berarti di kartu masih tersimpan 500yen dan sisa saldo saya ya Pak?tq

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu/ Bapak. ICOCA bisa ditopup dan digunakan di Tokyo juga, namun tidak bisa direfund, sehingga sisa saldo akan tetap tinggal di ICOCA.
      Salam

  4. Malam Pak Nugroho,

    Mohon bantuannya…
    Jika saya dari Kansai Airport akan menuju hotel di daerah Asashiobashi Station, apakah saya hanya cukup menggunakan Icoca Card?
    Bagaimana dengan Icoca Haruka? apa perbedaannya?

    Apakah refund untuk Icoca bisa dilakukan di Universal City Station?

    Terima kasih pak sebelumnya

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Apakah perjalanan naik keretanya hanya dari Kansai Airport ke hotel di Asashiobashi saja?
      Kalau begitu bisa membeli ICOCA + Haruka. Kartu ini sebenarnya hanya kombinasi ICOCA dan tiket kereta JR Haruka yang menghubungkan Kansai Airport dengan stasiun-stasiun JR di Osaka.
      Kemudian refund ICOCA bisa dilakukan di seluruh stasiun kereta JR di daerah Kansai. Salam

    • Olivia  |  

      Pagi pak Nugroho,

      Jika saya menggunakan Haruka keuntungannya hanya lebih cepat saja ya pak?
      Karena tanpa haruka waktu tempuh dari Kansai ke Asashiobashi station adalah 1,5 jam
      Dan cost nya (Kansai Airport – Asashiobashi) naik JR dan Chuo Line hanya 1370 yen.
      Jika menggunakan Haruka 1300yen plus 280yen (shin-osaka ke asashiobashi).

      Apa benar perhitungan saya di atas pak? Jika memang benar..untuk case saya berarti
      lebih ekonomis tanpa menggunakan Haruka..

      Terima kasih sebelumnya pak

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Ya benar. Haruka memang baru akan untung kalau Olivia menginap di sekitaran Shin-Osaka dan mengejar waktu. Keretanya mahal karena masuk ke dalam kereta ekspress (tidak berhenti di setiap stasiun). Salam.

  5. halo admin, mau tanya
    saya ke jepang cuma ke osaka dan kyoto.
    jadi saya harus beli ICOCA ya?
    kalo di kansai airport, saya bisa dapetin dimana?
    lalu untuk ke kyoto, kartu tersebut apakah berlaku?
    terima kasih sebelumnya

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Kalau mendarat di Osaka (Kansai Airport) maka nama kartunya adalah ICOCA Card, dan bisa dibeli di mesin penjual tiket di stasiun Kansai Airport. Kartu ICOCA ini bisa dipakai di Kyoto bahkan sampai Tokyo. Salam

    • Icoca dan suica , lebih efektif mana mas ( banyak diterima di stasiun or toko), selama ini saya selalu pakai suica .

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Sama saja, kartu ICOCA dan SUICA bisa digunakan untuk membayar semua ongkos kereta di Jepang. Hanya ICOCA bisa dibeli dan direimburse di wilayah Kansai, sementara SUICA/PASMO dibeli dan direimburse di Tokyo. Salam.

  6. Halo min, saya mw ngetrip 4 hari ( 1/2 day Kyoto , Tokyo, Kyoto , Osaka ). Mau ke Tokyo pp dalam sehari (berangkat pagi – plg petang) , lebih byk mengunjungi spot wisata Kansai siy kayak Fushimi Inari, Nishiki market, Higashiyama area, Arashiyama, Osaka Castle, Dotonbori, USJ.
    Lebih baik saya pakai kartu yg mana ya ?
    A. sekalian aja pake National JR Pass
    B. JR Kansai Pass saja
    C. ICOCA saja cukup & ke Tokyo nya ngecer aja deh wong kepakenya sehari doank (denger2 Kyoto lebih byk & lebih efisien menggunakan moda transportasi bis soalnya)
    D. Saran lainnya dari mimin yg baik hari ^^

    Maap berasa kayak ngisi ujian ya min hehe…sangkyu

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Kalau ingin naik shinkansen PP Osaka-Tokyo-Osaka, maka JR Pass sudah balik modal ibu.
      Untuk perjalanan di Kyoto dan Osaka, silakan bisa dibaca-baca dulu dan sesuai dengan itinerary: Free Pass Kyoto, Free Pass Osaka
      Salam

  7. Selamat malam, mas.. Mau nanya, apakah ada masa expired kartu ICOCA ? Desember lalu saya ke Jepang dan sudah membeli dan menggunakan kartu ICOCA. Saya rencana akan ke Jepang lagi awal Maret nanti. Apakah kartu ICOCA saya masih bisa digunakan nantinya ?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Pak. Kartu SUICA, Pasmo, ICOCA bisa dipakai kok asal tidak terlipat atau bengkok.
      Dari informasi yang beredar, kartu IC ini bisa dipakai sampai 10 tahun. Salam

  8. Saya rencana ke kyoto, kansai, nara dan kobe.. dan mungkin booking part di kyoto.. pertanyaan saya, saya lbh baik beli kartu apa? Jr kansai, ato ICOCA? ICOCA mencakup shinkansen? Apakah shirakawa termasuk daerah kansai? Thanks..

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      ICOCA adalah kartu pengganti daripada membeli tiket satuan. Kalau shinkansen sendiri bisa langsung dibeli di kaunter, jauh lebih mudah dan praktis.
      Untuk perjalanan di Kansai silakan dibaca mengenai Pass di Kansai. Salam

  9. selamat siang pak nugroho, saya tanya.. untuk kartu Osaka Visitor Pass berlaku untuk Subway, New Tram & Bus,,, lebih murah dr osaka amazing pass… apakah memang bisa dibeli atau dipakai, berhubung biayanya 1 hari hanya 550 Yen

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Kalau memang hanya ingin pass di Osaka bisa menggunakan Osaka Visitor Pass Pak.
      Tapi kalau ingin mengunjungi tempat-tempat wisata di Osaka, bisa pakai Osaka Amazing Pass yang plus mengcover tiket masuk ke tempat-tempat wisata di Osaka. Salam

  10. Selamat Malam,

    Nama saya Riza, ingin bertanya kalau menggunakan ICOCA, bisakah digunakan untuk express ke train Nankai ke Namba?

    Saya akan berkeliling ke Osaka, lalu kobe kemungkinan Nara.

    Jadi saya beli ICOCA dan Kansai Through Pass (2 jenis?)

    Terima kasih

    • Dear Pak Nugroho,

      Terima kasih Pak atas masukannya, maksud saya adalah JR Kansai Pass, apakah saya perlu beli dua yaiotu ICOCA dan JR Kansai Pass.?

      Saya kebetulan Osaka, KObe, Nara antara kedua kota dan dalam kota tersebut….

      Terim kasih atas petunjuknya.

      Salam!

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Pak. Silakan Bapak bandingkan harga Kansai Pass dengan kalau membeli tiket satuan/bayar pakai ICOCA, mana yang lebih murah.
      Kartu ICOCA bisa dipakai di perjalanan kereta non-JR yang tidak tercover oleh Kansai Pass atau PASS JR yang lainnya. Salam

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. ICOCA dan SUICA bisa dipakai di seluruh kota di Jepang. Namun hanya bisa direfund di tempat diterbitkan. Untuk refund ICOCA, karena dicetak di daerah Kansai, hanya bisa direfund di daerah Kansai. Salam

    • margareth  |  

      Menyambung pertanyaan Mbak Santy, kalau untuk kartu SUICA apa bisa di top up di area kansai? Terima kasih sebelumnya

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat sore Ibu. Ya, SUICA bisa dipakai dan ditopup di Kansai. Hanya tidak bisa direfund, kecuali di daerah Tokyo. Salam

  11. Bila saya tiba di KIX pukul 22.45 apakah memungkinkan untuk stay overnight di bandara? keesokan paginya akan menggunakan icoca untuk kereta nankai kuko line menuju shin imamiya lalu baru mengaktifkan 2 days Osaka amazing pass untuk 2 hari keliling Osaka. apakah hal tersebut sudah benar? mohon arahannya, terimakasih.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Pada dasarnya, kita diperbolehkan tidur di bandara. Namun, para petugas biasanya akan berkeliling sepanjang malam dan menanyakan passport Wilda, sehingga akan terbangun-terbangun. Untuk itinerary rasanya sudah tepat, apalagi kamu mau berkeliling Osaka. Mungkin bisa dipadukan dengan ke Kyoto juga. Salam.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Siang Henny, ibu bisa naik kereta JR Kansai sampai Stasiun Kyobashi lalu pindah ke kereta Keihan Main Line atau Nakanoshima Line sampai Stasiun Watanabebashi. Salam.

  12. Saya tiba di kansai jam 8.30 pagi dan saya ingin langsung menuju kuromon ichiba market untuk makan. Mohon petunjuk transportasi kereta ke nippombashi station.
    Dan dari kuromon saya langsung menuju ke tokyo. Mohon petunjuk transportasi shinkansen ke tokyo.
    Terimakasih.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Hai Jenny, selamat sore.
      Dari Bandara Kansai kamu bisa naik kereta Nankai Airport sampai Stasiun Tengachaya (45 menit, 920 yen), lalu pindah ke kereta subway sampai Stasiun Nippombashi (sekitar 5 menit, tiket 240 yen).
      Untuk naik Shinkansen ke Tokyo, kamu bisa ke Stasiun Shin-Osaka. Setelah makan di Ichiba Market, bisa naik kereta subway lagi sampai Stasiun Shin-Osaka (15 menit, tiket 280 yen). Di Stasiun Shin-Osaka, tinggal naik Tokaido Shinkansen sampai ke Stasiun Shinagawa atau Stasiun Tokyo.
      Salam.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Vera. ICOCA sama seperti kartu suica/pasmo, hanya berbeda nama, dan bisa dipakai/ ditopup di mayoritas stasiun di seluruh kota di Jepang.
      Mesin untuk top up bisa ditemukan di seluruh stasiun. Jika membutuhkan info cara top up kartunya bisa dibaca di halaman berikut.
      Salam

  13. Berapa harga tiket kereta utk 1 kali jalan utk dewasa dan anak anak dari Kansai Airport ke Osaka? Kalau harga tiket bus dari Kansai Airport ke Herbis Osaka utk dewasa berapa dan anak anak berapa?

    • Patrick Prayoga  |  

      Untuk perjalanan kereta atau bus di Jepang bisa menggunakan Jorudan Norikae English atau Hyperdia. Ini link untuk cara menggunakan Hyperdia tersebut yang telah disusun oleh tim Info Jepang : http://www.infojepang.net/menggunakan-hyperdia/
      Waktu perjalanan dan harga bus / kereta tercantum di website tersebut. Mencakup semua area di Jepang dari Hokkaido sampai Kagoshima, tidak hanya Osaka atau Tokyo saja.
      Kartu ICOCA dapat digunakan untuk bus atau kereta.

      Enjoy liburannya di Jepang :-))

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      ICOCA adalah kartu IC sama seperti kartu elektronik kalau naik KRL Jabodetabek. Sedangkan Osaka Amazing Pass adalah tiket terusan untuk naik kereta dan bus di Osaka sepuasnya dalam 1 atau 2 hari. Karena Emilia sudah punya JR Pass, tidak perlu membeli lagi kartu ICOCA atau Osaka Amazing Pass, semua sudah tercover JR Pass. Jika ada pertanyaan lainnya silakan, kami siap menjawab.

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!