Kereta Enoden

You are here Home  > Transportasi Jepang >  Kereta Enoden

Sejak mulai beroperasi di hari Natal 1900, kereta Enoden (singkatan dari Enoshima Dentetsu atau kereta listrik Enoshima) sudah menghubungkan kota Fujisawa, Enoshima, dan Kamakura sejauh kurang lebih 10 kilometer selama lebih dari 1 abad. Keberadaannya pun tidak tergusur oleh perkembangan kota, bahkan teknologi perkeretaapian Jepang sekalipun. Walaupun sudah ada teknologi seperti Shinkansen Nozomi dengan kecepatan lebih dari 300 km/jam, kereta Enoden tetap mempertahankan tradisinya dan kecepatan kereta tidak pernah lebih dari 34 km/jam. Meskipun lambat, apa yang membuat kereta Enoden dapat terus bertahan hingga kini? Salah satunya adalah kemampuan operator kereta menciptakan suasana perjalanan yang menarik dan terkenang oleh warga maupun wisatawan asing. Kereta tidak melulu harus cepat, namun menikmati perjalanan dan pemandangan menjadi pembeda bagi kereta Enoden.

Suasana di dalam kereta yang dibuat nyaman, lantai dari papan kayu, stiker pada dinding, dan jendela kaca yang besar membuat para penumpang tidak hanya “berpindah tempat” namun juga menikmati perjalanan.

jalur kereta enoden Jepang kamakura-enoshima

Jalur kereta Enoden Jepang dan objek wisata Kamakura-Enoshima

Berangkat dari Stasiun Fujisawa yang terhubung langsung dengan pusat perbelanjaan Odakyu, teman-teman akan melalui pemukiman khas Jepang yang padat. Kereta kemudian akan masuk ke tengah jalan layaknya trem. Setelah melalui Stasiun Koshigoe di Kota Kamakura, kereta akan melewati jalur di pinggir pantai Shonan yang sudah menjadi tujuan wisata di Jepang selama ratusan tahun. Dari sini teman-teman bisa melihat Pulau Enoshima, bahkan orang-orang yang berselancar atau berjemur di pinggir pantai.

Kemudian kereta akan masuk ke pusat kota Kamakura. Sepanjang perjalanan, teman-teman bisa melihat rumah-rumah penduduk. Jalur ini adalah jalur favorit, karena kereta melalui banyak taman-taman yang begitu dekat dengan jalur kereta. Bahkan, teman-teman bisa menyentuh bunga-bunga yang bermekaran dari jendela saking dekatnya. Kereta akan memasuki Stasiun Hase, stasiun terdekat jika teman-teman ingin mengunjungi Patung Buddha Daibutsu.

Apa saja tempat wisata populer di Enoshima? (selengkapnya)

Pantai Enoshima
Panorama pantai Enoshima
Shin Enoshima Akuarium
Pertunjukan Lumba-lumba di Shin Enoshima Aquarium
Iwaya Caves
gua iwaya
Kuil Enoshima
kuil enoshima

Apa saja tempat wisata populer di Kamakura? (selengkapnya)

Kuil Hachimangu
Kuil Hachimangu di Kamakura
Buddha Kamakura
great buddha kamakura
Kuil Hasedera
Foto Kuil Hasedera
Pantai Kamakura
Pantai Kamakura di musim panas

Dari cerita Info Jepang di atas, semoga teman-teman bisa membayangkan betapa mengasyikkannya naik kereta Enoden. Jangan bayangkan naik kereta di Indonesia yang melewati pemukiman kumuh, di Jepang semua tertata rapi. Pengalaman yang ditawarkan oleh kereta Enoden inilah yang menjadi objek wisata sendiri. Para wisatawan biasanya mencoba naik Enoden untuk berkeliling Kamakura dan Enoshima.

Harga tiketnya bervariasi antara 190 yen (jarak terdekat) sampai 290 yen (untuk jarak terjauh). Teman-teman bisa membeli Kamakura-Enoshima Pass seharga 600 Yen untuk dewasa dan 300 Yen bagi anak-anak untuk dapat berkeliling kota Kamakura-Enoshima-Fujisawa serta jalur kereta JR ke Ofuna. Harga yang sangat murah, mengingat ada begitu banyak objek wisata yang bisa kita kunjungi di sepanjang jalur kereta Enoden.

Di Stasiun Fujisawa dan Kamakura, tersedia toko souvenir yang menjual suvenir unik terkait kereta Enoden, seperti miniatur kereta atau tas sebagai kenangan. Jangan lupa, teman-teman bebas mengambil foto ya selama di kereta!

Sumber gambar: Ken

Recommended for you

Last modified: November 3, 2016

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan