Keuntungan JR Tokyo Wide Pass

You are here Home  > Center Town, Transportasi Jepang >  Keuntungan JR Tokyo Wide Pass

Untuk teman-teman yang merencanakan liburan ke Jepang, bisa memanfaatkan tiket terusan JR Tokyo Wide Pass. Tiket ini khusus bagi wisatawan mancanegara yang datang ke Jepang dengan visa liburan/ wisata. Seperti apa JR Tokyo Wide Pass itu, lalu objek-objek wisata apa yang bisa dikunjungi gratis dengan tiket terusan ini, kami akan membahasnya lengkap. Artikel ini disusun berdasarkan pengalaman Tim Info Jepang membantu menyusun itinerary perjalanan mengelilingi objek-objek wisata di sekitar Tokyo.

1. Tempat Pembelian JR Tokyo Wide Pass

JR Tokyo Wide Pass menggantikan Kanto Area Pass sejak November 2015. Nah, teman-teman bisa membeli tiket JR Tokyo Wide Pass di JR EAST Travel Service Center atau loket kereta JR di stasiun kereta Terminal 1, 2,dan 3 Bandara Narita. Selain itu, bisa juga dibeli di loket tiket kereta Tokyo Monorail di Bandara Haneda, Stasiun Tokyo, Stasiun Shinjuku. Tiket JR Tokyo Wide Pass ini juga bisa teman-teman peroleh di Travel Service Center di Stasiun Shibuya, Ikebukuro, Shinagawa, Ueno, Yokohama, dan Mito.

Tiket JR Tokyo Wide Pass

Tiket JR Tokyo Wide Pass

2. Informasi Penggunaan JR Tokyo Wide Pass

Liburan di Odaiba: Taman Kaihinkoen

Liburan di Odaiba

Tiket terusan JR Tokyo Wide Pass mencakup seluruh jalur kereta JR (ingat tidak termasuk jalur kereta swasta) di prefektur Ibaraki, Gunma, Tochigi, Saitama, Chiba, Kanagawa, Yamanashi, Nagano, dan Shizuoka. Beberapa jalur kereta utama yang bisa dinaiki gratis antara lain seluruh jalur JR East, Tokyo Monorail (Haneda Airport-pusat kota Tokyo), Narita Ekspress (Narita Airport-Stasiun Tokyo), lalu Izu Kyuko Line (menuju objek wisata Semenanjung Izu), Fujikyu Railway (ke objek wisata Fujikyu Highland), Joshin Dentetsu Line (menuju ke objek wisata Warisan Budaya Dunia Tomioka Silk Factory), Saitama Urban Transit Line (menuju ke Museum Kereta Saitama), dan Tokyo Rinkai Line (dari Tokyo menuju ke Odaiba).

Bermain ski di Gala Yuzawa Resort

Bermain ski di Gala Yuzawa Resort

Buat kamu yang berencana bermain ski di Gala Yuzawa Niigata, mengunjungi Gunung Fuji, melihat festival bunga Shibazakura di Danau Kawaguchi, melihat taman bunga Hitachi Seaside Park yang terkenal, pergi ke kota Kuil dan pegunungan Nikko, mengelilingi tempat-tempat wisata di Yokohama atau Museum Doraemon, tiket ini sangat cocok bagi kamu! Dengan 10,000 yen atau sekitar 1,1 juta rupiah untuk dewasa (usia 12 tahun ke atas) atau 5,000 yen untuk anak-anak (usia 6-11 tahun), kita bisa berkeliling 3 hari berturut-turut sepuasnya (tanggal mulai penggunaan bebas sepanjang tahun) tempat-tempat wisata di atas. Tiket ini juga bisa dibeli kapanpun diinginkan, tidak seperti tiket seishun 18 kippu yang ada masa penjualannya.

Harga yang sangat terjangkau mengingat tiket pass ini bisa dipakai selama 3 hari dan meliputi semua jaringan JR dan monorail termasuk kereta shinkansen biasa dan limited express train. Caranya mudah, cukup tunjukkan paspor maka kita bisa membeli JR Tokyo Wide Pass.

Tiket ini cocok bagi kamu yang mengunjungi 3-4 tempat-tempat wisata di Tokyo dan sekitarnya dalam 3 hari (cukup padat jadinya). Jika teman-teman butuh referensi bisa dilihat di forum Info Jepang atau bisa bertanya di kotak komentar di bawah.

3. Hitung-Hitungan Ala Tim Info Jepang

Berikut kami akan memberikan hitung-hitungan perbandingan keuntungan membeli JR Tokyo Wide Pass dibanding jika tidak untuk mengunjungi beberapa tempat-tempat wisata terkenal.

1. Perjalanan ke Nikko atau Kinugawa Onsen

Dengan tiket biasa, perjalanan ke Nikko atau Kinugawa Onsen dari Shinjuku atau Ikebukuro di Tokyo membutuhkan ongkos 4,000 yen. Selain Kinugawa Onsen bisa juga pergi ke Kuil Nikko Toshogu, taman bermain bertemakan Jepang jaman dulu: Nikko Edomura Edo Wonderland, taman bermain dengan miniatur keajaiban dunia Tobu World Square, Kuil Rinnoji kuil bersejarah di Nikko, Wisata alam di Danau Chuzenji dan Air terjun Kegon yang juga berada di daerah wisata Nikko. Jika mengunjungi tempat wisata lain di hari kedua atau ketiga, maka akan balik modal. Jika naik Shinkansen dari Shinagawa, Tokyo atau Ueno, kita bisa lebih cepat sampai tujuan. Ongkos sekali perjalanan 5.580 yen, sehingga sudah balik modal dalam perjalanan bolak-balik.

2. Perjalanan ke Danau Kawaguchi/ Fujikyu Highland

Perjalanan ke Danau Kawaguchi dari Shinjuku dengan naik kereta ekspress sampai Stasiun Otsuki, lalu dilanjutkan ke Fuji Kyuko line membutuhkan 3,910 yen untuk sekali perjalanan. Jika mengunjungi tempat wisata lain di hari kedua atau ketiga, maka akan balik modal membeli JR Tokyo Wide Pass.

Objek wisata dekat Danau Kawaguchiko

Fujikyu Highland
fujikyu gate
Kachikachi-yama Ropeway
Pemandangan musim gugur di Kachikachi-yama
Mishima Skywalk
Meniti jembatan Mishima Sky Walk
Taman Asahiokakohan
Musim gugur di Taman Asahiokakohan Yamanashi

3. Perjalanan ke Resort Ski Gala Yuzawa

Dengan naik shinkansen dari Tokyo membutuhkan ongkos 6,870 yen untuk sekali perjalanan. Tentu sangat menguntungkan (sudah balik modal) jika ingin bermain ski di Gala Yuzawa dengan membeli JR Tokyo Wide Pass.

4. Perjalanan ke Odawara, Atami, atau Semenanjung Izu

Ongkos ke Odawara 3,190 yen dengan kereta ekspress Super View Odoriko, 4,180 yen sampai ke Atami dan 6,260 yen sampai ke Semenanjung Izu. Dari Odawara bisa lanjut naik Odakyu Line menuju ke tempat-tempat wisata di Hakone jika dikombinasikan dengan Hakone Pass. Atau juga bisa ke Taman kota Atami, ke tempat hanami terkenal Kawazu Izu, atau ke 7 Air terjun Nanadaru. Jika mengunjungi tempat wisata lain di hari kedua atau ketiga, maka akan balik modal membeli JR Tokyo Wide Pass.

5. Perjalanan ke Karuizawa

Kota Karuizawa adalah kota resort liburan orang-orang Jepang. Seperti Puncak bagi orang Jakarta atau Lembang bagi orang Bandung. Wilayah pegunungan dengan hutan-hutan yang masih alami, jalanan naik-turun yang cocok untuk jogging atau bersepeda, dan juga udara sejuk sepanjang tahun memang jadi daya tarik utama Karuizawa. Eh, tunggu dulu, Karuizawa juga dikenal dengan surga belanja juga loh, salah satunya adalah Karuizawa Prince Shopping Plaza. Selain itu, masih ada juga Karuizawa Prince Ski Resort yang jadi alternatif kamu untuk bermain ski selain ke Gala Yuzawa yang biasanya penuh. Karuizawa bisa diakses dengan mudah menggunakan shinkansen dari Tokyo Station. Ongkosnya 5,910 yen untuk sekali perjalanan dan tentu sangat menguntungkan jika menggunakan JR Tokyo Wide Pass.

6.  Perjalanan ke Hitachi Seaside Park

Perjalanan menuju ke Hitachi Seaside Park bisa dari Tokyo Station dengan kereta ekspress Hitachi-gou atau dari Ueno dengan kereta ekspress Tokiwa-gou. Jika berangkat dari Tokyo Station atau Ueno Station ongkosnya 3820 yen untuk sekali jalan, atau sekitar 7600 yen untuk perjalanan pulang pergi. Tentu sangat menguntungkan menggunakan JR Tokyo Wide Pass dalam 3 hari berturut-turut. Selain ke Hitachi Seaside Park, bisa juga ke tempat-tempat wisata di Ibaraki lainnya seperti Taman Kairakuen yang terkenal dengan pohon plumnya yang bewarna pink, air terjun Fukuroda, Danau Kasumigaura yang adalah danau terluas kedua di Jepang.

7. Perjalanan dari Tokyo ke Kamakura

Kamakura adalah kota indah tepi laut yang dengan perpaduan pantai dan kuil-kuil bersejarah seperti Buddha Kamakura dan Kuil Hasedera. Perjalanan dari Stasiun Tokyo (dengan kereta JR Yokosuka Line) atau Stasiun Shinjuku (dengan kereta JR Shonan Shinjuku Line) ke Kamakura ongkosnya 920 yen. Dari Kamakura, teman-teman bisa melanjutkan perjalanan ke Enoshima dengan kereta Enoden.

Objek wisata dekat Kamakura

Buddha Kamakura
great buddha kamakura
Kuil Hachimangu
Kuil Hachimangu di Kamakura
Pantai Kamakura
Pantai Kamakura di musim panas
Kuil Hasedera
Foto Kuil Hasedera

8. Perjalanan dari Narita Airport ke Tokyo atau Yokohama

Di hari pertama ketibaan di Jepang, teman-teman bisa segera membeli dan menggunakan JR Tokyo Wide Pass ini. Perjalanan dengan Narita Ekspress ke Tokyo (3,020 yen) atau ke Shinjuku (3,190 yen), dan Yokohama (4,290 yen) akan terasa sangat murah jika menggunakan JR Tokyo Wide Pass.

Tips+Trik Liburan Hemat dengan Free Pass Kereta (selengkapnya)

Zojoji dan Tokyo Tower

Berlibur bersama keluarga ke Jepang tidak semudah liburan sendirian. Jika berlibur sendiri, kita bisa pergi semau kita, dan fleksibel dengan hal-hal tidak terduga. Namun tidak begitu jika berlibur bersama keluarga ke Jepang di mana semuanya harus disusun dengan rapi.

kuil hakone dari danau ashi

Hakone Free Pass adalah pilihan terbaik bagi teman-teman yang ingin menjelajahi wilayah Hakone. Cakupan Hakone Free Pass ini adalah seluruh kereta JR menuju ke Hakone, seluruh bus Hakone-Tozan, tiket naik kereta gantung, dan termasuk potongan diskon masuk tiket ke tempat-tempat wisata di Hakone.

objek wisata di jalur JR Yamanote Line

Liburan di Tokyo? Baca dulu tips wisata dan daftar tempat-tempat wisata yang bisa dikunjungi dengan naik kereta JR Yamanote Line.

Berjalan kaki melewati tembok Salju di Tateyama

Dari hasil penelitian dan survei website Infojepang, nampaknya tujuan wisata ke Jepang sudah mulai beralih dari jalur emas Tokyo,

Free Pass Osaka osaka amazing pass

Osaka, kota terbesar daerah barat Jepang atau yang terkenal dengan nama Kansai. Sama seperti jalur kereta memutar JR Yamanote Line di kota Tokyo, kota Osaka juga memiliki jalur kereta memutar, Osaka Loop Line yang menghubungkan Osaka dan

Shinkansen Terbaru dengan Tokyo Osaka Hokuriku Arch Pass

Tokyo Osaka Hokuriku Arch Pass adalah salah satu pass (tiket kereta multi jalur) yang bisa digunakan untuk bepergian dengan naik kereta dari Tokyo-Osaka dengan kereta Shinkansen Hokuriku.


Sebagai catatan, Tokyo Wide Pass ini tidak mengcover seluruh perjalanan dengan menggunakan kereta shinkansen khususnya dari Tokyo ke Kyoto atau Osaka. Teman-teman hanya bisa menggunakan Tokyo Wide Pass ini untuk naik kereta shinkansen sampai Stasiun Atami.

Recommended for you

Last modified: November 29, 2016

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!

Comments (185)

  1. Halo informasi yg sangat berguna sekali, saya ingin bertanya saya ittenary saya sebagai berikut :

    Day 1 : saya tiba di narita malam jam 7 (hotel saya di daerah shinagawa sengakuji

    Day II : explore gala yuzawa
    Day III : kawaguji-gotemba-tokyo
    Day IV: explore tokyo (shibuya, harajuku, ginza, asakusa, akihabara) musium ramen

    Day V : kembali ke narita pagi hari pukul 5 dari st shinagawa

    Pertanyaan saya

    1. JR wide pass tsb apakah mewakili perjalanan saya

    2. Apabila saya ingin ke kyoto PP dari tokyo memakai JR apa dan efiesien apa tidak (karena saya bawa bayi)

    3. selain JR wide pass ap saja yg dibuhkan untuk perjalanan saya tks

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Jika pergi sesuai jadwal di atas, maka JR Tokyo Wide Pass bisa mengcover seluruh ongkos perjalanan.
      Namun jika ingin ke Kyoto, Tim Info Jepang sarankan untuk TIDAK membeli JR Tokyo Wide Pass, namun JR Pass (29.110 yen) karena udah balik modal jika naik shinkansen PP ke Kyoto. Salam

  2. Selamat sore Pak Nugroho, rencana ittenary saya tgl 17/12 jam 9 pagi tiba dihaneda, lgsg mau ke odaiba, 18/12 asakusa-Tokyo skytree, 19/12 fujiten snow resort,Mount Fuji, gotemba outlet, 20/12 harajuku,shibuya, shinjuku, 21/12 Disneyland, 22/12 ke osaka , 23/12 universal studio, 24/12 Kansai airport to Indo, apakah lbh baik mengunakan jr pass/ Tokyo wide pass, seandainya menggunakan jr pass apakah masih keburu utk belinya dan saya tinggal di luar Jakarta bagaiman cara membeli jr pass , tolong sarannya Pak mengenai ittenary saya . Trima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Kalau melihat itinerary Ibu, tidak perlu membeli JR Pass. Cukup membeli tiket shinkansen dari Tokyo ke Osaka.
      Salam

  3. Selamat sore Pak , bagaimanakah caranya beli Tokyo wide pass di bandar Haneda dan dimana tempatnya ? Dan lebih baik naik apa kalau dari maihama station mau ke osaka pada pukul 8 pagi ?, trims

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Tokyo Wide Pass bisa dibeli di JR EAST Travel Service Center dekat pintu karcis Tokyo Monorail Haneda Airport (Terminal Internasional).
      Dari Maihama, ibu bisa naik kereta JR sampai Tokyo Station dan kemudian bisa naik shinkansen sampai ke Osaka. Kereta Shinkansen pertama sudah berangkat jam 06.00 pagi. Salam

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu Dinda. Tokyo Wide Pass hanya bisa mencover tempat-tempat wisata sekitar Tokyo, contohnya seperti yang diberikan di atas.
      Selain itu tidak bisa. Salam

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Persyaratan Tokyo Wide Pass adalah untuk pemilik paspor asing, jadi pemegang visa waiver bisa membeli JR Tokyo Wide Pass.
      Salam

  4. Dear Pak Nugroho, Saya coba scroll up ke atas, Tokyo wide pass jg bisa ke Hakone, Kalau tujuan saya ke mt Fuji kawaguchiko dan hakone, berarti tidak bisa pake Tokyo wide pass ya?

  5. Malam mas,
    Mau tanya, apakah JR tokyo wide pass sudah mencover untuk jalur kereta Keio Line dan Odakyu Line? Jika sudah dicover JR tokyo wide pass, kereta apa saja yang bisa kita naiki secara gratis? Apakah semua jenis kereta yg melalui Keio Line dan Odakyu Line, termasuk kereta express? Mohon informasinya..sebelumnya saya ucapkan terima kasih..

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu Cici. JR Tokyo Wide Pass hanya mencover jalur kereta JR, selain itu tidak.
      Silakan ibu membaca cara penggunaan Tokyo Wide Pass dan tempat-tempat wisata yang bisa dikunjungi di artikel di atas.
      Salam

    • Terima Kasih atas responnya yang cepat..berarti Keio line dan Odakyu line tidak termasuk dalam jalur kereta JR ya Mas? Dengan begitu untuk kedua line ini juga tidak dicover oleh JR Pass apapun.. begitu ya mas??

  6. Min ini masa penggunaan nya itu sewaktu kita beli atau gmn? Trs kalo mau ke kawaguchiko dr kawaguchi station naik apa ya min? TWP ngecover gak?

  7. Min sorry nih mungkin sudah ada yang tanya, tokyo wide pass ngecover untuk ke narita dari tokyo nggak? Terus masuk gala yuzawa utk sekedar main salju ga main ski tetap bayar min? Brp ya? Makasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Rute Narita ke Tokyo masuk cakupan Tokyo Wide Pass, asalkan naik Narita Ekspress. Kalau hanya main salju bayarnya 1.300 yen (untuk naik gondola PP), info lengkapnya bisa dibaca di Gala Yuzawa Resort. Salam.

  8. Pagi Admin, Mohon info itinerary saya sbb :
    D1 : Haneda – Tokyo, explore Tokyo
    D2 : Mt. Fuji, Kawaguchiko, Hakone
    D3 : Gala Yuzawa
    D4 : Disneyland
    D5 : DisneySea
    D6 : USJ – Osaka
    D7 : Explore Kyoto – Overnight Osaka
    D8 : Explore Osaka
    D9 : KIX Airport
    Transportasi yang bisa dipakai apa saja? Tokyo Wide Pass bisa dipakai di hari ke berapa?
    Terima Kasih

  9. Hi,

    Boleh minta sarannya yaa untuk itinerary berikut:

    Sabtu: Haneda(10am), Jalan- Jalan sekitar asakusa (sensoji, tokyo skytree), akhibara, Odaiba, Tokyo Tower,Ginza
    kemudian menuju apartment di daerah Toshima, dekat JR Otsuka/ Nishi Shinjuku.
    Minggu: Galayuzawa
    Senin: Mt. Fuji Kawaguchiko
    Selasa: Hitachi Seaside Park
    Rabu: shibuya, yoyogi park, Disneyland (rencana masuk yg setelah jam3 atau jam 6),
    malamnya naik Whillerbus jam 10 dari Disneyland menuju Osaka

    Menurut Mas Nugroho,
    1. Lebih baik saya membeli JR Tokyo Wide Pass nya dihari apa?
    2. Kemudian, mana yg lebih baik pada hari sabtu dan Rabu saya membeli Tokyo Metro Subway atau cukup isi Suica saja?
    Oh ya, saya pinjam suica tmn saya, brp yg hrs saya top up untuk mencukupi perjalanan saya?
    3. Mana yg lebih hemat dan menggunaka apa Jika perjalanan dimulai dari Haneda?

    apakah itinerary Tokyo diatas sudah cukup oke,
    atau boleh minta sarannya memperbaiki itinerary tokyo saya dalam segi jarak dan waktu.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Penggunaan JR Tokyo Wide Pass bisa dari hari Minggu, Senin, Selasa, sehingga bisa mengcover ongkos perjalanan yang lumayan mahal ke Gala Yuzawa, Gunung Fuji dan Kawaguchiko, lalu ke Hitachi Seaside Park.
      Untuk hari pertama bisa membeli Tokyo Metro 24-Hour Pass, kecuali ongkos dari Shimbashi ke Odaiba dengan naik monorel tidak tercover dan harus menggunakan pasmo/suica.
      Hari Rabu jjuga bisa pakai suica saja, karena tidak akan balik modal jika pakai free pass harian kota Tokyo. Top up sekitar 1.500-2.000 yen sudah cukup.
      Dari Haneda Airport bisa naik kereta Keikyu Express airport Line langsung sampai Asakusa tanpa perlu ganti-ganti kereta. Salam

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Untuk masuk ke Museum Doraemon perlu membeli tiket terlebih dahulu. Tim Infojepang menyarankan supaya memasukkan di hari Rabu, sehingga masih ada selang waktu dari hari pertama datang ke Jepang. Sebab biasanya jika harinya terlalu dekat, tiket masuk museum Doraemon sudah tidak tersedia.
      Salam

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Lila. Syarat pembelian JR Tokyo Wide Pass adalaj pemegang paspor asing selain Jepang.
      Jadi kalau kamu visanya pelajar atau residence, bisa membeli JR Tokyo Wide Pass. Salam

  10. Selamat Pagi Pak Nugroho,

    saya tanggal 18 mendarat di Tokyo Narita, explore tokyo dengan jadwal sbb:
    H1: Narita Airport – Hotel di Shinjuku – Tokyo Sky Tree – Tokyo Tower – Odaiba
    H2: Asakusa-Ueno Park-Fujiko Fujio Museum-Harajuku-Shibuya-Shinjuku
    H3: Gala Yuzawa-Sanrio Puroland-Tokyo Disneyland
    H4: Yunessun Spa Resort (Hakone), Gotemba, Kawaguchi Lake,

    pertanyaan saya:
    1. apakah Tokyo Wide Pass tercover semua tempat diatas atau ada tambahan kartu pak..?

    saya merencanakan agar bisa efektif selama menggunakan transportasi disana pak..

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Pak Arthur. Untuk perjalanan di hari keempat, Tokyo Wide Pass hanya mengcover perjalanan dari Tokyo sampai Odawara (pintu masuk Hakone), dan dari Kawaguchiko kembali menuju ke Tokyo. Ongkos Hakone Tozan Bus dari Odawara ke Yunessun Hotel, lalu bus dari Yunessun Hotel ke Gotemba, Gotemba ke Kawaguchiko tidak tercover.
      Salam

    • ok pak
      untuk efektifnya pak, Hari pertama langsung aktifkan Tokyo Wide pass atau nanti hari kedua – keempat..? karena Tokyo Wide pass berlaku 3 Hari

      atau hari pertama sebaiknya kartu apa yang bisa cover dari bandara narita ke hotel d shinjuku dan explore tokyo…? saya tiba jam 6 sore di narita tokyo…

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Bagaimana kalau hari kedua ditukar dengan hari keempat Pak?
      Perjalanan hari kedua hanya sekitaran Tokyo, ongkosnya tidak seberapa dibandingkan dengan perjalanan ke Narita Airport, Gala Yuzawa, dan Kawaguchiko.
      Salam

    • ok pak.. jika saya tukar maka hari keempat itu pindah dari hari selasa ke hari minggu, apakah tidak padat ramai karena jatuh hari minggu di tempat wisata tersebut…..?

      jika dirubah maka

      H1-H3: Tokyo Wide Pass Card
      H4: Bisa gunakan pasmo atau…? apakah bisa cover museum doraemon pak.?

      maaf nanya banyak pak…

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Untuk Asakusa-Ueno Park-Harajuku-Shibuya-Shinjuku selalu ramai Pak.
      Kemudian Pasmo bisa dipakai dalam perjalanan kereta dari Tokyo ke Noborito (stasiun terdekat sampai ke Museum Doraemon), juga bus dari stasiun ke depan Museum Doraemon. Bapak juga jadi ada waktu untuk membeli tiket masuk Museum Doraemon. Salam

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Bisa pak, hanya perjalanan ke Museum Doraemon tidak tercover. Perjalanan ke Asakusa, Ueno, Harajuku, Shibuya, Shinjuku semuanya tercover jika menggunakan stasiun Tokyo Metro dan Tokyo Metro 24-hours Pass. Salam

    • pak 1 lagi..

      odakyu line dari stasiun shinjuku ke mukogaokayurn stasiun tercover pass apa ya pak..?

  11. Hallo mas nugroho saya berencana ke tokyo bln maret tiba tgl 8 maret pagi bisakah dibuatkan itenararynya selama 5 hari tempat2 yg saya ingin kunjungi
    Gala yuzawa
    Shibuya
    Harajuku
    Gotenba
    Akihabara
    Skytree
    Ginza
    Odaiba
    Perlukah saya membeli jr wide pass dan apakah tercver semua yg saya ingin kunjungi ditokyo sampai thl 12 lalu ke osaka dan kyoto
    Terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu, karena ada perjalanan ke Gala Yuzawa maka sudah akan balik modal jika membeli Tokyo Wide Pass.
      Di tambah jalan-jalan di Tokyo, maka tentu akan sangat menguntungkan jika membeli Tokyo Wide Pass. Salam

  12. Hallo maa nugroho saya berencana ke tokyo bulan maret selama 5 hari sampai di haneda tgl 8maret dan saya menginap di daerah ikekoburo sebaiknya sambil mebunggu waktu cek in saya kemana dlu
    Saya ingin mengunjungi
    Gala yuzawa
    Shibuya
    Harajuku
    Akihabara
    Skytree
    Ginza
    Odaiba bisakah dibuatka itenerarynya saya di tokyo sampai tgl 12 maret setelah itu ke osaka dan kyoto thanks

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu Githa. Maaf Tim Infojepang tidak melayani pembuatan itinerary via website karena detailnya sangat panjang dan membuat bingung pengunjung lainnya. Kalau Ibu memerlukan bantuan privat, bisa menggunakan Tour Guide Online Info Jepang. Salam

  13. Haloo! Terimakasih artikelnya membantu sekali.. Jadi tau tempat2 yg asyik. Oiya, apa bisa ke Yokohama via shinkansen dengan JR wide pass? Kalau tidak bisa, tempat apa ya yg bisa dituju dengan shinkansen? Saya ingin sekali coba naik shinkansen dengan JR wide pass ini.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Untuk perjalanan Tokaido Shinkansen tidak tercover oleh JR Tokyo Wide Pass.
      Ibu Riri bisa naik Joetsu Shinkansen ke arah tempat main ski Gala Yuzawa atau Hokuriku Shinkansen ke arah Karuizawa.
      Salam

  14. Haloo! Terimakasih artikelnya membantu sekali.. Jadi tau tempat2 yg asyik. Saya dengan keluarga besar rencana ke Jepang-Tokyo dan sekitarnya bulan Maret 2017. Kami berniat mencoba naik shinkansen. Nah apa bisa dengan membeli JR pass naik Shinkansen? Kalau iya, bisa kemana aja ya, yg menarik tempatnya? Apakah ke Yokohama bisa?

  15. Selamat malam pak Nugroho,
    Kami sekeluarga berencana tanggal 20 Jan 2017 pagi di Tokyo selama 3 hari untuk kemudian ke Kyoto dan Osaka selama 3 hari masing2 nya. mengingat saat itu musim dingin mohon info wisata gunung Fuji kemana saja yang bisa di akses apa sebaiknya nginap atau tidak..?
    Terima kasih info dan bantuannya.

    Salam

  16. Selamat siang pak nugroho,

    Saya rencana 3 hari di tokyo,mohon info untuk rute yg bisa saya ambil,apabila menggunakan tokyo wide pass,yg ingin saya kunjungi, gala yuzawa,kawaguchi lake dan museum doraemon

    Terimakasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Pak. Silakan dibaca-baca dulu link-link di atas, kami sudah memberikan contoh cara penggunaan Tokyo Wide Pass untuk pergi ke beberapa tempat wisata sekitar Tokyo seperti Gala Yuzawa, Danau Kawaguchiko. Untuk perjalanan ke Museum Doraemon Fujiko F.Fujio bisa dibaca di artikel berikut. Salam

    • Ok pak terimakasih,satu lagi, tokyo wide pass ini,bisakah saya beli hari senin tapi mulai dipakai hari rabu?

      Salam

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Pak. Saat membeli Tokyo Wide Pass kita bisa memilih tanggal mulai menggunakannya. Salam

  17. Halo mas.

    1. Seperti yang diketahui JR Tokyo Wide Pass ini dapat digunakan diseluruh area Kanto, yang saya tanyakan jika saya naik kereta dari Gala Yuzawa menuju Nagoya, stasiun terakhir apa yang bisa dicangkup oleh JR Tokyo Wide Pass ini? Kalo saya lihat di map stasiun terakhir adalah stasiun Hamamatsu di prefektur Shizuoka. Jadi saya dari Gala Yuzawa/Tokyo menuju stasiun Hamamatsu (Shizuoka) menggunakan JR Tokyo Wide Pass, kemudian dari Hamamatsu – Nagoya saya menggunakan kereta non shinkansen agar murah. Apalah bisa seperti itu? Mohon sarannya

    2. Apakah JR Tokyo Wide Pass ini mendapatkan reserved seat seperti JR Pass? Atau non reserved seat?

    Terima kasih sebelumnya.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Batas terakhirnya adalah Atami Station Pak. Jadi dari Atami Station bisa naik kereta lokal sampai Nagoya.
      Ya untuk kereta tertentu dengan reserved seat bisa dipesan dengan JR Tokyo Wide Pass juga. Salam

  18. hallo, blh minta tlg dikoreksi itinerary saya (trip tgl 26 s/d 31 dec2016):

    tgl 27 dec pagi tiba di narita ,

    beli Tokyo wide pass
    ke Nikko lgs (kinugawa onsen)
    check in hotel, naik bis ke Edo wonderland (beli Tiket yg stgh hari)

    tgl 28 DEC

    keliling Nikko

    tgl 29 DEC

    Nikko ke gala yuzawa ( dgn Tokyo wide pass)

    tgl 30 DEC, museum doraemon, museum ramen, dll dgn suica

    tgl 31 DEC, keliling tokyo dan ke narita dgn suica.

    ada saran kah? mksh sblmnya

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Ya sudah tepat Danis mengenai penggunaan JR Tokyo Wide Passnya. Cuma perlu dihitung supaya bisa kembali ke Tokyo dari Gala Yuzawa pada malam 29 Desember.
      Salam

  19. Mas nugroho sy mau tnya lgi nih hehe.. Ktika akan pergi ke dan di yokohama sy pakai jr tokyo wide pass atau pasmo? Soalny nnti sy rencana bli jr tokyo wide pass dan pasmo

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Hestytia. Ya, JR Tokyo Wide Pass mencover biaya perjalanan sampai ke Yokohama Station.
      Namun untuk pergi ke tempat-tempat wisata di Yokohama (khususnya di daerah pantai) harus bayar lagi kereta subway Minatomirai. Ini yang tidak tercover oleh JR Tokyo Wide Pass, dan bisa dibayar menggunakan pasmo/ suica.
      Salam

  20. Halo Pak Nugroho, saya tanggal 9-13 Desember akan wisata ke Jepang, mumpung ada long week end di Indonesia. Saya berencana membeli JR Tokyo Wide Pass. Saya mendarat di Haneda Airport tanggal 10 Des pukul 08.50. Nah, pertanyaan saya: 1. Daerah mana yang sudah ada salju, yang bisa menggunakan JR Tokyo Wide Pass? Kami akan melihat salju. 2. Kalau saya mau ke Hakone, perlu berapa lama enaknya bisa menikmati Hakone? Sebagai catatan: saya sudah terlanjur booking hotel selama 4 malam di kawasan Shinjuku. terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Pak. Daerah yang pasti sudah bersalju adalah Gala Yuzawa dan ini juga tercover sepenuhnya oleh JR Tokyo Wide Pass. Saran dari kami, untuk ke Hakone bapak bisa satu hari saja, satu hari lagi ke Kawaguchiko. Untuk Danau Kawaguchiko, semua tercover oleh JR Tokyo Wide Pass. Sementara untuk Hakone hanya tercover sampai Odawara Station (pintu masuk Hakone). Bapak mungkin harus membayar sekitar tambahan 1000-2000 yen supaya bisa menikmati transportasi di Hakone.
      Salam

  21. apakah transport l ke resort sky fujiten/snow yeti bisa pakai tokyo wide pass ? saya tidak akan balik lagi ke tokyo karena dari kyoto langsung osaka dan jkt.jadi sptnya saya akan beli tokyo wide pass dan beli shinkansen tokyo-kyoto,apakah efektif?

    oiya satu lagi mas, apakah saya masi perlu beli pasmo/suica kalo sdh ada tokyo wide pass?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Indah. Resort ski Fujiten/Snow Yeti terletak di daerah wisata Danau Kawaguchiko dan Gunung Fuji. Nah, dengan Tokyo Wide Pass, ongkos PP dari Tokyo sampai Kawaguchiko tercover. Tinggal ongkos dari Kawaguchiko ke tempat bermain skinya yang tidak tercover. Silakan dibaca dulu artikel dalam link di atas. Salam

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Kartu pasmo/ suica diperlukan untuk daerah-daerah yang tidak tercover JR Tokyo Wide Pass. Namun selama lihat itinerarynya (hari 1-3), semuanya tercover oleh JR Tokyo Wide Pass. Untuk hari keempat, bisa mempertimbangkan untuk membeli Tokyo Metro 24-hour Ticket seharga 600 yen, karena mengcover ongkos kereta ke stasiun-stasiun subway terkenal di Jepang. Salam

    • pak, apakah tokyo wide pass itu jenis keretanya bulletrain/shinkansen ? atau seperti kereta biasa?

      kemudian kalo saya rencana dari shinjuku ke kawaguchi-kachi2rope-snow town-gotemba apakah bisa dalam 1 hari dan apakah rutenya sudah benar agar efektif?

    • apakah bisa dibantu mas,akses rute transportasinya jika untuk kawaguchi-kachi2rope-gotemba-snow town yeti? apakah cukup 1 hr atau saya perlu menginap?

  22. membantu sekali terima kasih..oiya kalo untuk di kawaguchi apakah daerahnya bersalju di akhir january?karena ingin sekali memegang salju

    kalo saya hanya ingin ke danau kawaguchiko saja apakah msh worthed membeli tokyo wide pass? apa yang lebih baik kira2?

    berikut itinerary saya ditokyo
    day1 check in hotel,sight seing sekitar shibuya,dll
    day2 kawaguchiko,bermain salju,gotemba back to hotel
    day 3 disneysea/disney land
    day4 sight seing tokyo part 2 (kira2 ada referensi kemana sebaiknya) karena kami akan langsung ke kyoto sore harinya

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Halo Indah, kalau ingin bermain salju bisa mampir ke Resort Ski Fujiten atau Snow Town Yeti, saljunya tebal. Indah bisa niak bus dari Gotemba atau Kawaguchiko. Maaf, indah mau ke Kyoto, apakah akan kembali ke Tokyo untuk pulangnya? Kalau ada rute PP Tokyo-Kyoto, sebaiknya beli JR Pass. Namun kalau tidak, Tokyo Wide Pass jauh lebih untung untuk ke Gotemba-Kawaguchiko dan keliling Tokyo.

  23. Pak Nugroho,
    saya ada rencana ke Kawaguhiko dengan memanfaat kan wide pass, pertanyaannya adalah :
    1. dengan naik JR Chuo line limited express kaiji atau azuza ( shinjuku – otsuki), beli tiketnya dimana ? dan apakah bisa beberapa hari sebelumnya ?
    2. Otsuki — kawaguchiko naik kyuku rail , beli tiketnya dimana ? apakah bisa beberap hari sebelumnya bersamaan dengan tiket Kaiji ?

    Mohon pencerahannya

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Pak. Kalau memiliki Tokyo Wide Pass, tidak perlu repot memikirkan tiket kereta JR Chuo atau kereta Fuji Kyuko Line. Semuanya sudah tercover oleh JR Tokyo Wide Pass. Artinya bapak tidak perlu membeli tiket apapun. Bapak cukup memasukkan tiket JR Tokyo Wide Pass ke dalam mesin atau menunjukkannya kepada petugas yang berjaga di pintu karcis.
      Jika ingin reservasi tempat duduk, bisa dilakukan bersamaan ketika membeli JR Tokyo Wide Pass. Salam

  24. Pak Nugroho,

    Saya mau tanya tentang Tokyo wide pass, saya ada rencana ke kawaguchiko dengan menggunakan Wide Pass , perntanyaan nya adalah :

    1. dari shinjuku naik Chuo Line Rapid ( Kaiji atau Azuza ) ke Otsuki ? apakah benar ? dan ,saya perlu beli tiket dimana ? apakah bisa dari beberapa hari sebelum nya( karena termasuk di cover Pass ini )
    2. dari Otsuki ke Kawaguchiko naik Kyuku rail ? beli tiket nya pas di otsuki atau bisa dishinjuku ?

    mohon pencerahannya

  25. Hai mas..mohon pencerahannya…saya ke jepang tanggal 8-13 Jan 2017 nginep ndi daerah akihabara, tgl 8 jan 2017 saya tiba jam 7 pagi di narita…itinerary nya sbb :
    8 Jan : kawaguchiko
    9 Jan : Gala Yuzawa, Ueno
    10 Jan : Museum Doraemon, Shibuya, Harajuku
    11 Jan : Disneyland
    12 Jan : Ginza, Odaiba, Asakusa
    13 Jan : Pulang ke Narita Airport
    Rencananya saya tgl 8-10 pake Tokyo Wide Pass, untuk hari selanjutnya baiknya saya pake Tokyo Metro Pass ato pake Pasmo/SUICA aja?
    Kalo reserved seat caranya gimana? apabisa sejam sebelum pergi? ato baiknya seperti apa?
    Pulang ke Narita dari Akihabara untuk flight jam 10 pagi baiknya menggunakan transportasi apa?

    Terima kasih….

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Untuk Tokyo Wide Pass, reservasi bangku bisa dilakukan setibanya di Narita dan membeli JR Tokyo Wide Pass. Lalu untuk tanggal 11 dan 13 Januari bisa menggunakan tiket satuan atau pakai pasmo/suica. Untuk tanggal 12, rutenya bisa diatur Akihabara-Asakusa-Ginza-Shimbashi-(monorel)-Odaiba-(monorel)-Shimbashi-Akihabara dan menggunakan Tokyo Metro 24-hour Ticket (600 yen). Catatan, untuk monorel ongkosnya tidak tercover.
      Untuk perjalanan dari Akihabara sampai ke Narita Airport, pertama bisa naik JR Yamanote Line sampai Nippori Station dan kemudian lanjut naik kereta Keisei Express sampai Narita (total waktu perjalanan satu setengah jam). Ibu bisa berangkat jam 06.37 dan sampai jam 08.06 di Narita Airport. Salam

    • cara reserved seat lewat counter ato online? katanya klo pake tokyo wide pass main salju di gala yuzawa diskon yah..

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ranti. Untuk tahun lalu dan beberapa tahun sebelumnya, memang ada diskon khusus bagi pemilik Tokyo Wide Pass, potongan diskon untuk tiket one day pass seharga 4.600 yen itu. Namun, untuk tahun ini, Tim Infojepang belum bisa memastikannya, karena Resort Ski Gala Yuzawa belum buka. Jika ada informasi terbaru, pasti segera disampaikan via website. Salam

  26. Mas nugroho jr tokyo wide pass beliny di narita airport kan ya? Krena sy arrive ny di narita.. Bukan beli di travel agent di indo kan ya mas?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Ya Tokyo Wide Pass bisa dibeli di kantor penjualan tiket (travel service center) di Narita Airport terminal 1, 2, dan 3. Salam

  27. Haloo mas, kalo ke fuji turun di otsuki stasiun, trs naik fuji kyuko line ini dicover jr tokyo wide pass jg ya?

    Trs sampe sana kan pengennya ke fujiQ highland dl. Bsa ga? Apa hrus turunnya di kawaguchiko lake station?
    Trs kawaguchiko ke fujiQ highland nya naik kereta apa ya?

    Dan tokyo wide pass ga cover sightseeing bus ya brrti yg ad jalur merah dan ijonya itu?

    Maaf pertanyaan borongan
    Thanks ya 🙂

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Iya ibu, Tokyo Wide Pass mencover perjalanan dari Tokyo/Shinjuku-Otsuki-Kawaguchiko station.
      Jalur kereta Fuji Kyuko yang menghubungkan Otsuki Station dan Kawaguchi Station juga melewati Fujikyu Highland Station (hanya berbeda satu stasiun sebelum stasiun terakhir Kawaguchiko station). Salam

  28. Utk jalan2 dalam kota tokyo mungkin paling jauh ke odaiba dan tachikawa dan membawa anak 2 tahun n bayi 9bln accesnya lbh mudah pakai subway metro atau Jr line? Trims

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Hai Mandy, untuk akses kami perlu detail tempat wisatanya. Namun untuk gambaran, semua kereta di Jepang sama saja soal kenyamanan. Kereta akan penuh pada jam-jam sibuk, lebih baik hindari jam sibuk 7-9 pagi dan 18-20 malam saat bepergian dengan anak. Untuk subway juga hanya di dalam kota saja, ke Tachikawa hanya ada kereta JR. Salam.

  29. Hallo mas terimakasih atas info tokyo wide pass ini. Balasan di coment2nya jg informatif.
    Sy rencana mei ke tokyo selama 6 hari. Rencana memakai tokyo wide pass selama 3 hari ke hitachi seaside park di ibaraki, railway museum di saitama, kawaguchiko (shibazakuro festival +kachikachi rope). Sisa 3 hari untuk di kota tokyo dan tachikawa showa kinen park itu baiknya lbh murah beli tokyo wide pass 3 hari lagi atau bayar biasa tiap perjalanan aja ya? Thanks in advance

    • Hallo thx replynya. Mau tanya kalo sisa 3 hari tokyo city tour aja balik modal ga ya kalo beli tojyo wide pass 3 hari lagi? Atau pake pasmo aja?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Tokyo Wide Pass baru akan untung kalau kamu pergi jauh-jauh, minimal ke Hakone, Kawaguchiko, atau Gala Yuzawa. Silahkan membandingkan sendiri harga tiket kereta dengan Tokyo Wide Pass seharga 10.000 yen. Salam.

  30. Sore tem Info jepang .
    saya punya rencana perjalan seprrti ini, apa ya akomodasi terbaik yg bs saya pakai
    day 1 : Tokyo
    day 2 : Disneyland
    day 3 : Kyoto
    day 4 : Kyoto
    day 5 : Osaka
    day 6 : Tokyo
    day 7 : Gunug Fuji , Snow Town Yeti/ Fujiten
    day 8 : Tokyo
    Apakah day6-8 saya bisa tercover dgn Wide Pass?Akomodasi terbaik di day 3-5 dan day 1-2?
    Please Advice n Thank you.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Bisa tercover dengan Tokyo Wide Pass. Namun, karena ada rute perjalanan Tokyo-Kyoto/Osaka PP, sebaiknya menggunakan JR Pass saja 7 hari, dan tidak perlu membeli Tokyo Wide Pass karena akan mengcover semua perjalanan kereta yang kamu mau tempuh.

  31. Mas, Mohon bantuan jawabannya ya,saya akan ke jepang saat winter nanti dan saya tertarik untuk membeli JR Tokyo Wide Pass yang bisa digunakan selama 3 hari dan berikut terlampir schedule saya, boleh bantu dikoreksi ya mas :

    1. Hari Pertama berangkat ke kawaguchiko dari Tokyo Station, lalu dari kawaguchiko melanjutkan
    perjalanan ke Yokohama dengan menggunakan JR Tokyo Wide Pass, sudah bisa tercover ya
    untuk perjalanan tsb? karena rencananya saya akan menginap satu malam di yokohama
    2 Hari Kedua, kami berangkat pagi2 dari Yokohama menuju Nikko dan sore akan melanjutkan
    perjalanan dari Nikko menuju Karuizawa , dan untuk semua perjalanan ini juga akan tercover
    oleh JR Tokyo Wide pass kan?

    Mohon bantuannya,

    Terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Ya semua sudah tercover oleh JR Tokyo Wide Pass. Ibu juga bisa mencoba shinkansen dari Karuizawa ke Tokyo pulangnya.
      Salam

    • Mas Adi, kalau untuk JR Tokyo Wide Pas itu sudah mengcover perjalanan kereta dari Otsuki ke Kawaguchiko dengan menggunakan Fujikyu railway kan?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Ya, Tokyo Wide Pass mengcover juga seluruh ongkos kereta Fuji Kyuko Line sampai ke Kawaguchiko Station. Salam

  32. Halo mas info nya bermanfaat sekali,saya terbantu banget walaupun masih bingung hehe maklum newbie.

    Saya berencana ke jepang tanggal 15-22 feb 2017.masih bingung apakah perlu beli JR pass 7 days atau cukup JR wide pass 3 days.

    rencana nya tempat yg mau di kunjungi : gala yuzawa,mt fuji,kawazu-sakura (krn pgn liat early cherry blossom),disneyland. Apakah itu semua di cover oleh area JR wide pass (khusus nya yg kawazu krn blm nemu tulisan nya)?

    kalau JR wide pass tdk cukup krn kurang hari dan harus beli JR pass, rugi tidak ya kalau tidak dipakai ke kyoto? Krn jalan2 saya efektif nya hanya 7 hari,saya takut kalau terlalu banyak keluar kota tokyo (krn mau ke mt fuji,kawazu,gala dan disneyland yg pasti butuh 1 hari sendiri = 4 hari dihabiskan diluar kota tokyo) jd tidak maksimal nikmatin tokyo kota nya. Apa sebaik nya saya beli wide pass saja lalu 1 hari nya saya beli tiket biasa (cont : untuk ke disneyland nya) atau lebih baik sekalian beli JR pass 7 days?

    Maaf kalau pertanyaan nya banyak dan membingungkan. Terimakasih banyak

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Ibu tiba di bandara apa? Lalu kembali dari mana?
      Bagaimana jadwal kira-kira liburan di Jepang? Kami membutuhkan detail informasi supaya bisa memberikan rekomendasi lebih tepat.
      Salam

    • Halo mas terimakasih respon nya.

      Kami datang dan kembali dari haneda.sampai tgl 15 feb jam 9 pagi dan pulang tgl 22 feb jam 11 pagi.jadi efektif trip nya 7 hari (15-21).full stay di tokyo,jd jalan2 keluar tokyo nya hanya day trip saja.krn kalau ditambahkan daytrip kyoto berarti hanya 2 hari full yg bs dipakai untuk explore kota tokyo nya.apakah cukup ya kalau hanya 2 hari (krn pemikiran kami untuk day trip fuji,gala,kawazu dan disney + kyoto kalau jadi, akan menghabiskan 1 hari sendiri tiap trip nya)

      Rencana nya :
      15 feb : tokyo city tour
      16 : disneyland
      17 : tokyo city tour
      18 : mt.fuji
      19 : gala yuzawa
      20 : kawazu sakura
      21 : tokyo tour / kyoto
      22 : pulang

      Apakah efektif ya mas? Apa lebih baik 3 hari tokyo dan kyoto di tiadakan? Kalau seperti itu baik nya pakai JR yg mana ya?

      Terimakasih

  33. Halo mas nugroho, sy ke jepang tgl 7-13jan 2017 dgn anak usia 9thn dgn itin sbb :
    7 Jan tiba dr haneda -tokyo sightseeing
    8Jan yokohama
    9Jan gala yuzawa
    10Jan mt fuji- kawaguchiko stay 1n
    11Jan kawaguchiko-gotemba-tokyo
    12Jan disney
    13Jan back jkt
    Nah saya hrs beli jr tokyo wide pass 1x saja atw 2x utk penggunaan smp tgl 13 atw 1x diawal dtg tgl 7-9 atw 8-10 ? selebihnya menggunakan saica card ? mohon bantuan info nya thanks

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Cukup satu kali saja dan silakan pakai tanggal 9-11 Januari. Yang lainnya cukup pakai Pasmo/Suica karena tidak terlalu mahal ongkosnya.
      Salam

  34. hilda situmorang  |  

    jika mau ke tateyama via ogizawa,apakah tokyo wide pass meng cover kereta dari tokyo ke nagano station? selanjutnya saya naik bus dari nagano ke ogizawa. apakah jalur itu sudah tepat? apakah tokyo wide pass harus langsung aktif ketika pertama dibeli? atau dapat diaktifkan sesuai keinginan kita? untuk reserve seat dwngan tokyo wide pass,apakah dikenakan biaya tambahan? apakah jalur subway dan metro juga dicover oleh tokyi wide pass( misal saya dari shinjuku ke asakusa subway?)

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Pada judul artikel jelas dituliskan JR Tokyo Wide Pass, jadi hanya mencakup kereta JR, tidak mencover ongkos kereta subway dll.
      Lalu Tokyo Wide Pass hanya mencover ongkos kereta shinkansen (juga reserved seat) sampai pertengahan Tokyo dan Nagano, yaitu sampai stasiun Sakudaira. Ibu harus membayar tambahan ongkos 3.300 yen untuk shinkansen dari Sakudaira ke Nagano.
      Salam

  35. Halo! Rencana perjalanan saya seperti ini

    Hari 1: tiba di Osaka explore Nara dan Kobe. Stay overnight di Osaka
    Hari 2: seharian di Universal Studios. Overnight di Osaka
    Hari 3: explore Kyoto. Overnight di Osaka
    Hari 4: explore Kyoto/ Osaka. Overnight di Osaka
    Hari 5: Osaka-Kyoto-Kanazawa-Shirakawago-Takayama. Overnight di Takayama
    Hari 6: Perjalanan ke Tokyo
    Hari 7: ke Fuji Q explore Thomas Land. Stay overnight di Fuji Q
    Hari 8: kembali ke Tokyo. Explore Tokyo
    Hari 9: ke Gotemba Outlet atau Mt. Fuji
    Hari 10: pulang melalui Narita Airport

    Jenis pass apa saja yg harus saya beli dan yang paling sesuai dan hemat untuk itinerary tersebut ? Thanks.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Untuk hari ke-2 hingga ke-6 silakan bapak pertimbangkan membeli Takayama Hokuriku Pass. Lalu untuk hari ke-8 sampai ke-10 pulang dari Narita Airport bisa menggunakan Tokyo Wide Pass di atas.
      Salam

    • Mas, nanya lagi ya.

      1. Dari Nagoya ke Tokyo bisa menggunakan Tokyo Wide Pass ya ?

      2. Tokyo Wide Pass dan Takayama Hokuriku Pass apakah bisa dibeli di Jakarta ?

      Terima kasih sebelumnya

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Pak.
      1. Ongkos perjalanan kereta dari Nagoya ke Tokyo tercover dari Atami Station (kurang lebih berada di tengahnya).
      2. Untuk Tokyo Wide Pass bisa dibeli setibanya di Jepang (bandara Haneda atau Narita atau Kansai). Untuk Takayama Hokuriku Pass bisa dibeli di agen-agen travel ke Jepang.
      Salam

    • Sorry yang ini maksudnya gimana, Mas ?

      1. Ongkos perjalanan kereta dari Nagoya ke Tokyo tercover dari Atami Station (kurang lebih berada di tengahnya).

      Atami Station itu di kota apa dan Apakah saya perlu beli tiket kereta lagi dari Nagoya ke Tokyo ?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Atami berada di pertengahan antara Nagoya dan Tokyo Pak. Jadi kalau memang ingin menggunakan JR Tokyo Wide Pass, ongkos keretanya hanya tercover dari Atami ke Tokyo saja. Ongkos dari Nagoya sampai Atami tidak tercover. Ini trik untuk menghemat ongkos kereta.
      Namun jika ingin praktis, silakan bapak beli tiket kereta shinkansen Nagoya ke Tokyo.
      Salam

    • OK terima kasih penjelasannya ttg Atami. Sekarang saya jadi berpikir dari Nagoya, apakah lebih baik ke Fuji Q dulu (ke Thomas Land dan stay overnight di sana) baru ke Tokyo atau lebih efektif rute Nagoya – Tokyo – Fuji Q (overnight) – balik lagi ke Tokyo (besoknya) ?

      Kalau bisa dari Nagoya, apakah bisa langsung ke Fuji Q dan dengan menggunakan moda transportasi apa dan pilihan pass yang harus dibeli ?

      Terima kasih sebelumnya, Mas

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Pak Andre,
      FujiQ itu ada di kawasan Danau Kawaguchiko, terletak di tengah-tengah Nagoya dan Tokyo juga. Kawaguchiko ini yang terkenal dengan pemandangan Gunung Fujinya, saran kami bapak bisa stay 1 hari di sana.
      Rute termudahnya adalah, naik kereta dari Nagoya ke Stasiun Mishima, dilanjutkan dengan naik bus ke arah Kawaguchiko (dan melewati Fujikyu Highland). Pulangnya, ada bus langsung ke Tokyo dari Kawaguchiko atau bisa mulai mengaktifkan Tokyo Wide Pass (mencover ongkos kereta Kawaguchiko sampai Tokyo).
      Salam.

    • Mas, Tokyo Wide Pass bisa dibeli di Kansai Int’l Airport Osaka ? Karena yang saya baca di thread di atas, pass tersebut bisa dibelinya di Haneda, Narita, dan Tokyo area ? Mohon penjelasannya. Thanks.

  36. oya mas Nugroho, kalau boleh bisakah memberikan gambaran itinerary jika saya membeli JR Tokyo Pass, agar saya bisa menggunakan waktu berlibur saya secara maksimal dan hemat, lebih baik kemana dulu kah saya pergi,,? kalo saya pergi ke tempat yg sama menggunakan JR tokyo apakah bisa, Semisalnya hari ini saya pergi ke gunung fuji,, apakah besoknya saya bisa kesana lagi..?
    terimakasih sebelumnya

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat sore Ibu. Silakan dibaca hitung-hitungan oleh Tim Info Jepang, juga contoh tempat wisata yang bisa dikunjungi di artikel di atas.
      Tolong dibaca terlebih dahulu sebelum bertanya, supaya tidak membuat orang lain bingung.
      Salam

  37. Hii mas.. maaf mau tanya.. saya rencana mau beli JR tokyo pass, saya menginap di meguro, pertanyaannya
    1. Dari stasiun mana yang bisa di akses oleh JR Tokyo ke gunung fuji ..
    2. Dari gunung fuji jika mau meneruskan ke snow town yeti akses perjalanannya bisa pakai JR
    Tokyo atau harus beli tiket kereta lagi yang lain.
    3. Utk pulang lagi ke tokyo pada hari yang sama apakah ada batas jam terakhir keberangkatan
    JR Tokyo dari gunung Fuji
    4. Jika pulang ke tokyo dari Sown Town Yeti apakah bisa..? akses transportasinya bagaimana
    mas
    5. Untuk ke Disneyland katanya sudah tercover di JR Tokyo, utk akses pulangnya dari
    disneyland ke tokyo apakah ada jam keberangkatan terakhir JR tokyo..

    Terimakasih sebelumnya.

  38. Halo Mas, mau tanya ya, apakah JR Tokyo Wide Pass bisa mengcover Tokyo Metro Line? saya rencananya mau ke kawaguchigo dari stasiun Nihombashi dan harus menggunakan tokyo metro tozai line dulu untuk ke Nakano (Tokyo) yang mana menggunakan Tokyo Metro line, boleh dibantu jawab ya mas.

    Thanks before

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Anggie. Kalau berangkat dari Nihombashi, silakan jalan sedikit ke Tokyo Station (stasiun JR) daripada naik subway Tokyo Metro sampai ke Nakano. Sebab Tokyo Wide Pass mengcover perjalanan kereta JR dari Tokyo Station.
      Salam

    • Kalau mau ke gala yuzawa apakah bisa dari tokyo statiun? karena saya coba cek schedule di hyperdia namun belum bisa terbuka jadwalnya.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Ya, bisa dengan Shinkansen langsung dari Tokyo Station hanya saat winter season Gala Yuzawa. Info terbaru yang Tim Info Jepang dapatkan, winter season tahun 2016 Gala Yuzawa akan dimulai pada 17 Desember 2016.
      Salam

  39. Halo mas, mau nanya kalo untuk tujuan dari Tokyo ke Nagano atau Toyama (wisata ke alpen route) apakah tercover dengan JR Tokyo Wide Pass?
    Mksh sblmnya.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Hai Nina, perjalanan ke Nagano masuk coverage, namun Toyama tidak tercover. Salam.

  40. Pagi info Jepang, mau tanya nih. Saya kan 10 hari di Jepang. JR pass yg saya lihat kan biasanya penggunanya per 7 hari kemudian 14 hari dan 21 hari. Jika seperti saya ini, apakah harus beli yg 14 hari? Atau ada cara utk lebih hemat lg ya?
    Terima kasih sebelumnya infojepang.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Siang Shenny,
      Tergantung itenerary kamu sih. Kami gak bisa banyak membantu kalau gak tahu rute yang kamu ingin jalani. Yang 14 hari cukup mahal jika dibandingkan dengan 7 hari, dan kamu bakalan buang 4 hari masa berlaku. Saran saya, 7 hari dengan JR Pass itu kamu manfaatin buat yang jauh-jauh (misal rute Tokyo-Kyoto/Osaka/Kobe). Lalu 3 hari terakhir kamu cukup keliling di salah satu kota aja, misal di Tokyo atau Kyoto/Osaka. Salam.

  41. hallo kak salam kenal..mau nanya beberapa hal nih,
    1, izu kawazu, zshibazakura festifal n kitakami/iwate masuk cangkupan JR TOKYO wide pass g?
    2. menurut kamu dimana tempat paling rekom melihat sakura d bln april d deket tokyo?
    3. penginapn murah di tokyo untuk ber2.

    makasih n mohon bantuannya.

  42. hai kak salam kenal…
    1. iwate kitakami termasuk cakupan jr tokyo wide pass g?
    2. menurut kamu dmn melihat sakura terbaik di bulan april yg deket tokyo?
    3. izu kawazu termasuk cangkupan jr toko wide pass g?

  43. Halo mas admin..mau tny lagi.
    1. Jika sy di Jepang mau jjs dgn kawan orang Indonesia yg visanya student visa di sana; bisakah dia membeli ‘Tokyo Wide Pass’ ini utk dirinya? Pertanyaan yg sama juga utk Pass ‘JR Kansai-Hiroshima Pass”. Karena kalau yang saya baca, kalau yg JR Pass national yg 29,000 yen, student visa ga boleh kan ya?

    2. Apa benar Multiple visa entry dgn status Temporary Visitor , juga tidak boleh beli JR pass nasional? atau salah ya

    terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Siang Syari,
      1. Ya, pemegang student visa tidak bisa membeli seluruh Rail Pass karena itu hanya khusus wisatawan asing.
      2. Ya, Temporary Visitor dengan Visa Multiple Entry tidak bisa membeli JR Pass juga.

    • Sore mas admin nugroho,

      Noted informasinya.

      utk nomor 2. Visa multiple entry, masih bisa beli pass yang regional kan..atau tidak? Seperti tokyo wide pass, JR east kansai hiro pass, dll .
      Karena saat visit pertama dengan visa multiple entry, sy bisa mendapatkan JR kansai hiro tsb. Mohon penjelasannya kembali apakah utk yg regional msh bisa atau tidak, utk visit Jepang yg selanjutnya.

      # Bagaimana dengan orang indonesia yang punya visa waiver? apakah mereka tidak bisa beli JR pass nasional juga? kan itu visanya valid 3 thn.

      thanks

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Untuk JR Pass regional, syaratnya berbeda-beda. JR Tokyo Wide Pass bisa dibeli siapapun yang punya paspor asing selain negara Jepang. Sedangkan JR Pass regional lainnya selain Tokyo Wide Pass bisa dibeli oleh orang dengan paspor asing selain Jepang+temporary visitor.
      Dengan visa waiver, kita cuma tidak perlu membuat visa setiap kali pergi ke Jepang. Setibanya di Jepang, paspor elektronik akan dicap temporary visitor dan hanya dapat tinggal hingga 15 hari.
      Salam

  44. Salam pak Cristian..
    Saya berencana ke Jepang bulan Maret 2017 nanti,dan menggunakan tokyo wide pas. Yg mau saya tanyakan,apakah ada pembatasan limit pemakaian pada kartu ini? Misalnya hari pertama saya berencana ke gunung Fuji dengan kartu ini,apakah hari kedua bisa saya pakai ke gala yuzawa dan hari ketiga ke izu kawazu? Yg saya takutkan,begitu limit 10.000 yen sudah terlampaui,dalam 1 atau 2 hari misalnya,maka saya tidak bisa ke tempat wisata lain yang saya sebut diatas. Mohon pencerahannya.
    Tq so much

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Yang namanya free pass tidak ada limit pemakaian. Makin banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi, dan makin jauh perjalanan, maka makin untung. Untuk itulah Tim Info Jepang sudah memberikan contoh pemakaian JR Tokyo Wide Pass yang menguntungkan seperti tertulis di artikel atas.
      Salam

    • Yuliana  |  

      Baik..
      Saya berencana jg membeli ticket Gogo kamogawa seaworld dan pasmo card via tim infojepang. Boleh minta kontaknya pak? Begitu visa saya keluar,langsung saya kontak. Tks

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Tiketnya Gogo Kamogawa dan Pasmo bisa dibeli setibanya di Jepang. Itu akan jauh lebih murah dan praktis.
      Tim Info Jepang tidak melayani pembelian tiket karena tidak efektif.
      Salam

  45. mau tanya jr tokyo wide pass itu batasnya dalam 3 hari ya? bukan dalam jam (72 jam)? berarti batas pemakaiannya sampai jam 23.59?

    oh ya saya berencana di tokyo 3 hari, dari narita dan berencana juga ke lake kawaguchiko, apakah lebih baik saya membeli jr tokyo wide pass ini?

    terimakasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Ya 3 hari berturut-turut, bukan 72 jam. Kalau 72 jam tentu Tim Info Jepang akan menuliskannya seperti itu.
      Bagaimana jadwalnya? Apakah Narita dan Kawaguchiko dalam 3 hari?
      Salam

    • iya narita dan kawaguchiko dalam 3 hari tersebut, apakah lebih baik menggunakan jr tokyo wide pass ini?

      terimakasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Kalau hanya mengunjungi dua tempat tidak perlu membeli JR Tokyo Wide Pass, cukup beli tiket satuan.
      Salam

  46. Hi,
    1. Apakah dengan JR Pass ini bisa naik shinkansen selain ke Gala Yuzawa?

    Misal ke TObu World square dengan Tohoku – Hokkaido Shinkansen (Hayate trains) melalui JR Niko Line?

    2. Jika ingin ke Hitachi Seaside Park, apakah tercover dengan JR Pass jika naik kereta ekspress “The Super Hitachi”.

    Lalu apakah masih harus melanjutkan naik bus lg?

    3. Apakah Gala Yuzawa masih buka jika kita datang awal Mei, karena tahun 2016 ini saya lihat di web nya buka hingga tgl 8 Mei (Golden Week/Customer Thanks Week)?

    Misalkan tutup, apakah jika kita ingin sightseeing disana boleh?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat sore Ibu.
      1. Dengan Tokyo Wide Pass bisa naik shinkansen dari Tokyo sampai Oyama Station. Dari situ bisa lanjut ke Tochigi station untuk bisa ke Tobu World Square. Perlu dicatat JR Nikko line hanya sampai ke objek wisata di kota Nikko seperti Nikko Toshogu atau Danau Chuzenji. Kalau mau ke Tobu World Square lebih baik berganti di Oyama Station dan naik tobu line (tercover JR Wide Pass juga).
      2. Ya Ibu seluruh ongkos kereta ke Hitachi Seaside Park tercover oleh Tokyo Wide Pass (sudah tertulis di atas). Tapi dari stasiun masih harus naik bus penghubung.
      3. Gala Yuzawa hanya terkenal dengan resort skinya. Jadi kalau tidak buka, hampir tidak ada tempat wisata yang bisa dijalani. Tim Info Jepang akan segera mengupdate informasi Gala Yuzawa begitu ada info terbaru untuk winter season 2016/2017.
      Salam

    • Thanks utk infonya.
      Mau tanya lg,apa kereta Fujikyu Railways dari Otsuki – Kawagucgiko itu free (alias sudah termasuk dalam JR Wide Pass)?
      Thx

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Ya, seluruh ongkos kereta JR+Fujikyuko dari Tokyo sampai Kawaguchiko Station sudah tercover JR Tokyo Wide Pass.
      Salam

  47. selamat siang..saya rencana ke jepang dengan tujuan tokyo disneyland,gala yuzawa dan mt.fuji..apa lbh hemat pakai jr wide pass?ke tokyo disneyland jg tercover dg wide pass ini?kalau osaka tercover tidak?soalnya ingin ke usj. thxu

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Otavianova. Kalau mengunjungi 3 tempat wisata di atas, sudah cukup untuk balik modal (bisa lihat contoh perhitungan Tim Info Jepang di atas).
      Tokyo Disneyland/Disneysea juga tercover dalam pass ini, namun Osaka tidak.
      Salam

  48. Mas Nugroho, salam kenal.\
    Saya bisa dibantu dijelaskan Mas, berhubung blm pernah ke Jepang.
    Minggu lalu saya beli tiket utk tgl 10 Des-15 Des 2016.Oleh pihak travel biro, disarankan untuk beli Kanto biffet.Adapun saat itu saya beli utk tujuan ke:
    1.Disney sea @959rb (Dewasa) dan @ 659rn(Anak2)
    2.Kawaguchi @ 128rb (D) dan @ 90rb (A)
    3.Nikko Eddoland @ 700rb (D) dan @ 350rb (A)
    4.Gala Yuzawa @2juta (D) dan @ 1juta (A)
    Total tiket hamper 20juta untuk 4 D dan 2 A
    Ternyata, bbrp hari kemudian, pihak travel biro telpon bahwa Gala Yuzawa bukanya tanggal 17 Desember. Mrk akan refund utk Gala Yuzawa.
    Tetapi knp hanya dikembalikan cuma 1,3 juta saja ya, sementara saat beli lebih dari 10 juta?
    Bisa dibantu dijelaskan Pak?
    Apakah ada saran pengganti lokasi wisata yang bisa menggantikan Gala Yuzawa spt artikel yg Mas Nugroho tulis? saran sebaiknya kemana ya? yg impas dengan uang yg telah saya keluarkan utk ke Gala Yuzawa?

    Terima kasih banyak.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Siang Pak Anis, salam kenal.
      Kalau soal kebijakan travel kami kurang tahu pak, mungkin bapak bisa langsung menanyakan perihal 1,3 juta itu. Saya agak bingung, 10 juta yang mana ya pak? Lagipula tiket Gala Yuzawa 2 juta per orang itu pun sudah kemahalan. Sebagai gambaran: tiket masuknya saja hanya 4.600 yen + peralatan ski 2.500 yen + tiket Shinkansen 6.500 yen. Tambahan, kalau bisa hubungi biro perjalanan yang terpercaya, dan jangan tergiur dengan biaya murah.
      Salam.

  49. Halo mas,

    Mau tanya saya berencana ke Jepang awal Maret 2017. Ada info festival apa saja? Sama mau tanya kalau saya membeli JR Tokyo Wide Pass ini apakah subway Tokyo Monorail sdh tercover atau harus beli suica? Thxs a lot

  50. Selamat malam…

    Saya berencana ke Jepang bersama teman2 bulan desember 2016 selama 17 hari. Tujuan wisata kami selain Tokyo, kami akan ke Osaka (menginap selama 4 hari) dan ke Kyoto sebelum kembali ke Tokyo. Selain ke G. Fuji, dan Hakone kami juga berencana ke Nagano. Mohon infonya JR pass apa yang tepat untuk kami ? Apakah kami harus membeli yg 14 hari atau cukup 7 hari saja?

    Terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu Desti. Maaf Tim Info Jepang tidak melayani detail perjalanan dan penjelasan mengenai JR Pass lewat website karena hanya akan membuat pengunjung yang lain bingung. Mohon pengertiannya, sebab ada lebih dari 55 ribu pengunjung lain yang melihat website ini. Jika membutuhkan bantuan dan konsultasi jadwal perjalanan, bisa memanfaatkan layanan Tour Guide Online Info Jepang. Tim Info Jepang bisa memberikan informasi lengkap naik kereta apa, dari platform dan stasiun mana, serta tips-tips hemat dan praktis lainnya mengenai itinerary perjalanan. Selain itu bisa langsung bertanya via telepon whatsapp sewaktu liburan di Jepang.
      Salam

  51. Halo mas ,,, klu sy beli tokyo wide pass misal tgl 10 dan mulai digunakan jam 15 pm ,,,pertanyaan nya :
    1- kartu tsb akan berakhir tgl 12 jam 15 pm atau tengah malam jam 24.00. ?
    2- klu belinya tgl 10 dan ingin diaktifkan tgl 14 , apakah bisa. , atau hrs aktif di tgl pembelian kartu tsb saja. ?
    Terimakasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Pak Surya. JR Tokyo Wide Pass berlaku untuk 3 hari berturut-turut dan bukan 3 X 24 jam pak. Jadi bila diaktifkan pada tanggal 10 jam 15.00 akan habis masa berlakunya pada tanggal 12 pukul 23.59. Kalau memang ingin diaktifkan dan mulai dipakai tanggal 14 maka silakan dibeli pada hari-H tanggal 14, karena masa aktif dihitung dari tanggal pembelian.
      Salam

  52. Halo mas mau tanya, tokyo wide pass ini bisa di beli dr skrng atau pas hari H kita mau pergunakan ? Misal saya sampai jp tgl 11mrt 17 langsung beli di bandara narita tp untuk tanggal 14 mart 17.
    Terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      JR Tokyo Wide Pass hanya bisa dibeli di stasiun-stasiun tertentu di Jepang dan berlaku 3 hari berturut-turut semenjak hari pembelian.
      Salam

  53. Halo Ito Nugroho…aku mau liburan ke Jepang dengan anak berumur 11 tahun selama 7 hari. JR pass yang paling cocok buat kami yang mana yah ? Kami tiba di haneda, pulang lewat Osaka. Mohon arahannya. Thank you bro..

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ulie. Tim Info Jepang perlu jadwal lengkapnya mengenai perjalanan selama di Jepang karena ada banyak jenis versi JR Pass.
      Satu saran yang bisa kami berikan, tidak perlu membeli JR Pass yang 29 ribu karena sulit balik modal jika tiba dari Haneda Airport dan kembali dari Kansai Airport.
      Salam

    • Jadwal lengkap saya belum ada, krn sya mau ajar anak untuk backpacker. Tempat yang ingin dikunjungi Disney Sea, Asakusa Kannon Temple, Patung hachiko, Mt Fuji, kanazawa Castle, Shirakawago Village, Kiyomizu Temple n Fushimi Inari. Universal Studio, alternative. Belum punya ide tempat mana lagi, mungkin ada saran. Makasih bro.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Web Info Jepang memang bertujuan buat yang ingin backpacker dan wisata hemat di Jepang.
      Silakan dibaca-baca dulu mengenai tempat wisata pilihan di Osaka, Kyoto, Kobe, Nara.
      Beberapa tempat wisata di Tokyo, Yokohama, Hakone, dan Kawaguchiko juga bisa jadi pilihan tepat. Tersedia juga hotel-hotel murah dan terdekat tempat-tempat wisata itu, yang memang sudah dicek sendiri oleh Tim Info Jepang sewaktu membuat itinerary Tour Guide Online.
      Ngomong-ngomong, kapan rencana berangkat liburannya? Tim Info Jepang bisa memberi saran mengenai festival/ pemandangan apa yang bagus dilihat dsb.
      Salam

  54. Hi Mas
    Mau tanya kalau di Semenanjung Izu bisa ke mana saja ya? kemudian apakah ada tempat lain di sekitar situ untuk dikunjungi?

    Terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Semenanjung Izu punya tempat wisata di pinggir laut juga beberapa objek wisata seperti Kastil Atami serta beberapa pemandian air panas dengan pemandangan laut yang bagus. Selama ini baru ada satu keluarga yang pergi ke sini diantar oleh Tim Info Jepang, makanya kami belum membuat artikel wisatanya.
      Stay tune terus bersama infojepang untuk update artikel tempat wisata baru.
      Salam

    • okk mas sip. btw untuk muter2 daerah semenanjung izu ada pass atau transportasi apa ya Mas? thx

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Sudah cukup menggunakan JR Tokyo Wide Pass, sebab semua tempat wisatanya terhubung dengan jalur kereta JR.
      Salam

  55. Halo mas, kalo Dari danau kawaguchi ke Osaka, apakah bs menggunakan JR wide pass ini, kalo tidak bisa alternatif lain apa ya? kemudian dari osaka, kalo lanjut ke Kyoto yg termurah naik apa?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Dari Danau Kawaguchiko bisa naik bus/ Shinkansen, tapi tidak tercover oleh JR Tokyo Wide Pass.
      Dari Kyoto ke Osaka itu sangat dekat, naik kereta paling cepat 28 menit dengan ongkos 560 yen.
      Salam

  56. halo mas Nugroho Christian.
    saya akan ke Jepang selama 5 hari. Untuk transportasi, 3 hari pertama saya akan menggunakan Tokyo Wide Pass dan 2 hari setelahnya menggunakan 2 days pass metro subway Tokyo.
    yang ingin saya tanyakan selain Shinjuku dan Ueno daerah mana saja mas ya mas yang ada stasiun JR sekaligus stasiun subway. Maksudnya agar tidak keluar ongkos lagi untuk transportasi dari Hotel ke Stasiun dan sebaliknya. Maklum mas budget ngetat banget hehe.. Terima kasih.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Halo miliya, masa berlakunya hanya pada saat musim dingin, yakni dari bulan Desember sampai April setiap tahunnya.

      Salam!

  57. Hey very nice blog!! Man .. Beautiful .. Amazing .. I’ll bookmark your site and take the feeds also…I am happy to find so many helpful information right here within the submit, we need work out extra techniques on this regard, thanks for sharing. . . . . .

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Kalau pertanyaannya apakah bisa, jawabannya bisa bu, cuma perlu diperhatikan bahwa JR Wide Tokyo Pass hanya mengcover sampai kereta JR (sampai stasiun Odawara). Dari stasiun odawara kemudian bisa membeli Hakone Free Pass (hanya ada untuk 2 atau 3 hari). Jadi penggunaannya tidak maksimal.
      Salam

  58. Hi mas Nugroho thanks a lot for your prompt reply 😊.
    Untuk fuji kyuko bus ini apakah tercover oleh jr tokyo wide pass? Jika tidak brapa hrga dan dapat di akses drimana yah mas? Dri st.kawaguchi kah?

    Pertanyaan laun, jika sudah beli jr tokyo wide pass di bandara haneda bisakah digunakan untuk mnuju st. Shibuya?karena saya bca dri haneda bs naik tokyo monorail dan itu sudah tercover jr tokyo widepass, tapi jika saya lihat rute yg tercover jr tokyo wide pass, dri haneda blum ada, jdi bingung

    Maaf pertnyaannyah jdi bantak yah mas, terimakasih 😊

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Karena bukan JR bus, maka tidak tercover JR Tokyo Wide Pass. Ya bisa naik dari Kawaguchiko Station. Ongkosnya sampai ke Gotenba adalah 1510 yen.

      Dari Haneda ke Tokyo sudah tercover Ibu, tenang saja

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Tokyo Monorail dari Haneda masuk cakupan JR Pass bu. Jadi, setelah menukar JR Pass di Haneda, bisa langsung digunakan.

      Salam dan selamat liburan!

    • Setelah believe jr tokyo wide pass bisa lngsung naik tokyo monorail untuk kemudian ganti ke yamanote line dan ttp tercover jr tokyo wide pass khn yah mas? Ok terimakasi bnyak untuk infonyah yah sangat berguna 😊😊

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Ya, yamanote line lengkapnya adalah JR Yamanote Line dan sudah pasti tercover dengan tiket JR Pass. Terima kasih juga.

      Salam dan selamat liburan!

  59. Dengan tokyo wide pass ke kawaguchi tercover kan? Kemudian untuk dri kawaguchi ke hakone atau gotemba bisakah melanjutkan perjalanan dri kawaguchi? Harus mmbeli pass lain kah?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Betul Lake Kawaguchiko tercover oleh JR Tokyo Wide Pass. Dari Kawaguchiko ke Gotenba atau Hakone bisa naik Fuji Kyuko Bus, lebih praktis daripada naik kereta karena harus memutar jauh ke arah Tokyo. Salam

  60. halo mas, klo untuk ke yokohama bisa pke Tokyo Wide Pass ini kah?
    karena lihat di Hyperdia untuk ke Yokohama dari stasiun Noborito (saya berencana ke Yokohama sepulang dari mngunjungi museum doraemon) harus menggunakan JR Tokaido Line for ODAWARA. dan di website JR dinyatakan Tokyo Wide Pass tidak berlaku untuk Tokaido Shinkansen. sebenarnyah apakah JR Tokaido Line for ODAWARA sama dengan Tokaido Shinkansen?
    mohon petunjuknyah ya mas.
    terima kasih

  61. Nugroho Christian
    Nugroho Christian  |  

    Yokohama termasuk coverage/ cakupan Tokyo Wide Pass. JR Tokaido Line adalah kereta lokal dari Tokyo-Atami-Maibara-Kobe. Nah, ada JR Tokaido Shinkansen yang jalurnya paralel/ sebelahan dengan JR Tokaido Line. Nah, kereta shinkansen inilah yang tidak termasuk cakupan Tokyo Wide Pass Rika.

    JR Tokaido Line jalurnya sama dengan JR Tokaido Shinkansen, namun berbeda karena hanya merupakan kereta biasa. Bukan seperti kereta cepat shinkansen.

    Salam dan selamat liburan ya.

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan