Landmark Terkenal di Jepang

You are here Home  > Center Town >  Landmark Terkenal di Jepang

Jepang bukan hanya bicara soal pemandangan alamnya yang keren. Atau tentang penduduknya yang teratur dengan budaya dan adat yang khas. Jepang juga punya beragam bangunan landmark terkenal, entah karena nilai sejarahnya, desain arsitekturnya, atau karena keunikannya yang tidak dapat kita temukan di tempat lain di dunia ini. Berikut ini adalah liputan khas Tim Info Jepang tentang Landmark Terkenal di Jepang, yang mungkin bisa jadi ide buat teman-teman yang masih bingung mau kemana di Jepang nanti.

Beberapa Contoh Landmark Terkenal di Jepang

1. Tokyo Tower dan Tokyo Skytree

Tokyo Tower adalah simbol kemegahan dan kemajuan Jepang di bidang konstruksi. Menara setinggi 333 meter ini didesain tahan gempa, tahan api, dan tahan angin sampai seratus tahun ke depan. Bentuknya yang unik dengan pemandangan kota Tokyo dari ketinggian menjadikan landmark ini menjadi “salah satu tempat yang harus dikunjungi” saat kita berada di Jepang khususnya di kota Tokyo. Tidak heran, lebih dari tiga juta pengunjung datang ke Tokyo Tower setiap tahunnya. Selain itu, ada juga Tokyo Skytree, menara setinggi 634 meter yang selesai dibangun tahun 2012 yang menggantikan fungsi Tokyo Tower. Tokyo Skytree menyandang status sebagai menara pemancar tertinggi di dunia dan jadi bangunan tertinggi kedua di dunia setelah Burj Khalifa di Dubai.

Tokyo Skytree dan Sumidagawa

Landmark Terkenal di Jepang: Tokyo Skytree

2. Yokohama Landmark Tower

Di tahun 2014 kemarin, saya merasakan sendiri “keunikan” dari gedung tertinggi di area Yokohama Minatomirai ini. Bangunan Yokohama Landmark Tower setinggi 296 meter ini punya lift atau elevator tercepat di dunia, yakni 750 meter per menit. Nah, elevator ini bisa kita rasakan sendiri saat naik ke area observasi yang terletak di lantai 69. Untuk mencapai ketinggian 273 meter, kita butuh hanya 25 detik saja! Luar biasa! Meskipun kita bergerak dengan kecepatan sangat tinggi, namun lift ini dilengkapi dengan peredam getaran dan suara, sehingga kita tidak merasakan gangguan berarti. Tahu-tahu, sudah ada di lantai 69 saja! Oiya, di lantai observasi ada toko oleh-oleh dan cafe di mana teman-teman bisa makan malam sambil menikmati pemandangan malam terbaik di Yokohama yang begitu indah.

Baca juga: Yokohama Minatomirai, kota pelabuhan terkenal di Jepang.

Landmark Terkenal di Jepang Landmark Tower Yokohama

Landmark Terkenal di Jepang: Landmark Tower Yokohama

3. Museum Perdamaian Hiroshima

Museum Perdamaian Hiroshima adalah museum yang dibangun untuk mengenang kejadian bom atom yang terjadi di Hiroshima tahun 1945. Dibangun tahun 1955, museum ini ada di tepi sungai Ota, Hiroshima, tidak jauh dari Atomic Bomb Dome, satu-satunya bangunan yang bertahan dari serangan bom atom pada perang dunia kedua. Setiap tahunnya lebih dari satu juta pengunjung dari seluruh dunia yang datang di sini, untuk melihat kembali sejarah dan dahsyatnya ledakan bom atom. Dan uniknya, kita akan diajak untuk berkomitmen untuk menjaga perdamaian dunia.

Pergi ke Atomic Bomb Dome di Hiroshima

Landmark Terkenal di Jepang: Atomic Bomb Dome

4. Patung Perdamaian dan Museum Perdamaian Nagasaki

Berlokasi di ujung selatan Jepang, Nagasaki juga punya landmark terkenal, yakni patung perdamaian Nagasaki. Ikon taman perdamaian ini adalah patung berwarna biru setinggi 9,7 meter dan seberat 30 ton dengan tangan kanan menghadap ke atas dan tangan kiri menghadap ke samping. Ikon ini kurang lebih untuk mengingatkan warga dunia menjaga kedamaian. Tangan kanan yang menghadap ke atas yang berarti menjaga hubungan manusia dengan Sang Pencipta. Sedangkan tangan kiri yang menghadap ke samping berarti menjaga hubungan baik dengan sesama manusia. Sebelum berkeliling ke objek-objek wisata di Nagasaki, teman-teman bisa mengunjungi dan mengabadikan momen di Patung Perdamaian Nagasaki.

Nagasaki Peace Park Monument

Landmark Terkenal di Jepang: Nagasaki Peace Park Monument

5. Umeda Sky Building Osaka

Umeda Sky Building adalah gedung pencakar langit di distrik bisnis dan ekonomi Umeda di Osaka. Yang unik dari gedung ini adalah, lift atau elevatornya yang tembus pandang! Kita bisa merasakan sensasi melihat pemandangan kota Osaka yang semakin mengecil seiring bertambahnya ketinggian. Dari area observasi di lantai 35, kita bisa menikmati pemandangan siang dan malam hari wilayah Osaka dan Kansai yang indah. Setibanya di Osaka, teman-teman bisa mampir ke Umeda Sky Building sebelum melanjutkan perjalanan berkeliling di Osaka.

Panorama malam Umeda Osaka dari Grand Front Osaka

Landmark Terkenal di Jepang: Umeda Sky Building

6. Gedung Jam Sapporo

Gedung Jam Sapporo atau Sapporo Clock Tower adalah gedung jam bersejarah di pusat kota Sapporo. Bentuknya mirip seperti jam gadang yang ada di Bukit Tinggi Sumatera Barat. Jam analog berukuran raksasa dibawa langsung dari Boston dan dipasang di sini tahun 1881. Biasanya, para wisatawan Sapporo selalu mengabadikan momen di bangunan tertua sekaligus ikon wisata di Sapporo.

Landmark Terkenal di Jepang Sapporo Clock Tower

Landmark Terkenal di Jepang: Sapporo Clock Tower

Sumber gambar: Flickr aotaro, waka, Laruse Junior, Lionel Leong, pelican

Recommended for you

Jangan ketinggalan Info Liburan Terbaru ke Jepang

Last modified: December 3, 2016

Close Comments

Ask questions

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!