[Must Know] Menggunakan Hyperdia

You are here Home  > Transportasi Jepang >  [Must Know] Menggunakan Hyperdia

Bagi teman-teman yang sedang merencanakan liburan ke Jepang pasti pernah menemukan atau membaca informasi mengenai situs atau aplikasi Hyperdia. Hyperdia adalah situs website yang menyediakan informasi pilihan dan jadwal kereta api, pesawat, dan bus bagi kita yang ingin bepergian di Jepang. Selain itu, kita juga bisa melihat durasi/ lama perjalanan, harga tiket, dan juga pilihan stasiun transit, tentu semuanya dalam bahasa Inggris. Di awal-awal kedatangan saya di Jepang, situs Hyperdia menjadi andalan khususnya untuk menjelajah atau mengunjungi tempat-tempat yang baru. Khusus bagi pembaca setia infojepang.net kami berikan panduan mengenai cara menggunakan Hyperdia. Artikel ini disusun dan dirangkum berdasarkan pengalaman selama Tim Info Jepang memandu perjalanan kereta di Jepang dan cara menggunakan Hyperdia.

Aplikasi ini dibuat oleh perusahaan Hitachi System Jepang, dan menjadi salah satu dari aplikasi dimiliki saat kita mengunjungi Jepang. Lihat juga 10 Tips Liburan di Jepang. Aplikasinya tersedia untuk Iphone dan Android, atau melalui website Hyperdia.

1. Cara menggunakan Hyperdia

hyperdia-web

1. Silahkan, teman-teman membuka halaman utama situs. Teman-teman bisa melihat kotak di sisi kiri. Kita bisa memasukkan nama stasiun asal/ keberangkatan kita, kemudian juga nama stasiun tujuan kita. Untuk memasukkan nama stasiun asal kita harus mengetik namanya.

2. Lalu lakukan hal yang sama juga untuk memasukkan nama stasiun tujuan kita.

CATATAN 1:
Untuk beberapa stasiun di memiliki unsur kata yang sama, seperti Tokyo: ada Tokyo Disneysea, Tokyo Disneyland, Tokyo Skytree, dan Tokyo Teleport (Odaiba). Teman-teman cukup memasukkan “Tokyo” lalu komputer akan memberikan pilihan kepada teman-teman. Bagian ini memudahkan kita, khususnya saat kita tidak tahu nama stasiun asal kita, cukup masukkan kota kemudian melihat stasiun yang memiliki unsur nama yang kita masukkan.

Selain itu, jika tidak ditemukan nama stasiun, coba masukkan kata-kata berikut ini sebelum nama kota tujuan:

  • Shin-” (pusat/utama): Shin-Osaka, Shin-Kobe, atau Shin-Yokohama
  • Nishi-” (barat): Nishi-Chiba, Nishi-Funabashi, Nishi-Shinjuku
  • Higashi” (timur): Higashi-Asahikawa, Higashi-Kawaguchi
  • “Kita-” (utara): Kita-Biei
  • “Minami-” (selatan): Minami-Shinjuku
  • “Keisei-” (nama perusahaan kereta swasta) yang memiliki jalur sendiri Tokyo-Chiba, seperti Keisei-Chiba, Keisei-Inage

Masih bingung dengan sistem kereta di Jepang? Coba Tour Guide Online!

3. Lalu, kita masukkan pilihan tanggal dan jam. Ada tiga tipe yang bisa dipilih: yakni departure, arrival, dan average. Departure akan memberikan hasil pencarian jadwal kereta dengan waktu berangkat terdekat. Sementara arrival akan memberikan jadwal kereta yang sesuai dengan waktu tiba di stasiun tujuan kita. Pilihan average akan memberikan jadwal kereta di mana waktu masukan kita menjadi waktu di tengah perjalanan. Setelah memilih, klik tombol search.

CATATAN 2:

Masukan tanggal dan jam biasanya akan sama dengan jam kita mengakses aplikasi atau website. Jika ingin menghitung perjalanan untuk esok hari/ hari lainnya, teman-teman bisa memilih tanggal dan waktu dengan cara memilih dari drop-down.

4. Sistem akan mencari dan memberikan pilihan terdekat dengan waktu keberangkatan/ tiba di stasiun tujuan.

CATATAN 3:

Di bagian more options, teman-teman bisa memilih jenis kereta, seperti tidak menyertakan kereta Nozomi/ Hayabusa/ Mizuho yang tidak masuk dalam cakupan JR-Pass. Atau pilih menggunakan kereta lokal, kereta malam, kereta Japan Railway (JR) saja atau kereta swasta. Selain itu juga tersedia stasiun transit sesuai dengan pilihan teman-teman. Stasiun transit ini sangat berguna jika teman-teman ingin liburan sebentar (mengunjungi objek wisata) di kota transit.

Baca juga: FAQ terlengkap Japan Rail Pass

Pesan JR Pass online
hyperdia-web-more

5. Muncul layar baru dengan beberapa pilihan rute kereta dengan urutan sesuai jam keberangkatan. Teman-teman bisa melihat informasi nama kereta (A), nama stasiun transit (B), jika memerlukan transit/ berpindah kereta, dan juga nomor peron untuk kita naik/ turun kereta di stasiun asal dan stasiun tujuan (C). Di bagian atas, kita bisa melihat juga total waktu perjalanan (D), jumlah stasiun transit saat kita perlu berpindah kereta (E), dan jarak yang ditempuh (F), juga harga total tiket yang terdiri dari harga dasar tiket ditambah harga kursi (G).

Beberapa link yang disediakan antara lain:

  • Map, peta lokasi stasiun kereta yang bisa kita lihat melalui googlemaps
  • Hotel, menampilkan hotel di sekitar stasiun kereta
  • Restaurant, menampilkan restoran di sekitar stasiun kereta
  • Rent-a-car, jika teman-teman ingin menyewa mobil di Jepang

hyperdia-web-search

CATATAN 4:

Stasiun kereta Jepang apalagi stasiun besar memiliki peron dengan jumlah yang banyak. Di Jakarta, maksimum peron paling hanya 7 (di Manggarai), namun di Jepang, peron bisa sampai belasan bahkan puluhan. Selain itu, untuk berpindah peron kita perlu naik dan turun elevator, dan bisa memakan waktu 15-20 menit. Pastikan untuk mengetahui di peron berapa kereta teman-teman akan berangkat, sehingga tidak ketinggalan kereta.

6. Cara menggunakan aplikasi Hyperdia baik di Iphone dan Android secara umum sama dengan website yang sudah dijelaskan di atas. Namun, aplikasi di handphone dilengkapi dengan “voice input” yakni menerima masukan nama stasiun dari suara. Kita cukup menyebutkan nama stasiun “Kyoto” sambil menekan tombol “Press while speaking” Aplikasi akan menerjemahkan suara menjadi teks input nama stasiun.

hyperdia-app-home

7. Kita juga bisa memasukkan jadwal keberangkatan dari stasiun asal atau waktu tiba kita di stasiun tujuan.

8. Lalu klik tombol Search, dan aplikasi akan memberikan pilihan rute beserta jadwal kereta kita. Informasi lainnya seperti lama/ durasi perjalanan, apakah perlu transit/ tidak, jarak yang ditempuh, dan harga tiket juga bisa kita lihat.

hyperdia-app-search

Bingung dengan sistem kereta di Jepang? Coba Tour Guide Online!

9. Stasiun transit adalah stasiun tempat kita harus berpindah kereta. Namun, kita tidak boleh keluar dari stasiun transit. Jika keluar, maka tiket kereta menjadi tidak berlaku dan kita diwajibkan untuk membeli tiket lagi. Waktu menunggu biasanya berkisar antara 5 menit-20 menit tergantung tenis kereta. Untuk tujuan kota kecil, seperti di Kagoshima di selatan Jepang atau Daisetsuzan di Hokkaido, kita mungkin membutuhkan waktu tunggu kereta yang lebih lama.

Sekian panduan menggunakan Hyperdia, jika teman-teman masih bingung atau ada pertanyaan, bisa langsung ditanyakan kepada Tim Info Jepang atau melalui komentar di bawah ini. Semoga artikel penjelasan cara menggunakan Hyperdia ini bisa bermanfaat bagi teman-teman yang merencakan liburan ke Jepang!

Pesan JR Pass online

Tips+Trik Liburan Hemat dengan Free Pass Kereta (selengkapnya)

kereta shinkansen

Liburan di Jepang pasti tidak jauh dengan yang transportasi kereta, dan supaya kamu tidak malu-maluin, ayo baca dulu etika naik kereta di Jepang.

Free Pass Kyoto

Tim Info Jepang sudah merangkum 5 free pass Kyoto yang sangat bermanfaat dalam liburan di Kyoto. Selain mendapatkan keuntungan berupa potongan harga, perjalanan juga akan jadi praktis tidak perlu membayar sana-sini.

Membeli JR Tokyo Wide Pass di Ueno

Untuk teman-teman yang merencanakan liburan ke Jepang, bisa memanfaatkan tiket terusan JR Tokyo Wide Pass. Tiket ini khusus bagi wisatawan mancanegara yang datang ke Jepang dengan visa liburan/ wisata. Seperti apa JR Tokyo Wide Pass itu, lalu objek-objek...

Hankyu Tourist Pass Gion Kawaramachi Station

Jalur kereta Hankyu di wilayah Kansai menghubungkan kota Osaka, Kobe, dan Kyoto. Buat teman-teman yang berencana berkeliling ketiga tempat ini, Tim Info Jepang menyarankan untuk menggunakan Hankyu Tourist Pass.

Liburan ke Yokohama hemat dengan pass kereta di Yokohama

Informasi pass kereta di Yokohama yang bakalan membuat liburan kita ke Yokohama menjadi praktis, dan tentu lebih murah: Yokohama Minatomirai Pass, Minatomirai Line One Day Ticket, Tokyu Tokyo Metro Pass dan lainnya.

jr-pass

JR Pass adalah cara paling murah untuk berkeliling Jepang dengan naik kereta, khususnya jika ingin ke kota-kota selain Tokyo. Dengan JR Pass, wisatawan asing bisa bepergian ke kota manapun secara gratis.



Recommended for you

Jangan ketinggalan Info Liburan Terbaru ke Jepang

Last modified: February 7, 2017

Comments (44)

  1. Malam pak, saya ingin bertanya bagaimana ya membedakan mana yang termasuk toei subway / metro subway / JR line di hyperdia?

    Contohnya saja ada Tobu Skytree Line Section Exp. for ASAKUSA dan ada Tobu Skytree Line Exp. for CHUO-RINKAN di Hyperdia. Bagaimana saya mengetahui itu termasuk jenis transportasi apa?

    Terima kasih sebelumnya.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Kalau tidak ada tulisan JR nya, berarti itu kereta swasta Vanni. Sementara untuk kereta Toei dan Metro Subway hanya ada di dalam kota Tokyo, biasanya dalam nama keretanya ada Toei dan Metro. Untuk kereta yang dituliskan adalah kereta non-jr yang dioperasikan oleh Tobu, biasanya dari Asakusa ke arah Nikko dan Kinugawa Onsen. Salam.

  2. 1. halo mau tanya, misalkan saya ketik origin: ASAKUSA(TOBU/SUBWAY) destination: TOKYO, dan hasilnya “TOKYO METRO GINZA LINE FOR SHIBUYA”, yg saya tanya maksud dari “for SHIBUYA” itu apa ya?

    2. jadi stepnya seperti ini bukan kalau naik kereta di jepang?
    -cari GATE JR / non JR kyk subway (metro/toei)
    -setelah masuk GATE, cari no.PLATFORM/track
    -setelah dapat no Platform, cek LINE nya, bener gak di nomor platform itu ada line dengan nama GINZA LINE misalnya.
    bener gak gitu step nya??

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Pak. For Shibuya artinya keretanya menuju ke Shibuya, dengan kata lain: Asakusa-Shibuya.
      Step naik keretanya hanya terbalik step nomor 2 dan 3. Salam

    • wahhh thanks kak atas infonya, mau tanya lagi:

      1.kalau dr tokyo ke osaka saya rencana untuk pindah hotel dr tokyo ke osaka, nah itu pasti kita naik shinkansen dengan membawa KOPER BESAR kami, nah koper besar itu bole gak ya bawa masuk ke shinkansen? atau ada services kusus untuk bagasi ini? atau ada prosedur lain terkait membawa koper besar di shinkansen????

      2.kalau misalnya hasil pencarian menggunakan hyperida ada kereta dengan format :
      – [nama kereta] LTD. EXP
      – [nama kereta] LINE. EXP
      – [nama kereta] SEMI-EXP
      – [nama kereta] Sub EXP
      itu semua di cover JR PASS ya???

  3. Hai Mas Nugroho,

    Saya search hyperdia dr inari st mau ke nijojomae st agak bingung bc rutenya, mohon bantuan dr mas.

    Rutenya sbb :
    * Inari station naik JR Nara Line Local ke Kyoto station (Transit) = 140 Yen
    * Kyoto Station naik subway Karasuma Line ke Karasuma Oike station (Transit) kemudian naik lg subway Tozai Line br ke Nijojomae = 260 Yen

    Pertanyaan saya:

    Waktu nyampe di Karasuma Oike station musti transit/pindah kereta dr karasuma line ke tozai line, apakah perlu keluar lalu masuk lg ato nga? kalo nga apakah line keretanya berdekatan?

    Terima Kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu, Sepertinya di hyperdia juga sudah dituliskan perbedaan waktu 3 menit di Karasumaoike Station. Perbedaan waktu 3 menit ini menunjukkan ibu harus transfer dari Karasuma Line ke Tozai Line. Lalu karena sama-sama Subway kota Kyoto, tidak perlu keluar dari pintu karcis, hanya tinggal jalan ke platform Tozai Line. salam

  4. saya mau tanya. saya rencananya mau keliling jepang pakai JR pass. tapi sedikit bingung dengan rute JR pass. sebelumnya saya sudah pernah ke jepang namun pakai suica. kalau JR pass, jika disuruh trasit lalu nyambung subway atau monorail biasa bagaimana?
    contohnya : saya search berangkat dari Haneda – ke hakone, keterangan pada hyperdia ke hamamatsuchi dulu dengan monorail. apakah bisa menggunakan JR Pass?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Kereta Tokyo Monorel dari Haneda sampai ke Hamamatsucho Station tercover oleh JR PASS.
      Kalau memang ingin naik subway atau rute lain yang tidak tercover JR Pass, tinggal beli karcis satuan atau pakai suica/pasmo.
      Salam

    • Terima kasih atas reply yang cepat mas. saya mau tanya lagi, dengan bantuan hyperdia apakah tidak bisa kalau hanya muncul JR pass saja? contohnya : Haneda – odawara. layar yang muncul di hyperdia adalah Haneda -> Yokohama transfer ( dgn keikyu airport Exp for Kanazawa Bunko ) -> Odawara ( dgn JR Tokaido line )
      kalau begitu gmn ya? JR pass hanya terpakai dari Yokohama menuju Odawara station.

      di Hyperdia ada coloum Via1, Via2, atau Via3 itu untuk apa?

      Thanks

      Hana

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Hyperdia memang tidak bisa menunjukkan jalur kereta yang tercover JR PASS.
      Kalau ingin ke Odawara, Ibu bisa naik kereta shinkansen dari Tokyo sampai Odawara atau JR Shonan Shinjuku Line/ JR Tokaido Main Line seharga 1490 Yen.
      Salam

  5. Siang pak Nugroho,

    Jika dibandingkan dengan Google Map / Navitime Japan Travel..aplikasi manakah
    Yang lebih akurat?

    Terima kasih sebelumnya pak

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Sepertinya sama saja Ibu. Tidak ada bedanya. Namun Tim Info Jepang lebih sering menggunakan Google Map karena bisa disave langsung ke akun google.
      Salam

  6. Dear Pak Nugroho,

    Halo pak.. terimakasih pak, websitenya sangat membantu utk saya yg pertama kali ke jepang. pada website hyperdia, menunjukkan warna kereta yg berbeda2, apakah semua kereta itu bisa menggunakan JR Pass (diluar nozomi)?

    Terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Senang website ini bisa membantu perjalanan ke Jepang.
      Silakan dilihat Ibu, kalau ada tulisan JR di nama keretanya berarti tercover oleh JR Pass.
      Plus beberapa line kereta seperti Tokyo Monorel dari Haneda menuju ke Hamamatsucho Station. Salam

  7. Siang pak Nugroho .. bagaimana cara mengecek last train yang ada di Hyperdia ? pertanyaan berikutnya terkadang saya kombinasi dengan web Rome2rio.com ( apakah web ini akurat dari segi pemakaian kereta maupun biaya ? ) Terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Untuk pengecekan last train via Hyperdia tidak mudah pak, harus dicoba masing-masing. Masukkan jamnya dan lihat jam ketibaan, dst.
      Tim Info Jepang selalu menggunakan aplikasi dalam bahasa Jepang yang lebih lengkap saat membantu membuat itinerary Tour Guide Online.
      Website rome2rio.com memang menggunakan data hyperdia Pak, jadi sama saja. Salam

    • Yenni Susianti  |  

      Malam pak Nugroho..kalau kita sudah meresevered tempat duduk kereta .. itu pada hari h keberangkatan atau sebelum hari h keberangkatan..apabila kita terlewat dengan reserved seat yang kita buat..apakah bisa digunakan untuk next train?terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Jika ingin reserved tempat duduk silakan dilakukan hari sebelumnya, atau hari pertama kedatangan di Jepang.
      Sebab untuk Tokaido Shinkansen antara Tokyo dan Osaka, sering sulit mendapatkan tempat duduk bila dipesan hari H.
      Jika jamnya terlewat, maka reservasi kursi shinkansen hangus. Ibu tetap bisa naik shinkansen berikutnya, tapi harus ke gerbong non-reserved seat dan ada peluang tempat duduknya terpisah-pisah. Atau reservasi seat sekali lagi ke kaunter tiket, namun opsi ini hanya akan membuang-buang waktu menunggu shinkansen berikutnya yang tersedia. Salam

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Maaf Ibu, download hyperdianya dari mana ya? Hyperdia yang asli berlisensi asli baru tersedia untuk versi android atau lihat langsung di web.
      Salam

  8. Dear Pak Nugroho,

    Mau tanya cara baca Hyperdia dong. Diantara departure dan arrival kan ada transit. tapi ada yg lambangnya seperti panah dua buah, ada yang panah meliuk dll, itu artinya apa ya? dan disitu ada keterangan waktu nya, kira2 waktu yg ditampilkan cukup ga untuk kita berpindah jalur/kereta? Terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Panah itu menunjukkan tanda kebalikan antara daerah asal dan tujuan.
      Lalu waktu di antara kereta yang ditampilkan juga sudah dihitung sehingga cukup untuk berpindah kereta.
      Hanya mungkin perlu waktu lebih untuk pindah di stasiun-stasiun besar karena banyaknya jalur kereta dan ramainya stasiun.
      Salam

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Hyperdia bisa dicari via google Nury. Ini adalah layanan internet bukan aplikasi. Salam

  9. Aku dari osaka kansai -kyoto-kanazawa-shirakawago-takayama-nagoya ( untuk ini selama 5 hari mau beli jr pass hokuriku takayama) setelah itu nagoya nara dan osaka city dan osaka kansai ini yg binggungnya mas

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Untuk perjalanan Nagoya-Kansai, sepertinya tidak ada pass yang cocok.
      Sementara untuk liburan di Kansai (Osaka, Kyoto, Nara, Kobe), ibu bisa mempertimbangkan antara pass-pass berikut: baca informasi Kansai Pass
      Salam

  10. Hi mas nugroho, baca website nya bermanfaat. Saya mau tanya.. jika saya mau ke nagoya-nara-osaka -kansai airport. Railway pass apa yg paling tepat saya beli ya? Terakhir mau membeli kintetsu railpass .. tp ternyata per 1 october sudah tdk mencover kansai airport . Mohon dibantu mas. Thanks

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Bagaimana jadwal perjalanan Ibu selama di Jepang? Tiba dari bandara mana? Kembali dari mana?
      Mohon informasi lengkapnya supaya kami bisa memberikan rekomendasi pass. Salam

  11. Dear pak nugroho,

    Jika di hyperpedia ada pilihan reserved ( high season) artinya apa ya? Apakah kita bisa me reservasi pada saat membeli JR Pass di Indonesia? Kebetulan saya akan ke tokyo tanggal 21 maret dari sapporo

    Thanks

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Tidak bisa ibu. Reservasi hanya bisa dilakukan di Jepang. Setibanya di Jepang dan menukarkan JR Pass, ibu bisa segera melakukan reservasi untuk seluruh kereta shinkansen selama liburan di Jepang. Salam

  12. hehhee..maaf mas bikin bingung ya… jadwal saya blm fix mas masih ngira2 dulu sambil baca baca blog orang lain, yg ingin saya ketahui sebenrnya kira2 capek apa engga ya PP Tokyo-Osaka ?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Maaf ibu, kami agak bingung dengan jadwal ibu.
      Bisa berikan jadwal lengkap liburan selama di Jepang?
      Salam

  13. Mas Nugroho, saya kan rencana stay di keluarga di daerah Sugamo, kalau untuk seputaran Tokyo sih gak masalah ya, nah bagaimana menurut mas apakah memungkinkan kalau saya PP Tokyo-Osaka, maksudnya gak nginep disana, besok nya pergi lagi Tokyo-Kyoto agar hemat biaya akomodasi…apakah memungkinkan mas…atau mngkin perlu 1 hari saja menginap di Osaka? FYI saya beli JR pass, makasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Wah, ibu sepertinya agak salah dalam itinerary. Kyoto dan Osaka itu deketan bu, cuma 30 menit naik kereta, atau 15 menit dengan shinkansen. Tokyo-Kyoto itu 2 jam 45 menit. Tokyo-Osaka 3 jam. Jadi kalau mau mengunjungi Kyoto dan Osaka, bisa menginap di Kyoto atau Osaka saja. Plus bisa juga ke Nara atau Kobe karena juga berdekatan (bisa dicapai maks 30 menit naik kereta saja). Salam.

  14. Nugroho Christian
    Nugroho Christian  |  

    Kalau memang ingin berangkat dari Shinjuku, bisa membeli yang versi Shinjuku Pak, karena ongkosnya jauh lebih murah bila menggunakan Hakone Free Pass.
    Hakone Free Pass yang 4000 yen cocok bagi yang memiliki JR Pass. Salam

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!