[Must Know] Menggunakan Hyperdia

You are here Home  > Transportasi Jepang >  [Must Know] Menggunakan Hyperdia

Bagi teman-teman yang sedang merencanakan liburan ke Jepang pasti pernah menemukan atau membaca informasi mengenai situs atau aplikasi Hyperdia. Hyperdia adalah situs website yang menyediakan informasi pilihan dan jadwal kereta api, pesawat, dan bus bagi kita yang ingin bepergian di Jepang. Selain itu, kita juga bisa melihat durasi/ lama perjalanan, harga tiket, dan juga pilihan stasiun transit, tentu semuanya dalam bahasa Inggris. Di awal-awal kedatangan saya di Jepang, situs Hyperdia menjadi andalan khususnya untuk menjelajah atau mengunjungi tempat-tempat yang baru. Khusus bagi pembaca setia infojepang.net kami berikan panduan mengenai cara menggunakan Hyperdia. Artikel ini disusun dan dirangkum berdasarkan pengalaman selama Tim Info Jepang memandu perjalanan kereta di Jepang dan cara menggunakan Hyperdia.

Aplikasi ini dibuat oleh perusahaan Hitachi System Jepang, dan menjadi salah satu dari aplikasi dimiliki saat kita mengunjungi Jepang. Lihat juga 10 Tips Liburan di Jepang. Aplikasinya tersedia untuk Iphone dan Android, atau melalui website Hyperdia.

1. Cara menggunakan Hyperdia

hyperdia-web

1. Silahkan, teman-teman membuka halaman utama situs. Teman-teman bisa melihat kotak di sisi kiri. Kita bisa memasukkan nama stasiun asal/ keberangkatan kita, kemudian juga nama stasiun tujuan kita. Untuk memasukkan nama stasiun asal kita harus mengetik namanya.

2. Lalu lakukan hal yang sama juga untuk memasukkan nama stasiun tujuan kita.

CATATAN 1:
Untuk beberapa stasiun di memiliki unsur kata yang sama, seperti Tokyo: ada Tokyo Disneysea, Tokyo Disneyland, Tokyo Skytree, dan Tokyo Teleport (Odaiba). Teman-teman cukup memasukkan “Tokyo” lalu komputer akan memberikan pilihan kepada teman-teman. Bagian ini memudahkan kita, khususnya saat kita tidak tahu nama stasiun asal kita, cukup masukkan kota kemudian melihat stasiun yang memiliki unsur nama yang kita masukkan.

Selain itu, jika tidak ditemukan nama stasiun, coba masukkan kata-kata berikut ini sebelum nama kota tujuan:

  • Shin-” (pusat/utama): Shin-Osaka, Shin-Kobe, atau Shin-Yokohama
  • Nishi-” (barat): Nishi-Chiba, Nishi-Funabashi, Nishi-Shinjuku
  • Higashi” (timur): Higashi-Asahikawa, Higashi-Kawaguchi
  • “Kita-” (utara): Kita-Biei
  • “Minami-” (selatan): Minami-Shinjuku
  • “Keisei-” (nama perusahaan kereta swasta) yang memiliki jalur sendiri Tokyo-Chiba, seperti Keisei-Chiba, Keisei-Inage

Masih bingung dengan sistem kereta di Jepang? Coba Tour Guide Online!

3. Lalu, kita masukkan pilihan tanggal dan jam. Ada tiga tipe yang bisa dipilih: yakni departure, arrival, dan average. Departure akan memberikan hasil pencarian jadwal kereta dengan waktu berangkat terdekat. Sementara arrival akan memberikan jadwal kereta yang sesuai dengan waktu tiba di stasiun tujuan kita. Pilihan average akan memberikan jadwal kereta di mana waktu masukan kita menjadi waktu di tengah perjalanan. Setelah memilih, klik tombol search.

CATATAN 2:

Masukan tanggal dan jam biasanya akan sama dengan jam kita mengakses aplikasi atau website. Jika ingin menghitung perjalanan untuk esok hari/ hari lainnya, teman-teman bisa memilih tanggal dan waktu dengan cara memilih dari drop-down.

4. Sistem akan mencari dan memberikan pilihan terdekat dengan waktu keberangkatan/ tiba di stasiun tujuan.

CATATAN 3:

Di bagian more options, teman-teman bisa memilih jenis kereta, seperti tidak menyertakan kereta Nozomi/ Hayabusa/ Mizuho yang tidak masuk dalam cakupan JR-Pass. Atau pilih menggunakan kereta lokal, kereta malam, kereta Japan Railway (JR) saja atau kereta swasta. Selain itu juga tersedia stasiun transit sesuai dengan pilihan teman-teman. Stasiun transit ini sangat berguna jika teman-teman ingin liburan sebentar (mengunjungi objek wisata) di kota transit.

Baca juga: FAQ terlengkap Japan Rail Pass

Pesan JR Pass online
hyperdia-web-more

5. Muncul layar baru dengan beberapa pilihan rute kereta dengan urutan sesuai jam keberangkatan. Teman-teman bisa melihat informasi nama kereta (A), nama stasiun transit (B), jika memerlukan transit/ berpindah kereta, dan juga nomor peron untuk kita naik/ turun kereta di stasiun asal dan stasiun tujuan (C). Di bagian atas, kita bisa melihat juga total waktu perjalanan (D), jumlah stasiun transit saat kita perlu berpindah kereta (E), dan jarak yang ditempuh (F), juga harga total tiket yang terdiri dari harga dasar tiket ditambah harga kursi (G).

Beberapa link yang disediakan antara lain:

  • Map, peta lokasi stasiun kereta yang bisa kita lihat melalui googlemaps
  • Hotel, menampilkan hotel di sekitar stasiun kereta
  • Restaurant, menampilkan restoran di sekitar stasiun kereta
  • Rent-a-car, jika teman-teman ingin menyewa mobil di Jepang

hyperdia-web-search

CATATAN 4:

Stasiun kereta Jepang apalagi stasiun besar memiliki peron dengan jumlah yang banyak. Di Jakarta, maksimum peron paling hanya 7 (di Manggarai), namun di Jepang, peron bisa sampai belasan bahkan puluhan. Selain itu, untuk berpindah peron kita perlu naik dan turun elevator, dan bisa memakan waktu 15-20 menit. Pastikan untuk mengetahui di peron berapa kereta teman-teman akan berangkat, sehingga tidak ketinggalan kereta.

6. Cara menggunakan aplikasi Hyperdia baik di Iphone dan Android secara umum sama dengan website yang sudah dijelaskan di atas. Namun, aplikasi di handphone dilengkapi dengan “voice input” yakni menerima masukan nama stasiun dari suara. Kita cukup menyebutkan nama stasiun “Kyoto” sambil menekan tombol “Press while speaking” Aplikasi akan menerjemahkan suara menjadi teks input nama stasiun.

hyperdia-app-home

7. Kita juga bisa memasukkan jadwal keberangkatan dari stasiun asal atau waktu tiba kita di stasiun tujuan.

8. Lalu klik tombol Search, dan aplikasi akan memberikan pilihan rute beserta jadwal kereta kita. Informasi lainnya seperti lama/ durasi perjalanan, apakah perlu transit/ tidak, jarak yang ditempuh, dan harga tiket juga bisa kita lihat.

hyperdia-app-search

Bingung dengan sistem kereta di Jepang? Coba Tour Guide Online!

9. Stasiun transit adalah stasiun tempat kita harus berpindah kereta. Namun, kita tidak boleh keluar dari stasiun transit. Jika keluar, maka tiket kereta menjadi tidak berlaku dan kita diwajibkan untuk membeli tiket lagi. Waktu menunggu biasanya berkisar antara 5 menit-20 menit tergantung tenis kereta. Untuk tujuan kota kecil, seperti di Kagoshima di selatan Jepang atau Daisetsuzan di Hokkaido, kita mungkin membutuhkan waktu tunggu kereta yang lebih lama.

Sekian panduan menggunakan Hyperdia, jika teman-teman masih bingung atau ada pertanyaan, bisa langsung ditanyakan kepada Tim Info Jepang atau melalui komentar di bawah ini. Semoga artikel penjelasan cara menggunakan Hyperdia ini bisa bermanfaat bagi teman-teman yang merencakan liburan ke Jepang!

Pesan JR Pass online

Tips+Trik Liburan Hemat dengan Free Pass Kereta (selengkapnya)

Peta kereta di Tokyo Jepang

Ketika berlibur ke Tokyo atau kota-kota di Jepang, kereta menjadi moda transportasi yang tak bisa dilupakan. Namun jangan bayangkan naik kereta di Tokyo seperti di Indonesia. Kita dapat dengan aman dan nyaman pergi ke objek-objek wisata terkenal dengan...

jr-pass

Sistem kereta di Jepang memang sangat kompleks, untuk pergi ke satu daerah kita musti mempersiapkan biaya cukup dan mengetahui jenis kereta/ arah tujuan kereta yang ingin dinaiki. Salah-salah kita bisa nyasar ke tempat lain dan malah membuat liburan di...

Foto Kereta Detective Conan

Kita telah membahas mengenai Stasiun Detective Conan di artikel sebelumnya. Kali ini saya ingin membahas satu hal lagi yang bisa kita temui di kota

Gambar kartu suica dan pasmo di Tokyo Jepang

Suica atau Pasmo adalah kartu elektronik (IC Card) paling berguna saat kita liburan di Jepang. Kartu Suica dan Pasmo bisa dipergunakan untuk ketika naik bus atau kereta, atau membayar barang ketika membeli di minimarket dan mesin penjual otomatis. Ketika...

Seishun 18 Kippu

Jalan-jalan di Jepang mahal? Siapa bilang? Kali ini Info Jepang akan memberikan tips buat kamu yang ingin berlibur ke Jepang tapi tidak ingin menghabiskan tabungan. Tips kali ini adalah menggunakan tiket Seishun 18 Kippu (dibaca seishun juuhachi kippu)....

Danau Mikurigaike di Tateyama Kurobe Alpine Route

Jalan-jalan ke Tateyama Kurobe Alpine? Berikut adalah cara liburan murah dengan Tateyama Kurobe Option Ticket yang mencover seluruh ongkos transportasi Tateyama Kurobe Alpine.


Recommended for you

Last modified: October 20, 2016

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!

Comments (20)

  1. Dear Pak Nugroho,

    Mau tanya cara baca Hyperdia dong. Diantara departure dan arrival kan ada transit. tapi ada yg lambangnya seperti panah dua buah, ada yang panah meliuk dll, itu artinya apa ya? dan disitu ada keterangan waktu nya, kira2 waktu yg ditampilkan cukup ga untuk kita berpindah jalur/kereta? Terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Panah itu menunjukkan tanda kebalikan antara daerah asal dan tujuan.
      Lalu waktu di antara kereta yang ditampilkan juga sudah dihitung sehingga cukup untuk berpindah kereta.
      Hanya mungkin perlu waktu lebih untuk pindah di stasiun-stasiun besar karena banyaknya jalur kereta dan ramainya stasiun.
      Salam

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Hyperdia bisa dicari via google Nury. Ini adalah layanan internet bukan aplikasi. Salam

  2. Aku dari osaka kansai -kyoto-kanazawa-shirakawago-takayama-nagoya ( untuk ini selama 5 hari mau beli jr pass hokuriku takayama) setelah itu nagoya nara dan osaka city dan osaka kansai ini yg binggungnya mas

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Untuk perjalanan Nagoya-Kansai, sepertinya tidak ada pass yang cocok.
      Sementara untuk liburan di Kansai (Osaka, Kyoto, Nara, Kobe), ibu bisa mempertimbangkan antara pass-pass berikut: baca informasi Kansai Pass
      Salam

  3. Hi mas nugroho, baca website nya bermanfaat. Saya mau tanya.. jika saya mau ke nagoya-nara-osaka -kansai airport. Railway pass apa yg paling tepat saya beli ya? Terakhir mau membeli kintetsu railpass .. tp ternyata per 1 october sudah tdk mencover kansai airport . Mohon dibantu mas. Thanks

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Bagaimana jadwal perjalanan Ibu selama di Jepang? Tiba dari bandara mana? Kembali dari mana?
      Mohon informasi lengkapnya supaya kami bisa memberikan rekomendasi pass. Salam

  4. Dear pak nugroho,

    Jika di hyperpedia ada pilihan reserved ( high season) artinya apa ya? Apakah kita bisa me reservasi pada saat membeli JR Pass di Indonesia? Kebetulan saya akan ke tokyo tanggal 21 maret dari sapporo

    Thanks

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Tidak bisa ibu. Reservasi hanya bisa dilakukan di Jepang. Setibanya di Jepang dan menukarkan JR Pass, ibu bisa segera melakukan reservasi untuk seluruh kereta shinkansen selama liburan di Jepang. Salam

  5. hehhee..maaf mas bikin bingung ya… jadwal saya blm fix mas masih ngira2 dulu sambil baca baca blog orang lain, yg ingin saya ketahui sebenrnya kira2 capek apa engga ya PP Tokyo-Osaka ?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Maaf ibu, kami agak bingung dengan jadwal ibu.
      Bisa berikan jadwal lengkap liburan selama di Jepang?
      Salam

  6. Mas Nugroho, saya kan rencana stay di keluarga di daerah Sugamo, kalau untuk seputaran Tokyo sih gak masalah ya, nah bagaimana menurut mas apakah memungkinkan kalau saya PP Tokyo-Osaka, maksudnya gak nginep disana, besok nya pergi lagi Tokyo-Kyoto agar hemat biaya akomodasi…apakah memungkinkan mas…atau mngkin perlu 1 hari saja menginap di Osaka? FYI saya beli JR pass, makasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Wah, ibu sepertinya agak salah dalam itinerary. Kyoto dan Osaka itu deketan bu, cuma 30 menit naik kereta, atau 15 menit dengan shinkansen. Tokyo-Kyoto itu 2 jam 45 menit. Tokyo-Osaka 3 jam. Jadi kalau mau mengunjungi Kyoto dan Osaka, bisa menginap di Kyoto atau Osaka saja. Plus bisa juga ke Nara atau Kobe karena juga berdekatan (bisa dicapai maks 30 menit naik kereta saja). Salam.

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan