Menikmati Liburan Musim Dingin di Jepang

You are here Home  > Iluminasi, Musim di Jepang >  Menikmati Liburan Musim Dingin di Jepang

Hiiii, dingiiiiin! Wah, musim dingin sudah datang! Ada salju putih yang turun, mengubah tanah jadi berwarna putih. Senangnya bisa menikmati musim dingin lagi, musim yang tidak pernah bisa kita nikmati selama di Indonsia. Musim dingin di Jepang berlangsung dari bulan Desember hingga Februari. Musim dingin di Jepang ditandai dengan turunnya salju pertama di awal Desember. Di beberapa daerah seperti Hokkaido di utara, suhu udara bisa mencapai -20 derajat celcius. Tapi di daerah selatan seperti Tokyo dan Yokohama suhunya relatif lebih tinggi, dengan suhu minimum sekitar minus 2 derajat pada bulan Februari. Daerah perkotaan seperti Tokyo, Yokohama, dan Osaka pun salju hanya turun 2 atau 3 kali dalam setahun, jauh lebih sedikit dibanding Hokkaido dan kota-kota pegunungan yang saljunya turun hampir setiap hari. Pada musim dingin, orang Jepang dan wisatawan biasanya bermain ski, snowboard, dan es skating. Lalu juga pergi ke onsen atau pemandian air panas.

BACA JUGA TIPS LIBURAN: Musim Semi, Musim Panas, Musim Gugur di Jepang.

1. Melewati Musim Dingin di Jepang

Musim dingin merupakan musim paling berat bagi orang Jepang karena mereka harus melawan suhu dingin dan angin utara yang membawa udara dingin. Musim ini pun berlangsung cukup lama, dari Desember hingga Februari. Selain itu, jika hujan salju turun, jalanan menjadi berair dan licin. Mobil-mobil daerah perkotaan yang tidak biasa lewat jalan salju pun terjebak atau terperangkap dalam kemacetakan. Makanya mobil perlu memakai ban khusus agar tidak mudah tergelincir. Tim Info Jepang juga sudah merangkum beberapa tips praktis dalam liburan musim dingin yang sangat bermanfaat.

Hari-hari mendung saat musim dingin di Jepang

2. Informasi Pergi ke Jepang Saat Musim Dingin

Oh ya bagi teman-teman yang ingin berlibur di Jepang, harap memperhatikan pakaian. Karena cuaca yang mendung dan hampir tidak ada matahari, lalu juga angin utara yang kering, serta suhu udara yang dingin, tubuh akan gampang sakit jika tidak fit. Oleh karena itu lebih baik mempersiapkan pakaian tebal yang terbuat dari cotton atau wol, lalu juga penutup telinga dan sarung tangan, lalu juga syal melingkari leher. Tambahan lagi: saat musim dingin, udara menjadi sangat kering (kelembaban udara bisa 0 persen). Hal itu dapat menyebabkan bibir dan kulit pecah. Tak jarang banyak yang mengalami mimisan atau bibir pecah-pecah. Langkah antisipasi, teman-teman bisa membeli masker untuk menahan uap udara dari tenggorokan atau juga lipstik bibir untuk menjaga kelembaban bibir.

Barang yang perlu dipersiapkan: pakaian tebal berbahan wol untuk bagian dalam dan berlengan panjang, jaket berbahan poliester untuk diluar (jaket digunakan untuk melindungi badan dari angin dingin atau hujan salju), penutup telinga, syal leher dan sarung tangan untuk anak-anak atau dewasa (karena biasanya kulit anak sensitif akan udara dingin dan kering), lipstik bibir untuk menjaga kelembaban bibir.

Pakaian musim dingin di Jepang

Artikel lain mengenai Musim Dingin di Jepang (selengkapnya)

Kota Sapporo di Hokkaido

Sapporo adalah kota terbesar kelima di Jepang dengan tempat-tempat wisata seru dan menakjubkan. Kita bisa bermain ski dan snowboard, melihat keindahan kota Sapporo dan atau menyaksikan festival kembang api dan salju.

Mengapa Liburan ke Jepang

Apa saja yang bisa kita lihat di Jepang? Tempat wisata apa saja yang harus dikunjungi di Jepang?

Festival Yuki Akari no Michi di Otaru

Pada tahun 2016, Festival Yuki Akari no Michi di Otaru diadakan mulai tanggal 5 Februari hingga 14 Februari 2016, hampir bersamaan dengan festival musim dingin yaitu Festival Salju...

Iluminasi Musim Dingin di Shinjuku Tokyo

Jalan-jalan ke Tokyo di musim dingin? Berikut adalah daftar lengkap 10 Iluminasi musim dingin terbaik di Tokyo, kapan berlangsungnya dan akses menuju ke lokasi iluminasi musim dingin.

Panorama malam Sapporo Illumination

Sapporo Illumination diadakan dari bulan November hingga Januari. Acara Sapporo Illumination diadakan di sekitar Sapporo Station sampai ke Odori Park. Selain menikmati kilauan indah lampu iluminasi Natal, teman-teman juga bisa mengunjungi festival kota Muenchen, menyantap makanan khas Jerman, melihat ornamen dan hadiah Natal Eropa, dan tentunya bisa melihat Santa Klaus datang.

Karuizawa Prince Snow Resort

Pergi ke Jepang musim dingin tapi gak main salju? Aduh main salju jauh, harus ke gunung, padahal banyak tempat yang pengen dilihat juga. Sayang banget loh, padahal ada banyak tempat bermain salju dekat dengan Tokyo. Rata-rata bisa ditempuh dengan...


3. Festival Musim Dingin di Jepang

Awal bulan Januari, mulai dari tanggal 1 hingga 7 Januari adalah periode Hatsumode atau waktu mengunjungi kuil saat tahun baru di Jepang. Kita dapat melihat orang mengantri dan menunggu lama untuk dapat masuk ke dalam kuil.

Di bulan Februari ada valentine atau hari kasih sayang. Kalau berlibur ke Jepang saat bulan Februari, kita bisa merasakan white valentine di mana hari valentine bertepatan dengan hujan salju yang turun. Sungguh pengalaman yang tak terlupakan merayakan white valentine di Jepang.

Di musim dingin ada Sapporo Yuki Matsuri (festival salju) terbesar yang diadakan di Sapporo, ibukota Hokkaido. Jumlah wisatawan yang datang selalu lebih dari 2 juta pengunjung. Wisatawan dari dalam dan luar negeri berdatangan ke festival yang berlangsung selama seminggu di awal Februari itu. Banyak wisatawan yang berkeliling juga daerah-daerah lain di Hokkaido untuk menyaksikan festival musim dingin di Hokkaido dan pemandangan musim dingin paling unik dan terkenal di Jepang. Ada juga yang bermain ski atau seluncur es di resort-resort ski di Hokkaido yang terkenal di seluruh dunia. Jika tidak sempat ke Hokkaido namun ingin bermain ski, bisa ke resort Ski Gala Yuzawa atau resort ski Fujiten dengan latar belakang Gunung Fuji yang megah.

Pertunjukan musik di Festival musim salju Sapporo

Selain festival musim dingin, kita juga bisa menikmati indahnya iluminasi-iluminasi di kota-kota besar di Jepang. Iluminasi sendiri artinya pencahayaan atau penerangan objek-objek wisata tertentu pada musim dingin. Pohon-pohon di sepanjang jalan dipasang lampu dan dihias hiasan Natal, menambah semarak Natal di malam yang dingin dan sendu. Teman-teman bisa melihat suasana iluminasi musim dingin seperti yang ada di Tokyo Station, Danau Sagamiko di Sagamihara, Iluminasi Huis Ten Bosch di Nagasaki, dan iluminasi musim dingin yang lainnya. Jika kamu berencana liburan musim dingin di Tokyo, jangan lupa mengecek iluminasi musim dingin paling keren dan menakjubkan di Tokyo berikut.

Selain itu, kita dapat melihat bunga ume atau plum yang mulai mekar. Bunga ume bewarna pink tua, dan menjadi bunga pertama yang mekar tiap tahun di Jepang. Seiring dengan mekarnya bunga ume, kita tahu bahwa musim dingin telah berakhir digantikan oleh musim semi yang hangat.

4. Tips Liburan Musim Dingin di Jepang

Liburan musim dingin di Jepang tergolong pendek dibandingkan dengan musim lainnya di Jepang. Ada libur pada tanggal 23 Desember memperingati Hari Ulang Tahun Kaisar Akihito (tahun lalu Kaisar berulang tahun yang ke-80), lalu juga liburan musim dingin selama satu minggu dari tanggal 28 Desember hingga 4 Januari. Kemudian juga ada liburan menyambut hari kedewasaan pada senin kedua bulan Januari. Lalu di bulan Februari tanggal 11 ada libur memperingati Hari Undang-Undang Negara. Perlu diperhatikan, tidak ada liburan Natal di Jepang, jadi bagi yang ingin berlibur ke Jepang bersama kerabat, lebih baik memilih tanggal berdekatan dengan tahun baru, sekitar tanggal 28 Desember-2 Januari.

Banyak wisatawan yang memilih pergi ke Jepang saat liburan musim dingin di Jepang. Selain karena iluminasi musim dingin yang mempesona dan tidak ada duanya, kita juga bisa menikmati suasana tahun baru dan melihat tradisi tahun baru di Jepang. Tradisi yang sangat unik dan tentunya menarik.

Bagi teman-teman yang ingin pergi ke Jepang saat musim dingin, lebih baik memesan tiket pesawat dari jauh-jauh hari. Biasanya maskapai penerbangan memberikan tiket-tiket promo khusus liburan ke Jepang. Tapi hati-hati apabila masa promo lewat, harga tiket pesawat biasanya langsung melonjak tinggi, apalagi bersamaan dengan liburan tahun baru di mana anggota keluarga akan berkumpul untuk berdoa atau mengunjungi kuil di tahun baru.

tour online ads NEW1

5. Bermain ski di Jepang

Mumpung sedang liburan atau berkunjung di Jepang saat musim dingin, jangan lewatkan beragam kegiatan musim dingin yang seru ya. Kita bisa bermain ski atau snowboard, atau juga bermain dan membuat boneka salju, ada juga merasakan sensasi kereta luncur salju. Semuanya bisa kita lakukan saat musim dingin di Jepang.

Gala Yuzawa Resort, satu-satunya resort musim dingin yang memiliki akses langsung ke Stasiun kereta Shinkansen karena dikelola oleh Japan Railway. Hanya butuh waktu 75 menit untuk sampai ke Gala Yuzawa dari Tokyo.

Suasana Gala Yuzawa Resort di Niigata

Suasana Gala Yuzawa Resort

Fujiten dan Snow Town Yeti, buat kamu yang ingin menikmati pengalaman bermain ski sambil menikmati pemandangan gunung paling terkenal di Jepang: Gunung Fuji. Kedua resort ski ini terletak di kaki Gunung Fuji dan bisa dicapai dengan 2,5 jam perjalanan dari Tokyo.

Resort Ski Niseko dan Rusutsu di pulau Hokkaido. Resort ski ini punya jalur ski yang cukup menantang buat kamu. Namun tenang, resort ski ini juga punya jalur khusus para pemain ski pemula maupun hiburan bagi anak-anak yang ingin bermain salju. Keduanya bisa dicapai dengan naik kereta atau bus sekitar 2,5 jam perjalanan dari Sapporo.

Sekian dulu perkenalan mengenai musim dingin di Jepang. Kalau teman-teman ada pertanyaan bisa menuliskannya di kotak komentar di bagian bawah, saya dengan senang hati menjawabnya bagi teman-teman. Sekian dan selamat berlibur!

Sumber Gambar:  livedoor blog, tateshina-tokyu.com, Flickr U.S. Pacific Fleet

Recommended for you

Last modified: November 3, 2016

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!
Close Comments

Comments (151)

    • Info Jepang  |  

      Masih musim dingin, tapi belum bisa diperkirakan apakah salju turun atau tidak.
      Sekedar info, tahun 2014 ini hujan salju turun saat valentine (14 Februari)

  1. haiii… mau minta info dong.. kl mau tour ke jepang januari bsk, kira2 kita perlu bawa jaket bulu angsa ato yg woll biasa… n perlu pake longjoun ga yaa,,, makasih

    • Info Jepang  |  

      Bulan Januari di Tokyo adalah puncak musim dingin. Jadi lebih baik bawa jaket tebal yang terbuat dari poliester. Daripada woll yang bisa menyerap air, lebih baik jaket poliester yang tidak menyerap air dari salju.

  2. Selamat siang, mau tanya rencana saya mau berkunjung ke jepang tanggal 5 februari – 11 februari 2015 kira-kira masih musim apa disana ? saya memiliki anak umur 3 tahun hal apa yg harus saya perhatikan jika masih mengalami musim dingin. makasih

    • Info Jepang  |  

      Pada awal bulan Februari, Jepang sedang musim dingin. Suhu udara sangat dingin dan udara sangat kering pada tanggal segitu.
      Untuk orang dewasa bisa mengenakan pakaian tebal dengan bulu di bagian dalam.
      Bagi anak-anak bisa pakaian tebal dan tahan air + tahan angin sangat pas dan tidak mengganggu aktivitas.
      Siapkan juga penutup telinga, sarung tangan, pelembab bibir dan kulit.

      Sekian

  3. RENCANA LIBUR WINTER, INTINYA PENGEN LIHAT SALJU DI JAPAN, TRDEKAT DARITOKYO WISATA SALJUNYA DIMANA, PENGEN LIAT AJA GA UNTUK LAMA LAMA MAIN SKI ATAU SNOW BOARD SIH.. ALIAS FOTO AJA

    • Info Jepang  |  

      Yang terdekat dari Tokyo bisa pergi ke Gotenba dan gunung Fuji dengan naik bus dari stasiun Tokyo atau Shinjuku

    • Info Jepang  |  

      Mungkin bisa pergi ke Nagano, Niigata, Gunma, atau Tochigi kalau ingin liburan musim dingin (bisa main ski dan skateboard sepuasnya)

  4. saya berencana ke Jepang (Osaka dsk dan Tokyo dsk) tanggal 26 Des sampai 5 Januari, kira kira suhunya berapa derajat ya ?
    Apakah pada tanggal2 itu semua obyek wisata/kegiatan berjalan normal ? mengingat tgl 28 des – 4 jan libur.
    terima kasih

    • Info Jepang  |  

      Osaka dan Tokyo di bulan Desember udaranya cukup dingin antara 5-12 derajat celsius (melihat temperatur udara tahunan Jepang)
      Beberapa toko dan restoran mungkin akan tutup pada tanggal 31 Desember hingga 1 Januari,
      namun pusat perbelanjaan dan objek wisata terkenal biasanya tetap buka sepanjang tahun
      Terimakasih juga, selamat berlibur

  5. saya berencana ke jepang desember tahun ini, dari tgl 16 – 23 desember 2015, bagaimana udaranya & tempat mn saja yg wajib dikunjungi ??

    • Info Jepang  |  

      Bulan Desember udara di Jepang cukup dingin. Silakan membawa jaket yang cukup tebal dan baju lengan panjang untuk menangkal angin utara yang dingin. Jangn lupa juga untuk membawa pelembab bibir dan pelembab kulit karena udara musim dingin sangat kering.
      Silakan berkunjung ke Tokyo, Anda dapat melihat parade musim dingin dan hiasan lampu Natal di kota Tokyo.
      Bisa juga pergi ke Niigata atau Nagano jika mau bermain ski atau snowboard

    • Info Jepang  |  

      Bulan Mei Jepang sedang musim semi.. Udara relatif hangat sehingga bisa membawa pakaian seperti yang ada di Indonesia.
      Selamat berlibur juga

  6. fanny fristhika nila  |  

    hai, mau nanya sedikit..saya ini penggemar berat rollercoaster… nah udh bikin rencana mw ke jepang ama keluarga, tp msh bingung nentuin waktu.. karena anak saya mw ngeliat salju, so, saya planning ke Hokkaido krn saljunya lbh tebel dgr2… tapi untuk saya sendiri niatnya mw k Tokyo, osaka dan yokohama krn di sana ada bbrp rollercoaster yg mau saya jajal ….;) 2 di antaranya masuk dlm rollercoaster terextreme dan terpanjang di dunia soalnya ^o^

    nah, rollercoaster2 ini buka ga ya saat winter mas? bgsnya jd kpn ya saya k jepangnya… so salju bisa didapet, dan rollercoaster ttp jln 🙂

    • Info Jepang  |  

      Awal Maret adalah pergantian antara musim dingin dan musim semi.
      Udara mulai hangat, namun ada hari-hari dimana suhu udara turun.
      Tetap persiapkan juga jaket atau pakaian yang mudah dilepas supaya lebih mudah menyesuaikan dengan perubahan suhu udara.

    • Info Jepang  |  

      Suhu di Tokyo kurang lebih 10 derajat celsius (melihat rata-rata tahunan). Ya sedang musim dingin, tapi belum tentu salju di Tokyo.

    • Info Jepang  |  

      Akhir bulan februari suhu udara masih dingin, berkisar antara 10 derajat celcius.
      Lebih baik menyiapkan pakaian hangat dan perlengkapan lainnya jika ingin pergi ke Jepang

  7. Hallo. Antara bulan Dec, Jan, n Feb, bulan berapa yang sangat d rekomendasikan dan pertanggal berapa ya yang tepat nya untuk bisa menikmati semua keindahan salju, wisata rollercoaster, tempat belanja semua wisata tapi d satu tempat.
    Apa ya nama tempat kita yang bagus dan ga terlalu jauh untuk mendarat pesawat ?

    • Info Jepang  |  

      Bulan Januari rasanya cocok jika ingin menikmati keindahan salju di Jepang
      Bandara yang paling mudah aksesnya tentu saja Narita/ Haneda di Tokyo
      Silakan pergi ke Tokyo terlebih dahulu, baru setelah itu menempuh perjalanan ke Prefektur Nagano/ Niigata untuk bisa main salju, wisata theme park/ taman bermain, sekaligus berwisata. Perjalanan ke Nagano/ Niigata bisa ditempuh dengan mudah dengan naik bus/ kereta.

  8. halo…saya adalah calon trainer (tki) yang akan bekerja ke jepang selama 3 tahun , yang akan ditempatkan di salah satu home industri di kota kobe , mohon info tempat wisata terkenal di kobe , arigatou

  9. Saya akan mengunjungi Tokyo untuk menemani suami saya mengikuti Tokyo Marathon pada 28 Februari 2015. Kami akan mengajak anak2 serta untuk berlibur ke Tokyo, Osaka dan Kyoto. Apakah masih sangat dingin di sana? Mohon saran apa saja yang perlu dibawa. Terima kasih.

  10. Hallo, mau bertanya , Saya sedang berada di osaka, saya ingin tanya apakah di sapporo pada tanggal 7 & 8 November sudah turun salju ? mohon infonya, karena saya pulang pada 18 November.
    Mohon informasinya terima kasih

    • Info Jepang  |  

      Hai Ichisan. Sepertinya salju belum turun di awal November sebab suhu udara masih sekitar 10 derajat.
      Supaya turun salju perlu ada 2 kondisi: suhu dibawah 4 derajat celsius dan hujan turun.
      Info lebih lengkapnya akan dikabarkan awal bulan November.

  11. Konichiwa… Saya mau tanya, saya akan ke jepang pada tanggal 10-22 desember 2015, mohon pengarahannya tempat yg bagus utk dikunjungi pada tanggal tersebut. Karena saya masih bingung utk membuat itinerary nya terima kasih.

    • Info Jepang  |  

      Suhu udara saat ini 10-15 derajat celcius di kota Tokyo
      Bisa membawa pakaian lengan panjang, cardigan, dan jaket poliester (melindungi dari angin dan udara dingin). Barang-barang tambahan seperti penutup telinga, syal leher dan sarung tangan untuk anak-anak atau dewasa (karena biasanya kulit anak sensitif akan udara dingin dan kering), lipstik bibir untuk menjaga kelembaban bibir juga bisa disiapkan.

  12. Hello.. saya dan group akan trip d jepang pd 1-7 dec 2015.. rencana utama kami ingin menikmati salju (menikmati sky).. flight kita dari jakarta to osaka return.. ad rekomendasi gak desa atau pegunungan daerah dekat osaka yg sudah turun salju d saat itu dan bisa bermain sky.. dan kalaupun kamu tau transportasi ke desa tersebut akan sangat lebih membantu kami. terimakasih banyak 🙂

    best regards
    risha

  13. Haloo salam kenal.. Aku mau ke jepang tanggal 5 des.. Aku udh siap perlengkpan winter.. Tapi ak liat temenku posting di path kok dia hanya pakai kaos biasa ya? Cuaca disana hari ini bagaimana?

    • Info Jepang  |  

      Hai, salam kenal juga. Bulan Desember suhu udara sudah dibawah 15 derajat celcius (untuk kota-kota di Tokyo dan bagian utara Jepang), sedangkan kota di bagian selatan seperti Osaka dan Fukuoka masih sedikit lebih hangat.

  14. haloo,, saya berangkat 2 – 10 maret ke jpn, mau nanyaa ada info atau acara apa kira2 sekitar tanggl segitu? ada info kumpulan itenary ke jpng ga ya? buat mempelajari itenary…

  15. Saya akan ke jepang 7-13 Desember.Berapakah suhu minggu depan dan referensi tempat terbaik yang akan dikunjungi di awal musim dingin ini? terima kasih banyak..

    • Info Jepang  |  

      Baik kota Tokyo dan Osaka, salju tidak turun tiap tahun. Ada kalanya salju turun hingga menumpuk di jalan, namun kebanyakan hujan salju berbarengan dengan hujan biasa sehingga salju akan langsung mencair. Untuk melihat salju, bisa pergi ke kota pegunungan seperti Hakuba atau Togakushi di Nagano serta Naeba atau Gala Yuzawa di Niigata.

    • Info Jepang  |  

      Cuaca bulan April sudah hangat. Cukup bawa satu jaket saja (berjaga-jaga untuk hari hujan, suhu udara agak dingin).
      Selamat menikmati perjalanan ke Jepang!

    • Info Jepang  |  

      Bulan Februari suhu udara diperkirakan sekitar 15-18 derajat celsius untuk di kota-kota besar.
      Namun untuk kota-kota di bagian utara seperti Sendai atau Hokkaido, ataupun wilayah pegunungan suhunya masih dingin.

  16. Hi, saya mau pergi winter ke tokyo – lake kawaguchi – kyoto. Jika ingin terasa winter / dingin. sebaiknya pergi tanggal 1 februari atau 20 februari ?

    dan jika imlek tgl 8 februari apakah smua shop close down / public holiday ?

    thanks a lot

    • Info Jepang  |  

      Untuk merasakan suasana musim dingin lebih baik datang tanggal 1 Februari.
      Tidak ada perayaan atau hari libur imlek di Jepang, jadi semua toko buka seperti biasanya.
      Salam

    • Info Jepang  |  

      Tahun ini musim dinginnya tergolong hangat, dan rasanya kecil kemungkinan bisa menemukan salju di Osaka.
      Silakan bepergian ke Nagano atau Gunma, daerah pegunungan jika ingin bermain salju.
      Salam.

    • Info Jepang  |  

      April hingga Mei sudah musim semi dan suhu udara sudah mulai hangat (seperti suhu di Bandung).
      Terimakasih

  17. Halooo mau tnyaaa.. saya pergi kejepang akhr februarii.. apk masih ada salju dsna?? Klo maen ski disanaa bagusnya dimana yah?naik apa? Saya kan punya tiket vv osaka lbh baik bli jr pass atau gak usah yah?

    • Nugroho Christian
      Info Jepang  |  

      Halo Nisa, salam kenal

      Kalau akhir februari, yang masih ada saljunya di daerah utara yakni di Hokkaido atau di Sapporo (kota terbesarnya). Objek wisatanya ada banyak kok, bisa cek disini: http://www.infojepang.net/loc/sapporo/ kalau di sapporo, lumayan enak, karena lokasi main skinya dekat kotanya, bisa di Gunung Teine (3km dari kota).

      Tiket JR baru “untung” jika melakukan perjalanan antar kota di Jepang, semisal Tokyo-Osaka, Tokyo-Kyoto, atau Tokyo-Sapporo. Ada beragam jenis tiket JR, bergantung sama tempat tujuan Nisa, bisa baca di sini lebih lengkapnya: http://www.infojepang.net/tipe-japan-rail-pass/

      Atau jika mau tanya2, kita menyediakan jasa Tour Guide Online Info Jepang kok, yang bisa bantu Nisa supaya asik liburan di Jepang, serasa punya tour guide sendiri gitu. Hubungi kita aja di 0818.221.505

      Salam dan selamat liburan!

  18. Halo admin Info Jepang
    saya rencana ke jepang (yokohama-tokyo-matsumoto-kyoto-osaka-nara-hiroshima) pada 1-15 desember tahun ini. mohon info cuaca apakah dingin sekali atau cukup dingin ya? terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Halo gustiayu,
      Kalau berdasarkan pengalaman selama ini sih masuk bulan desember suhu udara di Tokyo-Kyoto-Osaka sudah lumayan dingin (13-15 derajat di siang hari dan 10-12 derajat di malam hari). Dan kondisi udaranya kering sekali, jadi pastikan bawa lip balm supaya bibir tidak pecah-pecah. Kalau Hiroshima mungkin sedikit lebih hangat (15 derajat di siang hari).

      Salam dan selamat liburan!

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Halo, wah sayang sepertinya tidak ada tempatnya.
      Salju ada di musim dingin (Januari-Februari), sedangkan sakura biasanya bisa kita lihat di minggu kedua-ketiga musim Semi (sekitar akhir Maret-awal April).

      Salam.

  19. Hallo thanks berat utk infonya yg sangat membantu, saya baru pertama kali mau ke jepang sekitar natal end des, tujuannya kuliner dan shopping, jd kota mana aja yg harus dituju?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Sama-sama Pak. Untuk tempat shopping bisa ke Omotesando, Ginza, Asakusa atau ke Odaiba (di kota Tokyo). Jika mau ke luar kota bisa ke Hakone atau Gotenba, atau Yokohama.

      Kami perlu budget Bapak dan info berapa lama bapak di Jepang dan pergi bersama siapa saja supaya infonya lebih akurat. Kalau memang perlu untuk persiapan itinerary dan jadwal perjalanan bapak bisa menggunakan layanan tour guide online Info Jepang. Info selengkapnya di halaman berikut

    • fredy  |  

      Tq pak untuk reply cepatnya, menurut teman saya kalau pertama lebih baik ke osaka dan tokyo? Kalau Kuliner suka street food dan shoping seperti mangga dua atau platinum mal bangkok yg menengah, dan rencana 7 malam disana, enaknya natal atau malam tahun baru disana?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Untuk kota mana yang mau dikunjungi ya terserah Bapak, bisa disesuaikan dengan budget. Kalau mau wisata kuliner dan shopping bisa ke Outlet Park seperti di halaman berikut atau ke tempat wisata seperti Odaiba, Omotesando, Ginza, atau Asakusa.
      Untuk Natal atau tahun baru, pada dasarnya tidak terlalu berbeda di Jepang Pak. Di hari Natal Bapak bisa melihat banyak pohon natal besar-besar dan iluminasi kota, sedangkan pada tahun baru ada festival kembang api di beberapa tempat.
      Salam

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Wah kalau akhir bulan November sudah masuk musim dingin di Hokkaido pak dan hampir di seluruh Jepang. Nomiji biasanya di awal-pertengahan November di wilayah Tokyo, Kyoto, dan Hiroshima.

      Hokkaido sudah merasakan musim dingin dari pertengahan/ akhir November. Namun, saljunya belum banyak/tebal untuk di Sapporo (ibukota Hokkaido). Biasanya salju baru mulai tebal akhir Desember-awal Januari. Kami sarankan untuk coba ke Daisetsuzan yang biasanya jadi tempat favorit main ski di musim dingin, aksesnya sekitar 2 jam ke utara Sapporo menuju Biei dan Asahikawa.

      Salam dan selamat liburan!

    • Hendry Wijaya  |  

      Halo. Apa di daisetsuzan ad area utk ski pemula jg?mw cari tmp ski yg kemiringannya tdk tlalu tinggi. Makasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Ada, bisa dicari informasi tentang Canmore Ski Village yang berada di kaki pegunungan Daisetsuzan Hokkaido
      Salam

    • Hendry Wijaya  |  

      Halo. Dimana lokasi ski resort yg bagus di awal dec? Sy bs liat forecast salju di bln dec dmn ya? Trims

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Dua tempat resort ski terkenal yang mudah diakses adalah Gala Yuzawa di Niigata atau Niseko di Hokkaido.
      Winter Season Gala Yuzawa baru dibuka tanggal 19 Desember, sedangkan Niseko dari 20 November.
      Untuk forecast salju belum tersedia karena masih 5 bulan lagi Pak, Tim Info Jepang akan perkiraan salju pada bulan September-Oktober.
      Salam

  20. Dear p nugroho….sy sekeluarga ( 5 org) berencana ke jepang dr tgl 22 s/d 31 des 2016. Dan baru pertama kali kesana. Mau tanya apakah ada menyediakan juga jasa tour non on line ( tour guide sendiri disana ) krn sy beserta anak2. Thanks

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Pak Anto. Maksudnya tour guide untuk menemani perjalanan selama di Jepang? Tentu ada Pak.
      Tim Info Jepang punya dua paket: tour guide on the spot dan tour guide online yang lebih murah.
      Kalau bapak bersedia, silakan dikonfirmasi dan akan dihubungi lebih lanjut oleh Tim Info Jepang.
      Salam.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi, sekitar akhir bulan September sampai akhir November di Jepang musim gugur.
      Saran Tim Info Jepang untuk pergi saat pertengahan November hingga akhir November, di mana kita bisa melihat pemandangan momiji yang indah.
      Salam

  21. halooo
    saya mau liburan backpack ke osaka kyota tokyo pada 19-27 nov’16
    mohon info persiapan baju yg seperti apa ya buat sesuaika cuaca d sana
    thanks a lot ya

  22. Hallo saya mau nanya kalo liburan awal febuari ke Tokyo – Osaka – Kyoto dengan membawa bayi umur 2th kira2 bisa atau kuat ga yah dengan cuaca nya?thanks

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Di Tokyo-Osaka-Kyoto bulan februari masih lumayan dingin pak Weri, tahun lalu siang hari 9-11 derajat, dan malam hari 2-5 derajat. Meski sudah bukan di puncak musim dingin, namun suhu udara masih cukup menusuk tulang. Saran saya, jika membawa anak, sebaiknya ke Jepang bulan Juli-Agustus (saat musim panas). Suhu udara musim panas di Jepang seperti suhu udara di Bandung. Tidak enak kan liburan malah jadi sakit anaknya.

      Salam dan selamat datang di Jepang.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Sama-sama Pak Weri. Salam juga untuk anaknya. Ditunggu kunjungannya di Jepang 🙂

  23. Halo. Saya awal des mau k hokkaido seminggu. Kira2 tmp jalan yg recommended kemana saja ya?di niseko apa cocok utk ski bagi pemula? Dmn ski resort di niseko yg ad private onsen? Atau daerah laen di hokkaido. Thanks

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Halo Ibu Dian. Niseko adalah tempat yang paling cocok untuk bermain ski. Ada course untuk pemula, akses dari kota Sapporo juga mudah karena bisa naik bus dan kereta.
      Untuk rekomendasi tempat wisata di Hokkaido, ibu bisa membacanya di daftar destinasi di Hokkaido.
      Salam

    • Halo, bagaimana saya mau berinternet tanpa wifi yg murah di hokkaido?apa ada sim card intenet dsn utk tourist? Brp hrgnya ya? Thanks

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Untuk internetan di Jepang, menurut data Tim Info Jepang, pupuru adalah yang termurah. Namun sepertinya prosedurnya ribet.
      Mungkin bisa membeli dari HIS atau agen travel di Indonesia.
      Salam

  24. Hallo.. saya mau ke Tokyo tanggal 10 s/d 15 Desember 2016, tempat terdekat yang ada salju dimana ya ? dan transportasinya apa ? Thanks.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Halo Jasmat. Bisa ke Gala Yuzawa mungkin yang paling dekat. Namun untuk tanggal segitu, saljunya belum terlalu tebal juga.
      Salam dan selamat datang di Jepang

  25. Helloo, Pak Nugroho mohon info kita akan bepergian akhir bulan sept sekitar tgl 20an sept – awal oktober, kira2 suhunya berapa derajat ya? Rencana kita juga mengunjungi shirakawa-go dr kota takayama, menggunakan bis apa ya? Apakah bs direservasi? Thank u

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Fandy. Untuk suhu udaranya sekitar 20-26 derajat di Tokyo, mungkin akan lebih dingin di daerah pegunungan seperti Shirakawago.
      Untuk ke Shirakawago yang paling pas adalah dengan menggunakan kereta rute Tokyo-Nagoya-Takayama Station, dilanjutkan dengan Nohi Bus dari Takayama Station sampai ke Shirakawago.
      Salam

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Sama-sama Pak. Jika ada pertanyaan lainnya, bisa ditanyakan. Tim Info Jepang akan siap membantu.
      Selamat berlibur di Jepang
      Salam

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Halo, selamat pagi Ranie,
      Wah, pengalaman saya bulan maret apalagi udah pertengahan udah gak ada lagi salju. Masih musim dingin sih, cuma udah menjelang akhir. Akhir maret-awal April, Tokyo, Kyoto, Osaka, dan hampir semua wilayah di sisi selatan sudah masuk musim semi (ada bunga sakura). Kalau mau lihat salju, mungkin bisa sekitar bulan Februari. Namun, kamu bisa mencoba ke Gala Yuzawa atau Fujiten (bisa PP satu hari atau menginap satu malam dari Tokyo). Di sana bulan maret tahun ini masih ada salju dan kamu bisa mencoba main ski juga.
      Salam.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Sepertinya harus ke daerah pegunungan untuk melihat/bermain salju.
      Mungkin bisa mencoba ke Gala Yuzawa atau Fujiten (bisa PP satu hari atau menginap satu malam dari Tokyo). Di sana bulan maret tahun ini masih ada salju dan kamu bisa mencoba main ski juga.
      Salam.
      Salam

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ranie. Masih musim dingin, tapi sepertinya tidak ada salju di 3 kota tersebut.
      Salam

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Ya, Fujiten adalah resort ski terdekat dari Tokyo dan terletak di dekat Danau Kawaguchiko dan Gunung Fuji. Tidak perlu naik pesawat, bisa dengan kereta atau bus dari Tokyo.
      Tim Info Jepang sudah sering merekomendasikan ini bagi teman-teman Indonesia yang ingin melihat dan bermain salju.
      Silakan dibaca dulu link artikel yang diberikan.
      Salam

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Malam Nadhira, tahun kemarin suhunya sekitar 8-12 derajat di siang hari dan 2-4 derajat di malam hari (Tokyo, Kyoto, Osaka).

  26. Selamat malam , mau tanya saya tgl 25 nov – 5 des ke tokyo…apakah ada tempat yg bersalju dekat tokyo…krn anak saya umur 3 dan 5 thn sangat ingin bermain salju.thanks before

  27. Salam kenal,
    Mohon bagi infonya, saya berencana liburan ke jepang tanggal 16-27 September 2017, disana perkiraan musim apa dan wisata yang bagus untuk dikunjungi pada tanggal tersebut dimana? Terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu Widya. Bulan September masih peralihan dari musim panas ke musim gugur, dan tidak ada pemandangan khusus yang bisa direkomendasikan.
      Jika Ibu berminat dan membutuhkan, kami punya layanan Tour Guide Online Info Jepang. Kami bisa memberikan informasi pembuatan itinerary lengkap naik kereta apa, dari platform dan stasiun mana, serta tips-tips hemat dan praktis lainnya mengenai itinerary perjalanan. Ibu juga bisa langsung bertanya via telepon whatsapp sewaktu liburan di Jepang jika ada kepentingan darurat seperti membeli kebutuhan anak dan lain-lain.
      Salam

    • Terima kasih infonya. Jika memang tidak ada pemandangan khusus yang bisa direkomendasikan, mungkin ada info wisata yang cook atau sesuai yang direkomendasikan untuk dikunjungi. Terima kasih and

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Pak. Tokyo di bulan Desember udaranya cukup dingin antara 5-12 derajat celsius (melihat temperatur udara tahunan Jepang).
      Salam

  28. Pak Nugroho,
    Saya ke Tokyo 10 des.Pas musim apa ya disana? ittineries yang bisa di explore kemana ya? yg jelas karuizawa dan Gala Yuzawa blm beroperasi di tanggal itu.
    Hitachi seaside apakah ada bunga yang bisa dilihat di kisaran tanggal itu?
    Bagaimana jika ke Shirakawago, apakah ada day trip nya? yang tak perlu bermalam disana maksud saya.Bisa balik lagi ke homebase di Tokyo?
    Terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Sore Mbak Anis,
      Tokyo di tanggal 10 Desember sudah musim dingin, tapi baru awal saja. Suhu sudah dingin namun salju belum turun. Ya, Gala Yuzawa baru beroperasi minggu ketiga (tahun ini tanggal 17 Desember). Hitachi Seaside ada pemandangan winter tulip dan pepohonan Metasequoia, namun gak sebanding dengan jaraknya.
      Shirakawago bisa jadi destinasi yang bagus. Ada daytripnya lewat jalur Tokyo-Kanazawa-Shirakawago.
      Atau, kalau ingin bermain ski/salju bisa mencoba ke Fujiten di area Fuji Kawaguchiko.
      Salam.

    • Terima kasih pak Nugroho,
      Bisa diinfokan beli tiket day trip Shirakawago kemana ya?
      Fujiten sudah pasti sudah buka ya ski nya? kl bgt ambil jalur destinasi ke Mt Fuji-Kawaguchi begitu Pak? maaf kl pertanyaannya konyol 🙂

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Informasi mengenai day tripnya bisa dibaca di page Shirakawago.
      Sebetulnya ada 2 pilihan tempat main salju dekat Gunung Fuji: Fujiten dan Snow Resort Yeti.
      Mengenai 2 tempat main salju ini belum ada kepastian tanggal beroperasinya.
      Tim Infojepang akan segera mengupdate bila ada informasi baru yang masuk.
      Salam

  29. halo pak nugroho, saya rencana pegi tanggal 18jan 2017. kira2 disana masi musim dingin ya? pakaian apa saja yang perlu dibawa? trims

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Hai Jessica, ya bulan Januari-Februari masih musim dingin. Tergantung kamu mau kemana juga sih pakaian, kalau cuma mau di Tokyo/Kyoto/Osaka cukup bawa jaket tebal 1 dan jaket tipis 1, sepatu, syal, sarung tangan, dan beberapa kaos kaki. Cuma kalau mau ke Hokkaido, mungkin perlu lebih banyak jaket tebalnya. Salam.

  30. maafpak Nugroho sy mau menyambung yg diatas.. sy sekel mau ke jepun tgl 7-14 des ini.. pengen nya ke ski resort gala yuzawa .. tp blm buka ya.. kl ke Fujiten ato yeti agak ribet di transportasinya mesti ganti2 ke bus.kl dr Fujiten ke gotemba FO jauh gak pak? kira2 buat 1 day trip keburu gak? .. apa msh bs lanjut ke kawaguchi di hr yg sama? ..selain itu rencana mau ke osaka dan kyoto jg.. mohon petunjuk itten yg bgs pak nugroho .. Matur nuwun sblmnya..

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Hai Nena, Fujiten jaraknya cuma 20 menit naik taksi dari Stasiun Kawaguchiko. Danau Kawaguchiko sendiri bisa ditempuh dengan naik bus atau jalan kaki 15-20 menit dari Stasiun Kawaguchiko. Nah, untuk ke Gotemba nantibisa naik bus Fujikyu dari Stasiun Kawaguchiko (bisa sampai Mishima di rute Shinkansen Tokyo-Kyoto/Osaka).
      Jadi rutenya mungkin gini bu:
      Stasiun Shinjuku-(bus)-Stasiun Kawaguchiko-(taksi)-Fujiten-(taksi)-Stasiun Kawaguchiko-eksplor Danau Kawaguchiko-(bus)-Gotemba Premium Outlet-(bus)-Stasiun Mishima-(kereta shinkansen)-Kyoto/Osaka.
      Salam.

  31. maaf kl boleh tau kira2 kl naik taxi kena brp ya kira2 pak Nugroho? maaf soalnya sy denger ongkos taxi di jepang mahal.. rencana sy nginap di daerah shinjuku.. berarti sy naik shinkansen dr shinjuku ke kawaguchiko ya pak.. br naik taxi ke Fujitennya .. matur nuhun infonya pak Nugroho

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat sore Ibu Nena. Yang benar adalah naik kereta (bukan shinkansen) sampai Kawaguchiko. Lalu naik taksi dari Kawaguchiko Station sampai ke Fujiten. Mengenai berapa ongkos taksinya, tolong dibaca dulu link yang diberikan mengenai resort ski Fujiten.
      Salam

  32. Selamat mlm Pak Nugroho , saya mau ke Jepang tanggal 30nov-7des. Kira2 cuacanya dan temperatur nya seperti apa ya Pak? Dan pakaian apa saja yg harus saya pakai? Dan recommended tempat Utk wisata pada tanggal segitu apa kemana aja ya Pak? Terimakasih Pak..

  33. Saya akan berada di Tokyo pada 27-30 Januari 2017. Apakah ia waktu yang sesuai untuk berwisata di Tokyo? Atau suhi terlalu dingin? Terima kasih.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Suhu udara paling dingin di Tokyo adalah bulan Januari. Mungkin ibu perlu mempersiapkan pakaian tebal (lihat petunjuk di atas) supaya tidak kedinginan.
      Salam

  34. Siang pak nugroho, says akan berada dijepang selama lebih kurang 3minggu (9 – 26 december), yang saya may tanyakan route saya (osaka & sekitarnya, tokyo & sekitarnya, shirakawa go, kanazawa, hakone) terus ke sapporo/hokkaido pakai flight.. kira2 kalau jalur seperti ini kalau tidak beli JRPass bisa tidak? minta suggestion transportasi yang kira2 lbh murah dan worth it.
    makasih banyak yah…

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Maaf Pak, bagaimana jadwal lengkapnya selama liburan di Jepang? Tim Info Jepang perlu detail lengkap supaya bisa memberikan rekomendasi yang tepat.
      Salam

  35. terima kasih pak Nugroho. ini jadwal says moon dibantu ya
    H1 : Arr. Osaka Kansai – check in hotels
    H2 : Osaka dan maunya ke Takayama nginap semalam (apakah takayama buka di desember?)
    H3 : persiapan ke Shirakawa go 1Malam nginap di ryokan shirakawa go
    H4 : Shirakawa go naik bus malam ke – Tokyo (ini apakah rekomendasi)
    H5 : Tokyo 1day tour
    H6 : kembali ke osaka stasiun (tour ke tennoji temple, osaka castle, dotombori & sekitarnya)
    H7 :Direct to Nara + Kobe terus back to Osaka
    H8 : Osaka to Easten Kyoto
    H9 : Osaka to Shouthern and western kyoto)
    H10 : Kanazawa & Shirakawa go (again karena menemanin teman kesana lagi)
    H11 :Takayama – Nagoya (pesawat malam ke sapporo)
    H12 : Sapporo
    H13 : Sapporo (malam pesawat malam ke Tokyo)
    H14 : Tokyo disney sea
    H15 : Hakone trip (PP Tokyo tanpa nginap)
    H16 : Tokyo (Ueno, Asakusa, Ginza)
    H17 : Tokyo & Sekitarnya (Shinjuku dll)
    H18 : Pulang dari Airport Tokyo (Narita)
    kira2 seperti itu berhubung H1 -H5 says berdua dengan teman dan H-6 sampan H-18 saya akan gabung dengan keluarga dan teman tour bareng jepang makanya ada bbrp jadwal repeat.
    moon bimbingannya yah pakai transportasi apa lebih murah?
    thanks a lot pak

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Kalau begitu lebih baik Bapak membeli JR Pass untuk 14 hari daripada naik pesawat yang tentu lebih mahal.
      Lalu untuk hari ke 16-18 bisa membeli free pass kota Tokyo sesuai tempat wisata yang ingin dikunjungi. Salam

  36. Salam sejahtera Pak Nugroho, kami sekeluarga tgl 20 des ke hokkaido selama 8 hr…sy mau tanya apakah tgl segitu sdh turun salju disana? Terima kasih ..😊

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu, salam sejahtera.
      Tanggal 20 Oktober kemarin, hujan salju pertama turun di Hokkaido, lebih cepat seminggu hingga dua minggu dari rata-rata tahunan. Jadi sepertinya salju sudah menumpuk di Hokkaido saat pertengahan bulan Desember. Salam

  37. Hallo Pak Nugroho salam kenal ya.. Ada yg mau saya tanyakan terkait liburan ke Jepangnya ni..

    1. Saya berangkat tanggal 24 Feb 2017 hingga 6 Mar 2017, posisi saya di tokyo 5 malam dan di Osaka 4 malam.. Kira2 bagaimana dengan suhunya ya? Apakah ketika berjalan di pagi hingga sore hari masih sanggup menggunakan celana pendek atau harus mengenakan celana panjang ya slama perjalanan? Apakah saya harus memakai coldwear atau hanya jaket biasa saja? Jujur saya agak bingung dengan cuaca dingin disana.. Sekiranya saya ada gamabaran saya harus membawa apa saja ketika disana 😀

    2. Untuk bepergian menggunakan kereta dari Tokyo-Osaka-Kyoto apakah saya perlu membeli PASMO Card untuk menaiki subway di Tokyo-Osaka-Kyoto?

    3. Karena waktu terbatas di Osaka-Kyoto hanya 4 malam, lebih baik saya lbh banyak menghabiskan waktu di Osaka atau Kyoto ya? Lebih bagus yg mana ya antara Osaka dengan Kyoto? Tetapi yg pasti saya sudah menghabiskan 1 hari untuk ke USJ dan penginapan saya berlokasi di Osaka daerah Namba..

    Mohon pencerahannya Pak Nugroho.. Terima kasih banyak ya..

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      1. Suhu udara awal Maret sekitar 8-13 derajat celcius di beberapa kota besar di Jepang. Mungkin bapak harus pakai coldwear plus jacket yang mudah dipakai/ dilepas sehingga mudah untuk bepergian. Lalu lebih baik menggunakan celana panjang, daripada kedinginan. Siapkan juga lotion pelembab dan lipstick pelembab supaya kulit dan bibir tidak pecah-pecah. Ini sangat penting apa lagi untuk anak-anak, mengingat udara di Jepang saat musim dingin sangat kering.
      2. Untuk perjalanan kereta/ subway silakan membeli Pasmo/Suica karena akan sangat praktis.
      3. Saran dari Tim Infojepang lebih baik mengunjungi Kyoto 2 hari full atau 2,5 hari. Osaka lebih modern, jadi mungkin hanya pergi ke beberapa tempat wisata (baca tempat wisata di Osaka). Namun di Kyoto, kita bisa mengunjungi objek wisata kuil dan alam yang bagus juga (baca objek wisata di Kyoto).
      Salam

    • Terima kasih banyak untuk informasinya Pak Nugroho…

      Kl untuk subway apakah ada paket yg beberapa hr kt bs naek subway semau kita ketika kt berada di Tokyo Pak? Seperti paket full day per 1 hr akses bus di Kyoto, jd skali bayar kt bs pake terus2an…

  38. Salam kenal Pak Nugroho, saya dan keluarga berencana akan ke jepang tgl 11-20 des 2016. Yang mau saya tanyakan adalah:
    1. tgl 12 -16 des 2016 kami berada di tokyo dan tgl 15 des 2016 kami ingin ke gunung fuji dan gotemba lewat shijuku station dengan menggunakan jr pass pp dalam 1 hari apakah mungkin? Dan untuk rute kereta, saya harus ambil rute yang mana sampai kembali lagi ke shinjuku station?
    2. tgl 16-17 des 2016 kami akan ke takayama lewat shinjuku station
    3. tgl 17-19 des 2016 dari takayama kita lanjut ke osaka (namba station)
    4. tgl 20 des 2016 dari namba station ke kansai airport.
    Dr itinerary diatas apakah jr pass sudah mencukupi untuk moda transportasi kami selama di jepang tersebut?
    Mohon bantuannya ya pak, supaya perjalanan kami ke jepang dapat berjalan dengan lancar. Terutama yang ke gunung fuji. Karena sampai sekarang saya masih bingung untuk mencari rutenya.
    Terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Pak. Untuk ke Gunung Fuji dan Danau Kawaguchiko bisa dilakukan dalam satu hari. Silakan bisa membacanya di informasi wisata Danau Kawaguchiko. Lalu bisa lanjut naik bus lokal dari Kawaguchiko ke Gotemba Station. Dari Gotemba bisa ke selatan lagi, untuk naik shinkansen dari Mishima Station ke Tokyo Station.
      Untuk yang Takayama Station? Apakah bapak sekeluarga berencana pergi ke Shirakawago? Kalau begitu tidak perlu lewat Takayama, sebab akan makan waktu sangat lama. Bisa lewat Toyama atau Kanazawa yang bisa diakses Hokuriku Shinkansen (tercover JR Pass). Silakan dibaca-baca link di atas terlebih dahulu.
      Kalau masih ada pertanyaan, kami siap membantu. Salam.

  39. selamat sore pak nugroho, kami berencana ke shirakawago dari shinjuku station. Sesuai saran bapak kami akan memilih rute lewat toyama. Tolong kami diberi masukan tempat wisata yang harus kami kunjungin selain ke shirakawa go mengingat waktu yang kami miliki cuma 2 hari 1 malam di toyama. Setalah itu kami akan lanjut menuju osaka

    Terima kasih

  40. Hallo pak, mau tanya. Saya tgl 16 des besok tiba di toyama sekitar jam 12 siang dan menginap semalam setelah itu besoknya lanjut ke osaka. Saya pingin ke tateyama kurobe alpine, shirakawa go, kurobe dam, tonami tulip dan takayama. Apakah bisa itu saya lakukan? Kalau tidak bisa, dr wisata tersebut lebih baik saya ambil yang mana ya pak dan apakah bisa dibuatkan rutenya? Dan utk moda tranportasinya saya harus menggunakan apa? Saya punya JR pass.

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan