Musim Gugur di Hakone

You are here Home  > Musim di Jepang >  Musim Gugur di Hakone

Jika Kyoto memiliki Arashiyama yang memiliki pemandangan musim gugur paling keren, musim gugur di Hakone adalah yang terbaik dalam liburan di daerah sekitar Tokyo. Hakone menjadi tujuan utama wisatawan lokal dan mancanegara yang ingin menikmati musim semi dan musim gugur di daerah Tokyo dan Yokohama. Itu karena kita bisa sekaligus menyaksikan Gunung Fuji dari Hakone! Jadi kalau teman-teman berencana liburan sekitar bulan November hingga awal Desember, Tim Info Jepang sangat menyarankan untuk mampir dan menyaksikan keindahan musim gugur di Hakone. Selain menikmati pemandangan, teman-teman bisa mengunjungi beberapa museum dengan koleksi unik, menyeberangi danau Ashi dengan kapal bajak laut, naik gondola dan banyak kegiatan wisata lainnya di Hakone. Tim Info Jepang sudah merangkum beberapa tempat wisata dengan pemandangan indah musim gugur di Hakone. Susunan tempat ini diurutkan satu arah sehingga teman-teman bisa liburan efisien dan efektif di Hakone. Tim Info Jepang juga mencantumkan perkiraan tanggal momiji supaya teman-teman bisa mendapatkan informasi jelas saat menyusun jadwal liburan.

7 Pemandangan Musim Gugur di Hakone

1. Taman Horaien di Kowakidani (Awal November-Pertengahan November)

Teman-teman mungkin belum terlalu tahu taman bunga yang satu ini. Taman Horaien ini adalah taman bunga yang awalnya dibangun oleh pemilik ryokan (penginapan khas Jepang) Mikawaya. Taman Horaien ini sebetulnya terletak di kawasan wisata Kowakidani, di belakang kompleks Hotel Hakone Yunessun yang terkenal dengan onsen macam-macam rasa: ada onsen rasa ocha, onsen rasa kopi, onsen bunga mawar dan lain-lain. Taman ini terkenal dengan fenomena kabutnya yang tebal di pagi hari. Jadi orang-orang bisa melihat momiji musim gugur di Hakone yang terselubung kabut, mirip asap-asap putih gitu deh. Di siang hari bunga-bunga beraneka warna semakin menambah semarak keindahan taman ini. Aksesnya mudah, teman-teman bisa berjalan kaki 10 menit dari stasiun Kowakidani di jalur kereta Hakone Tozan. Atau naik bus Hakone Tozan dan turun di halte Horaien dan jalan kaki satu menit.

2. Taman Gora (Awal November-Pertengahan November)

Tahun 2016 menandai 102 tahun sejak Taman Gora dibuka di Jepang. Taman Gora merupakan taman khas Prancis pertama di Jepang, yang dipenuhi oleh kebun bunga, pendopo-pendopo untuk menikmati pemandangan dan juga salah satu pendopo menikmati teh Jepang atau chadou yaitu Hakuundo-chaen. Musim gugur di Hakone terutama di Taman Gora makin spesial dengan pemandangan daun-daun pohon momiji yang menjadi oranye dan kemerahan di sini. Aksesnya yang mudah juga menjadikan Taman Gora sebagai tempat wisata nomor 2 untuk menikmati musim gugur di Hakone. Teman-teman bisa ke Taman Gora cukup jalan kaki lima menit dari stasiun kereta Hakone Tozan Gora Station atau satu menit dari stasiun Hakone Cable Car Koen-Kami atau Koen-Shimo.

Musim Gugur di Hakone Taman Gora

Musim Gugur di Hakone Taman Gora

3. Museum Seni Hakone (Awal November-Pertengahan November)

Museum Seni Hakone dinobatkan menjadi tempat nomor satu pemandangan musim gugur di Hakone. Pepohonan yang memenuhi seluruh areal taman akan serentak berubah warna menjadi jingga, kuning dan merah, memberikan pemandangan yang kontras dengan karpet lumut hijau dan langit biru. Teman-teman juga beristirahat sejenak di pendopo Shinwatei yang berada di areal taman dan menikmati keindahan musim gugur di Hakone dari dekat. Lokasinya berada langsung di sebelah Taman Gora. Jadi sangat praktis buat kita yang ingin melanjutkan perjalanan dari atau ke Taman Gora.

Momiji di Hakone Museum Seni Hakone

Momiji di Hakone: Museum Seni Hakone

4. Hakone Tozan Cable car dan Kereta wisata Hakone Tozan

Kereta wisata Hakone Tozan adalah yang menghubungkan stasiun Odawara di jalur kereta JR Tokaido dan Tokaido Shinkansen dengan tempat-tempat wisata di pegunungan Hakone. Sementara Hakone Tozan Cable Car menghubungkan Gora Station dengan Sounzan Station di daerah pegunungan yang lebih curam sejauh 2 kilometer. Di kedua jalur kereta ini, kita bisa menyaksikan keindahan warna pepohonan di musim gugur dari balik jendela kereta. Sebetulnya tidak hanya musim gugur saja, kita juga bisa menyaksikan pemandangan bunga sakura di musim semi, hydrangea (ajisai dalam bahasa Jepang) di musim panas, atau salju putih di musim dingin.

Musim Gugur dari Hakone Cable Car

Musim Gugur dari Hakone Cable Car

5. Hakone Ropeway (Akhir Oktober-Pertengahan November)

Hakone Ropeway adalah kereta gondola yang menghubungkan Sounzan Station dan Togendai Station melewati lembah dan pegunungan curam di pinggir sebelah utara Danau Ashinoko. Kita bisa melihat kawah aktif Owakudani yang mengeluarkan asap putih, juga pemandangan megah Hakone plus Gunung Fuji dari udara. Pemandangan musim gugur di tempat ini sangatlah unik dan tidak bisa ditemukan di tempat lain, untuk itulah Tim Info Jepang memasukkannya ke dalam list pemandangan musim gugur di Hakone.

Musim Gugur di Hakone dari Hakone Ropeway

Musim Gugur di Hakone dari Hakone Ropeway

6. Togendai di pinggir Danau Ashi (Awal November-Pertengahan November)

Togendai adalah pelabuhan di utara Danau Ashi, yang juga menjadi tempat keberangkatan kapal wisata Ashinoko. Kalau teman-teman memiliki waktu luang liburan di Hakone, bisa berjalan-jalan di sekeliling Danau Ashi di mana pohon-pohon momiji sudah mulai berubah warna di musim gugur. Spot terbaik adalah momiji di dekat Hakone Lake Hotel. Aksesnya sangat mudah. Dari Togendai Station di jalur Hakone Ropeway, bisa jalan kaki 10 menit. Bisa juga naik Hakone Tozan Bus dari Hakone Yumoto Station ke arah Togendai dan turun di halte Hakone Lake Hotel.

Teman-teman bisa juga menginap di hotel-hotel di dekat Danau Ashinoko (Togendai Station). Beberapa hotel rekomendasi Tim Info Jepang adalah:

  1. Hakone Lake Hotel (19.000 yen untuk kamar twin)
  2. Hakone Hotel Powel (12.000 yen untuk kamar twin)
  3. Ashinoko Ichinoyu (14.900 yen untuk kamar twin)

7. Kapal Wisata di Danau Ashi

Danau Ashi atau Ashinoko dalam bahasa Jepang mungkin adalah danau kaldera terindah di Jepang. Dengan Gunung Fuji sebagai latar belakangnya, Danau Ashi adalah ikon wisata Hakone. Nah, pas di musim gugur, kita bisa melihat pemandangan pegunungan sekeliling Danau Ashi yang berubah warna kemerahan plus puncak Gunung Fuji tertutupi “topi” salju. Teman-teman bisa menyaksikan pemandangan ini dari kapal wisata Danau Ashi atau dari Museum Seni Narukawa di bagian selatan Danau Ashi.

Mountain Fuji and Lake Ashi

Menyaksikan momiji di Hakone dari Kapal Wisata Danau Ashinoko

Akses menuju Hakone

Ada dua akses menuju ke Hakone, naik bus ekspress atau naik kereta. Walaupun naik bus mungkin terlihat murah, sebaiknya pilih naik kereta. Ada 2 jenis kereta yang bisa dipakai dari Shinjuku Station: Odakyu Romance Car dan kereta Odakyu biasa. Odakyu Romance Car adalah kereta super ekspress yang menghubungkan Shinjuku dan Odawara. Waktu tempuhnya hanya 85 menit atau lebih cepat satu jam dibanding kereta biasa, namun harga tiketnya sedikit lebih mahal sekitar 2080 Yen. Buat temen-teman yang mau berhemat, bisa naik kereta Odakyu biasa dengan tiket 1.190 yen.

Satu moda transportasi adalah dengan menggunakan kereta rapid JR Tokaido Line. Kereta ini menempuh waktu kurang lebih 120 menit dari Tokyo Station sampai Odawara Station dengan harga 1500 Yen, sedikit lebih murah dibandingkan dengan kereta super ekspress Romance Car. Jika memiliki JR Pass atau JR Tokyo Wide Pass, maka ongkos kereta sampai ke Odawara tercover oleh dua pass tersebut.

Ada juga pilihan dengan naik bus seharga 1.850 Yen per orang. Dengan jarak tempuh sekitar 2,5 jam, bus adalah moda transportasi paling lambat untuk mencapai tempat ini. Namun, jika bepergian dalam grup atau bersama keluarga besar, pilihan untuk naik bus adalah pilihan yang tepat. Ada 11 bus yang berangkat dari Stasiun Shinjuku tiap harinya (kurang lebih 1 bus tiap jamnya), yang mengantarkan kita langsung ke pusat kota yakni Hakone-machi.

Liburan Hemat dengan Hakone Free Pass atau jika ingin mengunjungi kawasan Fuji dan Hakone sekaligus, silahkan gunakan Fuji Hakone Pass.

Kita bisa menghemat ongkos-ongkos ketika mengelilingi objek-objek wisata di daerah Hakone dengan membeli Free Pass saat di Shinjuku (harganya 5.140 Yen) atau di Odawara Station dengan harga 4.000 Yen. Dengan Free Pass kita bisa mengelilingi objek-objek wisata di Hakone sepuasnya termasuk kereta pulang pergi dari Shinjuku atau Odawara. Baca juga transportasi di Hakone yang mencakup kereta dan bus Hakone Tozan, kereta gantung Owakudani, dan juga kapal sightseeing tur di Danau Ashinoko yang bisa teman-teman nikmati.

Kita bisa membeli Hakone Free Pass ini di kantor Odakyu Sightseeing Service Center atau kantor informasi turisme di Shinjuku Station atau lewat mesin tiket milik Odakyu. Tim Info Jepang menyarankan untuk mengunjungi daerah ini saat hari kerja untuk menghindari harga tiket yang mahal saat hari libur dan kepadatan pengunjung.

Cheap Hotels in Hakone [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Ryokan Masuya
from ¥11990/night
Ryokan Masuya
Palace Hotel Hakone
from ¥14805/night
Palace Hotel Hakone
Yumoto Fujiya Hotel
from ¥18287/night
Yumoto Fujiya Hotel
Hotel Hakone Powell
from ¥14005/night
Hotel Hakone Powell

(sponsored by Booking.com)

Objek Wisata di lainnya di Hakone

Museum Seni Hakone
Momiji musim gugur di Museum Seni Hakone
Taman Gora
gora park
Sengokuhara
Jalan setapak di Padang Rumput Sengokuhara
Kastil Odawara
Panorama musim semi di Kastil Odawara

Sumber gambar : Flickr JirattoGuilhem Vellutkuzukiri1059, YC Zhu, mikion on the cloud, jpmatth

Recommended for you

Last modified: October 30, 2016

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!
Show Comments

Comments (2)

  1. Hallo imfojepang, sy tertarik sm itenerary musim gugur hakone, kebetulan awal nov sy berangkat ke jepang. Sy mo tanya nih, klo sy mo makan telor rebus owakudani, kira2 ditambah dimana ya dr itenerary info jepangnya. Sama klo mo ke gotemba premium outlet dimskin di mana ya di itenerary nya. Apakah itenerary tsb bs dlm 1 hr apa hrs 2 hr? Soalnya hakone pass kan 2 hr. Sy menginap di daerah tokyo 🙂

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      1 hari bisa, namun 2 hari tentu lebih bagus. Selain memaksimalkan Hakone Free Pass, Selly bisa explore objek-objek wisata Hakone ditambah Kawaguchiko. Gotemba ada di tengah-tengah Hakone dan Kawaguchiko. Ibu bisa coba itinerary Tokyo-Odawara-Hakone (Danau Ashinoko, Owakudani, dan lainnya) lalu esok harinya ke Gotemba dan Kawaguchiko dan kembali ke Tokyo. Salam.

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan