Nomor Telepon Darurat di Jepang

You are here Home  > Persiapan, Tips Wisata >  Nomor Telepon Darurat di Jepang

Berikut ini adalah nomor telepon darurat di Jepang yang bisa teman-teman pergunakan saat liburan atau berwisata di Jepang.Ada baiknya page ini teman-teman save/capture di handphone teman-teman untuk memudahkan kalau-kalau terjadi sesuatu, karena berdasarkan pengalaman Tim Info Jepang yang menjadi tour online, setiap kali musim liburan, selalu saja ada masalah darurat.

Jika barang-barang (handphone atau paspor) hilang atau tertinggal

Teman-teman harus melaporkannya ke nomor berikut sesuai dengan perkiraan tempat hilangnya barang.

1. Bandara, stasiun,  di dalam kereta, atau di dalam taksi

nomor darurat Jepang

2. Di jalan, atau tidak tahu pasti di mana hilangnya

Polisi Metropolitan Tokyo bagian kehilangan, ke 03-3814-4151

Nomor telepon polisi untuk informasi umum ke 03-3501-0110

Kantor polisi di Jepang khususnya di kota-kota besar, bisa ditemukan dengan mudah di pinggir jalan. Dan, polisi di Jepang ramah dan siap memberikan bantuan menunjukkan tempat, menerima laporan kehilangan, patroli, dan kontrol lalu lintas. Di Jepang, kejahatan seperti pencurian dan pelanggaran lalu lintas amat rendah, makanya polisi seperti tidak bekerja. Itulah mengapa jika mereka diminta bantuan, mereka sigap sekali. Masalahnya, mayoritas mereka tidak bisa berbahasa Inggris (tapi tenang saja, Tour Guide Online Info Jepang siap membantu teman-teman menjelaskan/ menanyakan sesuatu kepada polisi)

Saat sakit atau terjadi kecelakaan

1. Sakit atau cidera ringan

Saat teman-teman sakit atau mengalami kecelakaan ringan, bisa menghubungi Lembaga Informasi Medis Tokyo Metropolitan Himawari (Sunflower) di nomor 03-5285-8181.

Teman-teman bisa menanyakan lokasi rumah sakit/ klinik yang terdekat dengan posisi/ lokasi teman-teman. Layanan ini tersedia di dalam bahasa Inggris dan menjadi cara paling mudah untuk memperoleh layanan medis ringan.

2. Sakit atau cidera yang membutuhkan penanganan segera

Segera menelepon emergency 119 dan beritahukan posisi/ lokasi teman-teman, ambulance dan tenaga medis akan segera datang.

Selain itu, nomor 119 juga bisa digunakan jika terjadi kebakaran di hotel/ penginapan  teman-teman.

Cara menelepon 119

  1. Tekan 119 dari telepon umum atau handphone teman-teman
  2. Jika dari handphone, katakan Anda menelepon dari handphone
  3. Katakan “fire” jika terjadi kebakaran atau “emergency” saat teman-teman sakit atau cidera dan membutuhkan pertolongan.
  4. Sebutkan lokasi/ posisi teman-teman, misal hotel xxx di Tokyo, atau di perempatan jalan dekat Ginza.

3. Terlibat atau mengalami kecelakaan lalu lintas

Segera menelepon polisi 110. Teman-teman diharapkan mencatat jam dan lokasi tempat terjadi kecelakaan, beserta bukti-bukti pendukung, seperti nomor plat kendaraan yang terlibat kecelakaan. Namun, jika teman-teman tidak tahu nama lokasi, bisa menanyakan kepada orang sekitar atau hafalkan patokan/ acuan tempat.

Jika teman-teman terluka dan membutuhkan bantuan medis, segera hubungi 119

Cara menelepon 110

  1. Tekan 110 dari telepon umum atau handphone teman-teman
  2. Jika dari handphone, katakan Anda menelepon dari handphone
  3. Katakan “accident” untuk kecelakaan, berapa mobil yang terlibat, dan sebutkan jumlah korban yang terluka. Biasanya polisi juga akan langsung memanggil ambulance.
  4. Memberitahu lokasi tempat kejadian atau kecelakaan itu terjadi. Atau jika tidak tahu persis, cukup katakan bangunan tertentu yang bisa dijadikan patokan, seperti Seven-Eleven dekat Stasiun Shinjuku.

Saat terjadi gempa

Gempa sering terjadi di Jepang, dan dalam skala yang cukup besar. Kemungkin teman-teman akan panik dan kaget karena penduduk Indonesia cenderung tidak terbiasa dengan gempa. Pertama-tama, pastikan teman-teman tetap tenang. segera menunduk dan lindungi kepala, atau berlindung di bawah meja. Segera pastikan kondisi teman/ saudara yang lain.

Setelah gempa reda, segera keluar dari bangunan melalui tangga darurat, dan jangan menggunakan lift. Ikuti arahan pegawai atau staf yang datang.

Link eksternal terkait keadaan darurat:

Recommended for you

Last modified: August 4, 2016

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan