[Must Buy] Oleh-Oleh Khas Jepang

You are here Home  > Tips Wisata >  [Must Buy] Oleh-Oleh Khas Jepang

Mengunjungi Jepang tentu tidak lengkap jika kita tidak membawa pulang souvenir atau oleh-oleh ke Indonesia. Tentu ada anggota keluarga atau teman yang berpesan untuk membawa oleh-oleh. Benar kan? Yang jadi persoalan adalah, oleh-oleh apa yang bisa kita bawa pulang? Selain harganya jangan terlalu mahal, tidak ribet untuk dibawa, dan tentu harus unik dan khas Jepang. Berikut ini Tim Info Jepang sudah merangkum 8 oleh-oleh khas Jepang yang bisa jadi rekomendasi bagi teman-teman yang sedang liburan di Jepang.

1. Tokyo Banana

Oleh-oleh dari Jepang yang paling terkenal di Indonesia bahkan di dunia adalah Tokyo Banana. Tokyo Banana ini adalah kue dari sari pisang yang dilapis dengan kulit tepung manis. Dengan rasa yang enak dan kemasan berwarna kuning yang unik, Tokyo Banana memang pas jadi oleh-oleh bagi kenalan atau saudara di Indonesia. Kita bisa membelinya hampir di seluruh toko oleh-oleh yang ada di Bandara Internasional Jepang seperti Narita Airport, Haneda Airport, atau Kansai Airport, namun yang paling terkenal adalah di pusat hiburan dan oleh-oleh Solamachi di bawah Tokyo Skytree. Di Tokyo Skytree kita bisa mendapatkan Tokyo Banana dengan rasa dan kemasan khusus yang memang hanya dijual di tempat ini.

Oleh-oleh Khas Jepang Tokyo Banana

2. Coklat Kit-Kat

Mengapa coklat kit-kat masuk ke oleh-oleh khas Jepang? Bukankah di Indonesia sudah banyak dijual? Benar, namun, ada beberapa varian rasa coklat Kit-Kat hanya bisa kita temui di Jepang dan tidak dijual di negara lain, seperti rasa Maccha (teh hijau Jepang) atau rasa Rum Raisin. Maccha atau teh hijau khas Jepang mungkin jadi “rasa” atau produk yang paling unik dari Jepang karena rasa ini tidak dijual di Indonesia. Selain coklat kit-kat, ada beragam permen dan kue dengan rasa Maccha yang bisa dibawa pulang ke Indonesia.

kitkat

3. Oleh-oleh dari Asakusa Kaminarimon

Kuil Sensoji di Asakusa hampir selalu menjadi tujuan wisata saat kita di Tokyo. Di sini, kita bisa berbelanja di Nakamise-dori dengan lebih dari 80 toko yang menjual pernak-penik dan oleh-oleh khas Jepang, seperti kipas Jepang, atau Yukata dan kimono. Selain itu, kita juga bisa menemukan gelas dan piring dengan ukiran huruf Jepang, tas tote, kaos dengan tulisan kanji, hiasan gantung, gantungan kunci, dan semua aksesoris lainnya. Rahasia: Belilah barang di barisan toko agak depan, sebab harganya lebih murah.

Belanja oleh-oleh di Asakusa

4. Peralatan tulis khas Jepang

Peralatan tulis dikenal dengan warna-warni cerah dan corak tulisan Jepang. Sangat unik dan pas dijadikan oleh-oleh. Salah satu tempat di Tokyo tempat kita bisa membeli peralatan tulis ini adalah Toko Itoya di daerah Ginza. Kita bisa membeli tempat pensil, botol minum, pensil atau pulpen, agenda atau binder, kartu pos, dan tas selempang warna-warni khas Jepang, harganya rata-rata 150-500 yen (tidak terlalu mahal). Oleh-oleh ini cocok buat anak-anak atau keponakan yang masih bersekolah. Alamat Toko Itoya :3 Chome-7-1 Ginza, Chuo-ku, Tokyo.

5. Coklat Royce

Coklat Royce adalah coklat asli Sapporo Jepang. Cita rasa coklat yang lembut dengan perpaduan rasa yang unik seperti Maccha, Champagne, dan Hennessy. Selain itu, kita juga bisa membeli coklat dengan perpaduan buah, susu, krim, dan kacang almond yang lezat.  menjadikan coklat ini dikenal luas di dunia, termasuk di Indonesia. Meskipun sudah ada puluhan toko yang menjual coklat ini, namun pabriknya hanya ada di Sapporo Jepang. Harga di Indonesia bisa mencapai 200 ribu, padahal di Jepang hanya sekitar 120 ribu. Tentu jadi pilihan oleh-oleh yang enak sekaligus murah kan?

coklat royce maccha

6. Coklat Shiroi Koibito

Oleh-oleh khas kota Sapporo ini telah menjadi primadona oleh-oleh khas Jepang bahkan melebihi Tokyo Banana yang sudah lebih dahulu terkenal. Awalnya oleh-oleh kue kecil dengan krim vanilla ini hanya terkenal di Sapporo, di mana terletak pabrik pembuat Shiroi Koibito. Dengan seiring naiknya pamor kota Sapporo dan Hokkaido di kalangan wisatawan mancanegara, oleh-oleh khas Jepang ini mulai dijual di bandara-bandara besar di daerah Tokyo. Bagi teman-teman yang ingin mengunjungi Pabrik Coklat Shiroi Koibito atau membuat “kue” sendiri untuk orang tercinta bisa mengunjungi Pabrik Coklat Shiroi Koibito di kota Sapporo. Tim Info Jepang sudah merangkum informasinya di artikel berikut.

7. Pernak-pernik kartun/ animasi televisi

Jepang dikenal sebagai pusat kartun dan manga dunia. Anak-anak pasti akan sangat suka jika dibawakan oleh-oleh tempat minum atau tempat makan tokoh Doraemon atau One Piece, gantungan kunci atau peralatan tulis Naruto, pensil warna atau krayon, bahkan kaos bertema kartun Jepang. Baca juga: Tempat membeli produk anime di Jepang.

Produk Anime di Jepang One Piece Mugiwara Store

Produk Anime di Jepang One Piece Mugiwara Store

8. Oleh-oleh khas Jepang lain yang terkenal lainnya

Sulit rasanya Tim Info Jepang merangkum seluruh nama dan menjelaskan satu per satu nama oleh-oleh khas Jepang, karena banyaknya informasi yang didapatkan setiap kali pergi ke Jepang/ berasal dari pengguna panduan tour online Info Jepang. Beberapa di antara yang tidak bisa kami jelaskan satu per satu antara lain, Tokyo Cup de Cheesecake, Shiseido Parlour Cheesecake, Tokyo Milk Cheese, Daimaru Tokyo station, Hakata Torimon. Jika teman-teman ingin membeli oleh-oleh khas Jepang, silakan menanyakannya kepada Tim Info Jepang. Tim Info Jepang juga akan membantu menerjemahkan komposisi oleh-oleh yang hendak dibeli apakah halal/tidak.

Sumber gambar: Flickr  Antonio TajueloOiMaxNing InSilence, Phil Lees

Recommended for you

Last modified: October 26, 2016

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!
Close Comments

Comments (10)

    • Nugroho Christian
      Info Jepang  |  

      Coklat shiroi kobito bisa dibeli di toko oleh-oleh di dalam bandara Haneda (Tax Duty Free Shop) atau bandara Narita (ANA Festa shop). Untuk di Tokyo, Tim Info Jenag belum pernah menemukannya. Selamat liburan!

    • Nugroho Christian
      Info Jepang  |  

      Halo. Coklat Royce bisa dibeli di toko-toko di Narita Airport atau Haneda Airport.
      Hasil pengecekan Tim Info Jepang terakhir awal Mei 2016

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Halo Defvy,

      Dijual kok di Kansai, coba cari aja di toko ANA Festa, Sky Spot, Nagomi, atau Blue Sky.

      Salam!

  1. makanan khas kyoto yg pling cocok buat oleh” apa ya..???
    sprti coklat n mochi namany yg pling terkenal di kyoto apa ya n di mna belinya…???

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Di jepang bahasa sehari-hari adalah bahasa Jepang.
      Di beberapa tempat wisata tersedia informasi dalam bahasa Inggris namun jumlahnya masih sangat terbatas. Salam

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan