Panduan Lengkap Bandara Chubu

You are here Home  > Transportasi Jepang >  Panduan Lengkap Bandara Chubu

Bandara Internasional Chubu Airport atau yang dikenal Chubu Centrair International Airport adalah bandara utama kota Nagoya di prefektur Aichi, bandara nomor 5 dengan jumlah penumpang terbanyak setelah Narita, Haneda, Kansai dan Shin-Chitose Airport di Sapporo. Letaknya mirip seperti Kansai International Airport, dibangun diatas reklamasi di tengah-tengah Teluk Ise. Chubu sendiri berarti di tengah-tengah, mengingat letaknya yang ada di tengah-tengah Jepang sehingga sangat mudah pergi ke tempat wisata di Jepang. Tidak hanya itu saja aksesnya yang sangat mudah 30 menit ke pusat kota Nagoya, ditambah pesawat murah LCC yang semakin banyak mendarat di sini, membuat bandara internasional ini semakin ramai dikunjungi para wisatawan mancanegara.

Memang tidak ada penerbangan langsung dari Jakarta, namun bagi teman-teman yang ingin berlibur sekalian ke Shanghai, Hongkong atau Taiwan, Chubu Airport jadi pilihan paling populer. Beberapa orang Indonesia di luar negeri seperti Singapura, Vietnam atau Thailand juga memilih Chubu Airport sebab harga tiketnya lebih murah dibandingkan ke Narita atau Haneda Airport. Selain itu, Tim Info Jepang banyak pertanyaan mengenai objek wisata di Nagoya dan akses ke dan menuju Chubu Airport. Kali ini Tim Info Jepang sudah merangkum mengenai akses dan informasi wisata lengkap Chubu Airport Centrair.

Kegiatan Seru di Chubu Airport

1. Pergi ke Skydeck melihat panorama Chubu Airport

Bandara Haneda di Tokyo juga memiliki skydeck dimana kita bisa bersantai dan melihat pesawat-pesawat dari dekat. Namun, skydeck di Chubu Airport skalanya jauh beda! Dengan jarak hanya 300 meter ke pesawat, menjadikan tempat ini tujuan nomor satu bagi para maniak pesawat. Kita bisa datang sepuasnya ke tempat ini dari jam 7 pagi sampai jam 22.30. Saran Tim Info Jepang untuk mengincar waktu petang hari di mana sinar matahari senja menghiasi panorama Chubu Airport, bersama dengan lampu keamanan landasan pesawat kelap-kelip biru dan hijau. Jika datang di musim dingin Skydeck juga dihias dengan lampu-lampu yang sangat indah.

2. Naik Segwey Keliling Bandara

Pernah lihat petugas bandara naik moda segwey, kendaraan futuristik dengan mesin otomatis? Di Chubu Airport kita bisa langsung mencobanya! Kita bisa naik segwey berkeliling bangunan terminal atau juga melihat pesawat di atas kepala di skydeck. Dengan membayar 3500 yen untuk pemakaian sejam, orang dewasa (16 tahun ke atas) siapapun bisa naik segwey. Kepingin? Bisa cek informasinya di segway Nagoya.

Senja hari di skydeck Chubu Airport Nagoya

Senja hari di skydeck Chubu Airport Nagoya

3. Wisata kuliner di Gang Chouchin dan Jalan Renga

Lapar setelah penerbangan ke Nagoya? Kita bisa langsung mencoba kuliner khas kota Nagoya di Gang Chouchin, area wisata kuliner yang terletak di lantai 4 Chubu Airport.

Kita bisa mencoba ikan segar atau tempura udang, juga sayap ayap berbumbu “Sekai no Yamachan” kuliner favorit penduduk Nagoya. Sedikit melangkahkan kaki, kita bisa melihat suasana berubah 180 derajat. Dari Gang Chouchin yang bernuansa pasar tradisional Jepang menjadi bangunan tua ala Eropa di Jalan Renga. Di sini ada banyak restoran yang menyajikan menu a la carte ala Eropa. Suasana Gang Chouchin dan jalan renga adalah seperti foto di bawah ini.

Gang Chouchin di Chubu Airport

Gang Chouchin di Chubu Airport

Jalan renga ala eropa di Chubu Airport

Jalan renga ala eropa di Chubu Airport

4. Berbelanja di Centrair Meihinkan

Meihinkan berarti toko retail di mana kita bisa mendapatkan bermacam-macam suvenir khas kota Nagoya. Sangat cocok bagi teman-teman yang ingin membeli oleh-oleh bagi kerabat di Indonesia. Teman-teman bisa juga bertanya kepada pelayan yang berjaga, oleh-oleh khusus berdesain Nagoya yang hanya dijual di sini. Pelayan akan dengan senang hati menunjukkannya.

Oleh-oleh khas Nagoya di Chubu Airport

Oleh-oleh khas Nagoya di Chubu Airport

Akses Menuju ke kota Nagoya

Setibanya di Bandara Chubu, teman-teman akan melewati Access Plaza. Dari sini, kita harus berjalan lagi ke area Departure atau area ketibaan, di mana kita bisa melihat stasiun kereta Meitetsu maupun halte bus Airport.

1. Dengan kereta Meitetsu

Dari Bandara Chubu, kita bisa menuju pusat kota Nagoya dengan kereta Meitetsu. Perlu diperhatikan bahwa tiga jenis kereta Meitetsu: kereta limited express Myu (semua reserved seat), kereta ekspress biasa (dengan free dan reserved seat), dan kereta local. Jika naik Myu maka kita bisa memesan tempat duduk dan tiba di Nagoya hanya dalam 28 menit, namun perlu membayar biaya tambahan 360 yen sehingga total ongkosnya 1230 yen. Jika dengan kereta ekspress atau kereta lokal biasa kita cukup membayar 870 yen sampai ke Stasiun Meitetsu Nagoya, tapi dengan waktu perjalanan yang lebih lama. Catatan: JR PASS tidak bisa digunakan di jalur kereta Meitetsu.

2. Naik Airport Bus

Di samping kereta, ada juga bus bandara yang menghubungkan Chubu Airport dengan banyak hotel di kota Nagoya dan beberapa kota sekitar lainnya. Airport Bus akan berhenti di beberapa hotel terkenal dan kemudian berakhir di terminal bus Nagoya di dekat Stasiun Nagoya atau terminal bus Sakae di sebelah timur. Ongkos naik bus 1.200 yen dengan durasi perjalanan 45-85 menit tergantung halte pemberhentian bus. Agak lama dibandingkan dengan kereta, namun sangat praktis jika ingin langsung ke hotel.

3. Dengan Taksi

Tiba malam hari? Tidak perlu kuatir karena kita bisa menggunakan taksi. Meskipun harganya cukup mahal sekitar 12.500 yen, namun jika ada empat orang ongkos taksi bisa ditekan. Perlu dicatat bahwa taksi adalah pilihan moda transportasi terakhir menuju ke kota Nagoya.

Cheap Hotels near Chubu Airport [More Hotels]

Hotel Sunroute Plaza Nago
from ¥7000/night
Hotel Sunroute Plaza Nagoya
Guest House Wasabi Nagoya
from ¥4000/night
Guest House Wasabi Nagoya Ekimae
APA Nishiki Hotel Nagoya
from ¥6750/night
APA Nishiki Hotel Nagoya
Nagoya Marriott Associa H
from ¥7000/night
Nagoya Marriott Associa Hotel

(sponsored by Booking.com)

Sumber gambar: Flickr peaceful-jp-scenery, MIKI Yoshihito, Nao Iizuka, Gong Di, peaceful-jp-scenery

Recommended for you

Last modified: July 15, 2016

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan