Panduan Lengkap Bandara Shin Chitose Hokkaido

You are here Home  > Transportasi Jepang >  Panduan Lengkap Bandara Shin Chitose Hokkaido

Shin Chitose Airport adalah gerbang utama transportasi udara menuju ke Sapporo di Hokkaido. Shin Chitose merupakan bandara tersibuk keempat di Jepang setelah bandara Narita dan Haneda di daerah Tokyo, Bandara Kansai di daerah Kyoto, Osaka, Nara. Posisi 4 ini menunjukkan makin banyak wisatawan yang datang ke daerah utara Jepang ini. Kali ini Tim Info Jepang sudah merangkum informasi mengenai Bandara Shin Chitose di selatan Sapporo, bagaimana cara akses menuju ke pusat kota dan juga kegiatan-kegiatan seru yang bisa dilakukan di Bandara Shin Chitose Hokkaido.

Kegiatan Seru yang bisa dilakukan di Shin Chitose Airport

1. Berkeliling Tempat Permainan dan Hiburan

Setelah mendarat di Bandara Shin Chitose dan melewati proses imigrasi, kita bisa menyaksikan kemegahan bandara terbesar di pulau Hokkaido ini. Kita juga dapat menemukan banyak tempat belanja, restoran, kafe, dan food court, serta fasilitas hiburan seperti Taman Bermain Doraemon Wakuwaku Skypark, Royce Chocolate World, serta puluhan restoran ramen dengan cita rasa khas Hokkaido.

Arena permainan Doraemon di Bandara Shin Chitose

Arena permainan Doraemon di Bandara Shin Chitose

Di taman bermain Doraemon, anak-anak bisa bermain sepuasnya, atau makan siang di kafe lucu dan membeli mainan-mainan doraemon. Di Royce Chocolate World, kita bisa melihat proses pembuatan coklat Royce yang terkenal, juga bisa membelinya langsung di toko. Lalu, di Hokkaido Ramen Dojo, kita bisa memilih ramen dengan cita rasa bervariasi dengan bahan makanan Hokkaido yang terkenal segar dan murah. Ada juga distrik pasar malam Streetcar, di mana kita bisa makan di food court yang disulap serupa kota Sapporo jaman dulu. Kita juga bisa coba merendam kaki di pemandian air panas dengan cuma-cuma! Namanya adalah Onsen Manyonoyu atau pemandian air panas Manyonoyu. Tim Info Jepang yang pernah ke sini pun sangat senang melihat sarana-sarana permainan di bandara ini dan sudah tidak sabar lagi ingin berlibur di Sapporo.

Royce Chocolate World di Bandara Shin Chitose Hokkaido

Royce Chocolate World di Bandara Shin Chitose Hokkaido

2. Belanja di Rera Chitose Outlet Mall

Jika Narita Airport punya pusat perbelanjaan Shisui Premium Outlet, Haneda dengan Mitsui Outlet Park Kisarazu, Bandara Kansai dengan Rinku Premium Outlet, Bandara Shin Chitose punya yang lebih bagus lagi namanya Rera Chitose Outlet Mall. Jauh lebih praktis dibandingkan dengan pusat perbelanjaan outlet lain di Sapporo yang jaraknya cukup jauh dan harus naik kereta atau bus untuk dapat mencapainya. Kita bisa pergi ke tempat ini dengan menggunakan free shuttle Bus atau menggunakan JR Minami-Chitose Station. Jika beruntung liburan musim dingin di Sapporo, kita bisa melihat pemandangan iluminasi indah di pusat perbelanjaan ini.

Rera Chitose Outlet Mall dekat Bandara Shin Chitose

Rera Chitose Outlet Mall dekat Bandara Shin Chitose

Akses Dari Bandara Shin Chitose Menuju ke Sapporo

Shin Chitose Airport letaknya sekitar 50 kilometer di selatan Sapporo. Kita bisa menuju ke Sapporo dengan kereta JR, naik bus, atau taksi

1. Kereta Ekspress JR Airport

Moda transportasi ini adalah yang paling nyaman karena bisa sampai di Sapporo tanpa berpindah kereta dengan durasi paling cepat. Dari Bandara Shin Chitose kita cukup mengikuti petunjuk jalan menuju ke stasiun di bawah tanah sampai ke pintu masuk stasiun Shin Chitose Kuko Eki. Kereta ekspress JR Airport ini berangkat setiap 15 menit sekali dan sampai di Sapporo dalam 37 menit. Biaya perjalanannya 1070 yen. Harap perhatikan jenis kereta yang akan dinaiki karena ada juga kereta lokal yang akan berhenti di tiap stasiun. Kalau salah naik, perjalanan ke Sapporo jadi 1 jam. Saran dari Tim Info Jepang: ikuti orang-orang atau wisatawan luar negeri yang membawa koper besar. Mereka biasanya akan naik kereta ekspress menuju ke Sapporo.

Kereta ekspress pertama dari Sapporo menuju ke Shin Chitose Airport berangkat jam 06.16 dan kereta terakhir pukul 20.45. Di rute sebalinknya dari Shin Chitose Airport menuju ke Sapporo, kereta ekspress pertama berangkat jam 8.15 dan kereta terakhir pukul 22.53. Informasi selengkapnya mengenai kereta di Bandara Shin Chitose bisa dilihat di halaman berikut.

2. Bus Bandara dan Bus Wisata Luar Kota

Selain kereta tersedia pula moda transportasi bus dengan ongkos 1030 yen (lebih murah sedikit dibandingkan kereta), namun dengan perjalanan lebih lama yakni 90 menit. Tim Info Jepang menyarankan untuk naik kereta ekspress JR Airport jika ingin pergi langsung ke Sapporo dan berwisata di tempat-tempat wisata kota Sapporo. Bus akan lebih efektif dan pas digunakan jika teman-teman ingin pergi ke tempat-tempat wisata di luar kota Sapporo seperti wisata alam di Danau Toya dan Shikotsu, pergi ke daerah wisata pemandian air panas di Jozankei, atau ke tempat bermain ski seperti Rusutsu dan Niseko. Ada bus-bus umum yang berangkat setiap 30 menit sekali menuju ke tempat-tempat wisata ini.

Cheap Hotels in Sapporo [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

APA Hotel TKP Sapporo
from ¥5942/night
APA Hotel TKP Sapporo Ekimae
Century Royal Hotel
from ¥20266/night
Century Royal Hotel Sapporo
Hotel Monterey Sapporo
from ¥13263/night
Hotel Monterey Sapporo
Hotel Route-Inn Sapporo
from ¥11900/night
Hotel Route-Inn Sapporo Ekimae

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Kebun Binatang Maruyama
Beruang kutub di Kebun Binatang Maruyama
Gedung Jam Sapporo
Gedung Jam Sapporo
Jozankei Onsen
Jozankei Dam di musim gugur
Taman Nakajima
Keindahan musim gugur di Taman Nakajima Sapporo

Sumber gambar: Flickr Tzuhsun Hsu, MIKI Yoshihito, MIKI Yoshihito, kalcul

Recommended for you

Last modified: November 9, 2016

TAGS  :

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!
Close Comments

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan