Panduan Pergi ke Hokkaido Jepang

You are here Home  > Kebun Bunga, Nature, Wisata Jepang >  Panduan Pergi ke Hokkaido Jepang

Hokkaido adalah pulau paling utara negara Jepang. Meskipun luasnya seperempat luas negara Jepang, namun populasinya hanya sepersepuluh populasi Jepang. Daerah Hokkaido yang luas kebanyakan berupa padang rumput di mana rubah, rusa, dan beruang bebas berkeliaran. Para wisatawan yang datang bisa menikmati pemandangan, bermain ski di waktu musim dingin, atau piknik di musim panas. Keindahan Hokkaido tentu memberikan pengalaman tak terlupakan bagi teman-teman semua. Kuliner khas Hokkaido juga menjadi yang paling terkenal di Jepang karena kesegaran dan harganya yang murah! Ada ramen, Genghis Khan (Jingisukan), yaitu masakan daging bakar dan sayuran khas Hokkaido, aneka makanan laut, dan aneka produk olahan susu dan hasil pertanian. Berikut Tim Info Jepang telah merangkum kegiatan seru dan menarik yang bisa dilakukan sewaktu pergi ke Hokkaido.


  • 1. 10 Kegiatan Seru di Hokkaido

    1. Bermain Ski dan Snowboard di resort-resort dki terbaik Hokkaido

    Musim dingin di Hokkaido dipengaruhi oleh angin dingin yang bertiup dari Siberia. Di Sapporo, ibukota Hokkaido, temperatur udara turun hingga minus 5 derajat, dan makin ke timur turun hingga minus 30 derajat. Musim dingin membawa banyak sekali salju sehingga sangat nyaman untuk bermain ski dan snowboard di Hokkaido. Salju akan sangat lebat turun sehingga tidak akan merasa sakit meskipun terjatuh di saat bermain ski dan snowboard.

    Ada daerah bermain ski dan snowboard yang terkenal di Hokkaido seperti Furano, Rusutsu, Noboribetsu, atau Niseko. Meskipun resort ski dan snowboard tidak besar seperti resort di pegunungan Alpen di Eropa, namun rutenya sangat seru bagi para pemula dan tingkat lanjut. Kita dapat menyusuri lembah yang landai dan curam, sambil melihat keindahan pepohonan dan pegunungan di depan mata.

    Pergi ke Hokkaido dan bermain ski

    Bermain ski di musim dingin

    2. Melihat Es Mengapung di Abashiri

    Kita juga bisa menikmati petualangan tak terlupakan menaiki kapal pemecah es di Abashiri Hokkaido. Kita bisa memulai petualangan dari pelabuhan Abashiri di bagian timur laut Hokkaido dan kemudian mengaruhi Laut Okhostk. Sambil berjalan kita dapat melihat beruang es dan hewan-hewan kutub lainnya atau panorama es mengapung dari atas kapal.

    Es terapung di Abashiri

    Mengikuti tur keliling laut Okhostk dengan kapal pemecah es Aurora

    3. Menghadiri Festival Salju di Sapporo

    Festival salju di Danau Shikotsu

    Suasana festival es Sapporo yang spektakuler

    Setiap tahun di awal bulan Februari, tim dari seluruh dunia berkumpul di Taman Odori di Sapporo dengan sekop, gergaji besi, dan pemecah es. Balok-balok es berukuran raksasa diubah menjadi pahatan es bunga-bungaan, hewan besar seperti hiu dan paus, atau karakter-karakter terkenal di televisi.

    Setiap tahunnya lebih dari 2 juta pengunjung datang ke Taman Odori untuk melihat festival salju ini. Mereka tetap bersemangat bermain salju dan berfoto di depan patung-patung es meskipun suhu udara sangat dingin. Dan kalau teman-teman pergi ke Sapporo, jangan kaget dengan kehangatan para penduduk lokal yang dengan sukarela memberikan minuman kopi atau coklat hangat secara cuma-cuma bagi para pengunjung. Jadi, jangan lupa ke Sapporo kalau pergi ke Hokkaido!

    4. Lomba Balap Anjing

    Jangan pikir lomba balap anjing ini seperti lomba balap anjing chihuahua atau anjing piaraan seperti pada umumnya. Lomba balap Anjing yang digelar di Wakkanai, daerah paling utara Hokkaido adalah lomba balap ajing Husky, anjing yang berbadan besar. Anjing Husky akan berlari sambil membawa pemiliknya dan kereta seluncur di belakangnya dan bertarung siapa yang jadi paling tercepat. Ini adalah sebagai bentuk pelatihan untuk anjing-anjing supaya tahan dan kuat menghadapi hewan-hewan buas di hutan Hokkaido. Lomba balap anjing ini digelar setiap tahun di minggu terakhir bulan Februari dan diikuti oleh peserta dari seluruh Jepang.

    5. Berlibur di Gunung Usu dan Danau Toya

    Gunung Usu yang berada di bagian selatan Pulau Hokkaido menawarkan pemandangan yang menakjubkan. Sempat meletus pada Maret tahun 2000 yang lalu, banyak orang yang akhirnya datang ke Gunung Usu dan menikmati panorama alam dari kereta ropeway. Selain itu, kita juga bisa melihat panorama alam Danau Toya dengan Pula Nakajima di tengah-tengahnya seperti Danau Toba di Indonesia.

    Danau Toya di Hokkaido

    Panorama keindahan Danau Toya di Hokkaido

    6. Berkunjung ke Museum Penduduk Hokkaido

    Jangan lupa untuk berkunjung ke museum di Hokkaido di Shiraoi di bagian selatan Hokkaido. Dulu daerah Shiraoi merupakan daerah dengan ras penduduk Ainu (penduduk asli Hokkaido) berpopulasi terbesar. Ras Ainu berbeda dengan orang Jepang yang sekarang, badan mereka lebih pendek, lebih berotot, dan banyak bulu-bulunya. Mereka juga punya tarian dan musik khas yang banyak dipengaruhi alam dan lingkungan sekitar. Kita dapat melihat dan menyaksikan seluruh informasinya di Mesum Poroto-Kotan Ainu di kota Shiraoi.

    7. Mendaki Gunung

    Dengan enam Taman Nasional dan 12 Taman Prefektur, Hokkaido menjadi surganya para pendaki gunung. Di musim semi dan panas, kita dapat melihat pepohonan hijau memenuhi lereng gurung yang landai. Berbeda 180 derajat dengan keadaan di musim dingin ketika semuanya putih tertutup salju yang tebal. Dan banyak sekali wisatawan domestik dan mancanegara yang pergi ke Hokkaido untuk menaklukan gunung-gunung tersebut.

    Salah satu gunung yang terkenal adalah Gunung Yotei, yang dikenal sebagai Ezo Fuji atau Gunung Fuji-nya Hokkaido karena bentuknya kerucut sangat mirip dengan Gunung Fuji. Gunung Yotei letaknya sangat dekat dengan lokasi ski Niseko dan Danau Toya, sehingga pemandangan alamnya sangat menakjubkan. Perlu sekitar 4 hingga 5 jam untuk mendaki gunung sampai ke puncaknya di ketinggian 1893 meter.

    Ada juga Gunung Tarumae di dekat Danau Shikotsu. Kita dapat melihat gunung Tarumae setinggi 1038 meter yang masih aktif dan mengeluarkan aroma belerang dari kalderanya. Jangan lupa juga untuk melihat keindahan panorama alam dari atas Gunung Tarumae dan Danau Shikotsu di bagian utaranya.

    Gunung Tarumae dan Danau Shikotsu

    Melihat pemandangan Gunung Tarumae dan Danau Shikotsu

    8. Berwisata di Taman Nasional Daisetsuzan

    Taman Nasional Daisetsuzan ialah taman Nasional terbesar di Jepang dengan luas lebih dari 226 ribu hektar, dengan pemandangan gunung menakjubkan dan puncak Gunung Asahidake setinggi 2290 meter yang juga merupakan Gunung tertinggi di Hokkaido. Kita bisa menggunakan kereta kereta gantung dari Asahidake Onsen (resort di kaki gunung) di ketinggian 1000 meter menuju ketinggian 1600 meter. Dari sana kita bisa mendaki Gunung Asahidake selama kurang lebih dua jam melewati gunung batu dan salju yang tebal. Bagi teman-teman yang masih pemula mungkin bisa mencoba mendaki Gunung Hokkaidake (2149 meter) atau Gunung Kurodake (1984 meter).

    Keindahan Pegunungan Daisetsuzan Hokkaido

    Keindahan sore hari di Taman Nasional Daisetsuzan Hokkaido

    9. Pergi ke Hokkaido Menyaksikan Festival Yosakoi Soran

    Festival Yosakoi Soran diadakan di Sapporo setiap pertengahan bulan Agustus di Sapporo. Kita bisa menyaksikan tari-tarian yang merupakan kombinasi tarian di festival Yosakoi dari Koichi dan musik tradisional Soran dari Hokkaido. Para penari biasanya terdiri dari ratusan orang dan masing-masing memiliki kostum dan ensembel musik sendiri-sendiri. Festival sering diadakan di panggung utama kota Sapporo yakni sepanjang jalan Odori Park.

    10. Melihat Festival Lavender di Biei dan Furano

    Furano juga punya festival lavender yang diadakan setiap tahun. Bunga lavender bewarna ungu kemerah-merahan memenuhi sehamparan padang rumput luas di kota Furano. Dan di bulan Juli selalu diadakan festival bunga saat seluruh bunga mekar sempurna. Kita dapat berkeliling sepanjang padang dengan mobil penumpang taman sambil menikmati makanan-makanan dengan aroma lavender. Di sekitar Furano, masih ada Biei dan Kamifurano dengan pesona kebun-kebun bunga yang tidak kalah indah.

    Kebun Bunga Lavender di Hokkaido

    Indahnya kebun bunga Furano

    2. Kapan Waktu Terbaik Pergi ke Hokkaido?

    Kebanyakan tempat ski resort bukan pada awal Desember hingga akhir April. Selain itu, festival salju Sapporo diadakan pula pada musim dingin, tepatnya minggu pertama hingga minggu kedua bulan Februari. Festival balap anjing juga digelar saat musim dingin pada minggu terakhir bulan Februari. Jadi buat teman-teman yang ingin melihat kedahsyatan dan keseruan festival salju bisa pergi ke Hokkaido pada bulan Februari.

    Bagi teman-teman yang tidak tahan dengan tempat yang dingin, musim panas bisa menjadi alternatif pergi ke Hokkaido. Karena Hokkaido tidak mengalami musim hujan, maka udara akan selalu kering sehingga kita bisa melihat pemandangan alam hingga ke tempat yang jauh. Di bulan Juni, Juli, Agustus udara juga hangat sehingga sangat mudah saat rekreasi, piknik, atau jalan-jalan berkeliling objek wisata di Hokkaido. Festival Yosakoi Soran dan Festival Bunga Furano juga diadakan di akhir bulan Juli hingga pertengahan bulan Agustus.

  • Tempat Wisata Terkenal di Hokkaido

    • Tenninkyo Onsen

      tebing batu tenninkyo

      Tenninkyo adalah desa kecil yang berlokasi sisi timur Taman Nasional Daisetsuzan. Lokasinya tidak jauh dari Asahidake Onsen. Tenninkyo Onsen dikelilingi oleh tebing-tebing batuan tinggi seperti di Sounkyo Onsen. Pesona utama resort ini adalah batu-batuan yang mempunyai tebing-tebing batu yang mengag...


    • Moerenuma Park

      Panorama Moerenuma Park di Sapporo

      Taman Moerenuma adalah taman favorit bagi anak-anak kota Sapporo yang ingin bermain. Kita bisa menikmati keindahan taman atau pergi ke bangunan kaca uni berbentuk piramid....


    • Ginsendai

      Akadake Musim Gugur

      Ginsendai adalah salah satu dari beberapa jalur menuju Taman Nasional Daisetsuzan. Letaknya di sisi timur Daisetsuzan. Resort ini terletak sekitar 1.500 meter di atas permukaan laut dan menjadikannya dekat dengan Puncak Gunung Akadake dengan ketinggian 2078 meter. Untuk dapat sampai di sini, jalur t...


    • Stasiun Sapporo

      Sapporo Station

      Stasiun Sapporo telah menjadi pusat dari pergerakan kereta api ke Asahikawa dan Abashiri, Hakodate, Otaru dan Teine, dan ke tenggara menuju Bandara Shin-Chitose yang menjadi penghubung Hokkaido dengan Tokyo atau Kansai....


    • Danau Toya

      Danau Toya dan Pulau Nakajima

      Danau Toya dan Gunung Usu adalah objek wisata alam yang berada di bagian barat daya Hokkaido. Aksesnya yang mudah, resort onsen yang terkenal, dan panorama alamnya yang menawan membuat Danau Toya ramai dikunjungi oleh wisatawan setiap tahunnya. Kita bisa berjalan-jalan dengan mudah di sekeliling dan...


    • Motomachi Hakodate

      Foto Taman kota Motomachi Hakodate

      Kawasan kota tua Motomachi Hakodate adalah tempat di mana kebudayaan Jepang dan Eropa berpadu dalam satu tempat. Sejak dibukanya pelabuhan Hakodate, ada banyak pedagang dan orang asing yang singgah bahkan kemudian menetap di Hakodate. Orang-orang asing inilah yang kemudian membawa gaya arsitektur da...


    • Taman Bir Sapporo

      Bangunan di dalam Taman Bir Sapporo

      Sempurnakan pengalaman berlibur di Sapporo dengan makan malam di Taman Bir Sapporo. Disini kita bisa mencicipi kuliner lokal Hokkaido terkenal :daging domba Genghis Khan. ...


    • Kolam Biru Aoiike

      aoiike

      Aoiike sebenarnya bukan kolam natural. Kolam ini adalah kolam galian yang dibuat pada tahun 1988 sebagai tempat penampungan lava letusan gunung Tokachidake. Beberapa tahun kemudian, air sungai Biei-gawa bercampur dengan air di Aoiike dan menjadikannya berwarna kebiru-biruan....


    • Kebun Binatang Maruyama

      Beruang kutub di Kebun Binatang Maruyama

      Kebun Binatang tertua yang ada di Pulau Hokkaido dan menjadi tempat wisata favorit bagi anak-anak dan remaja di Sapporo untuk belajar dan mengenal hewan-hewan di musim dingin....


    • Maruyama Park

      Musim gugur di Taman Maruyama

      Maruyama Park atau Taman Maruyama adalah taman terbesar di Kota Sapporo. Di area Taman Maruyama ini, ada Stadion Baseball Maruyama dan Kuil Hokkaido, dan Kebun Binatang Maruyama di sisi timur. ...


    • Danau Shikotsu

      Festival salju di Danau Shikotsu

      Danau Shikotsu di Hokkaido adalah satu dari dua danau besar di kompleks Taman Nasional Shikotsu Toya, selain Danau Toya. Dengan naik bus satu setengah jam dari pusat kota Sapporo, kita bisa sampai di Danau Shikotsu....


    • Taman Odori

      Taman Odori di Sapporo

      Taman Odori berada di pusat kota Sapporo di Hokkaido. Kita bisa pergi ke Sapporo Clock Tower, menyaksikan festival salju di musim dingin dan acara musim panas....


    • Jigokudani Noboribetsu

      Jigokudani Noboberitsu saat musim gugur

      Noboribetsu adalah wilayah di barat daya Hokkaido dan termasuk ke dalam wilayah taman nasional Danau Shikotsu dan Danau Toya. Terkenal dengan kolam-kolam pemandian air panas (onsen) alami, salah satunya yakni Jigokudani....


    • Shiretoko Hokkaido

      Jembatan gantung di Shiretoko

      Keindahan laut, pegunungan, danau, dan area taman nasional yang masih terjaga menjadikan Shiretoko menjadi salah satu objek wisata alam yang terindah di Jepang. ...


    • Gunung Kurodake

      pemandangan dari kurodake

      Gunung Kurodake adalah gunung dengan tinggi 1.984 meter yang dapat dicapai dari Sounkyo Onsen di tengah Hokkaido. Puncak gunung Kurodake bisa dikatakan yang paling mudah ditaklukkan di seluruh Taman Nasional Daisetsuzan karena adanya kereta gantung dan kursi gantung dari Sounkyo Onsen....


    • Pelabuhan Hakodate

      Kanemori Red Brick House di Pelabuhan Hakodate

      Pelabuhan Hakodate berada di sisi timur Hakodate dan menghadap langsung ke Teluk Hakodate. Gudang-gudang di sepanjang pinggir pantai yang dulu berfungsi menampung barang-barang perdagangan kini beralih fungsi menjadi tempat tinggal, toko, atau restoran. Dari kawasan pelabuhan Hakodate...


    • Tokachidake Onsen

      Puncak tokachidake

      Tokachidake Onsen adalah resor pemandian air panas di ketinggian 1.280 meter di atas permukaan laut. Letak Tokachidake Onsen di sisi barat daya Taman Nasional Daisetsuzan. Jaraknya tidak terlalu jauh dari Kamifurano. Tokachidake Onsen adalah tempat yang paling pas jika teman-teman ingin mendaki Gunu...


    • Shin Chitose Airport

      Suasana Shin Chitose Airport

      Informasi mengenai Shin Chitose Airport saat berlibur di Sapporo Hokkaido, dan cara naik bus atau kereta JR menuju ke pusat kota Sapporo....


    • Yachigashira Onsen

      Pemandian air panas indoor Yachigashira Onsen

      Yachigashira Onsen adalah sebuah tempat pemandian air panas yang paling terkenal di Hakodate. Simak kunjungan Tim Info Jepang yang "beristirahat sejenak" di pemandian air panas ini!...


    • Resort Ski Furano

      Suasana Resort Ski Furano dari gondola

      Furano begitu terkenal dengan kebun bunganya, terutama keindahan kebun bunga lavender. Namun, Furano juga dikenal dengan resort ski Furano...



  • 3. Akses dan Informasi Pergi Menuju Hokkaido

    Hokkaido sebagai prefektur terluas di Jepang memiliki 11 bandara, di mana 9 di antaranya memiliki penerbangan langsung dari Haneda Airport di Tokyo. Tiap harinya ada 10 penerbangan dari dan menuju Asahikawa Airport, 8 dari dan menuju Hakodate Airport, 7 dari dan menuju Obihiro Airport, 6 dari dan menuju Kushiro Airport, dan 3 dari dan menuju Memanbetsu Airport di Kitami. Sedangkan dari Wakkanai, Monbetsu, Nemuro Nakashibetsu Airport masing-masing terdapat 1 penerbangan.

    Salah satu bandara yang tersibuk adalah Shin Chitose Airport yang berada sekitar 30 kilometer di tenggara kota Sapporo, ibukota sekaligus kota terbesar di Hokkaido. Dalam satu hari terdapat lebih dari 50 pesawat yang datang ke bandara ini. Dari Haneda Airport di Tokyo, penerbangannya memakan waktu 1 jam 30 menit dengan tarif untuk kursi biasa sekitar 7.990-10.000 Yen untuk penerbangan murah LCC dan penerbangan biasa berkisar 30.000 Yen. Shin Chitose Airport menjadi bandara tersibuk ketiga di Jepang setelah Haneda Airport dan Narita Airport yang berada di wilayah metropolitan Tokyo. Ini menunjukkan Sapporo dan Hokkaido menjadi salah satu tujuan wisata terkenal di Jepang. Selain itu, di Shin Chitose Airport kita bisa menemukan fasilitas-fasilitas menarik, seperti shopping mall dan pemandian air panas bagi penumpang agar tidak bosan menunggu jadwal penerbangannya di bandara. Menarik bukan?

    Dari Shin Chitose Airport juga ada penerbangan ke bandara Hakodate, Kushiro, Memanbetsu, Wakkanai dan Nakashibetsu, sehingga sangat praktis jika ingin pergi ke berbagai tempat di Hokkaido. Untuk transportasi dalam kota dari Shin Chitose Airport ke pusat kota Sapporo, kita bisa naik bus bandara dengan waktu tempuh sekitar 80-90 menit (biaya 1.030 yen) atau dengan kereta express JR Line yang memakan waktu 37 menit saja (biaya 1.070 yen).

    Akses transportasi sewaktu pergi ke Hokkaido, sama seperti kota-kota Jepang yang lain, terhubung satu sama lain baik dengan bus lokal maupun kereta. Kota Sapporo memiliki kereta bawah tanah yang menghubungkan Taman Odori, Susukino, dan Taman Botanik, serta objek-objek wisata terkenal lainnya.

    4. Video Perjalanan Wisata ke Hokkaido

    5. Informasi lebih lanjut Wisata ke Hokkaido

    Buku E-Book Pengalaman Bersama dengan Alam di Hokkaido

Cheap Hotels in Sapporo [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Mitsui Garden Hotel
from ¥15597/night
Mitsui Garden Hotel Sapporo
Hotel Route-Inn Sapporo
from ¥11900/night
Hotel Route-Inn Sapporo Ekimae
Hotel Sapporo Sun Plaza
from ¥6510/night
Hotel Sapporo Sun Plaza
Hotel Gracery Sapporo
from ¥13196/night
Hotel Gracery Sapporo

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Moerenuma Park
Panorama Moerenuma Park di Sapporo
Nijo Market
nijo market
Stasiun Sapporo
Sapporo Station
Taman Bir Sapporo
Bangunan di dalam Taman Bir Sapporo

Sumber gambar : Flickr  MiNe,chee_hian, blog exblog, Robert Thomson, Sarah Sutter, Allen Hsu, acidlemon

Recommended for you

Last modified: October 15, 2016

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!
Show Comments

Comments (4)

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan