Pemandangan Malam Nagasaki

You are here Home  > Night View >  Pemandangan Malam Nagasaki

Nagasaki terletak di bagian selatan Jepang, tepatnya di Pulau Kyushu. Bersama dengan Yokohama di sisi timur dan Hakodate di utara Jepang, Nagasaki menjadi pelopor perdagangan Jepang dengan luar negeri, yang kemudian memacu pertumbuhan ekonomi Jepang khususnya di wilayah selatan. Wilayah pesisir pantai dengan suhu udara yang hangat hampir sepanjang tahun adalah keistimewaan Nagasaki dibandingkan wilayah lainnya di Jepang. Namun, yang membuat Nagasaki dikenal oleh dunia adalah peristiwa bom atom di kota Nagasaki tanggal 9 Agustus 1945.

Sekilas mengenai Nagasaki

Nagasaki adalah pusat komando militer Jepang di wilayah selatan saat perang dunia kedua. Bersama dengan Hiroshima, kedua kota ini adalah kota yang belum dapat dikuasai oleh sekutu. Kemudian kabar duka mengagetkan Jepang tanggal 6 Agustus 1945, di mana sekutu menjatuhkan bom atom di kota Hiroshima, dan menyebabkan lebih dari 140.000 nyawa melayang dan seluruh wilayah kota porak-poranda. Tiga hari kemudian, tepatnya tanggal 9 Agustus 1945, Nagasaki dijatuhi oleh bom atom. Puluhan ribu orang meninggal dan memaksa negara Jepang untuk mengakhiri perang dunia kedua.

Selepas dari pemulihan pasca perang dunia kedua, Kota Nagasaki dibangun menjadi kota sejarah dan kota wisata. Jalur kereta api ke Osaka, Kyoto, hingga ke Tokyo dibangun untuk mempercepat pembangunan ekonomi. Begitu juga dengan jalan raya, gedung-gedung sekolah dan pemerintahan. Kini, setelah hampir 71 tahun berlalu, Nagasaki telah menjadi pusat ekonomi di Kyushu.

Ada beberapa objek wisata menarik yang bisa kita nikmati di Nagasaki. Ada Nagasaki Peace Park, yakni taman memorial untuk mengenang korban yang meninggal dalam peristiwa bom atom. Kemudian, di lepas pantai Nagasaki, kita bisa mengunjungi Gunkanjima. Gunkanjima adalah pulau bekas tambang batubara yang kini ditinggalkan. Bangunan-bangunan megah tempat tinggal para pekerja dan lubang-lubang tambang di sini menjadi objek wisata yang menarik.

Gunkanjima di lepas pantai Nagasaki

Kemudian, kita bisa mengunjungi Oura Church yang adalah gereja Kristen pertama yang berdiri di Nagasaki dan menjadi gereja paling terkenal di Jepang. Dan terakhir kita bisa menikmati pemandangan malam Nagasaki dari Gunung Inasayama. Pemandangan kota malam hari dari Gunung Inasayama dinobatkan menjadi salah satu dari tiga pemandangan terbaik, bersama dengan pemandangan Gunung Hakodate dan Gunung Roko di Kobe.

Oura Church di Nagasaki
Suasana bagian dalam Oura Church

Akses menuju Nagasaki

1. Dari Tokyo

Dari Stasiun Tokyo atau Stasiun Shinagawa, kita bisa mengambil kereta Nozomi JR Tokaido Shinkansen sampai Stasiun Nagasaki dengan transit di Stasiun Hakata Fukuoka. Lama perjalanan 8 jam (445 menit) dengan tiket seharga 24.600 yen. Kereta Nozomi tidak masuk ke dalam cakupan JR Pass. Jika ingin lebih murah dengan JR Pass, teman-teman bisa naik kereta Hikari atau Kodama. Waktu tempuh selama 8,5 jam atau 510 menit, dengan ongkos 24.600.

Atau kita bisa naik penerbangan domestik dari Bandara Haneda atau Bandara Narita menuju Bandara Nagasaki selama dua jam. ANA dan JAL melayani penerbangan Tokyo-Nagasaki dengan kisaran harga tiket 44.000 yen. Namun, tersedia tiket penerbangan murah dengan harga mulai 15.000-33.000 yen khusus wisatawan asing. Setibanya di Bandara Nagasaki, kita tinggal naik bus menuju pusat kota Nagasaki (di sekitar Stasiun Nagasaki) selama 45 menit dengan ongkos 800 yen. Saran Tim Info Jepang bagi yang ingin mengunjungi Nagasaki, lebih baik naik pesawat terbang dengan tiket penerbangan murah. Selain menghemat waktu hampir 6-7 jam, harganya juga jauh lebih murah.

2. Dari Osaka atau KYOTO

Pada dasarnya, jika ingin ke Nagasaki dari Osaka atau Kyoto, kita akan naik kereta JR Tokaido Shinkansen seperti dari Tokyo.

Dari stasiun Shin-Osaka, kita bisa naik kereta Hikari atau Kodama JR Sanyo Shinkansen sampai Stasiun Nagasaki dengan transit di Stasiun Hakata Fukuoka. Lama perjalanan sekitar 4,5 jam dengan tiket seharga 17.270 yen yang termasuk ke dalam cakupan JR Pass.

Dari stasiun Kyoto, kita bisa naik kereta Hikari atau Kodama JR Sanyo Shinkansen sampai Stasiun Nagasaki dengan transit di Stasiun Hakata Fukuoka. Lama perjalanan sekitar 5 jam dengan tiket seharga 18.010 yen yang termasuk ke dalam cakupan JR Pass.

Atau bisa juga naik pesawat dari Bandara Kansai sampai negara Nagasaki, Peach Aviation menyediakan tiket pesawat murah mulai dari 3.500-13.000 yen. Dari Bandara Nagasaki, kita tinggal naik bus menuju pusat kota Nagasaki (di sekitar Stasiun Nagasaki) selama 45 menit dengan ongkos 800 yen.

Cheap Hotels in Nagasaki [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

APA Hotel Nagasaki Ekimae
from ¥8349/night
APA Hotel Nagasaki Ekimae
Hotel Nagasaki
from ¥8349/night
Hotel Nagasaki
Hotel Forza Nagasaki
from ¥7534/night
Hotel Forza Nagasaki
Hotel Ikeda
from ¥6007/night
Hotel Ikeda

(sponsored by Booking.com)

Sumber Gambar : Flickr Mirai TakahashiStuart FrisbyKate, Tim Franklin Photography

Recommended for you

Last modified: July 23, 2016

TAGS  :

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!
Show Comments

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan