Serunya Festival Musim Panas di Jepang

You are here Home  > Musim di Jepang >  Serunya Festival Musim Panas di Jepang

Musim panas dimulai sejak bulan Juni hingga bulan Agustus, dan biasanya diawali oleh Tsuyu-ake atau hujan awal yang menandai musim panas. Setelah hujan Tsuyu-ake itu, Jepang masuk ke musim panas atau Natsu. Pada artikel kali ini, kita akan sama-sama melihat suasana Festival Musim Panas di Jepang sera kegiatan dan pertunjukan apa saja yang diadakan..

Festival musim panas biasanya berlangsung di hari Sabtu-Minggu mulai dari pertengahan bulan Juli hingga akhir bulan Agustus. Di hari-hari festival biasanya muncul banyak yatai (toko-toko kecil) yang menjual berbagai jajanan khas Jepang. Kita bisa menikmati ayam panggang, ayam goreng, cumi-cumi bakar, tako-yaki (bola-bola berisi gurita), dan mie goreng. Ada juga minuman es serut kaki-goori yang menggungah selera saat festival musim panas.

Yatai bermunculan di festival musim panas

Suasana Festival Musim Panas

Menjelang sore hari biasanya orang-orang akan mulai berkumpul untuk berparade. Parade yang dilakukan biasanya memikul mikoshi (miniatur kuil Jepang yang diyakini tempat bersemayam dewa), mengaraknya sekeliling wilayah festival. Orang-orang dewasa yang memikulnya, sementara anak-anak yang berada di baris depan menari dan berteriak melantunkan irama festival. Ada juga yang bertugas memukul drum untuk menyatukan irama pemikul mikoshi.

Foto suasana festival Musim Panas di Kuil Sensoji Asakusa

Festival musim panas di Sensoji Asakusa Parade di Festival musim panas

Foto parade festival musim panas di Gion Kyoto

Parade festival musim panas di Gion

Kita bisa melihat banyak orang Jepang yang datang dengan menggunakan yukata (semacam kimono yang bahannya lebih tipis yang dipakai di musim panas), jinbei (kimono santai pria), atau happi (semacam kaus oblong bertuliskan kanji yang digunakan oleh peserta parade). Beberapa juga mengenakan geta atau sendal kayu khas Jepang yang berbunyi nyaring ketika digunakan berjalan.

Festival biasanya berlangsung hingga malam hari sekitar pukul 10 dan ditutup dengan pesta kembang api. Teman-teman tentu akan kaget melihat keindahan pertunjukan kembang api di Jepang. Warna dan bentuk kembang api yang diluncurkan menunjukkan kualitas dan teknologi Jepang. Jadi tunggu apa lagi? Mari berwisata ke Jepang dan nikmati festival musim panas!

Foto pesta kembang api di Nagaoka yang terkenal di prefektur Niigata.

Pesta kembang api

Sumber gambar : Flickr jamesjustin, Yoshikazu TAKADA, Yoshikazu TAKADA, Richard Scott, eestl

Recommended for you

Last modified: June 13, 2016

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!
Close Comments

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan