Tempat Wisata di Jalur Kereta JR Yamanote Line

You are here Home  > Center Town, Tips Wisata, Transportasi Jepang >  Tempat Wisata di Jalur Kereta JR Yamanote Line

Jalur kereta JR Yamanote Line memegang gelar sebagai jalur kereta tersibuk di dunia. Beroperasi lebih dari 21 jam setiap harinya–mulai dari jam 04.26 (subuh pagi) hingga 01.18 (lewat tengah malam)–jalur ini mengangkut 3,72 juta penumpang. Jalur kereta ini melingkar dan melintasi pusat perkantoran dan bisnis, belanja, maupun objek wisata penting seperti Stasiun Tokyo, Stasiun Shinjuku, Shibuya, Ueno, Ikebukuro, Akihabara, Shinagawa, dan Nippori. Jalur sepanjang 34,5 kilometer dengan 29 stasiun ini dilayani dengan dua lajur, searah dan berlawanan jarum jam. Karena kereta JR Yamanote Line ini adalah jantung transportasi Tokyo, teman-teman yang mengunjungi Tokyo pasti pernah naik atau setidaknya melihat kereta bewarna hijau muda ini. 

Tim Info Jepang sudah merangkum beberapa tempat wisata terkenal yang ada di dekat jalur kereta JR Yamanote Line. Selain harga tiketnya yang murah karena berada di jalur sibuk bagi para pekerja, kita juga bisa memakai JR Pass kita saat naik kereta JR Yamanote Line. Jadi bagi yang ingin berkeliling Tokyo dengan biaya yang murah, bisa mencoba tempat-tempat wisata berikut ini.
Kereta JR Yamanote Line Tokyo

Kereta JR Yamanote Line Tokyo

Oiya, sebagai tambahan, untuk mengunjungi tempat-tempat wisata di sekitar jalur kereta JR Yamanote Line ini, teman-teman bisa membeli Tokyo Metropolitan District Pass atau sering disebut Tokunai Pass. Dengan pass ini, teman-teman bisa puas berkeliling pusat kereta Tokyo tanpa perlu mengantri untuk membeli tiket kereta lagi dan lagi. Harganya hanya 750 yen untuk usia 12 tahun ke atas dan 370 yen (untuk usia 6-11 tahun). Cukup murah dibandingkan dengan pass kereta lainnya ditambah dengan area cakupannya yang juga lumayan. Jika teman ingin mengunjungi lebih dari 3 tempat wisata di Tokyo, disarankan untuk membeli Tokunai Pass ini.

Tempat Wisata di jalur Kereta JR Yamanote Line

1. Shinjuku

Shinjuku berada di sebelah barat jalur kereta JR Yamanote Line dan menjadi pusat transit penduduk di sebelah barat kota Tokyo. Shinjuku juga merupakan stasiun berpenumpang terbanyak di jalur kereta JR Yamanote Line. Buat para wisatawan, Shinjuku adalah surganya tempat belanja. Kita bisa membeli aksesoris dan brand terkenal di pusat perbelanjaan seperti Takashimaya, oleh-oleh atau peralatan tulis unik di Tokyu Hands Shinjuku, membeli peralatan elektronik di Yodobashi Shinjuku, melihat keindahan bunga sakura musim semi di Taman Shinjuku Gyoen. Jika ada waktu luang, bisa mampir ke Gedung Pemerintahan kota Tokyo untuk melihat pemandangan kota Tokyo dari ketinggian!

Shinjuku juga menjadi pusat transit bus-bus malam menuju ke Nagoya, Kyoto, Nara, atau Osaka buat kamu yang ingin menghemat biaya perjalanan dengan naik bus malam. Bus-bus pulang pergi menuju ke Danau Kawaguchiko, Gotemba, dan Gunung Fuji juga berangkat dari terminal bus Shinjuku. Shinjuku juga jadi transit kereta Odakyu menuju ke Odawara dan Hakone, bagi kamu yang berencana berkeliling tempat-tempat wisata di Hakone. Lalu juga ada kereta JR Rinkai Line menuju ke Odaiba buat teman-teman yang ingin berkeliling dan wisata di Odaiba.

Shinjuku di jalur kereta JR Yamanote Line

Shinjuku di malam hari

2. Yoyogi

Yoyogi menjadi distrik dengan taman terluas di Tokyo Metropolitan, mencakup Taman Yoyogi dan kompleks Taman Kuil Meiji Jingu hingga ke dekat stasiun Harajuku. Yoyogi menjadi pusat aktivitas masyarakat kota Tokyo dengan diadakannya banyak festival di tempat ini. Di bulan September-Oktober kita juga bisa melihat festival Indonesia yang diadakan secara periodik setiap tahunnya, begitu pula dengan festival dari negara lain. Kita bisa mencicipi makanan khas negara-negara lain sambil menikmati hiburan-hiburan yang disajikan. Taman Yoyogi juga menjadi tempat wisata hanami favorit penduduk Jepang setiap tahunnya.

Yoyogi juga bakal sangat ramai saat Olimpiade 2020 di Tokyo, karena Stadion Nasional yang menjadi stadion pembukaan dan penutupan olimpiade 2020 Tokyo terletak di kompleks Taman Yoyogi. Beberapa stadion olahraga lainnya juga berada di sekitaran distrik Yoyogi.

3. Harajuku

Harajuku juga menjadi tempat wisata favorit orang Indonesia di Tokyo. Kita bisa berfoto di depan bangunan stasiun Harajuku, satu-satunya stasiun di Tokyo yang berarsitektur rumah. Foto ini tentu akan jadi kenangan berarti karena ada rencana renovasi stasiun Harajuku menyambut Olimpiade 2020 Tokyo.

Kita juga bisa berbelanja oleh-oleh di Daiso Takeshita-doori atau membeli kosmetik dan obat-obat murah di Matsumoto Kiyoshi yang juga berada di Takeshita-doori. Kemudian melanjutkan perjalanan ke Omotesando yang berada satu jalan dari stasiun Harajuku. Di sini kita bisa mampir ke Line Friends Shop, toko mainan dan anime Kiddy Land Omotesando, belanja oleh-oleh di Oriental Bazaar, atau berbelanja di mal-mal terkemuka di Omotesando. Info lengkap mengenai kegiatan wisata di Omotesando bisa dibaca di artikel berikut.

4. Shibuya

Tempat yang wajib dikunjungi waktu liburan di Tokyo! Kita bisa berfoto di perempatan jalan Shibuya yang ramainya bukan main, atau juga berfoto dengan patung Hachiko yang terkenal. Jika ada waktu bisa menyempatkan belanja di Uniqlo, kosmetik atau aksesoris di department store Tokyu, oleh-oleh dan aksesoris unik di Loft Shibuya. Buat kamu yang penggemar anime dan mengincar goods nya bisa mampir ke Mandrake Shibuya atau One Piece Shop Mugiwara di Shibuya.

Buat kamu yang ingin mengunjungi objek wisata di kota Yokohama, maka Shibuya menjadi transit kereta Toyoko Line, jalur kereta termurah menuju ke Yokohama. Shibuya juga terhubung dengan banyak line kereta dan subway sehingga sangat praktis jika ingin berkeliling tempat-tempat wisata di kota Tokyo.

Saran dari Tim Info Jepang: Buat ibu-bapak yang membawa anaknya ke Shibuya mungkin bisa mengincar siang hari. Sebab di malam hari Shibuya akan dipenuhi dengan orang-orang pulang bekerja dan makan di izakaya (rumah makan dan minum bir), sehingga akan sulit menjaga anak-anak dari keramaian.

Shibuya di jalur kereta JR Yamanote Line

Shibuya yang sangat ramai di malam hari

5. Shimbashi

Stasiun kereta tertua di jalur kereta JR Yamanote Line. Shimbashi menjadi tempat yang pas bagi teman-teman yang ingin makan siang sebelum melanjutkan perjalanan ke Odaiba. Di musim dingin kita juga bisa melihat Shiodome Caretta Illumination di Caretta Shiodome atau mampir dan minum ocha (teh Jepang) di Taman Hama Rikyu.

Dari Shimbashi kita juga bisa berjalan kaki (atau naik kereta subway) menuju ke pusat perbelanjaan Ginza yang terkenal. Di sini kita bisa membeli baju, aksesoris, kosmetik dari brand-brand ternama dan terpercaya atau ke Toko Mainan Hakuhinkan dengan koleksi mainan terlengkap di Tokyo. Bisa juga pergi ke pasar Tsukiji yang terkenal dengan produk ikan segar sashimi dan sushi dengan harga terjangkau.

6. Tokyo

Merupakan stasiun kereta JR Yamanote Line yang terbesar. Tokyo Station menjadi pusat transit Shinkansen menuju ke Nagoya, Kyoto, dan Osaka bagi teman-teman yang menggunakan shinkansen untuk transportasi antar kota. Beberapa bus malam antar kota juga berangkat dari lapangan parkir Tokyo Station Yaesu Exit dan Kajibashi Parkir Area. Informasi mengenai tips singkat naik shinkansen yang aman dan nyaman bisa dibaca di artikel berikut. Lalu hitung-hitungan biaya jika naik bus malam atau shinkansen juga sudah dirangkum lengkap di halaman berikut.

Di Tokyo Station kita bisa menjumpai banyak restoran-restoran murah dan juga kios-kios yang menyediakan oleh-oleh khas Jepang seperti Tokyo Banana, Tokyo Nicorin, Tokyo Campanella, Maple Mania, Glico snacks, dan masih banyak lagi. Dari Tokyo Station kita juga bisa pergi ke lapangan Marunouchi untuk menikmati iluminasi malam atau menuju ke Taman Istana Kaisar.

Stasiun Tokyo di jalur kereta JR Yamanote Line

Megahnya Stasiun Tokyo di jalur kereta JR Yamanote Line

7. Akihabara

Akihabara sangat terkenal di Indonesia sebagai pusat alat elektronik di Jepang. Kita bisa menjumpai banyak toko elektronik dan yang paling besar adalah Yodobashi Akihabara. Di sini kita bisa membeli peralatan elektronik kecantikan untuk wanita, alat pijat dan olahraga, laptop dan macbook, kamera DSLR dan kamera unik lainnya, jam tangan dan aksesoris, software game dan juga anime goods di lantai teratas.

8. Ueno

Ueno terkenal dengan Taman Ueno yang menjadi ikon hanami kota Tokyo. Di kompleks Taman Ueno terdapat juga beberapa museum terkenal untuk tempat belajar favorit, misalnya Tokyo National Museum, National Museum of Western Art, Tokyo Metropolitan Art Museum, National Museum of Nature and Science, International Library of Children’s Literature, Shitamachi Museum, Tokyo Bunka Kaikan, Ueno Royal Museum, Sogakudo Concert Hall, dan Tokyo University of the Arts. Kita juga bisa melihat panda dan hewan-hewan endemik Jepang di kebun binatang Ueno. Pulangnya, kita bisa pergi ke Ameyoko, satu gang dengan kios-kios yang menyediakan makanan Jepang dengan harga murah.

Ueno juga menjadi perhentian pertama kereta dari Bandara Narita di pusat kota Tokyo bila menggunakan kereta Keisei. Perjalanan kemudian bisa dilanjutkan dengan naik kereta JR Yamanote Line. Informasi mengenai akses kereta menuju ke Narita bisa dibaca di artikel berikut.

Ameyoko di jalur JR Yamanote Line

Ameyoko di jalur JR Yamanote Line

9. Komagome

Nama stasiun Komagome mungkin tidak terkenal di Indonesia, karena sedikit yang mengulasnya. Komagome berada di bagian utara jalur kereta JR Yamanote Line dan berada di area Tokyo University. Di sini ada juga Taman Rikugien, yang terkenal dengan keindahan pemandangan empat musimnya. Di musim semi atau gugur, iluminasi juga sering dilakukan sehingga menambah kesan memukau taman yang terkenal dengan bunga sakura dan momiji musim gugurnya. Informasi selengkapnya mengenai Taman Rikugien dan cara ke sana dengan naik kereta bisa dibaca di halaman berikut.

10. Ikebukuro

Secara geografis Ikebukuro berada di bagian barat laut jalur kereta JR Yamanote Line, dan menjadi stasiun transit dari daerah-daerah di utara Tokyo. Di Ikebukuro kita bisa mampir untuk makan siang di restoran-restoran yang tersebar di sekitar stasiun. Atau juga pergi ke Sunshine City Ikebukuro, di mana kita bisa berbelanja pakaian dan aksesoris di Mal Sunshine City, melihat hewan laut di Sushine Aquarium, atau menikmati pemandangan kota Tokyo dari 251 meter di dek observasi Sky Circus. Kalau ada waktu bisa juga mampir ke Animate Ikebukuro dan membeli mainan, komik, atau character goods dari anime/manga Jepang.

Siang hari dari Sunshine City Ikebukuro

Pemandangan siang hari dari Sunshine City Ikebukuro

Cheap Hotels in Shinjuku [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Tokyo Business Hotel
from ¥12500/night
Tokyo Business Hotel
Hikarihouse
from ¥4000/night
Hikarihouse
Shinjuku Kuyakusho-mae Ca
from ¥4500/night
Shinjuku Kuyakusho-mae Capsule Hotel
Sheena To Ippei
from ¥4104/night
Sheena To Ippei

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Tokyo Disneyland
Karakter imut Tokyo Disneyland
Kuil Hie
Suasana Kuil Hie di Tokyo
Tokyo National Museum
Sejarah budaya Jepang di Tokyo National Museum
Kuil Sensoji
Kuil Sensoji di Asakusa

Sumber gambar: Flickr Shibuya246, Pember_, [cipher], Toshihiro Gamo, miki mix

Recommended for you

Last modified: November 12, 2016

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!

Comment (1)

  1. Hallo, apakah tim info jepang tau letak Cafe du Monde di Tokyo? Sejauh ini saya baru tau di Osaka atau Kyoto saja. Dan satu lagi apakah daerah Toshima jauh dari pusat kota? Terima kasih.

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan