Tipe Japan Rail Pass

You are here Home  > Transportasi Jepang >  Tipe Japan Rail Pass

Selain pemandangan indah, wisatawan lebih suka datang ke negara yang akses transportasinya aman dan nyaman. Dan Jepang memiliki kedua unsur ini sehingga banyak wisatawan yang datang ke Jepang untuk berlibur baik sendiri maupun bersama dengan keluarga. Sistem transportasi Jepang sangatlah tertata rapi dan yang paling terkenal adalah kereta peluru Shinkansen yang menjadi primadona kereta cepat dunia selama bertahun-tahun. Tidak hanya cepat, namun kenyamanan dan ketepatan waktunya, adalah hal yang selalu dipuji-puji oleh wisatawan yang datang.

Pemerintah Jepang berusaha memberikan kenyamanan bagi para wisatawan untuk dapat menikmati perjalanan dengan Shinkansen atau kereta di Jepang dengan nyaman, tanpa perlu repot mencari nama stasiun dan menghitung ongkos atau tiket yang mesti dibeli. Misalnya dengan tiket JR Pass, tiket terusan berdasarkan wilayah tertentu atau tiket terusan harian. Karena banyaknya jenis tiket terusan ini, ditambah dengan berbagai ketentuan dan stasiun yang bisa dilewati dan lainnya, ada banyak pertanyaan mengenai tiket JR Pass ini yang diterima oleh Tim Info Jepang. Dalam artikel kali ini, Tim Info Jepang sudah berusaha meringkas secara lengkap tipe JR Pass, berapa harganya dan beberapa ketentuan yang penting dan perlu diperhatikan saat membelinya. Jika teman-teman masih bingung apakah perlu membeli JR Pass ini, silakan bisa bertanya dan mengkonsultasikannya kepada Tim Info Jepang. Kami akan memberikan penjelasan kepada teman-teman sesegera mungkin.

1. Apa itu Japan Rail Pass?

Japan Rail Pass (JR Pass) atau tiket terusan kereta JR adalah cara paling murah untuk berkeliling Jepang dengan naik kereta, khususnya jika ingin ke kota-kota selain Tokyo. Dengan JR Pass, wisatawan asing bisa bepergian ke kota manapun secara gratis. Tim Info Jepang sudah merangkum semua pertanyaan dan jawaban dalam tulisan FAQ Terlengkap Japan Rail Pass. Namun, masih ada banyak pertanyaan dari para pembaca terkait tiket tipe Japan Rail Pass mana yang harus dibeli. Jawabannya adalah tergantung pada tempat tujuan yang diinginkan oleh teman-teman sendiri.

Pesan JR Pass online

Berikut ini kami sudah buatkan tabel yang semoga dapat mempermudah teman-teman.

2. Tipe-tipe Japan Rail Pass

1. JR East Pass (Tohoku Area)

JR EAST PASS Tohoku Wilayah Tohoku dan Kanto
Harga di luar Jepang Harga di Jepang
Dewasa (>12 tahun) 19.000 yen 20.000 yen
Anak-anak (6-11 tahun)   9.500 yen 10.000 yen
Masa berlaku 5 hari (maksimal 14 hari dari tanggal tiket dicetak)

2. JR East Pass (Nagano, Niigata Area)

JR EAST PASS Nagano, Niigata Wilayah Kanto, Nagano, dan Niigata
Harga di luar Jepang Harga di Jepang
Dewasa (>12 tahun) 17.000 yen 18.000 yen
Anak-anak (6-11 tahun)   8.500 yen   9.000 yen
Masa berlaku 5 hari (maksimal 14 hari dari tanggal tiket dicetak)

3. JR Tokyo Wide Pass

Tiket terusan JR Tokyo Wide Pass mencakup seluruh jalur kereta JR di prefektur Ibaraki, Gunma, Tochigi, Saitama, Chiba, Kanagawa, Yamanashi, Nagano, dan Shizuoka.

Beberapa jalur kereta utama yang bisa dinaiki gratis antara lain seluruh jalur JR East, Tokyo Monorail (Haneda Airport-pusat kota Tokyo), Izu Kyuko Line (menuju objek wisata Semenanjung Izu), Fujikyu Railway (ke objek wisata Fujikyu Highland dan Danau Kawaguchiko), Joshin Dentetsu Line (menuju ke objek wisata Warisan Budaya Dunia Tomioka Silk Factory), Saitama Urban Transit Line (menuju ke Museum Kereta Saitama), dan Tokyo Rinkai Line (menuju ke Odaiba).

JR Tokyo Wide Pass Wilayah Kanto
Harga di Jepang
Dewasa (>12 tahun) 10.000 yen
Anak-anak (6-11 tahun)    5.000 yen
Masa berlaku 3 hari

4. JR EAST-SOUTH Hokkaido Rail Pass

JR EAST-SOUTH Hokkaido Rail Pass Wilayah Kanto, Tohoku, Hakodate
Harga di luar Jepang Harga di Jepang
Dewasa (>12 tahun) 26.000 yen 27.000 yen
Anak-anak (6-11 tahun) 13.000 yen 13.500 yen
Masa berlaku 6 hari (maksimal 14 hari dari tanggal tiket dicetak)

5. NEX Tokyo Round Trip Ticket

Tiket ini bisa digunakan untuk perjalanan PP Tokyo ke Bandara Narita, cukup murah dibandingkan dengan membeli tiket ketengan Keisei Ekspress.

NEX Tokyo Round Trip Ticket Tokyo-Bandara Narita
Harga di Jepang
Dewasa (>12 tahun) 4.000 yen
Anak-anak (6-11 tahun) 2.000 yen
Masa berlaku 14 hari

6. Tokyo-Osaka Hokuriku Arch Pass

Tokyo Osaka Hokuriku Arch Pass adalah salah satu pass (tiket kereta multi jalur) yang bisa digunakan untuk bepergian dengan naik kereta dari Tokyo-Osaka dengan kereta Shinkansen Hokuriku. Jalur kereta Shinkansen Hokuriku ini akan melalui tempat-tempat wisata di wilayah Hokuriku, melewati prefektur NaganoToyama dan Kanazawa. Pass ini sangat kami rekomendasikan bagi teman-teman yang ingin mengunjungi kota-kota di Kansai seperti Osaka, Kyoto, Nara, dan Kobe, lalu tempat-tempat wisata di Tokyo, sambil mencoba menjelajahi daerah-daerah baru seperti Nagano, dan Kanazawa (jalur termudah ke Shirakawago) atau Toyama (Tateyama Kurobe Alpine).

TokyoOsaka Hokuriku Arch Pass Tokyo-Hokuriku Shinkansen-Osaka
Harga di luar Jepang Harga di Jepang
Dewasa (>12 tahun) 24.000 yen 25.000 yen
Anak-anak (6-11 tahun) 12.000 yen 12.500 yen
Masa berlaku 7 hari

7. Kansai Pass

Kansai Pass ini sangat direkomendasikan bagi teman-teman yang ingin melakukan perjalanan di antara tempat-tempat berikut ini:

  1. Kansai Airport,
  2. Nara,
  3. Objek wisata Osaka seperti Tennoji dan Shinsekai, Namba, Universal Studio Japan
  4. Objek wisata di Kyoto seperti Kuil Fushimi Inari, Saga Arashiyama,
  5. Danau Biwa, kota Tsuruga dan Kusatsu di Prefektur Shiga,
  6. Kobe dan Himeji di Prefektur Hyogo.
Kansai Pass Kyoto, Osaka, Nara, Kobe
Dewasa (>12 tahun) 2.200 yen 4.300 yen 5.300 yen 6.300 yen
Anak-anak (6-11 tahun) 1.100 yen 2.150 yen 2.650 yen 3.150 yen
Masa berlaku 1 hari 2 hari 3 hari 4 hari

Selain itu, jika teman-teman ingin ke Amanohashidate, Okayama, dan Fukuchiyama, bisa membeli Kansai Wide Pass seharga 8.500 yen untuk 5 hari.

8. Hokkaido Pass

Hokkaido adalah wilayah yang terletak di utara Jepang. Pesona dan keindahan alamnya sudah terkenal hampir di seluruh dunia, bisa dilihat di 10 pemandangan menakjubkan di Hokkaido atau pemandangan musim dingin keren di Hokkaido. Selain itu, Hokkaido juga punya festival-festival menarik seperti festival salju Sapporo, Festival Yuki no Akari Michi di Otaru, festival es di Danau Shikotsu dan masih banyak lainnya. Wilayah yang luas membuat berkeliling Hokkaido menghabiskan banyak waktu dan tentunya biaya. Nah, Hokkaido Pass bisa jadi solusi liburan teman-teman di Hokkaido.

Hokkaido Pass Seluruh area Hokkaido (Hakodate, Sapporo, Furano, Asahikawa, Abashiri, Wakkanai, Kushiro, Shiretoko)
Dewasa (>12 tahun) 16.500 yen 22.000 yen 22.000 yen 24.000 yen
Anak-anak (6-11 tahun) 8.250 yen 11.000 yen 11.000 yen 12.000 yen
Masa berlaku 3 hari 4 hari FLEX 5 hari 7 hari

Tiket Hokkaido Pass 4 hari FLEX bisa digunakan dalam 4 hari perjalanan kereta dalam masa aktif 10 hari. Jadi, jika kita membelinya pada tanggal 1 Januari, maka Hokkaido Pass 4 hari FLEX berlaku sampai tanggal 10 Januari. Di antara rentang tanggal itu (1-10 Januari) kita bisa menggunakannya untuk naik kereta di Hokkaido gratis selama 4 hari.

Pesan JR Pass online

Sumber gambar: tokyoform

Recommended for you

Jangan ketinggalan Info Liburan Terbaru ke Jepang

Last modified: October 20, 2016

Close Comments

Comments (113)

  1. Hi Team Info Jepang,

    Adakah JR Pass yang mengcover keseluruhan wilayah di Jepang?
    Sy ingin mengunjungi daerah Osaka dan Kyoto namun juga ingin menikmati salju di daerah Niigata atau Nagano. Apakah sy harus membeli JR Pass yang berbeda sesuai wilayah masing2 atau dapat membeli 1 jenis pass saja?
    Terima kasih untuk penjelasannya.

  2. halo info jepang saya mau bertanya, saya berencana ke jepang dibulan april nanti tapi bingung harus membeli jrpass atau tidak, berikut kurang lebih rencana perjalanan saya:
    17 april tiba ditokyo, explore tokyo, mt.fuji
    18 disney sea
    19 explore tokyo
    20 tokyo-osaka
    21 universal studio jepang
    22 osaka-kyoto-kobe-nara
    23 osaka-kyoto-kobe-nara atau plg lewat tokyo
    24 tokyo-jakarta atau osaka-jakrta

    selain lebih baik saya menggunakan jrpass/tidak, kalo berdasarkan rencana saya diatas lebih baik saya ke jakarta dari osaka atau tokyo juga ga masalah? terima kasih banyak sebelumnya

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Kalau ingin PP naik shinkansen Tokyo-Osaka, maka JR Pass sudah balik modal.
      Namun jika pulangnya dari Osaka atau dari Tokyo namun ingin menghemat biaya dengan naik bus malam, ya tidak perlu membeli JR Pass.
      Salam

    • terima kasih pak nugroho sebelumnya, iten saya masih sama seperti diatas tapi saya pulang kejakarta fix lewat osaka, saya mau nanya lagi pak jadi kira kira perlu ga yah saya membeli jrpass? walopun tidak pp tokyo osaka, tp saya berencana ke mt. fuji, kyoto, kobe dan nara

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Pagi Ayu, berarti belum fixed ya pulangnya dari mana. Datangnya kan dari Tokyo, tapi pulangnya masih bisa milih antara dari Tokyo atau Osaka kah?
      Jadi gini, sederhananya, harga tiket shinkansen Tokyo-Osaka itu sekitar 14.000 yen (sekali jalan). Harga JR Pass itu sekitaran 29.000 yen. Kalau gak ada rute PP Tokyo-Osaka-Tokyo, jangan membeli JR Pass. Tapi kalau ada, kami SANGAT sarankan membeli JR Pass karena pasti balik modal, apalagi seluruh perjalanan ke Kyoto, Kobe, Nara, dan Gunung Fuji pun tercover dengan JR Pass. Salam.

  3. Met malam Pak
    Bulan depan saya berencana ke Jepang
    Masuk dari KIX nginapnya di Osaka 3 malam.
    Hari ke 2 mau ke Kyoto tetap bermalam di Osaka
    Hari ke 3 Universal Studio
    Hari ke 4 Lanjut ke Shinjuku 5 malam
    Hari ke 5 Fuji dan Hakone
    Hari ke 6 Disneysea
    Hari ke 7 Tokyo
    Kembali ke Indo nya lewa Narita
    Jadi Pass apa yang cocok dibeli Pak?
    Apakah Pass yang disarankan sudah mencakupi perjalanan saya ini
    Atau perlu beli tiket tambahan Pak ?
    Thanks

    • Giovano  |  

      Thanks Pak
      Lalu yang dari Osaka ke Tokyo nya naik kereta apa Pak ?
      Kalau pakai Shinkansen dari Osaka ke Tokyo berhenti di stasiun mana aja Pak ?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Pak. Seperti ditulis di komentar sebelumnya, bisa membeli tiket shinkansen di Shin Osaka Station, naik shinkansen nya sampai ke Tokyo Station. Salam

  4. Pak Nugroho, jika gambaran besar trip kami Tokyo – Kyoto – Osaka – Toyama – Shirakawago – Tateyama Kurobe Alpine Route – Kawaguchiko – Gotemba – Tokyo, kombinasi transportasi apa yg paling efisien dan hemat? Saya hitung kasar cukup mahal jika menggunakan kombinasi Hokuriku Arch Pass ¥24k, Tateyama Kurobe Alpine Route Option Ticket ¥9k, Nohi bus ¥3.9k, Kawaguchiko Gotemba PP ¥9k, mohon advice Pak, thank you

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Silahkan membeli JR Pass Jinny. Semua dicover dari Tokyo-Kyoto-Toyama-Shirakawago-Toyama-Kawaguchiko-Tokyo. Tateyama Kurobe Alpine Route Option Ticket mutlak diperlukan kalau kamu mau melintasi full rute Pegunungan Tateyama dari sisi Toyama sampai ke Shinano-Omachi. Kamu bisa baca lengkapnya di Itinerary Tateyama Kurobe Alpine Route Untuk bus ke Shirakawago, kamu bisa menghemat sedikit biaya dengan membeli langsung bus PP Kanazawa-Shirakawago. Info lengkapnya bisa baca di sini.

    • Terima kasih feedbacknya Pak Nugroho. Itinerary saya tsb apakah memungkinkan ditempuh dalam waktu 9 hari? Mohon advice Bapak, terima kasih.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Kalau melihat rutenya ya bisa Ibu. Namun kami tidak tahu, Ibu mau kemana saja di Tokyo, Kyoto, Osaka, Kawaguchiko atau Gotemba nya. Mungkin perjalanan dalam kota yang musti diperhitungkan dengan jelas.
      Ibu mohon saran seperti apa? Salam

  5. Selamat malam pak,
    Rencana kami akan liburan ke jepang tgl 10/03/17-18/03/18, menginap di daerah shinjuku
    Itin nya adalah sbb:

    Day 1: CGK – NRT
    Day 2: sampai di NRT, shinjuku (shinjuku gyoen)
    Day 3: chiba (tokyo disneyland)
    Day 4: kawasaki (fujiko f fujio museum), odaiba (DMM planets museum – diver city – statue of liberty – ferris wheel – ooedo onsen monogatari)
    Day 5: akihabara (yodabashi – donki honte – gundam cafe), shibuya (yoyogi park – hachiko statue – shibuya 109 – shibuya crossing), harajuku
    Day 6: osaka (Universal Studio)
    Day 7: kyoto (gion – fushimi inari – arashiyama – sagano)
    Day 8: ibaraki (hitachi seaside park), minato (tokyo tower)
    Day 9: NRT – CGK

    Dengan itin seperti itu, JR Pass yang sesuai apa ya pak?

    Tks

  6. Sore pak.
    Saya ada rencana ke Japang. Rutenya sbb:
    day 1: tiba di Osaka (8 am) dan seharian di Osaka
    day 2: stay in Osaka (dotonburi, osaka castle)
    day 3: Kobe (kobe animal kingdom, kobe tower, chinatown)
    day 4: Blm ada plan (Kyoto msh tentative krn tdnya mau pilih tempat main salju). Hotel 1 malam blm saya book.
    day 5: Tokyo
    day 6: Tokyo: Disneyland
    day 7: Tokyo: (shinjuku, harajuku, shibuya)
    day 8: Tokyo (asakusa, akihabara, ueno)
    day 9: balik Jkt dari Narita (naik GA)

    Yg ingin saya tanyakan:
    1. Saya ingin ajak anak main salju (slider aja). Kira2 kalau mau ke Fujimi or Karuizawa searah ke Tokyo/tidak? Yang mana yang ticket dan akses transportnya lebih murah?
    2. Dengan rute tsb, apakah saya perlu membeli JR Pass or Kansai Wide Pass or Kansai Pass?
    3. Selama di Tokyo, apakah saya perlu membeli Tokyo pass?
    Terima kasih atas bantuannya

    • Malam pak.
      Maaf saya bertanya kembali.
      1. Apa bedanya Kansai Pass dengan Kansai Thru Pass (KTP)? Kalau dgn Kansai Pass apakah pemakaian harus consecutive days/tdk karena kl KTP, yang saya baca, tidak harus digunakan dalam consecutive days. Saya bingung dengan byknya pass.
      Apakah Kansai pass atau KTP termsk transportation dari Kansai airport ke Osaka?

      2. Bagaimana dengan transportasi dari Kyoto/Osaka ke Tokyo, apakah saya perlu membeli pass atau cukup beli shinkansen 1 way/ticket bus?

      3. Utk transportasi di Tokyo, bpk sarankan membeli pass harian Tokyo. Bagaimana dgn transportasi dari Shinjuku (hotel saya) ke Narita, boleh sarannya pak?
      Oh ya, saya rencana pergi tgl 5-13 Mar 2017.
      Terima kasih atas bantuan Bpk.

  7. Selamat siang pak.Saya Ibu Yenni .Saya tiba di haneda pada tgl 19 januari jam 10.30 malam.Otomatis saya tidak bisa menukae JR Pass saya karna kantor JR Pass sudah tutup.Yang mau saya tanyakan kalau saya mau menginap di daerah tokyo station untuk memudahkan saya keesokan paginya ke kantor JR Pass , kereta apa yg harus saya pakai untuk tujuan tokyo station?
    Dan apakah bapak punya saran /rekomendasi hotel yg dekat dengan kantor JR pass?

    Terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. JR Pass bisa ditukarkan di loket JR EAST Travel Service Center di Shibuya, Shinjuku, Tokyo, Shinagawa, Ueno.
      Ibu silakan bisa menginap di hotel-hotel dengan stasiun di atas. Silakan mencari mana hotel yang murah.
      Di tiap halaman Shibuya, Shinjuku, Tokyo, Shinagawa, Ueno ada rekomendasi hotel terdekat, mungkin bisa membantu. Salam

  8. Dear Pak Nugroho,
    Utk trip ke Jepang 11 days PP narita
    Rencana visit ke Tokyo-Kawaguchiko-Tateyama Alpine-Gala Yuwaza-Kyoto-Osaka-Himeji-tokyo.

    Apa JR pass yg 29rb cover semua rute diatas?
    Urutannya baiknya dari tokyo ke kawaguchiko, tateyama atau gala?
    Utk tateyama, ada rekomendasi jasa baggage drop dan tempat menginap yang ekonomis dan bersih?

    Terima kasih.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Bapak/ Ibu. Jika menggunakan JR Pass 29.110 yen sudah balik modal kok dan mengcover seluruh tempat yang bapak ingin tuju. Hanya untuk Kawaguchiko harus plus membayar 2X1.140 yen untuk kereta Fujikyuko Lalu rencana perjalanannya bisa diubah sedikit: Tokyo-Gala Yuzawa-Kawaguchiko-Tateyama Alpine-Kyoto-Osaka-Himeji-Tokyo. Bisa dibaca contoh itinerary perjalanan dari Kawaguchiko langsung ke Tateyama Kurobe Alpine Route. Salam

    • Terima kasih Pak Nugroho. Yg kereta Fujikyuko kenapa double? Apa 2 arah ya maksudnya?
      Yang Tateyama, saran nya baiknha dari Toyama atau sari arah satunya lagi?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Kalau mau ke Kawaguchiko stasiun terakhir yang tercover JR Pass adalah Otsuki Station. Jadi Ibu harus lewat rute Tokyo-Otsuki-Kawaguchiko-Otsuki-Tateyama Kurobe. Berarti harus naik kereta Fujikyuko 2 kali, makanya ongkosnya dua kali. Silakan perhatikan link itinerary di atas Ibu. Ibu bisa masuk dari Shinano Omachi keluar di Toyama (dengan catatan harus bawa koper sewaktu menyusuri Tateyama Kurobe Alpine Route). Kalau dirasa ribet, bisa kembali ke Tokyo lagi, dan ikuti perjalanan memutar Tateyama Kurobe Alpine Route (bisa titip barang di Toyama Station atau hotel di Toyama). Salam

  9. Selamat malam Pak 🙂 saya dan teman (ber-6 semua) berencana ke jepang 10-18 april. PP dari Narita. Rencanya kami akan TOKYO (Hachiko,Tokyo imperial palace-yoyogi park-meijo jingo shrine-akihabara-tokyo tower-tokyo sky tree-tsukiji fish market) – odaiba island- OSAKA (shintennoji temple, osaka castle, shinsaibi-dotonburi-midosuji) – KYOTO (gion area-fushimi inari-arashiyama-kikakuji tempe)-TOKYO (sensoji temple-ghibli museum-nakano broadway-national museum art-disney lan-uneo park). Apakah perlu beli JR Pass?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Karena ada PP Tokyo-Osaka/ Kyoto, sudah balik modal Sisca kalau membeli JR Pass. Apalagi mayoritas objek wisata kamu dilalui/ dekat dengan jalur kereta JR. Untuk di Kyoto sendiri, kamu bisa beli Kyoto Bus Pass yang mengcover rute bus ke tempat-tempat wisata yang kamu mau kunjungi.

    • Terimakasih Pak Nugroho; Nanya lagi ya pak.. JR pas buat 7 hari sebaikny saya aktifin di hari ke-3 di jepang ya..? jadi pusing mengatur itinenary untuk bisa sesuai dengan lama JRPas.. mohon advise nya pak sebaiknya kemana dulu ya dan teman2 .. terimakasih. salam./sisca

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Mohon maaf, Tim Info Jepang tidak melayani pembuatan itinerary via website karena detailnya sangat panjang.
      Jika Ibu memerlukan bantuan secara privat, bisa menggunakan layanan Tour Guide Online Info Jepang.
      Lagipula kami tidak tahu jadwal perjalanan Ibu selama di Jepang, yang mana hari ketiga dsb.
      Salam

  10. Dear Pak Nugroho:

    Nama saya bagoes.

    Saya dan keluarga akan ke Jepang bulan April 2017 yang akan datang. Kita berencana membeli JR EAST PASS (TOHOKU AREA), Apakah PASS ini bisa dipakai untuk rute2 dibawah ini:

    Haneda to Hamamatsucho?

    Hamamatsucho to Akihabara?

    Tokyo to Shiroisho Zao?

    Shiroisho Zao to Sendai?

    Sendai to Ishinomaki?

    Ishinomaki to Tazawako?

    Tazawako – Tokyo?

    Terima kasih untuk atensi & bantuannya Pak Nugroho. Saya tunggu informasinya.

    Best Regards,
    bagoes

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Pak. Ya, semua rutenya tercover oleh JR East Pass (Tohoku Version).
      Salam

  11. malam Pak Nugroho,
    sy rencana ke tokyo tgl 30 Des 2016 selama 5 hari melalui bandara Haneda, tiba jam 23.30 ( nginap di daerah bandara ), tgl 31 Des s/d 3 Jan 2017 dgn jalan daerah tokyo dan sekitarnya, lanjut ke disneyland/sea dan fuji lalu tgl 4 Jan s/d 6 dari ke Osaka ( melalui shinkansen ), di osaka selama 3 hari ke universal studi, arashima dan kyoto, lalu tgl 7 lanjut ke hokkaido ( melalui pesawat ) di sapporo selama 3 hari dan tgl 9 kembali ke Tokyo ( nginap 1 malam ) dan tgl 10 kembali ke Jkt, mhn pandangan apakah beli jr pass yg 7 hari lalu sisanya pakai tokyo metro ?, Tq

  12. Dear admin,
    mau tanya dong saya rencana ke jepang 20-28 jan17 mendarat di haneda kembali ke jkt via osaka… itinerary di seputaran tokyo mau ke gala yuzawa, gotemba outlet, disneyland,disneysea, universal studio, seputaran osaka, rinku outlet… yg ingin ditanyakan saya perlu beli jr pass 29rb atau cukup dengan jr pass tokyo osaka hikoriku arch pass?? Oiya perhitungan jr pass itu hr pertama dipakai lsg dihitung 1hari atau baru keesokan harinya dihitung 1hari? Mohon infonya makasih…

  13. Halo pak nugroho mau nanya, saya akan ke jepang bulan feb. itin nya kira2 begini :

    DAY 1 (18/02/2017) (menginap di Osaka)
    Osaka Castle
    Shinsaibashi
    Dotonbori

    DAY 2 (19/02/2017) (menginap di Koyto
    Fushimi Inari Taisha
    Kurama village
    Distrik Gion

    DAY 3 (20/02/2017) (menginap di Kyoto)
    Arashiyama Bamboo Forest
    Nishiki Market
    Kinkakuji temple
    Kiyomizudera temple
    Sannenzaka

    DAY 4 (21/02/2017) (menginap di Kyoto)
    Shirakawago lalu langsung lanjut ke Tokyo

    DAY 6 (27/02/2017) (menginap di Tokyo)
    Galayuzawa ski resort
    Tokyo Skytree
    Kembali ke Hotel

    DAY 6 (23/02/2017) (menginap di Tokyo)
    Yoyogi Park
    Takeshita Street
    Shibuya
    Shinjuku
    Odaiba
    Ginza

    DAY 7 (24/02/2017) (menginap di Tokyo)
    Meiji Shrine
    Sensoji Temple Asakusa
    Masjid Camii (sholat jumat)
    Asakusa
    Sumida River
    Back to Airport

    Dari itinerary diatas kira kira perlu ga saya beli JR Pass mengingat ada perjalanan saya dari Kyoto – Shirakawago – Tokyo dan dari Tokyo ke Galayuzawa
    Jika perlu apakah JR Pass itu mengcover transport dari Bandara Kansai ke Osaka dana dari Tokyo ke Bandara Haneda?

    Terimakasih banyak atas respon nya pak

  14. Selamat malam, kalau saya mau ke Hokkaido ( Sapporo, Hakodate dan Asahikawa ) dari Tokyo, apakah bisa pakai JR Pass ? dan berapa harga tiket kereta sekali jalan dari Tokyo ke Sapporo. Tks

  15. selamat siang.. saya rencana akan ke Jepang 9 hari namun 2 hari pertama mungkin saya akan pakai Tokyo Pass dan selanjutnya pakai JR Pass.. rute saya adalah
    day 1 : shinjuku, harajuku, shibuya
    day 2 : asakusa, ueno, odaiba dan sekitarnya
    day 3 : alpine route
    day 4 : kawaguchi dan hakone
    day 5 : osaka (universal studio)
    day 6 : kyoto (fushimi inari, arashiyama, kiyomizu dera temple)
    day 7 : nara (todaiji temple, nigatsudo) & kobe (kitano area, meriken park, ikuta jinja shrine)
    day 8 : osaka (dotonburi, umeda building, hozenji yokocho, osaka castle, kinkakuji, sumiyoshi taisha)
    day 9 : kembali ke tokyo, keliling akihabara dan ginza dan langsung ke narita

    apakah sudah tepat saya menggunakan pass tsb.. ataukan ada cara yg lebih baik dan tepat?

    • kiki amelia  |  

      saya sempat lihat ada tokyo metro pass 600 yen dan tokyo subway ticket 800 yen.. lebih baik mana jika di tokyo itu saya mengunjungi shinjuku gyoen, meiji shrine, harajuku, yoyogi park, shibuya crossing, sensoji temple, nakamise, tokyo skytree, asakusa, ueno park, ameyoko, odaiba, rainbow bridge, tokyo tower dlm 2 hari itu?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Kiki. Bisa membeli Tokyo Metro yang 600 yen sebab semuanya tercover. Baca kotak warna biru tua, mengenai tempat wisata yang tercover oleh Tokyo Metro Pass di jalur Tokyo Metro Line. Untuk perjalanan ke Odaiba dan Rainbow Bridge bisa naik Yurikamome Monorel, dari Shimbashi Station. Perjalanan sampai ke Shimbashi tercover oleh Pass 600 yen, namun tidak ada pass yang mencover kereta monorel ke Odaiba. Jadi khusus kereta monorel ke Odaiba, kamu harus beli tiket satuan. Salam

    • kiki amelia  |  

      malam.. terimakasih banyak atas infonya mas.. ada lagi niyh mau nanya maaf sebelumnya merepotkan.. jika saya nginap di daerah nishi shinjuku mau ke shinjuku atau ke tokyo kan harus naik metro dl.. apakah itu jg tercover jrPass? atau walaupun saya sdh pnya JR harus tetap beli tiket lain untuk rute2 tsb

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Silakan dicek, hotelnya di Nishi Shinjuku apakah dekat dengan Shinjuku Station. Mungkin bisa jalan kaki sampai Shinjuku Station, kemudian bisa naik kereta JR dari Shinjuku menuju ke Tokyo Station. Sebab kalau kereta JR semuanya tercover oleh JR Pass. Salam

  16. siang pak, sy ingin bertanya, pass apa yg cocok dan hemat untuk saya , sy 2 dewasa, dan anak usia 5 thn, dan anak usia 3 thn, adapun jadual saya:
    day1: seputaran tokyo
    day2: tokyo-shirakawa-go, malam hari inap di kyoto
    day3: kyoto, osaka, inap di osaka
    day4: osaka-kawaguchi/hakone
    day5: disney land
    day6: seputaran tokyo, malam hari pulang ke indonesia
    mohon infonya, thx pak

  17. Selamat malam. Saya berencana ke jepang 3 hari sampai pukul 23:00 di KIX, plan saya nginep di airport sampai pagi , lalu lanjut ke Kobe sampai sekitar pukul 2 pm, lalu lanjut ke osaka dan menginap di osaka. Besoknya (sabtu pagi ) saya rencana ke Kyoto seharian dan menginap di kyoto. Minggu pagi saya ke balik ke osaka sampai malam dan kembali ke airport karena flight pulang pukul 23.00. Yang ingin saya tanyakan :
    1. Susunan KIX-Kobe-osaka-kyoto-osaka-kix sudah tepat ?
    2. Adakah referensi untuk hotel backpacker di kyoto atau osaka?
    3. Apakah saya perlu beli JR Pass atau ICOCA atau beli tiket langsung saja?
    4. tempat wisata recomended untuk tiga kota tersebut apa saja kah ?
    5. Ada referensi wisata belanja dan oleh2 ?
    6. Saya juga ingin mencoba pakai bullet train/ shinkansen ? rute yg diambil dari mana kemana yah ?

    Mohon maaf banyak pertanyaannya heheh

    Terima kasih banyak

  18. Malam. Saya rencana tiba di narita dan mau ke fuji ten, disneyland, disneysea, gotemba. Dan mau ke osaka ke universal studio. Kembali ke tokyo. Dan pulang dari Narita. JR pass apa yg sebaiknya kami beli? Dan untuk transportasi dalam kota tokyo dan osaka apakah bisa menggunakan JR pass? Terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Desi. Kalau boleh tahu bagaimana rencana perjalanan selama di Jepang? Berapa hari di Jepangnya?
      Untuk transportasi di Tokyo dan Osaka, bisa diatur supaya semuanya tercover oleh JR Pass.
      Salam

    • JR pass hanya ada yg untuk 7 dan 14 hari. Kami di jepang 9 hari. Ada saran? Lebih baik yg mana? Terima kasih.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Jelas yang 14 hari akan merugikan. Silakan beli JR Pass untuk 7 hari saja.
      Tadi kan Tim Infojepang sudah menanyakan jadwal selama liburan di Jepang, supaya bisa memberi rekomendasi kapan JR Pass mulai diaktifkan.
      Namun Desi tidak memberikan jadwalnya, jadi ya kami tidak bisa memberikan rekomendasi atau saran lebih detail.
      Salam

  19. Malam pak, saya dari haneda akan ke disney, gotemba, osaka, haneda,ginza, shibuya, lalu terakhir ke haneda lagi. Saya beli jr pass sebaiknya dinjakarta atau di tokyo? Kalo beli di tokyo apa yg saya ambil?terimakasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Pak. Karena ada perjalanan PP Tokyo Osaka, maka lebih baik membeli JR Pass seluruh Jepang.
      Tiket ini tidak bisa dibeli di Jepang dan harus dibeli sebelum tiba di Jepang.
      Tiket bisa dibeli online dari JRailpass.com. Salam

  20. Hallo admin..saya rencana mau jalan kejepang lewat jalan laut,dari busan ke fukuoka..dr fukuoka saya mau ke osaka,kyoto dan tokyo..kartu pass apa ya yg cocok untk menuju kota2 tersebut..mohon infonya.trims

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Aby. Bagaimana dengan pulangnya? Apakah dari Tokyo dan naik kapal laut lagi?
      Mohon info lengkapnya juga berapa hari di Osaka, Kyoto, dan Tokyo.
      Salam

    • Saya rencananya. Di fukuoka 1 hari, osaka 2 hari,kyoto 2 hari dan tokyo 2 hari.saya kembali ke jkt lewat narita tokyo

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Abi. Bisa pakai JR Pass lalu naik shinkansen Hakata-Osaka, Osaka-Tokyo.
      Atau naik bus malam untuk menghemat biaya transportasi dan biaya hotel satu malam. Terserah Abi mau pilih yang mana.
      Salam

  21. Halo admin…. Sy planning 8 hari mau keliling Osaka, Kyoto, Tokyo. Tgl 7-8 Maret 2017 di Osaka, tgl 9-10 di Kyoto, 11-14 Maret di Tokyo. Tiba di Osaka, plg dr Narita Tokyo. Jr pass mana yg lbh baik sy ambil ???

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Rachel. Mohon informasi tempat wisata yang ingin dikunjungi selama di Osaka, Kyoto, atau Tokyo.
      Kalau berdasarkan data yang diberikan, kami tidak bisa memberikan rekomendasi pass apa yang sesuai.
      Selama ini, menurut pengalaman guide ke Jepang bisa membeli Tokyo Metro 24-hour Ticket (600 yen) untuk di Tokyo. Untuk di Kyoto bisa menggunakan one day bus pass Kyoto (500 yen), sedangkan waktu di Osaka bisa menggunakan Osaka Amazing Pass yang menguntungkan jika pergi ke tempat-tempat wisata di Osaka. Silakan dibaca-baca dulu Ibu.
      Silakan di

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Kalau tidak ada perjalanan PP Tokyo-Osaka, tidak perlu membeli JR Pass Ibu.
      Cukup membeli tiket shinkansen saja/ naik bus malam untuk menghemat biaya, plus kartu pasmo/ suica.
      Salam

  22. dear mas nugroho,

    saya planning 8 hari di tokyo-kyoto-osaka, bisa dibantu lebih praktis yg mana ?
    1. Pasmo dan JR pass
    2. Pasmo dan tetap beli tiket shinkasen dari tokyo – kyoto ?’

    dan jika JR pass lbh praktis, yang mana yang harus saya beli ? JR pass atau tokyo osaka hokuriku arch pass?

    Terima kasih 🙂

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat sore Ibu. Ibu tiba dari Bandara mana? Lalu kembali ke Indonesia dari bandara mana?
      Mohon info lengkap perjalanannya selama di Jepang supaya bisa Tim Infojepang bisa memberikan rekomendasi pass yang paling tepat. Salam

  23. Om, apakah JR east pass masih ada.. Harganya 17.000 yen untuk 5 hari dg masa aktif 14 hari, wilayah yg dpt d akses Niigata, Nagano dan kanto, artinya harga tersebut lbh murah jika dbandingkan dg Tokyo wide pass yg hanya untuk 3 hari, apakah benar seperti itu, bisa djelaskan perbedaan keduanya ? Arigatou

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Harganya 17.000 yen kalau beli dari luar Jepang dan 18.000 yen jika dibeli di Jepang dan berlaku untuk 5 hari fleksibel dalam rentang 14 hari Pak.
      Bedanya hanya di rentang waktunya yang lebih panjang dan jangkauan yang lebih luas, misalnya jangkauan Hokuriku Shinkansen dari Sakudaira sampai ke Joetsu Myoko, dan Joetsu Shinkansen dari Gala Yuzawa sampai ke Niigata. Untuk murahnya sendiri, tergantung, karena area cakupan JR East Pass tidak sebanyak objek-objek wisata favorit yang dicakup oleh Tokyo Wide Pass. Salam.

  24. dear admin
    saya mau tanya ttg tokyo wide pass yg berlaku 3 hari . itu sejak kapan? apakah tgl pemakaian bisa di tentukan saat pembelian?
    misal sy beli tgl 16 des. tp mau di pakai ditgl 22-22-23 des apakah bisa ? atau pas beli besok nya sudaj harus pakai?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Pak. Untuk Tokyo Wide Pass, tanggal mulai pemakaian bisa ditentukan saat pembelian.
      Jadi kalau seperti contoh Bapak, Tokyo Wide Pass bisa digunakan dari 21-23 Desember. Salam

    • pak .

      kalau untuk reserved seat di limited express dan shinkansen apakah bisa di reserved lgs pada saat beli pass?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Ya bisa direservasi saat membeli pass. Silakan memberitahu hari dan jadwal keberangkatan kepada petugas yang menjaga.
      Salam

  25. Saya tiba d narita tgl 9 November 2016 jam 08.30, kemudian tinggal daerah edogawa dekat disneysea. D hr tsb kita ingin rehat n jalan2 santai d sekitar sungai edogawa, wisata kita lanjutkan tgl 10 – 11 untuk mengitari Tokyo dome, shinjuku, harajuku, asakusa, odaiba n sekitarnya. Mulai tgl 12 kita rencana k disneasea (belum beli tiket, baiknya beli dimana ya) kemudian tgl 13 rencana k fuji san, tgl 14 ke onsen gunma, tgl 15 ke chiba (mother farm). Kita take off kembali tgl 16 jam 11.00, mohon pencerahannya. D tgl tsb Ada special event apa n pass yg efektif untuk dbeli yg mana, dan apakah subuh2 kita g terlalu mepet untuk sampai k narita dr edogawa n apakah Ada transportasinya d subuh2 tsb. Thanks

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Kalau begitu silakan mempertimbangkan membeli Tokyo Metro 24-hours ticket untuk tanggal 10/11 November.
      Untuk tanggal lainnya silakan beli tiket satuan/ketengan atau pakai kartu suica/pasmo karena jatuhnya lebih murah. Salam

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Jika take off jam 11 dari Narita, bisa berangkat antara jam 7 hingga jam 8 dari Edogawa Station. Perjalanan dari Edogawa Station sampai ke Narita Airport hanya perlu 1 jam, sehingga tidak perlu terburu-buru berangkat. Salam

  26. Admin yg baik hati, saya ingin tanya alternatif yg bagus dan pastinya murah untuk mode transportasi n tiket wisata,
    Saya dari narita PP, n stay d edogawa dekat kasai at., saya lihat nex pass narita n japan wide pass,
    Untuk wisata terjauh kita akan rencana k fuji san, selebihnyA d pusat tokyo. baiknya saya beli kedua pass tsb atau dg tambahan hakone pass.. Mohon jawabannya. Thanks before.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang pak. Bagaimana jadwal perjalanan bapak selama di Jepang?
      Mohon informasinya lengkap untuk supaya rekomendasinya juga lebih tepat sasaran. Salam

  27. Malam..mau nanya nih, apakah JR pass sdh mencakup sampai ke seluruh area Hokkaido (Hakodate, Sapporo, Asahikawa, Abashiri, shiretoko), rencananya selain ke Hokaido, saya juga ingin ke tokyo, & Osaka. Makasih sebelumnya.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Tidak termasuk Pak. Kalau ingin ke Hakone silakan pertimbangkan untuk membeli Hakone Pass yang mencakup Odakyu Express dari Shinjuku sampai ke Hakone.
      Salam

    • sintoro  |  

      Wahh hampir sy masukan ke dalam itinerary , sy memang beli hakone free pass pak, tp sy beli wkt sesampainya di odawara, rencana hakone – tokyo, apa hakone free pass sudah termasuk kereta menuju shinjuku pak?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Hakone Pass ada dua pak: beli di Shinjuku dan beli di Odawara.
      Kalau beli yang di Shinjuku ya sudah termasuk ongkos kereta ke Shinjuku. Tapi kalau yang beli di Odawara, ongkos kereta ke Shinjuku tidak tercover.
      Silakan bapak baca dulu link tentang Hakone Pass mengenai penggunaan Hakone Pass yang tepat.
      Salam

  28. Saya kok jadi bingung ya dengan pass yang macam2 itu. Mohon pencerahannya. Pesawat saya PP dari Osaka. Rencana osaka – tokyo – yokohama – hakone/ lake kawaguchiko – kyoto – nara – osaka. Itu pake JR pass yg hrg 29.000 kalo ga salah udah mencakup semua kan? Makasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Kalau ibu memang sudah berencana membeli JR Pass yang 29,000 yen, itu sudah pas untuk perjalanan ibu di atas.
      Free pass diatas adalah bagi mereka yang ingin mendapatkan harga free pass yang lebih murah atau bagi yang ingin keliling Jepang dengan free pass namun lupa/ tidak sempat membelinya di Indonesia, jadi ingin beli di Jepang
      Salam

  29. hallo admin, sy mau tanya kalau sy mau lihat monyet spa berendam di air panas. januari pertengahan masi bisa kan ya?
    dan kalau dr tokyo(haneda) sy mau keliling2 ke kyoto juga dan lihat monyet itu. lebih baik beli tiket kereta yg mana ya??(JR pass).. makasih ya sebelumnya

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Hai Oline, ya, lokasinya ada di Jigokudani Nagano. Atraksi monyet berendam di spa bisa kita lihat di bulan Desember-Maret. Kalau dari Tokyo-Nagano saja kamu bisa gunakan JR East Pass, namun jika ingin juga mengunjungi Kyoto, lebih baik membeli JR Pass saja.

      Salam

  30. Yohanes Wiranata  |  

    Pagi Pak Nugroho..mau minta tolong info..jadi kalo kita beli JR pass 7 hari ..itu kita tidak usah beli Jr tokyo wide past, jr hokkaido pass..Karena semua sudah tercover?

Ask questions

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!