Tips Berbelanja di Jepang

You are here Home  > Center Town, Tips Wisata >  Tips Berbelanja di Jepang

Liburan ke Jepang tidak hanya melihat objek wisata Jepang yang terkenal saja. Sayang sekali kalau kita tidak pergi ke pusat perbelanjaan, melihat-lihat fashion item, aksesoris, atau barang-barang elektronik Jepang yang sudah terkenal di seluruh dunia. Barang-barang untuk cenderamata juga tentu dicari dan diminati oleh keluarga di Indonesia. Kali ini Tim Info Jepang telah merangkum seluruh informasi tentang berbelanja di Jepang, mulai dari tips berbelanja di Jepang, bagaimana cara mendapatkan harga bebas pajak, dan informasi tempat-tempat perbelanjaan yang terkenal.

Tips Berbelanja di Jepang

Berikut adalah beberapa tips praktis saat berbelanja di Jepang. Kalau teman-teman punya pengalaman atau cerita mengenai berbelanja di Jepang, kami tunggu cerita dan komentarnya…

  1. Di Jepang, tidak perlu takut atau malu ketika masuk ke dalam suatu toko. Meskipun kita tidak berniat membeli tidak apa-apa untuk sekedar masuk dan melihat-lihat. Staf toko di Jepang sangat ramah kepada setiap pengunjung yang datang. Mereka akan memberikan penjelasan semaksimal mungkin, bahkan sampai mencari-cari di internet gambar atau ilustrasi untuk menjelaskan suatu produk. Dan walaupun kita tidak membeli, mereka tetap ramah dan mengantarkan hingga ke pintu keluar.
  2. Jangan pernah menawar barang. Di Jepang, rata-rata toko telah menetapkan harga satuan tiap barang, dan tidak bisa ditawar. Kecuali untuk barang-barang antik atau saat membeli barang elektronik dalam jumlah banyak, toko biasanya akan menawarkan potongan harga. Teman-teman juga bisa menanyakan, “Do you have any discount?” atau “Wari biki wa arimasen ka?” untuk menanyakan potongan harga.
  3. Di beberapa toko bisa mendapatkan servis wrapping atau membungkus gratis. Di beberapa toko cenderamata seperti gelas, mangkuk, pigura, kaos, dompet kecil dan sebagainya, kita bisa mendapatkan servis membungkus barang belian dengan cuma-cuma. Kertas wrap juga biasanya bermotif elegan dan disesuaikan dengan brand toko, sehingga barang cenderamata yang kita beli tentu terlihat lebih bagus. Barang-barang berukuran besar seperti peralatan elektronik biasanya tidak menyediakan servis membungkus gratis, kalaupun ada hanya dibungkus dengan kertas busa saja. Kita bisa bertanya, “Can I have these gifts wrapped?” atau “Wurappu wa dekimasu ka” dalam bahasa Jepang.
  4. Belanja fashion seperti pakaian dan celana juga adalah pilihan tepat, sebab Jepang selalu menyediakan fashion item yang up to date. Kita bisa menemukan berbagai jenis dan model busana yang diinginkan dengan harga terjangkau, meski untuk beberapa brand harganya agak mahal. Tetapi tentu jaminan mutunya terjaga sebab semuanya dibuat di Jepang (Made in Japan). Untuk pakaian dan fashion item yang lainnya, kita bisa menyesuaikan ukurannya sama dengan yang di Indonesia. Itu karena ukuran dan proporsi tubuh orang Indonesia rata-rata sama dengan orang Jepang.
  5. Di beberapa toko busana, kita juga bisa meminta tolong kepada staf toko untuk memilihkan style yang sesuai dengan pribadi dan proporsi tubuh kita. Staf-staf yang bekerja di toko biasanya sudah dilatih dan memiliki lisensi khusus untuk memberikan penjelasan dan memilih fashion style yang pas buat kita.
  6. Bagi teman-teman yang ingin mencoba mengenakan pakaian sebelum membeli, di Jepang kita biasanya boleh mencobanya di dressing room. Hanya jangan sembarangan langsung mencobanya, tanyakan dahulu kepada staf di toko tersebut. Kita bisa bertanya, “Can I try on these clothes?” atau “Shichaku wa dekimasu ka” dalam bahasa Jepang.
  7. Dapatkan potongan harga untuk barang-barang bebas pajak. Informasi dan prosedur selengkapnya dibahas lengkap di artikel berikut: Bagaimana Mendapatkan Harga Bebas Pajak di Jepang?

Tempat Berbelanja di Jepang

1. Loft

Loft adalah toko retailer yang menyediakan barang-barang kreatif dan berada hampir di seluruh stasiun-stasiun besar. Satu yang terbesar berada di Shibuya, Tokyo. Di sini kita bisa menemukan barang-barang kerajinan tangan, perlengkapan kantor, alat tulis dan buku catatan/ memo, perlengkapan masak dan dapur, alat kesehatan dan kecantikan dengan desain yang unik dan menawan. Gambar di bawah ini adalah suasana Loft di Shibuya.

Suasana di Loft Shibuya Tips berbelanja di Jepang : Loft

2. Tokyu Hands

Serupa dengan Loft, Tokyu Hands juga toko retailer yang menyediakan barang-barang kreatif yang menunjang kehidupan sehari-hari. Kita bisa menemukan alat tulis pulpen, pensil, spidol, pensil warna, cat air, perlengkapan kantor, buku catatan/ memo beragam variasi, dan juga perlengkapan elektronik. Tokyu Hands juga menyediakan aksesoris perjalanan seperti tas dengan berbagai fungsi dan lain-lain. Gambar di bawah ini adalah suasana Tokyu Hands di Shibuya.

tokyu hands

3. Departement Store Mitsukoshi

Toko retailer Mitsukoshi juga tidak boleh dilupakan. Departement store pertama di Jepang ini menyediakan barang-barang kebutuhan sehari-hari dengan desain tradisional Jepang, beberapa di antaranya juga ada desain dari Amerika atau negara-negara Eropa Utara. Harga produk yang ditawarkan sedikit lebih mahal memang, namun tidak ada salahnya kita berjalan-jalan dan melihat barang-barang dengan desain unik dan fungsionalis.

4. Muji

Muji yang berarti no brand dalam bahasa Jepang, adalah retailer shop yang menawarkan produk kreatif dan unik dengan harga yang murah. Kita bisa menemukan peralatan dan perabotan dapur, interior rumah seperti lampu hias, lampu kamar, dan lainnya di tempat ini. Kita juga bisa menemukan bumbu makanan, dan juga beberapa fashion item khas Jepang di tempat ini.

Tips berbelanja di Jepang : Toko Muji Tips berbelanja di Jepang : Toko Muji

5. Uniqlo

Di Indonesia memang ada Uniqlo, tapi tidak sebesar yang di Jepang. Uniqlo terdapat di hampir seluruh stasiun besar dan menyediakan beragam pakaian dan fashion item dengan harga yang terjangkau. Beberapa cabang seperti di Ginza menyediakan variasi yang lebih lengkap dan beragam di tokonya yang berlantai 12. Uniqlo di Bandara Haneda juga menyediakan desain unik yang tidak terdapat di cabang-cabang toko lainnya.

Tips berbelanja di Jepang : Uniqlo

6. Toko 100 Yen

Tidak lengkap bila tidak menyertakan toko-toko serbaguna yang menjual barang-barang murah 100 yen! Beberapa chain toko 100 Yen yang terkenal antara lain CanDo (menyediakan alat tulis dan perlengkapan makan bagus), Seria (dekorasi dan interior rumah, perabotan keramik), dan Daiso (dompet, tas kecil, kipas Jepang murah).

Sumber gambar: Flickr Ning InSilence, fletcherjcm, ooh_food, Andrew Currie, Andrea Williams, Tetsuji Koyama, Jonathan Lin

Recommended for you

Last modified: June 13, 2016

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!
Show Comments

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan