Tips Berlibur Bersama Keluarga ke Jepang

You are here Home  > Tips Wisata >  Tips Berlibur Bersama Keluarga ke Jepang

Perjalanan wisata ke Jepang memang mengasyikkan, apalagi bisa bersama-sama dengan keluarga berbagi pengalaman selama berlibur di negeri matahari terbit. Tidak hanya pemandangan alamnya empat musimnya yang menawan, bangunan bersejarah dan kuil-kuilnya sangat bagus untuk dikunjungi. Kalau bersama dengan anak-anak, Anda juga bisa menunjukkan bagaimana kebersihan kota, budaya mengantri penduduk Jepang, keramahan petugas toko, kecanggihan teknologi negeri ini. Tapi kadang berlibur bersama keluarga ke Jepang tidak semudah liburan sendirian. Jika berlibur sendiri, kita bisa pergi semau kita, dan fleksibel dengan hal-hal tidak terduga. Namun tidak begitu jika berlibur bersama keluarga ke Jepang di mana semuanya harus disusun dengan rapi. Mulai dari persiapan pakaian, bagaimana naik kereta dan bus menuju tempat wisata tujuan, bagaimana dengan makanan sehari-hari, dan masih banyak hal lainnya yang perlu dipersiapkan dengan matang. Hampir 80% pertanyaan yang masuk ke Tim Info Jepang adalah seputar persiapan berlibur bersama keluarga di Jepang, pertanyaan seperti hal-hal di atas. Dan kali ini, Tim Info Jepang sudah merangkum sedikit mengenai jawaban-jawaban atas pertanyaan tadi. Semoga bisa bermanfaat bagi teman-teman semua.

Berlibur Bersama Keluarga ke Jepang

1. Persiapkan dimana Anda bisa makan

Jika sendirian, Anda bisa pergi ke toko ramen dengan meja kaunter atau minimarket terdekat untuk makan sebentar lalu melanjutkan perjalanan. Tapi jika bersama dengan keluarga, Anda perlu tahu restoran di mana kita bisa makan dengan nyaman bersama dengan keluarga. Beberapa restoran keluarga di Jepang antara lain Jonathan’s, Gusto, atau Saizeriya menyediakan meja makan besar untuk 4-6 orang dalam keluarga beserta tampilan menu makanan dalam bahasa Inggris. Harganya yang terjangkau juga membuat Tim Info Jepang sering menyarankan untuk makan di restoran-restoran seperti ini.

Jika pergi dengan mayoritas orang-orang dewasa, Anda juga bisa mencoba restoran izakaya. Dalam bahasa Jepang, restoran izakaya sebenarnya berarti tempat makan dan minum (bir), namun kita tetap bisa santai dan menikmati kuliner Jepang di sini. Meskipun suasananya lebih ramai dibanding restoran keluarga di atas, harga makanan yang ditawarkan jauh lebih murah. Beberapa restoran izakaya seperti Wara-Wara, Tengu, Uotami dan lainnya juga menyediakan menu beserta gambar dan dalam bahasa Inggris.

Jika ingin mencoba kuliner Jepang, tapi bingung dengan menu makanannya, atau tidak yakin apakah makanan tersebut bisa dimakan/ tidak, silakan menghubungi Tim Info Jepang. Kami menyediakan panduan tour online yang segera menjawab pertanyaan Anda via whatsapp jika diperlukan.

tour online ads button v3

2. Rencanakan Perjalanan yang Bermanfaat

Ada banyak kategori tempat wisata yang bisa dikunjungi di Jepang: wisata alam, wisata kota, wisata kuliner, atau wisata belanja. Bagi ibu-ibu lebih menyukai wisata belanja seperti Harajuku, Omotesando, Ginza, atau Factory Outlet, sementara bapak menyukai wisata kuliner atau wisata alam, menikmati keindahan panorama negara Jepang. Sedangkan anak-anak, lebih suka wisata kota, di mana bisa bermain seharian di tempat seperti Odaiba, Tokyo Disneyland, Tokyo Disneysea, atau USJ Osaka. Anak-anak atau orangtua cenderung cepat lelah dan bosan jika harus berjalan kaki jauh untuk sampai ke tempat wisata tujuan. Perbedaan inilah yang membuat plan berlibur bersama keluarga di Jepang jadi “rumit”.

Tim Info Jepang banyak menerima pertanyaan seperti di atas: Apakah jauh perjalanan dari Kuil Kinkakuji ke Kuil Kiyomizudera? Apakah perlu naik taksi atau kereta atau bus kota? Bagaimana dengan tiketnya, adakah potongan untuk anak-anak? Dan pertanyaan lainnya. Tim Info Jepang juga selalu memberikan informasi paling akurat serta nasihat-nasihat bermanfaat: jika pergi ke banyak kota lebih bagus membeli JR PASS dan bukan naik bus malam, jika pergi ke Yokohama atau Odaiba lebih bagus saat sore menjelang malam, jangan pergi ke Harajuku atau Omotesando di siang hari bolong, atau perbaikan rute perjalanan supaya jadi searah sehingga tidak membuang waktu dan tenaga.

Takeshita-dori di Harajuku

3. Coba Jasa Tour Guide

Jika mencari informasi di internet, Anda dengan mudah menemukan ribuan jadwal perjalanan ke Jepang. Ada yang menyarankan beli tiket terusan ini, tapi ada yang bilang rugi jika membelinya. Ada yang mengatakan tempat wisata ini bagus, tapi yang lain bilang jauh dan biasa-biasa saja. Ada yang bilang masih ada sakura sampai April, tapi ada yang bilang sudah rontok semua. Bagaimana dengan salju? Di mana tempat bisa bermain ski atau snowboard? Jika terus membacanya, Anda malah jadi pusing dan bingung sendiri dalam menyusun jadwal berlibur bersama keluarga ke Jepang.

Mereka yang tidak mau repot sering mengandalkan paket wisata dari agen tour. Namun harganya yang mahal, jadwal perjalanan yang tidak bebas, serta jalan bersama orang tidak dikenal menjadi hambatan. Lebih berkesan jika pergi sendiri bersama dengan keluarga ke tempat wisata yang diinginkan.

Mengetahui kesulitan ini, Tim Info Jepang menawarkan layanan Panduan Tim Online. Berbeda dengan mereka yang cuma bisa membagikan artikel di internet saja, Tim Info Jepang siap 24 jam untuk menjawab pertanyaan dan memberi nasihat seputar perjalanan ke Jepang. Artikel-artikel yang ada di website infojepang.net pun 100% dibuat oleh Tim Info Jepang, berdasarkan pengalaman dan survei-survei data pengguna selama ini. Jika diperlukan, Anda bisa langsung chat atau telepon via whatsapp, dan kami langsung memberikan jawaban. Anda tidak perlu bingung dan kuatir merencanakan perjalanan ke Jepang.

tour online ads button v3

Sumber gambar: Flickr  鈴木 宏一TokyoViews

Recommended for you

Last modified: July 22, 2016

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!
Show Comments

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan