Tips Berlibur Murah di Jepang

You are here Home  > Tips Wisata >  Tips Berlibur Murah di Jepang

Berlibur ke Jepang bukan mimpi lagi. Kini kita bisa pergi ke Jepang dengan tiket promo pesawat 3-4 juta rupiah. Meskipun begitu, kalau kita tidak pandai berhemat, kita bisa saja menghabiskan lebih banyak uang saat berada di Jepang. Untuk itulah, kita perlu persiapan dan mengetahui tips berlibur murah di Jepang. Berikut 11 tips berlibur murah di Jepang hasil rangkuman tim Info Jepang.

1. Pergi saat masa off-peak

Ketika masa off-peak (saat tidak banyak orang pergi ke Jepang), tiket pesawat harganya jauh lebih murah. Jadi tips berlibur murah di Jepang yang pertama adalah berlibur antara bulan September hingga Maret (masa off-peak Jepang). Di bulan April, bunga sakura mulai bermekaran dan banyak wisatawan datang untuk melihat hanami. Dari pertengahan Juli hingga Agustus, wisatawan juga mengincar festival musim panas dan liburan panjang di Jepang.

Kalau pun harus pergi saat masa peak, lebih baik memesan terlebih dahulu tiket bus atau pesawat pada tanggal berkunjung ke Jepang dari jauh-jauh hari.

2. Jangan naik taksi, naiklah kereta

Kereta adalah transportasi paling efisien dan nyaman di Jepang. Tidak ada macet dan tidak ada terlambat. Kita bisa mengatur perjalanan hingga ke menit dengan naik kereta. Tidak perlu takut pergi ke stasiun Jepang, sebab selalu ada petugas stasiun yang akan membantu mengarahkan menuju platform tujuan. Kita juga bisa melihat nama stasiun tujuan yang semuanya tertulis dalam bahasa Jepang dan Inggris.

Taksi Jepang yang ongkosnya mahal

Saran Tim Info Jepang, hindarilah naik taksi. Selain sering terkena macet, kita akan kesulitan berbicara dengan sang sopir mengenai arah tujuan. Selain itu, harga taksi di Jepang adalah termahal di dunia. Misalkan ketika tiba di Narita dan menuju Tokyo, lebih baik naik bus atau kereta yang ongkosnya sekitar 1000 yen. Bandingkan dengan taksi yang ongkosnya bisa 30 ribu yen atau 3 juta. Namun bagi teman-teman yang bepergian bersama dengan keluarga, ada kalanya lebih menguntungkan naik taksi dibanding naik kereta.

3. Mendapatkan tur gratis

Di Jepang ada begitu banyak volunteer yang siap membantu para turis menemukan objek wisata di Jepang. Mereka rata-rata tidak meminta bayaran, hanya ingin berkomunikasi bahasa Inggris dengan para turis. Kalau kita memanfaatkan tur dan guide gratis seperti ini, kita akan bisa berhemat banyak. Tidak perlu cape memesan tur guide berbayar dan juga bisa menghindari pengeluaran akibat salah jalan.

Teman-teman bisa menemukan informasi mengenai tur gratis di stasiun-stasiun besar di kota-kota Jepang, misalnya saja Tokyo, Shinjuku, Shibuya, Osaka, Kobe, Hiroshima, dan Fukuoka.

4. Tinggal di Hotel Kapsul

Satu lagi hal unik dan bisa dipergunakan untuk berlibur murah di Jepang adalah hotel kapsul. Hotel kapsul adalah kamar untuk menginap, namun ukurannya sangat kecil, hanya untuk tempat tidur dan barang saja. Hotel kapsul sebetulnya adalah kunci tips berlibur murah di Jepang, sebab harganya hanya sekitar 2-3 ribu yen, atau sekitar 200 sampai 300 ribu semalam. Hotel kapsul bisa ditemukan di kota-kota besar seperti Tokyo atau Osaka, dan biasanya dilengkapi dengan shower dan spa gratis.

Hotel kapsul di Jepang

Jadi kita bisa meninggalkan barang-barang di hotel kapsul, berkeliling objek wisata Jepang dengan nyaman, dan kembali untuk beristirahat. Kecuali Anda membawa keluarga, hotel kapsul jadi pilihan utama berlibur murah ke Jepang.

5. Siapkan bekal makanan, daripada pergi ke restoran

Kita bisa menemukan toko-toko bekal makanan seantero Jepang. Keluar dari hotel, kita bisa mengunjungi minimarket atau warung-warung sekitar dan membeli makanan untuk bekal. Harganya berkisar antara 300 hingga 500 yen atau sekitar 50 ribu rupiah. Dengan membawa bekal, kita tidak perlu repot-repot mencari restoran dan membayar 800-1000 yen untuk makan siang.

Toko makanan Hotto Motto

Saran dari Info Jepang, carilah Origin Bento atau Hotto Motto yang menyediakan makanan beragam menu dengan harga terjangkau.

6. Makan gyudon atau nasi daging

Makan gyudon di Jepang

Gyudon itu seperti makanan siap saji Mc Donald di Indonesia, namun bukan burger. Gyudon adalah nasi dengan daging sapi di atasnya. Harganya sekitar 250-300 Yen (makanan paling murah di Jepang) dan siap dalam 30 detik. Kita dapat memilih menu dengan menunjuk pada gambar tanpa perlu ribet bahasa Jepang. Kita juga dapat duduk beristirahat makan dan menikmati air putih gratis! Buat teman-teman muslim, tidak bisa menikmatinya, sebab belum ada lisensi halal yang terdaftar untuk gyudon.

7. Naik bus dan jangan Shinkansen

Kita selalu bermimpi untuk naik Shinkansen. Tapi kalau hendak berlibur murah di Jepang, lebih baik naik bus atau pesawat terbang domestik seperti Jetstar dan Vanilla Air (Cabang Air Asia Jepang). Dibandingkan Shinkansen yang harganya sekitar 1,5 hingga 2 juta, bus hanya sekitar 400-600 ribu, pesawat lokal pun hanya 800 ribu hingga 1 juta rupiah.

8. Jangan rental telepon atau internet

WIFI gratis di minimarket

Di artikel sebelumnya telah disampaikan lebih baik menyewa rental internet WIFI di bandara, jika pergi bersama keluarga atau rombongan. Tapi jika pergi sendiri atau bersama teman, tidak perlu menyewa internet. Kita bisa memanfaatkan internet gratis yang tersedia di seluruh minimarket atau konbini seperti 7-Eleven and Family Mart. Kita bisa tetap terhubung dengan keluarga di rumah dan selalu update liburan di Jepang.

9. Belanja oleh-oleh di toko 100 Yen

Kita bisa membeli semua barang di toko 100 Yen yang tersebar di seluruh kota. Dan biasanya barang-barang yang tersedia adalah barang unik yang tidak ada di Indonesia. Jadi daripada membeli oleh-oleh mahal, lebih baik mampir dulu ke toko 100 Yen. Di beberapa sudut toko, kita juga bisa menemukan barang serba 300-yen, dengan variasi dan fungsi yang lebih baik.

Belanja di toko 100 Yen Shop

Nama-nama toko 100 Yen: Daiso, Lawson 100 Yen Shop, Don Quijote, dan lain-lain.

10. Beristirahat sambil Pindah Kota

Tips berlibur murah di Jepang ini levelnya tingkat lanjut. Daripada menghabiskan malam di hotel, lebih baik naik dan menginap di bus malam. Sambil tidur, kita dapat berpindah ke satu kota ke kota lainnya dan menghemat biaya hotel. Contoh yang paling sering adalah perjalanan dari Tokyo ke Osaka dengan bus malam. Selain bisa menghemat biaya hotel, dengan ongkos 4000-6000 Yen kita bisa pergi ke Osaka. Dan ketika bangun pagi, kita dapat memulai petualangan baru di Osaka.

Naik bus malam di Jepang

Tips berlibur murah di Jepang ini tidak cocok buat kamu yang tidak bisa tidur di bus atau buat yang bepergian bersama keluarga.

11. Jalan kaki berkeliling objek wisata Jepang

Jalan kaki berkeliling di Ginza Jepang

Tips berlibur murah di Jepang level paling tinggi. Jika memilih berhemat dan naik kereta, kita sering harus berjalan agak jauh hingga ke tujuan. Tapi dengan jalan kaki, kita bisa melihat toko-toko unik sekitar dan menemukan pemandangan baru di Jepang yang sulit terlihat jika naik taksi.

Saran dari Tim Info Jepang: Buat yg mau ke Jepang mulai latihan jalan kaki ya. Usahakan pakai sepatu yang nyaman. Tidak disarankan pake sandal jepit or flat shoes cantik yg biasa dipakai di indonesia. Telapak kaki bakalan jauh lebih cape dan sakit. Kalau bisa sepatu kets or khusus buat jalan ato boot jika masih musim dingin/ daerah tujuan adalah wilayah gunung.

Sumber gambar : Flickr Takadanobaba Kurazawa, jun560Ken LeeLiz CastrojpellgenDuncan WJ Palmerjamesjustin

Recommended for you

Last modified: June 13, 2016

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!
Close Comments

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan