Cegah Stres dengan 4 Jenis Liburan Ini

You are here Home  > Tips Liburan >  Cegah Stres dengan 4 Jenis Liburan Ini

Rutinitas yang monoton disertai problematika yang menumpuk tak jarang membuat seseorang menjadi lebih sensitif. Jika dibiarkan terus-menerus, tak ayal kamu bisa merasakan stres yang tidak bisa dibiarkan sebab dapat berujung depresi. Beberapa gejala yang menunjukkan kamu sudah mulai memasuki fase stres menghadapi segala kepenatan harianmu, yaitu kamu menjadi lebih mudah tersinggung dan marah, hilang konsentrasi, hingga menjadi malas untuk mengerjakan beragam tugas yang menanti.

Jika gejala-gejala tersebut sudah kamu rasakan, berarti sudah saatnya pula untuk mengambil sedikit jarak dari rutinitas dan masalah tersebut. Salah satu caranya yang paling ampuh adalah segera mengemas perlengkapannya untuk melakukan petualangan seru ke daerah-daerah yang bisa membangkitkan mood milikmu. Ya, kamu butuh liburan!

Nah, ketika kamu memutuskan untuk segera berlibur agar bisa mencegah diri dari rasa stres yang lebih berat, terkadang kamu akan bingung menentukan jenis liburan apa yang cocok dengan kebutuhanmu. Tapi, sekarang kamu tidak perlu bingung lagi. Soalnya, penjabaran tentang empat jenis liburan di bawah ini bisa sedikit memberimu pencerahan tentang untung dan seberapa besar dampak jenis liburan tersebut buat mengurangi rasa stres yang kamu alami.

1. Liburan ala Petualang

Jenis liburan yang satu ini memang terkadang membuatmu stres sendiri sebab tergolong jenis liburan yang ekstrem dan menantang. Bagaimana tidak, ada kalanya ketika memilih jenis liburan ala petualang ini, kamu akan dibuat harus berpeluh keringat hingga menjerit ketakutan untuk sampai ke titik objek wisata yang sudah kamu rencanakan. Perjalanannya pun bukan tanpa risiko. Tak ayal, kamu akan kesulitan menemukan transportasi yang nyaman di kawasan petualangan yang kamu tuju tersebut.

Akan tetapi, pernah mendengar peribahasa bahwa racun harus dilawan dengan racun? Seperti itulah juga liburan ala petualang ini mampu melawan rasa stres pun terhadap rutinitas yang kian membuatmu penat. Rasa stres pun akan teralihka ke cara agar tetap bisa survive di tengah petualangan seru yang membuat hatimu puas jika berhasil melampauinya. Tidak percaya? Yuk, rencanakan segera petualanganmu.

2. Liburan ala Backpacking

Mau segera cabut dari rutinitas, tapi kondisi keuanganmu sedang tidak terlalu bagus? Jangan memaksakan diri dengan mencoba berlibur ala-ala sosialita yang menghabiskan banyak dana. Buktinya, dengan liburan ala backpacking, kamu tetap bisa merasakan liburan seru, meskipun dengan keterbatasan budget yang tersedia. Salah satu cara menghemat dana untuk liburan ala backpacking adalah dengan memilih transportasi yang murah meriah. Sebagai contoh, apabila kamu hendak backpacking ke Yogyakarta maupun Malang yang terkenal dengan objek-objek wisata serunya, kamu tidak perlu naik pesawat. Ambillah cuti lebih lama dan pergilah ke daerah-daerah tersebut menggunakan kereta api yang lebih terjangkau. Selain harga tiket kereta api lebih murah, selama di perjalanan kamu akan dibuai dengan pemandangan cantik dari jendela kereta api.

Kamu pun tidak perlu menambah stres dengan memikirkan harus di mana membeli tiket untuk moda transportasi ini. Soalnya, sudah banyak agen travel online yang menyediakannya, seperti Traveloka. Kamu hanya perlu memesan tiket KAI di Traveloka di link ini kapan pun dan manapun dengan modal gadget di tangan dan internet di jaringan. Terkait soal kenyamanan liburan backpacking, carilah kawasan yang memiliki banyak tempat wisata yang berdekatan agar tidak membuatmu kantongmu jebol hanya gara-gara harus sering mengeluarkan dana ekstra untuk transportasi.

3. Wisata Alam

Pemandangan cantik selalu mampu membuat orang jatuh cinta sehingga dapat melupakan masalahnya sejenak. Untuk itu, jenis liburan dengan target wisata alam dapat menjadi pilihanmu guna mencegah stres. Lebih menguntungkannya lagi, di Indonesia banyak tempat yang dapat kamu kunjungi jika mencari panorama menakjubkan. Akses menuju tempat-tempat tersebut sudah tersedia sehingga kamu hanya perlu mencari tiket transportasi ke sana untuk bisa melihat pemandangan yang kamu suka.

Naik pesawat, kereta api, ataupun kapal laut itu bukan masalah sebab semua rasa lelahmu di jalan bisa segera terhapus dengan pemandangan cantik yang alami. Pemandangan yang indah dan cenderung tenang tersebut pastinya bisa membuatmu tidak terbayangi tugas yang menumpuk. Suasana yang asri juga akan membuat hatimu menjadi leboh adem dan sejuk sehingga tidak lagi emosian.

4. Wisata Kuliner

Nah, ini dia jenis liburan yang tidak mesti membuatmu harus ke luar kota ataupun membuatmu harus cuti. Soalnya, jenis wisata yang satu ini bahkan bisa kamu lakukan sehabis kamu berhadapan dengan rutinitas yang sama. Kamu hanya perlu menyediakan sedikit waktu dan sedikit riset untuk mencari-cari tempat yang menyajikan beragam penganan enak yang memuaskan perut dan hati.

Wisata kuliner dianggap sebagai salah satu jenis liburan yang paling ampuh mengusir stres. Makanan lezat yang mengenyangkan perut nyatanya mampu memberi kebahagiaan. Hanya saja, dampaknya kamu harus siap-siap menerima tambahan lemak di sekitar perutmu akibat jenis liburan yang satu ini.


Recommended for you

Last modified: September 21, 2017

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!