Informasi Kartu Suica atau Pasmo

You are here Home  > Tips Wisata, Transportasi Jepang >  Informasi Kartu Suica atau Pasmo

Suica atau Pasmo adalah kartu elektronik (IC Card) paling berguna saat kita liburan di Jepang. Kartu Suica dan Pasmo bisa dipergunakan untuk ketika naik bus atau kereta, atau membayar barang ketika membeli di minimarket dan mesin penjual otomatis. Ketika membayar, kita hanya perlu menyentuhkannya ke sensor terdekat. Selain itu, kita dapat dengan mudah mengisi kembali kartu Suica atau Pasmo di mesin yang terdapat hampir di seluruh stasiun.

1. Apa Kegunaan Kartu Suica atau Pasmo?

Kartu Suica atau Pasmo ini prinsipnya sama dengan kartu elektronik di KRL Jabodetabek. Pertama kali tiba di Tokyo (Narita dan Haneda Airport), Tim Info Jepang sangat menyarankan untuk membeli kartu Suica atau Pasmo ini karena sangat praktis ketika naik bus atau kereta di Jepang. (Catatan: kartu Suica dan Pasmo hanya bisa dicetak di Tokyo). Sistem kereta di Jepang sangat rumit, ada banyak jenis kereta dan perusahaan kereta. Jadi kalau punya kartu suica atau pasmo, kita tidak perlu repot membaca kanji dan mencari biaya kereta ke stasiun tujuan, hanya tinggal menyentuhkannya saja di pintu tiket. Catatan: Bagi teman-teman yang tiba di Kansai Airport atau Chubu Airport tidak bisa mencetak kartu suica/pasmo. Kartu yang bisa dicetak adalah ICOCA atau KiTaPa card. Kedua kartu ini sama fungsinya dengan kartu suica/pasmo, bisa dipakai di seluruh Jepang. Hanya perlu dicatat: jika menginginkan refund, maka hanya bisa direfund di daerah Kansai (tempat dimana kartu dicetak). Harap hal ini diperhatikan karena berdasarkan info yang dihimpun Tim Info Jepang, banyak yang bingung mengenai kartu suica/pasmo ini. Uang yang dikembalikan adalah sisa saldo di dalam pasmo/suica plus deposit 500 yen dikurangi biaya pengurusan 220 yen.

Selain itu, sejak April 2014, pengguna kartu suica atau pasmo bisa mendapatkan potongan harga tiket. Tiket kertas biasanya mengenakan pembulatan ke atas untuk harga tiket kereta, sedangkan dengan kartu harga tiket tetap. Contohnya, kalau membeli tiket kertas harganya 210 Yen, namun dengan kartu suica atau pasmo harganya 206 Yen.

Daerah pemakaian kartu suica atau pasmo

Kartu suica atau pasmo juga sangat membantu kita ketika salah keluar stasiun. Kalau pakai tiket kertas, kita harus membeli tiket lagi ketika salah keluar stasiun. Namun dengan kartu suica atau pasmo, kita tinggal bilang ke petugas jaga, “Sumimasen, sen wo machigaemashita” (Maaf salah ambil jalur kereta), dan uang kita akan dikembalikan lagi dalam bentuk deposit kartu.

Pertama kali membeli, kita diwajibkan memasukkan uang 2000 yen. 500 Yen sebagai biaya pembuatan kartu sedangkan 1500 Yen sisanya menjadi deposit kartu. Kita dapat menggunakannya sepuasnya dan tidak perlu repot berurusan dengan kanji dan uang recehan Jepang. Ketika akan kembali ke tanah air, kartu Suica atau Pasmo dapat diuangkan kembali. Cukup datang ke midori madoguchi atau tempat informasi di stasiun-stasiun besar, dan kita dapat menukarkan deposit dengan uang tunai kembali. Sangat mudah dan praktis bukan!

Membeli kartu suica atau pasmo

Membeli kartu suica atau pasmo

2. Bagaimana cara mengisi kartu Suica atau Pasmo?

Kita dapat mengisinya di minimarket dan seluruh stasiun di kota Tokyo. Masukkan kartu itu ke dalam mesin, dan pilihlah nominal uang yang ingin dimasukkan. Ada pilihan 500 Yen, 1000 Yen, 2000 Yen, atau 5000 Yen. Setelah memilih nominal uang, kita tinggal memasukkan uang ke dalam mesin, dan pip kartu Suica atau Pasmo sudah terisi kembali.

Mesin penjual otomatis dengan kartu suica atau pasmo

Mesin penjual otomatis dengan kartu suica atau pasmo

3. Tempat Kartu Suica atau Pasmo dapat Dipergunakan

  1. Seluruh stasiun kereta JR dan swasta, kereta bawah tanah, dan bus di kota Tokyo. Kini Suica dan Pasmo dapat digunakan hampir di seluruh kota Jepang, seperti Osaka, Kyoto, dan Hakone. Khusus bagi Kyoto dan Hakone, kartu Suica atau Pasmo Tim Info Jepang rekomendasikan, karena akan memudahkan kita menggunakan bus kota ke tempat-tempat wisata (mayoritas tempat wisata di Kyoto dan Hakone dicapai dengan menggunakan bus).
  2. Seluruh taksi yang beroperasi di Tokyo dan sekitarnya
  3. Untuk membayar minuman atau makanan kecil di mesin penjual otomatis
  4. Untuk membayar biaya penggunaan loker di stasiun-stasiun besar
  5. Untuk membayar belanja di kios, minimarket (Seven Eleven, Lawson, Family Mart), Toko suvenir, toko buku dan lainnya.
  6. Ketika bakal di restoran Matsuya (nasi daging), Tenya (nasi tempura), restoran keluarga seperti Gusto, Jonathan, dan Royal Host, dan restoran lainnya.
  7. Berbelanja di Yodobashi Camera, Big Camera dan toko retail elektronik besar.
  8. Ketika pergi ke karaoke di kota Tokyo.

4. Suica dan Pasmo untuk Anak-Anak

Ketika berlibur ke Jepang bersama keluarga, kita bisa membeli kartu Suica atau Pasmo untuk anak-anak. Kartu ini sangat menguntungkan bagi teman-teman yang memiliki anak dibawah umur 12 tahun, karena akan mendapatkan potongan harga tiket 50%. Dulu, ketika kartu suica untuk anak-anak belum ada, Tim Info Jepang selalu mengusulkan agar membeli tiket satuan untuk anak-anak supaya dapat potongan harga. Namun, semenjak April 2014, operator kereta JR sudah menjual kartu suica dan khusus untuk anak-anak. Mohon diperhatikan, kartu Suica TIDAK BISA DIBELI DI MESIN (seperti gambar panduan di bawah), namun bisa dibeli di kaunter penjualan tiket bewarna hijau (MIDORI NO MADOGUCHI dalam bahasa Jepang). Sementara itu, kartu Pasmo hanya bisa dibeli di semua loket tiket Stasiun non-JR. Saat pembelian, teman-teman harus menunjukkan paspor si anak dan kartu identitas lainnya yang menujukkan umur si anak. Harga tiketnya, deposito awalnya, dan cara pengembalian uangnya sama dengan suica biasa, jadi bisa dilakukan berbarengan dengan suica milik Suami/Istri. Bedanya, pas naik kereta, kartu suica untuk anak-anak akan dipotong dengan tiket 50%. Praktis bukan?

Liburan di Tokyo? Pergi kemana ya bagusnya? Lihat artikel-artikel tentang liburan di Tokyo.

5. Kapan menggunakan Suica dan Pasmo? Kapan menggunakan JR Pass? Mana yang lebih baik?

Suica dan Pasmo secara umum memiliki fungsi yang sama dengan JR Pass (Japan Rail Pass, atau tiket terusan kereta Jepang). Namun penggunaan keduanya berbeda fungsi. Suica dan Pasmo digunakan untuk perjalanan dalam kota (baik dengan kereta atau bis), sementara JR Pass digunakan untuk bepergian ke kota lain, seperti Tokyo-Kyoto, Tokyo-Osaka, atau Tokyo-Sapporo. Keduanya bisa dipadukan agar dapat bepergian dengan lebih mudah dan murah. Misal teman-teman ada di Tokyo dan ingin berkeliling objek wisata di Kyoto-Nara selama 3 hari. Teman-teman bisa membeli JR Pass untuk perjalanan Tokyo-Kyoto, lalu untuk berkeliling objek wisata di Kyoto seperti Kuil Kiyomizudera atau Kuil Heian Jingu atau ke Kuil Todaiji di Nara dengan menggunakan kartu suica untuk membayar bus.

6. Informasi tambahan tentang Kartu Suica atau Pasmo

Kartu Suica atau Pasmo bisa diberikan/ dijual kepada orang lain setelah Anda memakainya. Berbeda dengan Japan Rail Pass di mana orang yang menggunakan harus mendaftarkan diri dengan identitas resmi (tanpa diwakilkan), kartu suica atau pasmo tidak mencatat identitas kita. Selain itu, jumlah saldo atau uang yang tersisa di dalamnya tetap dapat digunakan hingga batas waktu 10 tahun dari waktu pembelian. Jadi, bagi teman-teman yang berencana liburan di tahun berikutnya, tetap dapat membawa dan menggunakan kartu Suica atau Pasmo di Jepang.

Pesan JR Pass online

7. Panduan Cara Mendapatkan Kartu Suica atau Pasmo

Cara mendapatkan Suica atau Pasmo adalah dengan membelinya di mesin otomatis penjual tiket yang tersebar di seluruh stasiun Jepang.

1. Setelah menemukan mesin otomatis penjual tiket yang berada di dekat pintu karcis, perhatikan layar mesin. Tekan tombol “English” di kanan atas untuk mengubah bahasa Jepang ke dalam bahasa Inggris.

2. Seperti gambar di bawah, kita bisa memilih antara karcis biasa dan pilihan kartu Suica atau Pasmo. Pilih menu kanan yakni Suica atau Pasmo.

Cara mendapatkan kartu Suica atau Pasmo

3. Setelah selesai memilih opsi Suica atau Pasmo, di layar akan muncul tiga kolom pilihan. Ada pilihan “Charge/Balance History” di mana kita bisa mengisi ulang Suica atau Pasmo atau melihat pemakaian. Ada juga opsi “Purchase New Pasmo”, di mana kita bisa mendapatkan kartu Suica atau Pasmo baru. Atau opsi ketiga “Change Personalized PASMO” di mana kita bisa mencetak nama sendiri di kartu Suica atau Pasmo. Untuk membuat yang baru silakan pilih menu tengah “Purchase New Pasmo”.

Cara mendapatkan kartu Suica atau Pasmo

4. Pilih salah satu jenis PASMO yang akan dibeli karena terdapat dua pilihan. Pertama, “Personalized PASMO”, PASMO yang mengharuskan kita mengisi kolom data diri. Dengan demikian, saat kartu ini hilang, dapat dicetak kembali tanpa kehilangan deposit uang didalamnya. Yang kedua “Blank Pasmo”, silakan memilih berikut. Selain tidak perlu repot mengisi data diri, kita dapat dengan cepat memperoleh kartu Suica atau Pasmo.

Cara mendapatkan kartu Suica atau Pasmo

5. Setelah memilih opsi “Blank Pasmo”, di layar akan mucul angka berupa uang dalam Yen yang akan didepositkan PASMO. Pilihannya terdapat 1,000, 2,000, hingga 10,000 Yen. Ada baiknya mengisi 2000 atau 3000 Yen. Perlu diketahui biaya deposit awal termasuk pada biaya registrasi sebesar 500 Yen. Jadi kalau memilih 1000 Yen, maka deposit yang bisa digunakan hanya 500 Yen.

Cara mendapatkan kartu Suica atau Pasmo

6. Masukkan uang sesuai dengan nominal deposit yang dipilih. Dan kartu Suica atau Pasmo akan dicetak dan keluar dari mesin bersamaan dengan kuitansi tanda pembayaran. Simpan kuitansi tersebut hingga hari terakhir liburan di Jepang supaya kita bisa mendapatkan pengembalian uang deposito 500 yen dan sisa uang dalam Suica atau Pasmo.

Cara mendapatkan kartu Suica atau Pasmotour online ads NEW1


Sumber gambar : Joey Rozier, Suhanna ♥, TokyoViews, JR East Website


Recommended for you

Last modified: June 14, 2018

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!