Tipe Japan Rail Pass

You are here Home  > Transportasi Jepang >  Tipe Japan Rail Pass

Tipe Japan Rail Pass-Selain pemandangan indah, wisatawan lebih suka datang ke negara yang akses transportasinya aman dan nyaman. Dan Jepang memiliki kedua unsur ini sehingga banyak wisatawan yang datang ke Jepang untuk berlibur baik sendiri maupun bersama dengan keluarga. Sistem transportasi Jepang sangatlah tertata rapi dan yang paling terkenal adalah kereta Shinkansen yang menjadi primadona kereta cepat dunia selama bertahun-tahun. Tidak hanya cepat, namun kenyamanan dan ketepatan waktunya, adalah hal yang selalu dipuji-puji oleh wisatawan yang datang.

Pemerintah Jepang berusaha memberikan kenyamanan bagi para wisatawan untuk dapat menikmati perjalanan dengan Shinkansen atau kereta di Jepang dengan nyaman, tanpa perlu repot mencari nama stasiun dan menghitung ongkos atau tiket yang mesti dibeli. Misalnya dengan tiket JR Pass, tiket terusan berdasarkan wilayah tertentu atau tiket terusan harian. Karena banyaknya jenis tiket terusan ini, ditambah dengan berbagai ketentuan dan stasiun yang bisa dilewati dan lainnya, ada banyak pertanyaan mengenai tiket JR Pass ini yang diterima oleh Tim Info Jepang. Dalam artikel kali ini, Tim Info Jepang sudah berusaha meringkas secara lengkap tipe JR Pass, berapa harganya dan beberapa ketentuan yang penting dan perlu diperhatikan saat membelinya. Jika teman-teman masih bingung apakah perlu membeli JR Pass ini, silakan bisa bertanya dan mengkonsultasikannya kepada Tim Info Jepang. Kami akan memberikan penjelasan kepada teman-teman sesegera mungkin.

1. Apa itu Japan Rail Pass?

Japan Rail Pass (JR Pass) atau tiket terusan kereta JR adalah cara paling murah untuk berkeliling Jepang dengan naik kereta, khususnya jika ingin ke kota-kota selain Tokyo. Dengan JR Pass, wisatawan asing bisa bepergian ke kota manapun secara gratis. Tim Info Jepang sudah merangkum semua pertanyaan dan jawaban dalam tulisan FAQ Terlengkap Japan Rail Pass. Namun, masih ada banyak pertanyaan dari para pembaca terkait tiket tipe Japan Rail Pass mana yang harus dibeli. Jawabannya adalah tergantung pada tempat tujuan yang diinginkan oleh teman-teman sendiri.

Pesan JR Pass online

Berikut ini kami sudah buatkan tabel yang semoga dapat mempermudah teman-teman.

2. Tipe-tipe Japan Rail Pass

1. JR East Pass (Tohoku Area)

JR East Pass Tohoku Area ini adalah pass yang cocok bagi yang mau mengunjungi Wilayah Kanto (meliputi Prefektur Tokyo, Kanagawa, Chiba, Saitama, Gunma, Tochigi, dan Ibaraki), meliputi area yang sama dengan cakupan Tokyo Wide Pass namun hanya sampai Stasiun Otsuki saja, Sendai dan Prefektur Miyagi, Akita dan Yokote, Morioka, Yamagata, Aomori dan Shin-Aomori, area paling utara Pulau Honshu

JR EAST PASS Tohoku Wilayah Tohoku dan Kanto
Harga di luar Jepang Harga di Jepang
Dewasa (>12 tahun) 19.000 yen 20.000 yen
Anak-anak (6-11 tahun)   9.500 yen 10.000 yen
Masa berlaku 5 hari (maksimal 14 hari dari tanggal tiket dicetak)

2. JR East Pass (Nagano, Niigata Area)

JR EAST PASS Nagano, Niigata Wilayah Kanto, Nagano, dan Niigata
Harga di luar Jepang Harga di Jepang
Dewasa (>12 tahun) 17.000 yen 18.000 yen
Anak-anak (6-11 tahun)   8.500 yen   9.000 yen
Masa berlaku 5 hari (maksimal 14 hari dari tanggal tiket dicetak)

3. JR Tokyo Wide Pass

Tiket terusan JR Tokyo Wide Pass mencakup seluruh jalur kereta JR di prefektur Ibaraki, Gunma, Tochigi, Saitama, Chiba, Kanagawa, Yamanashi, Nagano, dan Shizuoka. Kamu bisa keliling wilayah Kanto dengan menggunakan pass ini.

Beberapa jalur kereta utama yang bisa dinaiki gratis antara lain seluruh jalur JR East, Tokyo Monorail Haneda Airport-pusat kota Tokyo), Izu Kyuko Line (menuju objek wisata Semenanjung Izu), Fujikyu Railway (ke objek wisata Fujikyu Highland dan Danau Kawaguchiko), Joshin Dentetsu Line (menuju ke objek wisata Warisan Budaya Dunia Tomioka Silk Factory), Saitama Urban Transit Line (menuju ke Museum Kereta Saitama), dan Tokyo Rinkai Line (menuju ke Odaiba).

JR Tokyo Wide Pass Wilayah Kanto
Harga di Jepang
Dewasa (>12 tahun) 10.000 yen
Anak-anak (6-11 tahun)    5.000 yen
Masa berlaku 3 hari

4. JR EAST-SOUTH Hokkaido Rail Pass

JR East-South Hokkaido Rail Pass ini cocok teman-teman gunakan jika ingin ke Sapporo dari Tokyo sambil melewati wilayah Tohoku, seperti Sendai, Yamagata, Akita, Aomori, hingga ke wilayah selatan Hokkaido (Hakodate, Sapporo, Shin-Chitose, dan Otaru). JR East South Hokkaido Pass juga mengcover ongkos ke Gala Yuzawa, Otsuki (menuju ke Kawaguchiko), Atami, hingga Izukyu Shimoda (melewati Kawazu Izu).

JR EAST-SOUTH Hokkaido Rail Pass Wilayah Kanto, Tohoku, Hakodate, Sapporo
Harga di luar Jepang Harga di Jepang
Dewasa (>12 tahun) 26.000 yen 27.000 yen
Anak-anak (6-11 tahun) 13.000 yen 13.500 yen
Masa berlaku 6 hari (maksimal 14 hari dari tanggal tiket dicetak)

5. NEX Tokyo Round Trip Ticket

Tiket ini bisa digunakan untuk perjalanan PP dari Stasiun Tokyo ke Bandara Narita, cukup murah dibandingkan dengan membeli tiket ketengan Keisei Ekspress. Masa berlaku tiket PP ini adalah 14 dari dari penggunaan pertama dari Bandara Narita dan terakhir saat kembali ke Indonesia melalui Bandara Narita.

NEX Tokyo Round Trip Ticket Tokyo-Bandara Narita
Harga di Jepang
Dewasa (>12 tahun) 4.000 yen
Anak-anak (6-11 tahun) 2.000 yen
Masa berlaku 14 hari

6. Tokyo-Osaka Hokuriku Arch Pass

Tokyo Osaka Hokuriku Arch Pass adalah salah satu pass (tiket kereta multi jalur) yang bisa digunakan untuk bepergian dengan naik kereta dari Tokyo-Osaka dengan kereta Shinkansen Hokuriku. Jalur kereta Shinkansen Hokuriku ini akan melalui tempat-tempat wisata di wilayah Hokuriku, melewati prefektur Nagano, Toyama dan Kanazawa. Pass ini sangat kami rekomendasikan bagi teman-teman yang ingin mengunjungi kota-kota di Kansai seperti Osaka, Kyoto, Nara, dan Kobe, lalu tempat-tempat wisata di Tokyo, sambil mencoba menjelajahi daerah-daerah baru seperti Nagano, dan Kanazawa (jalur termudah ke Shirakawago) atau Toyama (Tateyama Kurobe Alpine).

Beli Online
JR Hokuriku Arch Pass
TokyoOsaka Hokuriku Arch Pass Tokyo-Hokuriku Shinkansen-Osaka
Harga di luar Jepang Harga di Jepang
Dewasa (>12 tahun) 24.000 yen 25.000 yen
Anak-anak (6-11 tahun) 12.000 yen 12.500 yen
Masa berlaku 7 hari

7. Kansai Pass

Kansai Pass ini sangat direkomendasikan bagi teman-teman yang ingin melakukan perjalanan di antara tempat-tempat berikut ini:

  1. Kansai Airport,
  2. Nara,
  3. Objek wisata Osaka seperti Tennoji dan Shinsekai, Namba, Universal Studio Japan
  4. Objek wisata di Kyoto seperti Kuil Fushimi Inari, Saga Arashiyama,
  5. Danau Biwa, kota Tsuruga dan Kusatsu di Prefektur Shiga,
  6. Kobe dan Himeji di Prefektur Hyogo.
Kansai Pass Kyoto, Osaka, Nara, Kobe
Dewasa (>12 tahun) 2.200 yen 4.300 yen 5.300 yen 6.300 yen
Anak-anak (6-11 tahun) 1.100 yen 2.150 yen 2.650 yen 3.150 yen
Masa berlaku 1 hari 2 hari 3 hari 4 hari

Selain itu, jika teman-teman ingin ke Amanohashidate, Okayama, dan Fukuchiyama, bisa membeli Kansai Wide Pass seharga 8.500 yen untuk 5 hari.

8. Hokkaido Pass

Hokkaido adalah wilayah yang terletak di utara Jepang. Pesona dan keindahan alamnya sudah terkenal hampir di seluruh dunia, bisa dilihat di 10 pemandangan menakjubkan di Hokkaido atau pemandangan musim dinginkeren di Hokkaido. Selain itu, Hokkaido juga punya festival-festival menarik seperti festival salju Sapporo, Festival Yuki no Akari Michi di Otaru,festival es di Danau Shikotsu dan masih banyak lainnya. Wilayah yang luas membuat berkeliling Hokkaido menghabiskan banyak waktu dan tentunya biaya. Nah, Hokkaido Pass bisa jadi solusi liburan teman-teman di Hokkaido.

Hokkaido Pass Seluruh area Hokkaido (Hakodate, Sapporo, Furano, Asahikawa, Abashiri, Wakkanai, Kushiro, Shiretoko)
Dewasa (>12 tahun) 16.500 yen 22.000 yen 22.000 yen 24.000 yen
Anak-anak (6-11 tahun) 8.250 yen 11.000 yen 11.000 yen 12.000 yen
Masa berlaku 3 hari 4 hari FLEX 5 hari 7 hari

Tiket Hokkaido Pass 4 hari FLEX bisa digunakan dalam 4 hari perjalanan kereta dalam masa aktif 10 hari. Jadi, jika kita membelinya pada tanggal 1 Januari, maka Hokkaido Pass 4 hari FLEX berlaku sampai tanggal 10 Januari. Di antara rentang tanggal itu (1-10 Januari) kita bisa menggunakannya untuk naik kereta di Hokkaido gratis selama 4 hari.

Sumber gambar: tokyoform


Recommended for you

Last modified: August 23, 2018

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!