Loading Events

« All Events

  • This event has passed.

Festival Kembang Api Omagari

August 24 @ 5:30 pm - 9:30 pm

Indahnya Festival Kembang Api Omagari

Buat teman-teman yang tidak tahu mengenai festival kembang api ini, Festival Kembang Api Omagari adalah festival kembang api nomor 1 di Jepang. Total lebih dari 800 ribu orang akan datang ke Omagari hanya dalam satu hari untuk menyaksikan kemegahan Festival Kembang Api Omagari. Supaya kamu bisa membandingkannya, total penduduk Prefektur Akita hanya 1,1 juta orang, namun saat festival berlangsung, hampir 2/3 jumlah penduduk akan membanjiri kota Omagari menonton Festival Kembang Api Omagari. Apa sih keseruan Festival Kembang Api Omagari, dan bagaimana cara pergi ke sini? Simak informasi kontributor Tim Info Jepang mengenai Festival Kembang Api Omagari.

Festival Kembang Api Omagari

Meskipun terletak jauh dari keramaian kota besar seperti Tokyo atau Kyoto, namun Festival Kembang Api Omagari tetap menarik banyak wisatawan. Ini karena Festival Kembang Api Omagari bukan hanya event lokal, namun adalah final kompetisi tahunan pembuat kembang api. Festival ini memiliki sejarah panjang dan sudah dimulai dari tahun 1910. Dalam festival ini, kita akan disuguhkan pertarungan sengit kompetisi di antara pembuat kembang api terkenal di seluruh Jepang bahkan dunia. Dan, hasilnya? Langit Kota Omagari akan dipenuhi bentuk-bentuk kembang api warna yang keren dan bentuk-bentuk aneh yang dijamin bakal membuat kita terkagum-kagum. Pemenang lomba akan mendapatkan penghargaan bergengsi dari penghargaan dari Perdana Menterti, menteri ekonomi dan perindustrian, menteri pendidikan, sekjen UKM, dan sekjen Pariwisata.

Indahnya Festival Kembang Api Omagari

Indahnya Festival Kembang Api Omagari

Festival Kembang Api Omagari ini dimulai dari tahun 1910 dan terus berkembang sampai dengan hari ini. Setiap tahunnya, Festival Hanabi Omagari diadakan pada hari Sabtu keempat bulan Agustus.

Festival Kembang Api Omagari sebenarnya terdiri dari 3 bagian. Pertama, acara sore hari (afternoon division) yang menjadi pre-event festival yang diadakan sekitar jam 17.30-18.15. Para pyrotechnician (orang-orang yang ahli kembang api) akan menunjukkan keahlian mereka membuat kembang api di langit yang masih terang. Wisatawan akan mulai bergerak ke pinggir sungai tempat festival diadakan.

Festival Kembang Api Omagari

Festival Kembang Api Omagari

Acara dilanjutkan dengan 10” fireworks division. Dalam acara ini, para peserta lomba akan diberikan kesempatan sebanyak dua kali untuk menciptakan bentuk-bentuk kembang api mulai dari pukul 18.15-20.00. Terakhir, creative fireworks yang diadakan sampai sekitar jam 21.30. Tahun kemarin, ada kembang api berbentuk Pikachu dan Doraemon yang muncul dan membuat para wisatawan histeris. Saya masih bingung bagaimana cara membuatnya? So, siap-siap, karena selama 4 jam kita akan disuguhi oleh berbagai bentuk dan warna kembang api. Total ada lebih dari 18.000 kembang api yang diluncurkan dalam satu malam!

Kemegahan Festival Kembang Api Omagari

Suasana Festival Kembang Api Omagari

Suasana Festival Kembang Api Omagari

Sambil memandang keindahan festival kembang api di langit Omagari, kita bisa menikmati berbagai makanan ringan seperti permen dan kembang gula yang dijual di sepanjang jalan.

Kita bisa ikut serta Festival Hanabi Omagari tanpa perlu membayar tiket masuk. Namun, jika teman-teman ingin dapat tempat duduk, harus membayar sejumlah uang untuk reservasi kursi di toko-toko lokal. Jadi, jika teman-teman berencana mengunjungi Jepang di saat musim panas (akhir Agustus) jangan lupa untuk mampir ke Omagari di Akita ya. Dijamin pasti terkagum-kagum deh! 

Akses ke tempat Festival Kembang Api Omagari

Dari Tokyo Station teman-teman bisa naik Akita Shinkansen (Komachi) sampai ke Omagari Station. Lama perjalanannya sekitar 3 jam 15 menit, dengan ongkos 17.130 yen. Kereta Shinkansen Komachi ini tersedia dari jam 06.30 sampai jam 20.16, dengan keberangkatan setiap 1 jam sekali. Setibanya di Stasiun Omagari, kita lanjut berjalan kaki selama 20-25 menit menuju ke tempat perayaan Festival Kembang Api Omagari. Seluruh ongkos dari Stasiun Tokyo sampai Stasiun Omagari tecover dengan JR Pass atau JR East Pass Tohoku Area.

Recommended Hotels near Yokote [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Yuzawa Grand Hotel
Yuzawa Grand Hotel
from ¥5967/night
Quad Inn Yokote
Quad Inn Yokote
from ¥7020/night
Hotel Wellness Yokoteji
Hotel Wellness Yokoteji
from ¥5148/night
Yuzawa Royal hotel
Yuzawa Royal hotel
from ¥5850/night

(sponsored by Booking.com)

Sumber gambar: Flickr Daisuke tashiro, Syuzo Tsushima, Ryan Bailey


Recommended for you

Details

Date:
August 24
Time:
5:30 pm - 9:30 pm
Event Category:
Event Tags:
,

Venue

Omagari Hanabi Venue
Ōmagarinishine, Shimotateno, 大曲船場町1丁目11-30
Daisen, Akita 014-0057 Japan
+ Google Map

Leave a Reply

You have to agree to the comment policy.