Loading Events

« All Events

  • This event has passed.

Wakakusa Yamayaki

January 21, 2017 @ 12:00 pm - 8:00 pm

Festival Yamayaki di Gunung Wakakusa

Wakakusa Yamayaki adalah festival yang paling terkenal di Nara. Festival ini sudah diadakan lebih dari seribu tahun di setiap minggu ke-empat bulan Januari. Festival tahunan ini disebut sebagai festival bakar gunung dalam artian harafiah, yakni sengaja membakar rerumputan yang tumbuh di seluruh Gunung Wakakusa yang dipicu dengan festival kembang api. Sampai sekarang tidak ada catatan resmi yang mencatat asal mula atau sejarah festival ini. Namun beberapa cerita rakyat kuno menyebutkan bahwa membakar rerumputan supaya beruang liar tidak turun gunung dan menuju kota Nara. Ada juga yang menyebutkan acara ini untuk meredakan konflik dari tiga kuil besar di Nara, di mana festival ini diadakan bersamaan di tiga kuil tersebut.

Festival Wakakusa Yamayaki

Festival ini dimulai dengan upacara keagamaan di Kuil Todaiji, Kuil Kofukuji, dan Kuil Kasuga-Taisha selepas jam makan siang. Setelah itu, sekitar jam 3 sore akan ada kraker beras raksasa yang berjalan di Taman Nara. Rusa-rusa liar yang hidup bebas di taman Nara amat menyukai kraker beras. Sehingga, rusa-rusa di sini akan berkumpul dan mengerubungi kraker beras raksasa ini. Kita bisa bergabung dengan memberikan makanan kraker yang dijual di sekitar pintu masuk taman.

Festival Wakakusa Yamayaki

Festival Wakakusa Yamayaki

Menjelang matahari, sekitar jam 5 sore, parade festival akan berhetni di kaki Gunung Wakakusa. Di sini akan diadakan upacara keagamaan berupa doa yang dipimpin oleh para pendeta dari Kuil Todaiji, Kuil Kofukuji, dan Kuil Kasuga-Taisha. Mereka mendoakan keselamatan dan kemakmuran kota Nara sekaligus berharap akan kehidupan baru di musim semi mendatang.

Kemudian sekitar pukul 18.00, beberapa orang terpilih akan menyalakan kembang api yang diarahkan ke area puncak gunung. Festival kembang api di Nara salah satu yang paling meriah yang ada di Jepang. Setelah menikmati gemerlap kembang api kurang lebih 15 menit, maka kita akan mulai melihat rerumputan di puncak gunung mulai terbakar. Nyala api ini akan terus merambat sampai ke bawah selama kurang lebih 30 menit. Gelapnya malam ditambah kontur gunung Wakakusa yang lebih tinggi daripada Kota Nara membuat para penduduk bisa menyaksikan gunung ini terbakar dari area sekitar Taman Nara bahkan dari Stasiun kereta Nara (hampir 2 kilometer).

Mari bergabung di festival Wakakusa Yamayaki, yang hanya ada satu-satunya di Jepang!

Cheap Hotels in Nara [More Hotels]

Guesthouse Naramachi
from ‎¥2298/night
Guesthouse Iki
from ‎¥6800/night
Mikasa Ryokan
from ‎¥11200/night
Comfort Hotel Nara
from ‎¥8500/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Gunung Wakakusa
Panorama dari atas Gunung Wakakusa
Kuil Horyuji
Halaman Kuil Horyuji
Kasuga Taisha
Bagian dalam Kasuga Taisha di Nara
Yoshino-Omine
Kuil Kimpusenji di jalur Yoshino-Omine


Recommended for you

Details

Date:
January 21, 2017
Time:
12:00 pm - 8:00 pm
Event Category:
Event Tags:
,

Venue

Gunung Wakakusa
Zoshicho
Nara, Nara Prefecture 630-8211 Japan
+ Google Map