Kuil Kofukuji

Home / Temple / Kuil Kofukuji
Item image

Kuil Kofukuji mulai dibangun pada tahun 669 oleh keluarga Fujiwara, keluarga penguasa Nara di Periode Heian. Di tahun 710, kuil ini kemudian dinamakan Kuil Kofukuji dari nama sebelumnya Kuil Yamashinadera. Bersama dengan Kuil Todaiji dan Kuil Horyuji, Kuil Kofukuji menjadi pusat perkembangan agama Buddha di Jepang, dan menjadi salah satu kuil yang mewakili Prefektur Nara. Karena arsitektur bangunan yang indah serta memiliki banyak artefak bersejarah, seluruh kompleks kuil ini diakui sebagai bagian dari situs warisan dunia. Kuil Kofukuji dikenal karena pagoda setinggi 50 meter yang menjadi pagoda tertinggi kedua di Jepang setelah Pagoda Kuil Toji di Kyoto. Pagoda Kuil Kofukuji menjadi ikon kuil sekaligus kota Nara. Aksesnya yang strategis, di pusat kota Nara, 5 menit jalan kaki dari Stasiun Kintetsu Nara, juga 15 menit dari Stasiun JR Nara membuat Kuil Kofukuji menjadi objek wisata yang terdahulu dikunjungi dalam wisata ke kota Nara. Koleksi benda budaya berharga dan dilindungi oleh Negara Jepang juga membuat Kuil Kofukuji memiliki nilai budaya dan sejarah tinggi dibandingkan dengan kuil-kuil lainnya. Mari simak laporan kunjungan Tim Info Jepang ke Kuil Kofukuji.

Kegiatan wisata di Kuil Kofukuji

1. Berfoto dengan latar belakang pagoda ikon kota Nara

Di kompleks Kuil Kofukuji, ada dua buah pagoda kayu yang masih kokoh berdiri. Kita bisa mengunjungi atau berfoto di pagoda lima lantai (goju-no-to) setinggi 50,1 meter yang menjadi pagoda kayu tertinggi kedua di Jepang setelah pagoda di Kuil Toji. Pagoda Kuil Kofukuji juga adalah ikon kota Nara. Pagoda di Kuil Kofukuji ini dibangun di tahun 725 untuk menghormati Buddha Yakushi, Shaka, Amida Triad, dan Miroku Triad. Sementara itu, ada juga pagoda tiga lantai (Sanju-no-to) yang dibangun tahun 1143. Untuk kedua pagoda ini kita bisa masuk ke lantai pertamanya, namun untuk alasan keamanan, kita tidak diijinkan untuk naik ke lantai atas.

Mengunjungi Kuil Kofukuji di Nara

Mengunjungi Kuil Kofukuji di Nara

2. Mengunjungi National Treasure Museum

Di dalam kompleks Kuil Kofukuji, kita bisa menemukan Nasional Treasure Museum atau Museum Kekayaan Nasional. Di dalam museum ini dipajang berbagai benda seni dan peninggalan kebudayaan Buddha di masa lampau. Ada banyak benda-benda seni yang ditampilkan di sini, dan yang paling terkenal adalah Patung Ashura, yakni patung Buddha yang memiliki 3 wajah dan 6 buah lengan dan patung Yakushi Nyorai yakni Buddha sang penyembuh. Selain itu, ada juga lukisan Ten Great Disciples yang menggambarkan murid-murid Buddha, dan Kongo Rikishi (prajurit Vajra). Selama di museum, ada banyak relawan dan guide yang siap menjelaskan benda-benda seni yang dipajang di dalam museum. Oiya, setiap hari sabtu sekitar jam 1 siang, juga ada kuliah umum mengenai penelitian atau benda-benda seni kebudayaan Buddha.

Pagoda Kuil Kofukuji Nara

Pagoda Kuil Kofukuji Nara

Bangunan National Treasure Museum di Kuil Kofukuji akan ditutup selama 1 tahun penuh dari tanggal 1 Januari 2017 sampai 31 Desember 2017. Renovasi bangunan ini meliputi peningkatan daya tahan bangunan terhadap gempa dan penambahan fasilitas penunjang. Area taman dan bangunan Eastern Golden Hall masih dibuka untuk publik. Beberapa koleksi terkenal museum seperti Patung Ashura dan lukisan Ten Great Disciples akan tetap dapat dilihat di Eastern Golden Hall pada tanggal 15 Maret-18 Juni 2017 dan 15 September-19 November 2017.

3. Mengunjungi Eastern Golden Hall

Tidak jauh dari museum nasional, kita bisa mengunjungi Eastern Golden Hall. Bangunan ini dibangun tahun 726 oleh Kaisar Shomu. Di sini, kita bisa melihat patung kayu Yakushi Nyorai (Buddha sang penyembuh), patung Nikko Bosatsu, Gakho Bosatsu, dan Monju Bosatsu, dan beragam patung lainnya.

Kuil Kofukuji di Nara waktu malam

Kuil Kofukuji di Nara waktu malam

Akses ke Kuil Kofukuji

1. Dari Nara

Dari Stasiun Nara, kita bisa berjalan kaki 20 menit (1,5 kilometer) untuk sampai ke Kuil Kofukuji.

2. Dari Kyoto

Dari Stasiun Kyoto, kita bisa naik kereta JR Nara Rapid Line (berangkat setiap 30 menit) sampai stasiun kereta Nara selama 44 menit dengan harga tiket 710 yen atau gratis jika menggunakan JR Rail Pass. Dari Stasiun Nara, kita tinggal berjalan kaki 20 menit (1,5 kilometer) untuk sampai ke Kuil Kofukuji.

Atau bisa naik kereta Kintetsu Kyoto Line (tersedia keberangkatan setiap 30 menit) dari Stasiun Kyoto dan turun di Stasiun Kintetsu Nara. Lama perjalanan 46 menit dengan harga tiket 620 yen. Dari Stasiun Kintetsu Nara, kita tinggal berjalan kaki 5 menit sampai ke kuil.

3. Dari Osaka

Dari Stasiun Osaka, kita bisa naik kereta JR Yamatoji Rapid Line (keberangkatan setiap jam) sampai stasiun kereta Nara selama 50 menit dengan harga tiket 800 yen atau gratis jika menggunakan JR Rail Pass. Dari Stasiun Nara, kita tinggal berjalan kaki 20 menit (1,5 kilometer) untuk sampai ke Kuil Kofukuji.

Atau bisa naik kereta Osaka Loop Line (tersedia keberangkatan setiap 8-10 menit) dari Stasiun Osaka dan turun di Stasiun Tsuruhashi (harga tiket 180 yen, dengan lama perjalanan 16 menit). Dari Stasiun Tsuruhashi kemudian naik kereta Kintetsu Nara Line (tersedia keberangkatan setiap 10 menit) dan turun di Stasiun Kintetsu Nara. Lama perjalanan 30 menit dengan harga tiket 490 yen. Dari Stasiun Kintetsu Nara, kita tinggal berjalan kaki 5 menit sampai ke kuil.

Khusus buat teman-teman yang ingin mengunjungi Nara, Kyoto, dan Osaka, kami sarankan untuk menggunakan Kintetsu Rail Pass. Kintetsu 1 Day Pass mencakup ongkos seluruh kereta Kintetsu di Osaka, Kyoto,  dan Nara, ditambah ongkos naik Nara Kotsu di Nara selama 1 hari kalender. Sementara Kintetsu 2 Day Pass mencakup ongkos seluruh kereta Kintetsu di Osaka, Kyoto, Nara dan Gunung Yoshino, ditambah ongkos naik bus Nara Kotsu di Nara selama 2 hari kalender. Sebagai catatan, objek wisata Taman Nara, Kuil Todaiji, Kasuga-Taisha, <Kofukuji, Yakushiji, Toshodaiji lebih dekat dicapai dari Stasiun Kintetsu Nara.

Peta Nara

Peta Tempat Wisata di Nara

Cheap Hotels in Nara[More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Daibutsukan
0 km away
from ‎¥6887/night
Guesthouse Iki
1 km away
from ‎¥6800/night
Guesthouse Nara Backpacke
0 km away
from ‎¥3000/night
Fine Garden Nara Kashiba
19 km away
from ‎¥4184/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Yoshino-Omine
46 km away
Kuil Kimpusenji di jalur Yoshino-Omine
Kuil Kofukuji
0 km away
Pagoda Kuil Kofukuji Nara
Gunung Yoshino
36 km away
Sakura dari Gunung Yoshino Nara
Museum Nasional Nara
0 km away
Museum Nasional Nara

Sumber gambar: Flickr m-louis .®Amy Ross, kaz k


Recommended for you


Tiket masuk National Treasure Museum: 600 yen Tiket masuk Eastern Golden Hall: 300 yen Atau jika membeli tiket keduanya secara langsung seharga 800 yen
Last modified: June 8, 2019 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!