Toji Temple

Home / Attraction / Toji Temple
Item image

Gambar pagoda Kuil Toji dengan atap lima tingkat tentu sering teman-teman lihat di website-website tentang Jepang. Benar, kuil ini dengan pagodanya memang telah menjadi ikon Kota Kyoto baik di situs internet, kartu pos, atau lukisan-lukisan. Pagoda Kuil Toji adalah pagoda tertinggi di Jepang dengan tinggi total 57 meter atau hampir setara dengan bangunan 15 lantai. Karena tingginya ini, kita bisa melihat puncak atap pagoda ini bahkan dari jarak yang jauh, termasuk dari Stasiun Kyoto atau Taman Umekoji. Saat teman-teman naik kereta Shinkansen dari Tokyo atau kereta menuju Osaka atau Fukuoka, pemandangan pagoda kuil Toji akan tersaji di sisi kiri kereta. Inilah cikal bakal mengapa pagoda Kuil Toji menjadi ikon kota Kyoto yang dikenal luas.

Kuil Toji adalah salah satu Kuil Buddha tertua di Kyoto. Kuil ini sudah ada dari tahun 826, di masa awal kekaisaran Heian di Kyoto. Saat itu, Kyoto masih menjadi ibukota Jepang. Kuil ini dibangun untuk mengenang Kobo Daishi yang pertama kali mendirikan sekolah agama Buddha di Kyoto.

Kegiatan menarik di Kuil Toji

1. Mengelilingi bangunan kuil dan area taman yang indah

Komplek kuil ini terdiri dari beberapa bangunan. Selain bangunan pagoda yang menjadi ikon kuil, kita juga bisa patung Buddha dari kayu dengan dua orang pengiringnya di Kondo Hall. Kodo Hall ini adalah bangunan paling besar dan menjadi tempat perayaan atau upacara keagamaan di sini. Di sebelah Kondo Hall, kita bisa menemukan bangunan bergaya tibet dengan beberapa patung buddha di dalamnya. Bangunan bercat merah ini adalah Kodo Hall. Ada juga bangunan gudang Azekura tempat kita bisa melihat lukisan-lukisan Buddha yang berusia ratusan tahun. Semua bangunan di komplek Kuil Toji masuk sebagai National Treasures atau situs warisan Jepang.

Megahnya bangunan Kuil Toji di Kyoto

Megahnya bangunan Kuil Toji di Kyoto

Kuil Toji juga memiliki taman yang indah, dengan pohon sakura dan maple yang memberikan pemandangan indah di musim semi dan gugur. Namun yang terkenal adalah pemandangan musim gugurnya. Dengan ratusan pohon maple, dedaunan yang berubah warna menjadi kuning kemerahan di puncak musim gugur (pertengahan-akhir November) menjadi pemandangan indah. Kita bisa menikmati momiji malam hari dengan lampu dan iluminasi yang indah di sini.

Pagoda Kuil Toji diantara pepohonan

Pagoda Kuil Toji diantara pepohonan

2. Berburu barang-barang bekas di Toji Flea Market Kobo-ichi

Setiap tanggal 21 setiap bulannya, di area pintu masuk dan jalanan di sekitar Kuil Toji diadakan pasar loak dadakan. Dikenal dengan Kobo-ichi Flea Market, pasar ini identik dengan Kobo Daishi yang adalah  pendiri sekolah Buddha di kuil ini. Kalau Kuil Kiyomizudera atau Kinkakuji terkenal dengan pemandangan musim gugurnya yang spektakuler, atau Philosopher Path dengan pengalaman hanami sakura yang indah, Kuil Toji terkenal karena pasar loaknya. Ada ribuan orang yang berpartisipasi, entah menjadi penjual atau sekadar memburu barang-barang. Komoditas utama yang dijual di Toji Flea Market ini adalah barang-barang antik, seperti kendi, gerabah, teko, jam, lampu, mainan dari kayu, dan pajangan dinding. Dan karena ini adalah pasar barang-barang bekas, tentu kita bisa memperoleh harga “miring” atau murah. Tim Info Jepang membeli beberapa pajangan antik untuk dijadikan oleh-oleh bagi kerabat di Indonesia.

Ingat, pasar barang bekas ini hanya ada setiap tanggal 21, dan biasanya berlangsung dari jam 5 pagi sampai jam 4 sore. Jadi pastikan bangun pagi dan berada di Kyoto di sekitaran tanggal 21 setiap bulannya untuk dapat merasakan sensasi pasar paling terkenal di Jepang ini.

Mengunjungi Kuil Toji Kyoto di malam hari

Mengunjungi Kuil Toji Kyoto di malam hari

Akses ke Kuil Toji Kyoto

Dari Stasiun Kyoto, kita bisa berjalan kaki sekitar 15 menit (sekitar 1 kilometer) atau naik bus nomor 202, 207, dan 208 dan turun di halte bus Toji.

Tempat wisata di sekitar Stasiun Kyoto

Tempat wisata di sekitar Stasiun Kyoto

Cheap Hotels in Kyoto [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Sakura Terrace The Galler
1 km away
from ¥10589/night
Hotel Kanra Kyoto
2 km away
from ¥27185/night
Hotel Excellence Kyoto Ek
1 km away
from ¥5000/night
Hotel Keihan Kyoto
1 km away
from ¥7000/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Fushimi Inari Taisha
3 km away
Seribu Torii di Fushimi Inari Taisha
Museum Kereta Kyoto
1 km away
Pengunjung melihat koleksi Museum Kereta Kyoto
Kuil Eikando
6 km away
Suasana iluminasi malam di Kuil Eikando
Kuil Shimogamo
7 km away
Sakuramon di Kuil Shimogamo

Sumber gambar: Flickr Hideyuki KAMONLaurent GranierRyosuke Yagi


Recommended for you


Last modified: February 25, 2018 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!