Fushimi Inari Taisha

Home / Temple / Fushimi Inari Taisha
Item image

Kamu pasti sudah pernah melihat foto Fushimi Inari Taisha atau juga dikenal dengan Fushimi Inari Shrine! Kuil ini begitu terkenal dengan sederetan Torii (gerbang kuil) warna merah di pinggir jalan masuk. Torii ini adalah sumbangan dari banyak perusahaan di Jepang kepada kuil Inari, yang diyakini tempat bersemayamnya dewa padi dan hasil cocok tanam. Kita juga dapat menemukan banyak patung rubah yang diyakini membawa pesan dari dewa padi. Tentu akan banyak foto-foto menarik yang bisa dipotret di Kuil Kyoto dengan sejarah 1400 tahun, Fushimi Inari Taisha ini.

Kita punya beberapa cara untuk pergi ke Kuil Fushimi Inari Taisha dari Kuil Kiyomizudera. Pertama, bisa naik bus nomor 206 menuju Shichijo Station lalu naik Kereta Keihan sampai stasiun terdekat yakni Inari Station, dan berjalan kaki menuju Kuil Fushimi Inari Taisha. Atau yang kedua, jalan kaki dari Kuil Kiyomizudera menuju Kiyomizu Gojo Station lalu naik Kereta Keihan menuju Inari Station.

Dari Kyoto Station bisa naik JR Nara Line dan turun di Inari Station. Dari Inari Station tinggal berjalan kaki sekitar 2 menit.

3 Kegiatan yang bisa dilakukan di Kuil Fushimi Inari Taisha

1. Mengunjungi Kuil Fushimi Inari Taisha

Patung rubah di Fushimi Inari Taisha

Kita bisa pergi ke kuil dan melihat arsitektur bangunan kuil yang dibangun pada tahun 794. Kuil yang dibangun untuk dewa padi ini selalu ramai dikunjungi orang-orang dan pedagang yang memohon berkah dalam usahanya.

2. Mendaki bukit di belakang kuil

Banyak wisatawan yang memilih untuk mendaki bukit di belakang kuil. Kita dapat menemukan jalan hiking sepanjang 4 kilometer setelah melewati torii yang besar. Perjalanan mendaki bukit memerlukan waktu 2 hingga 3 jam hingga ke puncak. Namun, tidak usah kuatir kita boleh berbalik arah dan turun. Sambil mengambil beberapa foto kenangan, kita dapat beristirahat di rumah-rumah makan kecil yang menyediakan hidangan khas yakni Inari Sushi (sushi yang dimasukkan ke dalam gorengan tahu manis) atau kitsune udon (udon bewarna kecoklatan mirip warna rubah). Kalau berjuang naik hingga ke puncak bukit, kita bisa melihat panorama kota Kyoto

Pemandangan dari puncak bukit Fushimi Inari Taisha

3. Datang waktu senja dan lihat keindahan Torii

Batang-batang kayu ini disebut torii dan menjadi gerbang masuk kuil-kuil di Jepang. Di Fushimi Inari Taisha ini, torii ini berjejer rapat hingga disebut senbon torii atau seibu torii. Torii bewarna merah makin indah ketika senja hari. Sinar mentari akan menyinari torii membuatnya makin tampak menyala merah. Kita bisa ambil banyak foto di sini dan mengabadikan kenangan saat liburan di Kyoto.

Seribu Torii di Fushimi Inari Taisha

Akses menuju Kuil Fushimi Inari Taisha

Kuil Fushimi Inari Taisha dapat dicapai dengan naik kereta lokal JR Nara Line dari Stasiun Kyoto dan turun di Stasiun JR Inari (lama perjalanan 5 menit, dengan tiket seharga 140 yen). Dari Stasiun JR Inari, kita tinggal berjalan kaki sekitar 5 menit untuk sampai area kuil.

Cheap Hotels in Kyoto [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Hyatt Regency Kyoto
2 km away
from ¥31812/night
Kyoto Guesthouse
7 km away
from ¥8000/night
Kyoto Plaza Hotel
2 km away
from ¥8800/night
Kyoto Century Hotel
2 km away
from ¥10487/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Kuil Yoshida
7 km away
Gerbang besar Kuil Yoshida di Kyoto
Imperial Palace Kyoto
7 km away
Suasana Imperial Palace Kyoto
Kuil Kokedera
9 km away
Panorama musim gugur di Kuil Kokedera
Kuil Honganji
3 km away
Paviliun Hiunkaku di Kuil Nishi Honganji

Sumber gambar : Flickr clio1789LeifletTommyYeungM Cheung


Recommended for you


Last modified: October 14, 2017 by

Close Comments

Comments (66)

  1. Pak Nugroho, kalau sudah punya tiket JR PASS untuk ke FUSHIMA INARI naik JR Nara Line, perlu bayar lagi tidak atau sudah gratis?

    Thanks, salam

    • Nugroho Christian  |  

      Bisa saja, bapak bisa naik kereta shinkansen dari Tokyo sampai Stasiun Kyoto, lalu berpindah ke JR Nara Line sampai Stasiun Inari (hanya 1 stasiun dari Stasiun Kyoto), nanti tinggal jalan kaki ke Kuil Fushimi Inari. Salam.

  2. Dear Pak Nugroho,

    Saya berencana ke Kyoto dari Tokyo, mengunjungi kinkakuji, arashiyama bamboo grooves, Fushimi Inari dan Kyoto Tower. Apakah dimungkinkan mengunjungi 4 tempat tersebut dalam 1 hari plus perjalanan dari Tokyo (dengan Shinkansen). Apakah urutannya sudah benar? lalu transportasi apa yang saya bisa ambil yang efisien dengan waktu selain kereta untuk antar lokasi, mengingat saya tidak menginap di kyoto, melainkan di Osaka. Terima kasih.

    Salam,

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Bisa saja, namun mungkin akan terburu-buru. Supaya bisa cepat dan praktis harus dikombinasikan antara shinkansen, kereta, dan bus kota Kyoto.
      Salam

  3. Pak Nug, saya rencana menginap 2 malam di Kyoto, untuk rutenya apakah sudah benar spt ini dan apakah ada tempat yg menarik yg lain (maaf saya blm pernah ke Jepang)
    Day 1, Kuil Kifune Jinja – Kuil Byoudouin – Kuil Sanjasangendo – Arashimaya
    Day 2, Fushimi Inari – Kuil Kiyomizudera – Nishiki Market – Gion

    terima kasih

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!