Info Lengkap Jalur Bus Kyoto

You are here Home  > Tips Wisata, Transportasi Jepang >  Info Lengkap Jalur Bus Kyoto

Bisa dibilang liburan mengelilingi kota Kyoto adalah impian semua orang. Kyoto memang menjadi destinasi wisata favorit nomor satu dunia selama dua tahun berturut-turut. Banyak juga orang Indonesia yang memasukkan Kyoto sebagai kota yang wajib dikunjungi dalam liburan di Jepang, selain kota Osaka dan Kyoto. Namun, kebanyakan tempat wisata di kota Kyoto menyebar di seluruh kota, sehingga agak sulit bila harus naik kereta. Tapi tenang dulu, ada bus Kyoto yang siap mengantarkan ke tempat wisata tujuan

Naik bus kota? Ah susah dan ribet. Ya memang bagi kita yang tidak bisa berbahasa Jepang, bakal sangat kesulitan ketika harus melihat tulisan kanji Jepang atau bertanya untuk turun di halte yang mana. Segan juga ketika harus bertanya sana-sini. Pertanyaan ini juga yang banyak diterima Tim Info Jepang ketika membantu lewat Tour Guide Online. Pertanyaan seperti dari sini ke sana naik bus nomor berapa, naik di halte apa, jamnya berapa, adalah pertanyaan yang paling sering diterima. Berdasarkan pengalaman membantu orang-orang Indonesia inilah, Tim Info Jepang berhasil merangkum Info Lengkap Jalur bus Kyoto, lengkap dengan trayek dan objek wisata yang dilewati.

suasana di dalam bus kota kyoto

Suasana di dalam bus kota Kyoto

Trayek telah disusun rapi dan disertai link langsung ke artikel mengenai objek wisata di kota Kyoto. Jika ada masukan, atau pertanyaan bisa disampaikan di kotak komentar. Tim Info Jepang akan segera menjawab.

Bus Kyoto menawarkan tiket terusan bus Kyoto seharian penuh, di mana kita bebas naik turun bus berkali-kali dalam satu hari. Informasi lebih lengkap mengenai cara membeli tiket terusan bus dan lokasi pembelian bisa dibaca di artikel berikut: Membeli tiket terusan bus kota Kyoto. Teman-teman cukup memvalidasi tiket terusan di mesin dekat kursi supir, dan tanggal akan tercetak pada hari pertama kali tiket ini digunakan serta masa berlakunya.

JALUR TIMUR KYOTO

BUS KYOTO #100

Dari Kyoto Station terus ke arah timur menyusuri jalan Higashiyama lalu berputar arah di Ginkakuji. Trayek dan objek wisata yang dilewati adalah:
Kyoto StationKuil Sanjusangendo (halte Nanajo Keihanmae) – Museum Nasional Kyoto (halte higashiyama nanajo) – Kuil Kiyomizudera, Sannenzaka-Ninenzaka (halte Gojozaka) – Kuil Kodaiji, Kuil Chionin, Kuil Yasaka, Gion, Taman Maruyama (halte Gion) – Kuil Heian Jingu, Kuil Nanzenji, Kuil Eikando (halte Kyoto Kaikan Hakubutsukan-mae, jalan kaki ke arah timur) – Kuil Ginkakuji (halte Ginkakuji-mae) – Kuil Shinmyodo, Kuil Kurodani (halte Shinmyodo-mae) – balik arah rute sama dari Kuil Heian Jingu, Kuil Nanzenji, Kuil Eikando sampai ke Kyoto Station.

BUS KYOTO #205

Rute yang dilalui oleh Bus nomor #205 berangkat dari Stasiun Kyoto, melalui Enmachi, lalu ke Kitano Hakubaicho, Kuil Kinkakuji, lalu menuju Kita-Oji. Setelah itu, belok ke arah selatan menuju ke Stasiun Kyoto dan berakhir di halte Kujo Shako-mae di sekitar Kuil Toji.

BUS KYOTO #206

Dari Kyoto Station terus ke arah timur menyusuri jalan Higashiyama terus sampai ke utara Kyoto dan berbalik arah berlawanan jarum jam kembali ke Kyoto Station. Trayek dan objek wisata yang dilewati adalah:
Kyoto StationKuil Sanjusangendo (halte Nanajo Keihanmae) – Museum Nasional Kyoto (halte Higashiyama Nanajo) – Kuil Kiyomizudera, Sannenzaka, Ninenzaka (halte Gojozaka) – Kuil Kodaiji, Kuil Chionin, Kuil Yasaka, Gion, Taman Maruyama (halte Gion) – stasiun kereta Demachiyanagi, Kuil Shimogamo (halte Hyakumanben, jalan kaki ke arah barat) – Kitaoji Bus Terminal (untuk transfer ke bus daerah utara) – Kuil Kitano Tenmangu (halte Senbon Imadegawa, jalan kaki ke arah barat) – Istana Nijo (halte Nijoeki-mae) – Kuil Nishi Honganji (halte Nanajo Omiya) – Kyoto Station

JALUR BARAT KYOTO

BUS KYOTO #205

Jalur tercepat menuju ke Kuil Kinkakuji atau Kuil Shimogamo dari Kyoto Station melalui jalur tengah kota. Trayek dan objek wisata yang dilewati adalah:
Kyoto Station Taman Shoseien (halte Kawaramachi Shomen) – Pasar Nishiki (halte Shijo Kawaramachi) – Kyoto Imperial Palace (halte Kawaramachi Marutamachi) – Kuil Shimogamo Jinja (halte Shimogamo-mae) – Kuil Sanjusangendo (halte Nanajo Keihanmae) – Kitaoji Bus Terminal (untuk transfer ke bus daerah utara) – Kuil Daitokuji (halte Daitokuji-mae) – Kuil Kinkakuji (halte Kinkakuji-michi) – Kuil Kitano Tenmangu (halte Kitano Hakubai-cho) – Museum Kereta Kyoto, Taman Umekoji, Kuil Toji (halte Umekoji Koen-mae) – Kuil Nishi Honganji (halte Nanajo Omiya) – Kyoto Station

BUS KYOTO #101

Jalur bus nomor 101 mirip seperti bus nomor 100 namun menyusuri tempat-tempat wisata di bagian barat kota Kyoto. Trayek dan objek wisata yang dilewati adalah:
Kyoto StationKuil Higashi Hongaji (halte Karasuma Nanajo) – Istana Nijo (halte Nijojo-mae) – Kuil Kitano Tenmangu (halte Kitano Tenmangu-mae) – Kuil Kinkakuji (halte Kinkakuji-michi) – Kuil Daitokuji (halte Daitokuji-mae) – Kitaoji Bus Terminal (untuk transfer ke bus daerah utara)

Untuk ke Kuil Kinkakuji bisa transfer di halte Kinkakuji-michi ke bus nomor 12 atau 59, berhenti di halte Kinkakuji-mae. Untuk ke Kuil Kinkakuji sekaligus ke Kuil Ryoanji bisa naik bus 59. Haltenya adalah Kinkakuji-mae dan Ryoanji-mae.

PENGHUBUNG KYOTO TIMUR-KYOTO BARAT

BUS KYOTO #102

Menghubungkan Kyoto sebelah timur dan sebelah barat lewat jalur utara. Trayek dan objek wisata yang dilewati adalah:
Kuil Ginkakuji (halte Ginkakuji-michi) – Stasiun Demachiyanagi (halte Hyakumanben) – Kuil Shimogamo (halte Kawaramachi Imadegawa) – Kuil Kitano Tenmangu (halte Kitano Tenmangu-mae) – Kuil Kinkakuji (halte Kinakuji-michi) – Kuil Daitokuji (halte Daitokuji-michi) – Kuil Imamiya (halte Imamiya-mae) – kembali ke Kuil Ginkakuji lewat jalan yang sama.

Bus Kyoto #12

Menghubungkan Kyoto sebelah timur dan sebelah barat lewat jalur tengah. Trayek dan objek wisata yang dilewati adalah:
Kuil Kodaiji, Kuil Chionin, Kuil Yasaka, Gion, Taman Maruyama (halte Gion)Pasar Nishiki (halte Shijo Kawaramachi) – Istana Nijo (halte Nijojo-mae) – Kuil Daitokuji (halte Daitokuji-mae) – Kuil Kinkakuji (halte Kinkakuji-mae) – kembali ke Gion lewat jalan yang sama.

KYOTO UTARA LEWAT JALUR TIMUR

BUS KYOTO #5

Jalur tercepat ke Kuil Nanzenji, Kuil Eikando, Kuil Ginkakuji dan ke objek wisata lain di utara Kyoto. Trayek dan objek wisata yang dilewati adalah:

Kyoto StationPasar Nishiki (halte Shijo Kawaramachi) – Kuil Heian Jingu (halte Kyoto Kaikan Bijutsukan-mae) – Kuil Nanzenji, Kuil Eikando (halte Nanzenji, Eikando michi) – Kuil Ginkakuji (halte Ginkakuji-michi) – Kuil Shisendo (halte Shisendo Sagarimatsu-cho) – Shugakuin Imperial Villa (halte Shugakuin rikyu-michi) – terus ke utara dan kemudian berbalik ke Kyoto Station lewat jalan yang sama.

BUS KYOTO #37

Rutenya bus nomor #37 ini berangkat dari Kuil Kamigamo di utara Kyoto menuju ke Sanjo-Keihan Mae sampai Shijo Kawaramachi (di kawasan Gion Kyoto) di pusat perbelanjaan utama Kyoto.

KYOTO UTARA LEWAT JALUR BARAT

BUS KYOTO #28

Jalur alternatif ke Arashiyama naik bus dari Kyoto Station (untuk menghemat ongkos, tidak perlu membeli tiket kereta, namun bisa naik bus). Ingat ini hanya alternatif, karena bus ke Arashiyama selalu penuh sesak. Trayek dan objek wisata yang dilewati adalah:

Kyoto StationKuil Nishi Honganji (halte Nanajo Omiya) – Kuil Kokedera (halte Matsuo Taisha-mae) – Kuil Horinji, Jembatan Togetsubashi (halte Arashiyama Koen), Kuil Tenryuuji (halte Arashiyama Tenryuuji-mae) – Kuil Daikakuji (halte Daikakuji) – kembali ke Kyoto Station lewat jalan yang sama.

KYOTO UTARA

BUS KYOTO #1

Rutenya bus nomor #1 ini berangkat dari Kuil Kamigamo menuju Demachiyanagi lalu kembali. Bus ini bisa teman-teman naiki untuk mengunjungi Resort Ski Hirogawara Kyoto.

BUS KYOTO #9

Rutenya bus nomor #9 ini berangkat dari Stasiun Kyoto menuju Kuil Kamigamo lalu kembali.

BUS KYOTO #17

Rutenya bus nomor #9 ini berangkat dari Stasiun Kyoto ke Ohara melalui Demachiyanagi lalu kembali. Bus ini bisa teman-teman naiki untuk mengunjungi Resort Ski Hirogawara Kyoto.

Tips Naik Bus di Kyoto

  1. Bus akan berhenti hanya di halte. Jangan menunggu bus di tepi jalan (seperti di Indonesia) karena bus tidak akan mau berhenti.
  2. Saat akan mau turun, teman-teman bisa menekan tombol yang disediakan. Kalau lampu sudah menyala dan ada bunyi “tingtong” berarti sudah ada penumpang lain yang menekan tombol untuk turun di tempat yang sama dengan teman-teman.
  3. Tidak perlu terburu-buru untuk naik dan turun. Supir dan kondektur sangat sabar dan memastikan semua orang telah naik dan duduk atau sudah keluar sebelum menjalankan bus. Kalau terhalang saat akan keluar bus, teman-teman bisa bilang “orimasu” agak keras supaya supir jangan memberangkatkan bus terlebih dahulu. Selain itu, teman-teman bisa bilang “sumimasen” yang kurang lebih berarti permisi untuk lewat kepada penumpang lain.
  4. Ubah mode handphone ke silent mode supaya tidak mengganggu kenyamanan penduduk lokal dan turis lain. Dalam kebiasaan atau budaya Jepang, berbicara di area publik seperti mengobrol atau menjawab telepon dianggap tidak etis atau santun.

Cheap Hotels in Kyoto [More Hotels]

New Miyako Hotel
from ¥17000/night
Kyoto Century Hotel
from ¥10487/night
Hotel New Hankyu
from ¥13643/night
Hotel Ibis Styles Kyoto
from ¥7800/night

(sponsored by Booking.com)

Sumber gambar: Flickr hans-johnson


Recommended for you

Last modified: July 12, 2017

Comments (114)

  1. itinerary saya 1 day tour di kyoto (nginap di osaka berangkat pagi ke kyoto pp):
    1. Fushimi Inari.
    Kyoto station naik bus Minami-5 ke Fushimi Inari Jinja (Fushimi Inari)
    2. Arashimaya
    Dari Kyoto Station naik JR Sanin Line ke Arashimaya (St. Saga Arashimaya)
    3. Kyoto Imperial Palace.
    Kyoto Imperial Palace is a short subway ride from Kyoto Station along the Karasuma Subway Line. Get off at Marutamachi (7 minutes, 260 yen) or Imadegawa Station (10 minutes, 260 yen). Note that Imadegawa Station is closer to the entrance gate of the Imperial Palace than Marutamachi Station
    4. Gion & Nishiki Market
    Naik bis #205 dari halte Karawamachi Marutamachi – halte Shijo Karawamachi (Nishiki Market)
    Yang mau saya tanyakan, kalau saya beli icoca card, apakah masih perlu membeli kyoto 1 day bus card?
    Terima kasih sebelumnya

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Jakay sudah punya Icoca Card, rasanya tetap akan menguntungkan dengan kyoto 1 day bus card, karena bisa digunakan untuk PP Kyoto-Fushimi Inari, dan Gion dan Pasar Nishiki. ICOCA bisa digunakan untuk membayar tiket kereta ke Arashiyama saja. Salam.

  2. Selamat malam pak…. Mau tanya apakah akses ke kuil fushimi inari dan kinkakuji melewati jalanan jauh dan menanjak untuk jalan kakinya

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Perjalanan nya tidak terlalu menanjak, namun lumayan cukup jauh. Salam

  3. Selamat malam pak…. Mau tanya apakah akses ke kuil fushimi inari dan kinkakuji melrwati jalanan jauh dan menanjak untuk jalan kakinuua

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Perjalanan nya tidak terlalu menanjak, namun lumayan cukup jauh. Salam

  4. Selamat malam pak maaf mau bertanya naik kendaraan apa saja bila saya ingin ke fushimi inari dari kyoto station lalu ke kinkakuji dan nishiki market

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Untuk perjalanan ke Fushimi Inari bisa pp naik kereta JR Nara Line dari Kyoto Station. Dari Kyoto Station ibu bisa naik bus nomor 205 sampai halte Kinkakuji-michi, dan kemudian jalan sampai ke Kuil Kinkakuji. Pulangnya, Ibu bisa jalan kaki sampai ke halte Kinkakuji-michi, kemudian bisa naik bus nomor 12 sampai ke Nishiki Market. Kemudian bisa naik bus nomor 5 sampai ke Kyoto Station. Salam

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Bisa Abigail. ICOCA bisa dipakai untuk naik kereta lokal apapun. Salam.

  5. Mohon petunjuknya pak
    Jika dr st kyoto-inari-istana nijo-kiyomizudera-nishi market-trus balik ke kyoto st apa ada bis yang searah ya?atau jika ganti bis bagaimana urutannya yg benar?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Tidak ada Ganis, silahkan baca panduan di atas, rasanya sudah cukup lengkap. Khusus untuk Kyoto ke Fushimi Inari, lebih baik kamu naik kereta JR Nara Line yang lebih cepat dan hanya beda 1 stasiun.

  6. zephiranty roselina  |  

    malam pak, saya dan teman2 ber 40 orang mau ke tokyo, kyoto dan osaka….apakah bisa naik bus wisata di kyoto seperti diatas? bus nya cukup ga ya?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Kalau naik bus wisata di Kyoto, pasti harus dipisah-pisah ibu. Bus wisata di Kyoto biasanya selalu penuh karena banyaknya wisatawan di Kyoto. Salam

  7. sore pak apakah saya bisa minta bantuan bapak nugroho mengenai rute bus 1 hari saya di kyoto?
    kyoto station-kuil heian jingu-kinkakuji-pasar nishiki-fushimi inari? mohon bantuannya pak terima kasih.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Dari Kyoto Station bisa naik bus nomor 100 ke Kuil Heian Jingu, kemudian jalan kaki ke halte Okazaki-michi lalu naik bus 204 sampai ke halte Kinkakuji Michi (kuil Kinkakuji). Kemudian bisa naik bus nomor 12 sampai ke Nishiki Market. Kemudian bisa naik bus nomor 5 sampai ke Kyoto Station. Untuk perjalanan ke Fushimi Inari bisa pp naik kereta JR Nara Line dari Kyoto Station. Salam

  8. Rencananya saya akan melakukan 1 day trip di Kyoto (8AM – 8PM) sebelum akhirnya pada jam 8 malam naik shinkansen ke Tokyo. Berikut adalah itinerary saya :
    Kyoto Station – Arashiyama – Kinkakuji – Fushimi Inari – Nishiki Market – Gion – Kyoto Station. Pertanyaan saya adalah :
    1. Apa itinerary tsb sudah efektif/tepat? Kalau belum, saya mohon masukannya.
    2. Mohon arahannya juga terkait transportasi yg harus saya pilih untuk ke tempat-tempat sesuai itinerary saya
    3. Saya punya JR Pass, apa bisa digunakan untuk kereta mau pun bus JR Line?
    4. Apa Suica bisa digunakan untuk kereta atau bus dengan Line selain JR Line?
    5. Kalau begitu, apa saya harus membeli 1-Day Pass Kyoto Bus?

    Terima kasih banyak, Pak.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Urutan itinerary nya sudah tepat Ibu. Dari Kyoto Station ibu bisa naik JR Sanin Line sampai ke Arashiyama. Kemudian bisa naik bus nomor 11 sampai halte Yamagoe Nakacho, pindah lagi bus nomor 59 sampai halte Kinkakuji-mae untuk ke Kuil Kinkakuji. Dari Kuil Kinkakuji bisa naik bus 101/205 sampai ke Kyoto Station.
      Kemudian naik JR Nara Line sampai Inari Station, lalu jalan kaki menuju ke Kuil Fushimi Inari. Kembali lagi ke Kyoto Station dengan kereta yang sama. Lalu naik bus 100/206 sampai ke Gion dan Nishiki Market. Salam

  9. Pak Nugroho…
    Saya tiba di Kyoto pukul 13.00, taruh koper dulu di penginapan (sekitar kyoto station). Mungkin sekitar pukul 14.00 baru bisa mulai jalan.
    Hari 1 : Kyoto Station – arashiyama – Nishiki Market – Gion – Kyoto Station
    Boleh minta rute bus, nama halte, dan no busnya Pak?
    Apakah waktunya akan cukup?
    Terima kasih.

    • Debbie  |  

      Hari 1 : Omiya (penginapan) – Arashiyama – Nishiki Market – Kinkakuji + Philosopher Path – Gion – Omiya
      Apakah rutenya pas?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Lebih baik ke Nishiki Marketnya sebelum ke Gion karena berdekatan, bisa jalan kaki. Salam.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Rasanya cukup padat, saya sarankan untuk menghilangkan Arashiyama, atau kalaupun tetap mau, kemungkinan akan sampai di Gion malam hari. Kyoto ke Arashiyama, bisa naik JR Sanin Line, balik dengan JR Sanin Line, lalu naik bus nomor 205 ke Nishiki Market, lalu jalan kaki Ke Gion. Dari Gion, kembali ke Stasiun Kyoto dengan bus nomor 100. Salam.

  10. Hi Pak,
    Mohon infonya, apa betul lebih murah beli Tiket bus, JR pass Shinkansen dan disney sea di travel Indo dari pada beli di Jepang langsung. Thx.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Untuk beberapa tiket mungkin lebih murah kalau membeli di Jepang langsung, sebab kalau membeli di Indonesia pasti ada biaya tambahan agen dan sebagainya. Salam

  11. Pak, Mohon infonya untuk transportasi dari tokyo ke osaka berapa harganya kalo naik shinkansen dan bisa di beli dimana karena ini pertama kali kami mengunjungi Tokyo. Thx

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Shinkansen dari Tokyo ke Shin Osaka berangkat 5-10 menit sekali, ongkosnya 13.520 yen. Reservasi dan pembelian tiket shinkansen bisa dilakukan di stasiun JR manapun di Jepang. Salam

  12. Pak Nugroho..
    Kalau saya dari nishikimarket mau ke arashiyama nae bus no berapa yah jadinya..sy bgung baca nya..saya rencana jam 2 siang br jalan ke arashiyama. Apakah ada link rute2 bus di kyoto seperti map gitu yah Pak beserta bus stop nya. Terima kasih ya Pak

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Dari Nishiki Market, ibu bisa jalan kaki ke halte bus Shijo Takakura. Kemudian naik bus nomor 11 sampai Arashiyama. Salam

  13. Hallo Pak Nugroho,
    Mgkn saya kurang teliti bacanya, saya gak nemu Fushimi Inari di rute bus nya.
    Ke Fushimi Inari turun di halte apa dan bus no berapa ya?

    Thank you sebelumnya Pak..

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Mau ke Fushimi Inari dari mana ya? Mohon baca juga sampai ke komentar-komentar ya. Salam

  14. Selamat siang Pak Nugroho,

    Saya senang sekali dapat info di website ini.
    Tolong dibantu, saya dan teman akan tiba dikansai tanggal 24 Mei pagi. Rencananya kami akan langsung menuju ke Kyoto dan menginap disana sampai dengan tanggal 26 Mei lalu lanjut ke Osaka sampai dengan tanggal 28 Mei. Kami hanya akan berkeliling di Kyoto dan Osaka saja, dan mungkin mampir ke Nara. Kalau dari info yang saya pernah baca, didaerah Kyoto sebaiknya menggunakan bus dan membeli Travel Pass karena akan lebih hemat. Kira-kira Travel Pass (KTP) apa yang sebaiknya saya gunakan dari sekian banyaknya Travel Pass yang ada? kemungkinan saya akan menggunakan KTP, apakah KTP bisa diperpanjang? karena saya disana sekitar 5 hari sedangkan setahu saya masa aktif KTP maksimal 3 hari. Selain menggunakan KTP saya juga mau menggunakan Suica untuk membantu kami saat bingung pada saat menggunakan transportasi bus, menurut Pak Nugroho, apakah ini pemborosan? dan dari Kyoto ke Osaka kami akan mampir ke Nara, transportasi apa yang sebaiknya kami gunakan? terimakasih.

    • Kalau menggunakan Kansai Thru Pass bagaimana pak? kelebihan dan kekurangan antara menggunakan One Day Bus Pass dan Kansai Thru Pas apa yah pak?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Kansai Thru Pass sendiri sudah mengcover rute-rute kereta utama di Kyoto, Osaka, dan Nara, termasuk one day bus pass di Kyoto.
      Ibu bisa hitung sendiri mana yang lebih untung, apakah kansai Thru Pass bisa balik modal atau tidak. Salam

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Pak. Apakah yang dimaksud Kyoto University atau yang lainnya? Salam

  15. Sore bapak… Maaf mau tanya… Saya punya kintetsu pass… Klo saya naik dri st nagoya mau ke st namba saya naik kereta apa yg tercover sma kintetsu pass… Dan paling pagi jm brpa ya pak… Mohon dibantu

  16. hi..
    setelah baca beberapa komentar saya masih kurang jelas, mohon beri petunjuk.
    1.jika saya di kyoto 2 hari, saya lebih untung beli onedaypass 2x atau ada twodayspass?
    2.saya binggung dgn susunan rute yg hemat waktu mohon koreksi sesuai pengalaman baik bapak.
    hari-1 : kinkakuji – arashiyama – gion ATAU kinkakuji – kiyomizudera – gion (hari-1 start jam 11.00)
    dan
    hari-2 : fushimi – kiyomizudera – nishiki market+gion ATAU fushimi – arashiyama – nishiki
    mohon bantu koreksi..

    thanks ya pak

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Tidak ada two day bus pass, hanya ada one day bus pass Ibu. Kalau ibu memerlukan untuk dua hari, bisa sekaligus membeli dua lembar di hari pertama.
      Untuk itinerary perjalanan di Kyoto, bisa mengikuti opsi pertama:
      Hari pertama : kinkakuji – arashiyama – gion.
      Hari kedua: fushimi – kiyomizudera – nishiki market+gion. Salam

  17. Sore Pak Nugroho,
    Mau tanya bagaimana budaya di Jepang selama perjalanan di bus, apakah kita diperkenankan untuk makan di dalam bus? Karena saya akan naik bus Willer dengan jadwal jam 7 pagi dan durasi perjalanan sekitar 6 jam
    Terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Makan atau minum di dalam bus diperbolehkan selama baunya tidak menyengat. Mungkin seperti makan snack atau kue ya bu. Jika lapar, bus akan berhenti di rest-area setiap 2 jam, di saat itulah ibu bisa makan berat. Salam.

  18. Selamat malam Pak..
    Kalo untuk naik shinkansen dari Kyoto ke Tokyo apa perlu beli tiket beberapa hari sebelumnya atau bisa pas saat pergi di jam itu juga ? Saya rencana dr Kyoto jam 12 siang…
    TErimakasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Pembelian tiket shinkansen bisa dilakukan pada hari itu juga. Namun, ada kalanya tidak tersedia bangku reservasi untuk penumpang dalam jumlah banyak.
      Jadi kalau ibu bepergian 4-5 orang lebih baik memesan tiket di hari sebelumnya. Kalau dibawah itu, bisa memesan sebelum keberangkatan.
      Salam

  19. HIKMATUS SABILIL IZZAH  |  

    Pak, saya berecana mengunjungi Jepang pada tgl 19-25 April 2017. Kota yang saya kunjungi kanya area Kansai saja (Kyoto, Osaka, Nara). Saya tgl 20-21 ada pertemuan di Kyoto dekat Kyoto Imperial Palace. Menurut Pak Nugroho, saya sebaiknya menginap di Osaka selama tgl 19-25 tersebut, atau lebih baik menginap di Kyoto? mengingat penginapan di Kyoto yg relatif lebih mahal dibanding di Osaka. Kemudian apabila saya menginap di Osaka, sebaiknya saya beli tiket pass jenis apa? terimakasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Pak. Lebih baik menginap di Osaka saja Pak. Selain lebih murah harga hotel per malamnya, Bapak juga tidak ribet pindah-pindah hotel. Lalu selama tanggal 20-21 apakah hanya pertemuan di dekat Kyoto Imperial Palace saja? Tidak jalan ke mana-mana di Kyoto?
      Kalau tidak kemana-mana, cukup membeli tiket biasa saja pak, harganya 560 yen dari Osaka ke Kyoto, ditambah ongkos Karasuma Subway Line dari Kyoto Station sampai Stasiun Imadegawa (stasiun terdekat ke Kyoto Imperial Palace). Salam

  20. Salam kenal pak Nugroho,
    Mohon koreksinya untuk rute sebagai berikut:
    Kyoto station ke Fushimi Inari : bus minami 5.
    Fushimi Inari ke Gion : arah balik bus minami 5, turun di halte Tofukuji-michi, nyebrang jalan ke halte Tofukuji, naik bus 207.
    Gion ke kuil Kinkakuji : bus 12 (berhenti di halte Kinkakuji-mae)
    Kinkakuji ke Arashimaya : bus 204/205 ke halte Nishinoku Emmachi, kemudian naik JR dari Emmachi Station ke Saga Arashimaya.
    Arashimaya ke Kyoto Station : kereta JR.
    Apakah rute ini memungkinkan untuk perjalanan 1 hari?
    Berapa estimasi total biaya transportnya?
    Terima kasih banyak.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Untuk perjalanan bus bisa menggunakan one day bus pass Kyoto harganya 500 Yen.
      Lalu kereta JR dari Emmachi ke Saga Arashiyama ongkosnya 190 yen, dan 240 yen dari Saga Arashiyama ke Kyoto Station. Salam

  21. Malam Pak Nugroho,

    Jika saya ingin menuju Fushimi Inari dari Kyoto Station, apakah bisa menggunakan bus?
    Saya berencana menggunakan Kyoto Daily Bus Pass,

    Terima kasih

    • Imelda Riana K  |  

      Selamat sore pak,
      Mohon infonya rute yg terbaik untuk perjalanan dari kyoto stasiun menuju fushimi inari, kinkakuji, nijo castle, arashiyama,sagano, dan kembali lagi ke kyoto stasiun. Terimakasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Pertama Ibu bisa ke Kyoto station untuk membeli one day bus pass Kyoto, lalu ke Kuil Fushimi Inari naik bus minami-5. Lalu dari Fushimi Inari Jinja naik bus minami-5 balik arah ke arah Kyoto Station, turun di halte Tofukuji-michi, menyeberang jalan ke Halte Tofukuji dan naik bus 207 sampai halte Gion. Dari Gion naik bus nomor 12 sampai halte Nijojo-mae (Istana Nijo). Lanjut lagi naik bus nomor 12 sampai halte Kinkakuji-mae (Kuil Kinkakuji).

      Pulangnya jalan ke halte Kinkakuji Michi, naik bus 102/204/205 sampai ke Halte bus Kitano Hakubai-cho. Lalu naik kereta Keifuku Line sampai ke Arashiyama. Dari Arashiyama bisa kembali ke Kyoto Station naik kereta. Salam.

  22. Pak Nugroho, itinerary saya dalam satu hari adalah Arashiyama/Tenryuji -> Ryoanji -> Kinkaku-ji -> Kyoto Botanical Garden (tentatif) -> Nijo Castle/Kyoto Imperial Palace. Di pagi hari, dari penginapan di daerah Namba, Osaka, saya akan naik kereta JR ke Kyoto menuju stasiun akhir SagaArashiyama. Namun sisanya saya bingung, mohon masukan untuk mengatur urutan serta info bis/transpor yang harus saya gunakan. Terima kasih..

  23. hi mas nugroho, utk bisnya apakah hanya yang tertera di atas saja yang tercover dalam Kyoto Bus Pass 500Yen? apakah Bus nomor 4 atau 17 tercover juga? terima kasih ya.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat sore Ibu. Ya, bus nomor 4 dan nomor 17 juga tercover oleh Kyoto Bus Pass 500 Yen.
      Salam

  24. Selamt Siang Pak,

    mau menanyakan transport (kereta/bus) untuk rute berikut:
    1. dari Fushimi Inari ke arashiyama
    2. dan dari arashiyama ke nishiki market ?

    Terimakasih pak..

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Dari Fushimi Inari bisa naik kereta JR ke Kyoto Station, lanjut kereta JR sampai Saga Arashiyama Station.
      Pulangnya bisa naik Hankyu Arashiyama Line sampai ke Kawaramachi (stasiun terdekat dari Nishiki Market).
      Salam

    • Saya rangkum dari yg saya pahami:

      1. Kyoto Stasion – Fushimi : naik bus minami 5
      2. Fushimi – Kiyomizudera : Naik bus minami 5 arah balik, turun di halte Tofukuji lalu sambung bus 208 sampai halte kiyomizu
      3. Kiyomizu – Arashiyama : Naik kereta JR ke kyoto station lanjut kereta JR ke saga arashiyama, lalu jalan kaki dr stasiun saga ke bamboo forest
      4. Arashiyama – Nishiki : Naik Kereta Hankyu Arashiyama Line sampai ke Kawaramachi Stasion

      Benarkah begitu? mohon untuk dikoreksi jika ada salah ^_^

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu/ Bapak. Dari Kiyomizudera lanjut saja ke Nishiki Market, baru setelah itu naik kereta ke Arashiyama.
      Dari Arashiyama bisa naik kereta JR kembali ke Kyoto Station. salam

    • rencana saya nishiki market & gion ditempatkan terakhir sudah mau malam, apakah akan bolak-balik kalau setelah dari fushimi ke arashiyama dulu baru ke nishiki?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat sore Ibu. Bisa naik bus 100/206 dari halte bus Gion menuju ke Kyoto Station.
      Salam

  25. Selamat Malam Pak Nugroho,

    Setelah saya baca komentar2 di atas, saya pahami untuk itinerary Kyoto 1 hari urutan yg efisien yaitu:
    Fushimi Inari – Kiyomizudera – Arashiyama – lalu terakhir Nishiki dan Gion (Nishiki dan Gion berdekatan).

    apakah betul seperti itu?
    dan apakah rute-rute tersebut dapat menggunakan JR-Pass (karena sy memiliki JR-Pass), atau lebih baik saya membeli kyoto one day Bus Card?

    Terimakasih untuk bantuannya Pak.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. JR Pass hanya mencover ongkos ke Kyoto Station saja, dan tidak ada kereta JR yang menghubungkan tempat-tempat wisata seperti Fushimi Inari – Kiyomizudera – Arashiyama – lalu terakhir Nishiki dan Gion. Satu-satunya transportasi yang bisa digunakan adalah bus wisata Kyoto.
      Jadi silakan menggunakan kyoto one day Bus Card. salam.

  26. Selamat siang pak nugroho, untuk perjalanan 2 hari 2 malam rekomendasi rute perjalanan yg gak bolak balik arah di kyoto kemana sja bagusnya yah ? Terima kasih sebelumnya

  27. Pagi Pak Nugroho..
    Menyambung pertanyaan Ibu Etty diatas. kalau naik bus 100/205 dari stasiun sichijo ke halte kiyomizumici (dari fushimi inari ke kiyomizudera via bus) makan waktu berapa lama dan ongkos busnya berapa Pak.

    Terima kasih

    Rgds,
    zainul

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Pak Zainul. Dari halte Shichijo Station sampai ke Kiyomizumichi, hanya berbeda 4 halte, jadi waktunya sekitar 10-15 menit naik bus.
      Ongkos bus di Kyoto jauh dekat 220 yen untuk dewasa dan 110 yen untuk anak-anak.
      Makanya Tim Info Jepang selalu menyarankan membeli one day bus pass jika mengunjugi 2 tempat wisata di Kyoto atau lebih.
      Salam

  28. Siang…ingin sarannya mas, kak, kalo misalnya
    2 feb-nyampe haneda pagi2, muterin tokyo(munkin ada saran kemananya) lalu sore mendatangin hotel 21 east di toko-ku dan kemballi ke penginapan di daerah shinjuku.
    3 feb-tokyo keliling(mungkin bisa di saranin juga tempatnya)/disneyland
    4-feb tokyo (boleh minta sarannya juga) dan Berencana ke kyoto pakai bus willer expres yg jm11.
    6 feb- kyoto berencana ke fushimi inari, arashiyama, (dan satu tempat lagi yg memungkinkan), malam hari ke gion lalu pergi ke osaka pada jadwal kereta paling malam
    7 feb-osaka universal/keliling osaka (boleh disaranin juga)
    8 feb osaka (boleh di beri saran juga)
    9 feb osaka pulang jadwal pagi.

    Mungkin mas, kakak, abang bisa saran mengenai penginapan, transportasi, serta tiket yg harus di beli tiket transportasi promo yg mana, dimana belinya.
    Terimakasih

  29. Dear Pak Nugroho,

    Mohon bantuannya untuk perjalanan PP Osaka-Kyoto, berikut tempat yg ingin dikunjungi, bagaimana supaya efisien rutenya. Soalnya saya agak bingung ada yg rutenya terakhir br ke arashiyama ada yg dr awal ke arashiyama. Mohon advisenya yah Pak untuk rute dan kendaraannya. Thanks 🙂

    1. Fushimi Inari
    2. Kiyomizudera
    3. Nishiki market
    4. Gion
    5. Arashiyama
    6. Nijo Castle

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Dari Gion bisa naik kereta Hankyu Kyoto Line ibu, pindah di Katsura ke Arashiyama. Itu jauh lebih cepat daripada naik bus, sebab perjalanan bus ke Arashiyama selalu macet. Pulang dari Arashiyama bisa naik bus nomor 93, pindah ke bus nomor 101 di halte Horikawa Marutamachi turun di stasiun Nijojo-mae. Pulangnya bisa naik bus 101 sampai ke Kyoto Station kembali untuk naik kereta kembali ke Osaka. Salam

  30. Selamat Siang,
    saya rencana trip ke Kyoto dalam 1 hari dengan tujuan:
    1. Fushimi Inari
    2. Arashiyama
    3. Nishiki Market & Gion
    4. Kiyomizudera Temple (sebelum ke kiyomizudera mampir ke kyoto station untuk sewa kimono)

    Lebih baik rute nya yang mana duluan ya? dan bus apa saja yg dipakai jika sudah membeli
    Kyoto one day bus

    Terimakasih Banyak sebelumnya.. =)

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat sore Ibu. Silakan dibaca dengan seksama di kotak komentar, sebab rute yang sama sudah pernah dibahas sebelumnya.
      Salam

    • Pertama Fushimi Inari lalu ke Kiyomizudera, lalu ke Nishiki & Gion baru ke Arashiyama apakah betul?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Ya Ibu, sewa kimononya apakah ada jam nya? Mungkin bisa dilakukan sebelum perjalanan ke Fushimi Inari Jinja, atau sebelum ke Kiyomizudera.
      Salam

  31. Selamat pagi pak Nugroho,

    Saya sudah coba pelajari artikel yang sangat membantu ini..semoga pemahaman saya benar 🙂
    Fyi, saya berencana akan menggunakan One Day Pass untuk perjalanan ini…

    Mohon masukan/koreksi nya untuk transportasi itinerary saya berikut ini…
    1. Fushimi Inari : dari Kyoto station, naik bus Minami-5 sampai Fushimi Inari Jinja

    2. Kiyomizudera : dari Fushimi Inari Jinja, naik bus Minami-5 (balik arah) turun di halte Tofukuji dan
    naik bus 202/207/208 sampe halte Kiyomizumichi kemudian jalan kaki ke kuil.

    3. Nishiki Market : dari Fushimi Inari naik bus 100/206

    4. Gion district : kembali naik bus 100/206 (atau hanya perlu berjalan kaki saja?)

    dan untuk kembali ke Kyoto station dari Gion, bus no berapakah?

    Terima kasih banyak pak sebelumnya..saya senang sekali menemukan site ini.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Senang kalau websitenya bisa bermanfaat. Yang ibu sampaikan sudah tepat.
      Dari Nishiki Market bisa jalan kaki ke arah Gion, sebab inilah pusat keramaian Gion. Lagipula hanya beda dua halte dan jaraknya tidak terlalu jauh.
      Dari Gion bisa naik bus nomor 100/206 untuk kembali ke Kyoto Station. Salam dan selamat liburan di Jepang!

  32. Hallo pak saya masih bingung tentang naik bus di kyoto, kalau kita naik kereta kan ada arah tujuan akhirnya sehingga kita tidak salah arah tujuan kita.
    Kalau untuk bus bagaimanakah cara tau tujuan kita itu benar, misal ke stasiun kyoto atau arah sebaliknya.
    Apakah ada di depan plang bis nya, tetapi kok bahasa kanji.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Pak. Seperti yang bapak bisa lihat di artikel di atas, tujuan bus kota Kyoto bisa dicek dari nomor bus.
      Kami sudah menuliskan nomor-nomor bus dan trayek bus yang sering digunakan oleh pengguna Tour Guide Online Info Jepang.
      Di halte bus nya juga tertulis tujuan bus yang akan dinaiki. Salam

  33. Malam, pak Nugroho. Saya ke Kyoto PP dari Osaka akhir Jan.2017.
    Rencana ke:
    1. Kuil Kiyomizudera
    2. Gion
    3. Nishiki Market
    4. Fushimi Inari
    Apakah bisa menggunakan one day bus pass? Cukup ga waktunya? Karena sore sy sdh harus kembali ke Osaka.
    Minta tolong diatur rute dan no bisnya. Terima kasih, pak.
    Salam,

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu.
      Rute Kyoto Station-Fushimi Inari-Kiyomizudera-Gion-Arashiyama dalam sehari
      Ya bisa naik bus Minami-5 dari Kyoto Station sampai Fushimi Inari Jinja, lalu dari Fushimi Inari Jinja naik bus minami-5 balik arah, turun di halte Tofukuji dan naik bus 202/207/208 sampai halte Kiyomizumichi dan berjalan kaki ke Kuil Kiyomizudera. Dari Kiyomizudera bisa naik bus 100 atau 206 sampai ke Gion. Kemudian lanjut naik kereta Hankyu dari Kawaramachi, transfer di Katsuta Station untuk ke Arashiyama. Menjelang sore bisa kembali dari Arashiyama dengan naik kereta yang sama dan tiba di Gion pada malam hari.
      Salam

  34. selamat malam pak,
    saya mau ke Kyoto pp dari Osaka dan rencana mau mengunjungi tempat2 sbb;
    1 Arashiyama
    2. Fushimi Inari
    3. Kyomizudera
    4.Gyon
    bagaimana rute yang efisien urutan nya,biar gak bolak balik dan kalau bisa di Gyon terakhir biar bisa menikmati malam di Gyon. dan juga transportasinya naik apa aja?
    terimakasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Apakah ibu punya pass? Rutenya bisa dibuat pertama ke Fushimi Inari, kemudian ke Kiyomizudera, ke Arashiyama, dan terakhir ke Gion.
      Salam

  35. Sore mas Nugroho,
    Plan saya di Kyoto ke :
    1. arashiyama
    2. Fushimi Inari
    3. Kinkokuji
    4. Kiyomizudera ( prefer sore menjelang malam )
    5. Gion

    Rute bus nya seperti apa ya ? sama bus itu interval keberangkatannya berapa lama ?

    Terima Kasih banyak

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Pak, bapak silakan naik kereta menuju ke Arashiyama dari Kyoto Station. Oh ya, jangan lupa membeli one day bus pass Kyoto di Kyoto Station. Dari Arashiyama, kemudian bisa naik kereta Keifuku Line sampai Kitano Hakubai-cho Station. Keluar stasiunnya, lalu cari halte bus 205 sampai ke Kinkakuji. Dari Kinkakuji bisa naik bus yang sama nomor 205 sampai ke halte Shijo Kawaramachi. Bapak kemudian bisa mampir makan siang atau jalan-jalan di Nishiki Market dan Gion. Dari stasiun Gion Shijo bisa naik kereta Keihan Line ke selatan sampai ke Fushimi Inari Station, lalu ke Kuil Fushimi Inari Jinja. Pulangnya dari Fushimi Inari Jinja naik bus minami-5 balik arah, turun di halte Tofukuji dan naik bus 202/207/208 sampai halte Kiyomizumichi dan berjalan kaki ke Kuil Kiyomizudera. Salam

  36. selamat malam…..mohon petunjuknya untuk trip 2 hari di kyoto dengan bus pass (rute dan no bus) rencananya akan ke :
    1. Fushi Inari Taisa
    2. Arashiyama
    3. Gion
    4. Tetsuga no michi
    5. Nashiki Market
    6. Kuil Kinkakuji
    7. Kyoto Imperial Palace

    terima kasih……

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Pertama Ibu bisa ke Kuil Fushimi Inari dulu naik kereta. Lalu dari Fushimi Inari Jinja naik bus minami-5 balik arah ke arah Kyoto Station, turun di halte Tofukuji dan naik bus 207 sampai halte Gion. Bisa juga mampir ke Nishiki Market yang jaraknya tidak terlalu jauh dari Gion, sambil melihat distrik Gion dan Sungai Kamogawa. Dari halte Shijo Kawaramachi dekat Nishiki Market, bisa naik bus 205 sampai ke Kyoto Imperial Palace (halte Kawaramachi Marutamachi). Kemudian dari halte yang sama bisa naik bus 205 sampai ke Kuil Kinkakuji (halte Kinkakuji-michi). Untuk perjalanan ke Arashiyama, bisa dilakukan di hari kedua. Naik kereta Hankyu, transfer di Katsuta Station untuk ke Arashiyama. Ini lebih baik karena bus menuju ke Arashiyama selalu penuh. Salam.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Maaf setelah dicek kembali ada bus langsung dari Kuil Eikando/ Nanzenji langsung ke Kinkakuji. Bisa jalan sedikit ke Halte Higashi Tennocho kemudian naik bus 204 sampai ke halte Kinkakujimichi. salam

  37. malem mas nugroho maaf mau minta bantuan lagi
    rutenya :
    kiyomizuder – Gion – Eikando( philosoper path ) – kinkakuji – st. kyoto
    apakah urutannya sudah benar ?
    dan rute busnya gmn yah mas?
    soalnya agak bingung mohon bantuannya yah mas..

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Dari Kyoto Station naik bus nomor 100 atau 206 sampai ke Kuil Kiyomizudera. Lalu bisa lanjut naik bus 100 atau 206 sampai ke Gion. Dari Gion bisa naik bus nomor 100 sampai ke halte Kyoto Kaikan Hakubutsukan, lalu lanjut jalan kaki sampai ke Kuil Eikando/ Nanzenji. Balik lagi dengan bus yang sama ke Gion, dan naik bus nomor 12 sampai Kinkakuji. Pulangnya bisa naik bus nomor 205 sampai ke Kyoto Station. Salam

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat sore Ibu. Kalau begitu sudah tepat rute bus dan keretanya. Selamat liburan di Jepang.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Dari Komyoji Temple bisa naik kereta JR kembali ke Kyoto Station, lalu naik bus nomor 5 sampai Halte Nanzenji, kemudian bisa jalan kaki sampai ke Kuil Eikando. Pulangnya bisa jalan kaki sedikit ke halte Kyoto Kaikan Hakubutsukan-mae dan ambil bus nomor 100 sampai halte Gion. Salam

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Komyoji Temple yang Ibu maksud apakah yang ada di Nagaokakyo atau Ruriko Institute?
      Sepertinya ada dua Kuil Komyoji di Kyoto. Mohon dicek sekali lagi. Salam

  38. andhraini roswati  |  

    Siang Pak, saya akan menginap di dekat Nijo. Ada satu hari yang itinerary saya adalah : Arashiyama, Kinkakuji, Kiyomizudera dan Nishiki Market. Mohon masukannya untuk mengatur jadwal dan urutan serta no bis yang harus saya gunakan. Salam

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Ibu bisa berangkat pagi-pagi ke Kyoto Station, lalu pertama kali pergi ke Kuil Kiyomizudera (ini karena Kuil Kiyomizudera buka paling pagi). Bisa dengan bus nomor #100 atau #206. Lalu bisa lanjut naik bus #100 atau #206 ke arah Nishiki Market atau pilih berjalan kaki santai menyusuri Sannenzaka-Ninenzaka ke arah Gion dan Nishiki Market.

      Dari Nishiki Market bisa naik bus #205 sampai halte Kinkakuji-michi (Kuil Kinkakuji). Pulangnya bisa naik bus #205 (arahnya sama dengan waktu datang ke Kinkakuji) sampai halte Kitanohakubaicho, mungkin beda 2 halte. Lalu, jalan kaki ke Stasiun Kitanohakubaicho, dan naik kereta Keifuku Line sampai ke Arashiyama.

  39. Pak bus minami sama bus kyoto beda yah?? Yg dicover kyoto pass bus 1 day yg mana? Klo pake bus kyoto jalurnya gimana untuk ke 4 tempat tersebut? Maaf nanya terus masih bingung soalnya

  40. pak nugroho mohon masukannya kalau naik bus ,dari stasiun kyoto dengan tujuan kiyomizudera,fushimi inari, gion, nishiki market saya harus ambil rute bus yg mana saja? no berapa ? dan urutan nya kemana saja duluan biar gak bolak balik dan kembali lg ke stasiun kyoto. terimaksih banyak

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Ya bisa naik bus Minami-5 dari Kyoto Station sampai Fushimi Inari Jinja, lalu dari Fushimi Inari Jinja naik bus minami-5 balik arah, turun di halte Tofukuji dan naik bus 202/207/208 sampai halte Kiyomizumichi dan berjalan kaki ke Kuil Kiyomizudera. Dari Kiyomizudera bisa naik bus 100 atau 206 sampai ke Gion. Kemudian lanjut naik kereta Hankyu dari Kawaramachi, transfer di Katsuta Station untuk ke Arashiyama. Salam

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!