Kuil Nanzenji Kyoto

Home / Temple / Kuil Nanzenji Kyoto
Item image

Kuil Nanzenji di Kyoto adalah salah satu kuil yang paling terkenal dan memiliki pengaruh besar kepada kuil-kuil lainnya di Kyoto. Kuil yang bernama lengkap Zuiryusan Nanzenji menjadi pusat Kuil Zen. Sejarahnya yang panjang dimulai dari tahun 1200-an, sempat mengalami kebakaran dan dihancurkan dalam masa perang tahun 1300-1500, Kuil Nanzenji mencapai era kejayaan pada periode Edo. Waktu itu, Kuil Nanzenji menjadi pusat penyebaran agama Zen dan mendapatkan banyak bantuan hibah dari penguasa saat itu. Letaknya yang berada di ujung jalan Philosopher Path di Kyoto membuat tempat ini selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan, baik pagi hari saat ingin memulai perjalanan wisata atau sore hari dimana Kuil Nanzenji dijadikan penutup perjalanan wisata di Kyoto.

4 Kegiatan Menarik di Kompleks Kuil Nanzenji

1. Berkeliling melihat Kuil Nanzenji

Berbeda dengan kuil lain yang banyak dijumpai di Kota Kyoto, kuil Nanzenji adalah kompleks kuil dengan 9 kuil di bagian dalamnya. Memang tidak semua kuilnya terbuka untuk umum, tapi tentu kita bisa melihat panorama menarik kuil Zen di Kyoto, beda dengan kuil-kuil lain yang adalah Kuil Budha. Kita tidak perlu membayar apapun untuk masuk ke dalam kompleks Kuil Nanzenji, namun jika ingin masuk ke dalam kuil-kuil tertentu, ada biaya masuk atau pemeliharaan yang musti dibayar.

Di kompleks Kuil Nanzenji, kita bisa melihat pintu gerbang terluar Chokushimon dan gerbang utama Sanmon setinggi 22 meter. Di Sanmon ada beberapa aneka patung suci dan patung-patung Budha lain, dan kita juga bisa melihat pemandangan seluruh kuil dan taman dari ketinggian. Namun untuk bisa masuk ke dalam Sanmon, kita musti membayar biaya masuk.

Setelah gerbang utama Sanmon, kita bisa melihat bangunan-bangunan utama Kuil seperti Hall Dharma, bangunan Hojo (terdiri dari Oohojo dan Shohojo), dan taman Karensansui yang merupakan taman Kuil Zen paling terkenal di Kyoto selain yang terdapat di Kuil Ryoanji.

Momiji di Kuil Nanzenji

Momiji di Kuil Nanzenji

2. Melihat Suirokaku

Suirokaku adalah konstruksi saluran air yang menghubungkan Danau Biwa di Prefektur Shiga ke Kyoto. Air inilah yang menjadi sumber air minum bagi para penduduk Kyoto. Kita bisa naik ke bagian atas Suirokaku dan berjalan di sepanjang suirokaku dan melihat derasnya aliran air yang masih mengalir hingga saat ini.

3. Melihat kuil-kuil lain

Seperti yang tertulis di atas, kompleks Kuil Nanzenji terdiri dari Kuil Nanzenji yang terbesar dan juga kuil-kuil lainnya yang ukurannya agak lebih kecil. Kita bisa pergi ke Kuil Konchoin dan Kuil Tenjuan.

Kuil Nanzenji Kyoto saat musim dingin

4. Menikmati pemandangan Momiji musim gugur

Momiji di kompleks Kuil Nanzenji berbeda dengan kuil lain di Kyoto. Selain ukuran tamannya yang jauh lebih luas dibanding halaman kuil yang lain, pohon-pohon momiji di sini warnanya juga merah menyala, sangat kontras dengan warna daun pohon maple yang bewarna agak kejinggaan. Di bulan November, kita bisa melihat keindahan panorama Momiji musim gugur sampai sekitar tanggal 20-an November. Ada juga iluminasi malam di musim gugur, di mana warna-warna daun-daunan akan tampak makin menyala dan kontras dengan langit malam, menjadikan pemandangan momiji di tempat ini tampak makin indah.

Panorama momiji di Kuil Nanzenji

Panorama momiji di Kuil Nanzenji

5. Coba mampir ke Blue Bottle Coffee

Buat teman-teman pecinta kopi, saat mengunjngi Kuil Nanzenji coba juga mampir ke kedai kopi bernama Blue Bottle Coffee. Letaknya sekitar 150 meter di sisi timur kuil. Suasana interior yang “old” dan “chic” jadi latar belakang foto yang super keren sambil ditemani secangkir kopi atau ekspresso.

Informasi mengenai Biaya Masuk Kuil Nanzenji

Kuil ini buka setiap hari sepanjang tahun kecuali hari libur tahun baru (sekitar tanggal 28 Desember hingga 31 Desember). Buka mulai pukul 08.40 di bulan Maret hingga bulan November, dan hingga pukul 16.30 di bulan Desember hingga Februari. Biaya masuk ke kompleks kuil Nanzenji gratis, untuk masuk ke gerbang utama Sanmon sekaligus bangunan Hojo harus membayar 500 yen untuk dewasa, 400 yen untuk pelajar SMA, dan 300 yen untuk pelajar SD dan SMP. Biaya masuk ke Kuil Nanzenji 300 yen, kuil Konchiin 400 yen, dan kuil Tenjuan 400 yen.

Akses Menuju Kuil Nanzenji

Kita dapat pergi ke Kuil Nanzenji dengan naik kereta subway Tozai Kyoto dan turun di Keage Station dan berjalan kaki kurang lebih 10 menit. Bisa juga dengan naik bus kota Kyoto nomor 5 dan turun di Halte bus Nanzenji-Eikando-michi lalu jalan kaki 10 menit. Jika dari Kuil Kiyomizudera bisa naik bus nomor 100 turun di Kyoto Kaikan Bijutsu-mae, lalu berjalan kaki 15 menit ke arah timur. Bagi teman-teman yang merencanakan perjalanan ke sini dengan naik bus, silakan membeli tiket terusan 1 hari bus kota Kyoto yang harganya jauh lebih hemat dan praktis.

Dari Kuil Nanzenji, kita bisa berkunjung ke Kuil Eikando, lalu berjalan kaki melalui jalur Philosopher Path yang terkenal sampai ke Kuil Kinkakuji.

Cheap Hotels in Kyoto [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

New Miyako Hotel
5 km away
from ¥17000/night
Hotel Keihan Kyoto
4 km away
from ¥7000/night
Hotel Ibis Styles Kyoto
4 km away
from ¥7800/night
Sakura Terrace
5 km away
from ¥7331/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Kuil Kiyomizudera
2 km away
Kuil Kiyomizudera di Kyoto
Kuil Eikando
0 km away
Suasana iluminasi malam di Kuil Eikando
Pasar Nishiki
3 km away
Suasana nishiki market di Kyoto
Amanohashidate
83 km away
amanohashidate

Sumber gambar: Flickr Keiko Shih, Kyoto Press, Sun TaroKeiko Shih


Last modified: April 8, 2019 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Comments (6)

  1. saya punya itinerary

    1. kansai airport – k’s house kyoto backpackers hostel.
    2. arashiyama , romantic train, totsegukyo bridge, tenryuji temple, arashiyama bamboo grove
    3. nanzenji – tetsugaku no michi – ginkakuji temple – kinkakuji
    4. kyoto st – osaka st – osaka namba grandi hotel
    5. universal studio jepang
    6. dotonburi – osaka castle
    7. osaka – tokyo st – capsule inn kinshico
    8. disneyland
    9. disney sea
    10. gala yuzawa
    11. hachiko, shinjuku, harajuku, asakusa, yayogi park, kabukicho, ueno park
    12. fujiko f fujio museum
    13. kawaguchiko station – resort in fuyo – kawaguchi lake – mt kachinlachi ropeway
    14. fuji q highland
    15. balik ke tokyo – nginep semalam lagi di capsule inn kinshicho
    16 . pulang ke indonesia

    itu tempat tempat yang saya tuju . sebenernya total hari bukan 16 hari . sekitar 13 hari saja . itu saya urutkan sesuai dengan wilayah yang dekat satu sama lain. kira kira kartu apa yang pas buat liburan saya ini? apakah jrpass 2 minggu atau ada alternatif lain biar murah . terimakasih

  2. hilda situmorang  |  

    kalau kita hanya melihat suirokaku dan kuil nanzenji apakah fee entrance nya hanya 300yen? apakah musti melewati summon gate dulu dimana harus membayar 500 yrn terlebih dahulu?

    • Nugroho Christian  |  

      Kalau hanya ingin melihat Suirokaku, tidak perlu membayar biaya masuk. Namun untuk ke bangunan utama dan kuil Nanzenji harus membayar biaya masuk.
      Salam

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!