Arashiyama

Home / Nature / Arashiyama
Item image

Di antara objek-objek wisata di Kota Kyoto Jepang, Arashiyama mungkin yang paling terkenal. Kota indah di barat Kyoto ini sering muncul di acara televisi atau di artikel perjalanan. Arashiyama yang berada di sebelah barat Kota Kyoto sendiri berarti gunung badai. Dibilang seperti ini mungkin karena gunung dan bukitnya yang curam. Menurut sejarah, daerah ini sudah ada sejak abad ke-8. Orang-orang membuka hutan-hutan bambu di tempat ini dan menjadikannya sawah dan ladang. Dan hingga kini, masih sangat terawat. Di sini pemandangan alam gunung, perbukitan, sungai, dan juga pohon dan bunga-bunga semuanya menyatu dengan bangunan-bangunan antik bersejarah. Kita bisa berjalan-jalan menikmati pemandangan dengan kebun bunga bewarna-warni di musim semi, musim panas, dan momiji di musim gugur.

Teman-teman bisa jalan-jalan berkeliling kuil dan bangunan bersejarah lainnya yang sering dipakai dalam drama televisi. Tapi yang paling terkenal adalah Togetsu Bridge (Jembatan Penyeberangan Bulan) dan Takebayashi atau Hutan Bambu dengan festival Hanatouro di musim panas yang menawan.

1. Jembatan Togetsu atau Togetsu Bridge

Togetsu Bridge melintang di atas sungai Hozu-gawa di kaki gunung Arashiyama. Panjang jembatan ini sekitar 250 meter dari satu sisi ke sisi lainnya. Meskipun tahun 2013 lalu karena hujan lebat, banjir besar melanda daerah ini, namun Togetsu Bridge tetap kuat dan tidak mengalami kerusakan. Jembatan ini sudah menjadi ikon Arashiyama selama lebih dari 400 tahun,,

Di bawah ini kita bisa melihat keindahan Togetsu Bridge di tiap musim. Pada musim semi, sepanjang pinggir sungai bunga-bunga sakura bermekaran. Pada musim panas, daun-daun bewarna hijau cerah, amat segar dipandang. Orang-orang sering melakukan barbeque di pinggir sungai, makan siang sambil menikmati sejuknya udara pegunungan. Di musim gugur, daun-daun pepohonan berubah warnanya menjadi kuning kemerah-merahan. Apalagi ditambah dengan pencahayaan (iluminasi di Arashiyama) pemandangan malamnya tampak lebih memukau. Di musim dingin, kita pun tetap bisa menikmati pemandangan bukit yang diselimuti oleh salju.

2. Melihat Iluminasi Hanatouro

Hanatouro sendiri berarti penerangan rute bunga dalam bahasa Indonesia. Kita bisa menikmati pemandangan malam fantastik khas Arashiyama selama bulan Desember setelah matahari terbenam.

Arashiyama yang terkenal dengan Togetsu Bridge dan Hutan Bambu Takebayashi-nya juga menyimpan wajah yang berbeda pada malam hari. 2500 buah lampu-lampu lampion yang disebut Andon langsung menyala begitu malam tiba dan menerangi seluruh jalan-jalan keramaian di Arashiyama, menciptakan suasana yang begitu mempesona. Seluruh objek wisata terkenal termasuk Togetsu Bridge dan Takebayashi, kemudian kuil-kuil bersejarah diterangi oleh lampu Andon menciptakan rute bunga “Hana Touro”. Sambil berjalan menyusuri 5 kilometer jalan-jalan yang diterangi lampu-lampu Andon, kita juga bisa melihat kreasi seni Ikebana (hiasan bunga khas Jepang) yang tersebar di seluruh wilayah Arashiyama. Kreasi seni Ikebana ini khusus dibuat oleh Asosiasi Ikebana Kyoto untuk event Arashiyama Hanatouro tiap tahun. Jadi sambil jalan, perhatikan juga hiasan bunga Ikebana ya teman-teman!

Tim Info Jepang menyarakan agar sekaligus juga mengunjungi Kuil Tenryuuji yang berada satu arah dengan hutan bambu Arashiyama. Setelah mengunjungi Kuil Tenryuuji belok kiri dan berjalan kaki sedikit, maka kita akan sampai di hutan bambu Arashiyama.

Kyoto Arashiyama Hanatouro

Iluminasi Hanatouro

3. Pergi ke Kuil Tenryuuji di Lereng Gunung

Kuil Tenryuuji adalah Kuil di lereng Gunung Arashiyama, di sisi barat kota Kyoto yang terkenal dengan taman Jepang Nihonteien dengan panorama menakjubkan. Lokasinya tidak jauh dari jembatan Togetsu di pinggir sungai, melengkapi deretan kuil-kuil di Kyoto lainnya seperti Kuil Kiyomizudera, Kuil Fushimi-Inari Taisha, dan Kuil Heian Jingu yang lebih dulu diakui oleh UNESCO.

Suasana taman di Kuil Tenryuuji

Ini dia Taman Kuil Tenryuuji, indah banget kan?

4. Menaiki Kereta Wisata Sagano-Arashiyama

Kereta wisata Sagano adalah kereta wisata dengan lokomotif kuno dengan mesin uap. Dengan naik kereta wisata ini, kita bisa merasakan langsung pemandangan alam pegunungan Arashiyama Kyoto yang menawan sekaligus merasakan angin yang bertiup dari jendela. Sungguh pengalaman yang tidak terlupakan!

Jalur Kereta wisata Sagano

Naik kereta wisata Sagano sambil menikmati bunga sakura yang mekar

5. Menyaksikan Pemandangan Musim Gugur

Arashiyama waktu musim gugur. Mungkin inilah pemandangan terbaik di Kyoto dalam satu tahun. Di Arashiyama Kyoto pemandangan alam gunung, perbukitan, sungai, dan juga pohon dan bunga-bunga semuanya menyatu dengan bangunan-bangunan antik bersejarah.

Kita bisa berjalan-jalan menikmati pemandangan gunung dengan kebun bunga berwarna-warni di musim semi. Atau juga pergi pada saat musim panas, berjalan berkeliling kuil dan bangunan bersejarah lainnya yang sering dipakai dalam drama televisi. Tapi yang paling terkenal adalah Arashiyama waktu musim gugur. Daun-daun yang berubah warna menjadi kemerahan, jatuh dan mengambang di atas sungai. Wajah gunung Arashiyama pun berubah dari hijau waktu musim panas menjadi kuning kemerahan di musim gugur. Pokoknya teman-teman tidak mungkin menyesal kalau datang ke Arashiyama waktu musim gugur!

Bagaimana teman-teman? Mau ke Arashiyama? Kita bisa menikmati pemandangan Arashiyama sepanjang tahun, namun saya menyarankan agar datang pada musim gugur (dari bulan Oktober sampai awal Desember). Pada musim gugur, kita bisa menikmati momiji atau saat daun-daun berubah menjadi kemerahan dipadu dengan pencahayaan atau iluminasi yang menawan.

Arashiyama waktu musim gugur

Pemandangan musim gugur di Arashiyama: indah bukan?

6. Ke Gunung Iwatayama

Satu tempat menarik di Arashiyama adalah Taman Kera di Iwatayama, gunung di sebelah barat laut Arashiyama. Kita bisa hiking singkat dari jalan di belakang jembatan Togetsubridge sampai ke puncak gunung Iwatayama. Sepanjang perjalanan, kita bakalan bertemu dengan monyet jepang yang berkeliaran di pohon-pohon pegunungan seperti yang ada di Jigokudani Monkey Park di Nagano atau Gunung Takasakiyama di Beppu Oita. Di puncak gunung, kita bisa melihat penangkaran kera dan juga membeli pakan untuk memberi makan kera-kera. Berkunjung ke taman kera di Iwatayama bisa jadi opsi kegiatan seru di Arashiyama Kyoto.

7. Kimono Forest

Satu lagi spot foto di Arashiyama yang tidak boleh dilewatkan adalah Kimono Forest. Kimono Forest Arashiyama menunjuk pada 600 hiasan kimono-kimono yang diletakkan di sepanjang jalan menuju ke stasiun Randen Arashiyama. Warna-warna cerah kimono sangat bagus dan kontras dengan keindahan dan ketenangan daerah Arashiyama. Lokasi ini banyak dijadikan tempat berfoto ketika menyewa kimono selain hutan bambu Arashiyama yang sering ramai pengunjung. Gimana mau coba ke sini?

Kimono Forest dekat Stasiun Arashiyama

Kimono Forest dekat Stasiun Arashiyama

Akses Menuju Arashiyama di Kyoto

Karena terkenalnya banyak wisatawan yang berkunjung ke tempat ini, maka akses pun bermacam-macam. Total ada 3 stasiun terdekat untuk mencapai tempat ini yaitu dengan JR San-in Main Line, Trem Randen, atau Arashiyama Station dengan Hankyuu Arashiyama Line.

Dari Kyoto Station

Kyoto Station – Saga Arashiyama Station dengan JR San-in Main Line Local Train (16 menit, ongkosnya 230 Yen)

Shijoomiya Station (Pusat kota Kyoto) – Arashiyama Station dengan Trem Keifuku Arashiyama Line (20 menit, ongkosnya 200 yen)

Dari Osaka Station

Osaka Station – Kyoto Station dengan JR San-yo Main Line
Kyoto Station – Saga Arashiyama Station dengan JR San-in Main Line (48 menit, ongkosnya 950 Yen)

Umeda Station (Osaka) – Katsura Station (Kyoto) dengan Hankyu Kyoto Line
Katsura Station – Arashiyama Station dengan Hankyu Arashiyama Line (41 menit, ongkosnya 390 Yen)

Dari Gion di Kyoto

Kalau mau ke Arashiyama, dari Gion bisa jalan kaki ke arah Stasiun Kawaramachi dan naik kereta Hankyu sampai Arashiyama via Katsura Station.

Gimana teman-teman? Mau ke Kota Arashiyama? Kita bisa menikmati pemandangan menawan sepanjang tahun, namun saya menyarankan agar datang pada musim gugur (dari bulan Oktober sampai awal Desember). Pada musim gugur, kita bisa menikmati momiji atau saat daun-daun berubah menjadi kemerahan dipadu dengan pencahayaan atau iluminasi yang menawan.

Cheap Hotels in Arashiyama [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Arashiyama Benkei
1 km away
click for detail
Saga Grace Hotel
2 km away
from ¥21580/night
Guest House Atagoya
2 km away
from ¥11347/night
Ranzan
1 km away
click for detail

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Rental Kimono Wargo
8 km away
Berfoto bersama dengan kimono wargo
Gion di Kyoto
10 km away
blog-image
Toei Kyoto Studio Park
4 km away
Suasana Toei Kyoto Studio Park
Kuil Hirano
6 km away
Suasana bunga sakura di Kuil Hirano

Sumber gambar: Flickr Oame,  A, Hiro KobashiAmber, Amber, Vanessaparanda☆UP DATE, coniferconifer


Recommended for you


Last modified: May 12, 2018 by

Close Comments

Comments (58)

  1. Selamat Pagi Pak. Saya mau nanya. kalau dari arashiyama Sta (saya dari gion shinjo -> kawaramachi sta -> Arashiyama Sta), mau ke kimono forest…

    1. apakah lokasiny mudah dicari? sangat dekat dengan arashiyama sta?

    2. apakah ada biaya masuknya?

    3. apakah wajib menggunakan / rental kimono dulu baru boleh masuk kimono forest ini?

    mohon infonya Pak. Terima kasih.

    • Nugroho Christian  |  

      1. Ya, kimono forest ada di jalan ke arah stasiun randen-arashiyama
      2. Tidak bu
      3. Tidak bu, kita bisa berfoto langsung. Kimono forest ini cuma tiang-tiang yang bermotif kimono saja, biasa jadi latar belakang foto.

  2. Malam mas,

    Kalo mengunjungi seluruh tempat di Arashiyama spt artikel di atas (ada 7 kegiatan) kira2 setengah hari cukup kah?
    Arashiyama bagus dikunjungi pagi atau sore mas?
    Mohon dijawab yaa. Terimakasih ^^

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Pak. Lebih baik mengunjunginya di pagi sampai siang hari. Kecuali untuk iluminasi Arashiyam Hanatoro, bisa mulai dari petang hingga malam hari.
      Waktunya bisa setengah hari kok Pak. Salam

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!