Kuil Shinnyodo Kyoto

Home / Temple / Kuil Shinnyodo Kyoto
Item image

Kuil Shinnyodo adalah kuil yang terkenal dengan bunga sakura di musim semi dan momiji musim gugur yang warnanya sangat kontras dan bagus. Lokasinya juga berada searea dengan tempat-tempat wisata sebelah timur Kyoto, seperti Kuil Nanzenji, Kuil Eikando, dan Heian Jingu. Kuil ini memiliki nama lain Kuil Shinsho Gokurakuji. Apa saja kegiatan yang bisa dilakukan di Kuil Shinnyodo dan bagaimana pemandangannya? Berikut adalah liputan dari pengalaman Tim Info Jepang mengunjungi tempat hanami bunga sakura tersembunyi di Kyoto ini.

Kegiatan yang Bisa Dilakukandi Kuil Shinnyodo

1. Melihat pemandangan sakura di musim semi

Kuil Shinnyodo belakangan ini mulai banyak diulas sebagai tempat bunga sakura, namun masih banyak yang belum tahu! Kuil ini adalah salah satu spot hanami sakura rahasia, dan cocok buat teman-teman yang ingin berfoto tanpa terganggu orang banyak. Selain 70 pohon bunga sakura di kompleks pekarangan kuil, di sini juga terdapat beberapa jenis sakura langka seperti Somei Yoshino Sakura di depan pendopo utama dan Tateyakawa Sakura. Teman-teman juga bisa berfoto dengan latar belakang pagoda bertingkat 3 dan pohon sakura di sekelilingnya.

Pemandangan bunga sakura di musim semi

Pemandangan bunga sakura di musim semi

2. Menyaksikan pemandangan momiji musim gugur

Pohon maple atau momiji yang berada di bagian depan sangat kontras dengan bangunan kuil di musim gugur. Kita dapat melihat daun-daun berubah warna memberikan gradasi warna merah dan oranye dari bagian atas ke bawah. Jika datang pada puncak musim gugur, kita dapat berfoto dengan pohon momiji berdaun merah. Hanya beberapa lokasi dekat pagoda yang memiliki daun bewarna oranye dan jingga cerah. Beberapa lokasi di dekat pendopo utama juga ada pohon ginkgo yang daunnya bewarna kuning. Yang terpenting, kita dapat berfoto dengan bebas tanpa terganggu orang yang lalu lalang, seperti di Kuil Kiyomizudera, Kuil Nanzenji, dan Kuil Eikando.

Pemandangan musim gugur di Shinnyodo Temple

Pemandangan musim gugur di Shinnyodo Temple

Bangunan utama Shinnyodo Temple

Bangunan utama Shinnyodo Temple

3. Melihat keindahan taman bagian dalam pendopo utama

Pendopo utama memiliki kanopi dan ornamen yang dilapisi warna emas, karena memang ditujukan untuk pemujaan Budha. Jika berkeliling ke ruangan lain, kita juga bisa melihat ruangan-ruangan dengan lukisan fusuma yang sangat bagus.

Taman Jepang di bagian dalam pendopo utama, sehingga harus membayar biaya masuk untuk dapat melihatnya. Kita dapat melihat keindahan taman dari jendela pendopo utama dan ruangan-ruangan yang tadi. Jangan keluar dan turun menginjak halamannya ya, sebab itu dilarang.

Ada 2 taman bagian dalam. Taman pertama disebut Zuien-no-niwa, yang memiliki batu-batu yang disusun secara geometris. Taman kedua disebut Nehan-no-niwa, atau Taman Nirwana. Susunan batu, tanaman, dan pohon katanya dibuat menyesuaikan dengan lukisan fusuma di atas, menunjukkan kesempurnaan Sang Budha. Meskipun taman-taman tersebut bagus menurut orang Jepang, namun Tim Info Jepang menyarankan untuk mengunjungi taman-taman Kyoto lain yang lebih baik jika tidak memiliki banyak waktu.

Indahnya pemandangan musim dingin

Indahnya pemandangan musim dingin di Shinnyodo Temple

Informasi Akses dan Tiket Masuk ke Kuil Shinnyodo

Buat yang belum pernah mengunjungi Kyoto atau belum pernah mendengar nama Kuil Shinnyodo, kuil ini berada satu daerah dengan Kuil Ginkakuji (Silver Pavilion), dan dapat ditempuh dengan berjalan kaki 20 menit dari Kuil Ginkakuji. Kuil ini juga searea dengan Heian Jingu, Kuil Nanzenji, dan Kuil Eikando.

Beberapa website menyarankan untuk naik bus No 5 atau 17 dari Kyoto Station dan turun di halte bus Shinnyodo-Mae, namun kalau turun di halte tersebut, teman-teman perlu berjalan menanjak, sehingga agak melelahkan bila ada orangtua atau anak-anak. Tim Info Jepang menyarankan untuk turun di halte bus Kinrin Shako-mae, lalu berjalan kaki 8 menit menuju ke Kuil Shinnyodo.

Perjalanan dari Bandara Kansai ke Kyoto dengan menggunakan kereta limited ekspress JR Haruka memakan waktu sekitar 70 menit. Biayanya 2.850 yen untuk kursi biasa dan 3.500 yen untuk kursi pesanan. Sementara itu, jika teman-teman memiliki kartu ICOCA Haruka (khusus wisatawan asing), teman-teman bisa membeli tiket seharga 1.600 yen. Kalau teman-teman dari Stasiun Osaka, bisa naik kereta JR Kyoto Line selama kurang lebih 30 menit dengan ongkos 570 yen.

Biaya masuk ke dalam kompleks Kuil Shinnyodo adalah gratis. Namun, untuk dapat melihat koleksi benda-benda bersejarah dalam pendopo utama, dan taman bagian dalam, perlu membeli tiket masuk. Teman-teman harus membayar biaya masuk sebesar 500 yen untuk anak SMA ke atas, 400 yen untuk anak SMP, dan gratis untuk anak SD ke bawah. Waktu-waktu seperti puncak musim semi (1-31 Maret) dan puncak musim gugur (1-31 November) biayanya naik 500 yen menjadi 1000 yen untuk anak SMA ke atas, 900 yen untuk anak SMP, dan gratis untuk anak SD ke bawah.

Cheap Hotels in Kyoto [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Kyoto Century Hotel
5 km away
from ¥10487/night
Hotel Ibis Styles Kyoto
5 km away
from ¥7800/night
Kyoto Plaza Hotel
6 km away
from ¥8800/night
Hotel Excellence Kyoto Ek
5 km away
from ¥5000/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Kimono Sale and Rental Fu
3 km away
Cantiknya kimono dari Fuuka Kimono
Jojakkoji Temple Kyoto
11 km away
Pohon maple di Jojakkoji Temple Kyoto
Okazaki Canal Cruise
1 km away
Musim semi di Okazaki Canal Cruise
Resort Ski Hirogawara Kyo
28 km away
Tempat bermain anak-anak di Resort Ski Hirogawara Kyoto

Sumber gambar: nyakuoji picture, Flickr Kyoto-Picture, Kyoto-Picture, Kyoto-Picture, Kyoto-Picture


Recommended for you


Last modified: March 23, 2020 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!