Stasiun Osaka

Home / Shopping Center / Stasiun Osaka
Item image

Stasiun Osaka adalah stasiun utama kereta di wilayah Osaka. Stasiun ini menjadi pusat transportasi (transportation hub) Osaka dengan kota-kota lain di sekitarnya, seperti Kyoto, Kobe, Himeji, dan juga Bandara Kansai. Bangunan Stasiun Osaka yang sekarang kita lihat adalah hasil renovasi besar-besaran yang dilakukan dari tahun 2010-2011. Ukuran stasiun yang tidak bisa diperbesar lagi membuat pemerintah harus membangun stasiun lain untuk menampung lalu lintas kereta Shinkansen yang sudah sangat padat. Itulah mengapa Stasiun Shin-Osaka (persis di bagian utara Stasiun Osaka) dibangun untuk rute kereta jarak jauh shinkansen dari Tokyo, Nagoya, hingga Hiroshima dan Hakata. Ini dia kegiatan seru yang bisa kita lakukan di Stasiun Osaka, stasiun kereta paling atraktif yang ada di Jepang.

Mungkin banyak pembaca website infojepang yang masih bingung antara Stasiun Osaka, Stasiun Shin-Osaka, dan Stasiun Umeda. Stasiun Shin-Osaka sendiri terletak sedikit ke arah utara, dan seperti yang sudah saya jelaskan, stasiun ini melayani rute kereta Shinkansen dan juga kereta ekspress Haruka ke Bandara Kansai. Sementara itu, kompleks Stasiun Osaka dan Stasiun Umeda berada dalam area yang sama.

Stasiun kereta yang ada di atas permukaan tanah antara lain adalah:

Sementara itu, stasiun kereta yang ada di bawah permukaan tanah antara lain adalah:

  • Stasiun Hanshin Umeda, yang melayani rute kereta Hanshin menuju Kobe. Baca juga: Berkeliling Kansai murah dengan Hanshin Tourist Pass
  • Stasiun Umeda, yang melayani kereta subway Midosuji Line
  • Stasiun Nishi-Umeda, yang melayani kereta subway Yotsubashi Line
  • Stasiun Higashi-Umeda, yang melayani kereta subway Tanimachi Line

Kegiatan di Stasiun Osaka

1. Melihat lalu lintas kereta yang begitu dinamis

Buat kamu yang suka panorama kereta atau pemandangan unik, mungkin berhenti sejenak untuk melihat lalu lintas kereta api di Stasiun Osaka akan jadi pengalaman unik dan menyenangkan. Dari atas jembatan yang menghubungkan bangunan di sisi utara dan selatan Stasiun Osaka kita bisa melihat pemandangan kereta yang lalu lalang dibawah. Nama jembatan ini adalah Toki no Hiroba (Time and Space Plaza).

Pemandangan stasiun Osaka Jepang

Pemandangan stasiun Osaka Jepang

Yang tidak boleh terlewatkan saat mengunjungi Stasiun Osaka terutama di North Gate Building adalah ladang pertanian yang berada di lantai 11. Dikenal dengan nama Sky Farm, kita bisa melihat aneka buah dan sayuran yang ditanam secara organik di dalam gedung, bahkan gedung bertingkat! Keren banget!

Suasana Toki no Hiroba di Stasiun Osaka

Suasana Toki no Hiroba di Stasiun Osaka

2. Belanja aneka pakaian dan oleh-oleh

Pusat perbelanjaan di Stasiun Osaka dibagi menjadi dua bagian besar, bangunan utara (North Gate Building) dan bangunan selatan (South Gate Building). Di bangunan sisi utara, ada pusat perbelanjaan Lucua, lalu area observasi Yawaragi no Niwa dan Kaze no Hiroba yang mempunyai pemandangan ke arah Osaka dan Pegunungan Rokko Kobe, dan terakhir taman Tenku no Noen di atap.

Bermain di Tenku no Koen Stasiun Osaka

Bermain di Tenku no Koen Stasiun Osaka

Sementara itu, di bangunan selatan, ada pusat perbelanjaan setinggi 14 lantai Daimaru yang menjual aneka pakaian, peralatan olahraga, tas, lalu ada juga toko Uniqlo dan Tokyu serta Pokemon Center yang banyak diserbu wisatawan yang berburu oleh-oleh. Sebagian besar barang-barangnya dibagi menjadi beberapa lantai tertentu, semisal pakaian ada di 6 lantai terbawah, lalu ada aksesoris dan sepatu di lantai berikutnya. Jadi buat kamu yang mau belanja, siap-siap fisik ya karena dijamin kamu bakalan “banyak jalan dan banyak berdiri” di sini.

Oiya, di lantai 15, 16, dan 17, kita bisa menyantap makanan lezat sambil menikmati pemandangan kota Osaka di restoran Taiyo no Hiroba. Para wisatawan yang masih muda biasanya berkumpul di sini malam harinya untuk menikmati makan malam romantis bersama dnegan teman atau pasangan setelah lelah seharian keliling Osaka.

Tempat Mandi dan bersiap-siap di sekitaran Stasiun Osaka dan Umeda

Buat teman-teman yang tiba pagi hari di Stasiun Osaka, baik yang mendarat penerbangan pagi di Bandara Kansai maupun yang naik bus malam dari Tokyo tidak perlu bingung karena ada beberapa tempat yang bisa digunakan untuk mandi di sekitaran Stasiun Osaka.

  1. Manga Cafe Sonezaki Osaka
    Manga Cafe ini menyediakan layanan mandi dan ruangan untuk menaruh tas atau koper. Harganya 410 yen untuk waktu menyewa ruangan kamar dan kamar mandi selama 30 menit. Harga tersebut sudah termasuk perlengkapan mandi dan juga handuk. Alamatnya di 2-11-5 Sonezaki , Kita-ku, Osaka-shi(city), Osaka. Lihat langsung di Google Maps.
  2. Media Cafe Popeye
    Media Cafe Popeye ini juga menyediakan layanan kamar mandi untuk bersiap. Harganya 410 yen untuk waktu 1 jam, tersedia perlengkapan mandi namun tidak tersedia handuk. Alamatnya ada di 2-3-21 Sonezakishinchi , Kita-ku, Osaka-shi(city), Osaka. Lihat langsung di Google Maps.
  3. AX building B1F
    Di sini kita bisa mandi gratis. Alamatnya ada di 1-8-1 Shibata, Kita-ku, Osaka-shi(city), Osaka. Lihat langsung di Google Maps.
  4. VIP Lounge Osaka
    Bisa internet, santai, minum kopi gratis, kursi pijat gratis. Kalau ingin mandi bisa membayar 500 yen untuk 25 menit mandi. Bisa dicek di websitenya (dalam bahasa Jepang).

Akses menuju Stasiun Osaka

tempat wisata di sekitar stasiun osaka

Tempat wisata di sekitar Stasiun Osaka – Umeda

Dari Stasiun Shin-Osaka (yang dilalui kereta Shinkansen dari Tokyo dan Kyoto), kita tinggal naik kereta JR Kyoto Line selama 3 menit dengan ongkos 160 yen sampai ke Osaka Station.

Kalau teman-teman dari Namba, tinggal naik kereta subway Midosuji Line dan turun di Stasiun Subway Umeda. Lama perjalanan sekitar 8 menit dengan ongkos 240 yen. Lalu kita bisa berjalan kaki sampai Stasiun Osaka selama 5 menit.

Dari Stasiun Kyoto, kita bisa naik kereta JR Kyoto Line selama 30 menit dengan ongkos 560 yen.

Dari Bandara Kansai, bisa naik kereta limited ekspress Haruka sampai Stasiun Osaka. Lama perjalanannya sekitar 50 menit dengan ongkos 2.330 yen.

Dari Stasiun Tokyo, bisa naik kereta Shinkansen Nozomi, Hikari, atau Kodama. Kereta Hikari dan Kodama tercover sepenuhnya dengan JR Pass. Lama perjalanannya sekitar 3 jam dengan ongkos 13.620 yen.

Buat kamu yang ingin berkeliling wilayah Kansai, seperti mengunjungi Umeda Osaka, Gunung Rokko dan seluruh objek wisata di Sannomiya Kobe, maupun Gion, Pasar Nishiki, dan Arashiyama di Kyoto, Tim Info Jepang menyarankan untuk membeli Hankyu Tourist Pass. Pass seharga 700  yen (satu hari) dan 1.200 yen (dua hari) ini jauh lebih murah dibandingkan JR Kansai Pass.

Cheap Hotels in Osaka [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Namba Hostel
5 km away
Namba Hostel
from ‎¥4500/night
Osaka Guesthouse Sakura
4 km away
from ¥4552/night
Guesthouse Enn Nipponbash
5 km away
from ¥12279/night
Osaka Marriott Miyako Hot
7 km away
from ¥19900/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Namba Osaka
4 km away
Suasana Namba Osaka di malam hari
Observatorium Sakishima O
10 km away
Observatorium Sakishima Osaka pada malam hari
Shin Saibashi Osaka
3 km away
Suasana Shin Saibashi Osaka
Aqua Bus Osaka
3 km away
Aqua Bus Osaka di Dotombori

Sumber gambar: Flickr Cheng-en Cheng, SY Huang, nolativ, hiromitsu morimoto, Emma Taylor


Recommended for you


Last modified: July 15, 2018 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Comments (73)

  1. Selamat malam pak, bln des 2018 sy rcn mau ke jepang dgn rute perjalanan: tokyo – nagoya – tokyo – osaka – kyoto -osaka – nara – bandara kansai jika membeli jr pass 7 hr apakah cukup menguntungkan.? Mohon penjelasan, terima kasih.

    • Nugroho Christian  |  

      Sudah akan balik modal bu, untuk rute Tokyo-Stasiun Nagoya saja sudah 10.360 yen, untuk pulang pergi berarti 20.720 yen. Sementara ongkos shinkansen dari Tokyo ke Osaka 13.000-an yen, ditambah ongkos ke Nara, Kyoto, dan Bandara Kansai yang tercover, tentu sudah akan balik modal. Salam.

  2. Des 2018 saya akan liburan ke jepang pertama kali.
    Mohon info kalau dari tokyo ke osaka naik bis sebaiknya bis apa ya?
    Saya inap di area shinjuku, tokyo…. dan di osaka sebaiknya turun di stasiun mana?
    Saya belum cari info htl di osaka juga ya
    Trima kasih pak

    • Berarti, walaupun nanti saya mendarat di narita, dan naik narita ekspress ke tokyonya, masih lebih murah beli tiket sAtuan ketimbang JR pass ya?

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Ya betul ibu, JR PASS baru balik modal kalau ada perjalanan shinkansen jarak jauh, misalnya dari Tokyo-Osaka, dan Osaka-Tokyo (minimal 2 kali). Salam

    • Terima kasih pak,
      Bertanya lagi, maksudnya Osaka-Kyoto (minimal 2 kali) itu maksudnya PP? Atau 2 kali PP Osaka-Kyoto.

      Biar lebih jelas lagi, itinerary sya itu. Narita- tokyo (3 hari)-osaka (1 hari)- kyoto (1 hari) -Osaka. Dengan rute ini lebih baik beli satuan aja kan ya?

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Maksudnya perjalanan shinkansen jarak jauh bu, dari Tokyo-Osaka lalu kembali lagi Osaka-Tokyo.
      Namun karena ibu tiba di Tokyo, kembali dari Kansai Airport di Osaka, alias hanya 1 kali naik shinkansen, maka JR PASS akan rugi.
      Ibu lebih baik membeli tiket satuan. Salam

  3. Malam Pak Nugroho,
    Dari area Dotonbori lebih baik ke Shin-Osaka Station atau Osaka Station kalau mau ke Tokyo naik shinkansen? Saya ada JR Pass. terima kasih.

    • Nugroho Christian  |  

      Kalau mau naik kereta Shinkansen ke Tokyo, lebih baik langsung ke Stasiun Shin-Osaka saja, dengan naik kereta subway Midosuji Line dari Namba. Salam.

    • Nugroho Christian  |  

      Tidak ada bu, harus ke Stasiun Tokyo dahulu, karena kereta shinkansen ke Kyoto atau Osaka berangkatnya dari Tokyo. Salam.

  4. Siang Pak..

    1. Kalau shinkansen dari osaka ke Tokyo apakah harus dari Shin Osaka atau bisa dari Namba Station yah?

    2. Kalau dari Sapporo hendak ke bandara new chitose sebaiknya dari station mana dan apakah direct yah Pak? Ada diinfo katanya pakai JR Line yah Pak?

    Tq Pak..

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!