Informasi Kansai Pass

You are here Home  > Tips Wisata, Transportasi Jepang, Wisata Jepang >  Informasi Kansai Pass

Di artikel kali ini, Tim Info Jepang sudah merangkum strategi dan tips perjalanan ke Nara, Kyoto, atau Osaka, kota-kota besar di daerah Kansai. Artikel ini bertujuan menjawab banyak pertanyaan yang masuk ke Tim Info Jepang bagaimana merencanakan perjalanan di daerah Kansai. Kami juga akan menjelaskan jenis tiket apa yang sebaiknya dibeli untuk menghemat biaya perjalanan. Lalu, bagaimana kita memilih Kansai pass yang sesuai dengan keinginan dan objek wisata yang ingin dikunjungi. Simak penjelasan selengkapnya berikut.

1. JR Kansai Pass

Cocok untuk: perjalanan dari Kansai Airport, Nara, objek wisata Osaka seperti Tennoji dan Shinsekai, Namba, Universal Studio Japan, objek wisata di Kyoto seperti Kuil Fushimi Inari, Saga Arashiyama, kota Tsuruga dan Kusatsu di Prefektur Shiga, kota Kobe dan Himeji di Prefektur Hyogo.

JR Kansai Pass bisa dibeli langsung secara online di website Japan-Rail-Pass, atau melalui agen travel, dan di seluruh stasiun besar di wilayah Kansai. Jika membeli di Jepang, harganya sedikit lebih mahal ketimbang membeli secara online sebelum tiba di Jepang.

Kereta yang bisa dinaiki GRATIS: kereta ekspress Haruka ke Kansai Airport (non-reserved) dan seluruh kereta lokal dan rapid.

Kereta yang perlu biaya tambahan: kereta ekspress Haruka ke Kansai Airport (reserved), kereta ekspress lainnya, kereta Shinkansen.

Harga:

  • Tiket terusan 1 hari: 2,300 yen (dewasa), anak >12 tahun 1,150 yen
  • Tiket terusan 2 hari: 4,500 yen (dewasa), anak >12 tahun 2,250 yen
  • Tiket terusan 3 hari: 5,500 yen (dewasa), anak >12 tahun 2,750 yen
  • Tiket terusan 4 hari: 6,500 yen (dewasa), anak >12 tahun 3,250 yen
  • Jika beli online sebelum datang ke Jepang akan ada potongan 100-200 yen.
    Hari yang dimaksud ada hari berurutan.

2. JR Wide Kansai Pass

Cocok untuk: area perjalanan sama seperti JR Kansai Pass, ditambah daerah Prefektur Okayama, Takamatsu di Shikoku (sebelah barat Kyoto), dan daerah Fukuchiyama, Amanohashidate di Maizuru, serta pemandian air panas Kinosaki Onsen di utara Kyoto.

Pemandangan daerah wisata Kinosaki Onsen

Pemandangan daerah wisata Kinosaki Onsen

Kereta yang bisa dinaiki GRATIS: sama dengan JR Kansai Pass, ditambah kereta Shinkansen dari Shin Osaka sampai Okayama (non-reserved) dan semua kereta ekspress.

Kereta yang perlu biaya tambahan: kereta Shinkansen ke Tokyo, ke Fukuoka yang keluar dari daerah jangkauan Kansai.

Harga:
Tiket terusan 5 hari: 8,500 yen (dewasa), anak >12 tahun 4,250 yen
Jika beli online sebelum datang ke Jepang akan ada potongan 500 yen.
5 Hari yang dimaksud adalah 5 hari berurutan.
Rugi jika hanya dipakai berkeliling pusat kota Osaka, pusat kota Kyoto, atau pusat kota Nara.

JR Kansai Pass bisa dibeli langsung secara online di website Japan-Rail-Pass, atau melalui agen travel, dan di seluruh stasiun besar di wilayah Kansai. Jika membeli di Jepang, harganya sedikit lebih mahal (9.000 yen) ketimbang membeli secara online (8.500 yen) sebelum tiba di Jepang.

3. Kansai Thru Pass

Cocok untuk: Anda yang tidak membeli JR PASS dan berlibur ke daerah Kansai. Dibandingkan dengan JR Kansai Pass, Kansai Thru Pass mencakup lebih banyak tempat wisata dan stasiun karena mengcover ongkos kereta non-JR yang tentu lebih banyak daripada kereta JR.

Kereta yang bisa dinaiki GRATIS: seluruh kereta non-JR yang menghubungkan Kansai Airport, Wakayama, Nara, stasiun Demachiyanagi, Gion, Kawaramachi, Kurama, Arashiyama di prefektur Kyoto, Umeda, Namba di prefektur Osaka, Kobe dan Himeji di prefektur Hyogo. Kansai Thru Pass mencakup juga Kyoto One Day Bus Card.

Tidak mencakup kereta menuju ke Universal Studio Japan, Kuil Horyuji dan Kompleks Gunung Yoshino di Prefektur Nara. Rugi jika hanya dipakai berkeliling pusat kota Osaka, pusat kota Kyoto, atau pusat kota Nara.

Meskipun  Kansai Through Pass ini tidak bisa kita gunakan untuk pergi ke Universal Studio Osaka secara langsung, teman-teman bisa naik kereta sampai Stasiun Nishikujo (yang tercover dengan Kansai Through Pass) lalu naik kereta JR Yumesaki ke Stasiun Universal City di depan pintu masuk Universal Studio Osaka.

Beberapa objek wisata terkenal kota Kyoto yang bisa dikunjungi dengan free pass ini antara lain: Kuil Kiyomizudera, Kuil Tofukuji, Kuil Ginkakuji, Kuil Fushimi Inari. Juga pusat kota Gion atau ke Kuil Kifune Jinja atau Kuil Shimogamo. Untuk jalur kereta Uji sangat praktis jika ingin pergi ke Kuil Byodoin, kuil megah di kota Uji. Bisa juga digunakan untuk tempat-tempat wisata di Arashiyama seperti Kuil Tenryuuji, Kuil Jujakukoji, Kuil Hokyoin, Okachi Sanso, Jembatan Togetsubashi, Kuil Kokedera.

Kereta yang perlu biaya tambahan: kereta Shinkansen ke Tokyo, ke Fukuoka yang keluar dari daerah jangkauan Kansai.

Harga:

  • Tiket terusan 2 hari: 4,000 yen (dewasa), anak >12 tahun 2,000 yen
  • Tiket terusan 3 hari: 5,200 yen (dewasa), anak >12 tahun 2,600 yen
  • Tiket ini terhitung perhari, jadi teman-teman bisa pakai tiket terusan 2 hari, berkeliling di hari pertama, bermain satu hari di USJ, berkeliling lagi di hari terakhir.


Beli Online
Kansai Thru Pass

Informasi Kansai Pass

4. Keihan Kyoto-Osaka Sightseeing Pass

Tiket ini dikeluarkan oleh perusahaan kereta Keihan, yang menghubungkan kota Osaka dan Kyoto dari jalur timur. Ada dua jenis yang pertama tiket terusan Osaka-Kyoto (1 atau 2 hari) dan tiket terusan wilayah Kyoto saja (1 hari). Kereta Keihan di Osaka menghubungkan stasiun seperti Yodoyabashi, Tenmabashi dan Kyobashi. Di Kyoto sendiri stasiun kereta Keihan yang terkenal antara lain Fushimi Inari, Tofukuji, Kiyomizu gojo (di dekat Kuil Kiyomizudera), Gion Shijo (dekat Gion Kyoto), dan Demachiyanagi (seluruhnya berada di sebelah timur kota Kyoto).

Cocok untuk: yang tidak memiliki JR PASS atau Kansai Surutto Pass tapi ingin jalan-jalan Kyoto dan Osaka dengan murah. Tiket terusan ini sebetulnya satu bagian dengan Kansai Surutto Pass, maksudnya tiket terusan ini seluruhnya tercover jika membeli Kansai Surutto Pass. Beberapa objek wisata terkenal yang bisa dikunjungi antara lain: Kuil Kiyomizudera, Kuil Tofukuji, Kuil Ginkakuji, Kuil Fushimi Inari (tidak perlu pindah-pindah naik bus, bisa dengan kereta dan stasiunnya sangat dekat dengan kuil tersebut). Lalu ke pusat kota Gion atau ke Kuil Kifune Jinja atau Kuil Shimogamo (dekat dengan stasiun terakhir Keihan: Demachiyanagi). Untuk jalur kereta Uji sangat praktis jika ingin pergi ke Kuil Byodoin, kuil megah di kota Uji.

Kereta yang bisa dinaiki GRATIS: kereta Keihan main line dan kereta Keihan menuju Uji.

Harga:

  • Untuk tiket terusan Osaka-Kyoto 1 hari: 700 yen untuk dewasa.
  • Untuk tiket terusan Osaka-Kyoto 2 hari: 1000 yen untuk dewasa.
  • Untuk tiket terusan Kyoto 1 hari: 500 yen untuk dewasa.
  • Tersedia juga tiket untuk anak-anak dibawah 12 tahun dengan harga setengahnya.

Perlu diperhatikan bahwa tiket ini tidak dijual di stasiun kereta Keihan, hanya bisa dibeli di Pusat Informasi Turis di Kansai Airport, pusat informasi turis di Shinsaibashi, dan pusat informasi turis di Kyoto. Bisa juga membeli via online.

Contoh penggunaan Keihan Kyoto-Osaka Sightseeing Pass ke Fushimi Inari, Kiyomizudera, Gion, dan Arashiyama

Kerekansta keihan di Osaka berangkat dari Kyobashi Station (3 stasiun setelah Osaka Station), dan masuk ke Kyoto dari sebelah timur. Alias tidak lewat Kyoto Station. Dengan kata lain, jadi ribet kalau ingin membeli Kyoto Bus Pass yang loketnya di Kyoto Station.

Dengan Kereta Keihan Line, bisa ke Fushimi Inari (jalan kaki dari Fushimi Inari Station di jalur kereta Keihan), ke Kiyomizudera (jalan kaki 25 menit dari Kiyomizugojo Station di jalur kereta Keihan), dan kemudian ke Gion (jalan kaki 5 menit dari Gion-Shijo Station di jalur kereta Keihan).

Kalau mau ke Arashiyama (baca itinerary perjalanan ke Arashiyama), dari Gion bisa jalan kaki ke arah Stasiun Kawaramachi dan naik kereta Hankyu sampai Arashiyama. Ongkos kereta PP ke Gion (Kawaramachi Station ke Arashiyama) ini tidak tercover oleh Keihan Kyoto-Osaka Sightseeing Pass. Untuk perjalanan kembali ke Osaka, rutenya: Gion Shijo-Kyobashi-Osaka.

Tips dari Tim Info Jepang mengenai Kansai Pass

Berikut adalah tips Info Jepang bagi teman-teman yang ingin berlibur mengelilingi objek-objek wisata di daerah Kansai dan menemukan informasi mengenai Kansai Pass. Buat teman-teman yang tidak memiliki JR Pass, dan hanya ingin berkeliling Kyoto, Nara dan Osaka, TIDAK PERLU membeli JR Kansai Pass atau JR Wide Kansai Pass. Dengan kartu Suica atau ICOCA lain jauh lebih ekonomis. Namun perlu perhitungan jika pulang atau datang dari Kansai Airport dengan kereta ekspress Haruka. Untuk informasi lebih lanjut dan perhitungan selengkapnya bisa menghubungi Tim Info Jepang.

Selain itu, kalau teman-teman hanya ingin mengunjungi tempat-tempat wisata di Osaka, cukup menggunakan Osaka Amazing Pass. Atau jika ingin mengunjungi tempat-tempat wisata di Kyoto, bisa menggunakan tiket terusan bus di Kyoto.

  • Kalau hanya ingin berkeliling Kobe – Osaka – Kyoto, lebih menguntungkan membeli Hankyu Tourist Pass.
  • Kalau hanya ingin berkeliling Kobe – Osaka, lebih menguntungkan dengan menggunakan Hanshin Tourist Pass.
  • Jika mengunjungi Osaka dan berkeliling kuil-kuil di Kyoto Timur, jauh lebih menguntungkan dengan Keihan Kyoto Sightseeing Pass.
  • Jika mengunjungi Osaka – Kyoto – Nara – sampai Gunung Yoshino, lebih baik menggunakan Kintetsu Rail Pass 1 atau 2 hari.
  • Jika bepergian dari Umeda ke Himeji dengan kereta limited ekspress Through Sanyo/Himeji, ongkos tiketnya 1.280 yen (satu arah) dan 2.560 yen (PP).
  • Jika mau mengunjungi Gunung Yoshino yang terkenal dengan pemandangan 30000 pohon bunga sakuranya, ongkos tiketnya dari Umeda sebesar 960 yen (satu arah) atau 1.920 yen (PP).

Tips+Trik Liburan Hemat dengan Free Pass Kereta (selengkapnya)

Ke Shirakawago dengan Takayama Hokuriku Pass

Takayama Hokuriku Pass adalah salah satu pass kereta yang bisa digunakan untuk bepergian dengan naik kereta dari Kyoto atau Osaka, Nagoya, Takayama, Kanazawa, sampai ke Toyama.

Suasana platform Tokaido Shinkansen di Tokyo Station

Rangkuman tips membawa koper saat bepergian naik kereta di Jepang, naik shinkansen atau kereta ekspress dan kereta lokal di dalam kota Tokyo, Kyoto, dan Osaka.

kereta shinkansen

Liburan di Jepang pasti tidak jauh dengan yang transportasi kereta, dan supaya kamu tidak malu-maluin, ayo baca dulu etika naik kereta di Jepang.

Keliling Osaka Kyoto Murah dengan Keihan Sightseeing Pass

Buat kamu yang mau berkeliling dan mengunjungi Osaka dan kuil-kuil bersejarah di Kyoto, Keihan Sightseeing Pass bisa jadi solusi terbaik untuk menghemat ongkos perjalanannya

Liburan ke Yokohama hemat dengan pass kereta di Yokohama

Informasi pass kereta di Yokohama yang bakalan membuat liburan kita ke Yokohama menjadi praktis, dan tentu lebih murah: Yokohama Minatomirai Pass, Minatomirai Line One Day Ticket, Tokyu Tokyo Metro Pass dan lainnya.

Berjalan kaki melewati tembok Salju di Tateyama

Maksimalkan JR PASS dengan itinerary perjalanan Tateyama Kurobe Alpine Route dengan menginap di Toyama atau Kanazawa, lalu pergi ke Tokyo atau Kyoto/ Osaka di hari berikutnya.


Sumber gambar: Flickr Wong Kenny, Chun-Chih FAN


Recommended for you

Last modified: July 21, 2017

Comments (168)

  1. Pak Nugroho, saya mau tanya,
    Saya dari tokyo naik willer bus dan tiba di kyoto stasiun di pagi hari.
    di tokyo saya menggunakan Pasmo/Suica.
    Nah rencana, saya mau half day di kyoto, hanya ke fushimi inari, arashiyama dan Gion.
    Nah, saya bingung, ketika sampai di kyoto stasiun, saya lebih baik membeli pass apa ya?
    apakah ICOCA atau pass yang lain?
    Karena sorenya, saya berencana naik shinkansen ke Osaka.

    Thank you.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Kalau hanya 3 tempat itu, silahkan pakai ICOCA saja bu, tidak perlu beli pass kereta lagi. Satu lagi, untuk ke Osaka, bisa naik kereta JR Kyoto Line saja yang lebih murah. Salam.

  2. salam!

    saya ingin tanya,

    apabila hari pertama saya sampai di bandara osaka KIX sore hari, lanjut ke pusat kota dan lanjut keliling osaka hingga malam hari. dan besoknya saya mau ke kyoto seharian penuh dan sorenya balik lagi ke osaka. kira2 biar hemat saya perlu pake pass apa ya?

    apakah bisa saya pakai Yokoso Pass untuk hari pertama dan hari kedua pake hankyu pass atau keihan kyoto osaka sightseeing pass? mohon saran nya supaya biar hemat.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Pak. Kalau sampai di Kansai Airport sore hari, berarti hanya akan bisa pergi ke satu atau dua tempat di Osaka. Nah, kalau begitu pass kereta malah akan rugi. Untuk hari pertama bapak bisa menggunakan ICOCA atau beli tiket satuan saja. Kemudian mengenai penggunaan hankyu pass atau keihan kyoto osaka sightseeing pass, itu tergantung lokasi bapak menginap dan tempat wisata yang ingin dikunjungi di Kyoto. Jadi mohon info lengkapnya pak. Salam

    • harga icoca itu kena brp yah? soalnya kalau pake yokoso itu hanya 180rb saja. kalo misal saya menginap dekat dgn stasiun subway dobutsuenmae baiknya pake pass apa?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      ICOCA itu e-money pak, belinya 2000 yen, tapi saldo yang bisa dipakai buat membayar ya 2000 yen (bisa dipakai buat naik kereta, bus, atau beli makanan). Kalau Yokoso itu pass kereta. Kalau hanya mau mengunjungi sedikit tempat, mungkin lebih menguntungkan ICOCA. Kalau banyak, Yokoso bisa jadi solusi terbaik.

  3. Halo mas Nugroho,
    Saya tiba di Kansai Airport jam 21.25. Kl sy tdk salah baca tiket ketengan k stasiun Osaka 1000 Yen. Besoknya saya akan menikmati tempat2 wisata di osaka seharian. Lalu besoknya lagi mau pindah dan jalan2 di Kyoto.
    Pertanyaan saya :
    1.kl sy membeli Keihan Kyoto Osaka Pass utk 2 hari, apakah bs mengcover transportasi sy dr Kansai Airport ke Stasiun Osaka?
    2. Utk jalan2 di hari kedua saya rencana membeli osaka amazing pass.
    3. Di hari ketiga menuju Kyoto dan jalan2 di bbrp tempat di Kyoto, apakah bs kembali menggunakan Keihan Kyoto Osaka Pass nya?
    Mohon bantuannya.. Terima kasih 🙂

  4. Siang pak,
    Itin saya sbb:
    Day 1 : KIX – Rinku – apartment (Hanazonokita, Nishinari Ward) – Dotonburi
    Day 2 : USJ
    Day 3 : Osaka castle – Umeda sky building – Tempozan ferris – Santa Maria Cruise
    Day 4 : Kyoto – Arashiyama – Fushimi Inari – Gion – Kinkakuji
    Day 5 : Kobe Harborland
    Day 6 : Nara park
    Day 7 : Apartment – KIX
    Rencana saya akan beli Osaka Amazing Pass (Osaka) dan One Day Bus Pass (Kyoto).
    Nah.. Pass untuk train yang saya perlukan apa ya yang paling tepat?
    Mengingat kalo dari apartment train yang terdekat adalah Hanazono (which is bukan JR train).
    JR train yang terdekat adalah Shin Imamiya dengan berjalan kaki 15-20menit menurut google.

    Mohon saran nya ya pak.
    Thanks in advance

  5. Mas, saya mau tanya. Kalau saya tiba di Osaka sore hari, menginap di Namba, malamnya hanya ke Dotonburi, Kemudia besok pagi nya ke Kyoto untuk half day tour, sore nya balik ke Osaka dan ke Osaka Castle, kemudia besoknya pagi-pagi sudah ke Kansai Airport, sebaiknya pakai pass apa ya?

    Terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Sepertinya tidak ada pass yang cocok pak Erlangga, silahkan beli tiket ketengan atau menggunakan ICOCA saja pak. Salam.

  6. Selamat malam kalau misalkan saya berencana dari kyoto mau ke nara, himeji, dan kobe terakhir akan meninap di osaka. Lebih baik menggunakan pass atau tidak ya? Kalau iya yang mana. Dan apa mungkin bisa berkunjung ke tiga kota tersebut sekaligus? terimakasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Apakah ingin mengunjungi nara, Himeji, dan Kobe dalam satu hari? Sepertinya akan sulit kalau ingin mengunjungi ketiga tempat itu bu, yang ada malah terburu-buru dan tidak bisa menikmati liburan. Kalau ingin mengunjungi dalam dua atau tiga hari bisa menggunakan pass. Salam

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Tergantung Syifa mau kemana saja selama di Kansai. Kalau hanya seputaran Kyoto Osaka, tidak perlu membeli pass, silahkan beli tiket ketengan saja. Tapi kalau mau keliling Kansai seperti ke Kobe, Nara, Himeji, bisa membeli pass-pass yang saya sampaikan di atas. Salam.

  7. Selamat sore pak, maaf saya masih sedikit bingung karena ada beberapa jenis pass yang berbeda2. Saya mohon informasinya supaya tidak salah membeli. Rencana akan berangkat Jkt-Osaka-Jkt, stay full di Osaka selama 8 malam. Perjalanan:
    Day 1: KIX-Shin Osaka
    Day 2: Osaka – Kyoto – Malam balik Osaka (rencana keliling Kyoto North dan West)
    Day 3: Osaka – Kyoto – Osaka (Kyoto East dan South)
    Day 4: Osaka – Nara – Osaka
    Day 5: Osaka – Himeji – Kobe – Osaka
    Day 6: Universal Studio
    Day 7: City Tour Osaka (Osaka Amazing Pass)
    Nah pertanyaannya adalah untuk hari k2 sampai hari k5, mohon rekomendasi pass yang cocok apakah JR West Pass, JR Wide Kansai Pass atau Kansai Pass (non JR)?
    Kalau saya baca2 dari artikel bapak, JR West dengan JR Wide bedanya adalah cakupan wide itu mencakup sampai ke area Okayama sedangan JR West tidak? Dan untuk keretanya apakah JR West juga bisa menggunakan rapid train Osaka Kyoto seperti JR Wide?
    Mohon rekomendasi pass yang sesuai untuk kami pak.
    Terima kasih banyak untuk informasinya dan artikelnya sangat berguna dan informatif sekali.

  8. Selamat siang. Saya mau tanya. Saya rencana ke osaka-kyoto-tokyo
    Hari 1. Airport kix ke namba osaka dan jalan2 daerah dontonburi,shinsaibaishi
    Hari 2. Osaka castle, umeda sky building dan wisata lain nya di osaka,
    Hari 3-4 Menuju kyoto
    Hari 5-6 menuju tokyo
    Hari 6-10 tokyo.
    Saya baru pertama kesana. Tranport apa aja yang baik untuk saya beli ya? Shinkansen nya hanya dari kyoto ke tokyo

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Ibu mau kemana saja ya? Mohon informasinya yang jelas. Kalau hanya seperti itu bagaimana Tim Info Jepang menjawabnya?
      Kalau masih bingung, Ibu bisa bisa menguhubungi Tour Guide Online Info Jepang yang siap membantu membuat itinerary dan menjawab semua pertanyaan selama di Jepang nanti, termasuk jenis-jenis pass kereta yang tepat dipergunakan. Salam

  9. Selamat siang!

    Saya masih bingung pass apa yg saya harus pilih selama 3 hari di osaka.

    Day 1: tiba di KIX pukul 4 sore langsung ke penginapan di hotel sun plaza 2 di nishinari-ku taishi. Lanjut jalan ke dotonbori dan jalan2 malam di osaka

    day 2 : Explore osaka satu hari penuh

    day 3: jalan ke Kyoto, fushinari dan arashiyama, lanjut ke ke kobe/nara baru balik lagi ke osaka ke bandara KIX karena penerbangan malam ke tokyo.

    Kira2 untuk menghemat, apakah saya cukup menggunakan KTP di hari pertama dan ke 3 dan di hari kedua saya cukup menggunakan OAP? Atau ada opsi pass yg lbh hemat? Dan kalo di hari ke 3 apakah saya bisa maksimal explore kyoto, kobe atau nara apabila dr pagi hari? Terima kasih.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Ibu cukup menggunakan Osaka Amazing Pass untuk hari kedua. Untuk perjalanan hari pertama dan ketiga, Kansai Thru Pass bisa digunakan, namun saran dari Tim Info Jepang, bapak bisa menghitung mana yang lebih murah: tetap menggunakan Kansai Thru Pass atau lebih murah pakai ICOCA Card saja. Salam

  10. Selamat siang pak
    Apakah ada jenis JR yg mencover perjalan tokyo-kyoto-osaka. Karena saya tiba di tokyo dan pulang dari osaka. Dan rasanya terlalu mahal apabila harus beli JR pass.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Kalau hanya ingin Tokyo-Kyoto-Osaka, cukup membeli tiket shinkansen sendiri saja Ibu. Tidak ada JR PASS lainnya yang menguntungkan dan bakal balik modal.
      Salam

  11. Sya rencana hari ini Sabtu 03062017 terbang ke Osaka by Gauda direct flight jam 23.20 nyampai di KIX jam 08.15. Ini baru pertma kali ke Jepang
    Minggu saya punya free time sebelum Senin meeting. Tapi persh membookingkan sy hotel di Kansai Airport hotel (nikko mandarin). nah sya pengen pergi ke Nara seharian. dan balik lagi ke Kansai Airport.
    Kira2 cocoknya Kartu yang mana ya?
    Day 1. Kansai – Nara muter2 Nara – Kansai (pake kartu apa)

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat sore Pak. Kalau hanya berkeliling tempat wisata di Nara, sepertinya tidak perlu membeli pass Pak. Bisa naik bus aja langsung ke Kintetsu Nara, dan keliling tempat wisata di Nara, kemudian kembali lagi ke Kansai Airport. Salam

  12. Selamat malam Mas Nugroho,
    Saya sangat kesulitan untuk booking bis malam sakura (sudah pakai google chrome translate). Ini situsnya https://www.489.fm Saya ingin naik bis itu karena menurut saya itu yang paling murah. Mohon bantuannya dengan sangat. Terima kasih.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Pak. Bapak mau reservasi bus darimana ke mana? Mungkin bisa menggunakan willer bus dengan menu reservasi dalam bahasa Inggris. Salam

  13. Pak mau nanya untuk rainbow card apa bisa cover kereta ke kansai international airport? Saya rencana dari kyoto. Lg mempertimbangkan untuk beli rainbow card atau enjoy eco card. Kira2 lebih oke yg mana yah pak? Dan apa rainbow dan eco card bisa dibeli di shin osaka? Thks

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Pak. Rainbow Card bisa dipakai untuk kereta ke Kansai Airport, sebab kartu ini hanya prepaid card, pengganti tiket kereta konvensional.
      Sedangkan Enjoy Eco Card hanya mengcover subway kota Osaka, dan tidak mengcover ongkos ke Kansai Airport. Salam

  14. Meilianti agus salim  |  

    Pagi pak Nugroho, saya memiliki jr pass yang habis ketika hari terakhir di kyoto, sehingga di hari terakhir saya berencana untuk membeli tiket buss 1 hari seharga 500 yen untuk explore kyoto. Keesokan hari nya saya akan ke osaka untuk stay 3 hari sampai akhirnya pulang ke indonesia, di osaka untuk explore, saya akan membeli osaka amazing pass 2 hari. Ada saran dari bapak, untuk pass yang harus saya beli untuk perjalanan dari kyoto ke osaka uehommachi. Dan saya ingin tanya, dari osaka uehommachi Ada bus langsung ke kansai airport +/- 50 menit, cara membayar bus itu, apakah bisa pakai icoca? Terima kasih.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Untuk perjalanan dari Kyoto ke Osaka Uehonmachi, tidak ada pass kereta yang cocok Ibu. Ada sih Kintetsu Rail Pass, tapi kalau hanya pergi sekali sepertinya tidak akan balik modal. Kemudian rencana membeli one day bus pass Kyoto 500 yen dan Osaka Amazing pass sudah tepat.
      Untuk bus ke Kansai Airport, biasanya tiket dibeli di loket tiket dan dibayar dengan uang tunai ibu. Salam

  15. Selamat siang,
    Team info jepang
    Saya berencana akan ke Osaka lalu plg di KIX, saya berencana beli KTP.
    tiba malam hari di Osaka. Begini kira:
    day 1 : Nara, Kyoto & Kobe
    day 2 : Kyoto & malem nya ke dotonburi
    day 3 : Osaka (explore Osaka) dan jam 7 malam brgkt ke KIX (pesawat jam 11malam)

    ini semua saya menginap di Osaka, jadi saya lebih baik membeli KTP atau ketengan?
    saya menginap di dkt namba station.
    dr Osaka ke nara, Kyoto dan kobe klo saya sudah beli KTP saya tdk perlu beli tiket ketengan lagi kan?
    KTP mencakup kereta untuk ke KIX juga kan?

    thank you

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Ya Kansai Thru Pass mengcover ongkos ke Nara, Kyoto, Kobe, dan Kansai Airport. Ibu silakan menghitung sendiri, mana yang lebih untung membeli Kansai Thru Pass atau ketengan, sebab Tim Info Jepang tidak tahu tujuan ibu kemana saja. Salam

  16. Selamat malam Pak Nugroho, say mau bertanya kira2 Pass apa yg ccok untuk itinerary saya dibawah ini :
    Day 1 : kansai airport – osaka. Osaka castle, sumiyoshi taisha, umeda sky building, dotonburi
    Day 2 – 3 : osaka (namba) – nara (deer park) – kobe (harbour land, meriken park) –> menginap di osaka
    Day 4 – 5: kyoto ( fushimi inari, arashiyama bamboo, kin kaku ji), Gion –> menginap di kyoto
    Day 6 : Tokyo – Lake kawaguchi, gotemba —> menginap di tokyo
    Day 7 – 8: sightseeing tokyo shinjuku shibuya
    Day 9 : disneysea

    Thank youu Pak bantuannya..

    • Irene  |  

      Terima kasih Pak Nugroho atas balasannya. Lalu untuk perjalanan drkansai airport dan selama di osaka, nara dan kobe apa lebih baik juga beli 1 day pass dan tiket lepasan ? Atau membeli Kansai day pass akan lebih menguntungkan?

      Lalu saya juga mau tanya Pak. Apa memungkinkan melakukan trip 1 day Nara dan Kobe? Atau lebih baik pisah hari, seperti 1 hari osaka – nara, dan hari selanjutnya osaka – kobe ?

      Than youu Pak.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Kalau melihat list daftar perjalanan selama di Osaka, Nara, dan Kobe sepertinya tidak perlu membeli pass harian lepas atau Kansai Pass.
      Kemudian, kalau ditanya apakah memungkinkan, jawabannya bisa melakukan perjalanan setengah hari ke Nara, dan setengah hari ke Kobe. Karena objek wisata di Kobe rata-rata lebih bagus dilihat saat malam hari. Salam

  17. Selamat pagi pak nugroho,

    Saya rencana 4 hari di osaka,
    1= kyoto
    2 = nara
    3= osaka
    4= pulang ke bandara KIX

    Tiket apa yg saya belntuk lebih efisien ? Apakah JR kansai pass 4 hati lebih efisien!

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Ibu rencananya kemana saja? Kalau hanya ke pusat kota, tidak perlu Kansai Pass.
      Beli tiket satuan jatuhnya masih lebih murah. Salam

    • Deny  |  

      Selamat Sore Pak Nugroho,
      Saya berencana ke Tokyo-Osaka dgn rencana sbb:
      1. 1 Hari keliling Tokyo
      2. 1 hari ke alpine kurobe – menginap di toyama
      3. Toyama ke Shirakawa Go
      4. Shirakawa Go ke Takayama
      5. Takayama ke Kanazawa
      6. Selanjutnya ke Kyoto dan Osaka
      Sebaiknya pass apa yg hrs saya beli?
      terima kasih

  18. Selamat Malam… Pak ada hal yang mau saya tanyakan.
    berikut ITINERARY saya,
    perkiraan saya sampai Kansai tgl 11 Jun jam 09:00 Pagi.
    Dan pulang tagl 14Jun jam 23:00 Malam…
    Menginap FULL di OSaka.

    11JUN : Osaka Castle – Nipponbashi – Dotonburi – Shinsaibashi (sekitaran Osaka kota)
    12JUN : Pasar Ikan Kuroshio (KAINAN) – Nara – Kobe – Osaka
    13JUN : KYOTO (Fushimi Inari – Arashiyama – GionDistrict – Pasar Nishiki) – Osaka
    14JUN : Jalan Sekitar osaka / Kyoto lalu terakhir ke Rinku Premium Outlet – Kansai Airport

    Jika Rute saya spt ini kira kira saya harus menggunakan PASS yang mana??
    Dan apakah JR KANSAI PASS mengcover Subway?? Dan kereta Limited express dan express tidak tercover ya??

    Terima kasih atas infonya,
    salam..

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Untuk hari pertama tidak perlu membeli pass ibu, sebab lebih murah kalau membeli tiket sendiri-sendiri.
      Untuk hari kedua bisa membeli Kansai Pass seharga 2200/ 2300 yen untuk perjalanan ke Wakayama, Nara, Kobe, dan Osaka. Bapak tapi harus nambah 240 yen dari Wakayama Station sampai ke Kainan Station. Untuk hari ketiga bisa membeli Keihan Kyoto-Osaka Sightseeing Pass.
      Lalu JR Kansai Pass hanya mengcover kereta JR tidak mengcover subway dan kereta limited express. Salam

  19. Halo admin saya mau tanya
    September nanti ada rencana ke jepang dan saya hanya ingin mengunjungi seputaran area kansai saja seperti osaka, kyoto dan nara.
    Saya ingin mengunjungi tempat tempat yg mainstream saja karena ini baru pertama akan kejepang
    Apakah tidak perlu membeli kansai area atau thru pass?
    Cukup dengan icoca saja?
    Terima kasih

  20. Pak Nugroho, saya mau tanya ttg Kansai area pass dengan Kansai thru pass.

    Saya mau ke Nara, Kobe, Himeji, wakayama dan Kyoto dan saya stay di Osaka.

    Rencana saya mau beli utk 2 hari, lebih baik beli kartu apa pak?

    Apakah kedua kartu tsb dapat di pakai di subway Osaka?

    Mohon bantuannya

    Terima Kasih

    Lebih baik pakai kartu apa?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Pak. Kalau mau ke Nara, Kobe, Himeji, wakayama dan Kyoto, maka Bapak lebih baik membeli Kansai Thru Pass.
      Kansai Thru Pass juga bisa dipakai di subway Osaka, sementara JR Kansai Wide Pass tidak mengcover ongkos subway Osaka. Salam

    • Hendri  |  

      Terima kasih pak utk bantuannya.

      Jika di bandingkan dengan Kansai area pass yg 2 hari 4,300 dengan kansai thru pass 2 hari 4,000 LBH baik mana pak?

      Rute sama Nara, Kyoto, Himeji, Kobe, wakayama dan subway Osaka

      Mohon infonya pak

      Terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Kansai Thru Pass mengcover juga one day bus pass di Kyoto dan ongkos kereta subway di Osaka, sementara Kansai Pass tidak.
      Jadi Tim Info Jepang pikir Kansai Thru Pass lebih tepat untuk bapak. Salam

  21. Selamat malam pak..saya mau bertanya jika tiba di kansai airport sekitar pukul 11 malam dan mau langsung ke kyoto apakah masih ada kereta ke kyoto? dgn catatan saya tidak menggunakan jr pass
    Terima kasih

  22. Selamat Siang Pak Nugroho,

    Mohon infonya. saya sampai di KIX tanggal 10 mei, jam 9 pagi. stay di shin imamiya 1 night. rencana mau langsung day tour.
    itin saya di osaka hanya 1D, planning ke :osaka castle, umeda sky building, dotonburi, shinsaibashi dan ke beberapa tempat yang free tercover amazing day pass.
    Saya masih bingung, apakah beli osaka amazing pass 1 day seharga 2500 yen dengan membeli tiket ketengan dari KIX ke osaka station atau beli osaka amazing pass nankai version 3200 yen? mana yang lebih murah?

    Mohon infonya juga, osaka amazing pass nankai expansion, apakah mengcover juga hankyu, keihan, hanshin, kinki railways?
    Bapak info kalau nankai version adalah sama dengan osaka amazing pass, hanya ketambahan cover perjalanan KIX ke Namba Station.
    yang saya tanyakan, apakah benefit2 yang didapat sama dengan osaka amazing pass (free of charge pada beberapa tempat yang tertera, saya ada download PDF details osaka amazing pass)

    Mohon sarannya, dari airport ke station namba / osaka station, lebih baik saya nitip koper di station atau saya ke hotel dulu untuk titip koper lalu day tour?

    Mohon jawabannya Pak Nugroho.

    Trimakasih,
    David

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Pak. Kalau memang berangkat dari Kansai Airport, langsung ingin jalan-jalan di Osaka satu hari, lebih bagus membeli yang Nankai Expansion Version. Karena kalau dibeli terpisah, ongkos kereta Nankai dari Kansai Airport ke Namba sudah 920 yen, jadi lebih untung kalau membeli Osaka Amazing Pass Nankai Expansion Version.
      Semua benefit Osaka Amazing Pass SAMA DENGAN Nankai Expansion Version, bedanya hanya plus ongkos kereta Nankai Line dari Kansai Airport ke Namba/ Osaka.
      Kemudian kalau bapak menginap di hotel, bisa langsung titip di hotel saja. Kebanyakan hotel menerima penitipan barang buat yang akan check in di hari yang sama. Ini lebih praktis dan murah daripada menggunakan loker. Salam

    • Terimakasih reply nya. saya sudah dicerahkan. Lalu mohon bertanya lagi pak. untuk nankai expansion apakah juga mengcover hankyu, keihan, hanshin dan kinki railways sesuai yang tertera di PDF osaka amazing pass?

      Kalau Pakai nankai expansion, bagaimana jalur nya ke shin station (shin imamiya hotel)?

      Terimakasih sebelumnya.

  23. mohon dijawab tim @infojepang
    saya rencana ada konfrensi di kyoto research park tanggal 9-11 mei nanti (hotel di daerah deket situ)
    VISA, HOTEL, tiket pesawat PP sudah ditangan
    nah saya plan rencana di jepang dari tanggal 8-13 mei
    pesawat PP dari CGK – KIX – CGK
    rencana pengen main2 juga di daerah sekitaran osaka – kyoto
    yang ingin saya tanyakan:
    1. saya harus naik apa dari bandara kansai ke kyoto research park tersebut?
    2. saya bingung mau membeli JRPass yang mahal atau FreePass, PAssmo, dll. (intinya tolong kasih saya saran dan pencerahan sebaiknya beli yang apa dan bgmn biar hemat? dan dimana saya bisa beli?
    3. tempat wisata daerah sekitar osaka – kyoto yang bisa diakses dengan PASS yg saya tanyakan (di nomer 2)
    4. maaf sebelumnya, saya muslim untuk makanan yang halah bgmn ya ??

    mohon dijawab… terimakasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      1. Dari Kansai, bisa naik kereta Haruka sampai Stasiun Kyoto. Dari Stasiun Kyoto, kita bisa naik kereta subway Karasuma dan turun di Stasiun Kitayama. Lama perjalanan sekitar 15 menit dengan ongkos tiket 290 yen. Dari Stasiun Kitayama, kita tinggal berjalan kaki selama 5 menit sampai ke area taman.
      2. Najih mau ke mana saja selama di Jepang? Apa mau ke Tokyo dan Osaka selain ke Kyoto?
      3. Mayoritas tempat wisata bisa dikunjungi dengan JR Pass, atau kombinasi dengan Osaka Amazing Pass dan Free Pass Kyoto.
      4. Ada banyak restoran dengan label halal, atau bisa meminta staff hotel menyediakan menu halal. Salam.

    • Najih Anis  |  

      1. terimakasih.penjelasannya
      2. rencana cuma mau wisata disekitar kyoto-osaka aja gak sampe ke tokyo… ada saran untuk destinasi dan apa yg perlu saya lakukan/persiapkan (pass kereta,bus dll)?
      3. berarti membeli pass kyoto bisa masuk sekalian ke tempat wisata atau cuma transportnya aja ya?
      4. siap

      mohon di jawab yg masih saya bingungkan hehe

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Pak. Silakan dibaca-baca dulu link artikel yang sudah diberikan. Disitu tertulis lengkap contoh destinasi wisata di Kyoto atau Osaka, pass yang harus dibeli, dan perhitungan-perhitungannya. Salam

  24. Hello pak ..

    aku masih sedikit bingung , harus membeli kartu apa aja untuk lebih mudah & hemat .
    itin nya osaka 2 hari kyoto 1malam (besok pagi lgsg berangkat ke kanazawa) lalu langsung ke tokyo . saya membeli jrp 7hr . baiknya saya aktifkan di hari keberapa ? dan untuk osaka saya lebih baik membeli osaka amazing pass 2d atau osaka amazing-nankai ?

    terima kasih sebelumnya pak .

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Osaka amazing-nankai baru akan untung kalau Cindy mendarat di Bandara Kansai dan langsung berkeliling Osaka. Mohon itinerary lengkapnya, supaya kami bisa memberikan saran penggunaan JR Pass yang tepat.

    • Day 1 kansai airport – osaka
      Day 2 nara – kobe – osaka
      Day 3 osaka – kyoto
      Day 4 kyoto-kanazawa , kanazawa – tokyo
      Day 5 – Day 9 tokyo
      Day 10 tokyo – jkt

      rencana kami akan membeli osaka amazing pass 1D pass , kartu icoca&haruka, kyoto buss 1D & JRP. untuk osaka amazing pass apakah mencover kereta JR juga ?
      apakah ada saran yang lebih baik menggunakan pass lain pak ?

      terima kasih banyak

  25. Selamat sore pak

    Salam.
    Mohon infonya Kartu Pass apa yang cocok dan hemat digunakan pada rundown acara dibawah ini.

    Tgl 5 Mei : Tiba pagi hari di Osaka Umeda station/Shin osaka station menuju penginapan di Hotel Raizan North-Taishi Nishinari ward. Drop koper, Jalan2 seputar penginapan.

    Tgl 6 Mei : dari penginapan ke Kyoto dengan rute Fushimi inari (naik shinkansen ? dari Osaka station atau Kyoto station? ) lalu ke Arashiyama-bamboo forest (apakah harus naik bus menuju ke arashiyama dari kyoto station ?), terakhir ke Gion untuk menikmati malam di Gion plus sewa kimono. Kembali ke Osaka-penginapan.

    Tgl 7 Mei :
    Osaka castle

    Tgl 8 Mei :
    Seputar osaka

    Tgl 9 Mei :
    Seputar Osaka

    Tgl 10 Mei :
    Penerbangan pagi, menuju ke bandara Osaka-KIX
    Selama seputar di Osaka seperti Shinsaibashi, Osaka castle, dotonbori juga Kyoto sesuai itenary apakah bisa memakai 1 kartu Pass? (Kansai Pass, Keihan Kyoto-Osaka Pass, atau ada alternatif lain? )

    Demikian detailnya. Mohon pencerahannya.

    Salam dan Terima kasih
    Dina

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat sore Ibu. Kalau melihat itinerary Ibu tidak ada Pass yang menguntungkan, masih lebih murah membeli tiket satuan kereta.
      Lalu mengenai rencana perjalanan di Osaka, dari tanggal 7-9 Mei, mohon berikan informasi detail rencana perjalanan.
      Kalau masih bingung bisa membaca free pass Osaka dan sesuaikan dengan tempat wisata yang ingin dikunjungi. Salam

  26. Reyner Jonathan  |  

    Apakah JR pass dapat digunakan di sekitaran Osaka, kyoto, kobe. jika sudah memiliki JR Pass, apakah masih perlu membeli Kansai Through Pass atau tidak?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat sore Pak. JR PASS bisa digunakan di jalur kereta JR dan shinkansen yang menghubungkan Osaka, Kyoto, dan Kobe.
      Kalau sudah punya Kansai Through Pass tidak perlu lagi membeli JR PASS, sebab kedua pass ini memiliki coveran wilayah yang sama. Salam

  27. siang pak,
    saya rencana mau ke osaka-kyoto 3hr. nginep daerah shin osaka
    day1 : explore kyoto (arashiyama,fushiminari,nishiki market)
    day2 : umeda, osaka castle, doutonbori
    day3 : masi keliling osaka

    rencana mau pake kansai thru pass 3days. apakah pilihan tsb sdh tepat?
    yg sy pngn tau, klo osaka ke kyoto pp pakai Kansai Thru Pass, naek dan turunnya di stasiun apa ya pak?
    terima kasih

  28. Pak Nugroho yang baik hati,

    Kansai Area Pass bisa dipakai dari JR Namba ke Kyoto
    dengan Limited Express Train ga ya Pak ?
    Atau cuma boleh naik Rapid Service Train aja Pak
    Thanks lho

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Semua kereta JR Rosa, kereta lokal, rapid, semi ekspress, dan ekspress, bahkan shinkansen ke Himeji, Kyoto, Kobe atau Osaka pun tercover dengan Kansai Area Pass. Salam.

  29. Selamat sore Mas Nugrogo..^^
    Butuh sarannya,
    Jika Itinerary saya sebagai Berikut:
    Kamis, 30 Maret 2017, Tiba di Umeda Station menuju Hotel di Namba Station (Malam)
    Jumat, 31 Maret 2017, Osaka Castle,
    Sabtu, 01 April 2017, Ke Kyoto Explore Ke Kyoto, lalu kembali ke Hotel stasiun Namba (Osaka)
    Minggu, 02 April 2017, Kansai Aiport (Pulang Ke Indonesia)

    Kartu Apa yang bagus saya pakai??

    • Yuni Ramsi  |  

      Mas Nugroho yang baik hati,

      untuk kartu keihan kyoto-osaka sightseing pass apakah bisa dipakai dari Namba station ke Kyoto?
      Apakah ini sudah bisa dipakai PP Osaka-Kyoto->Osaka? Apakah kartu ini sudah bisa dipakai keliling Kyoto dengan kereta? ^_^

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Keihan Kyoto-Osaka Sightseeing Pass ini hanya bisa dipakai di jalur kereta Keihan. Kalau di Osaka dari stasiun Kyobashi, dan menghubungkan stasiun-stasiun di timur Kyoto. Jadi kalau mau dari Namba Station sepertinya harus nambah bayar ongkos kereta lagi. Ibu silakan baca contoh penggunaannya di artikel di atas. Salam

  30. Dear Team Info Jepang,
    Mau tanya, saya berencana ke jepang bulan depan dengan Itin Tokyo – Osaka – Kyoto
    Tokyo melalui Haneda
    Day 1. City Tour seputar Tokyo (Tokyo Tower, akibahara
    Day 2. Mengunjungi Disney Sea
    Day 3. Pindah ke Osaka naik Shinkansen
    Day 4 Ke Universal Studio
    Day 5. Jalan ke Kyoto dan seputar Osaka
    Day 6. Jalan jalan ke Ashiya, Kobe dan Suma
    Day 7. Pulang melalui Kansai Airport

    Untuk di Tokyo rencana ingin mencari tempat menginap diseputar Shinjuku. Dan untuk di Osaka berencana diseputar Namba. Boleh saya minta saran transportasi yang efisien? Apakah saya perlu ambil JR pass saja? Terima kasih atas infonya.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Karena hanya Tokyo Osaka satu arah, tidak akan balik modal jika membeli JR Pass. Di Kyoto, kamu bisa membeli Kyoto One Bus Pass. Untuk tempat dan aksesnya silahkan cari di website ini. Salam.

  31. Malam Pak, saya mao minta advicenya…rencana saya akan ke Kyoto dan Osaka selama 6 hari 5 malam. Itinerary sbb:
    day 1 – KIX to Kyoto…Kyoto Tower, Shimogyo Ward, Downtown, Nishiki Market
    day 2 – Fushimi Inari, Kiyomizu Dera, Gion,
    day 3 – Arashiyama, Kinkakuji Temple, Kyoto Palace, Handicraft Centre
    day 4 – Kyoto to Shin Osaka, Sumiyoshi Taisha, Umeda, Shinsaibashi, Dotonbori
    day 5 – Osaka Castle, Osaka Tower, Aquarium, Tempozan, Namba
    day 6 – Shin Osaka to KIX
    Menurut Bapak…kombinasi Pass apa yang cocok untuk saya? day 1 KIX saya beli ICOCA+ HARUKA untuk ke Kyoto? keliling KYOTO day 1 perlu beli bus pass 1 day? Day 2 and 3 bagusnya Pass apa?
    dan day 4 and 5 apakah Osaka Amazing Pass 2 days? Terima Kasih.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Di Kyoto nya menginap di mana ya?
      untuk hari keempat dan kelima, yakni perjalanan di Osaka bisa menggunakan Osaka Amazing Pass versi 2 hari. Salam

    • Di Kyotonya tinggalnya ga jauh dari Kyoto station maybe like 10mins walking…bagaimana menurut Bapak baikna untuk transportasi di Kyoto? Apakah perlu beli 2days bus and subway pass aja? Atau ada pass yg lbh menguntungkan?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Tergantung Cilla mau kemana saja. Namun 10 menit berjalan kaki rasanya masih oke atau normal deh. Kalau membang mau keliling kuil atau tempat wisata di Tokyo memang lebih menguntungkan dengan Kyoto One Bus Pass.

  32. Hi Pak… Mau tanya,

    Rencana saya seperti ini :
    Hari pertama : Kansai Through Pass Sampai di Osaka – keliling nara n stay di Osaka
    Hari kedua : Osaka Amazing Pass – Keliling Osaka
    Hari ketiga : Osaka Amazing Pass – Keliling Osaka
    Hari keempat : Kansai Through Pass -Keliling Kobe trus ke Kyoto
    Hari kelima : Keliling Kyoto
    Hari keenam Keliling Kyoto malam naik willer ke Tokyo

    Enaknya untuk hari ke 5 cukup beli yg bus pass saja di kyoto atau sekalian pakai kansai through pass yg untuk 3 hari ?
    Apakah rencana saya sudah bagus ?

    Mohon infonya.
    thx

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Kansai Through Pass akan sulit balik modal kalau Nia tidak pergi agak jauh dari Kyoto, Osaka, dan Kobe. Kamu harus ke Wakayama atau Himeji. Sebaiknya kombinasikan saja Osaka Amazing Pass dengan bus pass di Kyoto. Lalu untuk bepergian dari Osaka-Kobe-Kyoto, silahakn beli tiket ketengan atau dengan ICOCA.

  33. Halo Pak nugroho,
    Saya akan ke jepang bulan depan , tolong informasi nya , perjalanan saya :
    Day 1 : sampai di Osaka ( osaka castle, umeda, ferris
    Day 2 : kyoto ( fushimi inari, kiyomizudera temple, gion) + Nara (Yoshino)
    Day 3 : Shirakawa Go
    Day 4 : USJ
    Day 5: Kyoto ( togetsuka bridge, , bamboo grove, nijo castle) half day, go to Tokyo ( harajuku, shibuya, ginza)

    Dari day 1 sd 5 hotel di shin osaka area, yg saya tanyakan :
    1. Pass apa yg cocok utk day 1 sd 5 ?
    Saya ada pemikiran:
    Day 1 : osaka amazing pass, dr kansai airport ke shin osaka sudah tercover ?
    Day 2 + 5 : kansai thru pass
    Apakah cocok atau pake ICOCA saja?
    Dari bandara ke shin osaka apa tercover dgn osaka amazing pass ?
    Shirakawa Go saya masih bingung mau dimasukkan / tidak, ada saran ? Krn saya cari info yg cocok pake takayama hokuriku area pass, apa betul? Sdh cover utk shinkansen osaka-tokyo?
    2. Utk kyoto + nara lebih cocok ke kyoto explore fushimi inari dll atau arashiyama ?

    Day 6 : Mt Fuji-Gotemba
    Day 7 : Disneyland
    Day 8 : Disneysea
    Day 9 : Tokyo ( Tsukiji market, odaiba, ginza) , go to airport at 8.30 pm for flight at 11.45 pm)

    Utk day 7 sd 9, pakai pass apa ya? Atau cukup pake ICOCA ?
    Saran hotel di daerah mana ya?

    Thanks

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Sore Eve,
      1. Sepertinya kamu harus beli JR Pass, karena sudah balik modal untuk rencana perjalanan PP Kyoto/Osaka-Shirakawago dan shinkansen dari Kyoto/Osaka ke Tokyo.
      2. Lebih bagus Arashiyama karena pemandangannya lebih keren
      3. Untuk day 7 dan 8, kamu sebaiknya menginap di hotel sekitaran Tokyo Disneyland dan membeli multiple day pass supaya bisa dapat akses 30 menit lebih dahulu ke taman bermain sebelum taman dibuka.
      4. Untuk day 9, kamu bisa beli Tokyo Metro Pass yang mengcover rute ke Tsukiji dan Ginza.

    • Sore Pak Nugroho,

      Kalau Shirakawa go saya hapus, pass apa yg cocok ya?

      Mis tetap yg dimaksud ada lah JR pass 7 hari ? Hr ke brp saya pakai? Klo pake takayama hokuriku pass apa tidak lebih balik modal? Krn cuman 14.000 yen

      Utk day 6-9, kalau tidur di daerah disneyland apa tidak kejauhan utk ke kota, dan saya berangkat dr bandara tokyo haneda

      Utk day 9 klo mau ke odaiba naik apa ya?

      Berarti selama di osaka- tokyo saya tidak perlu beli ICOCA ya?

      Thanks

  34. Halo Mas Nugroho,
    Saya mau solo travelling ke jepang selama 8 hari 7 malam tiket cgk-kix PP. Berikut gambaran intinerary nya:
    Hari 1 Osaka: (landing di kix jam 9.25)osaka castle, namba (optional), Tempozan, Dottonburi
    Hari 2 Kyoto: Fushimi inari, gion, kyoto tower
    Hari 3 Kyoto: Kiyomizu-dera Temple, Kinkaku-ji Temple, 3 coins
    Hari 4 Kyoto: Arashiyama bamboo, Otagi Nenbutsuji Temple ,shijo street
    Kyoto-Tokyo naek bis malam(menginap di bus,menghemat akomodasi)
    Hari 5-7 Tokyo: Itinerary blm dibuat tapi rencana mau beli tokyo subway 3 days pass
    Tokyo-Kyoto naek bis malam(menginap di bus,menghemat akomodasi)
    Hari 8 Osaka: Shitennoji, Universal (foto-foto saja), Umeda building, Tenjinbashi Suji

    Pass apa saja yang harus dibeli biar hemat dan efisien ya?
    -Hari 1 di osaka
    -Hari 2-4 di kyoto
    -Hari 5-7 di tokyo. Apakah sudah pas pakai tokyo subway 3 days pass?
    -Hari 8 di osaka

    Apakah itinerary diatas masih bisa dirubah untuk lebih hemat lagi. Mohon saran dari Mas Nugroho. Terima kasih.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Untuk hari pertama, kedua, keempat, dan kedelapan tidak ada pass yang cocok, bisa membeli tiket satuan atau membayar pakai ICOCA. Untuk hari ketiga bisa membeli one day bus pass Kyoto.
      Sementara untuk perjalanan berkeliling di Tokyo, sepertinya sudah tepat membeli Tokyo Subway Pass kalau memang belum pasti itinerarynya.
      Salam

    • Saya ada rencana menyelipkan tempat-tempat ini ke itineray. Kuil tofukuji (hari 2), kuil kitano tenmangu (hari 3) dan arashiyama monkey park (hari 4).
      Kalau begini bagaimana ya mas:
      Hari 1 pakai osaka amazing pass (biar gratis ke osaka castle dan tempozan ferris wheel)
      Hari 2-4 pakai one day bus pass kyoto (bukannya jauh lebih efisien jalan2 di kyoto pakai bus pass?)
      Hari 8 pakai osaka amazing pass (biar gratis ke shitennoji dan umeda building)

      Kalau begitu kira-kira bagaimana ya mas? Perhitungannya lebih hemat mana ya dengan saran mas (pakai ICOCA Card dan kyoto buss pass di hari 3). Mohon saranya. Terima kasih banyak.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Penggunaan Osaka Amazing Pass baru akan menguntungkan kalau Erio jalan-jalan ke 3/4 tempat wisata di Osaka, dengan harga tiket masuk yang tercover. Ingat, harga Osaka Amazing Pass 2.300 yen, silahkan bandingkan untung tempat-tempat wisata yang mau dikunjungi dan yang tercover di sini. ICOCA Card hanya e-money, bukan pass. Itu hanya akan memudahkan bepergian (tidak perlu membeli tiket setiap kali naik kereta atau bus).

    • Oh jadi untuk yang hari 1 dan hari 8 lebih hemat pakai ICOCA saja ya mas? Terus kalau untuk hari 2-4 di kyoto lebih hemat one day bus pass kyoto (untuk ketiga hari tersebut) atau hanya one day bus pass untuk hari 3 saja seperti mas Nugroho yang sarankan sebelumnya. Terima kasih.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Untuk one day bus pass kyoto silakan digunakan untuk hari ketiga. Untuk hari kedua dan keempat, bapak/ ibu lebih baik naik kereta daripada berputar-putar dan pindah-pindah naik bus. Salam

    • Ok, terima kasih banyak ya mas Nugroho atas sarannya. Saran tersebut (dalam hal transpot) sudah yang paling hemat dan efisien kan ya?

    • Selamat malam mas Nugroho,
      Saya sudah buat untuk itinerary selama di tokyo (3 hari):
      1. Odaiba, Shibuya, Harajuku dan Tokyo Tower
      2. Asakusa, Akibahara, dan Tokyo Skytree
      3. Yasukuni Shrine, Meiji Shrine dan Tokyo Metropolitan Government Building

      Apakah saya butuh tokyo subway 3 days pass?Atau cukup dengan ICOCA Card saja?
      Terima kasih.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Pagi Pak Erio, rasanya cukup membeli subway pass di hari kedua saja. Sementara untuk hari 1 dan 3 bisa pakai ICOCA/ SUICA/ Pasmo. ICOCA/ SUICA itu seperti e-money di Indonesia, tidak ada potongan harga. Sementara untuk subway pass, bapak bisa naik sepuasnya (tak terbatas) jadi akan menguntungkan kalau mengunjungi banyak tempat. Info lengkapnya bisa di baca di Free Pass Tokyo.

    • Pagi Mas Nugroho, jika hari ke-2 tidak menggunakan tokyo subway pass maka jatuhnya akan rugi ya?

  35. selamat malam pak nugroho..

    saya akan ke osaka, nara, kobe, kyoto

    day 1dan 2 : osaka saya menggunakan osaka amazing pass yang saya beli di kansai airport

    day 3 and 4 : nara, kobe dan kyoto

    info: untuk dr kansai ke osaka saya membeli nankai airport exp for namba atau nankai ltd exp rapid 50.. saya balik ke jakarta dari tokyo

    mnrt pak nugroho sebaiknya saya membeli pass yang mana? atau tidak membeli?
    saya stay di osaka.. jadi saya perlu bolak balik osaka untuk day 3 dan 4 dan juga saya butuh transpotasi di dalam osaka, karena kemungkinan malam hari nya saya ada jalan jalan lagi untuk di daerah osaka.terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Tim Info Jepang tidak tahu tempat-tempat wisata yang ingin ibu kunjungi di Kobe dan Kyoto.
      Ibu bisa mengeceknya lebih dahulu di artikel di atas, mengenai cara penggunaan masing-masing pass dan tempat wisata yang dicover oleh pass itu.
      Salam

    • devina dominika  |  

      selamat siang pak nugroho .. mohon advice nya

      1. saya akan membeli osaka amazing pass 2 hari
      2. kansai thru pass 3 hari

      saya sampai di osaka 17 – 20 maret menginap di osaka , tgl 21 maret saya sudah jalan keluar osaka ke takayama

      saya butuh advice pak nugroho:

      tgl 17 saya memakai kansai thru pass ( kansai aiport – tengachaya) menuju penginapan
      setelah itu jalan ke daerah umeda menggunakan osaka amazing pass
      arah pulang menggunakan osaka amazing pass

      tgl 18 jalan jalan daerah osaka menggunakan osaka amazing pass

      tgkl 19 jalan jalan daerah kobe – kyoto- osaka mrnggunakan kansai thru pass

      tgl 20 jalan jalan nara – kyoto – osaka menggunakan kansai thru pass

      apakah menurut bapak itu bisa?

      dan untuk di kyoto saya akan ke tempat wisata yang di cover oleh kansai thru, untuk di kobe saya hanya ingin cari steak kobe dan di nara saya hanya ingin ke nara park..apakah dengan itu kansai thru pass mengcover? dan untuk di osaka apakah semua area di cover kansai thru pass?

      terima kasih

  36. Hello pak nugroho.. apakah jr pass kansai west itu ga mencakup shinkansen? Soalnya saya mau pakai shinkansen dr kyoto ke osaka org jr nya billang shinkansen ga mencakup apakah benar?
    Makasii

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Kereta shinkansen tidak tercover oleh JR Kansai Pass.
      Ibu harus membeli tiket shinkansen sendiri. Salam

  37. Halo, saya akan pertamakali pergi kejepang, berdua dengan teman dari tgl 20-28 april namun saya bingung dengan tiket transportasi disana apa saja yg harus dibeli, dan alternatif spt apa. Saya pp dari KIX tanggal:
    21, sampai di kix pagi, sudah book hotel di dekat kyoto station
    23, saya harus ke tokyo karena sudah book hotel sampai tgl 27
    27, kembali ke KIX rencana titip koper di loker bandara, jalan2 sekitar osaka, menginap di bandara kix
    28, kembali ke jkt dr KIX

    Nah, mohon bantuannya tiket transportasi kereta/bus apa saja ya yang sebaiknya saya beli? Terimakasiiiiiih mohon bantuannya

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Karena ada perjalanan PP Kyoto-Tokyo-Osaka, maka bila naik shinkansen PP, JR Pass sudah balik modal.
      Atau kalau ingin menghemat ongkos perjalanan bisa naik bus malam. Salam

    • berarti untuk rute dari KIX-KYOTO-TOKYO-KIX naik dengan jr pass, saya harus beli jrpass yang tipe apa ya? masih bingung sbnernya, itu kan tiket kertas bukan? berarti dengan 1 tiket itu bisa kemana-mana?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat sore Ibu. Silakan membeli JR PASS. JR PASS itu adalah tiket kertas yang ditunjukkan setiap melewati pintu karcis.
      Namun, untuk naik shinkansen, prosedurnya berbeda. Ibu bisa membeli tiket shinkansen gratis dengan menunjukkan JR PASS saat pembelian di loket karcis.
      Salam

    • kalau JR Hokuriku Arch Pass itu gimana? yang saya baca bukannya dia untuk area Kyoto Tokyo Osaka juga? yang Hokuriku ini gabisa ya dipakai untuk rute saya KIX-Kyoto-Tokyo-KIX? maaf masih bingung saya

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Tim Info Jepang tidak tahu rute perjalanan Ibu selengkapnya, makanya kami hanya bisa sampaikan, beli tiket JR PASS yang termahal 29.110 yen pun sudah balik modal, kalau naik shinkansen PP dari Kyoto-Tokyo-Kyoto.
      JR Tokyo Osaka Hokuriku Arch Pass memang mengcover ongkos kereta Kyoto-Tokyo juga dan harganya lebih murah, namun perlu dicatat, ada beberapa tempat wisata yang TIDAK tercover oleh Tokyo-Osaka Hokuriku Arch Pass, seperti Gunung Fuji-Kawaguchiko, Yokohama, Hakone, Kawazu, Gala Yuzawa, Nikko dan yang lainnya.
      Kalau memang tidak berencana ke sana, bisa berhemat dengan membeli Tokyo-Osaka Hokuriku Arch Pass.
      Mohon informasinya yang lengkap dan jelas, kalau Ibu tidak mau bingung.
      Salam

  38. Siang pak nugroho mau nanya.. saya sudah booking apart di kyoto selama 5mlm.. dan rencananya ingin keliling kota kobe, nara, osaka pp semua. Perlukah saya membeli jr kansai pass ato jr wide kansai? Ato pake suica uda cukup dan lbh ekonomis?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Saya tidak bisa memutuskan Rini, karena tidak tahu kamu mau kemana saja di Kobe Nara atau Osakanya. Namun, kalau ingin mengunjungi minimal 2/3 tempat wisata di masing-masing kota tersebut dan PP ke Kyoto, rasanya sudah pasti balik modal dengan JR Kansai Pass salam. JR Wide Kansai itu baru akan untung kalau kamu mau yang jauh, seperti Kinosaki Onsen, Kastil Himeji, Amanohashidate, atau Gunung Koya di wilayah Wakayama. Salam.

    • Oooo ok.. 1 hal lg pak (maaf ini agak menyimpang dr blog ini) airport narita ke shinjuku pake transport apa lbh ekonomis? apakah dgn taxi ato transport lain karna kita pergi ber8. Klo dr pihak apart suruh pakai skyliner sambung dgn yamamato line. (Soalnya di negara asia lain lbh menguntungkan pake taxi klo pergi rame2, apakah jepang jg begitu?)

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Benar itu dengan kereta Keisei Skyliner dilanjutkan dengan JR Yamanote Line. Atau jika ingin lebih murah, bisa naik kereta Narita Ekspress dilanjutkan dengan JR Yamanote Line. Taksi di Jepang cukup mahal, Narita-Stasiun Tokyo biasanya fare/ ongkosnya sekitar 20.000 yen. Bandingkan dengan Narita Ekspress yang hanya 1000-an yen. Silahkan baca Panduan Lengkap Akses Narita Airport.

  39. Dear Mas Nugroho,

    Mau tanya, saya rencana ke jepang awal Maret ini, 6 hari 5 malam, dgn itinerary :

    Day 1 (Osaka)
    Tiba di Kansai Airport menuju Osaka naik Kereta Nankai ke Namba (920 yen)

    Full day seharian keliling Osaka (Minta saran, efektifnya beli PASS apa ya?)
    Namba-umeda building-osaka castle-dotonbori
    Malem langsung ke Kyoto naik JR Kyoto Line (560 yen) Mohon info kereta paling malem jam brp?

    Day 2 (Kyoto)
    Dari pagi keliling Kyoto (Bisa tercover One Day Pass Bus (500 yen) ga mas ?)
    Fushimi inari-kiyomizu dan gion-kinkakuji-(ginkakuki tentatif)-arashiyama

    Malemnya naik Willer Bus dari Kyoto ke Tokyo –> Naiknya dr Kyoto Stasiun ya? Harganya brp? Paling malem jam brp?

    Day 3 – 6 (Tokyo) Bermalam di daerah Shinjuku

    Day 3 : City Tour Tokyo (Shinjuku, Shibuya, dll) –> Beli PASS apa yg sesuai?

    Day 4 – 6 : Beli JR Tokyo Wide Pass 3 Day (10.000 yen)

    Day 4
    Mau Foto dgn background gunung fuji, sekalian mau main salju.. Naik kereta apa?tujuan kmn ya mas? Bisa ke Gotemba juga?
    Day 5 : Tokyo City Tour
    Day 6 : Kembali ke Indonesia pesawat jam 10 pagi dari Narita –> Naik Narita Ekspress pake Tokyo Wide Pass

    Menurut mas Nugroho, apakah sudah sesuai Itinerary yg saya buat? Mohon masukannya utk penggunaan PASS masing2 kotanya..

    Ditunggu ya mas informasinya..
    Thanks 😊

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Kalau ke Nambaumeda buildingosaka castleDotonbori bisa menggunakan Osaka Amazing Pass yang mengcover ongkos perjalanan kereta plus tiket masuk ke tempat wisata di atas. Kemudian kereta terakhir dari Osaka menuju ke Kyoto adalah pukul 00.25 malam dan sampai 00.55 di Kyoto Station.
      Perjalanan keliling tempat wisata Kyoto tercover oleh one day bus pass kok Ibu, seperti yang tertulis di info trayek bus wisata kota Kyoto. Untuk willer bus nya bisa dicek di websitenya langsung Ibu, sebab ketersediaan kursi dan kota tujuan berbeda-beda tergantung harinya.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Untuk perjalanan melihat gunung Fuji dan bermain salju, ibu bisa ke Snow Town Yeti. Silakan dibaca link di atas mengenai strategi cara pergi ke Snow Town Yeti. Kemudian bisa ke Gotemba Premium Outlets dan kembali ke Tokyo.
      Nah, kalau keliling kota Tokyo ibu mau kemana saja? Mohon informasinya yang lengkap, supaya Tim Info Jepang bisa memberikan saran yang akurat. Kalau masih bingung mau kemana bisa membaca free pass harian Tokyo atau Top 10 tempat wisata di Tokyo.

  40. Dear team info jepang..jika saya mendarat di Kansai, dan selama 4 hari ada di osaka dan kyoto..pass apakah yg sebaiknya sy ambil? Karena JR pass nya baru akan saya aktifkan di hari ke 5 utk ke aomori dan tokyo.Terima kasih.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Ibu rencananya kemana saja? Silakan bisa dicocokkan dengan pass di atas (cek juga tempat-tempat wisata yang tercover oleh masing-masing pass). Salam

  41. Sore Pak, rencana tgl 20 juni, kami sekeluarga (5 dewasa, 2 kids) tiba di Kansai airport. Balik tgl 2 juli dari Tokyo.
    Intinnery sbb :
    20 juni : osaka
    21 juni : osaka
    22 juni : osaka nara osaka
    23 juni : osaka kobe osaka
    24 juni : osaka kyoto
    25 juni : kyoto
    26 juni : kyoto tokyo by JR pass paket 7 hari
    27 juni : tokyo
    28 juni : hakone
    29 juni : hakone
    30 juni : kawaguchi
    1 juli : tokyo
    2 juli : balik jakarta

    Pak, susunan osaka, nara, kobe, kyoto apa uda tepat? type pass yg mana yg cocok buat kesaya? ICOCA, osaka amazing pass, apa Kansai thru pass? Sxan mhn advice intinnery yg tepat buat kami.

    Thx n B. Rgds
    Yoelie

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Untuk perjalanan di sekitar Tokyo, apakah hanya ke Hakone dan Kawaguchi saja? Apakah ada rencana perjalanan ke tempat lain?
      Lalu mengenai penggunaan pass di Osaka, Kyoto atau Kansai, kami tidak bisa memberikan saran, sebab tidak tahu tempat-tempat yang akan ibu kunjungi. Ibu bisa membaca-baca tempat wisata yang tercover oleh masing-masing pass di website ini. Silakan mencari di kotak search bewarna biru.
      salam

    • Yoeliechand  |  

      Malam Pak Nugroho
      Rencana intinnery sbb:
      21 juni osaka rencana kunjungi osaka castle, umeda sky building, shitennoji temple, tsukenkaku tower, dotonburi, namba, shinsaibashi
      22 juni, masih seputar osaka, museum takoyaki, universal studio city walk, osaka aquarium, HEP ferris wheel, tempozan market place
      23 juni, nara park, kohfukuji, naramachi street, isuien garden, todaiji temple. Mlm balik osaka
      24 juni, kobe, ikuta road, kitano ijinkan, chinatown, meriken park. Mlm balik nginap d osaka. Rencana nginap sekitar umeda
      25 juni, osaka kyoto. Fushimi inari, gion, yasaka shrine, kiyomizudera temple, yasaka pagoda, maruyama park. Nginap sekitar kyoto station
      26 juni, arashiyama bamboo forest, nishiki market, kinkakuji temple, sannenzaka. Rencana 26 juni ini mulai pake JR pass yg paket 7 hari punya. Ato sebaiknya naek bis mlm az menuju tokyo?
      27 juni, nyamp tokyo. nginap sekitar shinjuku station. Rencana ke Roppongi hills, tokyo tower, tsukiji market, odaiba
      28 juni, imperial palace, marunouchi, yokohama area
      29 juni _30 juni paket fuji hakone pass. Nginap semalam di hakone yumoto, 1 mlm di kawaguchi.
      1 juli, balik tokyo. Rencana shinjuku, ikebukuro, harajuku, shibuya
      2 juli, tokyo skytree, sensoji temple, ueno park, akihabara, ginza, nihombashi bridge. Jadwal tgl 2 msh tentative. Malam balik jkt. Pesawat jam 9 mlm.
      Mohon advice Pak, selama di osaka, nara, kobe, kyoto sebaiknya pake pass type yg mana? Sxan minta masukan Pak, apa jadwal spt d atas Uda benar? Kalo msh ada yg salah apa kurang, mohon saran Bapak.

      Salam n thx

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Bapak/ Ibu. Untuk hari pertama bisa membeli Osaka Amazing Pass. Sedangkan hari kedua, ke museum takoyaki dan universal studio city walk (berdekatan), dan osaka aquarium, HEP ferris wheel, tempozan market place (berdekatan juga) bisa membeli Osaka Kaiyu Ticket (2.550 yen). Perjalanan ke Kobe dan Nara tidak perlu membeli pass, sebab semuanya dekat dan memang tidak ada pass yang cocok. Untuk perjalanan berkeliling Kyoto 2 hari, bisa membeli One Day Bus Pass Kyoto (bisa sekaligus beli 2 lembar untuk dua hari).

      Untuk perjalanan ke Tokyo, tidak perlu membeli JR Pass. Kalau pun naik shinkansen, tiket shinkansen dari Kyoto ke Tokyo hanya 13000 yen, atau setengah harga JR Pass. Kalau ingin naik bus malam apa lagi, tidak perlu membeli JR Pass. Salam

    • Yoeliechand  |  

      Pagi Pak Nugroho
      Thank’s atas saran Bapak. Sangat membantu 🙂
      Maksud saya, dari kyoto ke tokyo apa bisa menggunakan JR pass yg nantinya akan saya pergunakan selama di tokyo? Rencana ambil JR pass yg 7 days

      Thx n salam

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. JR Pass mengcover ongkos shinkansen dari Kyoto-Tokyo, tapi sepertinya bakalan rugi kalau melihat itinerary perjalanan Bapak/ Ibu.
      Karena hanya berkeliling dalam kota Tokyo dan ke Hakone-Kawaguchiko, maka masih lebih murah kalau membeli tiket shinkansen saja. Itu maksud pesan Tim Info Jepang sebelumnya.

  42. Malemm pak saya mau nanya. Jadi saya akan ke jepang februari nanti dengan rute dari Tokyo ke Osaka pake willer express.
    Di Osaka pake one day pas sampe malem.
    Mingkin bisa di informasikan pake kereta apa bila dari Kyoto malem hari ke Osaka, dan kira2 berapa harga tiketnya.
    Besok nya mau beli tiket amazing Osaka. Dan besoknha pulang melalui Kansai. Mohkm informasi pak kalo harga tiket Osaka station ke Kansai kira2 berapa?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Dari Osaka, teman-teman bisa mengambil kereta api JR Tokaido Shinkansen dari Stasiun Shin-Osaka sampai di Stasiun Kyoto. Lama perjalanannya 15 menit dengan harga tiket 3.010 yen. Ada tiga jenis kereta yang teman-teman bisa naiki, yaitu Hikari dan Kodama (tidak perlu membayar tiket jika dengan JR Pass), atau kereta Nozomi. Kalau kereta shinkansen terasa mahal, teman-teman bisa naik kereta JR Kyoto Line dari Stasiun Osaka ke Stasiun Kyoto. Lama perjalanan sekitar 30 menit, dengan harga tiket 560 yen atau gratis dengan JR Pass. Diambil dari Info Wisata di Kyoto. Untuk perjalanan dari Osaka ke Kansai Airport bisa dicek di Panduan Lengkap Kansai Airport.
      Salam

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam. Sepeerti tertulis di komen sebelumnya, bisa menggunakan JR Tokaido Line. Ongkosnya 560 yen dengan waktu perjalanan 30 menit.
      Kereta terakhir dari Kyoto station pukul 00.15. Salam

  43. pak saya mau rencana beli JR kansai pass utk 3 hari.. saya gunakan utk keliling kyoto 2day, osaka 1day.. kira2 agar prjalanan ke tmpat wisata bsa maksimal pergi kmana aja ya? hehe bingung soalnya mau nentuin destinasi menarik di kyoto-osaka biar gk sia2 beli kansai passnya.. oiya ini support ke arashiyama gk ya?

    • oiya saya kesana kisaran pertengahan january pak… kira2 tmpat wisata yang paling menarik di tanggal itu dmn ya? makasih sebelumnya

  44. Pak,apa maksudnya penjualan Kansai through pass berakhir 31 Oktober?.. sudah tidak ada lagi pass ini?.atau pass Kansai through pass beda season?.tq

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Pak. Kansai Through Pass versi terdahulu (all year) sudah tidak dijual lagi. Sebagai ganti Kansai Through Pass memang ada penjualan Kansai Through Pass untuk Winter Season (dengan tanggal berlaku 28 Oktober sampai 25 Desember 2016). Untuk ke depannya belum ada informasi yang pasti. Namun begitu ada informasi terbaru pasti diupdate. Salam

  45. Kalau untuk tahun depan, kansai thru pass udah tidak ada ya Pak?..kalau untuk mendatangi spot2 wisats di Osaka(osaka castle,umeda building,namba,universal,aquarium kaiyukan) dan di Kyoto(fushimi inari, arashiyama,gion), apakah bisa hanya menggunakan JR kansai pass Pak?. Terima kasih.

  46. Siang Pak, mau tanya.. kansai thru pass kan dijual terakhir oktober 2016, tetapi ada teman saya ke Osaka bulan Desember ini kog ada ya Kansai Thru Pass?..terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Sebagai ganti Kansai Through Pass memang ada penjualan Kansai Through Pass untuk Winter Season (dengan tanggal berlaku 28 Oktober sampai 25 Desember 2016). Karena sudah dekat dengan tanggal terakhirnya, maka Tim Info Jepang memperbarui informasinya, supaya tidak menimbulkan kebingungan. Lalu mengenai Kansai Through Pass untuk Winter Season, Tim Info Jepang belum mencobanya, jadi kami tidak menuliskannya sampai mencobanya sendiri. Salam

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Untuk saat ini tidak ada Ibu. Jika ada informasi terbaru tentu akan segera diupdate. Salam

  47. Mau tanya pak, utk ke kansai international airport dr namba nankai apa ada tiket kereta yg hemat ya? Pesawat saya jam 11 siang dan jr pass saya sdh habis.
    Terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Kalau memang passnya sudah habis, bisa beli tiket satuan Nankai Line sampai ke Kansai Airport. Salam

  48. Hi.. Pak Nugroho, Rencana Mei’17 kami akan ke Osaka, Kyoto, Tokyo.
    Hari ke 1 : Kami tiba di KIX malam hari pkl 20.30 dan akan langsung menuju hotel sekitar Shinsaibashi.
    Hari ke 2 : Osaka Castle, dll,
    Hari ke 3 : Nara dan Kyoto.
    Hari ke 4 : Kyoto.
    Hari ke 5 – 9 : Tokyo dan kembali ke Jkt via Narita.
    Bila kami membeli Kansai Thru Pass 3 hari utk Kansai Area , bagaimana perhitungan hari utk pass tsb ?
    Apakah 1 harinya dimulai dari hari ke 1 kami menggunakan di malam hari dari KIX ke hotel kami ?
    dan hari ke 2 nya dimulai pada saat pagi hari – malam hari keliling Osaka ? atau berdasarkan jam pada saat kami menggunakan Kansai thru pass tsb ? Terima Kasih.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Kansai Through Pass sudah tidak dijual lagi Ibu sejak 30 September 2016 (mohon perhatikan informasi diatas).
      Salam

  49. Hi Mas,
    saya rencana akan lakukan perjalanan ke Osaka dan Tokyo di April 2017.
    Di antara kunjungan saya di Osaka selama 2 hari, saya ingin one day trip ke Kyoto, Nara, dan Kobe, tapi menginap tetap di Osaka. Setelah itu baru pindah Tokyo dan pulang dari Haneda.
    Setelah research, rencana saya adalah beli Osaka Amazing Pass untuk 2 hari. Dan dilanjutkan dengan beli Suica setiba di Tokyo sampai pulang dari Haneda.
    Apakah rencana ini sudah efisien? atau ada ide lain?
    Lalu apakah Suica ada expired date nya? karena saya sudah punya dari kunjungan terakhir saya di Mei 2016 (sudah 11 bulan ke April 2017).
    Terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Hai Vio, salam kenal. Kalau boleh tahu kamu tiba dan pulang dari Jepang di bandara mana ya? Kalau di Haneda atau Narita, sebaiknya kamu pertimbangkan beli JR-Pass. Yang mencakup juga kereta kalau kamu mau ke Kyoto, Nara, atau Kobe. Osaka Amazing Pass ini digunakan hanya untuk keliling Osaka dan Kyoto, tidak mengcover rute ke Nara dan Kobe. Kamu bisa pertimbangkan juga Kansai Pass.
      SUICA tidak ada tanggal expirednya, selama masih ada kartunya, masih bisa digunakan.

    • Tripnya untuk stay di Osaka dan Tokyo. Tiba di Kansai dan pulang dari Haneda.
      Selama di Osaka saya ingin ada day trip ke kotakota tersebut (Kyoto/ Nara/ Kobe).
      Kansai Pass ya? Siap. Dicek dulu. Thank you ya..

  50. Salam mas Nugroho ,

    Mau ninta saran lagi plan perjalannanya sbb:
    hari 1
    Dari KIX – Osaka
    Osaka-kobe
    Kobe-Himeji
    Himeji – Osaka ( Pakai Shinkansen )
    Hari 2
    Osaka – kyoto
    Kyoto ( pakai one day bus )
    Hari 3
    Kyoto – Osaka
    Osaka – Rinku Outlet
    Outlet – KIX

    1.Kira kira kartu yang pas apa ya?karena ada plan pake shinkansen juga
    2. Baca di atas , kansai through pass sudah tidak di jual kah ?
    3. Untuk di Kyoto seharian rencananya pakai paket bus sehari itu
    4. Kalau wisata malam di kyoto yang bagus apa ya?

    Terima Kasih banyak

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Untuk hari pertama Bapak bisa pakai JR Kansai Pass untuk versi satu hari seharga 2.300 yen. Sedangkan untuk hari kedua dan ketiga bisa membeli tiket kereta satuan, karena lebih menguntungkan dan tidak ada pass yang sesuai dan menguntungkan. Salam

  51. Pak Nugroho, terlampir itinerary saya :
    10/1-11/1 di osaka, bermalam di daerah nishi ward, renc membeli haruka & icoca card
    – dotonburi, shinzekai market,oska jo etc
    12/1 -14/1 dg kereta ke Kyoto
    – fushimi inari ,imperial palaca,nijo castle, kinakuji etc
    15/1-18/1. Dg bus ke Takayama
    -ikut tour shinhotaka ropeway&shirakawago
    18/1-20/1. Dg bus ke tokyo, nginap di area Shinjuku
    -odaiba,meiji shrine,tsukiji fish market, herajuku shijuku etc
    20/1. Dg willer bus ke Osaka
    21/1. Tiba di Osaka +/- jam 7 pagi , dg kereta ke Kobe
    21/1-24/1. Mohon petunjuk bpk Nugroho daerah wisata+ tranportasi
    24/1. Dg kereta ke Osaka,……
    25/1. Chub ward ke kanzai airport

    Mohon petunjuk, kartu transportasi yang harus kami miliki. & Rekomendasi
    Tempat wisata, pakaian yang perlu dibawa; terima kasih,
    Salam

  52. Hallo Tim Info Jepang.
    Saya akan ke Jepang selama 12 hari
    Berikut ini rencana perjalanan saya

    Hari 1 (Selasa) = Tiba di KIX, keliling OSaka
    Hari 2 (Rabu)= Kyoto, Arashiyama, Fushimi Inari, Gion
    Hari 3 (Kamis) = Nara, Uji
    Hari 4 (Jumat) = Himeji, Keliling Osaka lagi
    Hari 5 (SAbtu) = Menuju ke Kanazawa, Keliling Kanazawa

    Hari 6 (Minggu) = Shirakawa-Go dan Gokayama
    Hari 7 (Senin) = Takayama
    Hari 8 (Selasa) = Menuju Tokyo, menginap di sekitar Shinjuku
    Hari 9 (Rabu) = Gunung Fuji, Kawaguchi
    Hari 10 (Kamis) = Asakusa, dll di Tokyo
    Hari 11 (Jumat) = Keliling Tokyo, Malam menuju Haneda untuk pulang ke Jakarta

    Mohon saran dan pencerahannya.
    1. Rencana saya selama di Kansai Area yaitu di hari ke 1-5, dengan rencana perjalanan diatas, Apakah lebih ekonomis menggunakan Kansai Wide Pass atau Kansai Through Pass ?

    2. Mulai hari ke 5 – hari ke 11 (berarti 7 hari), yaitu perjalanan saya menuju Kanazawa, saya berencana akan menggunakan Tokyo-Osaka-Hokuriku Arch Pass
    Apakaha kartu tersebut dapat mengcover seluruh perjalanan yang saya rencanakan ?

    Apakah ada pilihan kartu yang lebih ekonomis untuk rencana perjalanan yang saya sebeutkan diatas ???

    Mohon saran dan pencerahannya.
    Terima kasih sebelumnya.

  53. Mau tanya kalau menggunakan ICOCA itu apakah harganya lebih murah dibanding kita bayar per setiap kali naik? Apakah cukup 5 hari full untuk mengelilingi tempat wisata utama di Osaka (termasuk U. studio), Kyoto, Nara dan Kobe/Himeji? Kalau saya datang dari Tokyo dan pulang via kansai, dengan tujuan ke kota2x tsb dan mengunjungi tempat2x wisata utama, apakah lebih efisien dengan ICOCA atau dengan Kansai Pass?
    Terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Dengan kartu ICOCA atau Suica/Pasmo, ongkos kereta akan terbayar tanpa pembulatan. Misalnya 204 yen dengan kartu, tapi jika membeli tiket satuan membayarnya 210 yen. Lima hari sepertinya cukup untuk mengelilingi tempat-tempat wisata di Kansai. Saran dari Tim Info Jepang jika datang sekitar musim gugur bisa mengunjungi Kyoto selama 2 hari. Silakan membaca artikel tentang tempat-tempat wisata di Kobe, Kyoto, Nara, Osaka
      Apakah lebih efisien dengan ICOCA atau Kansai Pass, silakan bapak hitung ongkos keretanya. Tim Info Jepang tidak bisa memastikan mana yang lebih efisien sebab tidak mengetahui tujuan bapak.

  54. hai, saya punya itinerary untuk mengunjungi osaka 5 hari,
    dengan itinerary
    hari 1-kyoto
    hari ke 2 nara
    hari ke 3 universal
    hari ke 4 kobe,
    hari ke 5 seputaran osaka,
    kira kira pass mana yang cocok ya
    terimakasi

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Yuyu. Silakan membaca informasi kereta yang tercover atau tidak tercover di atas dan bisa dihitung sendiri pass mana yang lebih murah.
      Tim Info Jepang tidak melayani penjelasan detail ongkos kereta lewat website karena hanya akan membuat pengunjung yang lain bingung.
      Mohon pengertiannya, sebab ada lebih dari 55 ribu pengunjung lain yang melihat website ini. Jika membutuhkan bantuan pembuatan itinerary, bisa memanfaatkan layanan Tour Guide Online Info Jepang.
      Untuk shinkansen dari Tokyo (Chiba) menuju ke Osaka ongkosnya 13620 yen.
      Salam

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Malam Ayu,
      JR Kansai Pass bisa dibeli melalui agen travel atau melalui website JR-West berikut ini, di mana kamu bisa dapat potongan harga 100 yen.
      Kalau belinya di Jepang, bisa di Bandara Kansai, Stasiun Kyoto, Osaka, Shin-Osaka, Sannomiya, Nara, atau Wakayama.
      Salam.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Ya, bisa pilih antara keduanya. Kalau memang sampainya malam, ya cukup ICOCA saja. Tapi kalau masih pagi, dan sempat berkeliling tempat wisata di Kansai, bisa membeli Kansai Pass. Ini dikarenakan perjalanann dari Kansai Airport ke Kyoto/Osaka, cukup jauh dan menguntungkan bila mengkombinasikannya dengan Kansai Pass.
      Salam

  55. mau tanya, jika selama di osaka saya : dr bandara ke osaka, juga ke kyoto dan universal studio, termasuk berkeliling kota osaka kyoto, apakah saya cukup membeli JR kansai pass atau juga harus membeli ICOCA? ICOCA bisa di top up di tokyo kan?
    terima kasih.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Tim Info Jepang tidak bisa memberikan rekomendasi detail mengenai Kansai Pass. Namun, pengalaman selama ini kalau mengunjungi 4-5 tempat dalam satu hari, silakan membeli JR Kansai Pass. Namun jika hanya mengunjungi sedikit tempat, bisa menggunakan ICOCA saja sebab lebih hemat. ICOCA bisa dipergunakan di Tokyo juga, sama seperti Suica/Pasmo, hanya berbeda nama saja.
      Salam

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!